Yuk Catat, 7 Persiapan Wajib Mudik Lebaran 2024!

Jumat, 29 Maret 2024

Masyaallah tak terasa sudah memasuki minggu ke-2 Ramadan, dimana biasanya sudah masuk persiapan untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Berhubung tujuan mudik aku beserta keluarga masih di pulau Jawa, jadi kami memutuskan perjalanan mudik tahun ini menggunakan mobil saja. Ya, hitung-hitung liburan tipis sambil merasakan road trip bersama anak. Nah, di tulisan kali ini aku akan berbagi persiapan apa saja sih yang harus dilakukan saat mudik nanti. Yuk Catat, 7 Persiapan Wajib Mudik Lebaran 2024! Shall we start now…

koper polo

Mudik Lebaran 2024 diprediksi akan diwarnai dengan peningkatan pengguna kendaraan roda empat. Tentunya, karena aku berencana menggunakan jalur darat dengan kendaraan mobil maka harus mempersiapkan dengan baik mulai dari fisik, barang bawaan, hingga kelengkapan surat. 


Lantas, persiapan apa saja yang harus dilakukan saat mudik nanti? Simak dan catat rangkumannya berikut ini. 


1. Cek kondisi mobil

Sebelum berangkat mudik menggunakan mobil pribadi, pengecekan kondisi mobil menjadi hal pertama yang dilakukan oleh suami. Beberapa komponen mobil yang wajib diperiksa kondisinya yaitu ban, rem, oli mesin, suspensi, kaki-kaki mobil, serta aki juga soket lampu. 


Biar makin tenang, sebaiknya melakukan servis mobil beberapa hari sebelum keberangkatan agar tidak menimbulkan masalah di tengah perjalanan.


2. Fisik dalam kondisi prima

Pastikan kondisi fisik prima, cukup istirahat, dan terhindar dari kelelahan. Mungkin saat melakukan perjalan mudik dalam keadaan berpuasa, sebaiknya melakukan pemberhentian di beberapa rest area untuk tidur, berbuka puasa, maupun melakukan makan sahur dan shalat. 


3. Sedia bekal dan obat-obatan 

Saat mudik lebaran, penting untuk selalu membawa bekal dan obat-obatan secukupnya agar mudik berjalan lancar dan nyaman. Bekal yang dibawa juga sebaiknya yang mudah dicerna dan tidak mudah basi seperti roti, biskuit dan air mineral. Meski, biasanya aku akan mampir di rest area untuk makan maupun membeli keperluan bekal dan obat-obatan.


koper polo

4. Bawa barang seperlunya

Pastikan muatan yang dibawa tidak melebihi kapasitas mobil. Jangan memuat barang-barang di atas atap mobil  menggunakan kardus bekas, karena hal ini bisa membahayakan keselamatan saat berkendara. Pastikan juga barang bawaan tidak menghalangi jalan atau pandangan saat berkendara. 


Ketika mudik, biasanya aku membawa koper untuk menyimpan barang bawaan seperti pakaian, alat mandi, skincare, obat-obatan dan lainnya. Oleh karena itu, aku pastikan tidak salah memilih koper polo atau tas travel dengan ukuran yang cukup membawa barang-barang tersebut dan muat di dalam bagasi mobil. Aku juga mempertimbangkan bahan pembuatan koper atau tas yang tahan air supaya kalau nanti misalnya hujan atau terjadi hal yang tak terduga isi koper atau tas tetap aman. Aku sendiri merasa nyaman menggunakan koper 24 inch dengan model yang kokoh dan warna yang cukup terang. 


Aku sih sangat merekomendasikan beli koper atau tas travel di E-Commerce Tokopedia, selain aman, banyak promo, dan terpercaya. Sekalian nih aku ada beberapa tips belanja aman dan nyaman di Tokopedia:

  • Perhatikan nama, deskripsi, dan gambar produk yang kamu inginkan secara detail. Lihat reputasi toko seperti rating dan cancel rate, review, dan diskusi produk. 
  • Pastikan semua komunikasi dilakukan melalui platform Tokopedia, abaikan jika terdapat ajakan untuk komunikasi di luar platform Tokopedia.
  • Pastikan tidak mentransfer langsung dana ke penjual dan lakukan pembayaran hanya ke nomor rekening atas nama PT TOKOPEDIA. 
  • Jangan lakukan Konfirmasi Penerimaan sebelum pesanan sampai. 
  • Segera cek barang yang kamu terima apakah sudah sesuai dengan kriteria barang yang kamu beli. 


5. Siapkan uang tunai 

Meski di era digital, transaksi banyak dilakukan menggunakan metode transfer bank, dompet digital dan QRIS, alangkah baiknya tetap membawa uang tunai untuk pembayaran di tempat seperti parkir umum, WC Umum, ataupun kuliner di warung. 


6. Pelajari rute mudik

Jujur, ini sebenarnya tugas suami ya, tapi aku juga harus paham rute mudik yang dilalui selama perjalanan agar perjalanan lancar dan tidak terjebak macet atau salah informasi terhadap peraturan ganjil genap. 


Lagipula kita juga bisa memanfaatkan teknologi agar memudahkan saat berkendara ke tempat yang belum dikenal. Ada banyak lho aplikasi pengarah jalan yang bisa digunakan seperti Google Maps dan Waze. 


7. Kondisi bahan bakar

Pastikan tangki mobil terisi penuh saat melakukan perjalan mudik. Kondisi ini sebenarnya dapat mengantisipasi kehabisan bahan bakar ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh dan macet.


koper polo


Itulah 7 persiapan mudik lebaran 2024 versi aku, semoga bermanfaat ya!

15 komentar

  1. Iyaa Kak, daku juga pernah ngerasain mudik lewat jalur darat. Kalau pakai kendaraan sendiri emang wajib cek kondisi mesin dan part yg lain yaa dan bawa ban serep. Biar nanti mudiknya lancar jaya.

    BalasHapus
  2. Catatan penting buatku di bagian siapkan dan bawa barang seperlunya saja. Saya kadang heran kalau lihat orang mudik, sampai bawaannya di taruh di atas mobil. Padahal kan mudik paling 1 minggu doang kan ya, kayak bawa perbekalan buat berbulan-bulan

    BalasHapus
  3. Selamat merayakan mudiiikk 💯🚃🚃🚃 aku kayaknya tahun ini lebaran di Surabaya aja mbaaa, tapi ikut hepiiii dengan meriahnya saudara2 yg mudik dan bs kumpul rame kluarga besar 💯
    ini yg dirindukan dari Lebaran ya

    BalasHapus
  4. Gak berasa ya sebentar lagi sudah musim mudik ini, untuk teman-teman yang mudik semoga selalu dalam keadaan sehat dan kondisi kendaraan juga prima.

    BalasHapus
  5. Bener bnget tipsnya aku mudik H+2 kali mba...nunggu gak macet.. btw koperku juga polo dan udah lama banget merk lama tapi awet bnget ini sih

    BalasHapus
  6. kami rencananya besok mau mudik ke Semarang nih ke tempat kakak. sejak mama meninggal tempat kumpul keluarga sekarang di tempat kakak.

    BalasHapus
  7. Mantap tipsnya... Senangnya ya mau pada mudik... Semoga lancar ya... Saya mah engga pernah ngerasain mudik, hehehe...

    BalasHapus
  8. Mudik tu bikin hati bahagia meskipun lelah. Apalagi jalan darat harus ekstra persiapan betul banget cek kondsii mobil dan badan kita juga supaya lancar perjalanannya

    BalasHapus
  9. Wah, iya
    Sebentar lagi mudik
    Aku juga mudik dengan kendaraan pribadi
    Makasih ya artikelnya, jadi tahu apa yg harus disiapin

    BalasHapus
  10. Mudik kemana nih, ka Aie?
    Rasanya so excited yaa.. membayangkan silaturahm ke rumah keluarga dan bertemu dengan hal-hal yang bisa menjad nostalgia semasa kecil.

    BalasHapus
  11. Tahun ini kami kyknya gak mudik, karena tahun kemarin udah 2x mudik hehe. Emang persiapan mudik harus sematang mungkin. Eh tapi sebaiknya jangan cuma mempersiapkan barang2 yang dibawa saat mudik, kendaraan, fisik dll tetapi juga kondisi rumah yang akan ditinggal agar aman selama kita tinggal mudik.

    BalasHapus
  12. Saya juga bawa koper meski mudiknya di rumah mertua
    Soalnya kalau bawa ransel gak muat
    Ini pun kopernya yang kecil jadi sampai sana cuci kering pakai haha

    BalasHapus
  13. Mudik pakai mobil sendiri lebih asyik ya, bisa sesuai dengan target. Persiapan di atas saya lakukan juga, sih, setidaknya seminggu sebelumnya sudah sortir barang yang kira-kira mau dibawa. Sahari sebelum berangkat sudah masuk dalam backpack2 jumbo yang kami punya. Bukan koper-fam, hihihi.

    BalasHapus
  14. Catatan penting buat yang mudik nih. Adik saya masih kejebak macet nih, dia pun bawa perlengkapan P3K, karena tahu pasti macet parah.

    BalasHapus
  15. Yang paling susah buat ditahan itu, membawa barang secukupnya. Hehehe.
    Kayak, kalau lebaran tuh semua pengen dibawa. Baju yang banyak, uang yang banyak, barang2 oleh2 yang banyak. Padahal, kalau mau dihitung2, juga bakalan lebih longgar bawaaannya

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)