5 Ide Kreatif Nan Menarik Perayaan Ulang Tahun Perusahaan

Kamis, 01 Desember 2022

Ada yang happy dirayakan ulang tahunnya, ada yang malah lebih suka dikasih kejutan pesta ulang tahun. Ya, ulang tahun adalah momen yang ditunggu-tunggu, tak terkecuali bagi perusahaan. Buat kamu yang kebagian jadi panitia ulang tahun perusahaan, kebetulan banget di tulisan kali ini aku akan bahas tentang 5 Ide Kreatif Nan Menarik Perayaan Ulang Tahun Perusahaan. Shall we start now?

JNE

Perayaan hari ulang tahun perusahaan merupakan salah satu rangkaian peringatan hari jadi terpenting di sebuah perusahaan yang dapat dihadiri oleh pelanggan, mitra, stakeholder, karyawan, hingga media untuk meliput keseruannya. 

Tak sedikit juga yang memanfaatkan hari ulang tahun perusahaan untuk menjadi hari dimana para manajemen dan petinggi perusahaan mengingat kisah haru dan bahagia perjalanan membangun perusahaan selama ini. Selain itu, peringatan hari ulang tahun perusahaan juga dapat digunakan untuk menjalin koneksi antaar karyawan yang mungkin jarang bertemu karena berbeda divisi maupun menjalin koneksi antar klien di perusahaan tersebut.

Untuk itu, ide kreatif nan menarik dengan konsep yang berbeda tiap tahun dapat membuat peringatan ulang tahun di sebuah perusahaan menjadi lebih hidup, menarik, dan tak terlupakan. Apalagi ya kalo konsep perayaan ulang tahun perusahaan ini beda dari yang lain, ah kebayang deh gimana akan melekat di hati karyawan, klien, dan undangan yang hadir. 

5 Ide Kreatif Nan Menarik Perayaan Ulang Tahun Perusahaan

Nah, bagi kamu yang mungkin menjadi salah satu panitia perayaan ulang tahun perusahaan, berikut adalah 5 ide kreatif nan menarik perayaan ulang tahun perusahaan: 

1. Throwing A Party!

Pesta perayaan ulang tahun perusahaan bisa dikemas dengan tema formal seperti menggelar konser musik atau panggung hiburan di arena kantor. Buatlah tema pesta ulang tahun perusahaan dengan tema pesta topeng, tema throw back moment, hingga tema pesta rakyat. 

2. Create Attractive Event

Biasanya nih perusahaan akan mengadakan beberapa event menarik dengan tawaran hadiah yang tak kalah menarik untuk menyemarakkan ulang tahun perusahaan. Contoh event yang bisa kamu lakukan adalah lomba video kreatif yang berhubungan dengan tema perusahaan. 

JNE

Atau bisa juga mengadakan event yang sedang viral dan happening di kalangan dunia netizen maha benar, seperti adu kreatif TikTok, Stand Up Comedy, dan sebagainya. Event-event seperti ini bisa jadi salah satu jalan untuk strategi marketing untuk menaikan branding perusahaan. 

3. Gebyar Promo dan Diskon

Gebyar diskon bagaikan agenda yang wajib diselenggarakan perusahaan saat momen anniversary company, terutama perusahaan yang memiliki produk barang maupun jasa. Cara ini, selain untuk mendongkrak penjualan, gebyar diskon bisa menjadi ajang untuk menaikan brand perusahaan. 

Promo yang umumnya diberikan adalah nominal yang mirip dengan umur perusahaan. Misalnya perusahaan tengah merayakan anniversary yang ke-32, maka diskon yang diberikan sebesar 32%, cash back sebesar Rp. 320 ribu atau cash back hingga 32 ribu, dan sebagainya.

4. Social Theme Activity

Ada beberapa perusahaan yang menggalakan aksi sosial sebagai tema dalam perayaan ulang tahun perusahaan. Karena citra perusahaan juga memiliki nilai penting di mata masyarakat. Selain itu kegiatan sosial ini merupakan feed back atas dukungan yang telah diberikan oleh masyarakat. Sebagai rasa syukur dan terima kasih, kegiatan bertema sosial bisa menjadi pilihan untuk merayakan hari jadi perusahaan. Contoh aksi sosial yang bisa dicoba adalah kegiatan khitan massal, donor darah, penggalangan dana, penanaman pohon, bakti sosial, dan sebagainya. 

5. Gathering Company

Gathering cocok dipilih sebagai bentuk apresiasi perusahaan atas kinerja karyawan karena berkat kerja sama yang baik antar divisi, perusahaan dapat mencapai hal yang luar biasa. Maka dari itu, perusahaan perlu memberikan sebuah apresiasi, salah satunya melalui gathering. Adapun kegiatan gathering yang bisa dilakukan yaitu outbond, family gathering, dan piknik.

JNE

Kebayang dong gimana serunya perayaan ulang tahun perusajaam dengan 5 ide kreatif nan menarik perayaan perusahaan yang udah disebutkan di atas. Btw, salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang cukup dikenal di Indonesia baru saja merayakan ulang tahun yang ke-32 tahun, lho. Ya, perusahaan itu adalah JNE yang mengusung tema "Bangkit Bersama".

JNE Kobarkan Semangat Bangkit Bersama di Perayaan Ulang Tahun ke-32 Tahun

Dalam momen peringatan Ulang Tahun ke-32 tahun ini, JNE mengusung tema "Bangkit Bersama" yang memiliki makna Progress, Pertumbuhan, Pergerakan dan Perjalanan. Tema ini dipilih untuk memaknai dan merayakan perayaan lebih dari 3 dekade yang melalui proses perjalanan panjang dari kelompok kecil dan kini telah berkembang menjadi lebih dri 50.000 orang Ksatria dan Srikandi (Karyawan) serta didukung lebih dari 8.000 jaringan yang terus tumbuh dan memberikan manfaat terbaik demi terciptanya Indonesia Bangkit agar dapat bersama-sama UMKM, Pelanggan, dan Mitra terus bergerak siap menghadapi tantangan.

Dalam rangkaian program yang dibuat dalam menyambut puncak HUT JNE seperti shopping bareng yatim dan dhuafa dari 20 yayasan yatim piatu yang ada di Jabodetabek dan dilakukan juga di cabang JNE sesuai dengan filosofi Berbagi, Memberi, dan Menyantuni. Kegiatan lomba foto, lomba video, khataman pembacaan Al-Qur’an, acara tasyakuran dan potong tumpeng, ziarah ke makam pendiri JNE Alm. H. Soeprapto Soeparno. Serta beragam kuis dan giveaway untuk seluruh masyarakat pun dilaksanakan, yang dapat diikuti di sosial media JNE seperti Games Si Joni, giveaway produk lokal bersama UMKM unggulan. 

JNE

Bagi member JNE Loyalty Card (JLC) pada periode 21 - 30 November 2022 dapat menukarkan sebanyak 32 poin menjadi e - voucher ongkir Rp. 32.000, serta ada promo diskon ongkos kirim sebesar 32% pada 26 - 27 November 2022 untuk kiriman service Regular ke seluruh tujuan di Indonesia. Selain program promo ongkos kirim, JNE pun berkolaborasi dengan Tab Space asal Bandung, yaitu studio komunitas seniman disabilitas untuk mendesain merchandise khusus HUT JNE ke 32 tahun. Kolaborasi tersebut merupakan bentuk kepedulian JNE dalam memberikan dukungan agar seniman disabilitas memiliki ruang berkarya dan Bangkit Bersama untuk menunjukkan kemampuan karya-karya terbaik mereka sehingga dapat dikenal di masyarakat.

Acara puncak HUT JNE ke-32 dilaksanakan secara hybrid di Taman Yatim Piatu Tunanetra (Yatuna) Soeprapto Soeparno, Jalan Pusdiklat Depnaker, Jakarta Timur, pada Minggu 27 November 2022 pukul 09.00 WIB – selesai. Acara dibuka dengan do’a bersama yang di pimpin oleh Syekh Muhammad Jaber dengan dihadiri Manajemen JNE, mitra serta karyawan, dengan tetap mematuhi pelaksanaan protokol kesehatan.

JNE pun membagikan doorprize dan grandprize sebagai apresiasi kepada karyawan, berupa puluhan sepeda motor dan hadiah utama berupa 2 unit rumah untuk karyawan yang beruntung, serta ribuan hadiah menarik lainnya, dan juga dilakukan pemilihan karyawan terbaik dari pusat dan cabang. Puncak gelaran acara menampilkan bintang tamu Kangen Band yang terkenal dengan lagu Pujaan Hati, Terbang Bersamaku, Cinta Yang Sempurna dan lainnya. Btw, kamu bisa klik https://jnewsonline.com/ sebagai media internal JNE.

22 komentar

  1. 5 ide kreatifnya mantap banget deh mba, itu menarik dan juga sekalian bagian dari promote yaa. JNE udah 32 tahun ya, dan perayaannya juga bagus banget, apresiasi untuk karyawan tentunya yaa

    BalasHapus
  2. Berarti konsep merayakan ulang tahunnya JNE bisa dibilang cara keempat yaa. Wah, JNE makin gede aja, semooga makin banyak memberi gini makin membuat JNE sukses dan berkah

    BalasHapus
  3. Kreatif idenya JNE saat merayakan ultah ke-32. Dengan tetap Berbagi, Memberi dan Menyantuni, JNE memberikan kebahagiaan bagi tak hanya bagi pelanggan, karyawan atpi juga sesama. Keren!

    BalasHapus
  4. Mantap JNE nih, memperhatikan kesejahteraan karyawannya jadi makin semangat bekerja dan sukses bersama-sama. Dan tak lupa semangat berbagi untuk kaum yang membutuhkan. Keren..

    BalasHapus
  5. Ada beragam cara merayakan hari jadi perusahaan. Sebagai perusahaan kasa ekspedisi yg sudah berkiprah puluhan tahun, cukup bagus ya merayakan hari ulang tahunnya dengan kegiatan sosial dgn berbagi serta memberi santunan

    BalasHapus
  6. Gebyar promo diskon biasanya dipakai sebagai perayaan ultah perusahaan ya Mak, gak nyangka JNE udah seusiaku, hehehe, semoga makin sukses pelayanan JNE kedepannya ya

    BalasHapus
  7. Jadi kangen ih masa-masa ngantor, karena kalau pas acara gini tuh selalu seru ya. Jadi bisa berbaur semua karyawan, yang ganteng-ganteng biasanya pada keluar deh.

    BalasHapus
  8. Ga berasa ya JNE uda 32thn hampir seumuran kita hahaha. Seru bangett itu party an di kantor,dan semoga menjadi lebih baik lagi ke depann ya JNE hehehe :)

    BalasHapus
  9. Paling suka kalau ada perusahaan ultah trus bikin promo menarik. Sebagai buyer saya happy pastinyaaa. Wah JNE usianya udah 3 dasawarsa lebih ya. Salah satu perusahaan yang bertahan di tengah goncangan pandemi kmrn krn punya pondasi kuat dan tentu aja CSRnya yang selalu membantu masyarakat sekitar ya.

    BalasHapus
  10. Selalu seru kalo acara ulang tahun perusahaan. Karena banyak banget momen yang ditunggu, seperti makan bersama, lomba buat karyawan dan banyak lagi

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah ikut acara ultah perusahaan. Tempat kerjaku dulu kecil, jadi gak kepikiran bikin pesta. Well kayanya acara party dan promo diskon bakal banyak yang milih. Well gak terasa juga kalau JNE udah 32 tahun yaaa

    BalasHapus
  12. Paling seru acara ulang tahun perusahaan tuh karena bisa ada event-event yang mendekatkan keluarga juga.. Seperti JNE di hari jadinya yang ke 32 tahun. Rasanya turut berbahagia karena banyaknya even JNE yang saling berbagi kebaikan.

    BalasHapus
  13. Ternyata sudah 32 tahun ya JNE melayani masyarakat Indonesia
    Di usianya yang semakin matang, JNE Selalu menebar banyak manfaat ya mbak
    Termasuk ajakan untuk bangkit bersama ini

    BalasHapus
  14. Jadi kangen freelance di EO, dulu dapat kerjaan ngurusin ultahnya sebuah perusahaan. Rangkaian acaranya seru banget, pas puncak ada gathering, seru banget kalau acara ultah ya. Apalagi suka ada promo gitu.

    BalasHapus
  15. selama pandemi kemarin perusahaan tempat saya kerja nggak ada mengadakan acara euy pas hari ulang tahunnya. kalau dulu biasanya ada acara jalan santai gitu. paling adanya acara syukuran di kantor aja. nggak tahun nih buat tahun depan bakal ada acara besar atau nggak.

    BalasHapus
  16. aku sepakat banget.. kegiatan di atas bisa banget diterapkan di perusahaan dan membuat para staff jadi makin dekat dan akrab

    BalasHapus
  17. Jadi inget kalau bulan ini adalah ultah mantan kantorku. Kalau banyak bagi-bagi hadiah sih pasti bakal happy banget karyawannya.

    BalasHapus
  18. Selamat ulang tahun, JNE. Semoga terus memberikan manfaat untuk karyawan dan masyarakat dengan connecting happinessnya ya.

    BalasHapus
  19. Gebyar promo dan diskon, ini kayaknya yang paling disukai pelanggan deh kalau ada perusahaan layanan pelanggan yang sedang ultah. Biasanya ada aksi sosial juga, kayak yang dilakukan JNE ini

    BalasHapus
  20. Biasanya gathring di perusahaan suamiku.. bisa menjalin kedekatan juga antar karyawan. Wah JNE menebar manfaat dimana-mana ya.. semoga semakin berkah dan sukses buat Jne

    BalasHapus
  21. JNE ini selalu konsisten menjadi connecting happiness ya mbak. Menebar kebaikan untuk masyarakat

    BalasHapus
  22. 5 ide kreatif ultah perusahaan menarik. Sering nya di indo cuma gathering ya. Tapi JNE setau aku emang konsisten soal santunan anak yatim ini. kerennn

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)