Pentingnya Stimulasi Multisensori Si Kecil Lewat Warna: Let’s Grow with Colors, Grow with Farlin!

Jumat, 08 Desember 2023

Warna memiliki peran penting dalam membantu tumbuh kembang anak, terutama di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dimana pada masa tersebut, anak membutuhkan berbagai stimulasi multisensori, mulai dari visual, auditori, aroma, pengecapan, dan stimulasi taktil. Untuk itu, yuk simak review “Pentingnya Stimulasi Multisensori Si Kecil Lewat Warna: Let’s Grow with Colors, Grow with Farlin!”. Shall we start the review now


Farlin, Grow with Colors

Warna merupakan salah satu stimulasi yang paling mudah dikenali oleh Si Kecil, hal ini disampaikan oleh dr. S. Tumpal Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A di acara Talkshow at IMBEX 2023, hari Sabtu, 2 Desember 2023. Lebih dari itu, warna ternyata memiliki peran yang sangat penting dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) Si Kecil.


Pentingnya Mengenalkan Warna pada Si Kecil Sejak Dini

Stimulus visual sebagai langkah awal dalam membantu bayi dan balita tumbuh sebagai pribadi yang kreatif serta matang secara intelektual dan emosional. Menurut dr. S. Tumpal Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A, bayi yang menerima rangsangan visual yang kuat dari warna, bentuk, dan pola menunjukkan pertumbuhan otak yang lebih kuat dan perkembangan visual yang lebih cepat. Lebih dari itu, mereka juga mengalami peningkatan perkembangan emosi, yang membantu mendorong rasa ingin tahu dan minat dalam menjelajahi dunia mereka.


Ya, warna merupakan salah satu stimulasi yang mudah dikenali oleh bayi dan balita dimana perbedaan satu warna dan warna lain akan membuat mereka lebih mudah mengenal bentuk, posisi, lingkungan sekitar, serta nuansa. Selain itu, warna juga dapat menstimulasi perkembangan penglihatan. Sebab, sel-sel di dalam mata akan bereaksi terhadap warna dan cahaya, sehingga jika tidak distimulasi oleh warna dan cahaya, maka penglihatan anak tidak akan berkembang.


Farlin, Grow with Colors


Di acara Talkshow at IMBEX 2023, dr. S. Tumpal Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A  mengatakan, “Stimulasi pertama bisa dimulai dari 1000 Hari Pertama Kehidupan anak atau dua tahun pertama kehidupan anak dengan juga mengoptimalkan nutrisi. Stimulasi pada anak dapat dikembangkan ketika bayi lahir, salah satunya dengan stimulasi visual melalui mata.” Stimulasi visual bisa dilakukan salah satunya dengan mengenalkan warna sejak dini pada si kecil. Dengan menggunakan media warna, maka stimulasi akan lebih mudah dan menyenangkan untuk anak. 


Orangtua bisa mulai mengenalkan warna-warna dasar pada si kecil mulai dari usia 2 bulan dengan memberikan barang-barang yang ada di sekitar rumah seperti kain, benang, maupun alat makan yang digunakan ketika ia masuk usia MPASI. Manfaat mengenalkan warna pada si kecil antara lain: 

  1. Stimulasi Sensori 

  2. Perkembangan Kognitif

  3. Stimulasi Kreativitas dan Imajinasi

  4. Pengenalan Objek dan Konsep

  5. Pengembangan Keterampilan Motorik

  6. Interaksi Sosial

  7. Perkembangan Bahasa


Mengingat banyaknya manfaat dari memberikan stimulasi multisensori pada si kecil lewat warna, maka orangtua dapat mengenalkan warna untuk pertama kali yang bisa dimulai dengan warna-warna dasar seperti merah, biru, hijau, atau kuning. Pengenalan warna ini bisa dilakukan dengan barang-barang sehari-hari yang ada di sekitar rumah, seperti sisir, teether, atau alat makan. 


Let’s Grow with Colors, Grow with Farlin

Jadi ya pas aku ke IMBEX 2023 hari Sabtu, 2 Desember 2023 kemarin memang sengaja untuk cek promo yang ada dan mau cari perlengkapan MPASI untuk anak yang saat usianya hampir 3 tahun. Sesampainya di Jakarta Convention Center memang sudah terlihat antrian masuk ke IMBEX 2023 yang cukup padat merayap. Lucky me sudah beli tiket secara online sehari sebelumnya.


Farlin, Grow with Colors

Tiba di dalam IMBEX 2023 booth pertama yang aku cari yaitu booth Farlin karena produk-produk kebutuhan bayi dengan varian warna dasar mulai dari sisir, teether, dan alat makan lengkap gemes-gemes banget bisa dipilih sesuai selera. Udah gitu yang bikin aku suka, saat IMBEX 2023 kemarin, banyak promo diskon di booth Farlin yang bisa bikin auto kalap. 


Farlin adalah brand dari Taiwan yang sudah lebih dari 50 tahun ahli dalam memproduksi produk-produk untuk kebutuhan bayi dan anak. Dengan pengalaman selama lebih dari 50 tahun, serta didukung oleh uji klinis yang dilakukan di rumah sakit, Farlin selalu memastikan bahwa setiap produk tidak hanya memiliki kualitas terbaik, tetapi juga bisa menjawab Mama dan Si Kecil. 


Saat ini Farlin sedang mengusung campaign yang bertajuk “Grow with Colors” dimana produk-produk yang dihasilkan tentunya dapat membantu stimulasi multisensori Si Kecil seperti perlengkapan MPASI, botol susu, teether, toothbrush, empeng bayi dan masih banyak lagi.  Di Indonesia, Farlin didistribusikan oleh PT Interbat, salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, yang telah dikenal dengan dedikasi yang tinggi terhadap standar mutu dan keamanan produk.


Ibu Desvita selaku Jr. Brand Manager Farlin Indonesia di acara Talkshow at IMBEX 2023 bersama dr. S. Tumpal Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A menyampaikan, “Melihat pentingnya peran warna terhadap tumbuh kembang anak, melalui peralatan makan, botol susu, hingga toothbrush, campaign Grow with Colors membantu orangtua dalam memberikan stimulus visual penglihatan anak melalui warna, sesuai tahap perkembangan anak dengan memperhatikan preferensi warna anak yang berbeda-beda.” 


Kategori produk Farlin sangat beragam, antara lain: 

  • unchecked

    Botol susu dan dot

  • unchecked

    Feeding atau alat makan

  • unchecked

    Hygiene

  • unchecked

    Accessories

  • unchecked

    Oral Care


Dengan beragamnya produk yang dimiliki oleh Farlin, menunjukkan bahwa Farlin selalu berusaha menjawab kebutuhan bayi. Tidak hanya itu, Farlin dengan campaign Grow with Colors mengajak mama untuk mengenalkan warna-warna dasar pada Si Kecil sejak dini. 


Pada fase awal, bayi lebih cenderung melihat dunia dalam kontras hitam-putih dan nuansa abu-abu. Warna-warna cerah dan kontras tinggi akan lebih menonjol.Penggunaan warna berkontras tinggi dan cerah juga lebih menarik perhatian bayi dan membantu mereka mengidentifikasi perbedaan visual.


Farlin, Grow with Colors

Orangtua juga bisa melakukan stimulasi dengan berbicara kepada bayi tentang warna, bentuk, dan pola yang dapat memperkaya pengalaman belajar mereka. Melalui pendekatan ini, kampanye "Grow with Colors" dapat menjadi panggilan kepada para orangtua untuk lebih memahami kebutuhan sebenarnya dari si kecil dan memilih produk yang tidak hanya estetis tetapi juga mendukung perkembangan dan kesejahteraan mereka.


Ragam Produk Farlin, Grow with Colors

Sekalian nih, aku mau review beberapa produk dari Farlin Indonesia yang sangat membantuku dalam menstimulasi visual anak di rumah. So, let’s start the mini review now!


  1. Farlin Bon Bon Bowl yang membantu proses MPASI anak menjadi semakin menyenangkan. Set peralatan makan yang terdiri dari mangkuk yang dilengkapi dengan tutup dan bisa menempel ke meja (suction), sendok silikon yang aman dan tidak menyerap bau, dan food divider untuk memisahkan makanan. Farlin Bon Bon Bowl aman untuk dihangatkan ke dalam microwave, jadi praktis bagi Mama saat menghidangkan menu MPASI untuk Si Kecil. 

  2. Farlin Rainbow Set Spoon, set sendok dengan warna yang beragam, BPA and Phthalate Free, ukurannya cocok di mulut Si Kecil bikin momen MPASI jadi makin berwarna dan ceria.

  3. Farlin Lighting Ear Cleaner, pembersih telinga yang aman untuk bayi dan anak berbahan lembut dan dilengkapi dengan lampu sehingga memudahkan orangtua untuk membersihkan telinga anak lebih nyaman.


Nah info lengkap produk-produk Farlin bisa langsung cek @farlinindonesia atau bisa juga kunjungi “Farlin official Shop” di Shopee untuk cek produk dan promonya ya Moms!


Dengan menggunakan produk Farlin yang penuh warna, momen MPASI anak jadi lebih menyenangkan serta dapat membantu stimulasi multisensori si kecil lewat warna sehingga tumbuh kembangnya menjadi optimal. Let's Grow with Colors, Grow with Farlin!


E-commerce: https://shopee.co.id/farlin_indonesia

IG: https://www.instagram.com/farlin.indonesia/

Tiktok: https://www.tiktok.com/@farlinindonesia

Website: www.farlin.id


22 komentar

  1. Anak-anak terutama balita itu memang lebih excited sama barang-barang dengan warna mencolok ya. Penasaran euy sama peralatan MPASI dari Farlin Indonesia, cocok juga kayaknya buat kado.

    BalasHapus
  2. Bagus ya nama produknya, Farlin. Aku ras apas sekali kalau adaproduk yang diperuntukkan untuk anak dan boleh dikatakan full warna. Bagus dan sepakat bahwa ini bisa menstimulasi sensori anak dengan adanya warna yang dampaknya bagus untuk tumbuh kembang anak

    BalasHapus
  3. Produk Farlin ini kayanya emang cocok banget untuk anak-anak yaaa mak, warnanya cakep cakep. Oke banget untuk menstimulasi pengenalan warna ke anak anak yaaa

    BalasHapus
  4. produk Farlin beragam warnanya yaaa, tentu akan bantu momen MPASI anak jadi lebih menyenangkanplus menstimulasi multisensori si kecil lewat warna sehingga tumbuh kembangnya menjadi optimal

    BalasHapus
  5. Penuh warna sekali ya mba Aie. Aku aja suka deh sebagai orang yg bukan lagi bayiik đŸ˜„ Produk Farlin menstimulasi anak2 banget dengan warna2 ciamiknya, penting untuk tumbuh kembang si kecil

    BalasHapus
  6. Anak-anak suka warna cerah, mencolok mata. Aku mulai ngenalin ini lumayan lama. Sekarang anaknya udah bisa bedain. Jadi makin hepi pas main. Tebak-tebakan warna gitu

    BalasHapus
  7. ahh gemes banget, emang produk farlin kualitasnya ga usah diragukan ya kak. anakku juga pakai, apalagi warnanya gemes gemes

    BalasHapus
  8. Sayangnya pas anakku kecil aku belum kenal Farlin ini. Padahal banyak variannya, mau mangkok, peralatan makan atau pembersih telinga yang pastinya semuanya berkualitas dengan warna-warna menggoda si kecil ya.

    BalasHapus
  9. jadi inget ponakan dari kecil udah diajarin warna sama emaknya;. eh pas gede jadi juara terus lomba gambar. ada hubungannya gak ya?

    BalasHapus
  10. Iya ya salah satu stimulasi mata anak dengan barang2 yang warnanya cakep2 kyk produk Farlin. Apalagi produk2nya buat bayi dan balita gemes2 tapi fungsional. Bisa buat kado ke kenalan yang baru punya anak nih.

    BalasHapus
  11. pengenalan warna ke anak ini memang termasuk dalam stimulasi motorik mereka yaa. makanya banyak produk untuk anak yang berwarna warni gitu

    BalasHapus
  12. Warna warni sekali ini produknya. Cocok buat anak-anak yang mudah sekali tertarik sama warna warni ya mbk.

    BalasHapus
  13. Jadi ingat jaman mulai makan, karena pengin anak makannya happy jadi selalu ngasih dia makanan dan alat makan yang menarik. Terutama yang memiliki warna-warna terang, biar lebih semangat makannya.

    BalasHapus
  14. Makin seneng nih dalam mendampingi anak tumhuh dan berkembang, karena pada saat MPASI kita dapat menggunakan produk Farlin yg penuh warna.

    BalasHapus
  15. Baru tahu produknya Farlin. Bagus-bagus ya, warna warni ini pastinya bikin anak tertarik dan bisa sekalian belajar buat mengenal warna

    BalasHapus
  16. Lengkap juga ya produknya, berarti emang totalitas banget dalam memberikan layanan ke customer bayi dan anak. Mana warnanya bagus pula

    BalasHapus
  17. produknya cakep-cakep, ini bisa buat kado anak teman atau saudara yang mau MPASI ya

    BalasHapus
  18. wah produk dari farlin indonesia ini pastinya bakal sanagt membantu sekali untuk memberikan stimulasi multisensori bagi anak yaa, boleh nih nanti aku rekomendasiin buat ponakan.

    BalasHapus
  19. Produk Farlin beragam ya Mak. Bahkan dibagi menjadi 5 kategori, tapi saya penasaran dengan produk oral care. Pikiranku langsung kemna-mana, hihihi.

    BalasHapus
  20. Farlin, dengan berbagai varian produk dan warna, baus nih buat kado ke teman-teman yang masih punya balita. Selain produknya berkualitas, warna-warnanya juga bisa buat stimulasi sensori si kecil

    BalasHapus
  21. MPASI dan perlengkapannya ini memang printilan yang bikin semua orangtua excited. Fase mengenalkan anak dengan makanan, jadi gak ngebosenin karena menggunakan produk Farlin yang penuh warna.

    BalasHapus
  22. Banyak pilihan dan unyu unyu nih produk buat bayi dan anak sekarang. Warnanya cakep cakep

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)