7 Manfaat Program CSR Bagi Perusahaan

Kamis, 04 Agustus 2022

CSR atau Corporate Social Responsibility merupakan hal penting bagi perusahaan dan organisasi bisnis. CSR juga bentuk komitmen dan tindakan memenuhi tanggung jawab terhadap masyarakat sosial sekitar dan lingkungan perusahaan. Di tulisan kali ini aku akan berbagi informasi 7 manfaat program CSR bagi perusahaan. Shall we start now ...

JNE

Konsep CSR

CSR adalah suatu konsep  atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Konsep CSR dikemukakan oleh Bowen pada 1970, dimana ia menjelaskan bahwa terdapat dua tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat sebagai imbalan dari dampak yang mereka timbulkan.

Di Indonesia sendiri, CSR mulai banyak diimplementasikan perusahaan-perusahaan besar dalam negeri mulai tahun 2001. Adapun kegiatan-kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan biasanya adalah kegiatan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Contohnya seperti memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa atau fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak. 

JNE


Prinsip Utama CSR

John Elkington, seorang pakar mengemukakan tiga prinsip CSR di dalam bukunya. Ia menjelaskan bahwa ada tiga elemen dalam perusahaan yaitu People, Profit, dan Planet. Ketiganya merupakan elemen yang apabila dijalankan akan menciptakan kesinambungan antara masyarakat, lingkungan, dan profit perusahaan.

Kewajiban perusahaan menjalankan CSR diatur dalam Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT). Dalam UU disebutkan bahwa perusahaan yang berkecimpung di bidang yang berkaitan dengan sumber daya alam wajib menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan. 


Manfaat Penting CSR Bagi Perusahaan

Memang CSR memberikan manfaat bagi masyarakat, namun CSR juga memberikan manfaat bagi perusahaan itu sendiri. Berikut adalah manfaat penting CSR bagi perusahaan:

1. Meningkatkan citra perusahaan

2. Memperkuat 'brand' perusahaan

3. Mengembangkan kerja sama dengan para pemangku kepentingan

4. Membedakan perusahaan dengan pesaingnya

5. Menghasilkan inovasi dan pembelajaran untuk meningkatkan pengaruh perusahaan

6. Membuka akses untuk investasi dan pembiayaan bagi perusahaan

7. Meningkatkan harga saham

JNE

Salah satu perusahaan besar di Indonesia yang rutin menjalankan program CSR terutama di masa pandemi yaitu JNE. Meski selama 2 tahun ini kita dihadapkan dengan wabah nasional yaitu Covid 19, namun tidak menyurutkan JNE untuk terus melakukan program CSR yang berkolaborasi dengan Media Group Indonesia, CT Trans, dan berbagai instansi yang memiliki program CSR. JNE juga memberikan dukungan untuk UMKM seperti memberikan pelatihan digital agar bisa membuat konten yang menarik di media sosial.

Lalu, mengenai pemberitaan yang beredar terkait pendistribusian beras semoga saja dapat diselesaikan dengan baik ya.  

20 komentar

  1. Wah iya, JNE lagi terseret kasus beras yaa... semoga terselesaikan dengan baik. Soalnya slogan JNE kan connecting happiness. Saya mending pakai azas praduga tak bersalah sebelum ada pembuktian (etapi kayaknya kemarin sempat baca selewatan kasus ditutup? apa saya salah baca?). BTW CSR ini memang program yang baik banget ketika diterapkan dengan baik juga. Kalau ga banyak pungli, mungkin usaha bisa lebih banyak bikin CSR yaaa... kalau ditodong utk CSR (dan penggunaannya transparan) kan bukan pungli namanya :)

    BalasHapus
  2. Kagum dengan perusahaan besar yang konsisten dengan berbagai program CSR mereka sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat termasuk JNE

    BalasHapus
  3. Program CSR punya banyak manfaat buat perusahaan. Dan JNE perusahaan yang tak henti menjalankannya termasuk selama pandemi, kegiatan CSR yang bertujuan untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

    BalasHapus
  4. Program CSR ini bermanfaat banget buat masyarakat dan udah banyak yang merasakan kebaikan program JNE dari pelatihan digital UMKM, beasiswa SMK, Umrah untuk pegawainya.

    BalasHapus
  5. Salut dengan perusahaan yang memiliki program CSR karna selain bermanfaat untuk kemajuan perusahaan tersebut juga bisa membantu masyarakat luas juga. Contohnya seperti JNE ini selama pandemi juga selalu aktif dalam program CSR untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

    BalasHapus
  6. Manfaat banget ketika sebuah usaha tetap mengalokasikan dananya untuk kebutuhan dan kepentingan ummat. Jadi merasakan manfaat dari kehadiran sebuah usaha tersebut, setidaknya meningkatkan awareness terhadap brand.

    BalasHapus
  7. CSR memang kudu dirancang dan dilakukan sebaik mungkin, supaya bs membawa multiplier effect ya mba.
    Keren bgt nih JNE

    BalasHapus
  8. CSR punya banyak manfaat bagi perusahaan
    Sebab perusahaan g hanya bertanggungjawab terhadap profit saja, tetapi juga planet dan people yang ada disekitarnya

    BalasHapus
  9. CSR perusahaan besar macam JNE memang sudah terasakan manfaatnya. Salut dengan perusahaan yg tidak hanya memikirkan keuntungan tapi juga peduli terhadap lingkungan dan kondisi masyarakat nya

    BalasHapus
  10. JNE semoga makin jaya...
    Banyak hal yang di lakukan JNE untuk masyarakat Indonesia, mulai dari program beasiswa, umroh gratis, hewan qurban

    Semoga kasus yang lagi marak terjadi di JNE segera di selesaikan dengan baik.

    BalasHapus
  11. JNE selalu konsisten menjalankan Connecting happiness di Indonesia. Jarang2 ada perusahaan yang CSR nya selalu terdepan menjadi bagian dari pemberdayaan masyarakat

    BalasHapus
  12. CSR perusahaan ini sebagai bukti bahwa perusahaan tidak hanya memikirkan profit untuk diri sendiri tetapi juga menjalin hubungan positif dengan stakeholder.
    Setahuku kalau JNE memberi beasiswa ke anak SMK, dukung UMKM juga lewat webinar edukatif.

    BalasHapus
  13. Program CSR ini memang sangat membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama soal dana. Perusahaan sendiri jadi memiliki citra baik di masyarakat

    BalasHapus
  14. CSR itu memang suatu kewajiban apalagi untuk sebuah korporasi besar seperti JNE misalnya. Selain untuk mendekatkan diri dengan masyarakat sebagai bentuk komunkasi mereka tapi juga memberikan manfaat bagi yang membutuhkan. semoga banyak perusahaan menyadari hal ini karena itu merupakan sebuat tanggung jawab untuk lingkungan sekitar

    BalasHapus
  15. CSR JNE yang oke nih karena banyak program yang melibatkan orang banyak dan manfaatnya tak hanya untuk yang uangnya banyak tetapi semua lapisan masyarakat.

    BalasHapus
  16. Waah aku baru tau mbak Aie kalau manfaat CSR bisa meningkatkan harga saham. Pengetahuan baru nih

    BalasHapus
  17. Luar biasa JNE ini ya Mak selalu berpihak kepada masyarakat. Semoga melalui CSR JNE ini makin banyak masyarakat yang terbantu.

    BalasHapus
  18. Iya JNE ini banyak banget kegiatan CSR yang bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya mulai dari bagi daging kurban, hingga mendukung kemajuan UMKM

    BalasHapus
  19. keren banget JNE yaa, program-programnya semua bermanfaat, semoga semakin besar dan semakin berkah buat JNE

    BalasHapus
  20. CSR perusaahan emang perlu banget ya berkolaborasi dengan masyakarakat untuk saling membantu dan semakin semangat berkarya ya, keren abis deh JNE ini

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)