Belajar Coding Serasa Main Games di Aplikasi Walnut Coding

Selasa, 06 Desember 2022

Anak generasi alpha memang sudah terbiasa dengan yang namanya teknologi digital, bahkan kalo ditanya cita-citanya mau jadi apa, ya, gak jauh-jauh dari dunia digital. Sebut saja mau jadi Youtuber hingga Developer Game. Nah, di tulisan kali ini aku mau cerita pengalaman aku mencari kelas koding online untuk Darell yang ternyata gak sengaja ketemu pas jalan-jalan ke mall. Shall we start the story, belajar coding serasa main games di Walnut Coding sekarang? 

Darell, anakku semata wayang yang lahir di era teknologi digital sedang ‘happening’ membuatnya menjadi anak generasi alpha. Sejak lahir sudah terbiasa sama teknologi dan  gadget seperti smartphone, tab dan laptop. Bahkan ya, gak perlu deh tuh diajarin buat main gadget karena udah otomatis bisa. Beda ya sama bundanya yang gapteknya gak ketulungan.


Sempatlah bingung mencari tempat belajar koding yang nyaman dan juga sangat mudah dimengerti oleh anak. Cari ke sana ke mari eh ketemunya malah gak sengaja pas jalan-jalan di mall bareng Darell dan Suamik. Iya, setiap weekend memang kami sesekali ke mall untuk jalan-jalan atau makan di sana. Lagi asyik jalan-jalan trus kami masuk ke dalam pameran Edufair Kiddofest 2022 yang sedang berlangsung di Pluit Village Mall. Saat masuk ke dalam pameran, eh ternyata salah satu booth menawarkan kelas koding online untuk anak dengan cara yang menyenangkan. Aku pikir, wah kok  pas banget ya. Maksudnya aku nih lagi galau cari tempat belajar coding untuk Darell. Lagian ya banyak banget lho manfaat belajar coding untuk anak. 


Manfaat Belajar Coding untuk Anak

Ketika anak-anak diperkenalkan dengan coding, menurutku mereka mendapatkan apresiasi tentang cara kerja teknologi digital. Nah, coding atau kemampuan bahasa pemrograman menjadi salah satu kunci sukses untuk bersaing di era digital. Dengan penggunaan teknologi digital di segala sektor, banyak lapangan pekerjaan yang memerlukan jutaan talenta digital, khususnya di bidang pemrograman. Untuk itulah anak-anak perlu belajar coding sejak dini sebagai bekal untuk menghadapi teknologi yang sangat pesat. Berikut adalah manfaat dari belajar coding:: 

  • Mendorong perkembangan kognitif

  • Mengasah computational thinking

  • Meningkatkan kreatifitas

  • Melatih kegigihan, kesabaran, dan keberanian

  • Melatih skill komunikasi

  • Mengajarkan ketekunan pada anak


Seiring dengan perkembangan industri digital yang semakin pesat, coding menjadi salah satu skill yang sangat dibutuhkan oleh kebanyakan perusahaan di Indonesia maupun luar negeri. Oleh karena itu, tidak jarang beberapa sekolah mulai mengajarkan mengenai coding dan apa kegunaannya.


5 Alasan Anak Perlu Belajar Coding Sejak Dini

Melihat begitu banyaknya manfaat dari belajar coding untuk anak, karena itu sangat disarankan anak-anak sebaiknya dibiasakan belajar coding sejak dini. Coding adalah sekumpulan code yang penulisannya diatur dengan aturan tertentu dari bahasa pemrograman yang digunakan. Pada kondisi ini coding biasanya sering digunakan oleh programmer untuk membantu mereka dalam mengoperasikan komputer. Coding sendiri sudah bisa dipelajari oleh anak-anak yang berusia lima tahun ke atas. Biasanya dalam konteks ini anak-anak akan dilatih melalui games yang nantinya dibimbing oleh tutor. Banyak alasan kenapa anak-anak perlu belajar coding sejak dini, beberapa diantaranya yaitu: 


  1. Melatih anak dalam menyelesaikan masalah

  2. Dapat mengasah kreativitas

  3. Membiasakan anak berpikir logis

  4. Dapat menciptakan inovasi seperti membuat games

  5. Anak-anak memiliki skill tambahan untuk membuka peluang  kesempatan tidak terbatas di masa depan



Kalo aku sebagai orangtua, berpikiran begini, dengan anakku Darell menguasai coding itu artinya dia mempunyai skill sebagai programmer maupun developer untuk menciptakan suatu aplikasi atau platform yang nantinya bisa digunakan oleh banyak orang dan syukur-syukur bisa membuka lapangan pekerjaan. Ya, kebayangnya mah kayak serial drama Korea “Start Up” ye kan, bisalah Darell jadi salah satu pengembang atau developer yang sukses. Aamiin jamaah? Aamiin!


Untuk pemula, ada 3 tips yang dapat digunakan ketika hendak mempelajari coding yaitu dengan mengikuti kursus coding, mempelajari coding dari game online, atau belajar dengan mentor. Darell mempelajari coding secara otodidak dari game online, hanya masih perlu mendalaminya kembali. Maka dari itu, aku bersama suamik seserius itu mencari tempat belajar coding untuk Darell supaya bisa lebih fokus.

Kenalan dengan Walnut Coding

Ketika sedang jalan-jalan santai di Mall Pluit Village tidak sengaja melihat ada pameran Edufair Kiddofest 2022, suamik ngajakin aku untuk masuk ke dalam pameran untuk lihat-lihat. Lalu ada satu booth yang menarik perhatian Darell juga pak suamik. Booth tersebut adalah booth Walnut Coding, karena penasaran aku pun ikut menghampiri. Saat isi data ternyata Darell mendapatkan kesempatan untuk trial. Wah, bisa pas gitu ya, di saat aku dan suamik mencari-cari tempat belajar coding untuk Darell eh bertemu dengan Walnut Coding. 


Walnut Coding didirikan pada tahun 2017 dan berkembang pesat menjadi sekolah coding online terkemuka berbasis aplikasi dengan lebih dari 3,2 juta pengguna. Wow! Misi Walnut Coding tidak hanya mengajarkan coding kepada anak-anak tapi juga menanamkan rasa cinta belajar dengan kurikulum berbasis kompetensi kami. Metode pembelajaran yang digunakan berkonsep games, kurikulum tersertifikasi, serta tenaga pengajar terlatih yang siap membimbing anak-anak selama proses belajar coding. Sedangkan metode pengajaran Walnut Coding berfokus pada kemampuan anak juga memadukan ilmu pengetahuan dan kecerdasan buatan (AI) yang inovatif. 



Setelah ngobrol dengan staf Walnut Coding yang ada di pameran, akhirnya aku setuju untuk menjadwalkan Darell dalam trial class. Aku memilih jadwal trial class di akhir pekan, supaya Darell bisa fokus dengan trial coding bersama Walnut Coding. 

Pengalaman Trial Class Walnut Coding

Jadi Trial Class di Walnut Coding itu dibagi menjadi 3 sesi dan biasanya dilakukan selama tiga hari berturut-turut. Setiap harinya pun terdapat lesson yang berbeda yaitu: 

  • Lesson 1: The Cake Mission
  • Lesson 2: Wonder Dessert Adventure
  • Lesson 3: Lori Vs Isaac


Nah, kebetulan Darell memang mengikuti trial class dalam satu hari 3 sesi. Alhamdulillah, Darell enjoy dan happy saat mengerjakan trial class. Mungkin karena, Darell sudah terbiasa main Minecraft jadi tinggal ngikutin aja. Di aplikasi Walnut Coding anak-anak bisa belajar sambil bermain dengan praktik langsung. Alur ceritanya juga menarik dan instruksi yang diberikan oleh tutor di setiap kelas dalam bentuk animasi membuat anak-anak lebih fokus dan cepat belajar.


Tantangan coding sebenarnya dapat mendorong kreativitas anak juga meningkatkan dan meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan permasalahan. Ya, anak jadi terbiasa berpikiran kreatif dalam mencari solusi dari suatu masalah yang ia temukan. 



Yang aku suka saat anakku trial class dengan Walnut Coding, Darell belajar coding serasa main game Minecraft. Lalu, melatih Bahasa Inggris karena semua kelas di Walnut Coding menggunakan Bahasa Inggris. Darell juga ditemani oleh tutor atau pengajar online yang stand by untuk menjawab setiap pertanyaan ketika mengalami kesulitan. Mantap bukan? Bisa disimpulkan pengalaman mengikuti trial class di Walnut Coding cukup menyenangkan. Malah, setelah trial class selesai diberikan sertifikat dan penilaian juga, lho!


Lebih dari itu pelajaran coding di Walnut Coding berbasis aplikasi yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun selama ada laptop dan koneksi internet yang mumpuni. Belajar coding di Walnut Coding seperti halnya bermain games, jadi anak-anak tak terasa kalo sebenernya dia sedang belajar sambil bermain. Jadi untuk para orangtua yang sedang mencari kelas koding online, yuk belajar coding di Walnut Coding! Langsung aja kunjungi https://landing-sg.walnut101.com/landingpage/publish/9/index.html?channelId=300000065 lalu daftar  trial class sekarang, it’s FREE!


34 komentar

  1. Waw keren anak nya mbak. Aku juga penikmat koding. Kelas koding untuk anak memang cocok ya. Karena sesuai dgn zaman. Kalau anak aku sudah gede, juga mau diarahkan menjadi programmer

    BalasHapus
  2. Ternyata banyak juga yag manfaat ngoding untuk si kecil, dan memang harus dikenalkan sejak dini ya

    BalasHapus
  3. Saya bookmark tulisannya ya mba.

    BalasHapus
  4. Saya bookmark tulisannya ya mba. Saya punya ponakan yang masih SD dan sudah ada tertarik dengan main game di laptop. Jadi hari-hari itu terus yang dibuka.

    Menarik sekali ini, coba saya rekomkn buat baca ini, siapa tahu ponakan tertarik dan kalau ikut kelas koding bisa lebih terarah lagi

    BalasHapus
  5. Anak-anak sekarang semakin melek digital. Senangnya lagi cara belajarnya tuh menyenangkan. Jadi bikin anak-anak suka belajarnya. Coba dulu pelajaran sains bisa menyenangkan begini

    BalasHapus
  6. Anakku yg besar juga seneng bgt utak atik apps gitu,kayak bikin game sederhana. Dari umur 11 tahun sih dia tuh tertarik sama coding. Tdnya malah mo kuliah yg sesuai dg hobinya ini

    BalasHapus
  7. Pas banget ya,Ka momentumnya. Lagi butuh eh ketemu Walnut,dapat free trial class pula. Mantab jiwa kata orang. Sukses terus Darell

    BalasHapus
  8. Nah ini, mengarahkan kecintaan anak pada gadget dan teknologi untuk hal positif seperti belajar. Biar nggak cuma jadi konsumen, namun bahkan bisa jadi kreator bahkan employer.
    Ternyata banyak manfaat dari belajar coding ya, aku nggak nyangka banget. Paling mindblowing adalah bahwa dia meningkatkan komunikasi.

    BalasHapus
  9. Minecraft anakku juga sukaa..
    Rasanya belajar coding dengan FUN bisa bikin anak jadi gak sadar kalau ini tuh bagian dari bahasa pemrograman yang rumit ya..

    BalasHapus
  10. Seru yah, Mbak. Anak jadi lebih terarah dan makin kreatif kalo diajak belajar coding sejak dini.

    BalasHapus
  11. Coding ini nggak cuma mengasah skill membuat program, tapi juga kemampuan anak-anak bernalar juga. Kalau antarmuka belajar coding menarik kayak di walnut coding ini, anak-anak pasti seneng belajar coding dan jadi mudah memahami materi yang diajarkan

    BalasHapus
  12. sekarang jamannya memang anak harus dikenalkan dengan coding ya mbak, soalnya anak sama games tuh kayak udah gak terpisahkan, jadi emang paling bener diajak untuk (bukan sekedar tau) bikin games kayak gimana, tapi juga nyoba. manfaatnya pun ternyata banyak ya, gak hanya supaya mereka bisa bikin games aja tapi juga mengasah kecerdasan kognitif dan computational thinking juga yang bermanfaat untuk hidup sehari-hari dan menunjang pelajaran sekolah

    BalasHapus
  13. beda banget ya, mbak permainan dan kursus kita dulu dengan anak sekarang. memang segalanya itu menyesuaikan zamannya sih ya. anak sekarang dari lahir aja sudah melek teknologi dan lebih mudah memahami teknologi tersebut jadilah pelajaran coding bisa diajarkan sejak dini

    BalasHapus
  14. Belajar Walnut Coding bagi anak2 pasti menyenangkan ya. Serba sekaligus nih. Codingnya dapat, bisa main game juga. Sekalian belajar bahasa Inggris pula waaaaaahh all in 1 yach. Cocok nih diikuti pas lagi liburan gini. Ada trial class nya juga tiga hari berturut2 nih. TFS mbak Ai.

    BalasHapus
  15. Jamaah siap mengaminkan. AAMIIN!

    Semoga dengan belajar coding, jadi jalan buat Darrel jadi salah satu pengembang atau developer yang sukses di masa depan. Gak ada yang gak mungkin.

    BalasHapus
  16. Anakku ikutan nih free trial Walnut Coding, emang asli bagus banget sih. Beneran kayak games, jadi bingung coding kok menyenangkan seperti ini hehe... Sukses ya belajar codingnya, biar bisa bikin game beneran yang keren.

    BalasHapus
  17. Banyak banget lho manfaat main coding buat anak, apalagi buat mengasah kreativitas dan problem solving ya. Enak ya Walnut Coding bisa sekalian belajar bahasa Inggris juga. Jadi pengen nyoba trial class juga nih. Masih bisa ya?

    BalasHapus
  18. Mbaa...kalau laptopnya lemot masih bisa gak ya buat belajar coding? Pengen nawarin anak belajar coding tapi laptopku lemot.

    BalasHapus
  19. eh apa harus bisa bahasa Inggris kalau ikutan walnut coding? anakku kurang PD ngomong bahasa inggris.
    dia kalau belajar coding minta yang pakai bahasa Indonesia aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau anakku sih bisa milih yang bhs indo kak, tapi bisa keduanya tergantung kebutuhan

      Hapus
  20. Udah lama pengen cobain anak les coding karena dulu pas kelas 6 SD, sempat diajarin coding. Kalau ada walnut coding seperti ini jadi semakin menyenangkan belajarnya

    BalasHapus
  21. Walnut coding auto ngecek aku juga ada rencana maak lesin anak coding. Bermanfaat banget deh kebetulan ayah anak2 kerja di IT juga.
    Sangat2 dibutuhkan orang yg jago coding

    BalasHapus
  22. Menarik banget ya dengan adanya aplikasi belajar coding yang disiapkan oleh Walnut Coding, apalagi penggunanya udah nyampe 3 jutaan lebih. Tanda banyak disukai dong ya. Bagus sih langkah Aie dan suami memilih mengenalkan anak coding sejak dini, karna sekarang memang dunia digital udah menjadi bagian kehidupan.

    BalasHapus
  23. Zaman sekarang serba teknologi dan yakin pasti kemampuan ngoding kaya gini bakal berguna di masa depan. Mau cek walnut coding juga siapa tahu cocok sama keponakanku

    BalasHapus
  24. Nah penting ini,bisa membuat si anak berkarya ya mba. Ditambah tampilan yg menarik and bernuansa game,pasti anak ga gampang bosan :)

    BalasHapus
  25. Banyak ya manfaat dari coding. Beruntung deh Darell bisa belajar coding. Anakku seusia Darell dulu belum ada coding mom banyakan orangtua yang mengajarkan

    BalasHapus
  26. Gak nyangka coding yang dulu aja bikin otakku keriting eeeeh sekarang anak anak udah pada jago !
    Ini juga di kuliahnya Dio semester pertama yang diajarin coding, jadi Darren curi start ya Aie

    BalasHapus
  27. Aku suka banget deh idenya coding class ini. Daripada anak main hape mulu tapi nggak nambah skill apa-apa, ya, mending ikutan kelas koding kayak gini biar terasah kreativitas anak. Dan ini visioner banget, loh, soalnya masa depan anak-anak kita bakalan serba digital apa-apa. Jadi memang keputusan yang bijak sih untuk mengikutsertakan anak dalam kegiatan yang sifatnya programming.

    BalasHapus
  28. Anak anak sekarang itu suka banget belajar koding
    Apalagi kalau belajar koding nya di aplikasi walnut ini ya mbak
    Belajar koding seperti main game
    Pasti seru

    BalasHapus
  29. Kemarin2 anakku juga ikutan trialnya Walnut coding mbak. Senengnya karakter dan desainnya udah 3D jd lebih nyata gtu movementnya. Emang koding tu bagus ya buat mengasah logika sekaligus kreativitas anak.

    BalasHapus
  30. Belajar coding emang menyenangkan ya anak-anak bisa buat games dan juga melakukan kreativitas dengan banyak.

    BalasHapus
  31. Anak generasi Alpha jangan dilarang kenal teknologi, justru nanti jadi gaptek ya, yang penting dibatasi & dipantau juga aktivitas gadgetnta. Gak selamanya gadget itu jelek buktinya bisa belajar coding ya di Walnung Coding. Coding serasa main games pasti menyenangkan sekali. Anak-anak bisa belajar banyak & melatih kecerdasan juga

    BalasHapus
  32. Wiih keren, dari kecil udah belajar coding nih Darell dan keliatan happy banget. Aku aja sempat sekolah Informatika yang jurusannya coding nggak dilanjut ke jurusan di kuliah karena pusing hahaha.

    BalasHapus
  33. Aku ga sabar nanti cobain ini pas anak aku 6 tahun pas Februari nanti. Soalnya anakku suka banget game dan mending kita arahkan ke coding yaaa.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)