7 Tips Menumbuhkan Semangat Bekerja Di Tahun Baru

Selasa, 03 Januari 2023

Liburan tahun baru sepertinya hanya numpang lewat aja ya, tapi alhamdulillah sih masih bisa dirayakan walau beristirahat di rumah aja. Nah, berhubung liburan tahun baru sudah usai saatnya kembali ke rutinitas awal. Meski rasanya berat sekali menghadapi kenyataan harus kembali ke 'real life' yang kerap bikin siapapun merasa tidak semangat untuk kembali bekerja. Well, di tulisan kali ini aku akan memberikan 7 Tips Menumbuhkan Semangat Bekerja di Tahun Baru. Shall we start now?

7 Tips Menumbuhkan Semangat Bekerja Di Tahun Baru

Tak sedikit para pekerja yang merasa kurang bersemangat dan mungkin malas ketika harus kembali bekerja setelah liburan, terutama setelah liburan tahun baru kemarin. Hayo siapa yang kayak gini, ngaku?! Jangan sampai hal seperti dibiarkan terlalu lama atau berlarut ya, karena bisa berdampak buruk pada habit yang sebelumnya sudah kamu lakukan sebelum liburan tahun baru kemarin.  

Jadi, coba deh lakukan beberapa tips berikut ini supaya kamu kembali semangat bekerja setelah liburan tahun baru:

1. Pikirkan hal-hal yang bikin kamu senang dalam bekerja

Logikanya nih, kalo kamu mencintai pekerjaanmu atau setidaknya lingkungan kerja seperti teman-teman adalah orang-orang yang menyenangkan maka hal ini bisa bikin kamu semangat kembali buat bekerja. 

Atau nih, pikirin deh cicilan dan tagihan yang harus dibayar setiap akhir bulan biasanya ngefek banget buat bikin kamu semangat bekerja setelah liburan. 

2. Buat To-Do-List 

Sebelum liburan pasti ada beberapa pekerjaan yang sudah dijalankan dan butuh follow up lebih lanjut. Atau ada program kerja yang memang akan dijalankan di tahun baru ini, untuk itu penting buat kamu membuat to-do-list supaya kamu mengetahui apa saja yang harus dikerjakan di hari pertama bekerja pasca liburan tahun baru. 

Dengan adanya to-do-list hingga jadwal kerja memudahkan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sesuai dengan timeline yang ada. Tentu, to-do-list ini membuat kamu menjadi semangat bekerja karena ingin segera diselesaikan sesuai deadline tentunya. 

7 Tips Menumbuhkan Semangat Bekerja Di Tahun Baru

3. Datang in time bukan on time

Buat aku sang morning person, datang lebih pagi membantu banget buat menghidupkan semangat bekerja terutama setelah liburan tahun baru kemarin. Hal-hal kecil yang hanya di pagi hari, seperti kebiasaan minum kopi dan sarapan mampu membuat aku jadi lebih bersemangat untuk bekerja. 

4. Mulai segala sesuatu secara perlahan, termasuk saat bekerja

Apa yang terburu-buru seringkali hasilnya tidak baik dan gak sesuai dengan apa yang direncanakan, karena itu jangan terburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaan terlebih ketika kamu memulai pekerjaan tersebut setelah liburan. Kalo dipaksakan yang ada nanti kamu jadi bad mood dan pekerjaan jadi gak selesai. 

Kerjakan sedikit demi sedikiti, nikmati prosesnya, perlahan tapi pasti ini jauh lebih baik. 

5. Stick with the plan 

Sebelumnya kan kamu sudah membuat to-do-list dan jadwal bekerja, nah kerjakan sesuai dengan list yang sudah kamu susun. Jangan dulu paksa diri kamu untuk bekerja lembur dan jangan juga menunda pekerjaan yang ada. 

Lakukan pekerjaanmu semaksimal mungkin di waktu kerja yang sudah ditentukan. Ketika istirahat, ya istirahat, ketika saatnya pulang ya pulang. Toh masih ada hari esok, dan ada keluarga yang menunggu di rumah. Inget, it's only your job not your life beb!

7 Tips Menumbuhkan Semangat Bekerja Di Tahun Baru

6. Jangan malu untuk asking for help jika perlu

Kebiasaan pekerja, ketika bekerja kadang suka gak enak untuk meminta bantuan pertolongan dari teman satu tim atau rekan kerja, padahal hal tersebut gak papa loh buat dilakukan. Terutama jika kamu merasa tertinggal dan kesulitan dalam menyelesaikannya, just asking for help beb. 

Meminta bantuan bukan menunjukkan bahwa kamu tidak mampu melakukan pekerjaanmu tapi kamu hanya belum siap untuk melakukannya sekarang. 

7. Jangan terpengaruh dengan teman

Pasca liburan tahun baru, mungkin ada teman kerja yang masih terbawa suasana malas untuk bekerja. Nah, jangan biarkan hal ini mempengaruhi kamu ya. Tetap fokus dengan to-do-list dan jadwal kerja yang sudah kamu buat dan kerjakan semua sesuai list tersebut. 

Ingat, bahwa hal yang paling utama tentu saja kembali fokus ke dalam masalah kerja. Lupakan euforia liburan, karena masa tersebut sudah selesai dan sudah saatnya kamu untuk mengembalikan kembali mood bekerja agar bisa fokus dan semangat mencari cuan. Ingat, selain membayar tagihan dan cicilan, kamu bekerja menghasilkan cuan juga untuk liburan lagi bukan?

22 komentar

  1. Kayanya tips terakhir itu yang perlu dikunci, ya. Udah berusaha semangat gimana, liat temen masih slow bisa down juga.

    BalasHapus
  2. to do list nih penting banget sih untukku, aku yang di rumah saja selalu bikin to do list untuk kegiatan sehari-hari dan membiasakan juga mulai dari pagi hari.

    BalasHapus
  3. yang paling mempengaruhi semangat bekerja itu memang di pagi hari, makanya untuk tahun 2023 ini harus bangun pagi dan langsung lanjut aktivitas termasuk mandi pagi, sarapan dan ngga lupa ada work out tipis-tipis juga. Seneng deh kak, bisa nularin semangat kerja kayak gini!

    BalasHapus
  4. to do list penting nih..karena dari sana bisa tahu apa aja yang akan dikerjakan, dan harus diselesaikan sehingga semua selesai sesuai waktunya.

    BalasHapus
  5. Tapi kadang temen emang sengaruh itu sih. Apalagi kalau temen2nya pada semangat juga, beneran jadi meningkatkan semangat diri kita juga gitu.

    BalasHapus
  6. Hihi... cicilan dan utang tuh bisa jadi pemicu untuk semangat kerja juga ya Kak.
    Yuk ah masih di bulan pertama 2023, masa udah nggak ada semangatnya. Semoga kita tetap bersemangat kerja sepanjang 2023 ini ya, kalau semangat melemah, tinggal baca dan terapkan tips yang ada di artikel ini

    BalasHapus
  7. To do list ngaruh banget sih, to do list perhari dan perbulan untuk target besarnya udah tercapai atau belum, trus bisa koreksi kalau meleset atau kurang lancar dari bulan kemarin. Tapi selow aja yg penting to do list tiap hari dikerjakan

    BalasHapus
  8. Hal yang bikin aku semangat kerja adalah adanya gajian tiba. Hahaha. Btw sama mba kayak aku tipe morning person. Makanya happy kalau masuk kerja pagi

    BalasHapus
  9. Semangat tahun baru karena target yang ingin dicapai dan proses. Tetap semangat bekerja dan berdoa .energi ini harus sama sampai Desember jangan loyo

    BalasHapus
  10. beneeer itu kalau ingat hutang jadi semangat kerja :D Alhamdulillah masih ada pekerjaan buat sumber income.
    tentang to-do list and stick to the plan itu belajar disiplin juga yah. Banyak godaan dari sekitar tapi kalau disiplin dengan hal yang sudah kita tetapkan, bekerja akan lebih mudah.

    BalasHapus
  11. Setuju banget mbak datang awal di kantor bisa bikin mood lebih baik. Kalo udh telat pasti deh kacau seharian moodnya. Bikin to do list juga oke bgt supaya kerjaan kita lebih terarah ya

    BalasHapus
  12. Tambah lagi maak Bekerja adalah Ibadah jadi supaya semangat anggap saja ibadah dapat pahala jd mengerjakannya dengan sungguh2 tidak hanya semata2 butuh gaji.

    BalasHapus
  13. Yashhhh, semangaattt utk kerja dan berkontribusi positif yahhh.
    Semoga Allah ridhoi semua activity yg kita lakukan.
    Aamiiin aamiin YRA

    BalasHapus
  14. Tahun baru buatku juga hanya numpang lewat doang. Kayaknya hanya ganti angka saja pada tahun dan tanggalnya.

    Sampai ngos-ngosan ngegarap laporan akhir tahun. Alhamdulillahnya lagi di akhir tahun ini kerjaan melimpah. Masya Allah. Pengen ngeluh karena capek tapi malu, harusnya bersyukur dikasoh kerjaan yg luar biasa.

    Bikin To do List ini pentinf banget emang. Kelihatannya simple, rencana apa saja yg mau dilakuin, tapi pas difollow up akan ketahuan semuanya. Mana yg oke, mana yg perlu doperbaikon lagi.

    BalasHapus
  15. Iyaa bener banget kalau malas bekerja harus ingat cicilan dan tagihan yang harus dibayar hehe, terus kudu teman yang semangat juga kalau letoy memang jadi menular malasnya ya

    BalasHapus
  16. Masya Allah makasih ini tipsnya Mbk, jujur sempat down juga nih awal tahun tapi ada fee belum cair, pengeluaran banyak dan perlu banget nambah penghasilan heheh

    BalasHapus
  17. Ada memang pekerja yang masih terbawa euforia liburan akhir tahun, aku masih ingat dengan suasana kerja dulu di kantor. Jadi temannya yang giat kerja malah terganggu. Aku dulu pun langsung bikin to do list agar lebih mudah memetakan mau kerja yang penting atau yang dibutuhkan dulu dibanding yang lainnya

    BalasHapus
  18. Betul banget, disatu sisi liburan tuh buat kita lebih relax ,tapi sisi lainnya juga malah jadi mager keenakan liburan
    Aku sepakat soal buat todolist, membantu banget untuk menjalani kerjaan

    BalasHapus
  19. Makasih tipsnya. Aku dulu pas masih kerja sama orang, habis libur panjang tuh rasanya mager buat balik kerja. Mana gak sering pulang juga. Ya sudah berlalu sih itu, hehehe. Sekarang mau coba bikin to-do-list juga biar semangat

    BalasHapus
  20. Produktifitas dalam bekerja ini kudu tetap dijaga agar semua to do list dan goals bisa terpenuhi.
    Semoga 2023 lebih banyak kebahagiaan, lebih banyak hal-hal bermakna yang terjadi.

    BalasHapus
  21. To do list ini penting banget ya mba... Kalau aku bikin biasanya bulanan, mingguan, lalu harian. Jadi selalu ada yg di checklist

    BalasHapus
  22. Setuju semua ka Ai.. to do list selalu biar gak bingung kerjain apa dulu. Dan bener banget kerjain dengan perlahan jangan buru2 itu booster ka. Perlahan dan dinikmati itu rasanya lebih nyaman bekerja

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)