Lifebuoy Shampoo Mengajak Keluarga Indonesia untuk Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut pada Pejuang Kanker

Sabtu, 04 Juni 2022

Percaya gak kalo kebaikan sekecil apapun bisa berdampak besar pada hidup seseorang, lho?! Well, aku sangat percaya itu. Karena hal baik akan berakhir dengan baik juga. Seperti Lifebuoy shampoo yang mengajak seluruh keluarga Indonesia untuk #BeraniBerbagiKebaikan dengan mendonasikan rambut yang dipotong pada pejuang kanker di Yayasan Kanker Indonesia. Hmm, gimana caranya? So let's start now ...

Lifebuoy Shampoo Donasi Rambut, Berbagi Kebaikan
Selama masa pandemi, anakku jadi jarang bersosialisasi selain dengan orangtuanya, yaitu aku dan suamiku. Kadang tuh suka khawatir gimana dampaknya untuk hidup Darell, anak semata wayangku ini. Karena manusia itu makhluk sosial, gimana pun perlu orang lain untuk banyak hal. Terutama dalam hal mengasah rasa empati untuk sesama. 

Hal ini nyatanya menjadi concern banyak orangtua tak terkecuali, bahkan ya seorang terapis keluarga di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa pandemi membuat anak kehilangan kesempatan untuk membangun keterampilan sosialnya, seperti kemampuan berinteraksi dengan teman sebaya, memecahkan masalah hingga berlatih memiliki sikap empati. 

Lifebuoy Shampoo Donasi Rambut, Berbagi Kebaikan

Dari Indonesia, penelitian yang dilakukan di Universitas Negeri Yogyakarta juga menemukan bahwa selama pandemi 96% anak mengalami penurunan terkait pencapaian aspek perkembangan sosial emosi, terutama dalam segi perkembangan perilaku prososial, atau yang secara awam disebut perilaku tolong menolong.

Cara Sederhana Meningkatkan Rasa Empati pada Anak 

Seperti yang diketahui bersama, menumbuhkan dan mengajarkan rasa empati pada anak sejak dini sangat penting. Dengan adanya rasa empati, anak dapat membangun dan menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitarnya selain keluarga.

Umumnya, anak baru memahami konsep empati saat ia berusia 8-9 tahun. Namun, pada usia 5 tahun, anak sudah dapat menyatakan perasaan tentang bagaimana dirinya ingin diperlakukan sekaligus bagaimana sebaiknya ia memperlakukan orang lain. 

Pada usia ini pula, orang tua sudah bisa mulai mengajarkan anak mengenali dan mengelola emosinya agar rasa empati dalam dirinya dapat terbentuk. Berikut adalah cara sederhana yang biasa aku lakukan untuk meningkatkan rasa empati pada anakku, Darell: 

  • Mulai dari ajari anak mengenal emosi
  • Penuhi kebutuhan emosionalnya
  • Berikan contoh berempati
  • Ajarkan sopan santun, cara menghadapi emosi, dan tolong menolong
  • Libatkan dalam kegiatan amal
  • Ajak anak memposisikan diri sebagai orang lain
  • Jadilah contoh baik bagi anak
Anak itu pasti mencontoh perilaku orangtuanya, maka berperilakulah yang baik agar menular pada anak. Seperti rasa empati dan tolong menolong, selalu contohkan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Seperti memberikan makan kucing di jalan, memberikan uang pada orang yang tidak mampu, serta menumbuhkan rasa kepedulian dengan cara berdonasi. 

Lifebuoy Shampoo Donasi Rambut, Berbagi Kebaikan

Anna Surti Ariani, S.PSi,. Psikolog Klinis Keluarga, dalam acara yang diadakan oleh Lifebuoy bertajuk 'Lifebuoy Shampoo Menginspirasi Keluarga Indonesia Menjadikan Rambut Sehat Sebagai Kekuatan untuk Berbagi Kebaikan', menanggapi, "Jika kemampuan berempati dan perilaku tolong menolong ini tidak dikembangkan, terdapat risiko jangka pendek dan jangka panjang. Dalam jangka pendek, anak dapat sulit beradaptasi dan sulit diterima oleh lingkungannya sehingga mengalami masalah pergaulan. Sementara dalam jangka panjang, anak rentan mengalami beragam masalah gangguan psikologis. Perilaku ini tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan sendirinya, dibutuhkan proses panjang sejak usia dini hingga dewasa yang erat kaitannya dengan stimulasi dari orang tua."

Terkait hal tersebut, sejalan dengan makna peringatan Hari Anak Internasional yang mengangkat pentingnya menyiapkan pembekalan yang cukup bagi anak untuk masa depan mereka, Lifebuoy mengusung kampanye "Berbagi Kebaikan" mendorong peran orang tua untuk turut terlibat langsung dalam membekali masa depan anak dengan menanam nilai kebaikan, termasuk perilaku tolong menolong.

Lifebuoy Shampoo Donasi Rambut, Berbagi Kebaikan

Lifebuoy Shampoo Mengajak Keluarga Indonesia untuk Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut pada Penyintas Kanker 

Lifebuoy Shampoo produksi PT Unilever Indonesia, Tbk, meluncurkan kampaye "Berbagi Kebaikan" pada tanggal 2 Juni 2022 di tengah momen memperingati Hari Anak Internasional yang jatuh setiap tanggal 1 Juni. Mengawali kampanye ini, Lifebuoy Shampoo berkolaborasi dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) mengajak sebanyak mungkin keluarga Indonesia berbagi kebaikan dengan para pejuang kanker melalui berbagai cara. 

Agus Nugraha, Head of Marketing Hair Care PT Unilever Indonesia, Tbk, menyampaikan, "Sebagai brand perawatan rambut yang begitu dekat dengan keseharian keluarga Indonesia, Lifebuoy Shampoo memiliki purpose untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan pada anak sejak dini. Hal ini semakin penting di tengah fakta bahwa physical distancing yang dialami anak-anak selama pandemi berlangsung telah berdampak besar pada perkembangan sosial mereka."

Lifebouy Shampoo Donasi Rambut, Berbagi Kebaikan

"Melalui kampanye ini ingin menginspirasi keluarga Indonesia bahwa rambut sehat - yang bisa didapatkan dengan menggunakan Lifebuoy Shampoo Kuat & Berkilau - dapat menjadi sumber kekuatan untuk melakukan berbagai bentuk kebaikan. Oleh, karena itu tahun ini bekerja sama dengan YKI menggalan berbagai bantuan bagi para pejuang kanker sebagai bentuk dukungan keluarga Indonesia dalam membantu membangkitkan semangat dan rasa percaya diri mereka," ujar Agus Nugraha. 

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Menyambut Baik Kampanye Berbagi Kebaikan dari Lifebuoy Shampoo

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wicaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, FACP mengatakan, "Kami menyambut baik kampanye 'Berbagi Kebaikan' kerjasama Lifebuoy Shampoo dengan YKI dalam meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker melalui donasi rambut, dan hal ini akan mendorong semangat dan kualitas hidup pasien kanker. Pada kesempatan inipun, kami mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat termasuk dengan melakukan detektis dini kanker, dan sejalan dengan kampanye ini, jagalah kesehatan rambut karena dapat menjadi sumber kekuatan untuk berbagi kebaikan."

Lebih lanjut Dr. Siti Annisa Nuhonni, Sp.KFR-K, Pengurus Bidang Pelayanan Sosial Yayasan Kanker Indonesia menjelaskan, "Kanker memberi dampak terhadap fisik dan psikologis pasien kanker. Kondisi pandemi juga menambah tantangan yang dihadapi oleh pasien kanker, sehingga diperlukan dukungan psikososial dalam menjaga maupun meningkatkan kualitas hidup pasien baik oleh keluarga, orang-orang terdekat hingga lingkungan dan masyarakat luas. Dukungan  masyarakat melalui kampanye. 'Berbagi Kebaikan' oleh Lifebuoy dan YKI ini akan semakin membangkitkan keyakinan bahwa mereka tidak sendirian dalam berjuang."

Lifebuoy Shampoo Donasi Rambut, Berbagi Kebaikan

Dan yakinilah, berbagi kebaikan gak melulu berbentuk benda ataupun uang, justru dengan hal kecil seperti rasa empati dan kepedulian terhadap sesama dampaknya itu sungguh luarbiasa hingga bisa menguatkan dan menumbuhkan motivasi hidup. Aku tuh selalu meyakini, berbuat baik akan membaikan. Maka, prinsip ini aku terapkan pada anakku, Darell, sedini mungkin untuk tidak pernah lelah berbagi kebaikan, berbuat baik pada sesama, karena dampaknya terasa hingga nanti. 

Seperti, kampanye 'Berbuat Kebaikan' yang diluncurkan oleh Lifebuoy Shampoo yaitu Donasi Rambut sehat dan kuat semua keluarga Indonesia untuk nantinya dijadikan wig yang akan didistribusikan YKI ke para pejuang kanker di berbagai wilayah Indonesia.

Lifebuoy Shampo Donasi Rambut, Berbagi Kebaikan

Cara Donasi Rambut Sehat & Kuat Keluarga Indonesia untuk Penyintas Kanker

Adapun Donasi Rambut bisa dilakukan dengan mengikuti 4 langkah mudah berikut: 
  • Cuci rambut dengan bersih dan keringkan, kemudin kuncir dalam satu atau dua ikatan dengan kuat. 
  • Potong rambut di atas ikatan, pastikan potongan rambut tidak terburai berantakan. Idealnya, dibutuhkan minimal 25 cm untuk membuat wig dengan rambut asli. 
  • Masukkan potongan rambut yang terikat rapi ke dalam amplop/zip lock yang tahan air. 
  • Kirim ke PO BOX Lifebuoy Berbagi Kebaikan JAKARTA 12000 dengan mencantumkan nama alamat dan nomor ponsel pendonasi. 
Bagi mereka yang rambutnya belum memenuhi persyaratan, donasi bisa tetap dilakukan dimana total gramasi dari rambut yang terdonasi akan dikonversi menjadi wig rambut sintetis yang juga akan didistribusikan kepada para pejuang kanker. 

Donasi juga dapat dilakukan melalui pembelian produk dimana untuk setiap pembelian Lifebuoy Shampoo varian Kuat dan Berkilau limited edition berukuran 340 ml, otomatis kamu sudah berkontribusi dalam penggalangan dana yang akan didonasikan kepada YKI. 

Lifebuoy Shampoo Donasi Rambut, Berbagi Kebaikan

Selain itu, kamu juga bisa berdonasi melalui Kitabisa.com platform crowdfunding, (melalui link: https://kitabisa.com/campaign/lifebuoy-berbagikebaikandimana nantinya seluruh dana yang terkumpul akan didonasikan pada kepada YKI. See? Banyak jalan menuju roma, banyak cara untuk berbagi kebaikan kan?!

Dalam acara peluncuran Lifebuoy Shampoo Berbagi Kebaikan ini, hadir juga Mona Ratuliu, selebritas sekaligus ibu dari lima orang anak yang memiliki pendapat terkait pentingnya menumbuhkan rasa empati pada anak sedini mungkin. "Memasuki kehidupan pasca pandemi, kita perlahan kembali bersosialisasi, yang sebelumnya sempat terhambat karena pandemi. Nah, dengan kampanye ini bisa menjad wadah bagi para orang tua sepertiku untuk menumbuhkan rasa empati dan menerapkan perilaku tolong menolong pada sesama. Sebagai buktinya, hari ini aku dan Nala mendonasikan rambut kamu, dan mengajak seluruh keluarga untuk ikut memberi dukungan!"

Lifebuoy Shampoo Donasi Rambut, Berbagi Kebaikan

Memang dalam kesempatan peluncuran kampanye ini, Lifebuoy Shampoo membuka booth potong rambut bagi undangan yang datang secara langsung dan hendak berkontribusi dalam donasi rambut. Beberapa teman blogger dari Komunitas Emak Blogger juga hadir dan berkontribusi memotong rambutnya untuk didonasikan pada para pejuang kanker di Yayasan Kanker Indonesia. 

So, yes, berbagi kebaikan itu membaikan dan membahagiakan bahkan dapat memberi dampak luarbiasa pada hidup seseorang. Jangan lelah menjadi orang baik dan berbagi kebaikan ya, kawan!

36 komentar

  1. Berbagi kebaikan mulai dari hal kecil sangat setuju, saya tidak mengira kalau dg potongan rambut kita bisa memberikan manfaat buat orang lain.

    Pandemi memang membuat anak-anaak kudang bersosialisasi ya mak. Pengalaman kami kemarin abak anak diberi kesempatan main bareng secara online, kebetulan kami juga sering traveling tadabur alam ketemu banyak teman baru krn tergabung di beberapa komunitas sehingga anak anak jadi punya teman baru.

    Semangat ya maak 👌👌 semoga buah hatinya kembali bisa berbaur dengan teman temannya lagi

    BalasHapus
  2. Wohooo, luar biasa inspiring!
    Memang semangat utk berbagi ini bisa ditularkan oleh ortu, dan dgn cara yg menyenangkan seperti apa yg dicontohkan Lifebuoy ini ya
    empati bener2 dipraktikkan secara optimal.

    BalasHapus
  3. Anak-anak itu ibarat kertas putih. Orang tuanya bisa menuliskan apapun di sana dan semua akan diserap. Jika kebaikan lah yang ditanam maka kebaikan pula lah yang jadi inti hidup anak-anak kelak. Mengajarkan mereka berempati ke para penyintas kanker dengan menyumbangkan rambut sehat, saya pikir ini adalah kebaikan yang sangat prima

    BalasHapus
  4. Keren banget program donasi rambut dari Lifebuoy ini, bisa melatih anak untuk berempati yaah

    Helaian rambut kalo habis potong rambut bertebaran begitu aja, padahal berharga bagi para penyintas kanker yaah

    BalasHapus
  5. Apa yang disampaikan bahwa jika kemampuan berempati dan perilaku tolong menolong ini tidak dikembangkan, terdapat risiko jangka pendek dan jangka panjang sungguh mengkhawatirkan ya..Maka senang sekali dengan kampanye Berbagi Kebaikan ini. Bisa sekalian ajarkan rasa empati dan peduli pada sesama terutama, pejuang kanker di Indonesia

    BalasHapus
  6. Dennise Sihombing7 Juni 2022 15.07

    Wow luar biasa ya kampanye yang diserukan oleh Lifebuoy Shampoo rasa peduli pada mereka para pejuang kehidupan "kanker". Aku beli produknya saja deh. Karena rambutku masih pendek belum bisa donasi rambut.

    BalasHapus
  7. Aku belum ada anak, tapi ada keponakan dan kelihatan sih dia jarang bersosialisasi sama teman-teman seumuran. Dulu aja dia gak paham siapa teman sekelasnya karena saking lamanya gak sekolah tatap muka. Sekarang mulai lagi deh beradaptasi. Btw, soal donasi kaya gini kudu diajarkan juga pada anak

    BalasHapus
  8. Bener deh kalo abis pandemi bikin anak-anak yang udah nyaman sendirian jadi adaptasi lagi. Malah anakku, 2 tahun kemarin ngga kenal sama temen se-PAUD nya sampai baru ketemu saat wisuda aja. Parah deh! Btw, Untung ya kita bisa berbagi kebaikan lewat program Lifebuoy ini, bisa berbagi semangat dengan temen2 survivor.

    BalasHapus
  9. Akhirnya.... ada cara buat donasi rambut. Selama ini suka sayang sama rambut yang dipotong di salon, apalagi pas anak cewekku potong rambutnya yang panjang itu, duh rasanya sayang banget kebuang. Udah dirawat baik-baik pakai produk bagus, malah dibuang gitu aja. Kalau ada cara buat didonasikan seperti ini, tentu senang sekali, bakal berguna.

    BalasHapus
  10. Bagus sekali program shampo Lifebuoy ini yang mengajak masyarakat berbagi kebaikan dengan berbagai cara. Salah satunya berdonasi rambut nih. Rambut anak lelakiku waktu itu sempat gondrong. Coba saat itu udah ada event ini ya hihihi. Semoga berkesinambungan ya dan semangat terus buat para penderita kanker :)

    BalasHapus
  11. Cara yg unik buat berdonasi selama ini kalo potong rambut ya dibuang gitu aja ya jd sampah menumpuk entah dimana. Klo gini kan insyaallah bermnfaat buat orang lain.

    BalasHapus
  12. Menurut kita hal kecil, tapi buat orang lain berharga banget ya termasuk rambut. Saatnya kita kasih dukungan untuk para pejuang kanker yang membutuhkan rambut lewat program donasi rambut untuk pejuang kanker

    BalasHapus
  13. Seneng banget ada produk shampoo yang aware sama penderita kanker. Eventnya juga keren banget nih,karena menjelaskan tentang bagaimana menyikapi anak2 yang tumbuh di era pandemi.

    BalasHapus
  14. Masyaallah program dari Lifebuoy bener-bener bermanfaat bagi penyintas kanker ya. Kebayang senangnya mereka bisa dapat donasi rambut.

    BalasHapus
  15. Aku pakai sabun lifeboy dan sampo lifeboy juga. Senang akhirnya tahu dengan pembelian produk lifeboy bisa membantu teman teman penderita kanker. Semangat ya semua

    BalasHapus
  16. Menumbuhkan empati pada anak emang gak bisa diajarkan secara teori ya mbak, Kudu praktik langsung dan ortu memberikan contoh.
    Wah ini kebetulan anakku jg dah pd panjang rambutnya, kalau dipotong buat donasi rambut jd kesempatan bagus utk ngajarin empati kpd penderita kanker.

    BalasHapus
  17. Terimakasih Lifebuoy.
    Dengan memberikan banyak insight mengenai pengasuhan anak-anak untuk mengasah rasa empati dalam diri anak yang masih polos.

    Semoga program donasi rambut ini bisa memberikan semangat bagi sahabat-sahabat YKI.

    BalasHapus
  18. MasyaAllah ya Mba sekarang ada kampanye donasi rambut gebrakan yang diusung lifebuoy harus didukung banget ini. Mendoakan kesembuhan untuk para pengidap kanker. Semoga kuat tegar dan di bahagia ka selalu. Semoga Allah memudahkan urusannya aamiin

    BalasHapus
  19. Seneng banget ada kegiatan donasi seperti ini. Sebelumnya aku nggak kepikiran lho potongan rambut kita bisa jadi amalan baik buat diri sendiri. Para saudara penyintas kanker pasti bahagia dengan kegiatan ini karena merasa disemangati.

    BalasHapus
  20. Bagus banget nih programnya ya Mak kita bisa menyumbangkan rambut untuk penderita jadi mereka lebih bahagia dengan rambut baru.. anak-anak diajari peduli sesama

    BalasHapus
  21. Lifebuoy sudah lama menemani hari-hari keluarga Indonesia ya mbak
    Kami di rumah juga pakai sampo Lifebuoy
    Senang baca artikel ini, Lifebuoy mengajak kita semua berbagai kebaikan dengan cara yang mudah
    Donasi rambut untuk pasien kanker

    BalasHapus
  22. Kegiatan sosial seperti ini bisa jadi penting buat pembelajaran anak-anak sih ya. Supaya mereka paham rasa syukur dan empati juga pastinya.

    BalasHapus
  23. Mba Andi makasi banget informasi cara donasi rambutnya, jadi gak sembarang donasi ya, dengan dikasi tau caranya begini bisa memudahkan yang mengelola donasi

    BalasHapus
  24. Aku baru tau rambut bisa didonasikan juga, memang banyak pintu ya untuk berbuat kebaikan, semoga donasi yang terkumpul bisa semakin banyak

    BalasHapus
  25. Kampanye yang keren dan luar biasa. Support dan respect banget deh samaa kampanye ini

    BalasHapus
  26. 25 cm, yaa. Jadi pingin ikut donasi juga. Anak perempuan aku pertumbuhan rambutnya cepat sekali.

    BalasHapus
  27. Dukungan bisa melalu berbagai macam cara ya, salah satunya dengan memberikan potongan rambut untuk di buat wig. Semoga makin banyak yang membantu dan support yes

    BalasHapus
  28. Kemarin nyari-nyari link kitabisa.com buat lifebuoy error terus. Aku klik dari artikel Ka Aie ini deh. Makasih ya.

    BalasHapus
  29. Lifebouy emang terpercaya banget untuk urusan kebersihan badan dan rambut ya, Kak. Kegiatan ini kupikir akan sangat membantu para penyintas kanker untuk kembali percaya diri.

    BalasHapus
  30. Kampanye berbagi kebaikan sangat menginspirasi siapapun karena kita tdak perlu punya uang banyak untuk berdonasi cukup dengan rambut sehat yang kita miliki saja

    BalasHapus
  31. Kampanye ini harus didukung demi membantu dan berempati pada pejuang kanker, pasti mereka bahagia banget dipedulikan. Semoga semakin banyak yang tergerak demi support bagi mereka ya

    BalasHapus
  32. Donasi yang sangat baik ini, karena bisa dilakukan dengan menyumbangkan rambut ya, dan memiliki manfaat untuk teman-teman yang membutuhkan. Hayuk kita berkontribusi juga

    BalasHapus
  33. Menjadi orang tua itu berasa longlifetimelearning yaaa semua harus disesuaikan dan dikondisikan dengan anak dan perubahan jaman yang sangat pesat . Dan mengajarkan attitude itu yang harus diutamakan

    BalasHapus
  34. support sekecil apapun sangant berati untuk para suvival kanker, Lifebuoy dari dulu selalu mmperhatikan kesehatan masyarakat..dengan berbagai programnya. semoga dapat diikuti oleh perusahaan lainnnya

    BalasHapus
  35. Semoga donasi ini bisa banyak berikan dukungan bagi para penderita kanker ya, sayang rambut sudah saya potong pendek

    BalasHapus
  36. Bener banget, ketika orangtua mencontohkan berbagai perilaku berbagi kebaikan, anak bisa menyaksikan dan menirunya. Insya Allah hingga terbawa dewasa nanti akan punya jiwa empati yang tinggi.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)