Selasa, 18 Agustus 2020

Pengalaman Hamil dan Menyusui bersama Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Selama aku hidup, pengalaman yang paling berharga dan gak mungkin terlupakan yaitu ketika diberi kepercayaan oleh Allah SWT untuk hamil dan menyusui Darell Adhibrata. Padahal ya, 6 bulan sebelum hamil, kepikiran buat menikah aja belum ada.

Blackmores

Baca juga: https://www.andiyaniachmad.com/2015/02/a-journey-to-5th-wedding-anniversary_25.html

Cerita di awal dari aku yang tiba-tiba masuk UGD karena sakit yang luarbiasa di bagian perut sebelah bawah. Belum menikah nih beb, masih gak ada tanda-tanda kejelasan bakal dinikahin sama siapa juga hehehe, tiba-tiba perut rasanya sakit banget mau meledak. Udahlah aku ke UGD sendiri sambil ditemenin sama supir taksi.

Cerita Proses Kehamilanku

Sesampainya di UGD dan diperiksa oleh dokter jaga, ternyata didiagnosis kista yang sudah akut membuat gesekan kuat dengan perut akhirnya timbul rasa nyeri yang luarbiasa itu. Diputuskanlah untuk operasi pengangkatan kista yang berujung pada diangkatnya juga sel indung telur bagian kiri aku. Karena hal ini, akhirnya keluar statement dari dokter kandungan kalau kesempatan aku untuk punya anak itu sangatlah tipis. Bahkan bisa dibilang cukup sulit, dan diberi tenggang waktu untuk dibuahi maksimal 6 bulan setelah operasi.

Coba beb bayangkan gimana perasaannya wanita ini ketika dokter spesialis kandungan memberikan statement “Andiyani Sulit Memiliki Anak” disaat menikah aja belum. Wuih itu rasanya geledek halilintar di tengah hari bolong, duaarrr gitu rasanya.

Blackmores

Allah menjanjikan pada umatnya, selalu ada kemudahan setelah kesulitan, dan itu terjadi pada diriku, gak lama setelah pulang dari rumah sakit akupun dilamar. Happy? Iya tentu! Worried? Ini juga! Hahaha karena aku khawatir yang nikahin aku itu cuman kasian semata, tapi alhamdulillah enggak ya beb, terbukti sampai 10 tahun pernikahan (still counting) masih akan terus bersama.

Singkat cerita, setelah pernikahan tentu aku sangat mendambakan kehadiran buah hati di dalam perutku secara alami. Butuh waktu 1 bulan pasca menikah, dua garis merah di test pack pun terpampang nyata. Alhamdulillah.

Tips Cepat Hamil Setelah Menikah

Banyak buku dan artikel yang aku baca terkait gimana ya caranya biar bisa cepat hamil setelah menikah, berdasarkan pengalamanku berikut adalah beberapa tips  yang harus diperhatikan dan dilakukan agar cepat hamil setelah menikah:

1. Melakukan Hubungan Intim Secara Rutin, Terutama Saat Masa Subur

Poin pertama ini aku lakukan dengan mencoba berhubungan intim sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Juga, dilakukan saat di mana aku sedang masa subur-suburnya.

2. Terapkan Pola Hidup Sehat

Mulai deh ganti pola hidup dengan lebih sehat lagi, yaitu memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang memang bisa meningkatkan peluang untuk hamil. Bukan cuma pihak istri yang perlu menerapkan pola hidup sehat, suami pun sangat perlu menjalankan pola hidup sehat, lho.

Blackmores

Blackmores

3. Istirahat yang Cukup dan Selalu Bahagia, Jangan Sampai Stres

Usahakan untuk memiliki waktu istirahat cukup. Jangan biarkan tubuh terlalu capek karena berlebihan dalam beraktivitas atau olahraga. Pastikan juga agar tidak stres dan depresi. Mikirnya yang happy-happy aja beb.

4. Stop Kebiasaan Buruk

Selama program hamil secara alami, wajib untuk stop kebiasaan buruk seperti merokok, begadang, minum minuman beralkohol, mengonsumsi junk food berlebih dan hindari juga konsumsi daging maupun telur setengah matang. Makanan ini bisa menurunkan kesempatan buat hamil dan dikhawatirkan mengandung berbagai bakteri atau virus yang dampaknya mencegah kehamilan.

5. Konsumsi Asam Folat

Banyak yang juga menyarankan agar aku dan suami mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan asam folatnya. Makanan yang kaya asam folat antara lain adalah brokoli, kacang hijau, bayam, kentang, sereal dan masih banyak lagi.

Selain itu, tambahkan asupan suplemen dengan kandungan lengkap, 17 Nutrisi Esensial, untuk bantu penuhi nutrisi selama hamil dan menyusui sehingga dapat memberikan ASI bernutrisi untuk Buah Hati.

Blackmores

 

17 Nutrisi Esensial ini bisa didapatkan dari Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (Blackmores PBFG) yang menjadi nutrisi penting di masa menyusui, yang harus dipersiapkan sejak masa kehamilan, lho. 


Adapun 17 kandungan nutrisi esensial dalam Blackmores PBFG antara lain:

1. Asam folat dan zat besi yang dapat membantu menjaga ibu dari resiko anemia,

2. Kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati serta mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu.


Blackmores

Blackmores PBFG juga mengandung Omega 3/DHA tidak berbau sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi. Selain untuk menunjang pertumbuhan otak dan mata buah hati, Omega 3/DHA penting dikonsumsi karena dapat mengubah vitamin, mineral dan lemak menjadi lebih baik kadarnya. 

 

Dengan rutin mengonsumsi Blacmores PBFG di masa kehamilan, artinya para bumil juga mempersiapkan nutrisi penting untuk Si Kecil menyusui nanti. Karena setiap tetes ASI itu penting dan merupakan wujud kasih sayang Ibu untuk buah hati.Setuju dong pastinya.

 

    Masa Kehamilan dan Menyusui bersama Blackmores

Alhamdulillah masa kehamilanku cukup lancar, lancar dan membahagiakan karena adanya peran support system dari suami, sahabat, dan keluarga. Meski di awal aku mengalami yang namanya muntah-muntah, tapi gak membuatku patah semangat buat memberikan yang terbaik bagi anakku, Darell Adhibrata selama di kandungan.

 

Begitupun saat menyusui dan mengASIhi anak semata wayang (untuk sementara ini, karena nanti mau nambah sih rencananya), wah bener-bener masa yang luarbiasa dalam hidupku. Yang namanya anak pertama pasti ada kaku dan bingung dalam memberikan ASI di awal.


Blackmores

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan bahwa air susu ibu (ASI) merupakan satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi pada masa enam bulan pertama kehidupannya, dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI setelah usia 6 bulan hingga 2 tahun. 

ASI memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sesuai dengan usianya, dan apa yang menjadi asupan Ibu menentukan kualitas ASI yang dihasilkan. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu untuk memperhatikan asupan makanannya agar dapat memberikan ASI yang bernutrisi.

Salah satu ciri ASI yang bernutrisi yaitu memiliki warna kekuningan atau putih pucat, dan memiliki kandungan lemak yang cukup. Selain mengonsumsi makanan sehat dan minum air putih yang cukup, sebaiknya ibu menyusui juga melengkapi nutrisi yang dibutuhkan dengan mengonsumsi  suplemen bernutrisi lengkap untuk dapat menghasilkan asi bernutrisi.

Blackmores

Karena itu, saat hamil sebaiknya melakukan persiapan menyusui untuk mengurangi resiko kesulitan pemberian ASI. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain:

1. Mengetahui dengan baik tentang cara kerja kelenjar ASI

Meskipun sifatnya natural, menyusui merupakan suatu proses biologis yang dapat kita pelajari. Seorang ibu yang langsung dapat menyusui bayinya pun bisa mengalami masalah di kemudian hari, mulai dari puting lecet, produksi ASI sedikit, payudara bengkak, hingga mastitis (infeksi kelenjar susu).

Karena itu, kita harus mengetahui logika supply and demand (ASI yang dikeluarkan sebanding dengan kebutuhan bayi), frekuensi menyusui atau memerah ASI, cara mengosongkan payudara untuk mencegah tersumbatnya saluran ASI, termasuk memilih ukuran bra yang tepat agar tidak terjadi mastitis. Jangan lupa, ketahui pula pertolongan pertama jika masalah di atas muncul.

2. Mengikuti kelas edukasi menyusui

Dalam kelas edukasi menyusui, ibu hamil bisa mendapatkan informasi yang lengkap mengenai seluk beluk ASI, teknik menyusui, sharing session dengan aktivis ASI, serta mendapat komunitas yang kelak bisa memberikan support kala kita menemui hambatan saat menyusui. Mengikuti kelas sejenis juga cocok untuk ibu hamil yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mencari informasi sendiri.

Blackmores

3. Berkonsultasi dengan ahlinya

Menemui konselor laktasi maupun bidan bisa menjadi salah satu pilihan untuk mempersiapkan diri menjelang proses persalinan. Selain bersifat lebih privat, konsultasi juga memungkinkan ibu hamil untuk bebas bertanya sekaligus belajar langsung dari ahlinya. Dengan konsultasi sebelumnya, kita tidak akan merasa canggung untuk bertanya kembali ketika kelak mengalami masalah menyusui pasca persalinan.  

4. Mempersiapkan kondisi fisik

Dari dalam, ibu menyusui perlu menjaga asupan nutrisi agar payudara dapat memproduksi ASI berkualitas. Dari luar, ibu hamil dapat mulai membersihkan puting menggunakan VCO (virgin coconut oil) agar tidak ada kerak yang menghalangi keluarnya ASI. Pijat payudara tidak disarankan karena dapat menyebabkan kontraksi. Sebagai gantinya, ibu hamil dapat mengikuti senam hamil dimana biasanya terdapat gerakan di seputar payudara. Gerakan ini berfungsi untuk melancarkan aliran ASI. 

Juga, tetap konsumsi Blackmores PBFG setiap hari agar nutrisi yang dibutuhkan si kecil saat menyusui terpenuhi dengan baik.

Baca juga: https://www.andiyaniachmad.com/2017/08/blackmores-pregnancy-breast-feeding.html


Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Dukung World Breastfeeding Week


Memperingati World Breastfeeding Week 2020, Kalbe Blackmores Nutrition, bersama blogger yang pernah atau sedang menyusui, memberikan serangkaian edukasi di media sosial, bagi sesama ibu hamil dan menyusui, mengenai pentingnya ASI dan masa menyusui serta pemenuhan ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi.

“Di Kalbe Blackmores Nutrition, kami menyadari pentingnya dukungan dari berbagai pihak untuk dapat menyukseskan pemberian ASI. Masih dalam rangka memperingati World Breastfeeding Week 2020, selain mengedukasi seputar ASI dan menyusui melalui akun Instagram @blackmoresid, Kalbe Blackmores Nutrition juga mengajak para ibu untuk berbagi pengalaman dan tantangan di masa-masa menyusui serta dukungan lingkungan dan orang-orang terdekat dalam membantu menghadapi tantangan di masa-masa menyusui,” ujar Tiffany Pratiwi Suwandi, Brand Manager Kalbe Blackmores Nutrition.

Blackmores

“Harapannya agar dengan berbagi pengalaman dari dan dengan sesama ibu, para ibu hamil dan menyusui menyadari bahwa ia tidak sendiri, sehingga nantinya dapat lebih percaya diri menjalani masa-masa menyusui dan memberikan ASI bernutrisi bagi buah hati,” tambah Dian.

Komitmen Berkelanjutan Kalbe Blackmores Nutrition untuk Ibu Hamil & Menyusui

Komitmen berkelanjutan Kalbe Blackmores Nutrition dalam mendukung upaya pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui juga telah dibuktikan melalui kerjasama Kalbe Blackmores Nutrition dengan Yayasan Bumi Sehat, organisasi non-profit yang berfokus pada penyediaan akses layanan kesehatan berkualitas, higienis, serta pengupayaan kelahiran anak secara layak.

“Kalbe Blackmores Nutrition memahami bahwa semua ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati. Sejak 2017, kami bermitra dengan Yayasan Bumi Sehat dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh dan Papua,” tutup Dickson Susanto, General Manager Kalbe Blackmores Nutrition.

Blackmores

Untuk itu, aku sangat menyarankan buat semua bumil dan busui rutin konsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold di masa kehamilan dan menyusui, agar Si Kecil terpenuhi nutrisinya lewat ASI yang kamu berikan, karena ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang Istimewa. 

Kamu gak perlu khawatir, sekarang ini mendapatkan produk Blackmores PBFG cukup mudah kok, kamu bisa beli di di E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store.

Info lengkap terkait Blackmores PBFG bisa kamu dapatkan di Website Blackmores juga kepoin akun instagramnya@blackmoresid, ya :) 

 

109 komentar:

  1. next kalo hamil anak kedua,,,,aku pikir harus byk dibekali pengetahuan dan vitamin yg mendukung produksi asi...well noted

    BalasHapus
  2. Kalau saya diberi kesempatan hamil akan mengonsumsi blackmores ini deh. Aamiin...

    Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ya imun tubuh harus dijaga. Ibu hamil dan menyusui termasuk yg rentan ya

    BalasHapus
  3. Baru tahu mba, pernah operasi kista. Alhamdulillah ya mba bisa langsung cepat hamil. Di sini tetangga ku banyak yang belum hamil saat setelah operasi kista. Semoga mereka juga baca blog mba, supaya meniru tipsnya, dan semoga segera dipercaya punya momongan.

    BalasHapus
  4. Blackmores harganya lumayan nih, tapi variasinya banyak, aku taunya yg untuk tulang atau sendi, karena bnyk yg rekomen juga, ternyata ada varian yg untuk pregnancy juga, makin komplit

    BalasHapus
  5. Blackmores ternyata nutrisinya super komplit dan baik yaa mba untuk kita para perempuan khususnya para ibu yang masih dalam masa menyusui. AKu tau brand ini memang bagus udah dari dulu sih.

    BalasHapus
  6. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold memang jadi senjata penting untuk ibu hamil dan menyusui, selain untuk kesehatan ibu juga anak yang dikandung dan dilahirkan

    BalasHapus
  7. Saat hamil dan menyusui, asam folat itu sangat penting. Makanya saya minum susu khusus hamil atau khusus menyusui. Saya belum kenal dengan blackmores, saat itu.
    Kalau anak yang nyusu sudah 20 bulan, masih perlu nggak ya?

    BalasHapus
  8. Aku baru tau mba pernah operasi kista mba.. Sehat sehat terus ya Mba.. Aku setuju blackmores bagus 😍

    BalasHapus
  9. Aku baru tau mba pernah operasi kista, sehat sehat terus ya mba.. Setuju blackmores bagus ☺

    BalasHapus
  10. Ya ampun ceritanya bikin sedih ya, sampe operasi diangkat indung telur sebelah ya, produk blackmore ini kandungan nya bagus bgt penting buat dikonsumsi busui

    BalasHapus
  11. Masya Allah, pengalaman hamil dan menyusui yang luar biasa.

    Alhamdulillah Allah lekas ngasih kepercayaan, padahal kalau prediksi dokter malah belum tentu ya. Rejeki memang selalu nggak terduga ya.

    Boleh nih aku coba juga minum Blackmore.

    BalasHapus
  12. Baca pengalaman mbak tu rasanya wow banget. Alhamdulillah cepat dikaruniai buah hati, ya mbak.. Sehat selalu buat mbak dan keluarga..

    BalasHapus
  13. wah praktis ya , tonggal lep saja

    BalasHapus
  14. Berkah Allah untuk mbak Ai, dengan usaha dan doa serta kesabaran, Allah mewujudkan impian tersebut sehingga menjadi sharing yang bermanfaat untuk banyak orang agar tetap positif thinking kepadaNYA

    BalasHapus
  15. Masa kehamilan dan menyusui bagi setiap wanita memang menjadi momen yang membahagiakan. Karenanya tips yang bermanfaat ini membantu untuk semua para wanita.

    BalasHapus
  16. Persis seperti sahabatku, Mbak. Sempat divonis gitu juga. Tapi alhamdulillah setahun kemudian istrinya hamil.
    Semoga Mbak Aie dan keluarga sehat-sehat terus yaaa... :)

    BalasHapus
  17. meski udah menyusui buat kedua kali, aku ikutan kelas menyusui waktu di rumah sakit. Diajarin detail dan langsung praktek jadi lebih PD supaya lancar menyusui

    BalasHapus
  18. Aku juga pernah Operasi kista sebelum menikah dan Alhamdulillah sekarang dah anak 2 , InsyaAlloh ke 3 pengen nih konsumsi Blackmores juga. Terimakasih tipsnya kak :)

    BalasHapus
  19. Aku belum menikah sih mbak, tp makasih tips2nya

    BalasHapus
  20. Terima kasih informasinya. Sangat bermanfaat sekali. Ya meskipun saya nggak bisa hamil, tapi laki=laki juga perlu pengetahuan seperti ini untuk mendampingi istrinya.

    BalasHapus
  21. Masha Allah kak luar biasa yah nikmat dr Allah, atas kesempatan hamil dan menyusui pdhl sebeluknya mendapat berita yg kurang enak. Nah dg blackmores pregnancy ini bs jd salah satu upaya agar ibu dan janin sehat yah

    BalasHapus
  22. Selalu seru baca tentang pengalaman setiap ibu yang unik dan berbeda tapi ada kesamaan dalam hal menjaga kesehatan, asupan nutrisi apalagi mengkonsumsi seperti blackmores yang membantu banget bumil dan busui untuk selalu sehat dan menghasilkan ASI yang berkualitas.

    Kirain Aie hamil lagi, kabooorr...

    BalasHapus
  23. Masya Allah, manusia cuma bisa memprediksi, tapi Allah yg berkehendak. Jadi inget pas hamil anak kedua. Dari USG dikira ada kelainan, sampai cari second opinion ke bbrp dokter, pas lahiran alhamdulillah sehat walafiat..

    BalasHapus
  24. Aku dulu juga ada kista kak, tapi ketahuannya pas aku tindakan sectio..
    Btw, aku juga konsumsi Blackmores beneran bisa bikin asi jadi kental

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pas lahiran anakku sekalian mengangkat miom. Kemarin waktu adikku lahiran aku juga kasih dia Blackmores agar kualitas asinya bagus.

      Hapus
  25. Banyak hal yang harus dipersiapkan saat hamil dan menyusui ya Mbak, salah satunya mengonsumsi suplemen. Nah Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding setahu saya salah satu yang terbaik.

    BalasHapus
  26. Kata orang supaya ASI banyak memang harus mengkonsumsi beragam makanan masalahnya kalau tidak sempat dan tidak mood makan jadi berabe ya, nah Blackmores nih solusinya

    BalasHapus
  27. Memang ga diragukan lagi deh kualitas dari produk Kalbe. Saya termasuk konsumer setia produk kalbe. Sayangnya waktu Adek Fi lahir saya blm tau produk blackmores ini.

    BalasHapus
  28. Go to hell with Blackmore things l.o.l. because I am a lady o 81 yos. #just kidding. Alhamdulillah ya sudah putih kistanya dan kini dianugerahi oleh Allah permata hati yang sudah besar. Subhaanallah apapun kata dokter kita tak boleh putus asa, keputusan ada di tangan Allah semata. Akhirnya? Terbukti kan? Tapi soal yang tertulis di point(1) melakukannya akan sia-sia kalau ada salah satu pihak yang pikirannya sedang kacau. Keduanya harus tenang dan bergairah, hehehe... Last but not least Allah Maha Segalanya.

    BalasHapus
  29. Alhamdulillah ya Mbak, pengangangkatan kista tak harus selalu berakhir dengan kemandulan. Semoga cerita Mbak ini jadi inspirasi untuk perempuan lain yang mengalami hal yang sama. Amin

    BalasHapus
  30. Blackmores solusi untuk memperbanyak ASI. Sebagai orang tua, dalam hal menyusui anak, penting sekali mendapatkan ASI. Ini jawaban para bunda, yang ingin mendapatkan ASI berlimpah lewat konsumsi Blackmores secara teratur.

    BalasHapus
  31. Dokter spesialis kandungan memberikan statement “Andiyani Sulit Memiliki Anak”---> DHUAAARRRR!! Ini sih rasanya pengin nyanyi lagu "Ku Menangiiiiissssss"

    Alhamdulillah.... ALLAH Maha Besar ya Mbaaa... Mba diberi kesempatan punya buah hati dan bisa meng-ASI-hi dgn baik. Aaakk, sukaakk bgt ama Blackmores ini :D

    BalasHapus
  32. Aku minum Blackmores juga, terutama setelah hamil dan melahirkan Anak kedua, nyadar diri umur semakin matang dan tubuh sangat perlu asupan yang bernutrisi selama menyusui, Blackmores sangat bantu Staminaku tetap terjaga.

    BalasHapus
  33. aku juga penuh persiapan saat amil pertama dan juga kedua mbaa... soalnya memang pengen banget semua lancar dan bayi sehaat yaa

    BalasHapus
  34. Wah ternyata begitu ya awal kisah menikah dan kehamilanmu. Alhamdulillah ya langsung dikaruniai Darrel ini pasca pengangkatan kista.

    Iya, bumil dan busui harus mengasup makanan bergizi dan vitamin penting untuk perkembangan janin atau bayi.

    BalasHapus
  35. kayaknya hamil di masa saat ini senang ya kak, banyak suplemen dan produk2 pendukung bumil soalnya hehehee jauh dengan masa aku 9 tahun yang lalu :)

    BalasHapus
  36. Alhamdulillah dimudahkan kehamilan pertamanya ya Mbak...Insya Allah segera yang kedua. Aamiin. Memang konsumsi nutrisi terutama penunjang kehamilan itu penting sekali tidak hanya bagi istri tapi juga suami.. Blackmores ini bisa jadi penunjang nutrisi. Lengkap sekali kandungannya ya

    BalasHapus
  37. Wah, ma sya Allah, ternyata dimudahkan jalannya, ya, Mba, meski sempat dinyatakan akan mengalami kesulitan dalam hal punya anak. Aku kok malah jadi kepo sama kisah cintanya hehehe, kapan-kapan ceritain dong. Atau malah sudah pernah?

    BalasHapus
  38. Aku kangen masa-masa hamil dan menyusui, karena itu adalah masa keemasan menurutku. Persiapan nutrisi itu sangat penting sekali, makanya dulu aku keras kepala untuk memberikan ASI dan alhamdulillah dipermudah.

    BalasHapus
  39. Sekarang seeb canggih. Praktis daripada mengolah makanan tradisional yg mulai langka juga mending konsumsi Blackmores. Insyaallah lancar ya ASI nya

    BalasHapus
  40. Yap. Jangan sampai deh kita mudah stres ya mba. Tapi sal;ah satu yang bikin stres tuh pas ada omongan orang saat belum hamil. Huuhuu hiks:(

    BalasHapus
  41. Saat hamil dan menyusui dulu saya sempat beberapa kali lihat produk Blackmores. Tapi gak coba juga. Dan baru tahu kalau ternyata kandungan nutrisinya tuh selengkap ini.

    BalasHapus
  42. kebetulan ada sodara yang pakai produk ini, katanya ASI nya lancar gitu dna nafsu makannya banyak, berarti bagus ya produknya, ada juga teman yang minum, sampai ASI nya didonasikan

    BalasHapus
  43. Aku dulu waktu trimester akhir lumayan sering konsultasi masalah menyusui ke bidan. Selain makan makanan yang bergixi, bumil dan busui juga wajib kobsumsi suplenen ya mbk. Salah satunya Blackmores

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mbk, alhamdulillah diberi amanah buah hayi yang ganteng. Kalo aku duli nunggunya 4 tahun, alhamdulillah

      Hapus
  44. Alhamdulillah ya, namanya jodoh dan anak mah kuasa Allah...
    Saya juga waktu menyusui minum blalckmores pbfg ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren ya programnya blackmores... Senang deh ada program yang mendukung ibu menyusui...

      Hapus
  45. Wah alhamdulillah mba ,terimakasih infonya. Bisa buat hantaran untuk teman yanh sedang menyusui. Pasti seneng banget jika dikasih suplemen inim

    BalasHapus
  46. wah, your exsprince with Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold is good, should they reading this blogpost to get nice information. Every good moment can we share for any one

    BalasHapus
  47. Blackmores ini rekomendasi bbrp temen aku jg pas awal ASI seret kemarin. Mmg minum suplemen begini khasiatnya terbukti banget ya.

    BalasHapus
  48. saya sudah dua kali lulus meng-ASI-hi, tapi baru tahu kalau Agustus ada World Breastfeeding Week hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada produk macam blackmore ini setidaknya memudahkan usaha ya. Dulu saya ga doyan daun bangun-bangun yang biasa dipake booster asi. tapi namanya juga usaha, gak doyan pun ditelen aja. Dengan blackmore kasih nutrisi busui jadi lebih mudah

      Hapus
  49. Awalnya saya nggak tahu sebenarnya Blackmore ini. Tahu-tahu sebelum hamil dibelikan karena suami berharap memang aku segera hamil. Berbulan-bulan nggak kuminum nah sekarang pas hamil Alhamdulillah jadi kepakai. Beberapa waktu lalu sempat pendarahan dan setelah ke dokter, minum obat juga bedrest aku barengi dengan minum Blackmore juga. Alhamdulillah pendarahannya berhenti, sekarang tinggal beberapa butir lagi sudah mau habis.

    BalasHapus
  50. Bumil dan busui emang butuh asupan nutrisi ekstra ya.. Suplemen kesehatan kayak. Blackmores ini membantu banget..

    BalasHapus
  51. Dulu zaman setelah nikah ku juga rajin konsumsi asam folat mbak, tapi dari susu, waktu itu belum kenal blacmores hehe. Skrng praktis ya suplemennya tinggal hap. Sepupuku konsumsi juga nih keknya.

    BalasHapus
  52. Salut banget sama program kebaikan dari Blackmores untuk Ibu hamil dan menyusui.
    Alhamdulillah,
    Ada multivitamin yang bisa melengkapi kebutuhan para Ibu hamil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjuangan seorang wanita dan Ibu yaa, kak Aie.
      Semoga Allah mudahkan selalu dalam melewatinya.
      Ikhtiar konsumsi Blackmores untuk penuhi nutrisi sang Ibu dan bayi.

      Hapus
  53. Waktu anak pertama aku sempat minum ini. Pas anak kedua karena sudah vegetarian jadinya ga minum ini krn mengandung fish oil. Tp jujur aku akui vitaminnya bagus kok buat upgrade kualitas asi kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang adik aku lagi hamil dan dia juga mengonsumsi ini. Pas lagian dia karyawan kalbe, jd gampang dpt akses beli produknha hehe

      Hapus
  54. Wah ternyata obat blackmores ini banyak macam nya ya, aku baru tau loh hhi dan emg bagus sih obatnya manjur&membantu banget

    BalasHapus
  55. MasyaAllah, Allah Maha Segalanya ya Mbak.
    meski dokter bilang susah hamil, nyatanya hanya menunggu sebulan saja udah bisa hamil ya, Alhamdulillah.
    Blackmores ini idola para Ibu banget ya :)

    BalasHapus
  56. aku juga minum blackmores ini sejak awal hamil dan menyusui. kerasa banget bedanya.

    BalasHapus
  57. waktu hamil anak kedua saya juga diresepin blackmores sama dokter karena kandungan saya yang agak bermasalah bentar-bentar masuk UGD :D

    BalasHapus
  58. Senangnya...
    Alhamdulillah persiapan kehamilan dilakukan agar selain dari sisi kesehatan raga juga mental sang Ibu saat hamil dan melahirkan hingga menyusui kemudian ya..
    Blackmores hadir di masa-masa terbaik menjadi seorang Ibu.

    BalasHapus
  59. Alhamdulillah, prediksi dokter tidak terjadi, ya. Jadi ingat banget saat saya hamil. dokter kandungan selalu bilang kalau asam folat itu sangat bagus. Blackmores udah pasti deh bagus

    BalasHapus
  60. MasyaaAllah merinding aku Mbak. Diberi tenggat waktu 6 bulan tapi belum nikah itu pasti nyess banget. Tapi Allah langsung jawab kegelisahan Mbak. Alhamdulillah

    Btw blackmores ini banyak direkomendasikan temenku juga. Katanya bagus

    BalasHapus
  61. jadi teringat momen hamil dna menyusui 9 tahun lalu hahahaa duh bahagianya saat itu, pengen hamil lagi tapi suami ga ngasi wkwkwk krn pas hamil aku agak kepayahan, dia ga tega katanya

    BalasHapus
  62. Baru tau ada varian khusus untuk supplemen kehamilan dari Blackmores, biasanya hanya nyetok yg varian Vitamin C nya aja

    BalasHapus
  63. mbak jadi penasaran deh, maem smothies dikasih buah2an itu enak ta? dan kenyang? aku selalu pengen tau rasanya tapi takut ga habis kalo udah kadung bikin wkwk

    BalasHapus
  64. jadi membayangkan gimana rasanya saat dokter menyatakan sulit mempunyai anak. tapi semua mendatangkan kebaikan ya mba. Boleh juga ini suplemen aku konsumsi bila merencanakan kehamilan

    BalasHapus
  65. Jujur aja ak semasa hamil nggabpernah konsumsi vitamin kecuali dari klinik itupun maju mundur krn eneg banger huhu. Padahal banyak manfaatnya ya.

    BalasHapus
  66. alhamdulillah mbak terharu baca ceritanya, aku pun juga sempat konsumsi blackmores ini sewaktu menyusui emang bikin ASI jadi lebih lancar ya

    BalasHapus
  67. kebetulan banget nih ada temenku yang kemaren cerita asinya kurang banyak dan harus pake susu formula jadinyaa, mau aku rekomendasiin produk ini ah, maaciiiw infonyaaa hihihi

    BalasHapus
  68. Wah bisa jadi pilihan ini saat nanti menikah dan mengandung. Sudah sering dengar mengenai blackmores tapi baru tau ada yang untuk pregnancy.

    BalasHapus
  69. bener banget mba penting banget buat selalu jaga kesehatan dan asupan vitamin kudu mendukung

    BalasHapus
  70. Emang juara banget deh ini Blackmores, aku pakai tapi bukan yang ini kak. Kangen deh masa-masa mengasihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelima tips di atas diterapkan bersamaan dengan minum Blackmmores mantap banget ya Mbak khasiatnya.

      Hapus
  71. pengalaman teman dan sodara yang sedang menyusui mengkonsumsi produk ini sangat membantu kelancaran ASI-nya, katanya makin banyak aja ASI-nya sampai didonasiin karena produksi ASI-nya melimpah.

    BalasHapus
  72. Cinta banget aku sama blackmores ini ini beneran pengaruh itu buat aku yang seret ASU jadi banjir ASI

    BalasHapus
  73. Banyak yang merekomendasikan ini ya Mba. AKu karena belum pernah ada anak, siap-siap nyetok ini ya. Doain ya mba bisa nusul punya momongan ehehhe

    BalasHapus
  74. Aku dulu ada dua kunci sukses menyusui yaitu memang dari nutrisi (termasuk blackmores ini) sama happy happy hehehe.

    BalasHapus
  75. suplemen kesayanganku nih. sejak awal kehamilan aku selalu minum ini hingga menyusui juga.

    BalasHapus
  76. Alhamdulillah ya Mba Aie, ternyata perkiraan dokter gak tepat. Mba Aie masih bisa punya anak, malah cepet ya. Semoga lekas diberi momongan yang kedua juga dan lancar menyusuinya.

    BalasHapus
  77. Memang, menyusui kudu dilakukan dgn keras kepala dan semangat berjuang yg luar biasa
    Gak boleh gampang nyerah!
    SpoG-ku dulu juga rekomen Blackmores.
    Keren bgt ini emang

    BalasHapus
  78. Saat ini aku lagi menyusui dan emang indah banget deh masa menyusui itu. Nanti kalau suplemen yang di rumah sudah habis mau cobain blackmores ah

    BalasHapus
  79. Wah, Blackmores emang pilihan tepat ya kak dari masa hamil hingga menyusui..Jadi kualitas yang kita berikan untuk anak bisa terjaga

    BalasHapus
  80. Walaupun sudah lewat lama dari masa menyusui. Namun senang juga membaca tentang kehadiran Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini. Ibu-ibu yang rajin konsumsi tentunya nutrisi untuk bayi mereka terjamin ya. Nah generasi yang lahir dari kecukupan nutrisi tentunya adalah tunas yang nanti akan mengharumkan nama Indonesia :)

    BalasHapus
  81. Pengalaman yang inspiratif, Mbak. Memang ya kuasa Allah, kalau DIa menakdirkan ada maka tak ada yang bisa membantahnya. Alhamdulillah dengan segala upaya, Dia memberikan jalan memiliki anak.

    BalasHapus
  82. Andalannya ibu hamil dan menyusui ya ini si Blackmores yang warna pink. Kebayang deh kualitas ASInya kalau minum Blackmores

    BalasHapus
  83. Kandungan dalam blackmores cocok banget untuk dikonsumsi ya, Mba. Bagaimanapun ibu dan bayi perlu mendapatkan asupan gizi yang baik

    BalasHapus
  84. Nah ini nih vitamin dan suplemen buat yang lagi hamil dan nyusuin biar kualitas ASI nya bagus dan lancar.

    Dulu pas nyusuin si kecil udah ada Balckmorres untuk ibu hamil dan menyusui belum ya?

    BalasHapus
  85. Alhamdulillah ya mba bisa cepat juga hamil ya. Apa kista itu memang harus diangkat dulu yaa biar bisa hamil? Soalnya adik aku kan katanya ada kista, tapi gak gede jadi gak perlu operasi. Tapi ampe sekarang belum hamil juga euy

    BalasHapus
  86. Lengkap banget ini kandungan nutrisi yang terdapat di dalam Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini. Gak tanggung-tanggung euy, 17 Nutrisi Essensial!

    BalasHapus
  87. Bagus programnya Blacmores, berbagi pengalaman dari dan dengan sesama ibu, para ibu hamil dan menyusui menyadari bahwa ia tidak sendiri, sehingga nantinya dapat lebih percaya diri menjalani masa-masa menyusui dan memberikan ASI bernutrisi bagi buah hati..Karena proses mengASIhi ini memang perlu dukungan hingga mencapai kesuksesan

    BalasHapus
  88. Cerita dari sebelum nikah sampai punya baby, haru biru ternyata kak Aie, tapi ikut bersyukur ya dengan apa yang kak Aie dapat sekarang.

    Next kalau aku hamil lagi mau juga dibekali sama ilmu dan tentunya multivitamin yang mendukung kebaikan buat bumil dan baby lah, thanks kak sharingnya 🙏

    BalasHapus
  89. semoga dengan adanya produk tersebut memudahkan ibu menyusui dalam mengASIhi buah hatinya ya

    BalasHapus
  90. Wahh sebelum nikah udah didiagnosis gak bisa punya anak, bikin drop mood aja ya, untungnya Aie gak patah semangat ya. Kan ada yg suka down duluan, padahal blm coba :)

    Menikah dan punya anak itu emang kenikmatan tiada tara sebagai seorang ibu ya :) apalagi ditambah bisa menyusui hingga 2 tahun. Life is so perfect :)

    BalasHapus
  91. emang rezeki anak hanya Allah yang tau ya mba, kita diharusnya ikhtiar terus dan berdoa.

    Suplemen pendukung selain pola hidup dan konsumsi yang sehat harus seimbang sih, apalagi kita harus tau benefit dari suplemen yang kita konsumsi sesuai kebutuhan kita. Sehat selalu mba :)

    BalasHapus
  92. Hamil dan menyusui kita perlu ya mak pengetahuan akan suplemen yang baik untuk tubuh juga bayi kita. Senang banget sekarang udah ada suplemen seperti Blackmores yang mendukung bumil dan busui. Wajib direkomenin nih ke teman-teman dan keluarga.

    BalasHapus
  93. Nah, asam folat is urgent too. It can make your body is good and baby too. And then you can give best ASi for your baby because your health. If you need suplement. You can drink black mores

    BalasHapus
  94. Emang harus berjuang luar biasa ya mbak. Aku jug akadang lucu sendiri ngasi sama tapi ceritanya beda-beda. sekarang jug apake blackmores ini. doakan sampe 2 tahun

    BalasHapus
  95. Lengkap banget infonya Mba Aie dan ikut senang dengar cerita rejeki dapat Darel setelah mengalami hal mengejutkan di intro post ini, SubhanAllah ya :)

    BalasHapus
  96. wah semoga Blackmores juga bisa membantu yang lagi promil ya.. Bisa sekaligus untuk busui juga nutrisinya sudah komplit banget

    BalasHapus
  97. Konsumsi blackmores bagus ya jadi ibu hamil dan menyusui terpenuhi kebutuhan suplemen nya

    BalasHapus
  98. Setuju kalau ibu mengandung perlu diperhatikan sekali gizi yang masuk untuk kebaikan ibu dan calon bayi, terutama nanti juga kalau menyusui. Senangnya ada Blackmores PBFG yang bs membantu menambah kebutuhan nutrisi :D

    BalasHapus
  99. masya allah mba saya bacanya, dan ikut seneng baca kisah akhirnya, btw uplemen blackmores ini bagus banget ya kalo saya baca, jadi pengen nyoba rekomendasiin buat ade yang masih busui

    BalasHapus
  100. Emang jadi andalanku nih, si Blackmores ini krn nutrisinya lengkap, bikin asi jadi kentel dan badan lebih fit saat menyusui

    BalasHapus
  101. Masa menyusui dan hamilku sudah lewat nih, Mba. Tapi jadi info yg bisa saya share ke ponakanku yg pada hamil bareng nih

    BalasHapus
  102. Persiapan macam aku nih punya blackmores eheheh soalnya belum ada anak, jadi ya kudu prepare juga penjelasan mba Andi lengkap pula. Ibu hamil dan menyusui emang terfosir banget ya mba makanya nutrisi penting banget.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)