Pengalaman Memberikan ASI Ekslusif untuk Darell dan Review Pompa ASI Gabag Maximo Breastpump

Minggu, 10 Desember 2023

Ada rasa bangga pada diri ini karena sebagai ibu yang juga bekerja telah berhasil memberikan ASI Eksklusif untuk Darell meski dengan segala drama didalamnya. Masih ingat bagaimana pusing, stres, hingga sulitnya mengatur waktu untuk menyiapkan ASI perah untuk Darell selama ditinggal pergi bekerja. Ah jadi rindu rasanya, karena itu di tulisan kali ini aku akan berbagi "Pengalaman Memberikan ASI Esklusif untuk Darell dan Review Pompa ASI Gabag Maximo Breastpump". Shall we start the story now?

Pompa ASI Gabag Maximo Breastpump

Sebagai ibu baru tentunya aku merasa bingung, seberapa banyak ya ASI perah yang harus disiapkan untuk Darell selama ditinggal pergi bekerja. Karena selama cuti melahirkan, Darell selalu direct breastfeeding jadi memang butuh trik jitu agar manajemen ASI tepat, lancar dan sukses.

Sedikit cerita, saat Darell bayi itu belum begitu banyak perkantoran yang menyediakan ruangan untuk memompa ASI. Inget banget hari pertama bekerja dan harus melakukan pompa ASI, aku melakukannya di toilet kantor. Tentu hal ini tidak higienis dan risiko ASI terkontaminasi bakteri akan besar. Alhamdulillah aku gak sendiri, ada beberapa teman yang juga memompa ASI jadi kantor akhirnya menyiapkan satu ruangan khusus untuk kami pompa ASI. 

Manajemen ASI Perah untuk Ibu Bekerja

FYI, saat itu aku bekerja di salah satu kantor pengacara di kawasan Sudirman, jadi memang cukup sering lembur. Makanya diawal-awal ASI-ku sempat mampet karena stres dan belum terbiasa dengan manajemen ASI perah. Ini tentu menjadi sebuah tantangan besar untukku agar bisa berhasil memberikan ASI Eksklusif dengan beberapa kiat-kiat berikut ini: 

1. Pumping Sesuai Jadwal

Ya, aku membuat jadwal memerah ASI di kantor yang biasanya 3 jam sekali. Jadwal memerah ASI ini juga aku komunikasikan pada HR, atasanku hingga rekan kerja lainnya sehingga ketika jadwal aku memerah ASI mereka sudah mengetahuinya dan tahu harus mencariku dimana. FYI, saat itu belum banyak smartphone ya, jadi komunikasi masih menggunakan email dan telepon kantor maupun BBM (BlackBerry Messaging). 

Jadwal perah ASI 3 jam sekali ini aku lakukan karena jarak antara kantor dan rumah tidak memakan waktu yang cukup lama, rata-rata berkisar kurang lebih 30 menit menggunakan sepeda motor. 

2. Sediakan Stok ASI

Hari-hari pertama kembali bekerja memang menjadi momen yang sangat berat karena harus meninggalkan bayi di rumah dan tak bisa setiap saat menyusui. Agar kebutuhan ASI anak tetap terpenuhi, sebaiknya menyediakan stok ASI di rumah dengan cara memompanya. 

Di sini aku belajar untuk memompa ASI, cara penyimpanan ASI yang tepat, dan mengajarkan pengasuh atau orang yang tinggal di rumah untuk memberikan ASI ke Darell setiap diinginkan. 

3. Perah ASI di Kantor

Seperti yang sudah aku sebutkan, aku memang membuat jadwal perah ASI ketika kembali bekerja. Biasanya nih per 3 jam sekali sampai jam pulang kantor. Memang membutuhkan waktu untuk memerah ASI untuk itu baiknya komunikasikan pada atasan dan rekan kerja kapan dan dimana memerah ASI. Saat memompa ASI usahakanlah fokus agar hasilnya optimal.

Saat itu aku menggunakan pompa ASI dari Gabag yang memang baru banget launching dan harganya pun cukup terjangkau. Pompa ASI Gabag memang bagus banget, ASI yang keluar banyak dan daya hisapnya juga kuat. Nah, untuk reviewnya aku tulis diakhir ya buibu. 

Pompa ASI Gabag Maximo Breastpump


4. Simpan ASI di Tempat Aman

Jaman aku memerah ASI cukup sulit untuk mencari wadah ASI perah, malah ya aku pernah pakai botol minuman vitamin c itu lho. Namun, karena banyak ngobrol dengan teman pompa ASI di kantor jadinya mereka memberikan rekomendasi beberapa wadah ASI yang bagus. 

Untuk menyimpan ASI perah memang harus ditempat yang aman dan steril, busui bisa simpan ke dalma botol khusus ASI dan tempelkan label pada botol berikut informasi seperti tanggal, jam, dan lainnya kemudian masukkan ke dalam kulkas.

Atau jika mungkin kulkas di kantor tidak bisa menampung jumlah botol ASIP dan agar lebih aman busui bisa memasukkan botol berisi stok ASI itu ke dalam tas khusus menyimpan ASI. FYI, sebenarnya ASI masih aman berada di suhu kamar (antara 19 dan 26 derajat Celcius) selama enam sampai delapan jam.

5. Menyusui di Malam Hari

Begitu pulang ke rumah, kamu bisa menyusui langsung dan simpan stok ASI yang diperah di kantor untuk cadangan esok hari. Dengan menyusui secara langsung, bonding dengan anak tetap terjalin. 

Momen menyusui langsung adalah momen yang paling aku sukai, karena bisa langsung melihat Darell  dan juga bisa meningkatkan hormon prolaktin yaitu hormon yang mendorong produksi ASI lebih tinggi. Jadi, produksi ASI akan lebih melimpah. 

Review Pompa ASI Gabag Kolibri Maximo Breastpump 

Setelah lebih dari 10 tahun, banyak inovasi yang diberikan oleh Gabag untuk membantu busui dalam memompa ASI. Salah satunya yaitu Gabag Handsfree Breastpump Kolibri Maximo Breastpump, The Most Seamless Breastpump. 

Pompa ASI Maximo merupakan inovasi baru yang lebih praktis, modern dan mudah digunakan. Pompa ASi ini memiliki media simpan berbentuk cup sehingga bisa digunakan secara mobile tanpa harus dipegang dan tidak perlu menggunakan bra khusus menyusui (handsfree). Dengan 3 mode hisapan yang membuat aliran ASI semakin lancar yaitu

  • Mode Unique Suction: merupakan mode yang dirancang khusus seperti hisapan bayi, sehingga akan memudahkan busui untuk berada di fase Let Down Reflex.
  • Mode Expression Suction: merupakan mode yang dirancang untuk menjaga aliran ASiI agar tetap lancar dan stabil.
  • Mode Automatic: merupaka mode stimulasi yaitu perpaduan dari Unique Section (mode isapan bayi) dan Massage yang bergantian secara otomatis.

Untuk level hisapan, terdapat 12 level yang bisa diatur sesuai kenyamanan busui. Suara hisapannya rendah sehingga tidak mengganggu bayi ketika tidur. Untuk baterainya sendiri 1000 mAh dengan Rechargable Lithium Battery sehingga dapat digunakan sampai 4x pumping dalam sehari. 

Pompa ASI Gabag Maximo Breastpump

Kelebihan lain dari Gabag Handsfree Breastpump Kolibri Maximo Breastpump yaitu:

  1. Automatic off setiap 20 menit
  2. Standing cup, sehingga cup atau wadah ASi disimpan dengan posisi berdiri
  3. Ukuran corong bawaan adalah 24 mm
  4. Adaptor corong 21mm dan corong 27 mm dijual terpisah
  5. Daya tampung corong maksimal 180 ml
  6. Bergaransi selama 3 tahun terdiri dari 1 tahun full jasa service & sparepart dan 2 tahun free jasa service.
Cara menyalakan mesin Gabag Handsfree Breastpump Kolibri Maximo Breastpump:
  • Tombol power ditekan dan tahan selama 3 detik
  • Untuk mengganti mode perah cukup tekan tombol perah 1x saja
Untuk harga, pompa ASI Maximo dari Gabag dibandrol dengan harga Rp1,5 jutaan, cukup terjangkau dimana bisa membantu busui dalam stok ASI selama bekerja. 

Nah itulah cerita pengalaman memberikan ASI Eksklusif untuk Darell selama aku bekerja dan juga review pompa ASI Gabag Maximo Breastpump. Alhamdulillah Darell mendapatkan haknya atas ASI eksklusif 6 bulan pertama meski dengan berbagai drama sebagai ibu baru di dalamnya. Pesanku sih pastikan kamu selalu enjoy dan rileks dalam memperjuangkan ASI sehingga dapat terus memberikan ASI pada buah hati tercinta. Pokoknya, semangat mengASIhi terus ya!

21 komentar

  1. saluutt banget deh tiap kali denger cerita perjuangan ASI dari ibu bekerja gitu, perjuangan banget untuk tetap bisa memberi yang terbaik sampai pumping di manapun ada kesempatan. Enak kalau didukung fasilitas yang memadai juga ya seperti alat pumping yang enak dan praktis kayak Gabag ini.

    BalasHapus
  2. Mengasihi perjuangannya luar biasa ya mak apalagi sambil kerja. Darell lucu banget pas kecil.. udah kelihatan ganteng 😍
    Btw handfree ya, sebagai emak yg suka multitasking aku turut senang ada inii

    BalasHapus
  3. Ternyata pemberian ASI pada anak itu ada pengelolaannya, manajemen yang baik ya mak. Pompa ASI Gabag Kolibri Maximo Breastpump ini bisa menjadi solusi tepat bagi para busui supaya si kecil dapat ASI yang banyak dan berkualitas. Pengalamannya bagus sekali diceritakan di sini mak Aie. mantap!

    BalasHapus
  4. senangnya sudah ada pompa asi gabag kolibri maximo breastpump. apalagi dipakai handsfree jadi kita bisa mengerjakan yang lain dan lebih produktif :)

    BalasHapus
  5. Mirip dengan Fahmi putra saya nih Darel, pengalaman diberi ASI nya. Semoga sehat selalu tumbuh kembang maksimal ya...
    Sekarang ibu bekerja gak khawatir lagi kalau sudah ada produk yang sangat rekomendasi dan membantu dari Gabag.

    BalasHapus
  6. seneng banget kalo liat ibu mau mengasihi. apalagi udah ada alatnya yang super canggih. jadi mengasihi gak bikin sakit dong ya.

    BalasHapus
  7. Masya Allah.. sukses mengASIhi sekaligus sebagai ibu bekerja ya, Mbak. Keren banget!
    Dan 10 tahun lalu udah kenal GabaG, yang mengerti keperluan busui ya.. senengnya :)

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah aku juga berhasil menyusui kedua anakku eksklusif 6 bulan, Mak.. Ya walaupun tetep pas anak pertama mah adaaaa aja dramanya, yaa.. Aku yang ibu rumah tangga aja struggling banget. Makanya salut deh sama working mom yang tetap berkomitmen untuk memberi ASI eksklusif, dengan segala tantangannya..

    BalasHapus
  9. Di keluargaku hampir semua IRT. Jadi pas menyusui ya langsung aja. Kemarin ada tetangga yang jadi Ibu Pekerja. Jadi tahu kalau dia nyetok ASI, mompa juga pas istirahat kerja. Jadi anaknya tetap dapat ekslusif deh

    BalasHapus
  10. MashaAllaa~
    Seneng banget lihat senyumannya. Bahagia karena bisa mempersembahkan yang terbaik untuk anak dengan segala lika-likunya. Dan ternyata ditemenin sama produk ASI Gabag. Yang kini telah disempurnakan dalam Gabag Maximo Breastpump yang canggih.

    BalasHapus
  11. Pas anak kedua lahir, aku udah pake breastpump yang pake listrik juga, lebih banyak hasilnya sih ya daripada yang diperah manual. Apalagi kalau pakai merk GABAG, pasti tambah lantjaaar

    BalasHapus
  12. Ini yang selalu aku kasi tau kalau ada teman atau saydara hamil sebaiknya sediakan pompa ASI, mau dia kerja kantoran atau gak, karena manfaat pompa ASI emang baik untuk meningkatkan produktivitas ASI.
    Sekarang bentuk pompa ASI makin compact dan fungsionalnya bagus ya mbak kyk gabag kolibri maximo ini :D

    BalasHapus
  13. Gabag ini lengkap banget ya mak Aie, jadi lebih memudahkan para mommies untuk memilih perlengkapan bayi terutama pompa asi.

    BalasHapus
  14. Seneng banget kalau moment mengasihi terbantu oleh pompa asi seperti Gabag Kolibri ini. Terlebih suaranya ga berisik dan hanya butuh waktu 90 menit untuk sekali mengisi daya ya. Semoga para busui di luar sana selalu termotivasi untuk mengasihi buah hati

    BalasHapus
  15. pompa ASI sekarang semakin berevolusi lebih baik ya mak. Fiturnya bagus dan lengkap dan memudahkan para busui. pahalanya banyak nih yang menciptakan tekologi Gabag ini

    BalasHapus
  16. pompa asi maximo udah dilengkapi wadah untuk menyimpan ASI yaa, kapasitas 180 ml bisa masuk ke dua kantong asip tuh. Praktis banget lho, dari segi bentuk enggak pakai dipasang botol lagi kek pompa biasanya.

    BalasHapus
  17. ASI eksklusif tuh harta paling berharga buat bayi
    Beruntung yang bisa melakukannya sampai masanya habis
    Sudah lihat contohnya ke anak saya yang semuanya ASI alhamdulillah daya tahan tubuhnya kuat

    BalasHapus
  18. Salut banget untuk para ibu bekerja yang juga jadi pejuang ASI, harus telaten memerah ASI di kantor buat anaknya. Gabag memang produk terpercaya ya

    BalasHapus
  19. Cakep bener ya design maximo ASI Pump iniiiii.. Emang paling enak tuh pompa ASI elektrik ya mak, kita gaperlu capek, bisa disambi menyusui juga yaaa

    BalasHapus
  20. Pompa ASInya udah bagus banget ini yaa... Jadi ingat jaman dulu, pompanya yang manual bunder2 itu, duh lah sakitnya kalau dipakai. Semoga dengan adanya pompa ASI yang bagus gini makin memudahkan para ibu bekerja untuk memompa ASI sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sendiri.

    BalasHapus
  21. Keren banget diantara kesibukan bisa disiplin untuk bisa memberi Asi pada anak.., Jika asi banyak jangan pernah berpikir buat kasih anak sufor...tinggal sisihkan waktu. dulu aku Asinya gak keluar..ntah kenapa...,

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)