Selasa, 17 Desember 2019

Kreasi Menu Keju YUMMY PeranChiz Cheddar untuk Keluarga

Mengenalkan keju pada anak sebenarnya buat aku agak challenging ya, karena Darell termasuk yang gak begitu suka rasa asin ataupun gurih. Padahal makanan apa aja yang ada keju di dalamnya kan enak ya rasanya.

Jadi, aku harus putar akal gimana caranya supaya Darell mau menikmati keju pada setiap makanan yang disantapnya. Seperti yang diketahui bersama, kandungan dari keju untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak.


Keju adalah pilihan praktis untuk mendapatkan alternativ sumber protein hewani, karena keju termasuk makanan dari olahan susu. Banyak macam keju dengan cita rasa dan tekstur yang berbeda, salah satunya yaitu keju cheddar.


FYI, dalam keju cheddar mengandung kalori, karbohidrat, lemak, protein, kalsium, dan natrium dimana jika dikonsumsi secara rutin bisa:

1. Meningkatkan kadar kolesterol baik

Manfaat makan keju tiap hari secara rutin dalam porsi yang tepat akan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Kandungan lemak jenuh pada keju juga dinilai sehat untuk memenuhi kebutuhan lemak harian pada anak-anak.

2. Baik untuk kesehatan gigi

Sama seperti susu, manfaat keju bagi tubuh dapat membantu menyehatkan tulang dan gigi, berkat kandungan gizi dalam keju. Akan tetapi, rutin makan keju telah terbukti mampu melindungi gigi dari kerusakan lebih baik. Hal ini disebabkan keju memiliki kandungan yang bersifat antikariogenik, yang akan efektif mencegah terjadinya gigi berlubang.


3. Mencegah kanker

Salah satu khasiat keju yang jarang diketahui adalah dapat mencegah kanker. Keju mengandung asam linoleat terkonjugasi dan Sphingolipid yang memainkan fungsi sangat penting dalam pencegahan kanker. Keju juga mengandung Vitamin B yang menjaga fungsi tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit.

4. Menjaga berat badan seimbang

Keju memiliki banyak lemak alami yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Beberapa keju memiliki kandungan rendah lemak yang berguna untuk menjaga berat badan seimbang.
Manfaat makan keju juga membantu menambah berat badan, berat otot, dan kepadatan tulang. Hal ini karena di dalam keju mengandung lemak, kalsium, protein, vitamin dan mineral yang membuat otot dan tulang kuat bersama dengan metabolisme yang seimbang.


5. Menguatkan tulang

Keju adalah sumber kalsium dan Vitamin B yang sangat kaya. Oleh karena itu, sangat baik untuk kesehatan tulang orang tua, anak-anak dan ibu hamil dan menyusui untuk memperkuat tulang.

6. Bikin kulit berkilau

Kulit sehat diinginkan oleh setiap orang, terutama kaum perempuan. Khasiat keju dapat membantu kulit bercahaya. Ini berkat kandungan keju seperti Vitamin B yang membantu metabolisme sel dan pertumbuhan sel, dan menjadikan kulit kamu bercahaya dan juga membantu menghilangkan noda di kulit. Menarik bukan?

Wah ternyata banyak juga ya manfaat dari konsumsi keju, okay, kita balik lagi ke permasalahan aku yang ingin membuat Darell suka sama keju. Akhirnya, aku punya ide untuk memasukkan keju sebagai bagian dari bahan masakan untuk menu kesukaan Darell.

RESEP 1: NASI GORENG KEJU YUMMY PERANCHIZ CHEDDAR

Bahan yang dibutuhkan:
  • 200 gram nasi putih
  • garam dan merica secukupnya
  • 2 sendok teh margarin
  • 2 siung bawang putih, dicincang
  • 1/2 bawang bombay, cincang
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • 1 butir telur, dikocok
  • 50 gram keju YUMMY PeranChiz Cheddar (parut halus atau potong dadu)
  • 50 gram sayuran (wortel/jagung manis/kacang polong)



Cara Membuat:

  1. Panaskan margarin, lalu tumis sayuran, kemudian sisihkan.
  2. Panaskan margarin, masukkan telur dan diorak-arik hingga rata
  3. Tumis bawang putih dan bombay hingga benar-benar harum
  4. Masukkan tumisan sayuran yang tadi sudah disihkan, campurkan dengan garam, merica, dan kecap ikan. Aduk rata
  5. Masukkan nasi dan aduk merata, lalu masukkan potongan YUMMY Keju PeranChiz Cheddar sesuai selera, biarkan sebentar.
  6. Sajikan juga dengan taburan YUMMY Keju PeranChiz Cheddar yang sudah diparut halus sebelumnya.
  7. Nasi goreng keju siap dinikmati!
Cukup mudah bukan membuatnya?

Selanjutnya, sebagai topping tambahan dan lauk, aku juga bikin menu kreasi YUMMY PeranChiz Cheddar lainnya, yaitu:

RESEP 2: SCRAMBLED EGG CORNET KEJU YUMMY PERANCHIZ CHEDDAR


Bahan yang perlu disiapkan :
  • 3 butir telur
  • garam dan merica secukupnya
  • margarin
  • bawang bombay cincang
  • Daging cincang atau kornet
  • 75 ml susu cair plain
  • 30 gram keju parut YUMMY PeranChiz Cheddar




Langkah memasak:

  1. Kocok telur dan tambahkan garam, merica, dan susu cair
  2. Panaskan teflon dengan margarin, masak bawang bombay hingga layu dan harum.
  3. Lalu masukkan kornet dan tumis sampai matang.
  4. Masukkan telur dan masak hingga matang.
  5. Saat telur masih setengah matang kamu bisa masukkan keju YUMMY PeranChiz Cheddar ke dalamnya. Aduk-aduk hingga tercampur semua bahan dan tunggu hingga matang.
  6. Angkat dan sajikan dengan taburan keju YUMMY PeranChiz Cheddar di atasnya.


Ps : Kamu juga bisa menambahkan potongan sosis ke dalam adonan telur, sesuai selera.

Menu kreasi keju YUMMY PeranChiz Cheddar ini sangatlah mudah dan juga bisa jadi menu andalan di saat anak mogok makan. Aku tinggal masakin aja menu ini, langsung deh lahap makannya.



Oia, yang aku suka dari keju YUMMY PeranChiz Cheddar tidak mudah patah ketika diparut dan memiliki cita rasa menyerupai keju cheddar klasik. Gurih dan yummy deh pokoknya. 

Selain jadi topping, keju YUMMY PeranChiz Cheddar juga bisa dijadikan bahan masakan. Kalo kamu punya menu kreasi berbahan keju boleh lho share di kolom komentar juga, lho. :)


9 komentar:

  1. Waah, kayanya enak nih. Aku kok jadi ngiler liat nasgor pake keju yaa. Kepingin eksekusi di rumah nih jadinya~~

    BalasHapus
  2. Jadi laper nih lihat foto-fotonya. Aku kalau masak nasi goreng juga suka kukasih keju biar lebih gurih dan nikmat, apalagi dimakan panas-panas pas kejunya leleh..

    BalasHapus
  3. Kolesterol baik perlu juga memang untuk tubuh kita, apalagi sudah tersedia di keju yummy, tepat rasanya bisa sekaligus menjaga tubuh sehat

    BalasHapus
  4. Wah kebetulan besok Fahmi putra saya bawa bekal ke sekolah mau pakai telur katanya. Bisa buat resep telur keju ini nih. Terimakasih resepnya ya... Eh nyari dulu kejunya nih ke minimarket terdekat hehehe

    BalasHapus
  5. ya ampun Darrell.. keju itu enak banget masa kamu kurang suka sih hehe.. tante aja kalo lagi males makan tapi liat makanan berkeju mah ga nolak haha.. jadi pengen masak nih trus masukin keju sebagai pelengkap rasa atau cuma sekedar topping yang ditabur.. yummy.. delicioso!

    BalasHapus
  6. Menu nasi goreng keju ini kayaknya beda ya. Aku pernah makan nasi goreng keju tapi rasanya enek karena kebanyakan keju. Tapi kalau ini keliatan enak banget nasi gorengnya :9

    BalasHapus
  7. Hmm..yamii bangt sih mbak penampakan nasi gorengnya! Asli jadi pengen praktek di rumah. Eh,keju ini bisa dipakai untuk isian kue kan ya? Kali-kali mau bikin donat

    BalasHapus
  8. Aku belum pernah nih bikin nasgor kejuu, look super duper yummy. Hmmmm.... Mau nyobaa aah. Hihihi. Thank u resepnya ya

    BalasHapus
  9. ternyata dapat menjaga berat badan seimbang

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)