Tips Memilih Reksa Dana Bagi Pemula

Senin, 12 Juli 2021

Siapa coba yang gak mau bebas beban finansial saat pensiun nanti atau di masa tua? Aku yakin banyak yang ingin terbebaskan dari beban finansial. Tidak sedikit yang cukup semangat dalam melakukan investasi dan mencari lebih dalam lagi seluk-beluk investasi. Yes, tren investasi masih diminati sejumlah orang dan reksa dana adalah salah satu yang dinilai mudah serta menjadi favorit masyarakat. Untuk itu, yuk kita mulai blog review "Tips Memilih Reksa Dana Bagi Pemula". Shall we start now ... 

Tips Memilih Reksa Dana Bagi Pemula

Belakangan nih, beberapa teman yang ada di Facebook meng-update status tentang investasi yang mereka lakukan. Mulai dari reksa dana saham hingga bitcoin yang didapat dari Pluang.com, hmm, ternyata bahasan ini cukup menarik buat dikulik bagi generasi millenial yang melek banget dengan literasi keuangan, terkhusus investasi. Tentu tujuannya agar bisa merdeka dan bebas beban finansial di masa tua nanti.  

Seperti yang diketahui bersama, ada banyak instrumen untuk digunakan berinvestasi, dan reksa dana adalah salah satu yang dinilai mudah serta paling banyak diminati masyarakat. Berbicara tentang reksa dana, produk investasi ini merupakan salah satu produk yang paling populer, mudah dipahami, dan cocok untuk investor pemula.

Apa Itu Reksa Dana?

Reksadana merupakan salah satu investasi populer yang bisa kamu pilih untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Jenis investasi ini juga memiliki banyak pilihan, mulai dari reksadana pasar uang hingga saham. 

Tips Memilih Reksa Dana Bagi Pemula

Secara singkat, kamu hanya perlu menyetorkan uang pada manajer investasi yang diselenggarakan oleh pihak bank dan penyedia asuransi untuk memilih dan membeli reksadana yang diinginkan. Selanjutnya, kamu hanya perlu memperhatikan pergerakkan dan perkembangan investasi sembari menambah dana, layaknya menabung. Maka dari itu, reksadana cocok sebagai produk investasi bagi pemula dan bagi kamu yang belum cukup waktu untuk mengelola investasi secara mandiri.

Lalu, Apa Saja Keuntungan Investasi Reksadana?

Sebagaimana dengan jenis investasi lainnya, reksadana menawarkan keuntungan yang kompetitif untuk memperkuat kondisi finansial. Berikut adalah pengertian reksadana terkait keuntungan yang diberikan buat kamu yang ingin memulai berinvestasi:

  1. Mudah untuk dipelajari
  2. Ragam pilihan penawaran
  3. Modal awal relatif terjangkau dan risiko relatif rendah
  4. Dikelola secara profesional dan transparan
  5. Akses ivestasi melalui kanal online
Tips Memilih Reksa Dana Bagi Pemula

Tips Memilih Reksa Dana Bagi Pemula

Dari informasi ini, kamu bisa tuh mulai pilih reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan dengan tips memilih produk reksa dana terbaik bagi pemula berikut ini:

Tips Memilih Reksa Dana Bagi Pemula

  1. Pahami profil dan tujuan investasi
  2. Tentukan jangka waktu dan jenis reksadana yang sesuai
  3. Pilih manajer investasi yang baik reputasinya
  4. Tentukan tingkat return
  5. Tingkat risiko
  6. Asset Under Management (AUM) atau jumlah dana yang dikelola dalam suatu produk reksadana.
  7. Expense ratio
Jadi, sudahkah kamu menentukan pilihan reksa dana yang tepat sesuai kebutuhan?


28 komentar

  1. Ada banyak keuntungan, tentunya sangat menarik buat diambil dalam rangka memperkuat kondisi finansial. Tipsnya harus dipraktekkan dengan sungguh-sungguh, terutama pada bagian "Tingkat Risiko" yang benar-benar harus dipahami.

    BalasHapus
  2. Saya kayaknya masih perlu banyak pelajari soal reksa dana nih, Mba. Selama ini investasi baru berupa LM dan properti. Baca artikel ini jadi menarik untuk cari tau lebih detail soal reksa dana

    BalasHapus
  3. Kalo baca blog para financial planner, memang banyak yg sarankan utk ambil invest Reksadana

    Apalagi buat yg low risk taker kayak aku.

    Ini investasi populer yang bisa dipilih untuk jangka pendek ataupun jangka panjang.

    Jenis investasi ini juga memiliki banyak pilihan, mulai dari reksadana pasar uang hingga saham.

    BalasHapus
  4. aku terjun di dunia reksadana malah belum lama, rasanya menurutku lebih sulit beli reksadana sendiri dibanding beli saham.

    tapi akhirnya memberanikan diri, cek2 profil risiko dan akhirnya bisa punya buat tabungan rdn buat 4 anak

    BalasHapus
  5. Nah ini, penting banget buat memilih invest reksa dana bagi yang awam, haru bner2 memahami banget profil dan tujuan investasi itu sendiri apa yaa.

    Apalagi reksadana cocok sebagai produk investasi bagi pemula dan bagi yang belum cukup waktu untuk mengelola investasi secara mandiri. Serahkan saja pada ahlinya yaa.

    BalasHapus
  6. Aku belum berani terjun di investasi, tapi next kapan-kapan saya coba.. penasaran, tapi takut😁, oh iya, kenapa kok reksa dana cocok untuk pemula?

    BalasHapus
  7. Aku belum nyoba reksa dana nih mba Aie, pak su aja yg punya. Resikonya rendah ya ini, karena dikelola sama ahlinya juga. Mau bebas financial secepetnya 😆 ya Allah do'a ikhtiar ya kita mba Aie, amiin moga terwujud..kudu mikirin dana kuliah anak2 jg dr skrg.
    Makasih infonya mba Aie

    BalasHapus
  8. Aku percaya, tidak semua orang cocok dengan jenis investasi tertentu, sehingga investor pemula harus pintar memilih yang sesuai untuknya!

    Investor top Warren Buffet punya 2 kiat:
    1. Lakukan riset sebanyak-banyaknya
    2. Pilih investasi yang paling dipahami dengan baik atau berkaitan dengan sesuatu yang digemari

    Jangan gunakan kisah sukses orang lain sebagai patokan utama, namun pilihlah sesuatu yang tepat bagi kamu secara pribadi, dilihat dari berbagai aspek!

    Nah, reksadana termasuk diantaranya terutama bagi yang tidak terlalu paham pasar saham, tidak perlu mengorbankan jam kerja atau akhir pekan untuk mengelola investasi!

    Tapi kelemahannya juga ada, keuntungan lebih sedikit dan harus membayar berbagai macam biaya, karena investasi dikelola orang lain.

    BalasHapus
  9. Mengenai Reksadana biarlah anak2 bunda saja yg menentukan. Bunda tinggal duduk manis aja, hehe...

    BalasHapus
  10. Bunda sfh lama banget jd pensiunan jd soal reksadana biarlah anak2 bunda yang in action. Eeh, OOT ya.

    BalasHapus
  11. Udah sering baca juga kalau reksadana ini adalah investasi yang paling mudah dan minim resiko bagi pemula, tapi sampai sekarang saya belum juga berinvestasi dalam bentuk reksadana

    BalasHapus
  12. Butuh banget nih belajar lebih detail tentang reksa dana sebagai pilihan investasi...Secara aku awam banget hehe

    BalasHapus
  13. Menentukan pilihan utk berinvestasi mrmang memerlukan ke hati-hatian bagi Pemula, agar nantinya investasi tidak berhenti ditengah jalan karena mindset yg kurang mantap.

    BalasHapus
  14. Reksadana ini investasi yang minim resiko deh. Saya juga lagi belajar investasi di reksadana.

    Nah, bagi pemula, memang betul, harus tahu apa tujuan dan profil si perusahaan itu. Jangan sampai kita ikut investasi di reksadana pada perusahaan yang gak jelas.

    BalasHapus
  15. Penting banget nih buat yang rencana mau investasi, pilih reksadana yah. Makasih tipsnya mbak Aie, sangat berguna untuk saya yang masih pemula banget dan belum paham bener tentang investasi reksadana.

    BalasHapus
  16. Aku belum terlalu paham soal investasi saham atau reksadana soalnya belum pernah cobain ini. Ngelihat benefit atau keuntungannya cukup lumayan juga ya buat investasi jangka pendek maupun jangka panjang

    BalasHapus
  17. Aku sempat investasi Reksadana walaupun nggak banyak dan rutin tiap bulan. Sayangnya pas butuh dana aku jual simpanan RD dan sampai sekarang belum mulai lagi huhu...

    BalasHapus
  18. untuk pemula yang ingin terjun berinvestasi di pasar modal memang menurut saya bagusnya dimulai dari reksadana dulu. Karena kalau di reksadana kita bisa dibantu manajer investasi dan itu bisa jadi ajang belajar.

    Nanti kalau sudah memahami alur di pasar modal dan bisa membaca pasar bisa mulai terjun ke saham deh...

    BalasHapus
  19. Investasi itu memang harus diperhatikan kepentingannya. Selain untuk menjaga kesehatan keuangan juga bisa membantu mempersiapkan kebutuhan di masa pensiun. Dan yang terpenting ketika memilih berinvest itu mempelajari tingkat resikonya ya. Jangan sampai malah merugi.

    BalasHapus
  20. Untuk reksadana emang buat investasi kalo udah ada dananya - aman dan dijamin sukses (asal dipantau)
    kalo engga yaaaah mending balik ke celengan piggy bank!

    BalasHapus
  21. Investasi reksadana salah satu investasi yang zaman now yang diminati soalnya gak butuh dana besar dan risikonya jg masih minimum lha ya...
    Kalau aku pribadi yang penting dipelajari gmn cara investnya, trus pakai platform terpercaya, dan kudu meyakinkan diri kalau inves tu beda ma tabungan jd kudu sabar kalau ngarepin keuntungan hehe

    BalasHapus
  22. Paling aman klo bagi pemula dih reksadana Pasar uang menurutku krn resiko nya lbih kecil Dan bisa dipakai sbg dana darurat

    BalasHapus
  23. Tips tipsnya lumayan banget untuk pemula kayak saya yang belum begitu paham tentang investasi reksadana. Inget banget, aku punya teman yang invest reksadana. Jadi kerjaanya mantau terus pergerakannya

    BalasHapus
  24. Bapakku banget ini...
    Investasi menggunakan reksa dana. Serunya tuh..kalau investasi begini kita gak pernah behenti belajar.
    Walau ada konsultasinya dulu, tapi tetap yaa...memercayakan uang untuk investasi gituu..berharapnya pasti menghasilkan.

    BalasHapus
  25. Sudah lama nih saya mengincar reksadana. Namun belum banyak ilmu yang dipelajari sehingga maju mundur karena takut rugi dan lainnya. Sekarang sedang mencari manajer investasi yang amanah.

    BalasHapus
  26. Aku udah lama banget pengen investasi di reksadana tapi maju mundur aja nih mak. Makasih ya sharingnya bermanfaat banget

    BalasHapus
  27. aku dulu awal-awal pengen invest di reksadana, bingung pilih produk apa.
    untungnya dari zaman kuliah suka beli majalah yang membahas soal finance, jadi sedikit ada gambaran.
    finally sampai sekarang aku nabung di reksadana

    BalasHapus
  28. Sudah lama saya pengin ikut reksa dana untuk persiapan di hari tua. Terima kasih sharingnya

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)