Ternyata Mudah, Ini Cara Cek Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor

Sabtu, 22 Januari 2022

Plat nomor kendaraan adalah salah satu identitas dari setiap kendaraan bermotor di Indonesia. Oleh sebab itu, tentu saja setiap kendaraan memiliki plat nomor atau nopol yang berbeda-beda. Nah pada postingan kali ini kita akan membahas informasi tentang bagaimana sih cara cek pemilik plat no kendaraan. Shall we start now? 

Cara Cek Pemilik Kendaraan dari Plat Nomor

Sebab hanya dari plat no kendaraan tersebut kita bisa tahu siapa pemilik kendaraan tersebut. Sebab plat nomor kendaraan yang selalu ada di setiap kendaraan, entah itu di motor atau mobil bisa digunakan untuk menjadi alat yang bisa kita pakai mengidentifikasikan setiap kendaraan bermotor.

Sudah sewajarnya tentu saja setiap orang ingin melakukan pengecekan atau melacak plat nomor sepeda motor atau mobil. Nah sekarang ini dengan kemajuan teknologi yang sudah serba canggih serta digital ini membuat aktivitas pelacakan pemilik kendaraan dengan plat nomor tersebut bisa dilakukan dengan mudah.

Bagaimana Cara Mengetahui Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor?

Plat nomor polisi atau nomor kendaraan merupakan salah satu alat yang penting dan harus dipasang di masing-masing kendaraan bermotor. Hal ini karena dari plat motor tersebut kita bisa tahu identitas dan informasi mendetail tentang kendaraan bermotor tersebut.

Untuk kamu yang sedang mencari cara bagaimana bisa mengetahui identitas pemilik kendaraan bermotor dari plat nomor kendaraan. Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah dan cara cek pemilik plat no kendaraan.

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Lewat Website

Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa mengecek data kendaraan secara online hanya dengan menggunakan website-website pemerintah yang sesuai dengan domisili dari kode plat nomor kendaraan yang akan kamu cek.

Cara Cek Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor

Nah untuk kamu yang penasaran dengan bagaimana cara cek plat nomor kendaraan lewat website adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama silahkan buka browser di android atau komputer yang kamu miliki.
  • Selanjutnya, silahkan ketik di Google atau mesin pencari dengan keyword "Cek Plat Nomor Kendaraan Jawa Tengah". Sesuaikan dengan domisili atau provinsi kode kendaraan yang akan  dicek.
  • Langkah berikutnya, silahkan anda klik link atau website yang paling atas.
  • Jika sudah, silahkan masuk pada menu cek plat nomor polisi di tampilan website.
  • Selanjutnya silahkan masukkan nomor kendaraan yang akan anda cek di kolom yang sudah tersedia.
  • Masukkan juga data lain yang dibutuhkan oleh situs untuk membantu mencari dan juga mengolah database.
  • Jika semuanya sudah lengkap, silahkan tekan Submit dan secara otomatis website akan membantu menampilkan hasil pencarian cek plat nomor kendaraan yang dilakukan tersebut.

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Lewat Aplikasi

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi sekarang ini kita bisa melakukan pengecekan plat nomor kendaraan lewat aplikasi iOS atau android. Nah berikut dibawah ini adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mengetahui pemilik atau identitas kendaraan secara online lewat aplikasi.

Langkah pertama silahkan download dulu aplikasi cek data kendaraan online sesuai dengan domisili atau kode plat nomor yang akan anda cek. Misalnya untuk kamu yang ingin mengecek plat nomor kendaraan dengan kode "B", maka cari saja aplikasi cek plat nomor Jakarta sesuai dengan kode "B" tersebut.

  • Nah jika sudah terinstall, silahkan buka aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya, silahkan masukkan atau input plat nomor kendaraan yang ingin dicek di kolom yang tersedia dari aplikasi cek data kendaraan online.
  • Masukkan kode captcha yang tersedia, jika sudah silahkan tekan tombol "Cek" atau submit yang ada di tampilan aplikasi.
  • Tunggu aplikasi akan mencari data kendaraan online dari database, jika sudah nanti akan muncul informasi lengkap tentang pemilik kendaraan tersebut yang dikeluarkan oleh aplikasi cek data kendaraan online.

Itulah bagaimana cara cek data kendaraan secara online dengan mudah yang bisa kamu lakukan.

Cara Cek Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor

Sebenarnya aplikasi cek data kendaraan online tersebut tidak dibuat khusus hanya untuk melihat pemilik kendaraan atau identitas lengkap kendaraan.

Melainkan dengan menggunakan aplikasi tersebut, kita juga bisa tahu jadwal pajak, total pajak, dan apakah kendaraan sudah telat pajak atau bukan.

Artinya, kamu bisa mengetahui kapan waktu atau jadwal kamu melakukan perpanjangan pajak terhadap setiap kendaraan yang dimiliki.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kamu yang penasaran dengan bagaimana cara mencari tahu pemilik atau identitas kendaraan bermotor tersebut.

26 komentar

  1. Wah, ternyata cek pemilik plat kendaraan bermotor melalui aplikasi lebih mudah dan praktis ya :D Iya tuh kadang ada yang kepo siapa sih pemilik mobil atau motor yang kita temui? Heheheh :D Jadwal pajak juga bisa dilihat di aplikasi ini, mantap.

    BalasHapus
  2. bener kak..cek data kendaraan emang mudah banget ya hanya dari nomer kendaraannya.. Aku tahunya dari netijen tuh yang sering ngecek pengguna kendaraan yang bikin ulah lalu viral hehe

    BalasHapus
  3. Informatif bun, bisa melacak sendiri misalkan ada pelaku tabrak lari atau beberapa bulan lalu saya pernah melihat pengendara mobil asal lempar sampah sembarangan saya sempat videoin sih sayang tidak cek nomor.polisinya.

    BalasHapus
  4. Wahh aplikasinya berbahaya gak tuh? Kalo bisa mengecek data pemilik kendaraAn by plat nomornya. datanya takut disalahgunakan :(

    BalasHapus
  5. Ulalaaa ternyata semudah itu ya mba Aie
    Siappp, aku mau infokan ke suamik ahh
    soale kadang blio penasaran sih soal cek pemilik kendaraan ini.

    BalasHapus
  6. Wah ternyata mu ngecek kepemilikan kendaraan jadi gampang ya mba. Ga perlu harus kenal orang dalam dulu atau sewa detektif untuk mengetahui identitas si pemilik kendaraan. Cukup lewat aplikasi atau buka website milik pemerintah ya

    BalasHapus
  7. Wah ternyata masyarakat umum pun bisa ya ngecek kepemilikan kendaraan dengan mengetahui plat nomornya. Kirain cuma polisi aja yang bisa untuk keperluan penyelidikan

    BalasHapus
  8. Aku baru tahu nih kalau cek pemilik nomor kendaraan bisa semudah dan secepat itu hanya lewat website atau aplikasi, jadi bisa tahu nih siapa pemilik kendaraan kalau kebetulan kita kepo hahaha, tapi memang membantu ya untuk memudahkan mencari tahu informasi jadwal perpanjangan nomor kendaraan.

    BalasHapus
  9. Oalaahh bisa to cek data dari nomer kendaraan. Ini ga rawan disalahgunakan oleh pihak lain kan? Semoga aja enggak yaaa... Aku jadi penasaran mau cek punyaku juga deh jadinya.

    BalasHapus
  10. Oh iya?
    Canggih banget yaa..kini ada cek online plat mobil kendaraan. Apakah ini juga bisa melacak keberadaan kendaraan?
    Kabayang manfaatnya saat, mungkin ada yang kehilangan kendaraan.

    BalasHapus
  11. Pantas ya kalau ada kecelakaan lalulintas atau peristiwa viral yang melibatkan kendaraan bermotor, identitas pelaku atau korbannya bisa cepat diketahui lewat website ini

    BalasHapus
  12. Pantas ya kalau ada kecelakaan lalulintas atau peristiwa viral yang melibatkan kendaraan bermotor, identitas pelaku atau korbannya bisa cepat diketahui lewat website ini

    BalasHapus
  13. Dan saya juga pakai aplikasi yang punya Jateng. Buat ngecek berapa biaya pajak kendaraan. Terus berhubung di kantor suka ngurusin kendaraan, sekalian cek-cek biayanya di aplikasi.

    Tepat dan tanpa ribet.

    BalasHapus
  14. Aku baru tahu juga mba bisa ada pengecekan data dari nomor kendaraan ini. Makasih informasinya mba. Satu sisi, kadang ada urgensi juga melakukan ini

    BalasHapus
  15. wah, ternyata mudah yah, boleh banget nih digunakan caranya eh tispnya sebab kebetulan lagi nyari info mobil yang di jual, eh maksudnya mau beli mobil

    BalasHapus
  16. Selama ini aku penasaran, gimana orang-orang bisa tau pemilik sebuah kendaraan hanya dari plat nomornya. Ternyata sudah dijawab di sini. Nah, ini jadi alasan yang cukup penting juga bahwa kita perlu mensensor plat nomor saat upload foto kendaraan, yaa.. Lalu, kalau beli kendaraan second, kayaknya perlu dipikirkan juga untuk segera balik nama, yaa...

    BalasHapus
  17. Wah ternyata ada aplikasinya ya
    Mudah ya untuk cek data dari nomer kendaraan
    Coba cek nomor mobil suami ah

    BalasHapus
  18. Kalau aku suka lihatin karena buat bayar pajaknya. Balada sering dititipin saudara gitu kan. Jadi pas buat nyediain jumlah biaya yang harus dibayar

    BalasHapus
  19. Aplikasi nya ada nama khusus nya kah mbak? Aku kira untuk cek data plat nomor hanya bisa dilakukan oleh pihak berwenang saja. Kayak di film2 tuh ga semua orang bisa cek. Hehe

    BalasHapus
  20. Wah aplikasinya bermanfaat banget ya, khususnya buat saya yang termasuk sering lupa urusan jadwal perpanjangan nomor kendaraan.

    BalasHapus
  21. Ooooo.. Aku baru tahu lho kita bisa cek kepimilikan kendaraan bermotor lewat online pakai plat nomer.
    Tapi bener bener, ini memudahkan. Kadang, kaya aku sendiri, suka lupa kapan bayar pajak kalau ngga buka STNK atau bukti pajak thn sebelumnya. Memudahkan lah ya begini nih

    BalasHapus
  22. baru tahu info ini, mbak Aie. Eh aman gak sih info pemilik kendaraan? bagusnya memang jadi tahu tentang kapan bayar pajak, yah. Ah coba dulu deh sampai segimana info yang ada.

    BalasHapus
  23. ah ternyata bbisa cek pemilik kendaraan dari plat nomornya ya, berguna banget kalau ada kasus ama pengendara tersebut. Yaa semoga yg dipake plat betulan, bukan yg palsu.

    BalasHapus
  24. Infonya bermanfaat ini mbak, selama ini beli mobil cuma tahu dari stnk untuk lihat pemilik mobil, gak kepikiran bisa dari plat nomer. Bermanfaat juga kalau mau beli mobil bisa dicek dulu ya, takutnya mobil tersebut hasil curian kan ngeri

    BalasHapus
  25. biasanya kalo ada kecelakaan cepet ya begitu cek plat nomer dll
    jadi tahu caranya biar paham cek kendaraan dll

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)