5 Aplikasi Wajib Ada di Smartphone Content Creator Versi Andiyani Achmad

Selasa, 09 Mei 2023

Sebagai pengabdi konten, banyak momen yang bisa aku abadikan dan dikemas lebih menarik untuk nantinya tayang di media sosial milik pribadi. Makanya, penting banget install beberapa aplikasi untuk mendukung derasnya kreatifitas dalam membuat konten. Berikut adalah 5 Aplikasi Wajib Ada di Smartphone Content Creator Versi Andiyani Achmad. Shall we start the list now?

IndiHome

Tak terasa sudah delapan tahun aku berkutat di dunia digital media, terutama media sosial. Meski awalnya proses membuat konten dilakukan untuk mengisi media sosial client, lalu akhirnya memutuskan untuk memaksimalkan akun media sosial pribadi dan juga blog. Dengan bekal ilmu yang bisa dibilang cukup untuk optimasi akun media sosial pribadi dan juga blog, aku pun mulai bisa mengumpulkan cuan-cuan hasil dari bikin konten tersebut. 

Tentu, tak hanya bekal ilmu dan skill untuk bisa menjadi content creator handal yang menghasilkan pundi-pundi uang. Aku juga wajib memiliki 5 aplikasi berikut di smartphone agar bisa menghasilkan konten yang dilirik oleh calon client nantinya. Well, berikut adalah 5 aplikasi wajib ada di smartphone content creator versi Andiyani Achmad:

1. Canva

Hari gini siapa sih yang gak ngedit desain foto dan video di aplikasi Canva? Ya, di dalam aplikasi Canva banyak kumpulan template foto, musik, ilustrasi, bingkai dan video yang bisa digunakan untuk mempercantik konten di media sosial maupun blog. Kamu juga bisa mengatur ukuran konten sesuai kebutuhan. 

IndiHome

Gak perlu jago editing, karena Canva ramah kok untuk pemula yang ingin menggunakan aplikasi ini. Yang aku suka, tampilan dari Canva sangat user friendly jadi memudahkan siapapun untuk menggunakannya. 

Canva dapat membantu content creator dalam pembuatan konten visual yang menarik dan berkualitas seperti membuat header blog, poster, infografis, cover media sosial, dan lain sebagainya. Gimana udah install belum?


2. CapCut

Untuk edit video biasanya aku menggunakan CapCut, ya CapCut adalah aplikasi editing video yang saat ini sedang populer terutama bagi content creator TikTok. Creator dapat memotong dan menyambung video, menambahkan efek dan transisi, serta menambah musik dan teks menggunakan aplikasi ini. 

IndiHome

Fitur menarik lainnya dari aplikasi ini yaitu telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi lain, seperti TikTok jadi kamu bisa langsung memasukkan musik dari TikTok. Creator juga dapat membagikan video hasil editannya langsung di berbagai platform media sosial lainnya. Tenang, hasil editannya mulus dan HD lho!


3. Evernote

Berhubung belum ada manager yang bantuin buat bikin konten, maka aku memerlukan platform untuk menyimpan dokumentasi ide konten sampai jadwal publish dan Evernote adalah jawabannya. 

IndiHome

Aplikasi ini gratis dimana kamu bisa menyimpan semua ide konten, agenda visit event, hingga caption secara digital. Udah gitu ya, aplikasi ini juga sudah ada fitur Web Clipper untuk membantu menyimpan dokumen dalam bentuk web, gambar, sampai PDF. 


4. Inshot

Selain CapCut, aku juga install Inshot sebagai aplikasi editing video dengan efek Glitch, tambah musik, filter, teks, stickers, latar blur, dan lain-lain. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan untuk pengeditan foto dan video bagi pemula.

IndiHome

Fitur yang dimiliki oleh Inshot juga cukup lengkap seperti cropping, rotate, filter, efek, pengaturan komposisi warna, penambahanan suara pada video, pengaturan kecepatan video, bisa juga untuk collage foto. 


5. Pinterest

Yes, Pinterest adalah sumber ide konten yang visualisasinya sangat bagus hingga memudahkan kamu untuk mendapatkan ide konten ketika merasa buntu. Kamu cukup membuka Pinterest dan ketik keyword dari konten yang kamu inginkan maka ribuan ide konten akan keluar bisa kamu amati, tiru dan modifikasi.

Segala ide konten ada di Pinterest, mulai dari Fashion, Lifestyle, Food, Traveling, Digital Media hingga Financial. Yang paling aku suka, di Pinterest aku juga bisa mendapatkan ide background untuk mendesain konten foto yang akan aku gunakan untuk update blog. 

IndiHome

Nah, 5 aplikasi tersebut ada di smartphone aku yang membantu untuk pembuatan konten hingga bisa menghasilkan cuan. Hanya, kadang ketika ide konten sudah ada dan footage video terkumpul rapi tapi kalo akses internet gak mendukung proses pembuatan konten menjadi terhambat dan itu bisa bikin bete banget. 

Namun, sejak di rumah menggunakan internet provider dari IndiHome semua kreatifitas dalam membuat konten bisa tertuang dengan sempurna. IndiHome dari Telkom Indonesia  memberikan ruang untuk para pengabdi konten seperti aku ini dalam kebebasan akses internet stabil, telepon rumah yang jernih, dan tayangan TV interaktif populer. 

Dengan adanya IndiHome dari Telkom Indonesia sebagai internet provider yang memberikan akses internet cepat membantu para pencari cuan melalu internet merasa termudahkan. Tak hanya itu, bekerja dan belajar dari rumah juga lebih menyenangkan, lho. 

Oia, spill dong aplikasi yang ada di smartphone kamu sebagai content creator? 

27 komentar

  1. Canva sih paling wajib ada di smartphone. Bener tuh, nggak perlu jago editing, karena udah ada templatenya dan lengkap, tinggal gonta-ganti text or pic sesuai mau kitaaa.. Canva best, xixixi!

    BalasHapus
  2. Aku masih rada alergi sama beginian, entah karena males adaptasi atau terbiasa jalur ribet, hahaha. Edit foto maunya di photoshop, edit video maunya di filmora. Terus, untuk catatan aku lebih prefer pake Trello sih sualnya lebih enak buat workflow

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai preferensi dan kebutuhan masing-masing ya mas, personal atau kebutuhan brand.

      Hapus
  3. Wah iya, bener ini mbak
    Aku juga install beberala aplikasi yang mbak sebutkan disini
    Kelima aplikasi ini sangat memudahkan konten kreator dalam memproduksi konten ya

    BalasHapus
  4. Wah, Mba Aie.. Saya yang belum ada evernote sama pinterest doang. Pinterst cendrung via browser bukan aplikasi. Kalau evernote baru denger nih. Jadi kaya notebook gitu kah buat nyimpen2 ide?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pinterest aku install aplikasinya juga mba di hape, kadang ngebantu buat ide konten dikala mepet

      Hapus
  5. terima kasih mba, hampir samalah yang ada di Hp aku, cuma yang evernote aku belum pasang. maulah nyobain pasang mana tahu bisa bikin aku tambah smart aja, hahaha

    BalasHapus
  6. Bener banget, aplikasi ini sangat membantu pekerjaan sebagai konten kreator termasuk penulis, bahkan akhir-akhir ini aku suka banget buka Pinterest buat nyari ide tulisan, soalnya ada banyak sekali ide dalam bentuk grafis atau gambar yang bisa dikembangkan menjadi bahan tulisan.

    BalasHapus
  7. aku ga pake inshot, evernote dulu pernah pake trus ga dimaksimalin. nanti mau coba utak-atik evernote lagi.
    kalo lainnya ada doong di hp juga :)

    BalasHapus
  8. Dari kelima aplikasi di atas, yang sama cuma Canva sama CapCut aja nih. Keduanya memang sangat mempermudah kerja kita ya, Mak.. Sangat membantu orang-orang yang pada dasarnya gaptek kayak saya.

    BalasHapus
  9. Yang belum aku pake cuma Evernote nih, karena gak tahu cara makenya dan gak tahu gunanya. Wah ternyata berguna banget untuk nyimpen ide kita yaa, asyik juga yaa. Makasih ya dah kasih tahu cara pakai Evernote mbak ,

    BalasHapus
  10. Semuanya aku pake, dan ada di hp semua kecuali evernote. Soalnya aku tim yang ga pernah bikin mind map buat nulis, ngalir aja sih biasanya wkwkwk. Tapi bisa deh dicoba biar ide yang udah ada ngga ilang.

    BalasHapus
  11. Evernote belom ada nih molly. Otw donlod ahh, yg lainnya ada semua. Tapi kalo canva lebih enak di laptop. Lebih luas.

    BalasHapus
  12. Untuk edit video aku terbiasa pakai InShot. Ini aplikasi paling mudah terutama buat ibuk2 hahaha :D AKu juga sudah pernah coba CapCut sih. Semua bagus2 ya dan memudahkan kita edit2 video dengan fitur menarik. Pakai internet cepat IndiHome sangat mendukung aktivitas online kita.

    BalasHapus
  13. Wah cuma Evernote yang tidak terpasang di hapeku, dulu udah pernah install. Karena nggak aku gunakan, akhirnya dihapus aja deh. Tapi karena kerja di rumah, seneng bisa akses aplikasi tanpa ribet dengan jaringan wifi Indihome yang udh berlangganan sejak tahun 2013

    BalasHapus
  14. Saya nyari aplikasi edit foto yang gampang bagi pemula. Inshot kayaknya cocok ya Mbak Aie.

    BalasHapus
  15. keren banget aplikasinya emang mendukung banget buat konten kreator deh, apalagi InShot, aku juga pake nih. Kalau Evernote pernah pasang terus lepas lagi. Sehappy itu ya jadi konten kreator.

    BalasHapus
  16. Saya baru ada Canva dan capcut nih. Hanya saja saya kayak 'kehabisan' waktu untuk membuka aplikasi itu dan mendalaminya.

    Semoga besok-besok bisa edit-edit video atau foto biar menarik.

    BalasHapus
  17. Dari semua aplikasi yang sudah aku coba, belum nyobain yang evernote.
    betul banget kalau konten kreator butuh banyak aplikasi pendukung agar kerjaan jadi lancar dan hasilnya bagus

    BalasHapus
  18. Pinterest sama Canva, aku pakainya website sih gak aplikasi. Biar HP gak keberatan juga. Untuk aplikasi edit video, pakai karena lebih gampang ngaturnya di HP. Tinggal seriusin aja karena aku terlalu mager

    BalasHapus
  19. Pinterest sama Canva, aku pakainya website sih gak aplikasi. Biar HP gak keberatan juga. Untuk aplikasi edit video, pakai karena lebih gampang ngaturnya di HP. Tinggal seriusin aja karena aku terlalu mager

    BalasHapus
  20. evernote yang aku belum pernah install yang lainnya udah install atau udah pernah nyobain praktek juga. moga bisa serius jadi content creator

    BalasHapus
  21. Aku lagi ketagihan pake capcut, hihihi..
    Rasanya asal ada internet, berkonten ria jadi semakin menyenangkan dan memudahkan.

    BalasHapus
  22. 5 aplikasi ini memang andalan semuanya bagi para pegabdi konten hehehe. Aku paling sering pakai canva. Bikin di canva enak banget. Gampang buat aku yang gak jago blas bikin grafis. Pakai indiHome memang enak ya. MAu bikin konten apapun gampang soalnya internetnya lancar dan stabil.

    BalasHapus
  23. Bener banget mb, itu aplikasi ada di HP aku karena memang lebih praktis cuma evernote aja aku yang belum pernah instal.

    BalasHapus
  24. aq baru punya canva, capcut dan pinterest

    BalasHapus
  25. Wah ini aplikasi wajib untuk para pegiat konten digital, keren mba. Btw salam kenal

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)