Kamis, 13 Agustus 2020

Radang Tenggorokan, Begini Cara Mengatasinya

Siapa yang saat bangun pagi berasa perih di tenggorokan dan sakit saat menelan? Hayo ngacuung! Gak enak kan rasanya?

Radang Tenggorokan

Nah, aku pernah mengalaminya, duh rasanya gak enak banget. Udah gatal, perih dan pedih trus buat menelan juga sulit. Kalo udah kayak gini biasanya aku langsung deh minum air hangat buat menghilangkan rasa gatak dan perih di tenggorokan. Malah kadang ditambahin jahe atau madu. Dari beberapa artikel yang aku baca dan saran dari orangtua, kalo tenggorokan gatal itu biasa dikasih air hangat atau air perasan jeruk nipis dengan madu serta jahe.

Saking berasa gak enak dan nyaman, jadi gak selera buat makan. Setelah curhat sama suamiku ternyata yang aku rasakan itu adalah tanda dari radang tenggorokan. Meski bukan penyakit yang serius kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-sehari, lho. Mau makan juga susah, berasa gak nyaman aja.

Penyebab sakit tenggorokan paling sering adalah infeksi virus, seperti pilek atau flu. Ini nih makanya pas cerita sama pak suami langsung dimarahin gini, “Makanya jangan minum es terus, jangan jorok”, gitu katanya.

Apa Itu Radang Tenggorokan?

Radang tenggorokan merupakan peradangan pada lapisan kerongkongan atau esofagus, organi ini berfungsi untuk menyalurkan makanan dari mulut menuju ke lambung. Pada pengidap radang tenggorokan akan menimbulkan rasa sakit dan kesulitan menelan makanan, malah ya aku pernah berasa perih di bagian dada.

Radang Tenggorokan

Berhubung aku juga punya penyakit asam lambung yang ternyata ada kaitannya dengan radang tenggorokan yang kerap menyerang. Umumnya, kalo udah berasa perih bagian tenggorokan, itu pasti asam lambung meningkat, suara jadi serak, ada rasa nyeri di dada saat menelan, kesulitan menelan, batuk-batuk, nafsu makan berkurang, mual malah kadang nih suka sampai muntah.

 

Faktor Risiko Sakit Radang Tenggorokan

Memang radang tenggorokan ini bisa siapa aja mengalaminya, namun ada beberapa faktir yang membuat seseorang lebih berisiko terkena penyakit ini, seperti:

  • Faktor usia, anak-anak berusia 3 sampai 15 tahun lebih rentan mengalami akibat dari infeksi bakteri
  • Paparan asap rokok
  • Alergi musiman atua reaksi alergi yang berkelanjutan terhadap debu atau bulu hewan peliharaan
  • Paparan terhadap iritasi kimia, misalnya sering menghirung asap pembakaran dari bahan bakar atau bahan kimia rumah tangga
  • Daya tahan tubuh sedang lemah

Ya, gak heran sih suamiku bilang jangan jorok, karena dari tidak menjaga asupan makanan atau minuman harian juga bisa memicu sakit radang tenggorokan, lho.

Radang Tenggorokan


Faktor Pemicu Sebab Sakit Radang Tenggorokan

Selain faktor risiko yang aku sebutkan di atas, biasanya yang mengalami radang  tenggorokan juga disebabkan oleh:

  • Mempunyai refluks lambung, dimana kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan.
  • Memiliki alergi terhadap makanan ataupun debu.

Gak hanya anak-anak dan orang dewasa dengan daya tahan tubuh yang lemah, orang berusia lanjut pun rentan mengalami radang tenggorokan. Terlebih jika memiliki hobi mengonsumsi makanan berlemak dengan porsi yang banyak, minum alkohol atau kafein, punya kebiasaan tidur setelah makan, dan perokok.

 

Begini Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Jika kamu sedang mengalami radang tenggorokan, yuk ikuti beberapa cara mengatasi  radang tenggorokan berikut ini yang aku rangkum dari artikel yang ada di Halodoc:

  • Minum dengan sedotan untuk mempermudah proses menelan
  • Untuk sementara ini hindari makanan pedas dengan bubuk cabai, kari, dan merica
  • Hindari konsumsi makanan yang teksturnya kasar dan sulit untuk ditelan seperti kacang-kacangan dan sayuran mentah
  • Berhenti merokok dan minum alkohol
  • Hindari konsumsi makanan asam
  • Setalah makan jangan langsung tidur untuk menghhindari terjadinya refluks lambung
  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan.

Radang Tenggorokan

Saat pandemi begini mungkin kamu merasa khawatir untuk ke rumah sakit ataupun klinik, nah, Halodoc memberikan kenyamanan pada kita semua untuk dapat berdiskusi atau chat dengan dokter pilihanmu via Aplikasi, lho. Udah instal aplikasinya kan?

Buat janji dengan dokter jauh lebih mudah tinggal sentuh layar handphone kamu, Halodoc memiliki daftar dokter pilihan terbaik di bidangnya masing-masing. Mulai dari dokter umum yang bisa membantu menjawab keluhan ringan hingga dokter spesialis berpengalaman dan terpercaya.

 

 

 

51 komentar:

  1. Memang HaloDoc the Best pantastic porrr pokoknya, alhamdulillah ada layanan online macam Halodoc tuhh.

    BalasHapus
  2. Aku kesel banget kalau sudah radang tenggorokan. Mau ngapa-ngapain nggak enak. Mau makan, sakit. Mau minum clekit-clekit.. huhuhu.. Cuma bisa makan bubur dan yang halus-halus. Terima kasih tipsnya ya Kak Aie.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di masa pandemi kayak gini, praktis juga ya kalau berkonsultasi via HaloDoc. Cukup via HP, diagnosis bisa langsung diberikan dan obat bisa langsung diantar sehingga meminimalisir resiko untuk terpapar virus.

      Hapus
  3. Ternyata bisa sampai separah itu ya.
    Kalau aku mulai radang banyakin minum air anget dan minum obat kalau udah parah.

    BalasHapus
  4. Huhu memang paling nggak enak kalau udah sakit nelen teh. Harus bener-bener dijaga nih, apalagi peralihan musim gini rawan banget sakit tenggorokan. Btw aku juga lumayan sering akses Halodoc kalau ada masalah kesehatan, praktis banget tanpa harus antri kalau ke dokter ya.

    BalasHapus
  5. Aku juga pernah beberapa kali radang tenggorokan hehe alhamdulillah punya cara ampuh buat ngatasinnya yaitu dengan minum air lemon hehe

    BalasHapus
  6. Sakit tenggorokan tuh emang gak enak banget deh, jadi susah makan dan minum karena mau nelan aja suka sakit. Aku pun selama pandemi ini selalu mengandalkan Halodoc kak

    BalasHapus
  7. bener bgt, paling mengganggu tuh radang tenggorokan huhu rasanya gatel tp gabisa di garuk hehe.. ganggu tidur kalo tengah malam jd sering kebangun, belum lg masa sekarang ya, yg batuk dikit di umum dikira kena covid, hehe jd malu kan :D

    BalasHapus
  8. Tipsnya saya saved. Soalnya jaman sekarang, sakit tenggorokan, batuk pilek apalagi demam jadi suka was was sendiri ya hehehe...
    Semoga kita semua sehat selalu...
    Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangankan batuk pilek, Teh. Orang bersin aja kalau bisa pengen sembunyi. Parahnya ada tuh yang pengen nahan bersin, eh malah kentut, LOL

      Hapus
    2. Wkwkwkwkkk...
      Serius ya?
      Seharusnya jangan ditahan. Sunatullah kan ya bersin itu. Tapi kalau sedang pandemi, emang risih juga ya.

      Ngumpet dulu lah paling tidak. Jadi ketawa sendiri nih baca komentar Mba Rani

      Hapus
  9. Daku akhir tahun kemarin sempat radang tenggorokan, dan itu nggak nyaman banget. Mana lagi pas kerja juga hehe. Alhamdulillah, sekarang ya bisa jadi lebih cepat tahu pengobatannya lewat Halodoc

    BalasHapus
  10. radang tenggorokan emang bikin kita mati gaya deh, sakit banget kan saat menelan, jadi serba susah dan serba salah.
    minum air hangat atau air jahe juga bagus Mbak. biar lebih segar plus dikasih madu juga :)

    BalasHapus
  11. Aku klo udah kerasa mulai enggak enak tenggorokan, langsung gempur pakai air hangat yang banyak dan madu.

    BalasHapus
  12. Yg PR banget buatku adalah: selesai makan kok rasanya ngantuuuuk, dan (ke)tidur(an) deh :(((
    Ini ga tau, syusyaahh bgt ngilanginnya

    BalasHapus
  13. Banyak makan pedas emang bisa menyebabkan radang tenggorokan. Aku juga nih dulu sering kena radang tenggorokan. Kalo udah parah banget,harus ke dokter.

    BalasHapus
  14. Aku zaman anak-anak sampai remaja, sering banget kena radang tenggorokan. Biasanya karena minum es. Kalau dewasa gini, paling pas lagi benar-benar sakit. Duh gak nyaman banget

    BalasHapus
  15. Udah sebel banget pastinya saat tenggorokan kita sakit sampai ga bisa menelan makanan ya. Menghindari makanan pedas ertutama gorengan tuh lumayan bisa mengurangi rasa ga nyamannya. Oh, iya kalau mau tanya2 konsultasi kita bisa ke Halodoc aja. Komlit dokter2nya ya malah obat juga bisa dikirim ke rumah.

    BalasHapus
  16. Aku juga pernah kayak gitu mbak, bangun tidur tenggorokan berasa kering dan sangat tidak nyaman,
    Sepertinya memang harus mengurangi gorengan dan minuman dingin sih hehehe.

    Apa lagi di masa seperti ini, kalau sakit sedikit juga bawaan jadi parno dan suka mikir macem2 yah,
    mendingan melipi ke Halodoc aja, informasinya serba akurat dan terpercaya yah

    BalasHapus
  17. Jadi ingat, sering merasakan tenggorokan gak enak saat bangun tidur .... daya tahan tubuh sedang melemah ya berarti ... hiks. harus makin memperhatikan nih

    BalasHapus
  18. Ini aku banget mbak Ayie! Hehehe. Jadi sering banget kena radang gara-garanya karena lambung yang sering bermasalah, alias aku punya GERD. Tapi alhamdulillah udah sering juga pake Halodoc, jadi kalau kumat ga perlu ke rumah sakit dulu. Konsultasi dulu via Halodoc, biasanya kalau emang butuh obat, dokter tinggal resepin lewat digital dan dikirim via ojek online deh.

    BalasHapus
  19. Radang tenggorokan itu memang menyebalkan yaaa aku suka minum jahe mbak kalo radang tenggorokan

    BalasHapus
  20. Klo aku alergi debu plus suka makan kerupuk jdi gampang bgt meradang gitu, makasih ya mba tips2nya

    BalasHapus
  21. Aku dulu saat masih sekolah SD-SMp sering banget radang tenggorokan. Ternyata emang rentan usia 3-15 tahun ya. Nggapapa enak banget rasanya, pasti jadinya ke dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling ngga enak radang tenggorokan susah makan euy

      Hapus
  22. Bener juga Mbak, kalau radang tenggorokan sebenarnya berhubungan dengan asam lambung. Tiap asam lambung meningkat nanti giliran radang tenggorokan yang muncul.

    BalasHapus
  23. Radang tenggorokan di saat pandemi begini beneran bikin parno, deh. Anak saya baru aja sembuh. Tetapi, ya memang jangan sampai panik. Biar bisa tetap cari info di sumber yang tepat

    BalasHapus
  24. Saya gak tahan makan goreng-gorengan. Apa lagi makanan gorengan yang beli jadi, yang gak tahu menggunakan minyak seperti apa. Gak enak banget kalau sudah terkena. Nah bisa konsultasi dengan dokter jadi membantu juga nih

    BalasHapus
  25. Saya kalau minum manis sering sakit tenggorokan gini Mbak. Sama kebanyakan makan gorengan. kalau 1 atau 2 aja masih oke. Tapi kalau terus-terusan gak tahan juga. Nah, biasanya aku minum anget sebelum tidur. AIr putih anget aja jangan terlalu panas. itu lumayan membantu juga.

    BalasHapus
  26. Saya mbak, dulu langganan radang tenggorokan... Harus jaga makanan (enggak makan yang aneh-aneh kalau daya tahan tubuh lagi enggak bagus), enggak enak banget ya...

    BalasHapus
  27. Bener banget aku juga kadang kalau radang tenggorokan itu rasanya nggak enak banget dan benar-benar emang enggak enak

    BalasHapus
  28. Emamg sebel banget deh sama radang tenggorokan, bikin ngga enak makan dan nelen yaaaa.. Huhuhu. Kujuga suka beli obat dan nebus resep via halodoc, praktis!

    BalasHapus
  29. Alhamdulillah sejak rajin mengonsumsi air hangat dan tambahan jeruk nipis peras saat pagi hari, aku merasakan efek makin enak di tubuh. Nggak pernah lagi mengalami radang tenggorokan juga

    BalasHapus
  30. Paling ga enak kalau udah kena radang tenggorokan. Badan meriang, terus mau makan apa saja udah ga enak rasanya. Harus segera mencari solusinya ya. Untung di musim pandemi gini ada Halodoc yang bantu kita.

    BalasHapus
  31. Ah kmrn baru aja di grup bahas soal radang ini trus ada yang bilang pas sakit lambung ngaruh jd radang ternyata emang bener ya salah satu penyebabnya itu. Kalau aku pribadi saat radang minum yg anget2 dan ngurangin minuman bergula :D

    BalasHapus
  32. Gak nyaman banget niih...kalau sudah radang tenggorokan.
    Menelan apapun jadi terasa berat.
    Padahal kuncinya sehat, perbaiki pola makan yaa..

    BalasHapus
  33. Emng ga enak banget radang tenggorokan ya mba :(
    Aku suka sebel sma ini ngapain dikit ehhh suka tiba2 gatal trus batuk dari radang. Untung bisa halo doc dulu ya. Jadi ga bingung mau kemana lagi covid gini

    BalasHapus
  34. I like application halodoc, they have so many information about lifestyle, i am often follow they tips.

    BalasHapus
  35. apas banget Mbak aku juga lagi radang tenggorokan 2 hari ini. Bisa juga dengan minum air hangat dan air rebusan mpon mpon, tapi biar yakin lagi bisa deh minta bantuan Halodoc

    BalasHapus
  36. Benar nih paling nggak enak radang tenggorokan. Saya paling banyakan minum air putih hangat dulu sebelum konsultasi ke ahlinya

    BalasHapus
  37. Kalau daya tahan tubuh ga enak minum es plus gorengan kelar deh yah. Biasa tahu diri ngurangin oemicunya dan istirahat dulu klo belom sembuh3 harian baru drh ke dokter.

    BalasHapus
  38. kadang terlihat ringan ya radang tenggorokan itu, tp mengganggu sekali kalo dibiarin aja :) lebih baik memang dikonsultasikan secepatnya, sekarang halodoc udh sangat mudah dan membantu :)

    BalasHapus
  39. Wah aplikasi halodoc ini emang bener2 membantu bgt ya mbak, banyak info2 penting dan berguna di dlmnya

    BalasHapus
  40. Radang tenggorokan emang salah satu penyakit yang mengganggu banget deh, secara kan kita terbiasa berbicara dan jika tenggorokan bermasalah duh sungguh aku tak nyaman.. memang harus jaga kesehatan banget ya ka aie

    BalasHapus
  41. Wah, aku nih, kayaknya lumayan sering deh kena radang tenggorokan kalo dilihat gejalanya. Biasanya karena makan atau minum yang dingin-ding atau yang pedes-pedes. Lumayan menggangu ya. Aku palingan banyak makan buah, minum air hangat, istirahat. Btw, tentang Halodoc, ini aplikasinya udah aku pake sejak lama. Lumayan nih jadi gak gampang kena hoax.

    BalasHapus
  42. Radang tenggorokan itu bikin ga nyaman banget.. mau makan & minum ga enak.. uh tersiksa bgt deh.. kalo aku biasanya minum air putih hangat terus plus minum obat sih hehe

    BalasHapus
  43. Radang tenggorokan tuh gak enak banget ya. Aku pasti harus ke dokter deh kalo kena. Sekarang perbanyak makan buah dan sayur untuk menghindarinya

    BalasHapus
  44. kedua dari terakhir nih masih sering saya lakukan, apalagi kalau si Bayik udah narik minta nenen, syukurnya sejak ngASI gak bisa tidur kalau bantalnya rendah karena susah dapat posisi nyaman saat ngASI.
    radang tenggorokan emang bikin gemes deh, sakitnya gak nyaman banget dah.

    BalasHapus
  45. Hehehe... Padahal kalaum makan nggak pedes rasanya hambar ya mbak Ai.

    Tapi demi kesehatan tenggorokan. Nggak apa deh libur dulu. Biasanya juga aku suka minum jahe anget kalo udah ngerasa tenggorokan mulai susah diajak komromi 😁

    BalasHapus
  46. Sejujurnya pandemi ini bikin gaya hidupku jadi sehat mba, ke kantor jadi bekal pdhl biasanya tukang jajan dan berakhir Radang tenggorokan alhamdulilah kini ga pernah kambuh lagi wkwk

    BalasHapus
  47. Aku kalau tenggorokan udah mulai gak enak, biasanya segera minum air jahe. Baik itu dibuat sendiri atau yang kemasan. Enak rasanya jadi seger tenggorokan.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)