My Covid-19 Journey: Oh Lord, Now I Am Positive!

Senin, 09 Agustus 2021

Di hari ke-15 isolasi mandiri aku dan suamik mendapatkan jadwal untuk PCR bareng di kantorku. Bismillah kami berangkat ke sana dengan harapan hasilnya baik. Tapi, ternyata justru aku yang malah terkonfirmasi positif covid-19. Oh Lord, Now I Am Positive! Yes, beb yuk lanjut cerita dari My Covid-19 Journey, shall we start now ...

My Covid-19 Journey

Okeh beb, kita flashback dulu ya pada saat seminggu pasca vaksin Covid-19 dimana aku merasakan sakit luarbiasa, drop se-dropnya umat, mulai dari meriang, diare, mual muntah hingga linu-linu sekujur tubuh. Padahal pagi harinya normal, lah wong aku sempat jalan kaki santai sama Darell buat beli bubur langganan. Tiba-tiba aja menjelang jam 12 siang, aku merasakan semua rasa sakit yang disebutkan di atas tadi. 

Seminggu Setelah Vaksin Covid-19

Pikirku, wah ini ada yang gak bener nih, masa efek dari vaksin segitunya, I mean, gak normal ini. Akhirnya aku istirahat di kamarnya Darell sambil merasakan semua rasa sakit itu dan keluar keringet dingin basah kuyup. Lalu, jeng jeng, muntahlah aku, jackpot, semua yang aku makan saat sarapan keluar. Sampai tiga kali muntah, dan itu menakutkan buat aku. 

Baca Ini Yuk:MY COVID-19 JOURNEY: YEAY, I GOT MY 1ST VACCINE!

Sedikit pengakuan ya beb, aku tuh memang ada trauma tersendiri sama yang namanya 'muntah' karena saat hamil Darell aku ngalamin hyperemesis gravidarum dari trimester 1 hingga ke trimester 2. Kejadian itu cukuplah membuat aku trauma, bayangin nih ya tiap makan muntah, tiap nyium bau makanan muntah, terus aja begitu seharian sampai usia kehamilan mencapai usia 6 bulan.

My Covid-19 Journey

Dari jam 12 siang sampai esok subuh, aku buang air besar total 18 kali, ya bisa dibilang diare lah ya itu mah. Badan lemes selemes-lemesnya, sakit, linu, mual, mules, keringet dingin, semua jadi satu. Selama merasakan hal tersebut, yang aku lakukan berusaha keras untuk afirmasi positif, istigfar, berdoa, yakin kalo Allah akan angkat sakit ini, soon. Yakin juga kalo aku mampu ngelewatin semua rasa sakit itu. Meski gak dipungkiri, aku nangis, mewek, ngadulah ke suamik saking gak kuat.

Setelah 10 kali buang air besar dan 3 kali muntah, meski agak malam aku memutuskan untuk ke klinik terdekat tapi ternyata klinik dekat rumah itu sudah tutup. Yaudah, akhirnya aku ke apotek terdekat yang memang langganan dan ada apotekernya. Aku berpikiran untuk minum obat sesuai dengan keluhan yang aku rasakan dan aku sampaikan ke apoteker di apotik tersebut. Ya minimal bisa mengurangi frekuensi BAB, rasa sakit di sekujur tubuh dan meriang.

Baca Juga:MY COVID-19 JOURNEY: OH NO, MY HUSBAND POSITIVE!

Sudah ke apotek dan minum obat, frekuensi BAB berkurang dari 10 kali menjadi 8 kali, ya lumayanlah ya. Aku paksain juga buat minum jus, minum air putih dan air teh seharian biar gak lemes. Alhamdulillah besok paginya, udah mulai agak membaik dan mau makan. Meski frekuensi BAB masih ada, gak separah kemarinnya, tapi ini sebuah keajaiban sih, dimana aku bisa melewati masa-masa sakit itu gak sampai 3 hari. 

Akhirnya memutuskan untuk Swab Antigen 

Sebelum ke cerita aku memutuskan swab antigen setelah ngedrop parah, sebenarnya sebelum ngedrop aku udah 2 kali swab antigen dan hasilnya negatif. Jadi memang aku cukup sering swab antigen minimal seminggu dua kali karena diwajibkan sama kantor juga. Lalu, persis dua hari sebelum aku ngedrop parah, aku pun melakukan swab antigen karena salah satu direktur di kantor terkonfirmasi positif COVID-19 dimana dua hari sebelumnya aku sempat berinteraksi dengan beliau. Jadi, disarankan untuk melakukan swab antigen. Dan alhamdulillah hasilnya pun negatif. 

Dua hari setelah swab antigen tersebut, terjadilah ngedrop parah yang aku ceritain di atas. Meski aku bisa melewatinya dan merasa lebih baik setelah dua hari, maka di hari ketiga aku memutuskan untuk melakukan swan antigen lagi untuk jaga-jaga. Aku melakukan swab antigen berbarengan dengan suamiku yang hasilnya, aku masih negatif dan suamiku malah terkonfirmasi positif COVID-19. 

My Covid-19 Journey

Saat itu, dipikiran aku harus laporan ke orangtua karena tinggal serumah juga ke orang kantor untuk menanyakan apa yang harus dilakukan. Akhirnya aku ikutan suamik isolasi mandiri di rumah bersama Darell, saat itu juga mulailah konsultasi via online di aplikasi untuk menanyakan prosedur isolasi mandiri di rumah. Alhamdulillah, meski suamiku terkonfimasi positif COVID-19 namun gejalanya termasuk yang ringan jadi masih bisa isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. 

Baca ini Juga, Yuk: MY COVID-19 JOURNEY: ISOMAN PART 1

Selesai Isoman Part 1, Saatnya PCR

7 hari pertama isoman bareng suamik dan Darell, ada beberapa kejadian yang cukup mengoyak mental, pikiran, dan fisik. Bayangin nih beb, hari pertama isoman, Darell sempat panas dan demam hingga 40 derajat, disitu aku ngerasa failed, kecewa dan nyalahin diri sendiri, sedih banget. Sempet kepikiran, duh kenapa sih Darell mesti panas dan demam setinggi itu di saat suamik isoman. Jujur sih aku gak siap buat ngadepin kondisi saat itu. Aku nahan nangis dan mencoba fokus buat ngerawat Darell. FYI, saat isoman suamik menetap di kamar atas sedangkan aku dan Darell di kamar bawah. Sambil mantau suamik via WhatsApp aku juga ngerawat Darell. 

My Covid-19 Journey

Pikirku, oke, suamik udah nih ya positif COVID-19 fokus ngerawat dia dengan nyiapin makan dan support secara mental. Untuk kondisi Darell, saatnya aku bergerak cepat buat beli paracetamol, karena kebetulan stok lagi habis di rumah. Aku juga memotivasi Darell agar mau lawan rasa sakit dengan afirmasi positif. Buat yang udah dibaca cerita "Isoman Part 1" di serial (asik serial!) "My Covid Journey) pasti tau deh motivasi yang aku berikan dimana mampu buat Darell semangat ngelawan rasa sakit dan panasnya turun hanya dalam waktu 24 jam. Tentu ini juga gak lepas dari doa yang sungguh-sungguh mohon ampun sama Allah.

Selesai isoman, di hari ke-15 akhirnya aku bersama suamik melakukan tes PCR di kantorku, tapi hasilnya, malah aku yang positif COVID-19 dong. Itu rasanya, mental kembali diuji, seriusan deh tulisan "POSITIVE" sukses kena mental aku. Lantas aku mikir lagi, apa sebenarnya gejala-gejala COVID-19 sudah aku rasakan tapi gak aku gubris karena fokus merawat suamik dan Darell.

My Covid-19 Journey

Ada beberapa gejala COVID-19 yang terjadi dalam diriku selama nemenin suamik isoman, yaitu: 

  • Rasa tidak nyaman dan nyeri
  • Nyeri tenggorokan
  • Kelelahan
  • Diare
  • Konjungtivitis (mata merah)
  • Sakit Kepala
  • Hilangnya indera perasa 
  • Ruam pada kulit

Bisa-bisanya aku gak peka atau sensitif sama semua gejala yang aku sebutkan di atas, mungkin karena dipikiranku hanya ngerawat suamik dan Darell aja. Kadang nih ya, aku suka amazed sama diri sendiri yang bisa sekuat itu nahan semua rasa sakit, lelah, mental drop dan masih bisa bersikap normal selama ngerawat suamik juga Darell. Apa emang kalo udah jadi ibu-ibu tuh semacam punya kekuatan superhero yang saat dibutuhkan bisa keluar gitu aja. 

My Covid-19 Journey


Sudahlah diputuskan aku isoman (lagi) di rumah, pihak kantor juga berpikir itu yang terbaik. Aku hanya cukup makan makanan bernutrisi, istirahat yang cukup, kurangin overthinking, banyakin nonton vincent desta, lapor pak, atau dengerin podkesmas. Trus aku ngapain aja ya selama isoman extention eh maksudnya isoman part 2. Well, semoga kamu-kamu gak bosen ya sama ceritaku ini. Kita lanjut di serial My Covid-19 Journey: Isoman Part 2!

27 komentar

  1. kalau cerita saya dulu, udah gejala, tapi kami gak test dan langsung isoman dirumah berdua sama istri, anak dititipkan mbahnya..
    setelah 3 minggu test negatip trs pulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya bisa melalui semua, semoga kita semua diberikan nikmat sehat sekeluarga oleh Allah

      Hapus
  2. Ya Allah ... semangat terus ya Mbak Aie. Hari ini bagaimana keadaannya? Sudah jauh lebih fit kan ya?

    BalasHapus
  3. Sekarang mba Aie dan keluarga udah sehat semua kan ya?
    Memang covid ini ngeriiii kok,
    walo ada beberapa orang yg bilang mirip flu, tapiii covid ini serem dan nggak enak-nya 30 kali lipat ketimbang flu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget ya, Mba. Meski pandemi udah lewat setahun lebih,tetep aja masih ada rasa khawatir. Moga sekarang sudah lebih baik keadaannya, ya, Mba.

      Hapus
  4. Kebayang banget gak enaknya mak..Alhamdulillah sekarang semua dah lewat ya...Semoga selalu sehat semua begitu juga keluarga..

    BalasHapus
  5. Duh mbak, namanya muntaber aku pernah merasakan bahkan sampe opmame. Apalagi ternyata gejala tersebut termasuk juga ya dalam covid-19, wah harus waspada nih aku.

    BalasHapus
  6. Ya Allah Ka, 2 bulan lalu itu bulan yang puaanjaaaaang banget yah. Aku aja merasa lelah apalagi kamu ka. Alhamdulillah bisa dilewati dengan baik ya.

    BalasHapus
  7. Terima kasih sudah berbagi mam. Covid itu nyata dan dampaknya tuh nggak main-main ya. Sekarang kondisi mam Aie dan suami bagaimana? Apakah sudah pulih? Kena long covid gak mam?

    BalasHapus
  8. ya Allah sampai segitunya ya, Mba deritanya. Kalau lihat gejalanya kayak orang sakit flu biasa ya. Saya jadi hati-hati banget nih. Ma kasih infonya ya, Mba.

    BalasHapus
  9. Dulu waktu suamiku positif covid juga aku ga merasakan gejala apa2. Malah setelah suami sembuh baru aku meriang tak berkesudahan. Kalau pagi segar bugar, begitu maghrib langsung lemas kayak ga punya tenaga, badan ngilu semua. Entah deh itu artinya aku terpapar atau tidak, ga pernah PCR soalnya. Alhamdulillah sekarang udah sehat ga meriang2 lagi.

    BalasHapus
  10. Ya ampuuun aie..
    swab seminggu dia kalik???
    Selama pandemi ini aku baru dua kali dicolok hidung dan itu rasanya uda ga nyaman. Gimana kalo seminggu dia kali??

    Semoga sehat2 seterusnya Mama Papa Darrel dan of course Darrel juga..

    BalasHapus
  11. Tapi sekarang mbak dan keluarga sdh sehat semua ya? Iya sih, sakit akibat covid tdk mudah dan bahkan banyak keluarga yg kehilangan krn sakit covid.

    BalasHapus
  12. Sekarang udah sehat Mba Aie? Pandemi ini asalnya Kita engga tahu siapa yang kena, terus sekarang masuk ke circle terdekat, ya. Tetep jaga kesehatan ya buat Mba dan keluarga

    BalasHapus
  13. Aiieee, kudengarnya ngilu...
    BAB sampai beberapa kali gitu berarti virusnya bersarang di perut ya :(
    masih bersyukur dirimu sehat kembali, peluk dari jauh ya sayangku

    BalasHapus
  14. Gejala yang muncul udah banyak dan mbak Aie merasa belum peka. Mungkin karena gejala yang ada mirip dengan gejala sakit lainnya (bukan Covid), seolah dianggap biasa. Mungkin karena itu?

    Dan soal merasa takjub sendiri kenapa dalam keadaan sakit pun masih bisa merawat keluarga yang sakit, hingga merasa udah kayak superhero bisa handle semuanya, sebetulnya itu juga sering kurasakan. Kayak tahun lalu waktu suamiku sakit dirawat lama di RS dan anakku kecelakaan, aku urus sendiri semuanya padahal pasti ada lelah dan celah lemahnya, tapi tetep bisa tangani semuanya sampai keduanya sembuh pun, tetep kuat berdiri. Kita para ibu sekaligus istri memang sekuat itu :D

    BalasHapus
  15. Serial kehidupan yang belum pernah kita alami sebelum membuat kita jadi banyak belajar dan saling memberikan dukungan

    BalasHapus
  16. Mbak Aie, dirimu kuat bangeeet. Tapi emang bener ya, ibuk ibuk itu kalau suami atau anak sakit bisa punya tenaga superpower kayanya. Masha Allah amazed banget sama ceritanya. Gasabar pengen nyimak part selanjutnya

    BalasHapus
  17. yah, meski aku udah isoman juga ama suami dan negatif, tapi tetap waswas juga apalagi kalo udah ada kerumunan, dan akibatnya juga lebih paranoid deh. Ada temen malah daya ingat menurun juga

    BalasHapus
  18. pastinya berat saat melaluinya ya mbak, tapi alhamdulillah ya sekarang sudah sehat.
    semoga selalu sehat ya mbak, keluarga juga
    dan Indonesia segera membaik

    BalasHapus
  19. Aku baca cerita teman yang ngalamin positif dan juga ibu dan adek-adekku, duh sedih sekali. Sakitnya sampai aku ga bisa bayangin, Aie, Alhamdullilah ya sekarang sudah sehat dan berlalu. Semoga selalu dijaga Allah yaaaaa

    BalasHapus
  20. Kak Aie..
    Ya Allah, berat sekali yaa..kalau sudah terjangkit virus. Semoga setelah semua membaik, sehat selalu.

    Mas Darrel yang paling bikin patah hati pasti yaa...

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah, kemungkinan saat ini sudah pulih ya mbak Aie dari sakit covid 19. Memang gak bisa diduga ya mbak, penularan Covid-19 ini beneran cepat. Meski sudah mendapat vaksin dos 1 tetap ada peluang kita kena juga yaa.

    semoga semua baik-baik saja ya mbak, kebayang diare sampai 18 kali gitu, pasti lemes banget ya. Syafakumullah mbak

    BalasHapus
  22. Ya Allah mbak ga kebayang aku tuh. Alhamdulillah mbak kuat masih bisa urus suami dan anak. Covid19 memang sengeri itu ya gejala gejala nya. Hiks

    BalasHapus
  23. Ya Allah, mbak Aie kenanya di perut ya sampai diare 18x. Covid itu unik karena gejala tiap orang beda-beda. Aku dan anak-anak alhamdulillah enggak diare, cuma flu batuk dan sempat demam. Memang seminggu awal itu enggak karuan rasanya.

    Diberi cobaan sakit sedikiiit aja udah ngeluh padahal selama ini badan sehat. Ah ngerasa kurang bersyukur.

    BalasHapus
  24. sehat-sehat mba ai, semoga sehat selalu sekeluarga
    kebayang banget sakitnyay pas covid huhu
    akupun dapet pas abis vaksin ke-2 malah. tapi ya alhamdulillah semua udah terlewati :")
    dirimupun ya mbak semoga kita terbebas covid semua :")

    BalasHapus
  25. Ya Allah, perjuanganmu Kak. Terharu.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)