Jumat, 07 Agustus 2020

Faktor Penentu Harga Premi Asuransi Mobil Murah

Memiliki mobil pribadi dari hasil jerih payah bekerja selama bertahun-tahun tentu sangat membanggakan! Baik masih lajang atau pun sudah berumah tangga, memiliki mobil bisa menjadi penyemangat saat bekerja maupun aset masa depan. Kamu tidak perlu lagi repot membayar ojek online berkali-kali jalan yang harganya lebih mahal daripada bensin harian! Namun coba cek, apakah kamu juga sudah memiliki asuransi mobil murah?

Cek Aja

Mungkin kamu masih berpikir kenapa kamu perlu memiliki asuransi mobil murah. Apalagi latar belakang kamu yang belum pernah menabrakkan mobil atau kendaraan lain. Ya, masih banyak orang yang enggan untuk membeli asuransi mobil murah karena merasa tidak akan terjadi apa-apa dengan kemampuan mengemudi yang baik.

Pasalnya, kecelakaan bukan soal kamu menabrak siapa, tapi ditabrak siapa. Ada lebih dari 296 kecelakaan setiap harinya di seluruh Indonesia. Siapapun pelakunya, hasilnya tetap sama: kendaraan menjadi penyok, tergores, bahkan mungkin rusak berat!

Wah, wah. Tentulah memperbaiki mobil menjadi masalah baru lagi untuk kamu! Apalagi setelah kamu membayar cicilan atau biaya pembelian mobil!

Cek Aja

Di sinilah peran asuransi mobil murah bisa mengatasi masalah-masalah tersebut. Secara singkat, mendaftarkan mobil kamu ke penyedia asuransi mobil murah berarti kamu sudah menyelamatkan finansialmu di masa depan. Ya, asuransi mobil murah bertujuan untuk menghindarkan kamu dari resiko-resiko musibah yang bisa membuang uang dan menghabiskan waktu!

Jika kamu mengalami tabrakan mulai dari ringan hingga berat atau bahkan kehilangan, asuransi mobil murah bisa menggantinya segera! Bahkan beberapa penyedia asuransi mobil murah menawarkan perlindungan dari resiko-resiko seperti huru-hara, banjir, maupun gempa bumi.

Cara Kerja Asuransi Mobil Murah

Secara garis besar, asuransi mobil murah akan memintamu untuk membayar premi atau biaya iuran setiap bulan atau tahun, sesuai kesepakatan. Uang kamu akan dimasukkan ke dalam tabungan raksasa yang juga berisi uang premi dari nasabah lainnya. Nantinya jika kamu mengalami musibah seperti tabrakan atau banjir misalnya, kamu akan diganti sejumlah uang atau perbaikan di bengkel menggunakan tabungan ini.

Memang, ini artinya kamu harus mengeluarkan uang lebih di samping cicilan atau pun pembelian mobil. Namun hal ini lebih murah daripada kamu harus menanggung biaya perbaikan atau pun lainnya jika terjadi suatu musibah.

Cek Aja

Faktor-Faktor Penentu Harga Premi Asuransi Mobil Murah

Bukan rahasia lagi jika harga premi asuransi mobil murah menjadi alasan mengapa masyarakat Indonesia masih enggan untuk membayar. Di samping itu, masyarakat Indonesia juga cenderung berpikir ‘musibah ya musibah’. Padahal tentunya hal ini bukan musibah jika sudah dipersiapkan sebelumnya!

Umumnya, harga premi asuransi mobil murah adalah 1-4% dari harga mobil yang harus dibayar setiap tahun, namun ada pula yang menerima cicilan setiap bulan. Untuk memahami harga premi asuransi mobil murah lebih dalam, berikut adalah faktor-faktor yang menentukan harganya: 

Jenis asuransi mobil murah

Kamu wajib mengetahui 2 jenis asuransi mobil murah di Indonesia. Yang pertama adalah asuransi All Risk, yaitu melindungi mobil secara menyeluruh dari berbagai kerusakan, mulai dari goresan, penyok, hingga tabrakan. Bahkan beberapa juga menawarkan perlindungan dari kehilangan. 

Cek Aja

Yang kedua adalah Total Loss Only, yaitu fokus pada perlindungan resiko kehilangan alias pencurian saja. Asuransi mobil murah ini juga bisa menanggung kerusakan, namun dengan syarat bahwa perkiraan biaya perbaikannya sama dengan atau melebihi 75 persen harga kendaraan. 

Harga asuransi All Risk lebih mahal apalagi memiliki loading rate yang semakin mahal seiring bertambahnya usia kendaraanmu. Umumnya mobil di atas 5-10 tahun hanya bisa asuransi mobil murah Total Loss Only saja. 

Jenis kendaraan

Jenis kendaraan tentu sangat berpengaruh pada nilai premi yang kamu miliki! Ini dikarenakan premi dihitung berdasarkan persentase dari nilai kendaraan kamu. Umumnya, semakin tinggi nilai kendaraan, maka semakin turun persentasenya. Namun tentu saja harga preminya semakin tinggi, kan?

Asuransi Kendaraan

Sebagai gambaran, harga mobil Toyota Avanza seharga Rp 150 juta memiliki premi 3% sehingga Anda harus membayar Rp 4.500.000 setiap tahun. Berbeda dengan Toyota Fortuner seharga Rp 500 juta dengan premi 1%, sehingga Anda membayar Rp 5.000.000 setiap tahunnya.

Tahun keluaran kendaraan

Tahun kendaraan sangat mempengaruhi nilai premi asuransi mobil murah. Ini dikarenakan penyedia asuransi akan memperhitungkan resiko dan ketersediaan suku cadang mobil yang kamu miliki. Umumnya, semakin lama usia mobil yang dimiliki, maka semakin mahal khususnya pada asuransi All Risk yang menerapkan loading rate sebesar 5% dikali usia mobil kamu. 

Asuransi Kendaraan

Jenis plat dan lokasi kendaraan untuk asuransi mobil murah

Tanpa disadari, lokasi mobil kamu juga menentukan besaran harga premi yang harus  dibayarkan. Inilah mengapa kamu perlu memasukkan plat nomor mobil untuk menentukan harganya. 

Penggunaan pribadi atau komersial

Tentunya penggunaan pribadi cenderung lebih rendah resiko dibanding komersial seperti rental mobil, bukan? Penyedia asuransi mobil murah umumnya memiliki jenis layanan berbeda untuk penggunaan pribadi dan komersial. Jadi pastikan untuk menjelaskan tujuan penggunaanmu agar tidak repot saat klaim.

Lalu bagaimana cara mencari harga premi asuransi mobil murah yang paling terjangkau? Caranya cukup mudah: kunjungi laman Cekaja.com lalu klik di ‘Asuransi Kendaraan’. Masukkan data kendaraan dan data diri untuk memulai simulasi harga premi. Nantinya, kamu akan langsung mendapatkan perbandingan harga asuransi mobil murah se-Indonesia, lho! Mudah sekali bukan?

Cek Aja

Asuransi mobil murah menjadi salah satu investasi penting untuk kesejahteraan finansialmu. Yuk menjadi cerdas dan cermat dengan Cekaja.com!

https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/

Cekaja.com merupakan platform toko finansial online di Indonesia yang menghadirkan informasi serta layanan mutakhir untuk membantu memutuskan keputusan terkait finansial yang pastinya menguntungkan untuk Anda. Buat masa depan Anda lebih baik bersama Cekaja.com.


35 komentar:

  1. Wahh dibikin melek sama asuransi mobil nih saya sama ka Aie hehee... Emang paling males sebenernya sih ngomongin asuransi gini, tapi setelah baca penting juga asuransi kendaraan tuh yah. Ok, dari sini auto CekAja.Com nih jadinya heheee

    BalasHapus
  2. jujur seumur-umur keluargaku punya mobil, nggak pernah sekalipun diikutkan asuransi, hehehe. Tapi aku jadi tahu nih perihal asuransi mobil murah dari CekAja yang bisa memberikan garansi perlindungan untuk kendaraan.

    BalasHapus
  3. Aku di Jakarta ada mobil tapi mobil tua banget. Tahun 1995, edisi mobil Tim** itu kak. Memang sih belum pakai asuransi karena sudah expired kali ya usia mobil ini juga. Bagi pemilik kendaraan tahun 2000-an sih emang penting ini punya asuransi kendaraan.

    BalasHapus
  4. Jadi inget waktu adek markir mobilnya di pinggir jalan, trus tiba-tiba ada mobil antah-berantah nabrak. 3 mobil yang markir pada hancur. Untungnya saat itu masih ada asuransinya

    BalasHapus
  5. makasih kak infonya, bermanfaat banget kadang sebagian org males asuransiin kendaraannya karena belom paham padahal manfaatnya jg buat kita sendiri ya :)

    BalasHapus
  6. Wah, aku baru tau dong kalo mobil juga ada asuransi. Kemana aja aku selama ini😅. Ternyata banyak juga ya manfaatnya, kurang lebih sama kayak asuransi kesehatan pada umumnya🤭

    BalasHapus
  7. Kalau dipikir-pikir asuransi kendaraan memang penting juga yaa kak. Kita ngga tau kan yaa kejadian seperti apa yang akan kita alami saat berkendara. Kalau ngga nabrak, ya ditabrak. Ya maunya sih aman-aman aja bawa kendaraan, cuma ya who's know ya kan. Jadi memang lebih baik pakai asuransi buat melindungi.

    BalasHapus
  8. Wah, ternyata murah tidaknya asuransi mobil banyak syaratnya ya. Huhu, mobilku belom ada asuransinya sih. Jadi gak tahu. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan iya nih, kalo inget masa sekarang yang tak terprediksi, membuat harta bergerak semacam mobil juga ikut tak bisa diprediksi ya. Jadinya kita butuh proteksi. Kudu mulai diobrolin nih soal asuransi mobil

      Hapus
  9. Ngomongin asuransi yah, jadi inget sama kondisi mobilnya via vallen yang dibakar pas asuransinya sudah habis.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah mobilku di rumah menggunakan asuransi, dari waktu beli memang sudah niat diasuransikan. Karena memang penting banget sih punya asuransi, soalnya pernah mobilku ditabrak dan yang nabrak tukang gojek terus mikir kasihan banget kalau harus ganti jadi langsung masuk asuransi deh.

    BalasHapus
  11. bener banget ini, masalahnya bukan nabrak siapa, tapi ditabrak siapa. Pernah ngalami juga, suami udah nyetir hati-hati, konsentrasi di jalan. Eh di lampu merah kok ya ada aja yang nabrak dari belakang.

    Kalau memiliki asuransi mobil memang jadi lebih tenang

    BalasHapus
  12. selama ini saya ngga pernah cari info soal asuransi mobil krn merasa belum butuh hehe. Sejauh ini belum merasa butuh beli mobil pribadi krn masih ada fasilitas dr kantor suami. Tapi mana tau suatu saat butuh info ini..TFS mbak :)

    BalasHapus
  13. Asuransi mobil murah itu seperti nabung gitu ya Mbak. Karena bayar premi setiap bulan dengan harga terjangkau. Dan memang kalau punya mobil sekarang wajib banget punya asuransi. Bisa memberi proteksi kalau suatu saat kesundul atau hilang

    BalasHapus
  14. Iya nih penting bgt buat punya asuransi kendaraan bermotor.
    Karena namapun lagi di jalan raya, apa aja bisa terjadi ya Mak.

    BalasHapus
  15. Wah iya, karena aku tinggal di Palembang, waktu lihat harga mobil sedikit berbeda...Dan ini jadi berpengaruh pada saat perhitungan asuransi karena pas mendaftar ditanya harga belinya juga

    BalasHapus
  16. Asuransi mobil membantu sekali bagi aku dan suami. Kami rutin mudik ke Jawa Timur, sering traveling via darat jadi punya asuransi mobil wajib hukumnya. Premi yang dibayarkan sepadan kok dengan apa yang kita dapatkan Kalau terjadi apa-apa, bahkan lebih. Pernah ditonjok bis waktu mudik lebaran,biaya perbaikan belasan juta kalau bayar sendiri. Tapi cuma kena biaya kejadian 300 ribu. Yang lain ditanggunga asuransi. padahal premi setahun ga sampai belasan juta:)

    BalasHapus
  17. NYaman banget kalo mobil diasuransikan, jadi tenang kalo suatu saat amit2 ada hal yang kurang menyenangkan, jadi udah prepare duluan yaaa. JAdi makin melengkapi tingkat safety saat dijalanan .

    BalasHapus
  18. Semakin paham deh saya tentang asuransi kendaraan. Kayaknya untuk motor juga bisa ya poin-poin ini dijadikan pertimbangan

    BalasHapus
  19. Waktu masih tinggal di Brunei, asuransi mobil ini wajib dimiliki setiap pemilik mobil, Mbak. Dan harus diperbarui tiap tahun. Meski preminya lebih mahal dari tax road (nggak ada pajak kendaraan di sana, btw) tapi kalau nggak punya asuransi nggak bisa urus tax road yang harus ditempel di bagian depan kaca mobil. Kalau nggak ada ya nggak bisa jalan mobilnya.

    BalasHapus
  20. Waktu masih tinggal di Brunei, asuransi mobil ini wajib dimiliki setiap pemilik mobil, Mbak. Dan harus diperbarui tiap tahun. Meski preminya lebih mahal dari tax road (nggak ada pajak kendaraan di sana, btw) tapi kalau nggak punya asuransi nggak bisa urus tax road yang harus ditempel di bagian depan kaca mobil. Kalau nggak ada ya nggak bisa jalan mobilnya.

    BalasHapus
  21. Iyaa meski memang jatuhnya ada tambahan pengeluaran tapi menurut saya punya asuransi mobil ini penting banget ya mba... biar jadi lebih tenang dan nyaman saat akan bepergian ke mana aja, apalagi kalau mobilnya mau dibawa jauh seperti mudik. Tapi memang perlu pintar2 banget ya buat nyari asuransi yang pas biar bisa merasakan banyak manfaatnya.

    BalasHapus
  22. Pernah beli asuransi mobil yang all risk, emang umur mobil dan lokasi mempengaruhi banget harganya

    BalasHapus
  23. Bener juga ya, Mbak. Punya asuransi kendaraan bermotor itu penting. Untuk keselamatan keuangan kita di masa depan. Karena kita tidak tau apa yang bisa terjadi di jalan.

    BalasHapus
  24. Aku baru tahu cara menghitunf premi kendaraan, mbak. Karena suami ngga mendaftarkan mobilnya ke asuransi kendaraan. Coba nanti ngobrol2 sama suami, siapa tahu dia tertarik

    BalasHapus
  25. Aku punya yg jenis ini mba Total Loss Only, yang fokus pada perlindungan resiko kehilangan alias pencurian krn derah Srengseng Sana gak aman

    BalasHapus
  26. Kita juga pakai nih mba.. yang sesuai dengan kebutuhan. Dan mwmang banyak yang belum memakai asuransi mobil ya

    BalasHapus

  27. fortunately read your post, haven't paid for car insurance, hahaha

    BalasHapus
  28. Usia mobil menentukan tarif premi jg ya mba. Noted banget nih buat yg mau asuransikan kendaraannya. Bisa jd pertimbangan sambil dihitung2

    BalasHapus
  29. Kalau sekitar 1-4% dari harga mobil memang murah sih Mbak terbilang rasional dan masih terjangkau oleh masyarakat ya.

    BalasHapus
  30. Beli mobil zaman sekarang, all in sama asuransinya sekalian.
    Memang berasa aman kalau sudah ikut asuransi yaa..

    BalasHapus
  31. Banyak juga ya faktor penentu harga premi asuransi mobil murah. Aku gak ngerti sih urusan premi asuransi mobil. Semua yang ngurusin suami dan akupun gak nyimak kalau dijelasin, haha. Tapi baca ini jadi ngerti dikit deh :)

    BalasHapus
  32. Mengasuransikan kendaraan juga sama pentingnya dengan asuransi jiwa. Jadi wajib hukumnya. Apalagi jika mobilnya sering dibawa kemana-mana.

    BalasHapus
  33. Punya premi asuransi gini jadi lebih aman dan nyaman berkendara ya mba Andi
    Masku di rumah ada sedan dua, tapi aku nggak tahu sudah ada preminya belum aku saranin ah nanti kalo mudik

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)