Cerita Ramadan dan Persiapan Mudik Lebaran 2022 Bebas Masuk Angin

Rabu, 27 April 2022

Akhirnya lebaran tahun ini bisa mudik ke Bandung setelah 2 kali lebaran terpaksa mengurungkan niat untuk bertemu mertua dan keluarga besar. Tentu banyak persiapan untuk mudik kali ini, terlebih membawa anak. So, here is persiapan mudik lebaran 2022 bebas masuk angin. Shall we start now …

Antangin

Kabar gembira untuk semua masyarakat Indonesia, karena pemerintah mengumumkan mudik diperbolehkan dengan syarat ketentuan yang berlaku. Menurut aturan nomor 16 Tahun 2922, syarat-syarat mudik lebarans udah tertera dengan jelas, seperti pemudik harus menyertakan hasil tes antigen ataupun PCR. Sedangkan untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun, bebas tes COVID-19 seperti PCR ataupun antigen, namun tetap dengan syarat bahwa orang yang mendampingi telah memenuhi syarat vaksin COVID-19.

Mudik memang menjadi salah satu kebiasaan wajib yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia menjelang lebaran. Maka dari itu, banyak yang telah melakukan persiapan mudik lebaran dari jauh-jauh hari seperti mempersiapkan kendaraan, tiket, tempat penginapan, baju dan oleh-oleh. Namun, yang sering kelupaan yaitu persiapan menjaga kondisi kesehatan agar selama mudik bebas masuk angin.

Antangin

Ini penyakit aku banget sih dari dulu gampang banget masuk angin. Apalagi melakukan perjalanan jauh baik menggunakan jalur darat, jalur udara ataupun jalur laut risiko masuk angin terbuka lebar. Karena itu, hal ini menjadi perhatian penting buat aku sekeluarga. Jangan sampai jatuh sakit selama perjalanan dan ketika selesai mudik.

Nah, berikut adalah persiapan mudik lebaran 2022 bebas masuk angin:

1. Pastikan Kondisi Tubuh Prima

Menjaga kondisi tubuh saat mudik perlu diperhatikan dari jauh-jauh hari. Selain tidur yang cukup, menjaga kondisi fisik sebelum berangkat mudik perlu menjadi fokus utama agar tubuh tidak drop dan kelelahan saat mudik nantinya.

Apalagi selama bulan Ramadan, jam tidur udah pasti berkurang ya karena menyiapkan menu sahur, aktivitas harian, dan menu berbuka puasa untuk keluarga. Belum asupan makanan yang kadang agak asal, terlalu manis, minum es, ataupun gorengan yang bisa menurunkan daya tahan tubuh. Makanya penting sekali untuk memastikan kondisi tubuh prima selama Ramadan dan melakukan mudik dengan konsumsi makanan yang bergizi juga jangan sampai lupa bergerak secara rutin.

Antangin

Yang paling sering aku rasakan selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan adalah masuk angin dan badan greges gitu. Makanya di rumah aku selalu stok Antangin JRG yang merupakan obat herbal mengandung jahe, royal jelly, ginseng, dan madu membantu untuk mengatasi perut kembung, mual, tidak enak badan, memberikan rasa hangat di tubuh dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Lalu ada juga Antangin Habbatussauda yang terbuat 100% bahan alami membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan masuk angin, meriang, mual kembung, pegal-pegal, sakit kepala, dan melegakan tenggorokan.

2. Pertimbangkan Kendaraan untuk Mudik

Berhubung aku mudik ke Bandung, jadi bisa menggunakan mobil pribadi untuk membatasi kontak dengan orang lain selama perjalanan. Ketika harus istirahat di rest area tidak lepas protokol kesehatan seperti menjaga masker, gunakan hand sanitizer juga menjaga jarak dengan orang lain.

Ketika harus ke toilet umum dan tempat ramai lainnya wajib banget menjaga jarak, dan jika terpaksa harus makan di rest area makan tak lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir agar terhindar dari virus ataupun bakteri.

3. Siapkan Perlengkapan dengan Lengkap

Selain membawa masker, hand sanitizer, dan obat-obatan, aku juga menyiapkan pakaian pengganti selama perjalanan, tisu basah dan tisu kering, snack dan cemilan, hingga bantal kecil supaya anakku nyaman tidur selama perjalanan, termasuk aku juga sih.

Lalu, aku juga menyiapkan satu tas yang isinya baju ganti (termasuk baju dalam) sebagai bekal persiapan ketika harus ganti baju karena hal-hal yang tidak diinginkan. Aku juga membawa uang cash secukupnya semisal ternyata transaksi jual beli harus menggunakan uang cash. Oia, satu lagi, bawa air mineral yang cukup di mobil supaya gak beli di rest area, karena biasanya penuh dan antriannya mengular.

Antangin

4. Cek Kondisi Kendaraan, Isi Bahan Bakar dan Saldo E-Tol yang Cukup

Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan yang prima dengan cek keseluruhan mesin, air radiator, rem dan kaki, ban, lampu, dan wiper. Jika kondisi mobil sudah oke, maka saatnya periksa kelengkapan mobil. Pastikan kunci-kunci dan kelengkapan untuk mengganti ban lengkap di bagasi mobil. Selain itu bawa juga peralatan P3K serta segitiga pengaman. Terakhir cek juga masa berlaku STNK dan SIM, buat jaga-jaga aja sih.

Lalu, bahan bakar juga diisi full tank sebelum berangkat mudik untuk menghindari pengisian bahan bakar di rest area karena pasti antriannya cukup panjang. Lalu, saldo e-tol juga diisi sesuai kebutuhan, kalo bisa lebih untuk menghindari pengisian di mini market atau ATM.

Antangin

5. Obat-obatan Pribadi/P3K

Ini salah satu yang juga wajib dibawa selama perjalanan mudik lebaran kemarin, tidak salahnya menyediakan berbagai obat-obatan pribadi. Obat paling umum yang biasanya aku bawa saat perjalanan jauh seperti obat sakit kepala, obat diare, koyo, dan obat masuk angin.

Obat masuk angin yang selalu aku bawa yaitu Antangin JRG dan Antangin Habbatussauda yang mengandung 100% bahan alami.

Antangin JRG merupakan obat herbal yang sudah terstandarisasi untuk mengatasi perut kembung, mual, tidak enak badan, memberikan rasa hangat di tubuh dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena berasal dari kombinasi tumbuh-tumbuhan yang sudah diuji mutu dan khasiatnya.

Antangin JRG mengandung Jahe, Royal Jelly, Ginseng dan Madu untuk melagakan dan melunakkan tenggorokan yang kering. Biasanya aku minum 1 sachet 3 kali sehari sesudah makan. Bisa diminum langsung atau dituang ke setengah gelas air teh. Antangin JRG ini juga bisa lho dikonsumsi oleh anak berusia 6 tahun ke atas dengan setengah dosis orang dewasa.

Antangin

Antangin Habbatussauda adalah sirup herbal dengan kandungan Habbatussauda, Meniran, dan Jahe yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan masuk angin, meriang, mual kembung, pegal-pegal, sakit kepala dan melegakan tenggorokan.

Antangin Habbatussauda terbuat dari 100% bahan alami dan telah tersertifikasi halal dengan komposisi Habbatussauda, Meniran, Jahe, Daun Sembung, Daun Mint, Biji Pala, Kunir, Akar Manis dan Madu. Untuk dosis pemakaian orang dewasa bisa konsumsi 3 kali sehari 1 sachet. Sedangkan anak-anak bisa juga untuk anak usia 6-12 tahun 3 kali sehari setengah sachet dengan aturan pakai sesudah makan atau dicampurkan dengan air teh hangat 0,5 gelas.

Alhamdulillah ibadah puasa selama Ramadan kemarin berjalan lancar dan lebih hangat bebas masuk angin berkat Antangin JRG dan Antangin Habbatussauda. Bahkan persiapan mudik lebaran tahun ini bisa direncanakan dengan baik sehingga berangkat mudik nanti lebih tenang.

Kalo kamu gimana nih cerita Ramadan dan persiapan mudik lebaran tahun ini?

38 komentar

  1. Cerita Ramadhanku seru juga, hampir tiap hari Bukber kecuali weekend , hhaaaa.
    Dan pastiiiii donk, nyetok antangin di dalam tas, soalnya suka masuk angin dan kembung pulangnya malem terus.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah yah lebaran tahun ini kembali menyenangkan, kami juga mudik ke palembang, lumayanlah 10 harian, hehehe. Butuh emnag banyak persiapan, salah satunya yah bawa antangin biar cepat bisa atasi kalo ada yang masuk angin yah kan

    BalasHapus
  3. Mudik adalah ritual suci di akhir bulan suci. Segala sesuatu harus dipersipakan. Mulai dari kondisi kesehatan, transportasi yang digunakan, kondisi kendaraan, dan persediaan vitamin dan obat-obatan. Kalau sudah gitu tinggal deh mempersiapkan suasaana batin bahagia :)

    BalasHapus
  4. Setelah 2 tahun lamanya alhamdulillah tahun ini diperbolehkan mudik. Memang butuh banyak persiapan sebelum perjalanan mudik dilakukan. Saya juga selalu stok antangin sih di rumah dan udah kebiasaan juga kalau pergi kemana-mana bawa antangin soalnya perutku nggak bisa berteman baik sama angin. Hhehehe

    BalasHapus
  5. Ketika mudik lebaran emang harus banyak yang dipersiapkan ya mbak
    Nggak hanya tentang kendaraan saja, tapi juga butuh bawa vitamin dan obat-obatan, salah satunya ya Antangin ini

    BalasHapus
  6. Mudik lancar memang butuh persiapan ya mbak. Bener juga harus bawa Antangin biar ga masuk angin saat mudik. Apalagi pakai AC terus kalau di mobil atau transportasi umum

    BalasHapus
  7. Saya Lebaran gak ke mana-mana pun tetap kena masuk angin hihihi. Makanya selalu deh saya stok. Supaya begitu masuk angin langsung bisa teratasi.

    BalasHapus
  8. Ramadannya lancaaar, Alhamdulillah, meski di awal puasa, mesti jaga di RS suami kena DBD. Senangnya ada bekal Ramadan dan mudik Antangin, bisa hempaskan masuk angin dan bikin perjalanan nyaman! Maka saya juga selalu sedia nih

    BalasHapus
  9. Aku gak mudik mbak. Senang lihat teman teman yang mudik. Perjalanannya jadi cerita yang seru. Untung ada antangin yang menemani ya. Jadi sehat sehat selalu semua

    BalasHapus
  10. Wah aku kemarin mudik gak masuk angin, tapi malah kembung gitu, untung sedia antangin juga, lain kali sedianya antangin JRG juga deh jaga-jaga kalau masuk angin

    BalasHapus
  11. Iyaa mudik memang banyak persiapan ya biar nyaman dan aman di perjalanan, selalu sedia Antangin jrg nih di mobil biar kalau perut kembung atau kena gangguan pencernaan lainnya bisa langsung diminum..

    BalasHapus
  12. Kami nggak mudik lebaran ini, tapi sempat jalan-jalan ke tempat wisata.
    Macetnyaaaaa ampun-ampun, sampai pusing, untung sering sedia Antangin JRG dan Habbatussauda, bikin perjalanan jadi lebih bisa dinikmati dengan gembira karena bebas gejala masuk angin :)

    BalasHapus
  13. Selama lebaran ya... Maaf lahir dan batin.
    Mudik memang indentik dengan perjalanan jauh, keseruan dan keriuhan. Masuk angin atau mabuk perjalanan bisa jadi sebuah risiko. Kita segera antisipasi dengan menyediakan Antangin ya ...

    BalasHapus
  14. Terasa sekali lebaran tahun ini lebih New Normal dibandingkan sebelumnya. Paling terasa saat kami perlu melakukan perjalanan balik dari Serpong ke Bandung melalui jalur alternatif. Untung saja Antangin setia menemani, 8 jam perjalanan tidak terasa terlalu pusing ataupun mual.

    BalasHapus
  15. Antangin selalu ada bersama ku saking buat jaga-jaganya, soalnyanusia 40an gampang banget masuk anginmakanya wajib dibawa kemana-mana

    BalasHapus
  16. Tahun ini tingkat hilir mudik luar biasa banget yaa... jutaan orang melakukan aktivitas pulang kampung setelah beberapa tahun terhalang pandemi. Tentu badan harus fit, boleh juga sediakan Antangin nih untuk menjaga agar tidak masuk angin saat melakukan perjalanan.

    BalasHapus
  17. Mudik emang berpotensi menimbulkan masuk angin, apalagi kalau di perjalanan lama ya mbak. Obat2an sangat dibutuhkan nih terutama yg kyk Antangin biar terhindar dr kondisi kepayahan saat mudik ya. Ternyata Antangin punya varian Habbatusauda yaa.

    BalasHapus
  18. Jangan lupa membawa Antangin selalu yaa, kka..
    Agar perjalanan mudik lancar dan kondisi fit saat bersilaturahm hingga kembali ke aktivitas semula saat kembali berjibaku dengan pekerjaan di Jakarta.

    BalasHapus
  19. Masuk angin tuh rasanya gak enak banget. Saat hendak menempuh perjalanan jauh (eh dekat juga ding), pun saat cuaca tak menentu, jangan lupa deh sedia Antangin. Biar badan tetap berasa fit, dan gak gampang ngedrop.

    BalasHapus
  20. Antangin jadi bekalku mudik lebaran, mbak Aie. Sebelum perjalanan, minum Antangin dulu. Alhamdulillah badan jadi lebih enakan.

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah...tahun ini kita juga termasuk yang merasakan mudik kembali. Masya Alloh. Segala persiapan memang dilakukan agar perjalanan aman dan nyaman salah satunya dg konsumsi Antangin ini ya

    BalasHapus
  22. Saya juga mudik lewat jalur darat mbak, cuma kami pakai kereta api. Kami berpuasa saat mudik, minum antangin saat sahur biar di jalan bisa tetap fit dan minum lagi saat berbuka biar tubuh tetap prima. Alhamdulillah mudik lancar. Memang saat mudik butuh banyak persiapan agar perjalanan jauh tetap aman, sehat, dan nyaman.

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah sukses mudiknya ya Mbak. Yang penting prokes tetap harus dijaga. Sama dengan persiapan obat-obatan, termasuk Antangin, harus masuk ke dalam tas supaya aman dan terjaga kesehatan..

    BalasHapus
  24. yeeay mbak, turut senang ya. akhirnya setelah 2 tahun gak mudik karena virus corona, tahun ini bisa kumpul kembali di kampung halaman. akupun kalau melalukan perjalanan selalu sedia Antangin mbak

    BalasHapus
  25. Seneng banget tahun ini bisa mudik dan merasakan euforia bersilaturahm pasca pandemi.
    Semoga senantiasa sehat bersama Antangin, produk terpercaya andalan keluarga.

    BalasHapus
  26. Sama mba apalagi mudik kemarin selalu sedia antangin kemana-mana. Secara mudik antar kota dan kabupaten bawa bayi lumayan ya mba. Antangin habbatussauda juga biasanya aku minum buat daya tahan tubuh

    BalasHapus
  27. Seneng banget yaa tahun ini semua udah bisa mudik. Gak heran di mana-mana macet.
    Tapi untungnya sih mudik kemaren aku juga bawa Antangin buat stock di perjalanan. Biar gak kembung dan masuk angin

    BalasHapus
  28. Sebagai warga yang kemarin berbondong-bondong ikut mudik, aku setuju kalau antangin ini bekal wajib ketika bepergian. haha... Karena sangat membantu menjaga kebugaran tubuh selama mudik. Apalagi kalau mudiknya pas masih puasa. wajib banget deh.

    BalasHapus
  29. Kandungan herbal Antangin emang top markotop sih, bahannya premium semua, terutama yang Antangin habbatusauda, siapa sih yang ngga kenal dengan khasiat Habbatusauda

    BalasHapus
  30. Banyak hal yang perlu dipersiapkan saat mudik ya mba. Selain tubuh harus fit, kendaraan juga harus oke kondisinya. Tak lupa bawa Antangin yang siap menjaga daya tahan tubuh saat mudik

    BalasHapus
  31. Tahun ini meriah nanget ya lebarannya.setelah dua tahun lebaran ga bisa bareng2 keluarga besar. Andalanku juga nih mb Aie pake Antangin

    BalasHapus
  32. Kak sebelumnya aku belum pernah mudik, karena seluruh keluargaku dan keluarga suami ada di Tangerang dan Jakarta. Tapi mulai sekarang harus direncanain mudik karena mama papa mertua sekarang menetap di kampung halamannya. Sungguh aku nggak tahu persiapain mudik itu apa aja haha. Terima kasih tulisannya ini informatif sekali. Antangin JRG dan Habbatussauda well noted :)

    BalasHapus
  33. Bener banget ini Mbak, saldo e-toll kudu disiapin dulu, jangan sampai saat di pintu tol baru keinget dan alhasil kita jadi penyebab antrean mobil nungguin di pintu tol ya. Dan jangan lupa Antangin-nya jangan sampe ketinggalan, hehe

    BalasHapus
  34. Mudik gak mudik tetep harus jaga kesehatan yaa.. secara kan ini hari yang istimewa.. Alhamdulillah dengan sedia Antangin badan jadi lebih terjaga kesehatannya...bebas masuk angin yang kadang tiba-tiba dateng...

    BalasHapus
  35. kalau lagi diperjalanan pastikan perut jangan kosong, sarapan dan makan jangan di skip kecuali puasa. Jangan minuman dingin pastikan vitamin dan antangin pastinya tetap jadi bekal andalan hehehe

    BalasHapus
  36. Mudik kemarin ke Yogya, aku juga bawa Antangin dong. Wkwkwk paling sering konsumsi sih pak suami. Apalagi dia nyetir Mg-Yogya kaan. Jadi kudu booster supaya gak masuk angin dengan mudah. wkwkw

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)