7 Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ini Bisa Bikin Pelanggan Puas dan Makin Setia, lho!

Senin, 24 Oktober 2022

Suatu bisnis dikatakan sukses jika berhasil menggaet banyak pelanggan dan produk yang dijualnya laku keras di pasaran. Namun, tolak ukur kesuksesan suatu bisnis bukan itu aja kawan. Hal yang penting yaitu dengan meningkatkan pelayanan pada pelanggan yang dapat menumbuhkan rasa loyal. Nah, buat kamu pelaku bisnis yuk ikuti 7 cara meningkatkan kualitas pelayanan yang bisa bikin pelanggan puas dan makin setia. Shall we start now?

JNE

Pelayanan dibutuhkan untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan, sehingga menjadi salah satu faktor utama dalam membuat bisnis berkembang. Kepuasan pelanggan adalah faktor yang paling penting bagi perkembangan bisnis. Sebab pelanggan yang puas cenderung akan kembali melakukan pembelian atau repeat order dan merekomendasikannya ke orang lain. Alhasil, pelanggan-pelanggan baru akan bermunculan.

Pelanggan yang puas juga mencerminkan tolak ukur keberhasilan atau kesuksesan dari suatu bisnis. Dengan terus meningkatkan kepuasan pelanggan, sebuah perusahaan atau bisnis pastinya berkesempatan untuk meraih lebih banyak pelanggan dan dipercaya di masyarakat.

7 Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ini Bisa Bikin Pelanggan Puas dan Makin Setia!

Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan usaha? Berikut adalah 7 Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ini Bisa Bikin Pelanggan Puas dan Makin Setia!

1. Listen to Your Customer!

Supaya kamu bisa lebih memahami apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, maka dengarkan apa yang mereka katakan atau butuhkan. Kamu bisa melakukan survey untuk mengukur tingkat kepuasan dan menemukan hal-hal apa yang perlu ditingkatkan dari kualitas layanan bisnis yang kamu jalankan.

Kritikan dan masukan dari pelanggan justru bisa membangun sebagai bagian dari strategi bisnis yang kamu miliki. Misal nih, pelanggan mengeluh tentang pelayanan yang lama. Maka, kamu bisa melakukan pelatihan dan briefing tambahan untuk membuat karyawan bekerja sesuai dengan SOP yang berlaku.

2. Perbanyak Kanal Customer Service

Selain menyiapkan tenaga CS yang melayani secara langsung, suatu bisnis juga memerlukan dukungan melalui akun media sosial, email, live chat support dan lain sebagainya. Dukungan sistem multikanal ini akan meningkatkan kredibilitas brand dan juga kepuasan konsumen.

Bahkan ya, menurut data yang dilansir oleh Survicate.com, sebanyak 64% pelanggan mengharapkan layanan real-time ketika mereka memerlukan bantuan. Jadi, pastikan selalu ada kapan pun saat pelanggan membutuhkan.

3. Tawarkan Garansi

Berikan jaminan atau garansi untuk memberikan rasa aman ke pelanggan. Misalnya dengan produk dapat ditukar jika tidak bisa digunakan. Hal ini akan membuat pelanggan percaya dengan produk atau jasa dari usaha yang kamu tawarkan.

JNE


4. Customer-centric

Beri perhatian khusus untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan baik dalam produk maupun layanan pelanggan.

5. Berikan Reward ke Pelanggan Loyal

Menjaga loyalitas pelanggan sangatlah penting untuk bisnis. Selain meningkatkan penjualan, pelanggan loyal dapat membantu mendapatkan pelanggan baru. Maka dari itu beri rward untuk mereka seperti voucher atau diskon khusus agar mereka tetap setia dan tidak berpaling ke competitor.

6. Treat Customer as A King!

Ya, pelanggan ada raja maka penuhi semua kebutuhan mereka. Dengan begitu pelanggan akan merasa puas dan dihargai. Layani pelanggan dengan ramah dan berinteraksi dengan pelanggan. Cobalah untuk mengirimkan email marketing, SMS atau WhatsApp untuk tetap berhubungan dengan pelanggan.

7. Lakukan Survey Kepuasan Pelanggan

Melakukan survey kepuasan pelanggan adalah cara terakhir untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Cobalah untuk rutin melakukan survey ke pelanggan untuk mengetahui apakah strategi yang sudah kamu terapkan berhasil. Survey tersebut bisa jadi bahan evaluasi kamu untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan.

Beberapa cara di atas juga dilakukan oleh PT. JalurNugraha Ekakuir (JNE) sebagai usaha untuk meningkatkan pelayanan pada pelanggan. Bahkan dalam melakukan inovasi dan pengembangan, JNE terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan masyarakat luas agar terbentuk ekosistem yang dapat menghasilkan kolaborasi yang berkesinambungan.

JNE

JNE Cilegon Resmikan Kantor Perwakilan Kepandean

JNE tetap konsisten melanjutkan pembangunan infrastruktur dan perluasan jaringan. Tujuannya agar kualitas pelayanan semakin maksimal dan memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam melakukan aktifitas pengiriman karena titik layanan JNE mudah dijangkau. 

Belum lama ini JNE Cilegon meresmikan Kantor Perwakilan Kepandean yang berlokasi di Jl. Raya Cilegon No. 1D, Pandean, Kec. Serang, Kota Serang, Banten. Kantor Perwakilan Kepandean memiliki lokasi strategis dan gedung baru ini memiliki fasilitas yang representatif, bangunan terstandarisasi dan parkir luas. Sehingga menjadi salah satu keuntungan untuk membantu mengembangkan koneksi bisnis UKM. Keberadaan Kantor Perwakilan ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan JNE terhadap UKM, Komunitas, seller dan lainnya yang dari waktu ke waktu meningkat kebutuhannya akan distribusi barang. 

Peresmian tersebut dihadiri oleh Sales Regional Bodetabekcilcik Eko Suprihantoro, Kepala Cabang JNE Cilegon, Sersan Kepala,  Ketua RW Kampung Kepandean dan pemberian santunan serta do’a bersama yang  dihadiri anak-anak yatim piatu dari lingkungan sekitar.

34 komentar

  1. Untuk menuju sukses suatu usaha memang dibutuhkan taktik, seperti 7 cara tersebut. Btw congratulation ya atas berdirinya JNE Cilegon Kantor Perwakilan Kepandean, smoga bisa trus membantu mengembangkan koneksi bisnis UKM.

    BalasHapus
  2. Paling suka dapat reward sihh kalau dapat dari produk atau jasa yang biasa aku pakai hhehe.. beberapa kali pernah dpaat begitu dan itu sukses makin membuat saya jatuh hati, nggamau berpindah hati bahkan sampai merekomendasikannya ke temen2 terdekat dan keluarga. Pelayanan oke, insyaAllaah customer akan balik terus ya kak (Jihan)

    BalasHapus
  3. setuju bangeet. apalagi kalau bisnisnya jasa ya, yang namanya fokus ke pelanggan itu udah keharusan

    BalasHapus
  4. Customer baik, ngasih masukan buat penjual, ya boleh banget. Jadi memang bisa buat ningkatin layanan. Kaya kasus si Arif sama Warung Nasi Padangnya. Btw, selamat dan sukses buat JNE. Penghubung kebahagiaan sebenarnya nih

    BalasHapus
  5. Bener banget, kalau pelanggan puas, dia akan jadi marketing berjalan, mempromosikan layanan usaha tanpa diminta. Demikian pula sebaliknya, kalau pelanggan kecewa, diapun tak akan merekomendasikan bisnis yang mengecewakannya itu.

    Wah JNE tambah lagi nih kantor perwakilannya di Cilegon, semoga makin memberikan kepuasan pada para pelanggannya

    BalasHapus
  6. Setuju banget dengan 7 poin yang disebutkan ditas. terutama untuk poin no 1,2 dan 3. apabila pelayanan yang diberikan memuaskan otomatis pelanggan akan loyal dan bahkan merekomendasikannya pada orang lain

    BalasHapus
  7. Iya banget nih, pelaku bisnis perlu melakukan 7 hal tersebut, terutama ada setiap saat. Soalnya emang kita selalu ingin dilayani sesegera mungkin sih ya sebagai pelanggan.

    Kalau ditambah inisiatif dalam mensupport bidang UKM gini, jadi tambah meningkatkan kepercayaan pelanggan lagi deh ya mesti. Good job JNE 👏🏻

    BalasHapus
  8. Sering pakai JNE utk belanja online atau kirim-kirim barang. Selama itu belum pernah komplain sih. Kecuali satu kejadian, yakni pas pindahan antar pulau pakai JNE trucking. Ada miskom antara saya dengan JNE sehingga ada beberapa hal yang bikin nggak puas. Mungkin, kalau saya melayangkan komplain bakal ditanggapi sih. Cuma, saat itu sudah lelah hayati karena proses pindahan itu sendiri. Jadi ya udah aja lah hehehe

    BalasHapus
  9. Saya seneng kalau ada perusahaan yang mau mendengar pelanggan. Kalau ada komplen gak hanya dikasih jawaban template. JNE juga biasanya ramah pelayanannya

    BalasHapus
  10. Sepakat banget, untuk bisa sukses memang harus utamakan kepuasan pelanggan ya, Mbak. Seperti JNE yang selalu berusaha memberikan kepuasan kepada para pelanggannya.

    Kolaborasi JNE selalu memberi banyak manfaat. Saluttt.

    BalasHapus
  11. Semuanya tepat banget, biar pelanggan makin nyaman, setia, dan kita juga makin seneng.

    Dan ya, kasih reward buat pelanggan setia itu bikin dia happy dan bakalan balik lagi, dan lagi

    Wah, kini udah hadir aja JNE Cilegon Kantor Perwakilan Kepandean, semoga makin sukses dan terus melayani negeri.

    BalasHapus
  12. Keren memang JNE ini. Aku termasuk salah satu pelanggannya yang selalu puas dengan layanannya. Mana deket pula agennya dari rumahku. Selamat buat JNE Cilegon yang udah nambah kantor. Semoga makin sukses dan makin di hati para pelanggannya. :)

    BalasHapus
  13. Harus dicatet semua tuh tipsnya, intinya sih emang harus customer oriented yah seperti JNE yang selalu konsisten dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Selamat untuk JNE atas dibukanya kantor perwakilan Kapendean di Cilegon yah

    BalasHapus
  14. kadang memang suka sebal ya, mbak kalau misalnya kita menghubungi customer service eh yang ngejawab malah robot yang jawabannya standar banget. padahal layanan customer service ini juga sangat penting dalam sebuah usaha

    BalasHapus
  15. JNE nih strategy nya luar biasaaa
    Selalu bikin takjub dan jd inspirasi buat korporasi2 lainnya yah
    Mantaabb JNE 😍👍

    BalasHapus
  16. Dengan adanya peresmian kantor JNE di Cilegon ini memberikan kedekatan dengan konsumen ya mba

    BalasHapus
  17. Ini nih yang sudah dilakukan sama JNE. Aku pelanggan setia JNE. Sudah merasakan banget enaknya jadi pelanggan mereka. Royal banget kasih pelayanan. Pelanggan jadi loyal dah.

    BalasHapus
  18. Semakin banyak dibutuhkan semakin luas jaringan disebar. Dengan adanya kantor baru ini semoga menjadikan kinerja JNE setempat menjadi lebih baik dan maksimal...

    BalasHapus
  19. Persaingan di dunia bisnis makin tinggi, makanya kualitas pelayanan menjadi koentji. Produk ataupun jasa yang ditawarkan bisa jadi sama, namun kualitas pelayanan yang baik tentu akan menjadi nilai plus di mata konsumen.

    BalasHapus
  20. Wah, keren ini risetnya kak Aie.. Karena memandang dari sisi seller atau pelaku usaha. Sehingga bisa semakin meningkatkan kepercayaan dan kemudian orang gak ragu lagi kalau belanja di toko online yang kita buka.

    BalasHapus
  21. Dimana-mana memang pelayanan maksimal dibutuhkan setiap orang. Apalagi urusan pengiriman maka pelayanan harus sesuai dengan yang diharapkan...

    BalasHapus
  22. Customer satisfaction adalah goal dari pelayanan. Makanya pelayanan harus optimal agar pelanggan puas dan jadi pelanggan setia

    BalasHapus
  23. JNE selalu berbenah nih dan juga meningkatkan mutu pelayanan ke masyarakat. Sukses juga ya untuk kantornya yang baru

    BalasHapus
  24. Reward untuk customer setia nih suatu langkah yang bagus untuk dilakukan. JNE tau banget deh gimana caranya mengapresiasi pelanggan loyalnya.

    BalasHapus
  25. Aku kira customer adalah raja udah ga relevan lagi. Tapi ternyata tidak juga ya. Krn JNE telah membuktikan pelayanan yang baik selama rentang bisnisnya berjalan

    BalasHapus
  26. Wow jaringan JNE makin luas ya sampai ke kepanden segala. Bener banget pelanggan itu sebaiknya dipertahankan dengan cara diberikan treat yang bagus

    BalasHapus
  27. selama pakai JNE paket selalu aman, meskipun terjadi masalah dapat ditangani dengan baik. pengalaman pribadi

    BalasHapus
  28. Pelayanan prima adalah kunci mendapatkan pelanggan yang loyal ya mbak
    Seperti yang dilakukan oleh JNE ini
    Tak heran semakin banyak pelanggan JNE

    BalasHapus
  29. Paling males klo dapet pelayan yang judes dan kesannya tuh males-malesan melayani customer padahal harusnya kan customer dilayani dengan sebaik-baiknya karena customer adalah raja. Biar jd customer yg loyal

    BalasHapus
  30. Salut sama JNE yang terus bisa bertahan ditengah persaingan bisnis serupa, perlu banyak inovasi dan tentunya peningkatan pelayanan terhadap konsumen menjadi hal yang utama

    BalasHapus
  31. JNE semakin meningkatkan pelayanan terhadap customer sehingga kepercayaan terus meningkat dan semakin menjangkau banyak customer lain. Salut dengan JNE dengan komitmen dan inovasinya.

    BalasHapus
  32. Kepuasan pelanggan jadi yang utama, karena nantinya pelanggan juga yang akan sharing kualitas layanan kepada masyarakat lain.

    BalasHapus
  33. JNE memang ekspedisi yang ngga perlu diragukan lagi yaaa.. bisa bertahan selama bertahun tahun tentunya karena kualitas dan pelayanannya yang memuaskan

    BalasHapus
  34. Ngga salah ya kalo dibilang pembeli/pelanggan itu adalah raja makanya diserpis all in biar makin betah

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)