Malam Tahun Baru Siap Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah

Kamis, 08 Desember 2022

Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 yang telah sukses digelar di bulan Oktober dengan mengusung tema "Kenali Rasanya Indonesia". Nah, buat kamu yang mungkin gak sempat datang ke FJB dan pengen icip kuliner legendaris Indonesia mending masak sendiri menunya di rumah. Lah emang bisa? Tentu bisa! Karena di tulisan kali ini aku akan share resep dua menu terlaris di FJB dan malam tahun baru siap hidangkan resep kuliner legendaris ala FJB di rumah. Shall we start the review now? 

Festival Jajan Bango

Seperti yang kita ketahui bersama, perhelatan FJB sudah 17 tahun konsisten diadakan untuk mempopulerkan dan mengangkat UMKM kuliner Indonesia. Eksplorasi kekayaan kuliner Indonesia diperlukan guna mendorong citra UMKM sehingga dapat berkontribusi untuk perekonomian bangsa. Terdapat 90 gerai makanan dan minuman yang menjajakan kuliner legendaris dari setiap pulau di Indonesia. 

Adisty Nilasari, Senior External & Digital Communication Manager PT Unilever Indonesia, Tbk. menyampaikan, "Bango secara konsisten menjalankan purpose-nya untuk melestarikan kuliner otentik Indonesia, salah satunya melalui penyelenggaraan FJB sejak tahun 2005. Di FJB 2022, kami mengangkat tema, "Kenali Rasanya Indonesia" yang mengedepankan tentang pentingnya masyarakat untuk terus mengekplorasi aneka kelezatan kuliner nusantara agar bisa mengapresiasi dan akhirnya melestarikan kekayanan kuliner kita."

Festival Jajanan Bango

Berbicara kuliner Nusantara memang gak akan ada habisnya, FYI tercatat Indonesia memiliki 3.259 ragam kuliner autentik. Namun, sayangnya belum semua kuliner tersebut diketahui oleh masyarakat luas. Nah, FJB menjadi upaya untuk melestarikan kuliner Indonesia agar masyarakat mengenali, merayakan, serta melestarikan kelezatan kuliner khas nusantara.

Dari 3.259 ragam kuliner yang ada di Indonesia, 104 diantaranya adalah nasi goreng, 253 sate, lebih dari 100 soto, dan 322 sambal. Wow! Ternyata banyak ya ragam kuliner Indonesia yang belum aku cicipi. Sedangkan kuliner khas sendiri juga beragam, seperti kuliner khas Minangkabau yang setidaknya ada 220 jenis, kuliner khas Palembang ada lebih dari 200 jenis, dan kuliner khas Yogyakarta ada lebih dari 192 jenis.

Festival Jajanan Bango

Bango Hadirkan Demo Virtual "Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah"

Mungkin kamu belum sempat datang ke FJB 2022 yang berlangsung dari tanggal 28 - 30 Oktober di Plaza Timur dan Parkir Timur GBK Senayan. Well, aku juga sih sejujurnya gak sempat ke sana. Padahal pengen banget icip dan kenali rasanya Indonesia. Dengar-dengar nih ada 2 menu khas Indonesia asli yang antriannya mengular panjang lho. 

Selama tiga hari, FJB 2022 telah dipadati oleh 97.000 masyarakat yang antusias untuk mengenali dan merayakan aneka kelezatan kuliner Indonesia. Tentunya semangat pengenalan kuliner nusantara tidak boleh berakhir di pelaksanaan festival ini, tetapi harus terus berlanjut di tengah keluarga Indonesia. Oleh karena itu, Bango berkolaborasi dengan Chef Ragil Imam Wibowo ingin menginspirasi para ibu agar terdorong menghidangkan aneka resep kuliner legendaris ala FJB di rumah.

Festival Jajanan Bango

Melanjutkan kesuksesan penyelenggara FJB 2022 "Kenali Rasanya Indonesia" bulan Oktober lalu, Bango ingin melanjutkan semangat pengenalan aneka kuliner otentik nusantara di tengah keluarga Indonesia. Untuk itu, Bango berkolaborasi dengan Chef Ragil Imam Wibowo menggelar acara demo masak virtula bertema "Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu" yang bertujuan untuk menyebarluaskan dua resep kuliner unggulan di FJB 2022, yaitu Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung.

Kebetulan sekali aku bisa hadir melihat langsung Chef Ragil mendemontrasikan dua resep kuliner unggulan di FJB 2022 sekaligus bertemu dengan beberapa emak-emak lainnya yang siap untuk menambahkan menu favorit keluarga. 

Chef Ragil flash back bercerita, " Di FJB 2022 lalu, saya diberikan misi oleh Bango untuk mengeksplorasi begitu banyak kuliner legendaris yang ada dan mengkurasi hidangan-hidangan yang tidak hanya bercita rasa otentik tapi juga mudah untuk diolah. Akhirnya kami sepakat memilih Sate Rembiga dan Iga Sapi Bakar, keduanya memiliki ciri khas dan cita rasa yang istimewa dengan keunikan bahan-bahan dan cara pengolahannya, sehingga patut untuk diperkenalkan lebih luas. Saya percaya, kedua resep yang kami angkat ini sangat bisa diaplikasikan oleh home chefs yaitu para ibu di rumah."

Festival Jajanan Bango

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh, Sajian Khas Lombok

Sate Rembiga adalah sajian khas Lombok, Nusa Tenggara Barat, terbuat dari potongan daging sapi yang dimarinasi dengan aneka bumbu dan rempah. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan terasi Lombok, yang membuat citarasanya begitu berbeda dengan sate lainnya. 

Setiap gigitan sate rembiga terasa gurih dan kaya akan rempah. Cita rasa pedasnya juga menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi ditambah dengan kecap Bango yang terbuat dari bahan alami pilihan. Di FJB 2022, hidangan ini langsung disajikan oleh salah satu penjaja Sate Rembiga paling tersohor di Lombok, yaitu Sate Rembiga Ibu Sinnaseh yang selalu dipadati pengunjung karena kelezatannya.

Kamu juga bisa lho menghadirkan Sate Rembiga di rumah saat malam tahun baru nanti, bahan-bahan dan cara membuatnya cukup mudah lho. Untuk memperkaya rasa, jangan lupa tambahkan Kecap Bango yang terbuat dari gula merah, garam, air, dan kedelai hitam Malika. Langsung aja contek bahan-bahan dan cara membuatnya pada gambar berikut ini: 

Festival Jajanan Bango

Iga Bakar Si Jangkung

Selanjutnya Iga Sapi Bakar, hidangan andalan penjaja kuliner legendaris Iga Sapi Bakar Si Jangkung asal Bandung, Jawa Barat yang juga menjadi salah satu primadona di FJB 2022. 

Keunikan dari Iga Sapi Bakar ini terletak pada paduan daging iga berbumbu dengan irisan bawang merah, cabai rawit merah, dan tomat merah, disajikan panas-panas di atas piring cobek yang semakin memperkental sentuhan tradisionalnya. 

Festival Jajanan Bango

Aslinya, iga bakar ini disajkan dalam sebuah hot plate. Tulangnya sudah dilepas dari dagingnya saat dihidangkan. Rasanya nikmat, paduan daging iga berbumbu dengan topping irisan bawang merah dan cabai rawit. Sensasi manis dan pedasnya dijamin bikin ketagihan.

Biar kamu bisa menikmati lezatnya Iga Sapi Bakar Si Jangkung di rumah, berikut adalah resepnya yang bisa langsung kamu aplikasikan terutama di malam tahun baru nanti. Yakin sih, suami dan anak pasti suka.

Festival Jajan Bango

Dengan kedua resep yang dibagikan Bango, nantinya gak perlu jauh-jauh lagi pergi ke Lombok atau ke Bandung untuk menikmati dua hidangan ini, karena bisa diolah sendiri di rumah. Selain itu, dua hidangan ini juga secara spesifik dipilih untuk menyambut momen tahun baru. 

Biasanya kan malam tahun baru identik dengan kegiatan bakar-bakaran aneka jenis daging, nah kenapa gak mencoba memasak menu legendaris ini untuk menghangatkan momen kebersamaan bersama keluarga di penghujung tahun, sekaligus memperkenalkan ragam kelezatan hidangan otentik ke seluruh keluarga ataupun kerabat.

Info lengkap tentang resep-resep kuliner khas Indonesia yang ada di FJB 2022 bisa kamu cek di Bango Warisan Kuliner atau kamu bisa langsung kepoin akun instagram di @bangowarisankuliner.

43 komentar

  1. Luar biasa ya mba melalui acara ini jadi ajang buat mengenalkan masyarakat luas seputar kuliner di Indonesia, ga nyangka aja nasi goreng aja ada 104 jenisnya wkwkk sementara saya paling tahunya ada beberapa doang belum lagi sambal dan sate yang mencapai 200-an huhu rasanya jadi penasaran pengen cobain

    BalasHapus
  2. Dua mingguan lagi malam tahun baru ya Mak. Siapkan menu sejak dini ceritanya. Masakan dengan kecap bangau emang yummy.

    BalasHapus
  3. Bisa banget nih, dicoba reaepnya. Mupeng sama si sate, tapi pasti suamiku ngiler dengan iga bakarnya. Cobain dua2nya aja, ya

    BalasHapus
  4. Seru banget acara Festival Jajanan Bango udah bisa dilaksanakan lagi, pastinya pada semangat untuk nyicip berbagai hidangan dengan kelezatan kecap Bango yaah. Penasaran banget nih pengen cobain sate rembiga yang ternyata khas Lombok yah, harus dicoba nih resepnya

    BalasHapus
  5. Asik dapat resep iga bakar khas begini kayaknya aku harus coba masak di rumah deh. bahannya juga mudah karena ada di rumah. Sayang kalau nggak dipraketkkan resep ini

    BalasHapus
  6. Mantap nih kedua menu otentik Nusantara ala Festival Jajanan Bango 2022. Bisa kita praktikkan di rumah dengan praktis ya. Apalagi masaknya pakai Kecap Bango. Rsanya pasti jauuh lebih nikmat.

    BalasHapus
  7. oke banget yaa Bango mengadakan FJB tiap tahun begini. Masyarakat jadi makin tau dan kenal makanan-makanan daerah. Aku aja baru tau ada yang namanya sate Rembiga.

    Iganya jadi pengen nyobain banget deh, deskripsinya menggugah seleraa nih :D

    BalasHapus
  8. Kapan hari pengen ke Lombok cuma mau incip2 Sate Rembiga lho padahal. Rasanya kaya rempah banget. Untung aku selalu punya kecap Bango di rumah, jadi bisa bikin sendiri deh nyontek resepnya ya kaaa..

    BalasHapus
  9. Tinggal menghitung beberapa hari lagi ya kita mak mengakhiri tahun ini. Semoga kita semua diberi sehat dan bisa menikmati hidangan masakan dengan resep koleksi Kecap Bango. Ini kecap legendaris favorit keluargaku

    BalasHapus
  10. Uwaaaa, maknyus banget menunya mbak..auto ngiler. Seru banget bisa lihat live cooking bareng chef Ragil. Mau nyoba bikin iga bakarnya ah

    BalasHapus
  11. Kekayaan kuliner Nusantara emang luar biasaaa ya mba.
    Sukaakkk dgn resep dan menunya.
    Siap buat recook

    BalasHapus
  12. Cocok nih bikin sate buat tahun baruan, pake resep bango ini makin mantap, anti gagal

    BalasHapus
  13. Malam tahun baru cocok nih kalau bikin Sate Rembiga. Bisa makan sama keluarga sambil melewati akhir tahun 2022 dan menyambut 2023.

    BalasHapus
  14. Ide mengisi waktu malam tahun baru dengan cara beda. Bikin sate Rembiga, jangan lupa pakai kecap manis Bango. Oia bakar jagung, dan nonton TV semalaman. Lengkap deh

    BalasHapus
  15. Seruu kuliner nusantara tiada duanyaa emang, apalagi ditambah pakai lkecap bango yg emang sudah terkenal diseantero negeri.

    Jadi inget suamiku paling suka makanan yang ad akecapnya lho maak jadi selalu ready kecap dirumah

    BalasHapus
  16. Wah ide bagus ini, malam tahun baru bisa sajikan resep legendaris FJB di rumah, ada Sate Rembiga dan Iga Bakar Si Jangkung...Mantap pasti!

    BalasHapus
  17. Malam tahun baru identik dengan acara kumpul dan makan bersama ya mbak
    Akan lebih menyenangkan jika bisa menyantap kuliner legendaris yang lezat ini

    BalasHapus
  18. Nah bener. Menuju tahun baru kaya gini, hayuk kita nyari resep kuliner nusantara aja buat makan-makan bersama. FJB udah ngasih 2 sontekan yang bisa direcook. Asyik bener deh

    BalasHapus
  19. oiyaaa untung aja baca blog nya kak Aie karena menyambut tahun baru 2023 pengennya masak dan makan daging, kalau di rumah udah pakai kecap Bango ini sih. Duh makasi banyak udah share resep sate rembiga dan ika bakarnya ya

    BalasHapus
  20. Kangen banget sama helatan Festival Jajanan Bango. Menu yang dimasak chefnya menginspirasi yaa.. bisa jadi panduan re-cook masak daging di rumah, sate rembiga atau iga bakar. Lezatnyaaa..

    BalasHapus
  21. Aduh mau banget deh ih sajian di FJB bisa hadir di rumah. Eh eh, aku kira susah deh resepnya, soalnya masakan tradisional memang susah-susah biasanya ya. Tapi kayaknya mudah. Kudu nyoba nih resepnya.

    BalasHapus
  22. kak andi, boleh tau itu resep sate rembiga seberapa banyak pemakaian kecap bangonya ya ?

    BalasHapus
  23. Saya mau coba bikin sate rembiga, ah. Belum pernah juga makan sate dari daging sapi. Pas buat menu tahun baruan. Biasanya bikin menu bbq. Kali ini cobain bikin sate

    BalasHapus
  24. Suka bangeeet sama Sate Rembiga dan Iga Sapi Bakar 😍😍😍 Yaaah walaupun aku belum pernah bikin sendiri, tapi udah nyicipin beberapa kali di beberapa tempat, dan beberapa di antaranya hasil olahan chef hotel bintang 4. Tapi memang bener lho, masakan yang pake kecap bango, jauuuh lebih sedap. Di rumahku pun stock kecapnya dari dulu sampe sekarang ga pernah ganti, tetep Bango terus 😍

    BalasHapus
  25. 3.259 ragam kuliner autentik ... wow ... Indonesia luar biasa ya ... kayaknya seumur hidup gak habis kalau diujicoba semua di rumah ...khusus yang pakai kecap resepnya .... harus pakai Bango, dong. :)

    BalasHapus
  26. Asik asiikk.....tahun baruan mau recook ini ahh

    Seru dan niqmat banget pastinya.
    Bango kecintaan kita semuaaaa

    BalasHapus
  27. ih bener, kayanya seru kali ya bikin sate sambil malam tahun baruan. beneran jadi bakar2an di rumah jadinya, ahaha. resep udah didapat, event pun pas, jadi tinggal eksekusi deh ya

    BalasHapus
  28. Nanti malam nih, pas banget keluarga ngumpul, bisa diberdayakan buat nyobain resep sate rembiga. Biasanya kan bakar sosis aja, kali ini kita bikin yang beda

    BalasHapus
  29. Pas banget ini nanti malam tahun baru, jadi bisa nyontek resepnya. Pingin bikin iga jangkung euy, bosan ya nyate terus heuheu

    BalasHapus
  30. Di rumah aku tuh selalu nyetok kecap Bango di lemari karena kecap paling sering abis soalnya suamiku tuh kalo makan semuanya harus dikecapin hehe. Kayaknya asyik juga yah malam tahun baruan bikin sate rembiga yaaah

    BalasHapus
  31. Yang ngga sempat kulineran di Festival Jajan Bango bisa ikutan acara masak virtualnya yaa bisa belajar resep sate rembige yang terkenal dari Lombok

    BalasHapus
  32. Memang Indonesia nih kulinerannya banyak banget ya mbak. Tiap daerah punya kekhasan masing2. Aku suka sekali FJB biasanya kalu offine aku nyarinya makanan Jawa Timuran.
    Ternyata tahun ini mereka punya makanan yang diunggulkan ya yakni iga bakar dan sate rembiga. Emang cocok sih buat perayaan tahun baruan ntr malam ya.

    BalasHapus
  33. Tahun ini FJB lebih meriah ya ngga hanya diselenggarakan luring tapi juga yang jauh dari tempat acara bisa menikmatinya secara daring, belajar masak dari ahlinya pasti hasil masakannya sedap ya

    BalasHapus
  34. aduuuh aku lihat makannya aja udah ngiler berat nih mba.. kecap Bango memang juara bageeet ya rasanya

    BalasHapus
  35. Baru hari ini aku bikin iga bakar resep dari Chef Ragil, jadi nggak ikut lombanya deh. Ya udah lah yang penting keluarga suka semua. Besok gantian mau bikin sate Rembiga

    BalasHapus
  36. Aku penasaran dan pengen langsung lihat Festival Jajanan Bango. Semoga bisa terwujud. Kalau sekarang, recook dulu aja ya resep kuliner legendarisnya. Pas nih buat makan bersama saat tahun baru

    BalasHapus
  37. Pas banget ya akhir tahun di rumah aja dan cocok banget ini buat nyobain resep ini agar tahun baruan ini nambah ilmu masak dengan resep nusantara

    BalasHapus
  38. Next aku mau coba recook juga mba resepnya.. apalgi kebetulan bahan2nya ada dirumah dan memang kecap bango selalu jadi stock juga

    BalasHapus
  39. ya ampun bumbunya banyaaak ... udah keder duluan mau recook, hahaha
    eh tapi emang jadi enak sih karena kaya bumbu. Khas masakan Indonesia yang bumbunya meresap ke daging.

    BalasHapus
  40. Recook nya mudah, bahannya pun sangat mudah didapatkan yah. Rasanya enak banget, aduh saya udah recook ini dan merasa bangga sama diri sendiri haha

    BalasHapus
  41. banyak banget ya mbak macam-macam masakan nusantara ini dengan kekhasannya masing-masing. jadi pengen juga nih nyobain resepnya sepertinya enak satenya

    BalasHapus
  42. masakan Nusantara memang terkenal enak lo di seluruh dunia. bumbunya spicy dan khas.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)