Cara Merawat Mobil yang Baik dan Benar Agar Awet & Tahan Lama

Sabtu, 05 Juni 2021

Cara merawat mobil yang baik dan benar penting untuk kamu perhatikan. Kondisi lalu lintas yang cukup padat, macet serta ditambah dengan cuaca yang cukup panas tentu sering membuat mobil dan juga komponen yang terdapat di dalamnya bekerja dengan cukup keras.

Maka apabila tidak dilakukan adanya perawatan yang benar serta service secara berkala, tentu akan mengakibatkan usia kendaraan yang lebih pendek. Sebagai pemilik mobil, tentu kamu tidak ingin mobil yang kamu gunakan cepat rusak serta tidak tahan lama.

Otoklix

Oleh karena itu, untuk memastikan mobil yang kamu gunakan lebih tahan lama dan nyaman saat dikendarai. Kamu harus melakukan perawatan secara rutin, baik secara pribadi atau service berkala di bengkel.

Cara Merawat Mobil yang Baik dan Benar

Selain sebagai kendaraan pribadi, mobil seringkali dijadikan sebagai gaya hidup dipenuhi. Namun hal penting dalam kepemilikan mobil adalah mengenai perawatan mobil yang tepat agar kondisi mobil tetap awet dan tahan lama untuk kamu gunakan dalam waktu jangka panjang. Lalu bagaimanakah cara merawat mobil yang baik dan benar tersebut? Berikut beberapa tips untuk merawat mobil yang benar antara lain:

Pemilihan Bahan Bakar yang Tepat

Sebagai pemilik mobil, kamu harus mengerti bahwa setiap mobil mempunyai spesifikasi mesin yang berbeda-beda. Sehingga kamu harus menggunakan bahan bakar yang tepat.

Penggunaan bahan bakar yang tepat tentu sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin mobil menjadi lebih baik. Bahan bakar yang salah serta kotor justru akan membuat mesin mobil menjadi tidak terawat serta cepat menimbulkan adanya kerusakan pada mesin mobil.

Ganti Oli Mobil Serta Filter Sesuai dengan Waktunya

Ingin mobil menjadi lebih awet dan tahan lama, maka sebaiknya kamu mengganti oli mobil serta filter sesuai dengan waktunya. Pasalnya oli memiliki peranan penting dalam sebuah kendaraan.

Yakni berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen, pendingin, peredam getaran, anti rekat dalam mesin hingga pembersih kotoran. Kinerja oli yang secara terus menerus tentu akan terekspos oleh udara serta panas.

Hal ini dapat memotong daya pakai dari oli tersebut. Pada awalnya ganti oli disarankan ketika mobil mencapai 10 ribu meter. Selanjutnya bengkel akan menyarankan untuk mengganti oli setiap 55 ribu km dalam apabila mobil dalam setiap harinya berkutat dengan kemacetan serta kondisi jalanan yang tidak normal.

Dengan demikian jarak tempuh mobil menjadi sangat kecil. Salah satu jalan keluarnya adalah dengan menggunakan tanggal serta kilometer pada catatan servis untuk kamu jadikan patokan. Apabila jadwal ganti oli sudah tercapai, maka sebaiknya kamu melakukan ganti oleh secara tepat waktu.

Otoklix

Periksa Kopling dan Rem

Cara merawat mobil yang baik dan tepat selanjutnya adalah saat kamu sudah memasuki antara 10.000 hingga 50.000 km maka periksalah mobil kamu. Perhatikan kampas kopling yang telah mulai aus.

Kondisi ini akan berpengaruh perpindahan gigi yang terasa lebih berat. Selanjutnya kamu juga perlu melakukan pengecekan terhadap kondisi rem. Sebaiknya kamu mengganti minyak rem setiap 20.000km.

Hindari Baret Pada Cat Mobil

Cat mobil tentunya sangat mempengaruhi tampilan mobil yang kamu miliki. Apabila kualitas cat bagus serta terawat, maka tampilan mobil pun akan lebih menarik. Oleh karena itu kamu harus pandai merawat cat mobil kamu.

Usahakan untuk menghindari adanya gesekan dari benda lain. Seperti batang pohon, besi, tembok atau yang lainnya yang dapat membuat cat mobil kamu menjadi baret.

Selain itu, penting untuk kamu mencuci mobil dengan menggunakan sabun khusus mobil yang tepat, menggunakan lap halus serta mengeringkan dengan tepat pula. Dengan demikian akan membuat mobil lebih terawat serta cat mobil selalu dalam keadaan baik.

Perhatikan Transmisi Mobil

Tips merawat mobil selanjutnya adalah pemilihan terhadap transmisi pada mobil yang kamu miliki. Penting untuk kamu memperhatikan mana transmisi mobil yang tepat, sehingga kamu pun bisa lebih mahir mengendarai mobil serta tidak merusak mobil secara tidak langsung.

Dalam hal ini, kamu harus memperhatikan bagaimana penanganan transmisi baik manual atau otomatis yang baik serta benar. Serta belajar menggunakan mobil yang benar.

Ganti Air Radiator

Penggantian air radiator yang tepat juga penting untuk kamu perhatikan dalam perawatan mobil. Hal ini bertujuan untuk dapat menunjang performa mobil yang kamu gunakan.

Cek Ban dan Tekanan

Meskipun terkesan sepele, tekanan angin pada ban juga penting untuk kamu perhatikan demi keselamatan saat berkendara. Minimal sebulan sekali serta sebelum melakukan perjalanan jauh. Kamu juga perlu memperhatikan kondisi ban mobil. Sehingga apabila nampak sesuatu yang aneh atau pun terjadi kerusakan, maka segera untuk diganti.

Selalu Melakukan Servis Rutin

Melakukan servis mobil secara rutin atau berkala pada bengkel terpercaya penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar mobil tetap berjalan dengan baik.

Kamu dapat servis mulai dari ganti oli, interior, eksterior, cek aki, mengatur air radiator dan lain sebagainya. Selain itu, pastikan kamu melakukan servis berkala pada tempat yang tepat. Sempatkan bertanya pada pihak servis tentang bagaimana perawatan mobil yang baik dan benar.

Untuk dapat mengetahui jasa service kendaraan yang nyaman, aman dan tepat bagi perawatan mobil kesayangan kamu. Maka kamu dapat mempercayakan kepada Otoklix, yang merupakan platform yang berfokus pada automotive aftermarket domain.

Otoklix telah bermitra dengan ribuan bengkel kualitas terbaik dan terpercaya. Dengan demikian kamu pun secara langsung akan mengetahui cara merawat mobil yang baik dan benar.

Ikuti Lomba Blog Otoklix

Saat ini Otoklix mengadakan Lomba Blog Otoklix dengan hadiah yang sangat menarik, yaitu hingga puluhan juta rupiah. Adapun temanya adalah Otoklix sebagai partner servis dan perawatan mobil terpercaya. Periode lomba diperpanjang hingga 30 Juni 2021, lho! Dan pengumuman pada tanggal 14 Juli 2021.

Maka segera ikuti kesempatan emas ini serta peroleh hadiah menariknya.

34 komentar

  1. Punya mobil emang harus ontime perawatannya ya mak.., kebanyakan para mamak cuma tau make aja..., padahal ada perawatan berkala..biar mobil awet..

    BalasHapus
  2. Mobil juga butuh perawatan extra biar awet dan sehat terus yaa, salah satunya dengan rutin melakukan servis.
    Wah ku baru ngeh ada Otoklix, ternyata platform yang berfokus pada automotive aftermarket domain.

    BalasHapus
  3. Meskipun aku belum punya mobil tapi nggak ada salahnya nambah wawasan hehe. Jadi bisa paham duluan kan gimana caranya merawat mobil dengan baik & benar.

    BalasHapus
  4. benar mbak
    harus telaten rutin merawat mobil
    karena mobil kendaraan sehari hari, wajib dirawat biar awet ya mbak

    BalasHapus
  5. Punya mobil tuh banyak juga yang dipikirkan. Jangan sampai telat servis, isi oli dan lainnya. Butuh perawatan apalagi yang suka dibawa bepergian jauh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat sama Jiaah, punya mobil harus ada dana khusus buat merawatnya ya, jangan demen makenya ajaa, giliran mogok tereak-tereak panik ((hahahha ngomong sama diri sendri)

      Hapus
  6. Alhamdhulilah suamiku tu rajin banget sama urusan mobil. Ga pernah telat servis rutin jd meskipun mobil tahun ke5 masih enak aja dipake. Ga kaya aku taunya make aja hahaha

    BalasHapus
  7. mbaa mau ngaku, akutuh gak seapik itu sama mobil loh. kayak servis suka telat, nyuci mobil jg ya seadanya banget. duh sayang juga ya kalau dipikir2. cuma untuk kebersihan fisik luar dalem memang dijaga sih, soalnya bawa anak2 juga yg sering ngotorin tuh

    BalasHapus
  8. cek mobil rutin ini penting banget ya mbak untuk keselamatan selama di perjalanan. mobil juga akan berterima kasih kalau kita rutin mengecek kesehatannya, samalah dengan kita yaa

    BalasHapus
  9. Iya kalau rajin merawat mesin kendaraan insya Allah lebih awet kendaraannya dan hemat juga karena jarang rusak ya kendaraan kita

    BalasHapus
  10. Wah...kalau urusan mobil tuh suamiku tapi soal dana servis itu jadi urusan aku juga hahaha, tapi memang mobil harus rutin di rawat apalagi kalau suka bepergian jauh, soalnya kalau ngak pernah dirawat sekali rusak biaya servisnya lebih mahal.

    BalasHapus
  11. Urusan mobil biasanya aku ga paham, tapi mau gamau harus belajar juga nih. Karena biasanya suami aja yang ngurusin. Baca blog mba Ai, jadi tahu apa saja cara merawat mobil.

    BalasHapus
  12. kalo punya mobil ya kudu dirawat juga biar awet. jangan cuma belinya doang hehe..

    BalasHapus
  13. Servis rutin emang penting banget ya, apalagi roda empat. Jangan sampai kejadian mogok baru dibawa ke bengkel, mending antisipasi dengan memastikan minim sering dicek tuh 3 bulanan syukur2 bisa 2 bulan sekali kalau pemakaiannya mayan sering.

    BalasHapus
  14. 2 minggu lalu akupun abis masukin mobil karena kena baret tembok wkwkwk emang paling ga suka aja ya mba kalau mobil baret gitu..btw menarik nih lomba blognya

    BalasHapus
  15. Keseringan kondisi di jalan tuh a=unpredictable banget.
    Kitanya uda ati-ati, eh...ada yang nyerempet. Jadi catnya terkelupas deeh..
    hiiks..
    Kudu berobatnya ke Otoklix.

    BalasHapus
  16. Nah betul banget nih, mesin mobil tuh harus dijaga dan rutin dilakukan perawatan. Btw sekarang makin mudah yang mai service mobil dah ada otoklix

    BalasHapus
  17. Urusan kendaraan biasanya urusan suami nih, tp perempuan juga harus paham ya minimal tahu kalau service harus berkala

    BalasHapus
  18. Mobil juga perlu disayanh ya mak jadi tahu apa yang perlu kita lakuin kalai mobil kenapa2 kalau dirawat lebih enakk

    BalasHapus
  19. Aku enggak paham perawatan mobil. Harusnya yah tahu dikit-dikit lah supaya awet apalagi jika kendaraan sering digunakan. Kalau mobilnya Sehat, enggak rewel, kan kita juga yang seneng

    BalasHapus
  20. Punya mobil harus dibarengi ilmu perawatan agar mobil tetap awet dan mesin tetap bagus dan tahan lama.

    BalasHapus
  21. Berhubung belum punya mobilnya jadi catet dulu, kali aja tahun ini disegerakan sama Allah karena sudah merasa butuh untuk pergi2 sama anak-anak. Biar bisa praktekin tips-nya.

    BalasHapus
  22. PUnya mobil memang harus ada effort untuk merawat juga ya, ga sekadar pakai aja. Perawatan rutin juga harus dilakukan agar mobil awet dan selalu dalam kondisi prima.

    BalasHapus
  23. Suka takjub jika ada perempuan-perempuan yang pintar merawat mobil dan mengerti segala sesuatu tentang otomotif.

    BalasHapus
  24. Rutin dan disiplin cek cek mobil dan kendaraan lain ya Aie.
    Kalo suami, suka cek tiap pagi, kalo istrinya main "ngeeeeng.. "ajah ....

    BalasHapus
  25. Aku pernah kejadian nggak perhatiin air radiator. Dampaknya ya malah bikin perjalanan terganggu karna performa mobil jadi nggak bagus

    BalasHapus
  26. Perawatan mobil emang penting banget sih.. biar mobil awet dan selalu aman nyaman dipakainya..

    BalasHapus
  27. Urusan perawatan mobil kuserahkan sepenuhnya sm pak suami hehhe... Tugasku adalah ngebawelin klo ada sesuatu yg terasa gak nyaman saat berkendara. So far suami cukup disiplin sih cek rutin kendaraan

    BalasHapus
  28. Thank you sharingnya... Masalah aki mobil jadi drama berkepanjangan nih di keliatga kami. Ada tips ngga viar aku ngga tekor dan bisa powerful

    BalasHapus
  29. Jujur, kami belum punya mobil pribadi sih. Beli mobil belum jadi prioritas karena masih ada fasilitas kendaraan dari kantor (suami) yang bisa dipakai untuk keperluan pribadi. Bagusnya lagi, rekanan kantor sangat profesional dalam penanganan mobil ini. Selalu diingatkan tentang jadwal servis rutin dan sebagainya. Jadi kayak diajarin dan disiplin tata cara perawatan kalau beli mobil sendiri.

    BalasHapus
  30. Kendaraan harus dicek secara berkala yaa biar awet..motor mobil. Kunci awet kuduu banget dicek kalau dicuekin dan hanya dipakai, pasti ngambeeeek hihi. Noted.. makasih ya mba Aie tulisannya.

    BalasHapus
  31. Perawatan kendaraan atau mobil memang harus dicek secara berkala, ya, Mba. Biar awet, tahan lama dan engga ada masalah. Note deh kalau mau servis
    mobil dengan otoklik aja biar terpercaya

    BalasHapus
  32. Akhir2 ni cat mobilku banyak yg baret gegara si kucing sukanya naik atas mobil. Rntah kenapa dia kalo malam hobi bangrt naik atas kap mobil. Mana susah pulak ngilangin baret bekas cakarnya kan. Padahal soal mesin dan body mobil suamiku jaga banget. Rajin banget dia servis rutin

    BalasHapus
  33. wuiih ada lombanya juga yah Mba, maulah nyobain ikutan mana tahu bisa dapat hadiah lumayan gede ini, hehehe. bisa nambahin Dp mobil baru

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)