PCOS Bisa Hamil Alami, Mitos atau Fakta?

Jumat, 09 Desember 2022

Suka gemes gak sih sama orang yang basa-basi tentang kehamilan dan juga fisik seseorang kelewat batas? Aku sih iya ya, mirisnya yang banyak melakukan hal tersebut ya wanita juga. Masalah fisik dan kapan hamilnya seseorang jangan dijadikan bahan basa-basi deh. Siapa tau orang tersebut menderita gangguan hormon sindrom polikistik ovarium atau PCOS. Nah di tulisan kali ini aku akan bahas, PCOS Bisa Hamil Alami, Mitos atau Fakta? Shall we start the review now…

Mayapada Hospital Jakarta Selatan


Apa Itu PCOS dan Gejalanya

Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS adalah kondisi yang bisa mempengaruhi kesuburan wanita. Saat wanita di diagnosa PCOS yang mungkin juga akan dikonfirmasikan oleh dokter adalah penyakit ini bisa mengganggu program hamil. Jadi meski berdampak besar pada kesuburan wanita, penyakit PCOS yang mengganggu program hamil dapat diatasi dengan cara yang tepat.

Kebetulan sekali minggu lalu aku menghadiri event offline diadakan oleh Mayapada Hospital Jakarta Selatan yang merupakan salah satu  rumah sakit terbaik di Jakarta, Tangerang, Bogor, Surabaya dan Bandung. 

Acara yang berlangsung di Mayapada Hospital Jakarta Selatan mengangkat tema, “PCOS, Masih Mungkin untuk Hamilkah?” dihadiri oleh narasumber seperti:

  • dr. Malvin Emeraldi, Sp.OG(K)FER selaku Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Subspesialis Fertilitas & Hormon Reproduksi Mayapada Hospital Jakarta Selatan; dan

  • Grace Tahir selaku Direktur Mayapada Hospital dan Co-founder Everest Media.

Mayapada Hospital Jakarta Selatan

Lebih lanjut dr. Malvin menjelaskan tentang PCOS yang merupakan suatu kelainan pada wanita ditandai dengan adanya hiperandrogenisme dengan anovulasi kronik dan tidak disertai dengan kelainan pada kelenjar adrenal maupun kelenjar hipofisis.

Penderita PCOS memiliki tiga hal dalam tubuhnya, yaitu banyaknya kista pada ovarium, kadar hormon laki-laki lebih tinggi, dan siklus menstruasi yang bolong-bolong yang menjadi penyebab susah hamil. Umumnya PCOS lebih dikenal oleh wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Padahal, bisa saja seorang wanita mengidap PCOS sejak dini ketika memasuki usia produktif. 

Mayapada Hospital Jakarta Selatan

Wanita yang mengalami gejala PCOS biasanya akan terlihat pada penghujung masa remaja atau awal usia 20an. Ciri-ciri PCOS yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Menstruasi tidak teratur

  • Kesulitan hamil

  • Pertumbuhan bulu berlebihan

  • Peningkatan berat badan

  • Penipisan rambut dan kerontokan

  • Kulit berminyak atau berjerawat

  • Kulit menggelap

  • Daging tumbuh pada kulit

  • Kista

Namun, tidak semua wanita dengan PCOS merasakan ciri-ciri di atas. Alasannya karena gejala PCOS yang muncul bervariasi dari ringan hingga berat. Beberapa wanita hanya mengalami masalah menstruasi atau kesulitan hamil. Namun, tak sedikit juga yang mengalami keduanya.

Terlepas itu, gejala paling mudah untuk mengenali gejala penyakit PCOS mengganggu program hamil adalah jadwal menstruasi yang tidak teratur atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak berovulasi secara teratur. Lalu, apakah wanita dengan PCOS bisa hamil?

Wanita dengan PCOS Bisa Hamil?

Jawabannya, tentu bisa seorang wanita dengan PCOS tetap bisa hamil secara alami. Penelitian membuktikan bahwa dengan menurunkan berat badan 5-10% dapat meningkatkan potensi hamil spontan hingga 20%. Karena, siklus menstruasi kembali terjadi ovulasi atau ada sel telur yang matang, sehingga bisa terjadi kehamilan. 

Tak heran banyak sekali wanita yang bertestimoni bahwa mereka cukup menurunkan berat badan dan berolahraga teratur, dapat hamil secara spontan, bahkan tanpa terapi obat-obatan. Tapi ingat, itu membutuhkan waktu, sehingga butuh kesabaran dan tetap butuh pemeriksaan dokter untuk mengonfirmasi bahwa PCOS yang diderita tidak diikuti dengan gangguan lain yang perlu pengobatan, misal penebalan endometrium.

Selain menurunkan berat badan, wanita dengan PCOS yang ingin hamil secara alami disarankan melakukan perubahan gaya hidup seperti:

  • Makan makanan yang kaya nutrisi,

  • Menghindari makanan yang memicu peradangan (inflamasi) misal fast food, frozen food, serta makanan tinggi gula, dan

  • Mengelola stress.

dr. Malvin menambahkan dengan melakukan hubungan seks (segama) di masa subur membuka kesempatan untuk hamil alami bagi wanita PCOS. Namun, jika tidak memungkinkan dalam usia yang sudah di atas masa subur (wanita usia 35 tahun ke atas), dokter menyarankan untuk melakukan inseminasi intrauterine (IIU) atau melakukan program IVF (bayi tabung).

Pengalaman Grace Tahir sebagai Pejuang Garis Dua dengan PCOS

Cerita menarik dari Ibu Grace Tahir selaku Direktur Mayapada Hospital dalam perjuangannya untuk hamil dan beliau juga memiliki PCOS. Berjuang untuk hamil dan memiliki keturunan dengan PCOS bukan perkara yang mudah. Lelah fisik dan mental semua dirasakan oleh Bu Grace. 

Ya, perjuangannya memang tidak mudah karena begitu banyak tekanan yang harus diterima selama berjuang untuk mendapatkan garis dua. Begitu banyak pertanyaan yang harus diterima oleh Bu Grace membuatnya mengalami mental breakdown yang cukup berat. 

Diakui Bu Grace, iya ini adalah cobaan sekaligus tantangan dan perjuangannya tidaklah mudah. Tak sedikit desakan dari keluarga yang menanyakan, “kapan hamil? Kok belum hamil juga?” sukses membuat Bu Grace sebagai seorang wanita menjadi makin lemah. Mental dibuat hancur berkeping-keping. Disinilah dukungan dari lingkungan sekitar tak terkecuali, mampu menguatkan para pejuang garis dua. Yang paling utama, carilah ketenangan hati dan pikiran dengan mendekatkan diri pada Yang Kuasa, Sang Pemberi Rezeki. Usaha tetap dilakukan, namun selebihnya serahkan pada Sang Pencipta. Pada masa inilah, ketika dalam keadaan pasrah dan tenang justru Bu Grace diberikan kepercayaan untuk memiliki anak secara alami. 

Mayapada Hospital Jakarta Selatan


Bu Grace juga menguatkan semua wanita yang hadir di acara talkshow ini, bahwasannya wanita PCOS bisa hamil alami. Kuatkan diri, gak usah mikirin omongan orang, jaga makan dan rajin berolahraga. Semua usaha akan berbuah hasil selama kita menjalaninya dengan ikhlas dan mempercayakan hasil pada Sang Pemilik Hidup.

Mitos dan Fakta Seputar PCOS

PCOS merupakan masalah kesehatan yang mempengaruhi 1 dari 10 wanita di usia produktif. Banyaknya informasi terkait penyakit ini kerap membuat wanita PCOS khawatir dan sulit membedakan mana yang mitos atau fakta. Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah mitos-mitos umum terkait PCOS dan kebenarannya:

  1. Wanita dengan PCOS memiliki kista ovarium

Ini hanyalah mitos. Tidak semua wanita dengan PCOS mempunyai folikel di ovariumnya.

  1. Siklus menstruasi yang tidak teratur berarti terkena PCOS

Jangan langsung percaya dengan informasi ini, sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter terkait siklus menstruasi yang tidak teratur.

Mayapada Hospital Jakarta Selatan

  1. Wanita dengan PCOS tidak bisa punya anak

Benar adanya PCOS merupakan salah satu penyebab paling umum dari masalah kesuburan wanita. Namun, bukan berarti wanita dengan PCOS tidak bisa hamil. Banyak pengidap PCOS yang bisa hamil dan memiliki anak. Salah satu cara meningkatkan peluang untuk hamil yaitu dengan merubah gaya hidup dan pola makan.

  1. Penderita PCOS sulit menurunkan berat badan

Penurunan berat badan mungkin lebih sulit bagi wanita dengan PCOS, tapi bukan berarti hal ini tidak mungkin terjadi. Tidak perlu patah semangat, kamu bisa berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi untuk membantu penurunan berat badan.

  1. PCOS tidak bisa disembuhkan

Sejauh ini, PCOS menang tidak bisa disembuhkan tapi gejala PCOS dapat dijaga agar tidak semakin berat. Kamu bisa melakukan perubahan terhadap gaya hidup, menurunkan berat badan berat badan, perawatan medis dengan hormon atau obat-obatan, hingga pembedahan.

Bagi kamu para pejuang garis dua, tetap semangat ya!

21 komentar

  1. Saya serius deh mendengar cerita dari Bu grace tahir nih mengandung bawang banget. Ga nyangka aja kalau beliau PCOS. Pengorbanannya mengingatkan ke diri saya sendiri

    BalasHapus
  2. wah kalau suatu projek base on pengalaman pribadi pasti biasanya lebih serius ya menggarapnya dan sangat dekat dengan pasien yang bernasib sama. keren RS Mayapada

    BalasHapus
  3. Ini mesti dibaca yang suka nyinyir...Wanita dengan PCOS pun bisa hamil. Memang ya mitos tuh ada aja dan sayangnya lebih dipercaya hiks. Keren acara edukasi terkait hal ini dari Mayapada Hospital

    BalasHapus
  4. Berat badan juga mempengaruhi ya mba teryata dan seperti yang di ulas, jika turunkan berat badan juga bisa meningkatkan potensi bisa hamil. Dan terbuka juga potensi orang dengan pcos bisa hamil

    BalasHapus
  5. Adek sepupuku juga ada yg kena PCOS mb.

    Overweight bgt memang dan udah k dokter spog d sby tapi qodarullah blm.tertakdirkan punya buah hati.

    BalasHapus
  6. Penting lho ilmu begini. Karena kalau mengalami, jangan sampai insecure, kalau tidak sampai mengalami jangan julid-in yg mengalami. Maka, tetap semangatlah para pejuang garis dua!

    BalasHapus
  7. Iyaaa bener mba Ai,gemes yaa. Moga kita dijauhkan deh dari orang2 gitu 😃
    PCOS bisa diatasi yaa, sahabat aku pun pernah PCOS. Alhamdulillah udah diberi anak.
    Aku kira PCOS hanya pas anak pertama, ternyata PCOS bisa terjadi setelahnya jg ya

    BalasHapus
  8. emang gemes sih, apalagi dulu baru nikah 2 bulan aja udah pada nanyain orang-orang. gimana yang menikah bertahun-tahun belum punya anak ya, sedih pastinya. ooh jadi kalau PCOS itu harus nurunin berat badan dulu yaa.. Alhamdulillah jadi masih ada harapan untuk hamil.

    BalasHapus
  9. adik ipar aku juga PCOS dan Alhamdulillah bisa hamil. Jadi emang mitos aja ya yang bilang PCOS itu gak bisa hamil. Aku sih bilangnya, lebih "menantang" aja dan memang tidak semudah yang normal. Tapi dengan gizi yang cukup dan hidup lebih sehat nyatanya bisa ya penderita PCOS ini hamil alami.. :)

    BalasHapus
  10. Ow ternyata Grace Tahir juga mengalami PCOS tetapi bisa hamil secara alami. Alhamdulillah ... temanku pun ada yang PCOS dan bisa hamil. Menurutnya memang perlu sabar, termasuk menghadapi pertanyaan di luar sana yang kepo abis kapan hamil?

    BalasHapus
  11. Aku juga sebel mbak sama perempuan yang suka mengomentari perempuan lain.

    Jadi walau didiagonasa PCOS, seorang perempuan pun masih memiliki kemungkinan untuk bisa hamil ya, bahkan bisa hamil secara alami juga. Ini tentu kabar yang sangat menggembirakan bagi para wanita yang mengalami PCOS

    BalasHapus
  12. Ternyata gejala PCOS mulai usia 20an, ya. Jadi nambah pengetahuan, nih. Seneng bisa sharing2 sama Dokter ya, Mbak.

    BalasHapus
  13. Oh namanya PCOS ya, aku baru tahu. Tapi aku tahu kalo siklus menstruasinya bolong bolong memang butuh usaha agar bisa hamil. Temenku sampai konsultasi rutin ke dokter spesialis agar menstruasi bisa teratur. Dan tidak mudah juga menjalani proses nya, semoga pasangan suami istri yang sedang berjuang mendapatkan anak, diberikan kesabaran dan kekuatan.

    BalasHapus
  14. Jadi sejak dini kalau ada ciri-ciri seperti itu harus diwaspadai juga & konsultasi ke dokter baiknya.
    Aku baru ngerti soal PCOS setelah baca postingan ini, dan ternyata maish bisa hamil kok, sudah terbuktu sama Bu Grace

    BalasHapus
  15. PCOS bukan halangan untuk bisa hamil ya mbak
    Dengan program yang tepat dan didampingi para ahli, maka PCOS bisa hamil dengan cara alami

    BalasHapus
  16. Karena aku juga gak mau ditanya-tanya hal pribadi, nanyain kapan ada anak gak masuk dalam kamusku. Siapa tahu mereka udah berusaha ke mana-mana kan. Kalau sampai kena PCOS, konsultasi ke dokter dulu baru jalani pengobatan yang diperlukan

    BalasHapus
  17. Kadangkala menyikapi komentar orang ini rasanya kaya tega banget gitu ya.. Dengan doa dan ikhtiar yang maksimal dengan konsultasi medis di rumah sakit terpercaya, maka PCOS bisa diatasi dan hamil yang dinanti-nantikan pun dimudahkan.

    BalasHapus
  18. Ada temenku yang kena PCOS bisa hamil, ada pula yang masih berjuang. Kadang ada yang memutuskan pasrah setelah ikhtiar. Aku jg mendoakan yang terbaik buat mereka semua.
    Cuma memang krn hasilnya ada yg kena PCOS bisa hamil bahkan tahun depannya hamil lagi, jd kek ngrasa oh iya yg penting ikhtiar trus serahkan ke Tuhan semuanya ya.
    Ibu Grace Tahir perjuangannya udah dilalui dengan baik. Kudu pilih RS yg bagus buat promil ya mbak.

    BalasHapus
  19. Jujur mba Andi aku baru tahu pcos ini, allhamdulillah ya akhirnya bisa hamil jadi nggak saklek kalau mengalami pcos ga bisa hamil kan ya. Harus menjaga kesehatan diri nih

    BalasHapus
  20. Saya masih ngadepin (gemes) ditanyain " kok belum punya anak, sekian tahun nikah ? Jangan-jangan ....M**d*l ", It's deeply hurt, tapi saya nyadar tidak bisa rikues atau mengontrol komentar orang. Tarik nafas dalam-dalam, dan berusaha senyumin saja.

    Btw, utk kasus orang penyintas PCOS masih bisa hamil, saya juga punya cerita (teman) yang "divonis" PCOS dan alhamduillah saat ini sdh punya anak 1. Doa dan Ikhtiar dengan program hamil (IVO), Alhamdulillah berhasil.

    BalasHapus
  21. Ade iparku juga kayaknya ngalamin PCOS kali ya, karena baru hamil setelah 4 tahun nikah dengan berbagai konsultasi ke dokter, dan sekarang anaknya sudah besar belum hami lagi. Semoga pejuang garis dua diberi kemudahan aamiin

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)