Jumat, 04 September 2020

Susu Anak Morinaga Platinum: Meski Waktu Tak Bisa Kembali, Tapi Cinta & Kasih Sayang Bunda Tak Akan Lekang oleh Waktu

“Bunda jangan sampai sakit, ya, Bunda harus semangat, nanti yang nemenin Darell belajar dari rumah siapa?”

Sepenggal ucapan Darell yang selalu bisa bikin hati ini luluh lantah, seperti saat aku mendengar detak jantungnya di dalam tubuhku untuk yang pertama kali. Iya, kehadiran Darell itu bagaikan mata air di tengah padang pasir yang tandus dalam hidupku.

Susu Anak Morinaga Platinum

Tak pernah terpikirkan sedikit pun bisa memiliki anak seperti Darell Adhibrata yang begitu sabar, perhatian, romantis, dan penuh kasih sayang. Bahkan secara fisik lahir sempurna, padahal begitu banyak yang aku lewati selama Darell ada dalam kandungan. Sempat jatuh beberapa kali, masuk UGD karena keram perut dahsyat, dan infeksi saluran kemih.

Anakku, Anugerah Terindah dalam Hidup

Mungkin beberapa yang sudah kenal aku mengetahui bahwa aku struggling untuk bisa hamil. Tiga bulan sebelum menikah, aku divonis sulit untuk bisa memiliki anak karena adanya kista di sel indung telur sebelah kiri. Karena kondisi inilah, akhirnya sel indung telur sebelah kiri dalam tubuhku diangkat. Sedangkan sel indung telur sebelah kanan produksi sel telurnya tidak begitu banyak seperti wanita pada umumnya.

Tapi Allah sungguh Maha Baik, Maha Pemberi, Maha Pengasih, 2 bulan setelah menikah hasil test pack menunjukkan positif. Maasyaallah, terharu akutu, janin yang ada di dalam tubuhku saat itu adalah Darell Adhibrata yang sekarang usianya menuju 10 tahun.

Selama di dalam kandungan, ia kujaga dengan sepenuh hati dan kasih sayang. Meski banyak sekali cobaan selama hamil yang harus aku lewati. Pikirku, ini adalah kesempatan pertama dan mungkin terakhir aku bisa hamil dan memiliki anak karena itu akan aku jaga meski dengan nyawaku sendiri. Drama banget kan pemikiranku yang seringnya overthinking ini :D

“Manisnya senyum dan tawamu membuat hari selalu penuh warna, Nak. Karena, dengan itu Bunda tahu bahwa kamu tumbuh sehat, cerdas, dan bahagia."

Susu Anak Morinaga Platinum

Saat Darell lahir ke dunia, saat itu aku bertekad untuk memberikan Darell yang terbaik, baik dari segi akhlak, pendidikan, hingga nutrisinya agar kelak menjadi anak Generasi Platinum Multitalenta yang sehat, cerdas, dan penuh semangat. Kenapa? Sebab dari sinilah awal untuk mengubah dunia.

Masa Awal Pertumbuhan Anak adalah Periode Emas Tumbuh Kembangnya

“Gunakan senyumanmu untuk mengubah dunia, Nak. Jangan biarkan dunia mengubah senyuman di wajahmu”

Kehadiran Darell menyempurnakan hidupku, karena itu aku selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Momen-momen kebersamaan dengan Darell adalah waktu yang berharga yang mungkin tak bisa kembali.

Menyadari penuh bahwa peran orangtua sebagai pengasuh, pelindung sekaligus pendidik menjadi sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Terlebih untuk anak usia 1-6 tahun tumbuh kembangnya di masa emas ini adalah hal yang membutuhkan perhatian khusus. Iya, masa emas ini, waktu tidak akan bisa dikembalikan. Di periode emasnya, anak-anak bertumbuh sangat pesat baik secara fisik maupun kecerdasannya. Oleh karena itu, sebagai orangtua Darell, aku harus garcep alias gak boleh terlambat mempersiapkan masa depannya.

Susu Anak Morinaga Platinum

Di 6 tahun pertama dalam hidup Si Kecil, ia sangat membutuhkan perhatian orangtua.Sebab, hal itu bisa membentuk karakter positifnya serta bonding dengan orangtuanya, juga. Karena itu anak, juga membutuhkan asupan nutrisi seimbang yang tepat dalam hidupnya.

Pemberian nutrisinya pun harus disesuaikan dengan usia anak, seperti pemberian ASI pada 6 bulan pertama lalu setelahnya masih bisa diberikan namun ditambah dengan MPASI. Alhamdulillah Darell mendapatkan haknya yaitu ASI di 6 bulan pertama. Lalu lanjut dengan pemberian MPASI saat ia berusia 6 bulan.

Tumbuh kembang Darell di usia emasnya selalu berhasil bikin aku terkesima dan merasa bersyukur luarbiasa bisa mendampinginya di setiap momen tumbuh kembangnya. Dan iya, Darell anak yang aktif banget, beneran gak bisa diem, lompat sana lompat sini, lari sana lari sini. Cuma bisa diam pas tidur aja kayaknya sih.

Gak cuma aktif bergerak, Darell juga bawel bangat, ngomong terus, apa aja diomongin, ditanyain, dikomentarin sampai bingung dan capek sendiri jawabnya.Kok ya, anak lanangku bawel banget ya. Udah bawel, bergerak terus gak berhenti.

Susu Anak Morinaga Platinum

Malah ya, saat Darell usia 4 tahun aku sempat cek di website Morinaga Play Plan buat identifikasi kecerdasan majemuknya. Selengkapnya bisa kamu baca di sini: https://www.andiyaniachmad.com/2016/05/parenting-info-kecerdasan-majemuk-anak.html

Dari hasil identifikasi kecerdasan majemuk Darell, sebenarnya anak yang gak bisa diam, banyak bertanya dan bicara adalah salah satu ciri anak cerdas, lho.

Menurut American Association of Gifted Children, Duke University, Durham, North Carolina (AS), berikut ini adalah ciri-ciri anak cerdas:


1. Mampu berjalan dan bicara di usia dini

2. Aktif bertanya
3. Aktif berargumentasi
4. Tulisan tangannya tidak rapi
5. Sensitif, baik secara emosi maupun fisik, mereka bisa menunjukkan reaksi berlebihan terhadap suatu lingkungan. 
6. Mampu berpikir kreatif
7. Energik
8. Senang bereksperimen
9. Senang mengamati

Nutrisi Tepat untuk Masa Emas Tumbuh Kembang Anak

Berhubung Darell suka banget minum susu, jadinya di usia 1 tahun aku berikan ia susu anak Morinaga Chil*Kid Platinum yang merupakan susu pertumbuhan Si Kecil usia 1-3 tahun. Lalu saat Darell menginjak usia 4 tahun barulah aku berikan Morinaga Chil*School Platinum.

Oia, aku mau bikin pengakuan kalau di awal tahun 2015 udah ngeLIKE Facebook Page-nya Morinaga Platinum, lho. Soalnya, semua informasi yang diberikan sama Facebook Page Morinaga Platinum bermanfaat banget. Lalu, masa Instagram mulai booming baru deh aku follow akun instagram Morinaga Platinum. Kita juga bisa intip website nya yaitu morinagaplatinum.com.

Susu Anak Morinaga Platinum

Berbekal sering kepoin Facebook Page dan Instagram Morinaga Platinum aku jadi tahu ada 3 hal penting acuan dalam memberikan nutrisi pada anak terutama di usia emasnya, yaitu nutrisi untuk kecerdasan otak anak, nutrisi untuk pertumbuhan anak, dan nutrisi untuk daya tahan tubuh anak.

Aku percaya nutrisi yang berkualitas di masa awal kehidupan merupakan prioritas penentu kecerdasan anak dan kualitas kesehatan di masa depannya kelak. Masa awal pertumbuhan atau golden period anak sangat menentukan pertumbuhannya kelak. Waktu tak bisa kembali, periode emas  tumbuh kembang anak tak akan bisa kembali karena itu harus  memberikan nutrisi tepat dengan kandungan yang lengkap.

Seperti Morinaga Platinum dengan Moricare Σ Triple Bifidus yang merupakan satu-satunya susu pertumbuhan dengan kandungan synbiotic. Yaitu sinergi antara kombinasi Probiotik Triple Bifidus (Bifidobacterium breve M-16V, Bifidobacterium longum BB 536, Bifidobacterium Infantis M-63) dan Prebiotik GOS yang bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna dan penyerapan nutrisi.  

Susu Anak Morinaga Platinum

Kandungan Triple Bidifus dalam Morinaga Platinum, yakni gabungan 3 bakteri baik (bifidobakterium) yang terdapat di saluran cerna. Ketiga bakteri tersebut adalah:

  • Bifidobakterium longum (BB536) akan memberikan dan meningkatkan daya tahan tubuh si kecil, kemudian juga melindunginya dari infeksi saluran pernafasan.

  • Bifidobaketrium Breve (M16V) akan memberikan perlindungan terhadap kesehatan saluran cerna serta mengurangi risiko alergi terhadap si kecil.

  • Bifidobakterium Infantis (M63) yang akan memperbaiki mikroflora usus serta membantu penyerapan nutrisi. 

Lebih dari itu, formula MoriCare juga menunjang perkembangan:

  • Kecerdasan Multitalenta (Brain Care) dengan AA-DHA, Omega 3 dan 6, Kolin, Fosfolipid, dan Alfa-Laktalbumin.

  • Pertahanan Tubuh Ganda ( Body Defense) dengan Vitamin A&C, Zink, Nukleotida, dan Laktoferin, dan

  • Tumbuh Kembang Optimal (Body Growth) dilengkapi Vitamin D dan Kalsium.

Susu Anak Morinaga Platinum

Sejak Darell mengonsumsi susu pertumbuhan Morinaga Chil*Kid Platinum dan Morinaga Chil*School Platinum, pencernaannya lancar, makannya jadi lahap, daya tahan tubuhnya juga terjaga dengan baik, jadi jarang sakit.

Pemberian nutrisi juga harus diiringi dengan stimulasi. Stimulasi tepat yang diberikan di masa emas, dapat mengasah otak mulai dari kemampuan berpikir, berkomunikasi, kreativitas, dan lain-lain. Ini dilakukan agar kecerdasan anak bisa distimulasi dengan baik.

Kalau berbicara kecerdasan pasti ibu-ibu kekinian sudah sangat familiar dengan istilah "Kecerdasan Majemuk" atau Multiple Intelligences (MI) yang dikenalkan oleh Howard Gardner. Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) adalah kecerdasan yang mencakup banyak bidang dalam kehidupan kita sehari-hari. Ada 8+1 tipe kecerdasan yang umumnya digunakan, yaitu kecerdasan Linguistik, Logika Matematik, Musikal, Kinestetik, Visual Spasial, Interpersonal, Intrapersonal, Naturalis, dan Moral.

Susu Anak Morinaga Platinum

Susu Anak Morinaga Platinum

Untuk dapat mengetahui kecerdasan majemuk anak bisa dengan cara melakukan observasi pada kegiatan sehari-harinya atau dapat pula menggunakan alat bantu identifikasi awal Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) dengan menggunakan Alat Identifikasi MI Morinaga yang bisa kamu akses di sini.

Setelah mengetahui kecerdasan yang dimiliki anak setelah mengidentifikasi di alat identifikasi MI Morinaga, aku jadi paham bagaimana bisa menstimulasi kecerdasan anak berdasarkan kecerdasan majemuk yang ia miliki.


Stimulasi Kecerdasan Anak Berdasarkan Kecerdasan Majemuk yang Dimiliki

1. Kecerdasan Kinestik tubuh, anak memiliki keterampilan menulis, menggambar, berolahraga, menari dan kegiatan lain yang memerlukan keterampilan olah tubuh.

Cara stimulasi:

Ajaklah anak berdiri satu kaki seperti burung bangau, atau berjongkok seperti kodok. Kegiatan seperti membungkuk, berjalan diatas satu garis, berlari, melompat, melempar, latihan, senam, dan berbagai permainan olah raga lainnya itu akan membantu kelenturan tubuhnya. 

2. Kecerdasan Verbal-linguistik, anak dapat berbicara atau bercerita dengan mudah dengan teman-temannya, guru, orang tua dan orang-orang disekitarnya.

Cara stimulasi:

Mengajaknya anak bercakap-cakap, membacakan cerita berulang-ulang, merangsang untuk berbicara dan bercerita serta menyanyikan lagu anak-anak. Kecerdasan linguistik Si Kecil dapat Bunda stimulasi dengan cara:

  1. Bercerita kepada Si Kecil.
  2. Meminta Si Kecil menceritakan dan menuliskan kegiatannya sehari-hari.
  3. Melakukan permainan kata-kata seperti permainan menebak atau permainan menjabarkan suatu objek dengan kata-kata.
  4. Menghafal syair lagu dan lain-lain.

Susu Anak Morinaga Platinum

3. Kecerdasan Logika-matematika, kecerdasan yang berkaitan dengan pemahaman soal angka dan matematika. Misalnya, anak tidak mengalami kesulitan dalam tugas yang diberikan kepadanya.

Cara stimulasi:

Ajak anak menghitung jumlah bus yang dilewati atau burung di taman, mengelompokkan, serta bermain angka, congklak, catur, sempoa atau puzzle. 

4. Kecerdasan Musikal, kecerdasan yang berkaitan dengan musik. Anak dengan gampang mengikuti lagu atau tidak segan-segan menari mengikuti lagu di setiap kesempatan.

Cara stimulasi:

Ajaklah anak mendengarkan musik, bernyanyi dan mengikuti irama dengan tepuk tangan.

5. Kecerdasan Interpersonal (Sosial), kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuannya menjalin hubungan dengan orang lain atau lingkungannya. Misalnya, anak bisa beradaptasi dan bekerja sama dengan teman-teman, guru dan orang lain yang lebih tua.

Cara stimulasi:

Doronglah anak agar selalu punya waktu untuk bermain dengan anak lain yang sebaya, lebih tua ataupun lebih muda. Saling berbagi kue, meminjamkan sesuatu dan bekerja sama membuat sesuatu. Saat dia kalah dalam sebuah permainan misalnya, dia akan belajar bagaimana berlapang dada menghadapi kekalahan dan bersikap pada teman yang menang. 

6. Kecerdasan Intrapersonal, kecerdasan yang berkaitan dengan daya tahan, daya juang dan ‘berlomba’ dengan diri sendiri. Misalnya anak berani mencoba dan tidak mudah menyerah saat mengikuti perlombaan.

Cara stimulasi:

Doronglah anak agar berani tampil berlomba di ajang tujuhbelasan misalnya, atau bernyanyi atau menari di depan orang lain.

Susu Anak Morinaga Platinum

7. Kecerdasan Visual-spasial, kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan pandang ruan. Misalnya, anak mudah membayangkan letak atau arah kiri, kanan, atas dan bawah serta memiliki orientasi yang baik untuk menggambar.

Cara stimulasi:

Ajaklah si kecil mengamati gambar atau foto, menggunting, melipat, dan menggambar. 

8. Kecerdasan Alam (Natural), kecerdasan yang berkaitan dengan alam. Anak tahu cara menyayangi binatang dan tumbuhan.

Cara stimulasi:

Seminggu sekali ajaklah seluruh anggota keluarga untuk membantu merawat bunga dan taman. Ijinkan bila dia ingin memelihara ikan atau kura-kura. Kebiasaan memberi makan ikan akan menumbuhkan kecintaan pada alam.

9. Kecerdasan Moral, adalah kemampuan seseorang untuk dapat memahami tuntutan yang ada di lingkungannya, mengetahui apa yang baik atau buruk untuk dilakukan dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

Cara melatihnya:

Sering-seringlah mengajaknya memainkan permainan yang memiliki aturan seperti bermain petak umpet atau congklak. Menjelaskan mengapa suatu tindakan boleh/ tidak boleh dilakukan. Membacakan cerita-cerita yang memiliki pesan moral di dalamnya. Selanjutnya mendiskusikan mengenai perilaku baik dan buruk dalam cerita.

Waktu Tak Bisa Kembali, Maksimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Nutrisi Tepat dan Stimulasi Terbaik

Memahami bahwa periode emas Darell gak akan terulang lagi dan waktu yang sudah dilalui tak bisa kembali, maka aku memberikan semua yang terbaik untuk memaksimalkan tumbuh kembang Darell dengan nutrisi tepat dan stimulasi terbaik.

Berbekal nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, susu Morinaga Chil*Kid Platinum usia 1-3 tahun, dan susu Morinaga Chil*School Platinum di usia 3-12 tahun. Darell tumbuh menjadi anak yang aktif, sehat, cerdas, dan Generasi Platinum Multitalenta.

Susu Anak Morinaga Platinum

Selain itu, menjadi orangtua millenial dengan anak generasi alpha membuatku harus ekstra kreatif dalam berperan sebagai orangtua. Pola asuh yang tepat pada anak generasi alpha bisa memaksimalkan potensi dan kecerdasannya.

Anak-anak generasi alpha merupakan anak yang tumbuh dan berkembang secara pesat dalam lingkungan yang lebih beragam, biasanya disebabkan oleh orang tua yang memang campuran, seperti antar suku ataupun berbeda kebangsaan yang mengawali bergesernya nilai-nilai tradisional yang membuat generasi Alpha ini berpikir lebih open minded.

Menghadapi kenyataan zaman sekarang dimana gadget menjadi way of life, sebagai orang tua generasi alpha, orangtua harus bergerak secara fleksibel. Serta melakukan pendekatan sesuai dengan apa yang sedang di lalui si anak generasi Alpha. Misal, menghadapi generasi yang memiliki ciri khas tidak menyukai texting ataupun email, dan lebih menyukai video chat atau interaksi langsung, maka cara terbaik untuk mendekati mereka adalah lewat audio visual. Yaitu dengan cara berbicara lebih menarik, kreatif dan menghadirkan visual yang membuat anak lebih nyaman berinteraksi.

Susu Anak Morinaga Platinum

Memang tantangan tersendiri buat membesarkan anak generasi alpha di era teknologi canggih seperti sekarang ini. Makanya aku selalu bekerjasama dengan suami berbagi tugas dan peran dalam membesarkan Darell. Berikut tips untuk membesarkan anak generasi alpha:

  1. Menanamkan norma agama sejak kecil

  2. Mengajarkan pentingnya sopan santun

  3. Menanamkan nilai keluarga sejak kecil

  4. Mengasah kemauan dan kemampuan berjuang pada anak

  5. Membiasakan anak bersosialisasi

Susu Anak Morinaga Platinum

Susu Anak Morinaga Platinum

Memahami anak adalah investasi terbaik yang miliki sehingga harus dijaga dan dididik sebaik-sebaiknya dengan memberikan asupan nutrisi tepat seperti susu pertumbuhan Morinaga Platinum untuk anak usia 1-12 tahun, memberikan stimulasi kecerdasannya dan pola asuh yang sesuai, karena #WaktuTakBisaKembali. 

64 komentar:

  1. Aku tuh suka kalau anak aktif mba. Jadi itu tandanya juga anak sehat dan aktif ya mba. Morinaga mendukung pemenuhan gizi yaa

    BalasHapus
  2. saya baru tau mba kalau tanda anak cerdas itu tulisannya gak bagus hehehe, kirain semua yang bagus udah pasti anak cerdas, Kaka Darrell sehat terus yaaa

    BalasHapus
  3. Sering lihat iklan Morinaga di tv. Aku belum nikah dan punya anak, nanti kalau sudah (amin) Morinaga bakal jadi pilihan untuk pemenuhan gizi anakku.

    BalasHapus
  4. Pilihan susu juga nggak boleh asal asalan, berpengaruh terhadap tumbuh n perkembangan si kecil

    BalasHapus
  5. tipsnya akan sangat berguna buat saya mba Andiyani, meskipun belum punya anak, tapi bahan-bahan persiapan untuk nanti kalau sudah punya bayi. sehat-sehat ya adek, semoga tumbuh jadi anak yang cerdas dan sehat. jangan lupa minum susunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, tuh. Lebih baik cari informasi sejak sekarang. Jadi kalau udah punya anak nanti udah nggak bingung lagi soal kecukupan nutrisi dan pengasuhannya :)

      Hapus
  6. samaan nih susunya sama keponakan aku hihihi, keponakan aku juga pakenya morinaga heheh, sehat selalu yaa buat Darrel dan sekeluarga :)

    BalasHapus
  7. Nutrisi untuk anak emang harus dipilih secara selektif ya karena akan mempengaruhi tumbuh kembangnya.

    BalasHapus
  8. Bener nih kak, walaupun waktu tak bisa kembali tapi cinta dan kasih sayang kita sama anak tuh tak lekang oleh wakfu. Pinter ih Darrel ini, kesayangan bunda Aie.

    BalasHapus
  9. Melatih berbagai kecerdasan yang ada pada setiap diri anak-anak ini mesti dengan pendampingan penuh dan pro-aktif dari orangtuanya yaa, kak.. Aku salut banget sama Darrel yang tumbuh sehat dan aktif, kak.
    Pasti bangga sekali sebagai Mamanya.
    Barakallahu fiikum~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat anak-anak aktif itu menyenangkan sekali ya, selain itu kita jadi tau deh apa yang disukai oleh anak-anak saat dia bermain.

      Hapus
    2. Iyaa..
      Apalagi kalau uda main sama temen se-geng. Asa uda dewasa banget.
      Semoga sehat selalu.

      Hapus
  10. Anak sholih, makin pintar, tangguh, hebat, membanggakan keluarga yaaaa
    Bener banget Mak.
    Tumbuh kembang anak tuh periodenya terbatas
    jadi kudu kita optimalkan banget!

    BalasHapus
  11. Punya anak kaya Darell banyak senangnya tapi juga banyak tantangan. Aktif dana sini, nanya ini itu. Kaya Keponakanku. Jadi kudu kreatif kalau jawab pertanyaannya

    BalasHapus
  12. Darell udah gede banget, bentar lagi setinggi Bundanya nih. Rajin minum susu bikin tambah tinggi makin cepet yah. Aktif dan sehat terul Kak Darell :D

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah Darrel sehat dan tumbuh kembangnya baik ya Mbak Aie..
    Setuju waktu itu takkan bisa kembali, maka pemberian nutrisi terbaik penting sekali. Juga harus diiringi dengan stimulasi. Stimulasi tepat yang diberikan di masa emas, dapat mengasah otak mulai dari kemampuan berpikir, berkomunikasi dan kreativita

    BalasHapus
  14. Karena waktu tak bisa kembali maka ibu memberikan yang terbaik kepada anak, termasuk asupan susunya. Yes, setuju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tagline yang diambil Morinaga ini menarik. Dan langsung kena sasaran

      Hapus
  15. Judulnya udah bikin baper, uy. Kadang-kadang saya suka kangen sama masa anak-anak kecil. Sayangnya waktu memang gak bisa kembali. Makanya berusaha membarikan yang terbaik bagi mereka

    BalasHapus
  16. Ganteng banget Darrel kak Aie, seneng lihat anak yang tumbuh aktif, sehat dan kuat. Morinaga platinum emang komplit nutrisinya ya kak, bagus buat pilihan yang mendukung tumbuh kembang anak

    BalasHapus
  17. Jadi pengen beli susu Morinaga Platinum nih buat anak-anakuu..Anakku suka banget sama susu..apalagi yang rasanya enak kayak Morinaga ini haha...

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah ya kalau anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik :)
    Susunya sama kaya jav... Susu bubuk favorit jav nih, mulai dari chil kid, chil go, sampai chil school...

    BalasHapus
  19. memangpenting bagi kita untuk memastikan nutrisi yang dinikmati oleh anak - anak selama masa pertumbuhan mereka yaaa mba

    BalasHapus
  20. Betul banget mbak, waktu tak bisa kembali. Jadi kita mesti mempersiapkan si kecil agar pertumbuhannya baik sekali, kuat dan bugar juga pintar ya. Anak2ku dulu juga sempat minum susu Chilschool Morinaga ini loh :)

    BalasHapus
  21. Sangat penting untuk tumbuh kembangnya anak-anak dengan memberikan asupan susu dengan nutrisi yg tepat ya

    BalasHapus
  22. Anak2 pd masa skrng emang sedang dalam masa pertumbuhan ya mbak, makanya penting utk memberikan nutrisi yang terbaik utk anak.
    Sampai skrng walau anak2 bukan balita aku jg masih kasi anak2 susu utk menambah asupan nutrisinya.

    BalasHapus
  23. Waktu tak mungkin kembali ya mba, anak-anak cepat banget tumbuhnya. Semoga kita bisa jadi orang tua yang baik untuk mereka. Salah sarunya memberikan nutrisi tepat untuk dukung kecerdasannya

    BalasHapus
  24. Wah, morinaga give good information and support Mom full. I like reading your post

    BalasHapus
  25. Masya Allah bener-bener anugrah banget bisa cepat hamil Darel yam makanya dijaga banget sampai sekarang nutrisinya ya.

    BalasHapus
  26. Mengamati tumbuh kembang anak setiap saat, setiap minggu, setiap bulannya, selalu saja takjub. Adaaa saja perubahan yang membuatnya semakin tumbuh besar dan pintar. Nutrisi yang tepat memang penting diberikan kepada anak-anak di usia-usia tumbuh kembang ini.

    BalasHapus
  27. Benar sekali mbak waktu nggak bisa kembali. Makanya penting banget ya menyiapkan nutrisi tepat dan stimulasi yang terbaik buat anak agar kita tidak menyesal nantinya

    BalasHapus
  28. Bener loh waktu tuh ga bisa diputer mundur. Kita harus selalu berusaha memberikan yg terbaik untuk tumbuh kembangnya.

    BalasHapus
  29. Penting banget ya nutrisi untuk tumbuh kembang dan daya tahan tubuh anak. Semoga selalu sehat ya nak.

    BalasHapus
  30. Nutrisnya yg tepat memang akan sangat mrmbantu tumbuh kembang anak ya mbak...
    Anak sehat dan cerdas optimal

    BalasHapus
  31. Memang penting sekali untuk memberikan nutrisi demi tumbuh kembang anak yang optimal. Anakku juga minum ChilKid, mungkin nanti akan lanjut ke ChilSchool saat sudah agak besar.

    BalasHapus
  32. masa anak2 ga akan keulang 2 kali. mumpung masih bisa di pupuk hal yang baik , terus ga cape buat ngajarin anak segala hal yang bisda berdampak positif buat dia. anak aktif harus di dukung sama susu ya g tepat.
    sehat terus sekeluarga mba yani :)

    BalasHapus
  33. Maasyaa Allah anaknya sweet sekali kak, memang butuh bgt nutrisi yg tepat supaya anaknya tumbuh sehat dan cerdas, harus banyak2 baca yg gini nih buat bekal masa depan hehehe

    BalasHapus
  34. Kandungannya memang joss sih ya untuk kesehatan saluran cerna maka cocok sekali memberikan Morinaga Platinum buat buah hati.

    BalasHapus
  35. Memberikan susu pada anak itu sangat membantu kelengkapan nutrisi terutama pada masa pertumbuhannya ya, terlebih kalau susunya kaya nutrisi kayak morinaga platinum ini ya :)

    BalasHapus
  36. Btw sebenarnya banyak juga yang belum paham pentingnya kecerdasan spasial ya mba. Padahal itu juga kunci dari kecerdasan lainnya. Wahh si kakak minum morinaga ya, kemarin aku juga lagi cari referensi susu buat anakku yang kelas 2 SD. Cuzzzz meluncur kepoin marketplace

    BalasHapus
  37. Morinaga nutrisinya lengkap ya, penting banget kan nutrisi untuk pertumbuhan si anak. Btw anak anak suka banget minum susu kemasan botolnya Chil Go dari Morinaga ini 🤗

    BalasHapus
  38. chilschool ini rasa vanillanya enak mba, terus manisnya pas, jadi anakku suka nih minumnya, betul banget ya waktu emang gak bisa kembali lagi makanya kita harus kasih yang terbaik di setiap masa pertumbuhannya

    BalasHapus
  39. Masya Allah tabarakallah... Ngebayangun kelak anakku berucap demikian juga pasti aku bakal neleleh, menyadari bahwa baginya aku Berharga :') dan emang bener, waktu tak bisae kembali. Dalam Islam pun jelas banget Allah berkata demikian. Sebuah reminder untuk kita memanfaatkan waktu yang dimiliki terutama waktu bersama anak ya Kak :)

    BalasHapus
  40. Darell.. anak ganteng & cerdas.. tante aja ngefans sama darell.. tetep sehat & semangat ya.. nurut & berbakti terus sama bunda ya..

    BalasHapus
  41. Masya Allah banyak banget hal mengharu biru sejak kehamilan ya Kak. Alhamdulilah Darell tumbuh sehat, ganteng dan cerdas. Senangnyaaa punya anak yang memiliki empati kayak Darell. InsyaAllah selalu sehat dan makin pintar dengan nutrisi dan pendidikan yang baik. Btw baru tau klo tulisan tangan tidak rapih adalah salah satu ciri kecerdasan. Oantesan oara dokter sulit dibaca tulisan tangannya yaa...ahahha. makasih Kak udah sharing ilmu yang bermanfaat ini.

    BalasHapus
  42. Ya Tuhan.. Baca perjuangan mba dapatin Darrel gak heran mba selalu kasi yang terbaik ya mba ^_^ Semangat selalu mommy hebat..

    BalasHapus
  43. Wah iya ya perjuangan banget mendapatkan anaknya, tapi yang mudah juga pasti akan memberikan yang terbaik pastinya. Yang namanya ibu atau orangtua tentu pasti menginginkan yg terbaik. Morinaga memang bagus ya... sayang harganya juga lumayan senang rasanya sekarang banyak orang yg bisa memberikan susu ini kepada anak2nya..

    BalasHapus
  44. Klo kata pepatah ya, untuk anak jangan coba2..:) tepat banget untuk ini mba :) semoga Darren dan keluarga selalu diberi lesehatan ya...

    BalasHapus
  45. Kecerdasan sosial sama kecerdasan moral hampir mirip ya mbak. Sama-sama ada kaitannya dengan akhlak. Semua perlu stimulasi dan nutrisi untuk membesarkan si kecil.

    BalasHapus
  46. Bener banget deh, anak itu memang punya masa emas yang gak boleh disia-siakan. Biar bisa tumbuh optimal. Makanan yang bergizi, susu, serta kasih sayang adalah stimulan yang paling bak diberkan di masa ini.

    BalasHapus
  47. Terharu ya mbak sama cinta pertama alias buah hati. Memang bentuk cinta itu bukan selalu dipeluk2 tapi juga merawat, mendidik, dll.

    BalasHapus
  48. Aku sering liat anak kakak di ig juga nih cakep bgt keren gitu, aku juga kalo udah nikah nanti mau punya anak laki dulu wkwkwk.

    Anyway alhamdulillah pasti ga lepas rasa syukur ya kak dapet anugrah sebesar ini insyaallah Darel si anak baik sehat terus dan selalu tumbuh dengan keadaan baik

    BalasHapus
  49. Susu emang selalu bagus ya untuk perkembangan anak. Biar anak-anak jg selalu sehat dan tumbuh dengan baik. Saya juga dari dulu sampai udah nikah. Minumnya susu terutama untuk sarapan heeh

    BalasHapus
  50. Waktu memang tak bisa kembali makanya selain stimulasi, penting banget memperhatikan soal asupan nutrisinya. Morinaga Chil School Platinum memang lengkap nih kandungannya.

    BalasHapus
  51. Senang rasanya kalau anak memiliki ciri2 kecerdasan dalam tumbuh kembangnya, dg morinaga ini bs turut mendukung daya tumbuh kembangnya ya. Baca ini aku jadi inget juga waktu kecil pintar matematik, namun knp ke sini ga berlanjut ya ahahah

    BalasHapus
  52. Penting utk membekali anak dgn nutrisi komplit dr morinaga. Aplg anak-anak di masa pertumbuhan

    BalasHapus
  53. Betul banget periode emas anak musti didukung dengan nutri yang bagus ya, seneng liat darrel yang selalu aktif dan sehat

    BalasHapus
  54. Cara paling cepet kalau mau deket anak kecil yaitu bercerita. Ajak dia bercerita, beri kesempatan dia cerita kita dengarkan dan pancing terus. Cara ini juga ternyata merangsang perkembangan otak si anak.Rasanya pasti terharu banget ya kak, saat divonis akan kesulitan punya anak tapi kuasa Allah bekerja sebaliknya. Alhamdulillah sekali bisa merasakan menjadi seorang Ibu. Semoga aku juga diberi kesempatan itu, aamiinn aamiinn

    BalasHapus
  55. MasyaAllah, ganteng banget anak semata wayangnya Mbak.
    semoga Darrel sehat selalu ya.
    susu Morinaga ini lengkap banget ya Mbak kandungan dan manfaatnya.

    BalasHapus
  56. Darel kecil sampai sekarang keliatan perkembangan badannya ya, hehehe makin montok. Jadi pengen punya anak cowo hehehe.

    BalasHapus
  57. Badannya mantab ya kakak Darel, semangat ah supaya anak-anakku nutrisinya maksimal untuk pertumbuhannya.

    BalasHapus
  58. Bener sekali nih mom waktu memang cepat sekali berlalu dan memberikan gizi terbaik untuk anak lewat susu adalah hal yang sangat penting

    BalasHapus
  59. Time flies, tapi kasih sayang bunda akan selalu ada. Melengkapi nutrisi anak harus yang terbaik ya kak, supaya bisa mendukung tumbuh kembangnya dengan maksimal.

    BalasHapus
  60. pastinya klu utk anak slalu kasih yg terbaik & yg sesuai dgn kebutuhan anak

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)