Icip-icip Mie Kocok Legendaris di Bandung Yuk!

Selasa, 22 Juni 2021

Bandung memang dikenal sebagai salah satu tujuan wisata terfavorit. Hal ini bukan tanpa alasan. Bandung punya pilihan destinasi wisata yang lengkap, mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner yang bisa buat ketagihan. Nah, kali ini aku mau berbagi tentang kuliner khas Bandung yaitu Mie Kocok. So, let's start the review icip-icip mie kocok legendaris di Bandung, yuk!

Traveloka

Berbicara soal kulineran di Bandung, kamu jangan sampai tidak mencicipi mie kocok ya! Makanan khas Bandung yang satu ini punya cita rasa gurih super enak yang sayang untuk dilewatkan. Sebagai info, mie kocok adalah sajian mie kuning yang disiram dengan kuah kaldu sapi lalu ditambah toge, kikil, seledri, daun bawang, bawang goreng dan jeruk nipis.

Makanan ini populer di Bandung dan ada banyak tempat makan mie kocok legendaris yang masih buka hingga kini lho! Nah bagi Anda yang akan mengunjungi Bandung dalam waktu dekat, jangan lupa mampir ke satu atau semua warung mie kocok legendaris di Bandung ini dan nikmati enaknya sajian makanan yang satu ini.

1. Mie Kocok Persib

Persib bukan hanya identik dengan tim sepakbola kebanggaan Bandung, tapi ada juga mie kocok persib yang legendaris yang patut kamu cicipi. Penamaan mie kocok Persib ini tak lepas dari lokasinya berjualan, yaitu di dekat Stadion Persib.

Warung mie kocok ini sudah berdiri sejak tahun 1963. Namun awalnya beralamat di Jalan Riau, tapi di tahun 1995 kemudian pindah ke dekat Stadion Persib hingga sekarang.

Semangkuk mie kocok Persib ini bersi mie gepeng yang diberi kikil, tauge dan tulang iga yang daging dan tulang rawannya masih menempel. Kombinasi bahan-bahan tadi lalu disiram dengan kuah kaldu yang khas. Tak ketinggalan pula jeruk nipis di sampingnya dan taburan Seledri serta bawang goreng jadi pelengkap makanan yang satu ini.

Traveloka

Oh ya, dari luar tempat makan mie kocok ini terlihat biasa saja. Tapi soal rasa tidak perlu ditanya. Warung mie kocok legendaris ini berada di Jalan Jendral Ahmad Yani No. 262, Sumur Bandung. Siapkan uang sekitar Rp23.000 untuk menikmati semangkuk mie di tempat makan legendaris ini.

2. Mie Kocok Cepay

Mie kocok yang sudah buka sejak tahun 1979 ini juga masuk dalam tempat makan mie kocok populer dan juga legendaris di Bandung. Disini mie kocok yang dijual memiliki keunikan tersendiri dari cara memasaknya sehingga menghasilkan cita rasa unik yang bikin nagih.

Mie kocok Cepay masih menggunakan bara api untuk menghangatkan kaldu agar aromanya lebih khas dan unik. Penyajiannya pun tak kalah menari. Bukan langsung disajikan di dalam mangkuk, tapi mie dan tauge diletakkan di atas daun lalu dimasukkan ke dalam kocokan. Lalu setelahnya dimasukkan ke buleng dan disajikan di mangkuk lengkap dengan kaki sapi dan kikil.

Traveloka

Seporsi mie kocok disini mulai dari Rp 20.000 saja. Masih sangat terjangkau bukan? Kamu bisa melipir ke GOR Pajajaran yang ada di Jalan Pajajaran pasir Kaliki, Bandung untuk menemukan tempat makan legendaris Bandung ini.

Baca juga: Bakso Tengkleng Mas Bambang Bandung

3. Mie Kocok Mang Dadeng

Tempat makan mie kocok yang satu ini juga patut disambangi lho! Kamu bisa icip-icip semangkuk mie kocok Mang Dadeng yang dikenal memiliki kuah kaldu yang istimewa karena menggunakan sekitar 27 macam bumbu rempah. Hal ini yang membuat kaldu mie kocok ini terasa spesial dan juga nikmat.

Sama seperti mie kocok pada umumnya, seporsi mie kocok disini terdiri dari mie kuning gepeng yang diberi potongan kikil dan sumsum yang kemudian disiram kuah kaldu spesial tadi. Sebagai pelengkap, taburan bawang goreng dan seledri semakin menambah cita rasa makanan khas Bandung ini.

Traveloka

Tertarik mencobanya? Kamu bisa berkunjung ke Jalan K.H. Ahmad Dahlan No.67, Lengkong, Bandung untuk mencicipi semangkuk (atau lebih juga boleh) mie kocok Mang Dadeng ini.

4. Mie Kocok SKM

Jika mie kocok yang disebutkan pada poin-poin sebelumnya menggunakan kuah kaldu yang bening, namun di mie kocok SKM ini kuahnya berwarna kuning karena penggunaan bumbu rempah melimpah untuk pembuatan kaldunya.

Hal ini yang membuat tempat makan mie kocok ini sering juga disebut sebagai soto karena warna kuahnya. Sebagai info, kuah mie kocok SKM ini dibuat dari tulang dan tapal kaki sapi yang banyak sumsum kemudian ditambah rempah-rempah pilihan seperti kunyit, ketumbar, bawang dan sebagainya. Tambahan ebi dan daun bawang membuat kuah kaldu mie kocok ini begitu kaya citarasa.

Traveloka

Seporsi mie kocok di tempat ini menggunakan porsi kikil yang banyak sehingga kamu dijamin puas saat mencicipinya. Tertarik mencoba? Kamu bisa mampir ke Jalan Sunda No.38, Kebon Pisang, Bandung.

Sudah tidak sabar berkunjung ke Bandung dan mencicipi mie kocok legendarisnya? Segera rencanakan perjalananmu booking Cititrans dengan mudah secara Online. Kamu hanya perlu masukkan tanggal keberangkatan, lalu pilih pool berangkat dan waktu keberangkatan. Jangan lupa juga untuk selalu menjalankan protokol kesehatan selama di perjalanan maupun saat liburan ya!

33 komentar

  1. Haduuhh...jadi kangen Bandung dan mie kocoknya nih baca artikel ini. Next pandemi berakhir harus nyobain semua mie kocok ini nih hehehe, thanks infonya ya mbak.

    BalasHapus
  2. Masya Allah jadi kepikiran kapan ya terakhir makan mie kocok haha...klo di jakarta udah di Bandungnya langsung lupa euy

    BalasHapus
  3. Kupikir tadinya Mie Kocok itu adalah "mie yang kuahnya sama mienya dikocok" dan pasti pake telor atau apalah
    ternyata engga ya!

    Jadi sejarah mie kocok bandung kenapa namanya Mie Kocok,
    ya emang karena proses pembuatannya, yaitu dengan mengocok-ngocok mie dan tauge dalam wadah logam bolong-bolong bergagang sambil dicelupkan ke dalam air panas sampai layu. Sebenernya sama kayak mie ayam bukan sih? Cuman ini pakenya mie gepeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mie Kocok Mang Nanang Tea, salah satu warung Mie Kocok yang terkenal di Bandung, resmi buka cabang di BSD City Tangerang Selat

      Pesaingnya seperti Mang Dadeng, Pak Enco & Persib juga ada tapi penikmat mie kocok cukup paham dangan kualitas rasa serta kualitas bahan yang digunakan

      Kelembutan daging, rasa kuah dan sambal yang khas menjadi keunggulan bagi Mie Kocok Mang Nanang jika dibandingkan dengan Mie Kocok Lainnya.

      Hapus
  4. Bandung.. aku rinduu
    Mie kocok, semuanya ingin dicobain deh mba Aie, itu ada yg cara masaknya unik dan pakai rempah2 melimpah. Pasti rasanya juga nikmat 😍 memang cocok banget mie kocok dan suasana kota Bandung malam yg dingin. Eh tapi siang juga okeeeh segeer.

    BalasHapus
  5. Kak Aie aku jadi kepengen makan mie kocok juga kaa. Lemah banget deh akutuh sama yang namanya mie, pasti langsung ngiler

    BalasHapus
  6. Aku mah kalau ke Bandung gak boleh kelewatan itu nyobain mie kocok, terutama si Mie Kocok Persib kak. Sebenarnya Bandung itu banyak banget kulinernya ya, kadang kesana 2 hari aja berasa kurang mau eksplore kulinernya.

    BalasHapus
  7. Bikin ngiler! Penasaran banget sama Mie Kocok. Aku suka mie-miean gitu. Jadi apa pun kayanya oke. Bandung dingin dan makan hangat-hangat kaya gitu jadi terasa mantap

    BalasHapus
  8. ngomongin kuliner di Bandung nggak ada habisnya dan enak enak semua ya
    aku kan jadi bingung kalau begini, pengen ke bandung tapi belum kesampaian

    BalasHapus
  9. Oh mie kocok ini khas dengan kikilnya ya. Saya belum pernah coba, pas ke Bandung dulu juga belum sempat coba hehe. Pasti rasanya enak nih, auto ngiler baca pas waktunya makan malam. By the way kok saya belum menjumpainya di Malang ya? Atau saya kurang jauh ya mainnya? hehe

    BalasHapus
  10. Haduh, di luar gerimis dan baca artikel Mie Kocok Bandung...favorit banget kalau pas main ke sana. Biasa belinya ngasal, di sini ada rekomendasi mie kocok legendaris..yeayy, noted, eksekusi kalau ke sana lagi

    BalasHapus
  11. Belum pernah makan mie kocok Kak Aie, ajakin sih ke mari hehehe
    semoga pandemi lekas musnah dari muka bumi biar bisa incip dan main ke Bandung

    BalasHapus
  12. haduh, malam-malam mana hujan deras pula, terus baca dan lihat penampakan mie kocok gini kan bikin perut jadi meronta-ronta, apa daya di rumah adanya hanya mie instant.

    2006-2008 saya pernah tinggal di bandung, tapi gak ngeh kalau ada kuliner yang namanya mie kocok ini. Tahunya ada mie instan rasa mie kocok bandung sama rasa empal gentong. favorit banget bagi anak-anak kost dari luar bandung

    BalasHapus
  13. aku belum pernah makan mie kocok. Nampak menggiurkan karena ku suka kikil.
    eh di Jakarta harusnya ada nih berhubung belum bisa ke Bandung. Cari ah ...

    BalasHapus
  14. Aku pernah sekitar lima tahun tinggal di Bandung Mak Aie...jelas sudah berkali2 makan mie kocok. Tapi aku lupaaaaa di mana sajaa haaha (ingatanku memang lemah, apalagi, sudah sepuluh tahun lalu tinggal di sana). Kemungkinan besar, aku sering makan di Stadion Persib itu, soalnya dulu aku sering nongkrong (ada kerjaan) ke situ hehehe

    BalasHapus
  15. wah iya
    mie kocok ini salah satu Kuliner legendaris khas Bandung ya mbak
    makan mie kocok ini pas banget dengan cuaca Bandung yang dingin

    BalasHapus
  16. Duh...pagi-pagi baca artikel ini jadi pingin Mie Kocok khas Bandung, apalagi untuk urusan jajanan, Bandung tetap juaranya karena punya jajanan yang banyak banget disukai seluruh masyarakat Indonesia. Mungkin setelah pandemi pingin juga berkunjung ke Bandung lagi.

    BalasHapus
  17. Wow .. mie kocok menggunakan bara api untuk menghangatkan kaldunya. Memang sih ya makanan yang dimasak dengan bara api itu citarasanya khas dan bikin enak makanan. Jadi ingat dulu di kampung, saya suka makanan yang dimasaknya di tungku. ^_^

    BalasHapus
  18. udah cobain semuaaaa mbaaa..aah akau jadi rindu sekali dengan Bandung yang kulinernya memang asli juaraa banget ya! Ngga pernah boseeen - bosen deh pokoknya. Semoga Bandung lekas pulih dan baik yaa

    BalasHapus
  19. Nah,ketemu lagi ama ulasan mie kock, hehehe. sejujurnya aku maish kepo kenapa disebut mie kocok, secara gak bedalah ama mie secra umum kan, kalo ke Bandung patut didatangi nih kedainya

    BalasHapus
  20. Malam2 baca tulisan tentang mie kocok jd pengen ngemil mie, tapi adanya mie instan haha
    Unik2 ya mie kocoknya? Masing2 memiliki ciri khas. Ada yg dipanasin di bara api, ada yang pakai banyak banget rempah, ada yang kuahnya kaya akan sumsum jg, jd bingung pilih yg mana :D
    Btw buleng tuh apaan mbak?

    BalasHapus
  21. Dari dulu aku penasaran sama mie kocok Bandung deh
    Beberpa kali ke Bandung malah belum kesampaian pengen makan mie kocok
    Baca ini jadi teringat keinginanku deh
    Kalau ke Bandung lagi wajib banget nih aku cobain mie kocok

    BalasHapus
  22. wah, mienya pansos sama klub sepakbolanya ya Mba, heehe tapi malah jadi magnet tersendiri pasti. Penasaran jadinya sama mie kocok ini. kalau ke bandung mau nyobain ah,

    BalasHapus
  23. wihhh bikin pengen ke bandung aja nih..kulineran mie kocok.. Pernah cobain mie kocok tapi kayaknya tidak termasuk yang legend sih..itu aja udah lumayan banget rasanya..apa lagi yang legend ya..

    BalasHapus
  24. Kak Aie juga aslinya Bandung yaa..
    Aku jarang jajan mie kocok, biasanya suka beli di depan sekolahnya anakku aja.
    Sama yang disebelah Griya Sunda.
    Kata temen, di situ enyaak banget. Aku iya-in aja...hehhee...liat list kak Aie, jadi pengen cobain kuliner Mie Kocok Bandung yang beneran legend.

    BalasHapus
  25. Aaahh jadi mupeng pengin ngicipin mie kocok ini. Di Semarang ga ada yang buka cabang ya? Kalau gitu memang harus makannya langsung di Bandung yaa.. Ntar kalau udah ga pandemi kudu jalan ke Bandung nih sama keluarga. Banyak yang bisa dicobain di sana.

    BalasHapus
  26. Aduh ngiler nih lihat mie kocoknya. Aku yang di Bandung aja udah lama nih gak nyicip. Huhu jauh. Banyak pemblokadean. Mau Go Food pun jauh juga. Semoga keadaan bisa segera membaik. Kepengen banget bisa jalan-jalan dan kulineran deh ih.

    BalasHapus
  27. bayangin perasan jeruk masuk ke adonan, duh auto ngiler. belum sekalipun nyicip mie kosok nih, karena di Jombang gak ada yang jual kayaknya, mie ayam doang hahaha

    BalasHapus
  28. Ya Allah jadi inget, akhir tahun 2019 itu kami ke Bandung. Dan hujan-hujan sama suami nyari mie kocok Bandung ini. Hahaha. Ya Allah kangen Bandung jadinya

    BalasHapus
  29. wah..wah memang klo mie kocok ke bandung paling enak! Trkhir ke bandung makan mie kocok juga,,beuh mmg seninya makan mie kocok di Bandung

    BalasHapus
  30. Hujan-hujan santap mia kocok memang sedap. Tapi biasanya aku santap kikilnya saja, mienya buat pasangan hehehe. Salam hangat kak Andiyani🙂

    BalasHapus
  31. Wah Bandung selalu juara dalam berbagai hal ya! Termasuk dalam hal kuliner. Berharap pandemi segera berlalu, rindu jalan-jalan menikmati berbagai destinasi wisata dan kuliner nusantara.

    BalasHapus
  32. Duh aku lupa tepatnya dimana
    Ada mie kocok yang sering kudatengi sama mantanku pasti ke sana kalau mau makan mie kocok wkwkwk

    Tapi udaranya dukung seh adem2 makan mie kocok
    Seeedaaap

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)