Mudah Banget! Ini Cara Membuat Hot Chocolate Omela yang Enak dan Gurih

Rabu, 22 Maret 2023

Kamu suka minuman panas yang manis dan creamy? Tos dulu yuk, kita punya kesukaan yang sama. Menurut kamu, apa kira-kira yang identik dengan manis, gurih dan panas tersebut? COKELAT. Ya, betul sekali. Minuman hot chocolate memang menggugah selera.

Apalagi jika cuaca sedang dingin atau turun hujan. Secangkir cokelat panas ini pasti bisa menjadi teman yang menghangatkan suasana. Kamu bisa menikmatinya sambil membaca buku atau menonton drama romantis kesukaan.

Ngomong-ngomong soal hot chocolate, apa kamu sudah pernah membuatnya? Kalau belum dan kamu ingin mencoba membuatnya sendiri kamu bisa lho ikutin resep hot chocolate Omela ini.

Mudah Banget! Ini Cara Membuat Hot Chocolate Omela yang Enak dan Gurih

Namun sebelum menuju ke resep, ada baiknya kamu ketahui dahulu asal usul coklat panas ini dan apa saja manfaatnya. Silakan kamu simak informasi berikut ini.

Hot Chocolate: Asal Usul dan Manfaatnya

Jika mendengar cokelat panas, kamu pasti langsung membayangkan segelas cokelat panas yang pekat dengan rasa manis dengan sensasi pahit dan gurih. Apa yang kamu pikirkan tersebut tak salah karena yang dimaksud di sini memang minuman berwarna cokelat yang menggiurkan. 

Well, tahukah kamu bagaimana asal usul minuman cokelat ini? Perlu kamu ketahui, minuman cokelat panas ini diyakini pertama kali dibuat oleh suku Maya. Yakni sekitar 2.000 tahun yang lalu. Lalu pada tahun 1400 Masehi minuman coklat panas ini menjadi bagian penting dari budaya suku Aztek.

Minuman ini kemudian menjadi populer di Eropa setelah dibawa dari Meksiko ke Dunia Baru (sebutan untuk benua Amerika). Setelah itu minuman cokelat panas mulai mengalami perubahan secara perlahan.

Saat ini, cokelat panas bisa kamu temukan di seluruh dunia. Bahkan minuman ini sudah tersaji dalam berbagai jenis seperti cokelat panas encer yang biasa diminum oleh warga Amerika Serikat. Kemudian cokelat panas kental yang menjadi favorit warga di negara Italia. 

Mudah Banget! Ini Cara Membuat Hot Chocolate Omela yang Enak dan Gurih

Tak hanya jenisnya saja yang beragam, bahkan pembuatan minuman cokelat panas ini juga ditambahkan dengan bahan lain. Tujuannya tentu saja untuk menambah rasa dan aroma dari minuman cokelat panas tersebut. 

Di negara Amerika Serikat, minuman ini biasanya dibuat dari bahan cokelat bubuk dengan campuran air panas atau susu. Rasanya sangat manis dan masyarakat di negara juga sering menyajikannya dengan marshmallow, krim kocok atau potongan cokelat padat.

Akan halnya Meksiko, negara ini menyukai cokelat panas yang dibuat dari bahan cokelat bubuk atau coklat manis. Bahan dasar tersebut kemudian dicampur dengan kayu manis, gula serta vanili. Minuman ini biasanya disajikan dengan berbagai jenis roti dan kue-kue khas Meksiko.

Adapun negara Eropa, minuman ini memiliki tekstur yang sangat kental karena terbuat dari coklat murni. Negara-negara Eropa seperti Jerman, Spanyol, Belgia serta Inggris, semua memiliki ciri khas minuman cokelat yang kental. 

Lalu adakah manfaat minuman cokelat panas ini? Tentu saja, minuman ini memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan tubuh, seperti:

  1. Bisa menjaga fungsi otot dan saraf
  2. Dapat meningkatkan fungsi kognitif
  3. Membantu mengurangi peradangan
  4. Dapat memperkuat sistem imun
  5. Bisa membantu menurunkan berat badan
  6. Sangat membantu memperbaikain mood

Sudah tahukan sejarah serta manfaat minuman cokelat panas ini. Jadi kamu tak perlu takut dan khawatir saat ingin meminumnya. So, mari lanjut ke resep dan cara pembuatannya di bawah ini. 

Hot Chocolate Omela: Resep dan Cara Membuatnya

Hot chocolate Omela bisa dikatakan minuman mewah yang harganya lumayan jika kamu membelinya di cafe atau tempat-tempat tertentu. Padahal sebenarnya kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, karena bahan-bahannya sangat mudah ditemukan dan cara membuatnya pun gampang. 

Mudah Banget! Ini Cara Membuat Hot Chocolate Omela yang Enak dan Gurih

Resep ini sangat sederhana karena hanya membutuhkan 5 bahan saja, yaitu:

  • Cokelat bubuk 2 sdm
  • Gula pasir 1 sdm
  • Omela Krim 4 sendok makan
  • Air 250 ml
  • Sedikit garam

Cara membuat:

  • Panaskan kompor lalu didihkan air.
  • Setelah mendidih masukkan gula dan Omela, lalu aduk sampai tercampur rata kemudian matikan kompor.
  • Selanjutnya, tambahkan cokelat bubuk dan garam, aduk hingga benar-benar tercampur rata.
  • Tuang dalam gelas atau cangkir dan hot chocolate siap untuk kamu nikmati.

Bagaimana, mudah bukan cara untuk membuatnya? Karena kamu sudah tahu resep dan cara membuatnya yang super gampang, mulai sekarang yuk bikin sendiri hot chocolate di rumah, Jangan lupa pakai Omela, ya. 

Membuat minuman #palingpasdenganOmela! Omela Krimer Kental Manis dengan rasa gurih dan lezat, dapat digunakan untuk menambah kenikmatan berbagai minuman favorit. Dengan Omela, minuman menjadj luar biasa, aroma menggugah selera, tekstur menggiurkan mata, dan rasa nikmat istimewa. Ayo coba Omela, dapat pujian berlimpah!

20 komentar

  1. karena aku team yang gabisa kena kopi-kopian, hot chocolate adalah jalan ninjaku hehe. Aduh jadi mau beli sih si omela ini buat stock selama di rumah dan habis berbuka puasa, malem2 bayangin minum ini nikmat deh

    BalasHapus
  2. aku sukaaa hot chocolate. Makasih resepnya yaa Mbak Aie. ternyata bahannya simple banget.

    BalasHapus
  3. Oh pakai garam ya. Mpo biasa bikin tanpa garam. Btw tanya dong fungsi garam buat apa? Nanti di coba dirasain antara pakai garam dan tidak.

    BalasHapus
  4. saya juga suka banget minum hot chocolate, tapi selama ini seduh yang udah siap jadi aja sih, ternyata buat pake Omela simple banget ya Mbak, kapan-kapan mau coba juga nih, makasih resepnya Mbak ;)

    BalasHapus
  5. Sepertinya enak nih buat berbuka apalagi di Padang kalau menjelang magrib suka hujan jadi pas banget minumnya yang anget kayak ini. mumpung ada stok omela juga di rumah

    BalasHapus
  6. Wah, baca resepnya aja sudah terbayang kelezatannya
    Ini akan sangat cocok jadi hidangan saat buka puasa

    BalasHapus
  7. sekarang kayaknya lagi viral nih minuman coklat kayak gini dijual dan laku keras. resep ini bisa jadi pilihan nih kalau mau bikin minuman coklat kekinian gitu

    BalasHapus
  8. Nyium wangi coklat panas aja udah bikin relax. Apalagi diseruput sedikit demi sedikit. Enak banget deh pasti

    BalasHapus
  9. Ternyata resep enak membuat hot chocolate ini ada campuran sedikit garam ya..
    Dan jangan lupa, Omela Krim.
    Rasa hangatnya diminum ketika sahur bisa memberi tenaga di sepanjang hari hingga berbuka.

    BalasHapus
  10. Mudah banget bikinnya ya Mba, tinggal kasih coklat, gula, omela jadi deh. Paling suka ama Hot Chocolate. Temen buat sahur nih atau takjil juga oke.

    BalasHapus
  11. Dengan 5 bahan aja udah bisa nih bikin hidangan yang nikmat.
    Bisa banget yak buat jadi hidangan berbuka, atau pas buat camilan

    BalasHapus
  12. Berbukalah dengan yang manis makanya aku Suka banget sma minuman coklat panas bikin perut hangat juga

    BalasHapus
  13. Kebetulan nih masih ada cokelat bubuk di rumah. Nanti mo coba bikin ah buat buka puasa. Tinggal beli omelanya doang.

    BalasHapus
  14. Paling enak bikin minuman coklat anget trus kasi topping marshmallow :D
    Kupikir tadinya Omela ini minuman coklat ternyata dia krimernya yaa. Wah asyik nih, gak cuma bikin coklat, bahkan kalau bikin kopi atau susu bisa dicampurin ini juga ya mbak?

    BalasHapus
  15. Oh ditambah garam juga ya. Biasanya aku bubuk cokelat dan kental manis aja. Belum pernah nyobain merk Omela nih.

    BalasHapus
  16. Penasaran sama si Omela ini, jadi pengen bebikinan sesuatu yg praktis dan disukai anak-anak deh pakai Omela, contek resepnya yah mba

    BalasHapus
  17. Duh, enak banget aku suka menikmati saat letih dan capek, atau kondisi hujan. Anak-anak juga suka

    BalasHapus
  18. Kalau Musim hujan enak nih minum hot coklat apalagi tambah pisang goreng.ah nikmatnya

    BalasHapus
  19. Wah..gampang ya ternyata buatnya, udah gak mesti ke cafe lagi nih klo mau hot cokelat bisa buat sendiri di rumah.. makasih mba resepnya

    BalasHapus
  20. Andalan aku banget ini minuman begini kalau lagi banyak deadline dan sambil minum santai sama doi. Jadi mood booster banget deh. Aku coba praktekin deh resepnya kaka

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)