Jumat, 18 September 2020

Awas Putih Instan, Stop Kosmetik Bermerkuri dari Sekarang!

Sebagai seorang wanita, tentunya aku ingin selalu tampil cantik dan menarik di berbagai kesempatan. Segala perawatan dan penggunaan kosmetik aku lakukan demi wajah ini terlihat cerah, glowing, dan percaya diri.

Awas Putih Instan

Hanya saja, maraknya persepsi tentang cantik itu putih membuat banyak wanita Indonesia berlomba-lomba buat membuat wajahnya terlihat lebih putih dengan menghalalkan segala cara. Mungkin kamu pernah melihat iklan di media sosial yang berseliweran menampilkan produk kosmetik yang katanya ampuh memutihkan kulit secara instan dengan waktu yang singkat. Gak berhenti di situ, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau bahkan bisa di bawah rata-rata.

Iya sih hasilnya bisa putih seketika dalam waktu yang singkat tapi kamu juga harus memastikan apakah kandungan dalam produk kosmetik tersebut aman untuk kesehatan wajah dan tubuh kamu? Biasanya nih yang instan-instan gak bertahan lama beb, malah ya bisa bikin kecewa. Gak long-last gitu. Karena itu, perlu buat kamu memastikan apakah produk kosmetik yang digunakan sudah aman dan terdaftar di BPOM. Atau jangan-jangan mengandung merkuri yang sangat berbahaya dampaknya bagi kesehatan wajah dan tubuh kalian.


Awas Putih Instan

Beruntungnya aku mendapatkan kesempatan buat mengikuti acara Webinar dari BPOM yang bertajuk, “Stop Kosmetik Bermerkuri – Petaka Dibalik Putih Sekejap” via Zoom dengan pembicara yang mumpuni di bidangnya masing-masing, seperti:

  • Kepala Badan POM RI, Dr. Penny K. Lukito, MCP,
  • Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional Suplemen Kesehatan dan Kosmetik, Dra. Mayagustina Andarini, Apt, M. Sc,
  • Youtuber/Pengamat Kosmetik, dr. Anggind D. Andromeda (Dokter Grand Lich),
  • Dokter Spesialis Kulit & Kelamin, dr. Listya Paramita, Sp. KK,
  • Public Figure/Penyanyi, Vidi Aldiano, dan
  • Public Figure/Artis, Dhini Aminarti.


Webinar dibuka oleh MC Ankatama jam 10 pagi pada hari Rabu, 16 September 2020 lalu dilanjutkan dengan opening speech oleh Kepala Badan POM RI, Dr. Penny K. Lukito, MCP yang mengingatkan agar lebih pintar dalam memilih kosmetik, terutama pada skincare yang kerap dicampur menggunakan bahan berbahaya seperti merkuri.

Bahkan, menurut laporan dari WHO terkait produk merkuri yang terdapat pada produk kosmetik pencerah kulit. Sabun, dan krim pemutih ini banyak digunakan di beberapa negara Afrika dan Asia. Lantas apa sih yang dimaksud dengan merkuri?


Mengenal Lebih Lanjut Merkuri

Merkuri merupakan suatu bahan kimia yang dapat ditemukan sebagai bahan tambahan dalam sabun dan krim pencerah kulit, serta sebagai pengawet produk kosmetik, terutama untuk produk maskara dan pembersih rias mata.



Merkuri sendiri adalah cairan logam perak/raksa dimana s
atu-satunya logam dalam keadaan alami pada suhu kamar berwujud cair. Merkuri berwarna keperakan, tak berbau,mengkilap dan menguap pada suhu 375 derajat celcius. Tersebar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air dan udara serta ditemukan pada produk kosmetik dan perawatan kulit karena mampu memutihkan kulit penggunanya.

Merkuri sangat populer dipakai dalam kandungan produk pemutih karena kemampuannya dalam menghambat pembentukan melanin, sehingga mampu membuat kulit tampak lebih cerah dalam waktu singkat. Padahal dibalik itu semua, merkuri sangat berbahaya.

 

Larangan Kosmetik Bermerkuri di Indonesia

Di Indonesia, penambahan merkuri pada kosmetik sudah dilarang, sesuai dengan Peraturan Badan POM No. 23 Tahun 2019 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetik.

Yang membuat produk kosmetik bermerkuri ini perlu diwaspadai karena sebagian besar kosmetik berbahaya, dijual di toko kosmetik tidak resmi, secara online, dan melalui tenaga pemasar lepas. Bahkan, produk-produk kosmetik bermerkuri tidak menggunakana label BPOM, dan biasanya tanpa penggunaan yang jelas, dan tidak ada keterangan bahan-bahan produk yang terkandung di dalamnya.



Berdasarkan penelitian, adanya paparan merkuri ke dalam tubuh manusia bisa menyebabkan kanker, gangguan janin, gangguan saraf, dan penyakit ginjal kronis. Wow! Horor dan menyeramkan sekali kan beb dampak atau efek dari penggunaan kosmetik bermerkuri pada tubuh kita. Malah ya, bisa juga membahayakan nyawa, lho.

Bahan kimia merkuri ini dapat mudah diserap kulit dan masuk ke dalam aliran darah sehingga dapat merusak saluran pencernaan, sistem saraf, dan ginjal. Selain itu, kulit yang diolesi dengan merkuri akan semakin menipis. Merkuri juga berisiko mengganggu berbagai organ tubuh, seperti otak, jantung, ginjal, paru-paru, hingga sistem kekebalan tubuh. Masuknya merkuri ke dalam tubuh dapat menyebabkan keracunan.




Tanda-Tanda yang Muncul Akibat dari Penggunaan Kosmetik Bermerkuri

Dokter Spesialis Kulit & Kelamin, dr. Listya Paramita, Sp. KK lebih lanjut memaparkan tanda-tana apa saja yang muncul akibat dari penggunaan kosmetik bermerkuri seperti tidak ada tanda yang spesifik dari merkuri hanya biasanya korban yang tertipu dan menggunakan produk kosmetik bermerkuri merasakan kulit kering, kasar, kelupas, kemerahan pada kulit, rasa terbakar, gatal, panas, sensitif terhadap sinar matahari. Tanda-tanda seperti ini umumnya seringkali diabaikan  atau dianggap sebagai “proses wajar dengan dalih krim pemutih tersebut bekerja. Namun efek jangka panjangnya dapat menyebabkan kerusakan kulit (dermatitis, hipo/hiper pigmentasi, baboon syndrome, erythema persisten) dan gangguan sistemik.



Wah beb, coba deh kamu sesekali googling dengan keyword “bahaya produk kosmetik bermerkuri”, dijamin gambar dan artikel yang timbul sangat menyeramkan dan bikin bulu kuduk merinding saking horornya. Jangan karena iming-iming janji bisa putih instan trus kemakan omongan iklan yang bisa bikin kulit kamu putih dalam sekejap. Lagian ya beb, defisini cantik itu kan bukan putih, tapi yang terawat, sehat, nyaman buat dilihat, juga menarik.

Bagaimana dengan bahaya merkuri terhadap kulit wajah? Seberapa jauhkah dampaknya? Seperti apa ciri-ciri kulit wajah terkena merkuri? Secara umum, berikut adalah ciri-ciri kulit wajah terkena merkuri:

  • Muncul ruam kemerahan
  • Mengalami perubahan warna kulit yang sangat cepat dan berbeda dengan warna kulit dasar
  • Terbentuk jaringan parut
  • Wajah terasa gatal dan perih
  • Kulit mudah terkelupas
  • Sangat rentan infeksi bakteri maupun jamur 

Jika mungkin kamu mengalami iritasi atau keluhan lain setelah menggunakan suatu produk kosmetik sebaiknya segera berobat ke dokter kulit agar dapat ditangani dengan baik.


Agar Terhindar dari Kosmetik Bermerkuri

Iya, setiap wanita pasti menginginkan tampilan wajah dengan kulit yang menarik, sehat, dan glowing. Hingga banyak cara dilakukan oleh para wanita (termasuk aku), untuk merawat dan mempercantik kulit wajah tentu menggunakan kosmetik. Tapi ya, jangan sampai kemakan sama produk-produk kosmetik abal-abal yang menjanjikan hasil instan tapi justru membahayakan.

Duh serem banget, kamu pasti mengetahui banyak produk kosmetik abal-abal yang dijual yang katanya bisa bikin kulit wajah jadi putih, bersinar, dan kinclong secara instan. Eh malah memiliki kandungan merkuri cukup tinggi yang dapat membahayakan kulit wajah. Kan horor ya beb.




Sebagai konsumen, sebaiknya aku, kamu dan kita semua berhati-hati dalam menggunakan produk kosmetik. Jangan tergiur dengan hasil instan, yang ternyata malah berbahaya bagi kesehatan. Agar terhindar dari komestik bermerkuri sebaiknya:

  • Cerdas Memilih Kosmetik;
  • Selalu terapkan CEK KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, Kedaluwarsa);
  • Tidak terobsesi dengan kulit putih, cantik tidak harus putih;
  • Jangan mudah tergiur dengan iklan kosmetik yang menjanjikan efek instan (termasuk online); dan
  • Laporkan ke Badan POM jika mengetahui ada kegiatan produksi dan perdagangan kosmetik bermerkuri.

Maka, sebagai agent of change, aku merasa wajib buat menyebarkan informasi terkait bahayanya kosmetik bermerkuri pada semua wanita maupun pria di luar sana. Jadi, kalau kamu mau kulit wajah terlihat lebih cerah, kinclong, dan cantik butuh proses yang panjang untuk melakukan perawatan wajah dengan kosmetik yang aman dan terdaftar di BPOM. Awas putih instan, stop kosmetik bermerkuri dari sekarang!

 

 

 

 

 

 

 

44 komentar:

  1. Ngeri banget ya efek dari merkuri ini, secara ga sadar mereka teh ga tau merusak kesehatan, yang dipikirin hanya pen putih aja, hiks.
    Ah semoga mulai dari circle kita sudah paham dan saling reminder tentang bahayanya KOsmetik bermerkuri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal cantik itu nggak harus putih ya teh Nchie. Fisik utama tapi hati yang utama, eeeaa

      Hapus
  2. Ngeri ya efek merkuri..
    Makanya skrg harus lebih jeli dan teliti saat pilih kosmetik ya mbak

    BalasHapus
  3. Jadi ingat kolom komen instagram yang banyak dipenuhi dengan iklan kosmetik untuk memutihkan kulit wajah secara instan. Hahahah. Betapa berartinya kulit wajah yang putih bagi banyak orang yaa..padahal ya itu, kalau gak diperhatikan betul, malah berbahaya.

    BalasHapus
  4. Semoga semua perempuan sadar bahwa yang penting itu kulit sehat dan sehat, bukan sekedar putih.
    Dan sebagai agent of change sudah seharusnya kita berbagi hal positif lewat media sosial ya mbak.
    Termasuk untuk postingan skin care yang aman.

    BalasHapus
  5. Makanya penting banget pake kosmetik yang udah terdaftar di bpom, ya. Biar terhindar dari yang begini.

    BalasHapus
  6. Ancaman merkuri ini benar-benar bahaya ya. Aku jadi ingat ada Tetangga yang pakai pemutih terus eajahnya jadi merah, kaya tipis banget. Untung sekarang sudah berhenti. Gak tahu deh itu kosmetiknya apa

    BalasHapus
  7. Paparan yang tinggi terhadap merkuri dapat berupa kerusakan pada saluran pencernaan, sistem saraf, dan ginjal. Selain itu, merkuri juga berisiko mengganggu berbagai organ tubuh, seperti otak, jantung, ginjal, paru-paru, dan sistem kekebalan tubuh.

    Duh, ngeriiiii banget klo baca ini ya. Pokoke yg instan2 itu rentan bawa bahaya.
    Jadilah cantik/ganteng dgn cara sewajarnya yaaa

    BalasHapus
  8. serem banget yaa ternyata bisa masuk ke darah juga! ga nyangka sih bakal separah itu. edukasi gini harus leboh digencarkan lagi ya mba biar ga banyak masyarakat yang salah beli

    BalasHapus
  9. Bener kak butuh proses untuk punya kulit Putih dan ga bisa instant karena berbahaya sekali klo pengen punya kulit putih secara instant dgn menghalalkan segala kosmetik termasuk kosmetik bermerkuri karena efeknya ngeri skali kak

    BalasHapus
  10. Meski udah ada larangan tentang penggunaan merkuri, tapi masih ada ya produk kosmetik yang menggunakannya.
    Aku belum pernah sih pakai produk perawatan kulit agar putih. Takutnya ada kandungan merkuri, duhhh ngeri deh efeknya

    BalasHapus
  11. Selama hidup aku belum pernah beli produk kepengen putih sih, ngeri banget efeknya dari pemutih yang bermerkuri ini...

    Emang harus aktif nih kampanye bahaya Mercuri, soalnya tuh orang2 dikampung aja udah banyak yang berlomba pengen punya wajah putih glowing tanpa pengetahuan baik tentang produk skincare

    BalasHapus
  12. Yang pernah saya denger sih warna kulit alami itu nggak bisa berubah, tapi bisa lebih cerah jika dirawat dan dinutrisi secara rutin. Jadi memang bahaya kalau ketemu skincare yang bisa mengubah warna kulit secara drastis. Misal aslinya sawo matang kayak saya trus jadi putih kan malah ngeri. Pasti ada apa-apa dengan kandungannya.

    BalasHapus
  13. Serem ya dengan kosmetik dengan embel-embel bis memutihkan, aku pernah liat sendiri orang dengan wajah yang merah gosong karena pakai produk pemutih yang harganya juga murah meriah. Duh, gagal paham deh tujuannya apa. Meski berhati-hati lagi dan jangan mudah percaya.

    BalasHapus
  14. Bahaya banget ya mbk kosmetik bermerkuri. Efeknya jadi bikin rusak wajah. Kita sebagai konsumen harus cerdas pilih kosmetik

    BalasHapus
  15. Dulu saya sempat hampir tergoda. Beli cream yang katanya racikan dokter kulit. Pas saya tanya ijin BPOM nya ternyata nggak ada. Mundur teratur saya...

    BalasHapus
  16. aku lihat foto fotonya bergidik sendiri mba. Sayang banget ya kulit yang cantik malah jadi rusak dan sakit. Makasih udah kasih edukasi soal ini, soalnya emang penting banget untuk kasih tau bahwa perawatan kulit yang baik tujuan utamanya adalah sehat dan gak sekedar putih aja

    BalasHapus
  17. Pilih kosmetikmemang harus memikirkan bahannya apa ya, mbak, yg aman buat kulit. Dan tentunya aman buat tubuh. Termasuk terhindar dr merkuri

    BalasHapus
  18. Jangan sampai ya, Mbak, mau cepat cantik dengan menggunakan kosmetik yang mengandung merkuri. Takutnya kulit muka malah rusak bukannya jadi cantik ya...

    BalasHapus
  19. Serem ya kalau pakai kosmetik yang ada bahan merkuri. Makanya jangan sampai deh sennag sesaat krn kulit jd putih ternyata kesehatannya berisiko gtu.
    Bener2 kudu dibaca bahan2 pd kosmetik/ skincare yg mau dipakai dan tentu aja cek label bpomnya jg ya

    BalasHapus
  20. Wah, i dont wanna have face like that, because my husband and kids like me. But fhanks for your sharing

    BalasHapus
  21. Jadi Tau bnget ini akibatny aku pun dulu sempet pakai cream abal2 gitu.. untuk lsg brhenti

    BalasHapus
  22. Serem banget memang kosmetik bermerkuri ini. Mamaku aja dulu pernah sampe wajahnya merah dan bengkak-bengkak gara-gara kosmetik bermerkuri. Dengan adanya media sosial, makin marak aja nih produsen abal-bal ini. Semoga bisa dibasmi habis ya. Membahayakan banget kosmetiknya.

    BalasHapus
  23. Kalau lihat produk yang ada di foto, sepertinya sudah familiar ya. Sempat hampir tergiur sama salah satunya cuma ragu dan takut efek sampingnya. Saya sih pilih yang mencerahkan saja ketimbang memutihkan.

    BalasHapus
  24. Aku punya temen yang dulu pernah menggunakan kosmetik bermerkuri ini. Putihnya memang instan, kak Aie...tapi kulitnya jadi tipis, sampai urat-urat di wajahnya jadi terlihat ...serem pokona maah...

    BalasHapus
  25. efek kosmetik berkerkuri ini sungguh mengerikan dan susah untuk diperbaiki. kudu bener cari kosmetik yang lulus uji BPOM

    BalasHapus
  26. Sudah waktunya masyarakat kita dicerdaskan dengan bantahan terhadap slogan "putih itu cantik" supaya tidak terjebak menggunakan kosmetik bermerkuri.

    BalasHapus
  27. Sekitar 8 atau 9 tahun lalu aku pernah beli krim kulit di tetanggaku. Di wajah panas banget, muka sampai merah warnanya.
    Aku nanya ke temanku yang dokter. Aku malah diomeli gara2 krim yang kubeli ternyata mengandung merkuri. Gak teliti asal beli aja. Duh kapok aku pengennya putih malah jadi meradang kulitku hehehe

    BalasHapus
  28. Kayanya aku pernah ketemu dan pakai cream yang mengandung merkuri deh hahaha untuk sadar jadi gak di lanjut. Aku takut sama efek jangka panjang merkuri serem banget.

    BalasHapus
  29. mirisnya, disekitarku masih ada aja yang pakai krim ber merkuri ini. memang sih, glwoing putihnya bikin ngiri. tapi kalau tahu efek sampingnya, ngga jadi iri

    BalasHapus
  30. Hihihi, putih instan :D
    Saya pernah dong Mba, dipaksa teman beli produknya, waktu itu usia saya masih 20an pula.
    Kulit saya langsung terkelupas dan perihnyaaa minta ampun.

    Pipi saya tuh, tanpa krim itu udah ada garis-garisnya, dikasih itu, makin keliatan garis-garis uratnya hhuhuhuhu.

    Syukurlah sekarang makin banyak yang peduli dengan bahaya merkuri :)

    BalasHapus
  31. Misalkan nanti kita nemu kosmetik bermasalah, laporan ke BPOM nya gimana? Apa bisa lewat online?

    BalasHapus
  32. Selalu takut dengan kosmetik bermerkuri mbak dan memang sekarang lebih care untuk masalah kosmetik.

    BalasHapus
  33. Betapa berbahaya juga ya,.pake kosmetik bermerkuri. Saya tuh paling gak suka utk coba-coba

    BalasHapus
  34. Suka takut pake kosmetik ya karena banyak kosmetik bermekuri ini nih. Hasil kilat tapi...

    BalasHapus
  35. wah iya mba, kan bahan merkuri berbahaya banget ya buat muka dan kesehatan, mesti baca baik-baik dulu nih sebelum belanja make up

    BalasHapus
  36. Suka sedih deh soalnya masih bnyk wanita indonesia yg lebih milih kulit putih drpd kulit sehat. Tp senang jg skrg ini udah banyak orang2 yg aware dgn kandungan dlm skincare jd pakai skincare dgn clean dan minimal ingredients

    BalasHapus
  37. Aku kemarin enggak jadi nyimak karena lagi ada tugas lain yang enggak bisa ditinggal, makasih banyak ya Mba Ai udah dirangkumkan di sini materinya.

    BalasHapus
  38. Memang seharusnya kl mau putih itu hrs ada proses, gak bs instant yaa. Kl liat akibatnya serem banget. Bagus banget sharing hal seperti ini, karena masih banyak org2 yang mau putih instant

    BalasHapus
  39. Emang deh ya Mba, segala sesuatu yang instan tuh gak baik. Apalagi yang janjinya memutihkan kulit secara instan. Mungkin aku versi remaja beberapa puluh tahun lalu akan gampang tergiur. Tapi sekarang sih enggak lah. Udah putus asa mau mutihin kulit. Hahahahaha. yang penting bersih dan sehat yes

    BalasHapus
  40. Dengan banyak mendengar informasi akurat seperti ini, kita jadi lebih teliti dan tingkatkan kewaspadaan sebelum membeli produk kecantikan.

    BalasHapus
  41. bener nih, sekarang cantik itu bukan lagi yg putih, tp yang penting sehat :) apalagi sekarang udh banyak produk alami yg hasilnya jg gak kalah bagusnya :)

    BalasHapus
  42. Jaman jahiliyah nih pake pemutih wajah instant . Cepat sih jadi putih namun setelah Gak pakai jadinya hancur minaaaaa

    BalasHapus
  43. Klo kulitnya sehat dia pasti auto glowing, meskipun ga putih. Ngeri emang klo ngebahas efek samping dr merkuri ini, mending pilih produk yang jelas aja deh aku mah.. Hehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)