Jumat, 03 April 2020

Kado Kasih Sayang untuk Keluarga Tercinta


Akhir tahun 2018 kemarin aku dapat kabar kalau gula darah bokap cukup tinggi, melewati ambang 600an, dan itu cukup bikin beliau keliyengan parah, berat badan turun drastis, dan jadi keliatan lebih lesu.

Shock? Tentu saja, karena keturunan kami tidak ada sejarah gula darah setinggi itu, jadi ya cukup bikin saya terperanjat sebagai anak perempuannya yang paling tua. Yang terlintas begini, “duh, gue bisa kayak bokap dong nanti.” Hmm.. agak serem sih kalo mikirnya ke arah sana. Meski ku memahami yang namanya Jodoh, Rejeki dan Maut adalah Takdir dari Allah SWT dengan jalanNya. Hanya aku kepikiran, hal-hal seperti ini masih bisa dicegah kan?

 

FYI, bokap bolak balik berobat mengenai kondisi gula darahnya yang cukup over limit ini. Sampai akhirnya beliau dirujuk ke dokter gizi buat focus turunin gula darah, karena ternyata yang bokap alami itu Diabetes Tipe 1 yang disebabkan oleh gaya hidup.

Iya beb, gaya hidup yang pola makannya asal banget, banyak beli jajanan minuman dan makanan cepat saji. Ya intinya semua jenis kuliner kekinian yang sungguh lezat, nikmat dan menggoda nyatanya bisa bikin bokap kena Diabetes Type 1. Sedih kan? Mana tahun 2014 kemarin beliau sempat kena stroke juga. Jadi makin gimana gitu aku tuh.

Belum lagi suami udah mulai tuh ngeluh gampang lelah, gampang sakit, trus gampang banget ngedrop. Sebagai seorang istri dan ibu kan, eike gak boleh sakit atau penyakitan ya. Kalo aku sakit trus gimana dong keluarga. Karena itu untuk jaga-jaga, selain mulai gaya hidup sehat dari pola makan yang sehat, pola tidur yang bener diimbangi sama yang namanya perlindungan jiwa untuk keluarga.

Penyakit Tidak Menular


Apalagi ya, penyakit tidak menular atau PTM masih merupakan masalah kesehatan masyarakat menyebabkan 60% kematian dan 40% kesakitan berdasarkan data dari WHO. Lalu, angka kematian akibat PTM mencapai 36,1 juta di tahun 2018 dan diperkirakan meningkat 17% persen pada dasawarsa berikutnya. Di kawasan Asia Tenggara kematian yang disebabkan PTM dikhawatirkan meningkat 2,6 juta menjadi 4,2 juta. Cukup mengkhawatirkan juga kan, ya.

Image result for penyakit tidak menular infografis

Data Riskesdas 2007 menunjukkan di perkotaan, kematian akibat stroke pada kelompok usia 45-54 tahun sebesar 15,9%, sedangkan di perdesaan sebesar 11,5%. Hal tersebut menunjukkan Penyakit Tidak Menular (utamanya stroke) menyerang usia produktif. Sementara itu prevalensi Penyakit Tidak Menular (PTM) lainnya cukup tinggi, yaitu: hipertensi (31,7%), arthritis (30.3%), penyakit jantung (7.2%), dan cedera (7,5%).

Biasanya PTM ini dapat disebabkan oleh faktor genetik diikuti dengan gaya hidup yang tidak sehat. Adapun faktor risiko yang mempengaruhi terjadinya PTM diantaranya obesitas atau kegemukan, tekanan darah yang meningkat, peningkatan kadar glukosa dalam darah yang tidak optimal terutama peningkatan kadar kolesterol LDL (Low Desity Lipoprotein) atau yang biasa disebut kolesterol jahat.

Image result for penyakit tidak menular infografis

Kondisi penyakit tidak menular yang sangat tinggi di Indonesia menjadikan pemerintah membuat Pedoman Gizi Seimbang dengan sedemikian rupa sehingga dapat menjadi pedoman untuk masyarakat untuk melakukan hidup sehat.

Di dalam pedoman tersebut dijelaskan bahwa setiap orang harus membatasi konsumsi Gula, Garam, dan Lemak/minyak yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit tidak menular. PTM juga bisa dipicu berbagai faktor risiko antara lain merokok, diet yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik, dan gaya hidup tidak sehat. Say hello to boba hehehhe.

Hal ini senada dengan data dari Riskesdas 2007 yang melaporkan 34,7% penduduk usia 15 tahun ke atas merokok setiap hari, 93,6% kurang konsumsi buah dan sayur sert a 48,2% kurang aktivitas fisik.


Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM)


Literatur terkini mengungkapkan kompleksitas penyebab masalah PTM ada dua kelompok besar faktor risiko penyakit tidak menular. 

- Pertama, adalah faktor risiko yang tidak dapat dikendalikan, yaitu faktor usia, 
- Kedua, penyakit metabolik lain pada usia dewasa.

Anak-anak yang dilahirkan dengan gangguan pertumbuhan mempunyai risiko lebih besar untuk mengalami gangguan metabolik, terutama gangguan metabolik lemak, protein dan karbohidrat yang akan meningkatkan risiko PTM di usia dewasa.  

Anak yang dilahirkan normal dan tumbuh baik pada masa kanak-kanak, akibat faktor gaya hidup yang tidak sehat, seperti makan tidak seimbang dan aktivitas rendah akan meningkat faktor risikonya terhadap PTM.

Adapun Prinsip Pencegahan PTM yang Sudah Digalakkan oleh Pemerintah:


Mengutamakan preventif, secara massive memberikan awareness pada masyarakat melalui peningkatan jangkauan dan kualitas pelayanan gizi dan kesehatan, tak terkecuali melalui blogger dan influencer.

Melaksanakan pencegahan pada seluruh siklus hidup manusia, sejak dalam kandungan, hingga bayi, balita, anak sekolah, remaja, dewasa, diikuti  perbaikan budaya hidup bersih dan sehat. Pada kelompok usia 1000 hari pertama, fokus pencegahan diarahkan pada pemenuhan kebutuhan dasar gizi dan kesehatan agar tidak terjadi gangguan pertumbuhan.

Menerapkan Pedoman Gizi Seimbang, yang difokuskan pada peningkatan konsumsi sayur dan buah, pangan hewani, dengan mengurangi lemak serta minyak dan membatasi gula dan garam.

Menggerakkan masyarakat untuk melakukan aktivitas fisik dan menimbang berat badan secara teratur. Makanya gak heran, sekarang ini banyak sekali dibangun beberapa taman yang multifungsi dijadikan sebagai saran berolahraga. Jadi gak ada alasannya lagi gak bergerak, kan, ya. 

Melibatkan semua sektor, baik Pemerintah maupun masyarakat, untuk secara nyata melakukan sinergi dalam melakukan PTM. Buat bagian ini, peran dari keluarga terutama anak dan istri yang harus tanpa bosan mengingatkan orang-orang terkasih perihal gaya hidup sehat.

 Image result for penyakit tidak menular infografis pencegahan pemerintah

Seperti yang aku jelaskan di atas, salah satu bentuk kasih sayang dan untuk melindungi keluarga, cukup bijaksana memiliki asuransi sebagai langkah awal jika sampai, amit-amit jabang bayi, salah satu keluarga ataupun mungkin kita sendiri divonis penyakit critical illness atau CI. Apalagi, kamu tau dong kalo biaya pengobatan critical illness mahal beb, ya biaya dokternya, ya biaya obat-obatannya, ya treatment lainnya, duh serem deh ngebayanginnya juga. Sekali berobat aja udah berapa rupiah yang keluar, belum beli obatnya, belum lagi kalo dibutuhkan treatment tertentu. Udah pasti boncos ya beb.

Karena itu, penting banget buat memulai gaya hidup sehat dari sekarang, pola makan sehat, kurangin deh jajan-jajan kekinian beb, mending makan sehat deh, trus selain itu juga, imbangi dengan olahraga beb.

Pola makan sehat dengan memilih asupan nutrisi tepat gak kalah penting, kurangin asupan gula semacam boba dan kopi kekinian. Oia satu lagi, mulai menyiapkan keuangan sebagai bentuk perlindungan terhadap CI. Persiapan keuangan seperti menyisihkan dana dari penghasilan bulanan pada slot dana darurat, investasi jangka panjang ataupun jangka pendek serta asuransi yang sesuai dengan budget. *berasa nasehatin diri sendiri ini mah ya, hahahha*

 

Asuransi Jiwa Fleksibel - Flexi Critical Illness


Salah satu asuransi yang punya tipe asuransi yang fleksibel yaitu dari  Flexi Critical Illness dari Asuransi Astra Life yang memberikan perlindungan untuk penyakit kritis umum dengan keutamaan yaitu:

1. Perlindungan terhadap penyakit stroke, jantung kanker+kanker tahap awal
2. Komitmen setahun-setahun & otomatis diperpanjang hingga usia 85 tahun
3. Perlindungan hingga 2Miliar tanpa perlu repot cek medis
4. Premi efisien karena dihitung sesuai dengan risiko setiap tahun


 

Lalu, Apa Sih yang Dimaksud dengan Flexi Critical Illness?


Flexi CI Protection atau Flexi Critical Illness adalah asuransi jiwa fleksibel yang memberikan perlindungan atas penyakit  krisis utama yang paling banyak terjadi atau dialami penduduk Indonesia yaitu stroke, serangan jantung, dan kanker. Dengan harga premi terjangkau dan besar nilai perlindungannya bisa kamu atur sendiri secara online. 

Nah, aku udah beli asuransi Flexi CI di website https://ilovelife.co.id/ sebagai tanda kasih sayang dan perlindungan pada orang terkasih dengan beberapa tahapan pembelian seperti yang ada pada gambar di bawah ini:


 

 

 

Setelah klik "Saya Setuju" kamu akan terima email seperti ini:


Apa Keunggulan Flexi Critical Illness Dibanding Asuransi Lainnya?


Asuransi penyakit kritis yang dirancang sesuai  kebutuhanmu dengan 5 keunggulan, yakni:

1. Perlindungan untuk penyakit kritis utama yang sering terjadi di Indonesia, yakni stroke, serangan jantung, dan kanker mulai dari kanker tahap awal.
2. 50% dari uang pertanggungan akan dibayarkan saat terdiagnosa kanker tahap awal, membantu kamu dan keluarga memiliki dana untuk melakukan pengobatan dan melawan kanker.
3. Nilai perlindungan hingga Rp 2 Miliar, tanpa perlu cek medis dan 100%  online.
4. Lebih murah dari harga segelas kopi per hari, dan premi efisien karena dihitung berdasarkan risiko setiap tahun saja.
5. Komitmen tahunan dan otomatis diperpanjang sesuai kebutuhanmu hingga usia 85 tahun jadi gak perlu repot daftar ulang setiap tahunnya, deh. Jadi kamu bisa mengubah premi secara online sesuai kebutuhan dan kemampuan kita, misalnya bulan ini bayar 250ribu rupiah tapi karena ada keperluan harus nyunatin anak misalnya, maka premi bisa diturunkan jadi 150ribu rupiah saja.


Asuransi jiwa fleksibel ya Flexi Life, semua serba online, cara pembeliannya pun cukup mudah dilakukan karena tampilan website dan isinya mudah dimengerti trus premi Flexible Critical Illness yang affordable pisan.

Tertarik beb? Yuk gabung di Asuransi Jiwa Flexi Life dengan menggunakan referral code: BLOGANDIYANI95 ketika kamu hendak membeli asuransi Flexi Life atau Flexi CI ini.  

62 komentar:

  1. betul kak, sekarang sejak berkeluarga jadi lebih concern sama asuransi karena ternyata emang butuh banget asuransi tuh

    BalasHapus
  2. Pentingnya melindungi keluarga dengan hal2 sederhana taoi kaya manfaat di kemudian hari. Apalagi simple banget bisa online gini. Thank infonya yaaa 👍

    BalasHapus
  3. wah sebegitu pentingnya ya asuransi kesehatan itu, makasih banyak mbak sarannya tentang asuransi ini sangat membantu buat aku yang masih awam tentang asuransi ini

    BalasHapus
  4. astra life memang banyak banget ya kak produknya dan benefitnya sesuai dengan kebutuhan kita. anyway ini informasinya lengkap banget, bikin tercengang dengan faktanya. hmm yuk kita biasakan hidup sehat.

    BalasHapus
  5. Memang proteksi diri dengan asuransi menurut aku itu penting banget mba dan sama nih pilihan aku juga ke Astra Life karena Preminya bisa kita atur sesuai kemampuan kita

    BalasHapus
  6. Sekarang beli asuransi jadi lebih mudah yaa. Bisa via online juga dan bayarnya juga tinggal transfer hehehe. Simpel!

    BalasHapus
  7. Mudah banget ternyata ya saat ajukan permohonan asuransinya.
    Kita sih maunya sehat terus yaa.. tapi kudu punya proteksi seperti ini agar tidak ada was-was di hati.

    BalasHapus
  8. thank mba pagi-pagi baca sharing yang sangat bermanfaat, mulai menjaga kondisi badan dengan baik untuk menghindari PTM ini, dan saya baru tahu ada Proteksi CI ini, asuransi yang khusus buat penyakit-penyakit tertentu, thnaks banget mba useful banget informasinya

    BalasHapus
  9. Langsung lemeess...karen Boba dan kopi itu asik banget kalo diminum bareng temen-temen.
    **sekarang uda di rumah aja, beneran bisa brenti minum boba-bobaan.

    Budeku juga, kak Ai..
    Mendadak di warn sama dokter kalo gulanya tinggi.

    Kita sekeluarga langsung waspada.
    Mama mertua bahkan sudah mengganti makanan pokok nasi jadi nasi jagung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku gak suka boba untungnya hehe :D
      Kalau di keluarga yang ada hipertensi ibuku mbak, tapi kalau aku sama adekku lbh rendah tekanan darahnya. Moga kita semua sehat2 yaaa

      Hapus
    2. Setelah hilang masa boba, masuk masa Dalgona, kak April.
      Godaan gula tinggi lagi niih...

      Aamiin, doanya.

      Hapus
  10. Langsung lemeess...karen Boba dan kopi itu asik banget kalo diminum bareng temen-temen.
    **sekarang uda di rumah aja, beneran bisa brenti minum boba-bobaan.

    Budeku juga, kak Ai..
    Mendadak di warn sama dokter kalo gulanya tinggi.

    Kita sekeluarga langsung waspada.
    Mama mertua bahkan sudah mengganti makanan pokok nasi jadi nasi jagung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung aku ga hobi minum boba-bobaan gini. Apalagi di keluargaku ada riwayat diabetes, kudu menjaga banget pola makan dan minum sehari-hari. Ngeri juga ya dengan berbagai penyakit berat yang melanda saat ini.

      Hapus
  11. Sehat2 selalu ayahnya mbak.
    Emang gaya hidup pengaruh sekali ke kesehatan ya di zaman skrng. APalagi godaan makanan dan minuman di luar sana.
    Selain jaga gaya hidup emang sebaiknya punya asuransi supaya ada payung perlindungan ya mbak, walau berharap gak pernah dipakai

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah ya mba Andi, jadi lega banget udah ada asuransi ini. Apalagi keuntungannya bisa milih sesuai dengan kebutuhan kita. Pun preminya juga bisa turun kalau ada keperluan gitu. Bikin lega ya.

    BalasHapus
  13. untuk keluarga yg terkasih, tentu kita inginkan yg terbaik ya ka Aie, apalagi kemudahan yg ditawarkan oleh Flexi Life ini yang mana preminya juga pas banget nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Premi ringan dan mudah pengajuannya tentu saja bakalan dilirik oleh calon pengguna. Siapapun biasanya males kalau kudu ribet ya. Yang gampang seperti ini udah pasti jadi nilai tambah.

      Hapus
  14. Segala yg berlebihan memang nggak baik ya mba. Aku pun jg lg membatasi asupan gulgar. Secukupnya aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget apalagi seusia kita hehe.
      Mulai jalani gaya hidup sehat secara konsisten supaya jauh dari segala penyakit ya mbak aamiin

      Hapus
  15. Astra Life ini emang cucokk banget untuk millenials ya Mba.
    Buat freelancer juga, karena preminya super duper ramah kantong
    bisa menyesuaikan dgn kondisi budget masing2.
    semoga kita semua sehat ya

    BalasHapus
  16. Jadi inget anak waktu harus nginep di RS, cuma 3 hari tapi kerasa sekali biayanya mahaal krn pakai biaya sendiri. Asuransi memang perlu buat jaga2 ke depannya ya, apalagi utk penyakit2 kritis.

    BalasHapus
  17. Nah, ini kado kasih sayang buat keluarga yang paling so sweet, apaalgi buat melindung kel. dimasa yang akan datang wallahualam ya, kita ga tau. Kuy ah,proteksi diri dan keluarga.

    BalasHapus
  18. Baik penyakit menular maupun tidak menular sama2 bahaya ya Mbak.Untuk itu kita memang harus aware terhadap masalah kesehatan paling tidak punya asuransilah untuk mengantisipasi kemungkinan yang bisa saja terjadi di masa depan.

    BalasHapus
  19. mirip banget sama papanya, mba. senyumnya juga. moga sehat selalu untuk beliau ya.
    ada flexi life jadi tenang ya karena ada jaminan untuk keluarga tersayang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru ku mau komen gitu juga, miriiip yaa..

      Hapus
  20. menurut saya Flexi CI Protection atau Flexi Critical Illness ini akan sangat membantu masyarakat luas. Memberikan perlindungan atas penyakit mayor seperti stroke, serangan jantung, dan kanker. Apa lagi harga premi terjangkau dan besar nilai perlindungannya bisa kita atur sendiri secara online. Mudah kayaknya

    BalasHapus
  21. Penyakit sekarang nggak mandang usia ya mbk. Kalau sudah pubya asuransi kesehatan, rasanya hidup itu agak lega. Sedia payung sebelum hujan

    BalasHapus
  22. yaa Allah, untung papa terselamatkan ya Aie, gula darah 600 itu... ga main main loh :(

    iya harus sadar beli asuransi dengan critical illness

    BalasHapus
  23. Bener banget mba, makanan kekinian itu menggoda banget tapi banyak gulanya hiks. Saya lagi cari info asuransi yg cocok buat keluarga nih, thanks infonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanan kekinian yg banyak gulanya bahaya banget kalo keseringan. anak2ku udah kularang beli. takut sama efek jangka panjangnya :(

      Hapus
  24. Bapakku penderita DM dah sudah di fase suntik insulin tiap hari. Kini Beliau 81 tahun dan Alhamdulillah terkontrol kondisinya. Tapi ini bikin aku mesti waspada juga karena memang salah satu pemnyebabnya adalah genetika.
    Dan produk Astra, Asuransi Flexi Life ini bisa jadi solusi jaga-jaga ya

    BalasHapus
  25. Tinggi juga ya diperkotaan 15,9%, sementara di pedesaan 11,5%.
    Ya mba bener, gaya hidup banyak mempengaruhi kesehatan. Nah sayangnya di pedesaan juga bnyak yang mengalami gaya hidup tidak sehat, seperti merokok.
    Kalau bisa mesti cek rutin kesehatan biar ada kewaspadaan dan antisipasi. Memang pencegahan yang utama, ibaratnya ada persiapan. Namanya penyakit mau nggak mau bisa aja datang.

    BalasHapus
  26. Kemarin waktu anak yang nomor dua operasi kelenjar ludah, terasa banget pentingnya punya proteksi/perlindungan kesehatan ini.
    Kalau dicover asuransi, rumah sakit nggak perlu DP.

    BalasHapus
  27. Penyakit tidak menular memang berbahaya, apalagi sebagian besar yang mengalami penyakit ini adalah lanjut usia, karenanya saya sangat setuju kalau penting bagi kita sejak dini memiliki asuransi untuk melindungi diri dan keluarga.

    BalasHapus
  28. Seiring bertambahnya usia, masalah kesehatan memang harus menjadi prioritas. Dan mengikuti asuransi kesehatan seperti flexi life ini bisa jadi pilihan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kalau kita ga punya dana proteksi untuk pengobatan bisa-bisa uang hasil kerja kita bertahun-tahun habis untuk pengobatan.

      Hapus
  29. Hikz almarhum mamaku juga gula darah tinggi huhu berasa banget dia kudu jaga makanan dll.
    Sehat-sehat semua sekeluarga ya mak. Melindungi keluarga dengan cara istimewa ya mak beransuransi

    BalasHapus
  30. Memiliki proteksi sangatlah penting, karena kita tidak tau apa yang akan terjadi masa depan

    BalasHapus
  31. Memang pola hidup serta asupan makanan apalagi makanan kekinian itu merupakan musuh masa depan kita pelan-pelan namun pasti akan membentuk dan menimbulkan berbagai jenis penyakit Oleh karena itu butuh dana tabungan atau atau asuransi untuk masa depan kita waktu lagi sakit

    BalasHapus
  32. Jadi flexi ini asuransi yang memudahkan bagi calon pengguna ya untuk mendaftar ya.

    Penyakit tidak menular memang bisa sangat memgerikan ya.

    BalasHapus
  33. Alhamdulilah ya menemukan asuransi yang pas, ga memberatkan dan membuat tenang. Cocok buat kado buat yang tersayang memang.

    BalasHapus
  34. Kudu banget ber-Asuransi nih
    Karena penyakit tdk menular makin menjangkiti siapapun, usia tua maupun muda ya

    BalasHapus
  35. Salfok ah sama Hamish kok makin cakep dia 😂😂
    Btw aku belum punya asuransi Fleksi nih, menarik yah mba aturan preminya gak susah, jd kepengen sekaligus buat keluarga

    BalasHapus
  36. Setuju dengan pentingnya asuransi kesehatan. Sayangnya berbagai kasus "hitam" dalam perasuransian (sperti Jiwasraya) plus pemahaman asuransi yang masih kurang, membuat banyak orang justru antipati sama asuransi.

    BalasHapus
  37. Punya gaya hidup sehat itu wajib banget karena sekarang banyak penyakit dan macam jenisnya termasuk yang tidak menular. Jangan lupa siapkan asuransi

    BalasHapus
  38. jadi ngeri nih secara aku juga punya hipertensi di usia muda. dulu pernah nyampe angka 200/140 pula hikz

    BalasHapus
  39. Penyakit tidak menular, rekor tertinggi ada pada hipertensi ya, hal ini mungki juga disebabkan karena kebanyakan orang masih belum aware saat awal-awal mengalami gejala hipertensi.

    Overall, mencegah memang lebih baik daripada mengobati.

    BalasHapus
  40. Preminya bisa diatur naik turun dan prosesnya bisa dilakukan secara online, asyik banget fasilitas ini.

    Semoga kita semua terhindar dari penyakit tidak menular ini ya mbak, tentunya dengan mulai menerapkan pola hidup sehat

    BalasHapus
  41. Iya gaya hidup dan makin banyaknya godaan makanan dengan kadar gula dan koleterol tinggi tuh faktor luar yang ampuh memporak-porankan kesehatan,,, makannya pas muda ga kenapa2 ntar pas udah makin bertambah usianya baru kerasa, eyang kong ku dulu juga kena diabetes terus larinya ke ginjal,,, makin susah tertolong, Semoga kita yang udah sadar pentingnya jaga gaya hidup dan olahraga nih bisa menerapkan pola hidup sehat huhuhu..

    BalasHapus
  42. Waduh.. itu sampai 600 gula papanya Mba Ai? Saya juga keturunan diabetes nih, Mba. Tapi alhamdulillah blm kena. Memang selain kita menjaga kesehatan. Kita juga harus lindungi dengan persiapan dananya ya. Bukan berarti ngarep sakit. Tapi kalau pas kita kenapa2 sudah ada proteksinya.

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah ya ada asuransi yang bikin tenang gini, dan tidak memberatkan. preminya ringan.

    BalasHapus
  44. Kesehatan emang perlu banget kita jaga ya Mbk, sayang keluarga soalnya. Aku pun sudah mengerem kegiatan yang menganggu seperti begadang dll. Biar jauh dari penyakit kritis.

    BalasHapus
  45. Gula darah Papa tinggi jugak ya, alhamdulillah bisa pulih, semoga sehat sehat aja dengan mengatur pola makan. Asuransi penting banget sih terutama untuk menghadapi munculnya penyakit tidak menular yang mendadak seperti ini

    BalasHapus
  46. mba kalau mereka yang memang sudah punya kondisi dan penyakit kritis sebelum buat asuransinya apakah bisa? Pre-existing conditions seperti saya yang penyintas kanker payudara apakah oke? banyak yang nolek soalnya kalau asuransi di Indonesia :(

    BalasHapus
  47. faktanya itu memang mengejutkan ya Mba, dan itu bisa menyerang siapa saja, oleh karena itu perlu banget jaga kesehatan dan juga punya dana sampingan buat kesehatan kita

    BalasHapus
  48. asuransi flexi fleksibel banget yaa, btw dulu aku pernah ketemu anak usia 9 tahun yg kena diabet karena bnyak minum soda

    BalasHapus
  49. Barokallah semoga selalu dipermudah ya Kak Indah dalam memberikan kado dan hadiah untuk orang kesayangan. Semacam flexi life ini. Ya Allah ngeliat mba Andi ngumpul bareng ama keluarga rontok hatiku. Kangen sama ibuk juga.

    BalasHapus
  50. Penting banget punya proteksi buat keluarga. Salah satunya asuransi. Semoga semua keluarga sehat senantiasa, ya, Mbak

    BalasHapus
  51. Alhamdullilsh keluargaku gada riwayat diabetes ataupun hipertensi tapi memang aku ga biasa beli minuman di luar kayak boba. Paling di rumah ngeteh, eveb aja juga milih ngeteh atau sesekali ngopi. Tobat nasuha karena jaman single minum aneka rupa wkwkwk. Sehat itu investasi

    BalasHapus
  52. Saat ini sebagian dari kita masih santai aja..

    Padahal banyak contoh..

    Bahwa ortu kena diabetes, ayah hipertensi , paman stroke.. tapi semuanya gak diambil pelajaran.

    Jaga kesehatan sejak awal mulai dari yang dimasukin kemulut..preventif seja usia dibawah 40...

    Kesehatan itu mahal.., bagus banget kalo bisa masuk asuransi kaya gini..

    BalasHapus
  53. Wah bener ya,harus punya asuransi.supaya lebih nyaman nih.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)