Senin, 26 April 2021

Respimer, Solusi untuk Atasi Hidung Tersumbat pada Si Kecil

Tahu gak sih kamu, pada umumnya anak-anak bisa terserang flu sebanyak 8 hingga 12 kali dalam setahun, terutama pada balita yang sistem kekebalan tubuhnya masih berkembang. Kasihan deh kalo anak flu, hidungnya mampet trus tidur jadi gak nyaman dan rewel. Makanya saat anak sedang flu aku butuh banget Respimer, sebagai solusi untuk atasi hidung tersumbat pada si kecil. Shall we start the review now?

Respimer Baby Decongestant dan Baby Nasal Hygiene Spray Flu

Hidung tersumbat memang bisa bikin anak merasa terganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Akibatnya, ia bisa jadi sering rewel atau bahkan menangis. Kalo udah gini, maasyaaallah rasanya ikutan sedih, pusing dan maunya segera cari solusi untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak sesegera mungkin. 

Tapi, selama masa pandemi ini lebih nyaman home treatment terlebih dahulu. Apa aja diupayakan dari rumah untuk mengatasi hidung tersumbat pada si kecil. Apa sih yang aku lakukan untuk mengatasi kondisi ini?

Sebab Hidung Tersumbat pada Anak & Balita

Sebelum aku berbagi dan cerita pengalaman untuk mengatasi hidung tersumbat pada si kecil di rumah, ada baiknya aku paparkan apa aja sih penyebabnya. 

1. Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek biasanya terjadi karena ada benda asing seperti kotoran, infeksi, atau peradangan yang terjadi pada saluran napas bagian atas, yaitu hidung dan tenggorokan. Hal ini pun sering menyebablan hidung si kecil tersumbat. Biasanya sih pilek ini akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari.

Respimer Baby Decongestant dan Baby Nasal Hygiene Spray Flu

2. Flu

Flu atau influenza adalah penyakit yang paling sering menyerang si kecil. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza dimana menimbulkan gejala-gejala yang membuat si kecil jadi gak nyaman seperti demam, sesak napas, lesu dan juga hidung tersumbat. Kondisi flu pada si kecil umumnya akan membaik dalam kurun waktu 5-7 hari. Namun bila gejala flu berlangsung hingga 10 hari, disarankan sih memeriksakan si kecil ke dokter, ya.

3. Alergi

Jika si kecil memiliki alergi dan terpapar oleh zat-zat penyebab alergi atau yang biasa disebut dengan alergen, maka tubuhnya akan bereaksi. Reaksi alergi ini bisa berupa gangguan sistem pernapasan, di mana produksi lendir dalam rongga hidung bisa meningkat, yang menimbulkan bersin-bersin atau pilek. Nah, ini yang pula memungkinkan hidung si kecil tersumbat.


Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Si Kecil di Rumah

Hidung tersumbat memang mampu menciptakan rasa tidak nyaman saat beraktivitas baik pada orang dewasa, anak-anak, balita hingga bayi. Tidak jarang saat hidung tersumbat merasa sesak napas hingga terpaksa bernapas melalui mulut. Nah, satu-satunya cara untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan mengeluarkan lendir berlebih yang ada di dalam hidung. 

Respimer Baby Decongestant dan Baby Nasal Hygiene Spray Flu

Kalo orang dewasa mah bisa ya mengeluarkan lendir dari hidung dengan mudah, tapi gimana dengan anak dan balita kesayangan di rumah? Nah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada si kecil di rumah, seperti:

  1. Mengoleskan balsam mentol atau minyak kayu putih di sekitar hidung, dada, dan punggung si kecil.
  2. Menggunakan air di dalam mangkok yang diteteskan minyak kayu putih lalu ditaro di ruangan untuk membantu si kecil bernapas sedikit lega saat hidungnya tersumbat. 
  3. Mengompres dengan air hangat, caranya basahkan handuk lembut dengan air hangat dan peras hingga handuk menjadi lembab. Lalu, letakkan handuk tersebut di jidat si kecil selama beberapa menit. Uap panas dari handuk pun bisa membantu mencairkan lendir di dalam hidung. Tapi, jangan letakkan handuk  terlalu lama ya di jidat si kecil ya. 
  4. Memandikan si kecil dengan air hangat, cara ini biasanya aku lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat. Siapkan air hangat-hangat kukuh, basuh kepala dan tubuh si kecil selama beberapa menit sampai ia merasa hangat. Uap panas dari air hangat yang masuk ke rongga hidung dapat membantu mencairkan lendir yang mengeras secara perlahan.
  5. Menggunakan semprot hidung atau nasal spray yang dapat mengurasi produk lendir yang menyumbat hidung si kecil, biasanya aku gunakan yaitu Respimer Nasal Spray.
Respimer Baby Decongestant dan Baby Nasal Hygiene Spray Flu

Respimer, Solusi untuk Atasi Hidung Tersumbat pada Si Kecil

Btw, buibu di rumah udah familiar belum dengan Respimer? Respimer adalah nasal spray atau cairan semprot hidung untuk membantu mengeluarkan ingus atau lendir pada si kecil yang terkena flu. Respimer ini dibuat dari 100% air laut di St. Malo, jadi bukan sembarang air laut yaa buibu..  

Respimer memiliki kandungan mineral yang baik untuk hidung lebih banyak dibandingkan nasal spray lainnya. Ada dua macam Respimer varian Baby; yaitu Respimer Baby Nasal Hygiene dan Respimer Baby Decongestant. 

Respimer Baby Nasal Hygiene

Baby Nasal Hygiene berukuran 115ml yang memiliki kandungan konsentrasi garam mirip dengan cairan tubuh manusia yaitu 0.9% NaCl. Respimer Baby Nasal Hygiene cocok untuk digunakan sehari-hari dan dapat membersihkan hidung dari ingus ketika awal flu hingga mencegah terjadinya infeksi. Respimer Baby Nasal Hygiene yang sudah bisa digunakan pada usia 0 bulan, setiap 4-6 kali per hari, atau sesering mungkin bila dibutuhkan.

Respimer Baby Nasal Hygiene dan Respimer Baby Decongestant

Respimer Baby Decongestant

Respimer Baby Decongestant memiliki konsentrasi lebih tinggi dibandingkan pH tubuh yakni 2.2% NaCl. Cairan ini ideal untuk digunakan saat flu berat yang membuat hidung tersumbat. Dapat digunakan untuk anak usia lebih dari 1 bulan, 2-3 kali per hari. 

Cara Menggunakan Respimer Nasal Spray yang Aman untuk Si Kecil

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum menyemprotkan Respimer Nasal Spray pada anak, diantaranya: 

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, lalu siapkan Respimer Baby Nasal Hygiene atau Decongestant dan tisu untuk membersihkan ingus yang keluar. 
  2. Letakkan si kecil dalam posisi tidur (jika masih usia bayi) atau duduk (jika usia di atas 1 tahun), letakkan selimut atau handuk di kaki si kecil. 
  3. Miringkan kepala si kecil dan secara lembut masukkan tip Respimer ke dalam hidung dan tekan selama 2-3 detik. Lalu miringkan kepala si kecil ke sisi sebaliknya dan secara lembut masukkan tip Respimer ke dalam lubang hidung dan tekan selama 2-3 detik. 
  4. Kemudian bersihkan hidung si kecil dari ingus yang keluar dari hidung, dan bersihkan tip Respimer dengan air hangat agar kembali steril.
  5. Jika si kecil merasa takut atau risih saat disemprotkan Respimer, biasanya aku merayu terlebih dahulu, mengajaknya bercanda, dan pelan-pelan memasukkan tip Respimer ke dalam hidung si kecil lalu aku semprotkan deh. Ingat, saat ingin menyemprotkan Respimer ke dalam hidung si kecil pastikan kepalanya agak miring sedikit ya.
Respimer Baby Nasal Hygiene dan Respimer Baby Decongestant

Respimer Baby Nasal Hygiene dan Respimer Baby Decongestant bisa dibeli di offline store ataupun online store. Untuk online store bisa dibeli di Shopee: Interbat Official Shop dan Tokopedia: Interbat Consumer Health. Oia, saat ini Respimer sedang transisi ke Physiomer, jadi jika Moms menemukan Physiomer itu sama saja dengan Respimer, kandungannya juga tetap sama ya.

Oia, sampai lupa aku menjelaskan perbedaan Respimer Baby Nasal Hygiene dan Respimer Baby Decongestant. Jadi, perbedaan masing-masing yaitu: 

  • Respimer Baby Nasal Hygiene (warna pink) memiliki kadar NaCl 0.9% yang mirip dengan cairan tubuh manusia. Dapat digunakan pada bayi sejak lahir, 4-6x atau sesering mungkin jika dibutuhkan, dan ideal untuk penggunaan sehari-hari, membantu untuk menjaga kesehatan rongga hidung, dan membersihkan hidung dari ingus, ketika awal flu dan mencegah terjadinya infeksi.
  • Respimer Baby Decongestan (warna orange): memiliki kadar NaCl yang lebih tinggi, yaitu 2.2%. Dapat digunakan pada bayi >1 bulan, 2-3x. Cocok digunakan saat flu berat dan hidung tersumbat, sehingga dapat membantu menarik lendir keluar.

Respimer Baby Nasal Hygiene dan Respimer Baby Decongestant

Sejak ada Respimer di rumah, aku merasa tenang karena ada solusi untuk atasi hidung tersumbat pada si kecil. Kalo kamu gimana nih, apakah menggunakan Respimer juga?


64 komentar:

  1. Produk ini praktis dan fungsional banget ya Mba
    Cara pakai Respimer ini sangat mudah , hanya arahkan ke lubang hidung anak, kepala sedikit dimiringkan, kemudian spray dalam 3 detik, lendir dalam hidung tersembur ke luar. Dan hidung tersumbat anak kembali dapat bernapas secara normal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya praktis banget.
      Jaman dulu kalau bayi kena pilek, maka Bapaknya yang kebagian menghisap hidung si bayi buat mengeluarkan ingusnya.
      Kini tinggal semprotkan respimer aja, hidung anak lega kembali

      Hapus
  2. Kedua anakku pengidap asma. Si sulung plus alergi debu dan dingin. Jadi kalau ada pemicu bisa tersumbat hidungnya ga pakai lama dari kena. Dulu kecilnya dokter anak resepin ini, Respimer
    Bagus memnag karena Respimer memiliki kandungan mineral yang baik untuk hidung lebih banyak dibandingkan nasal spray lainnya.

    BalasHapus
  3. Untung jaman now anak anak punya respimer ya Aie
    Pusing deh kalo hidung tersumbat, aku sampe kasih vaporub berkali kali dan mengatur bantal tiap jam!

    BalasHapus
  4. Aku baru ngeh sama brand ini, jadi nambah pilihan untuk mengatasi hidung tersumbat pada si kecil. Noted banget Respimer, wajib nyetok nih kalo punya anak kecil di rumah.

    BalasHapus
  5. Respimer ini juga andalanku saat si kecil mampet idungnya karena flu. Praktis caranya, dan semprotannya lebih halus dari semprotan sejenis, gak bikin Anak meringis kesakitan, malah geli katanya :))

    BalasHapus
  6. Bayi baru lahir pilek itu bikin bingung ya mak..
    duluuuu aku pakai yang semacam pipet itu untuk menarik ingusnya. Dan ini kurang efektif. Malah ada yang menyedot hidung si kecil pakai mulut :D
    Seandainya dulu tahu ada obat semacam ini yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. belakangan anak bungsuku mengalami sumbat hidung tiap mau tidur. Entah karena alergi atau apa..belum ketemu terduga yang spesifik. Tapi sudah tahu ada obat pelega hidung, sejauh ini jadi gampang deh solusinya.

      Hapus
  7. Kalau anak kecil flu mampet idungnya udah deh kasian banget makanya butuh nih nasal respimer ini jadi ga khawatir lagi kalau anak di rumah flu

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau coba stock ah respimer ini andalan banget nih biar prraktis kalau buat flu yah

      Hapus
    2. aman ya mba pake respimer mau flu, alergi bisa pake ini dan stock di rumah deh

      Hapus
  8. waah aku baru tahu nih mba aie..blom kenal sm respimer. dulu waktu trio masih kecil2 klo pilek dan hidung tersumbat suka diuapin pakai air hangat yg ditetesin minyak kayu putih gt...tp ngeri klo kena air nya, bahaya buat anak2. respimer mah praktis dan aman yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku blom pernah nyoba sih nih respimer, tapi emang kelihatannya jauh lebih praktis ya mengingat bayi agak susah klo harus paka cara lama yg biasa kulakukan

      Hapus
  9. Saya belum pernah menggunakan Respimer. Tetapi, ini produknya hanya untuk anak, ya? Pilek tuh gak enak banget, deh. Jadi cepet capek akrena napas terganggu

    BalasHapus
  10. Mudah menggunakan respimer yaa, kak Aie.
    Alhamdulillah, kini anak tetap bisa bernapas dengan nyaman tanpa rewel lagi karena hidung tersumbat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inget banget zaman dulu ada produk buat isep ingus bayi kalau hidungnya tersumbat. Tapi gak ngefek banget buat anakku. Kini, ada respimer, yang bisa sekaligus membersihkan dan membuat lega hidung anak.

      Hapus
  11. Baru tahu brand ini. Pas banget, anakku sering tuh mengalami hidung tersumbat karena dia punya asma dan alergi. Btw, untuk orang dewasa ada juga nggak sih?

    BalasHapus
  12. Iyaaa lega ya mama Ai, ada Respimer. Aiko itu langsung tidur nyenyak abis pakai ini, tadinya drama rewel banget karena tersumbat.

    BalasHapus
  13. Memang ya mbak, hidung tersumbat itu sangat mengganggu, apalagi bagi anak-anak..

    beruntung sekarang sudah ada Respimer, yang membantu mengatasi hidung tersumbat pada anak

    BalasHapus
  14. Baca ini saya jadi merasa bahwa penting banget punya Respirer demi anak. Untuk kejadian tak terduga juga.

    BalasHapus
  15. jaman anak - anak masih kecil memang sering banget batuk pilek ataupun alergi yaa mba. Resprimer membantu banget yaa mba

    BalasHapus
  16. Anak aku juga sering kena flu dan hidungnya tersumbat mba, kadang tuh aq sedih banget dy gak bisa tidur kalau malam. Duh jd pengen coba Respimer ini untuk anak

    BalasHapus
  17. wah, mantap ay , kearsa abnget kalau hidung mampet itu gak enak

    BalasHapus
  18. Penting banget respimer ini. Soalnya aku baru aja ngalami bayi flu sampe ga bisa minum asi karena hidung tersumbat. Sedih...

    BalasHapus
  19. Jadi ingat zaman old, suami saya yang mengisap ketika bayi2 kami hidungnya tersumbat. Sekarang dengan Respimer lebih mudah ya.

    BalasHapus
  20. Anak-anak jadi rewel kalo hidung tersumbat ya, tidur juga tidak tenang. Senangnya sekarang sudah ada respimer yang bisa mengatasi hidung tersumbat pada anak.

    BalasHapus
  21. Anak pilek cus pilih respimer

    BalasHapus
  22. Anak pilek cus pilih respimer

    BalasHapus
  23. Anakku termasuk yang rentan hidungnya tersumbat pas pilek. Belum pernah coba pakai respimer ini. Tapi memang kalau pesan orang tua misalkan batuk, diminta kumur pakai air garam. ternyata saat pilek pun bisa ya diencerkan dengan NaCl dalam respimer.

    BalasHapus
  24. KAlau anak-anakku pilek dan nggak bisa napas juga selalu aku bantu dengan nassal spray, baru deh bisa tidur nyenyak. Tapi kami belum pernah nyoba respimer, coba nanti cari di apotik ah.

    BalasHapus
  25. coba tau ini pas masih anak ku bayi, ngga repot deh harus diuapin gitu sampe nangis-nangis, cukup pakai respimer aja udah bisa keluar sendiri ingusnya.

    BalasHapus
  26. Sangat penting ya mbak sedia Respimer di rumah
    biar saat anak-anak hidungnya tersumbat, bisa segera diatasi
    biar anak jadi sehat dan aktif kembali

    BalasHapus
  27. Dulu caranya jemur pagi hari dan diolesi balsam, atau pakai baskom air panas ditetesi minyak kayu putih. Sekarang dimudahkan banget pakai Respimer untuk mengatasi hidung tersumbat ya

    BalasHapus
  28. duh nasal nih solusi banget ya buat anak mampet. Saya tuh suka kasian kalau anak mampet hidungnya, apalagi kalau belum bisa membuang sendiri ingusnya.

    BalasHapus
  29. Berkat respimer nasal spray ini, hidung mampet mada anak bukan lagi masalah ya. Pernafasan lancar, anak pun bisa istirahat dengan tenang. kalau cukup istirahat makin cepat deh flunya sembuh

    BalasHapus
  30. Kalau anak-anak hidungnya tersumbat bisa rewel ya, mending kalau di abis bilang keluhannya. Untung deh sekarang bisa duatasi dengan Respimer

    BalasHapus
  31. Hidung tersumbat tuh gak nyaman banget, kita yang udah besar aja pasti berasa gak enak, apalagi si kecil. Gak kebayang gimana terganggunya saat mengalami hidung tersumbat.

    BalasHapus
  32. Pas ku make dulu awal muncul enk mak lega
    Kirain sakit kalau pakai gitu ternyata pas abis semprot bisa keluar loh yang umbel-umbelnya tahu sendiri ank kecil susah napas kalau pilek

    BalasHapus
  33. Kehadiran Respimer ini membantu banget buat buibu yang punya anak kecil, secara drama hidung tersumbat pada nak kecil kan bisa datang sewaktu-waktu. Apalagi kalau ada riwayat alergi, kudu prepare pertolongan yang aman buat ngatasi hidung tersumbat ini

    BalasHapus
  34. Repot banget ya Mak kalo udah urusan batuk pilek yang sampe mengganggu saluran pernafasan bahkan sampe menyebabkan hidung tersumbat gitu. Respimer kayanya bakal ngebantu banget untuk melegakan efek tersebut ya Mak :))

    BalasHapus
  35. Aku auto bayangin anakku yg mulai lari sana-sini pasti jejeritan nih dipakein Respimer. Padahal hidungnya sering mampet. Tapi aku tetep sedia sih di rumah.

    BalasHapus
  36. Aku kok gak kepikiran ya dulu pakai produk sejenis ini untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak. Baru tau sekarang masaaaa

    BalasHapus
  37. Oh jadi pemakaiannya dimasukkan ya bukan dioles di depan hidung. Kalau punya balita masalah hidung tersumbat jadi tricky ya bisa rewel

    BalasHapus
  38. sekarang makin inovatif ya, waktu anak masih bayik bangeta aku juga nyoba dengan cara kayu putih taruh baskom, uapnya bisa bikin meleleh hidung tersumbat..Respimer ini bisa jadi solusi ya, praktis. Asal anak tahu dan nggak tegang

    BalasHapus
  39. Yang paling bikin pusing itu ketika ada kotoran di dalam hidung trus diambil anak kita ga sengaja eh masuk lebih dalam si kotorannya. Sekarang udah tau Respimer, jadi kudu punya stok di rumah buat jaga2, termasuk pas jalan2 dibawa aja ya mbak Aie. TFS.

    BalasHapus
  40. Nah, kalo ada Respimer, ortu ga perlu galau lagi.
    masalah hidung pd anak teratasi dgn mudah!

    BalasHapus
  41. wah ada yg baru nih... aku cuma tau uap air aja atau beli nacl di apotik terdekat buat bersihin idung anakku hihi thaks mom infonya

    BalasHapus
  42. beruntung ya mbak sekarang sudah ada respimer jadi kalau anak-anak lagi pilek ibu-ibu gak perlu bingung mengatasinya. Kan yang paling ribet tuh ngeluarin lendir di hidung yang bikin pusing dan nafas tersumbat

    BalasHapus
  43. Kalau si kecil lagi batpil itu kasian banget, tersiksa gitu lihatnya..dah hidung tersumbat, gatal...Maka punya Respimer di rumah wajib nih, jadi ada solusi untuk atasi hidung tersumbat pada si kecil.

    BalasHapus
  44. Kalau ada kemudahan untuk mengatasi hidung pada anak karena tersumbat, ini bisa jadi pilihan utama deh :)
    Ngebantu banget soalnya

    BalasHapus
  45. kemarin anak bungsuku lagi pilek mbak, hidungnya tersumbat
    untungnya aku sudah sedia Respimer ini di rumah
    Bisa bantu atasi hidung ankku yang tersumbat deh

    BalasHapus
  46. Fiuuuh emang kok, batuk pilek pada anak anak batita balita itu menggemaskan!
    Mungkin karena mereka juga sedang berusaha mengeluarkan lendir akibat kuman bakteri yang terperangkap ya, nah pake nasal spimmer pasti memudahkan dan ga bikin parno anak anak

    BalasHapus
  47. Coba dulu aku udah tau produk Respimer ini. Gak gala dan nangis lagi karena bayi rewel hidungnya tersumbat.

    BalasHapus
  48. Paling sedih kalo si kecil sakit batuk pilek, udah pasti hidung mampet dan bikin istirahat mereka terganggu. Respiner ini sangat membantu sekali..

    BalasHapus
  49. Waktu anak saya kena flu dan hidung tersumbat saya sedih banget karena gak tau harus ngapain, dia setiap tidur nangis. Beruntung skrg ada resprimer, jadi ada yang bsa nolongin saat anak flu

    BalasHapus
  50. Kayanya aku butuh sedia Respimer juga nih buat Keponakan. Kemarin sempat kena flu juga. Sampai bingung harus gimana karena agak sulit napas gara-gara hidungnya mampet

    BalasHapus
  51. Kasihan kalo anak hidung tersumbat, bisa semalaman rewel gak bisa tidur. Harus ada Respimer di rumah ya kalo masih ada anak kecil

    BalasHapus
  52. Kalau anak-anak mulai rewel karena gak nyaman, hidung tersumbat, dulu akutu suka panik duluan.
    Bisa bantu apa ateuh nyaa..?
    Alhamdulillah, kini ada respimer yang bisa diandalkan, melegakan hidung tersumbat saat si kecil flu.

    BalasHapus
  53. Biasanya kalau bayi pilek dan hidung mampet jadi rada panik, bingung mau ngasih obat apa. Untungnya sekarang ada Respimer, ya. Aman untuk bayi juga 😃

    BalasHapus
  54. Ini untuk anak-anak aja ya, padahal saya yang sukanya meler dan sesak hidung tersumbat karena Alergi debu. Solutif banget ^^

    BalasHapus
  55. Bener..kita yang dewasa aja bakal merasa gak nyaman saat mengalami hidung tersumbat, bagaimana dengan si kecil? Bedanya, kita bisa mengeluarkan lendir sendiri, sedangkan si kecil tidak.

    BalasHapus
  56. dulu aku pakai in buat anak-anakku
    sekarang udah nggak. cuma emang ngebanu apalagi yang modelnya pilek pakai ini bisa keluar ingusnya bikin lega napasnya

    BalasHapus
  57. Duh jadi inget ponakanku umur 6 bulan terus pilek, kasian deh lihatnya kalau tidur jadi mampet gitu hidungnya. Harus selalu sedia respimer nih di rumah.

    BalasHapus
  58. Wah, pas banget ini, Mbak. Anakku sering ngalamin hidung tersumbat kalau malam mau tidur gitu. Mungkin karena alergi. Tapi nggak tahu alergi apa huhuhu. Mau sedia Respimer ah di rumah buat mengatasi hidung tersumbatnya.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)