Berawal dari Ide Berujung Jadi Duit

Sabtu, 18 November 2017

Pernah enggak sih kamu ngerasa malu ataupun takut untuk ngungkapin ide yang ada di otak dan pikiran kamu? Atau nih ya, kamu ngerasa ide yang ada ini fantastis banget tapi malu untuk ngungkapi karena khawatir akan dianggap aneh atau enggak diterima gitu?

Kalo aku? Sering banget ngerasa kayak gini nih, apalagi kalo lagi brainstorming. Biasanya kan yang didengerin tuh orang-orang yang dominan aja, padahal ide yang mereka ungkapin enggak wah-wah banget sih. Malah cenderung biasa aja.



Terlebih kalo kamu bekerja di dunia kreatif, seringkali dituntut untuk memunculkan ide-ide segar yang valuable dan berujung ngasih income yang cukup baik. Mana tau kan ide yang berenang-renang dan terbang muter-muter di kepala kamu justru bisa ngasilin duit? 

Karena itu ada beberapa cara supaya kamu bisa pede ngungkapin ide di pikiran kamu dan mewujudkannya jadi nyata. Terusin bacanya ya... :)

Jangan takut salah 
Perasaan takut salah ini biasanya menghentikan kamu untuk ungkapin ide yang ada di kepala kan? Padahal mah, yang namanya ide segila apapun ungkapin aja. Dari sini kamu bisa melatih diri untuk ungkapi hal-hal yang dalam pikiran kamu lho.

Ikut komunitas & perbanyak networking
Lah emang hubungannya apa ini sama berani ngungkapin ide yang ada di kepala sis? Tentunya ada lho, kalo kamu join komunitas trus aktif ikutin kegiatannya akan membuat kamu nyaman buat berbicara sama orang banyak kan?

Komunitas itu wadah yang sempurna buat melatih kepercayaan diri kita, gimana kita sosialisasi sama orang baru dan berani untuk ajak ngobrol orang yang baru kita kenal. Dari sini kamu akan terbiasa mengungkapkan hal-hal yang ada di pikiran kamu. Hal sepele sekalipun. Juga melatih otak kamu untuk berpikir out of the box.

Trus, dengan join komunitas bisa memperbanyak networking kamu. Belajar dari networking kamu di setiap kesempatan. Lihat bagaimana mereka berbicara, mengungkapkan pendapat dan kantongin sebagai bentuk inspirasi. 

Jadilah orang yang kritis
Berpikiran kritis bikin otak kamu terbiasa buat bertanya dan mengembara buat ciptain ide gila yang kreatif. Dengan berpikir secara kritis biasanya akan  menuntun kamu untuk menemukan suatu tujuan, serta menemukan pemahaman yang sesuai sama apa yang kamu inginkan. 

Membiasakan diri untuk berpikir kritis akan melatih kamu untuk memiliki kemampuan untuk berpikir jernih dan rasional. Udah gitu ya, kamu jadi punya banyak alternatif jawaban serta ide-ide yang kreatif. 





Kalo udah punya 3 hal itu, niscaya kamu jadi lebih berani untuk ungkapin ide kreatif dan gila kamu. Kalo udah kayak gitu, saatnya bikin ide gila dan kreatif kamu itu menjadi duit. Lho emang bisa? Tentu bisa dong sis! Ikutan IWIC 11 aja.

Apa itu IWIC 11 ? IWIC adalah singkatan dari Indosat Ooredo Wireless Innovation Contest yang merupakan lomba ide aplikasi mobile (mobile apps). 

Program tahunan yang diadakan oleh Indosat Ooredoo sejak 2006 ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat Indonesia dari semua kalangan dan usia untuk menjadi inisiator, ideator dan pencipta aplikasi mobile. Cocok banget kan buat kamu yang udah melatih pikiran kamu untuk berpikiran kritis dan timbulkan ide yang kreatif.

IWIC 11 memiliki beragam kategori mulai dari Profesional/Developer/Programmer, Beginner/Awam, Wanita dan juga anak-anak serta remaja yang punya ide gila akan suatu mobile apps bisa ikutan.

Udah enggak usah ragu, langsung aja daftarin diri kamu di Daftar IWIC 11 ya ya ya....






35 komentar

  1. kompetisi iniseru banget keliatannya..
    jadi pengen tau ide2 baru apa yang nanti bakal ditampilkan para peserta

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun penasaran mba, kebayang sih sisi kreatifitas yang timbul dari sebuah ide

      Hapus
  2. Wah, kayaknya keren ne. Terima kasih infonya ya mbak. Sangat bermanfaat. :)

    BalasHapus
  3. Keren nih! Ada wadah kompetitif buat para pelaku industri kreatif di bidang tekhnologi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesempatan terbuka lebar buat siapapun yang punya ide gila dan berani untuk mewujudkannya

      Hapus
  4. penasaran nih mba aplikasi apa saja yang para peserta daftarkan. Semoga banyak aplikasi yang mengutamakan kebutuhan pengguna itu sendiri, baik dari segi manfaat dan kekreatifannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sih berharap aplikasi2 yang masuk bisa bermanfaat untuk masyarakat ya

      Hapus
  5. Baru tahu kalo ada IIWC. Makasih infonya mbak.

    BalasHapus
  6. Kompetisi yang menarik yaa. Jadi ide-ide kreatif bisa dapat bantuan untuk direalisasikan.

    BalasHapus
  7. Terima kasih infonya mbak, alhamdulillah sudah ikutan..semoga beruntung :)

    BalasHapus
  8. Kadang masih ragu buat keluarin ide ..takut salah...takut diketawain banyak orang. Tapi di iwic ini kan ide kita rahasia yah...kalau masuk semi final baru deh pemaparan di depan banyak orang.
    Moga kita Bertemu di masa itu yah

    BalasHapus
  9. Wah asyik juga dari ide bisa jadi duit.

    BalasHapus
  10. akooooh mo daptaaaar ... tapi belum kepikiran idenya apaan .. hahah

    BalasHapus
  11. Hmm, bikin apps apa ya yang asyik gitu dan ngehits. Kalau bikin aplikasi beauty mah udah nggak inovatif yaa udah banyak.

    Coba aku suruh adekku ikutan aaah. Dia suka bikin2 program gitu soalnya.

    BalasHapus
  12. Jadi pengen tahu. Mampir sana ah... 😊

    BalasHapus
  13. Jadi pengen ikutan nih. Tapi apaaan ya? 😊

    BalasHapus
  14. IWUC ini keren banget deh ya. Kita bisa tuangkan ide2 yg dipunya kesini. Syukur2 banget kalau menang, bisa berguna buat bnyak orng. Aku dah ikutan IWIC juga. Ini pun iseng2 aja. Hehe

    BalasHapus
  15. Wah, industri kreatif saat ini diwadahi untuk menunjukkan karya nya

    BalasHapus
  16. Lomba semacam ini bikin penasaran dan tertantang. Bikin berpikir kritis. Jadi pingin coba, tapi awam banget...

    BalasHapus
  17. Wah bagus neh eventnya buat para insan kreatif Indonesia, semoga bisa bermunculan karya2 anak bangsa yang briliaan.

    BalasHapus
  18. kalau kata orang bijak orang kreatif itu memang harus ada wadahnya ya. Keren IWC nih. Mengakomodir kreatifitas agar bisa di copy paste semangatnya adalah luar biasa.

    BalasHapus
  19. Wah sering banget kaya gitu mba. Apalagi klo di dalam rapat. Krn takut pendapat aku cuma angin lalu dan cuma menerima pendapat senior yg tentu lbh banyak pengalamannya. Klo udh ngerasa gitu, diem deh aku.

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah bisa ada wadah para pekerja kreatif! Ok ok, mampiiirrrr

    BalasHapus
  21. Kompetisi yang menarik neh, pengen ikutan, cuman ga ngerti aplikasi. Idenya mah ada hehe.

    BalasHapus
  22. semua berawal dari ide dan keberanian untuk mewujudkannya :)

    BalasHapus
  23. Kadang kan malu ya, malu kalau ketahuan idenya receh, idenya ga penting.
    Padahal, bisa jadi menurut kepala kita penting, eh pas dijalanin ternyata keren.

    Speak up, yuk!

    BalasHapus
  24. Ga bisa bikin aplikasi 😭😭😭😭

    BalasHapus
  25. Wah kompetisi IWIC ini wadah bagi orang2 kreatif untuk unjuk kebolehan,aku pengen ikut tp itu tadi gk ada ide.

    BalasHapus
  26. Meski gak bisa bikin applikasi langsung, tapi bisa ya menyampaikan ide-nya.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)