Manfaat Deposito untuk Mencapai Tujuan Finansial di Masa Depan

Selasa, 24 Mei 2022

Masa pandemi membuatku menjadi memahami betapa pentingnya perencanaan dan kelola finansial keluarga. Apalagi untuk rencana keuangan masa depan, kita dituntut untuk bisa mengalokasikan dana sesuai kebutuhan. Ya, tabungan memang penting namun investasi yang menguntungkan seperti deposito berjangka pun bisa jadi pilihan untuk merencanakan finansial keluarga jangka panjang. Nah, di review kali ini aku akan bahas Manfaat Deposito Berjangka untuk Mencapai Tujuan Finansial di Masa Depan. So, let’s start the review now …

OK Bank

Sebenarnya ya banyak sekali manfaat deposito berjangka yang bisa dimanfaatkan sebagai instrumen investasi untuk alokasi keuangan keluarga. Salah satunya kamu bisa menabung dalam jangka waktu yang lama dan tidak khawatir dan tidak tergiur uang tersebut cepat habis karena sering diambil.


Deposito 101

Well, deposito memang termasuk investasi yang popular karena menawarkan keuntungan yang lebih banyak dari tabungan biasa. Pengertian deposito secara umum adalah rekening bank berbunga yang mempunyai tanggal jatuh tempo dengan sistem penyetoran. Jadi nasabah memiliki kuasa untuk menarik kembali uangnya sesuai dengan waktu yang disepakati bersama pihak bank. 

Menariknya nih, suku bunga deposito juga lebih tinggi dari tabungan biasa. Lalu untuk memperoleh tingkat bunga yang ditetapkan, uang yang kita setor tadi harus tetap berada dalam rekening tersebut sampai waktu jatuh tempo. Analoginya gini, semakin lama uang didepositokan, maki semakin besar pula pembayaran bunga yang diterima.

OK Bank

Tingginya tingkat suku bunga yang ditawarkan produk perbankan ini tentu menarik perhatian nasabah dan menjadikan deposito sebagai pilihan berinvestasi. Dan untuk jangka waktu deposito sendiri, umumnya bank menawarkan dalam hitungan bulan hingga tahunan sesuai yang keinginan dan kebutuhan nasabah.


Manfaat Deposito Berjangka untuk Mencapai Tujuan Finansial Masa Depan

Selain untuk tabungan, manfaat deposito berjangka juga masih banyak lagi. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan keluarga, misal untuk keperluan liburan, renovasi rumah, atau mungkin keperluan yang sifatnya jangka panjang. Berikut adalah manfaat deposito berjangka untuk masa depan yang jarang diketahui:

  • Investasi lebih mudah
  • Administrasi gak ribet
  • Bunga bisa diakses setiap saat
  • Deposito bisa diperpanjang otomatis
  • Jaminan keamanan
  • Risiko yang rendah
  • Mudah dan menguntungkan
OK Bank


Deposito di OK Time Deposit Aman dan Fleksibel

Salah satu bank yang bisa dipercaya dan aman untuk melakukan deposito berjangka yaitu di OK Bank yang disebut OK Time Deposit. Ya! OK Bank memiliki layanan deposito berjangka dengan berbagai keuntungan, salah satunya suku bunga yang kompetitif. Syarat pembukaan rekeningnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu siapkan kartu identitas dan NPWP, kemudian hubungi OK Bank untuk mendapatkan deposito deh.

Lantas, mengapa OK Time Deposit di OK Bank? Beberapa alasannya adalah sebagai berikut:

  • Suku bunga kompetitif
  • Fleksibel dapat dibuka melalui Internet Banking dan Mobile Banking (khusus untuk nasabah individu)
  • Jangka waktu fleksibel mulai dari 1,3,6 sampai dengan 12 bulan
  • Aman dengan penjaminan LPS (sesuai suku bunga dan nominal penjaminan LPS)

OK Bank

Yang juga perlu kamu ketahui, deposito berjangka merupakan produk kena pajak. Pajak yang ditetapkan berkisar hingga 20% dan dipotong saat melakukan penarikan dana. Selain itu, suku bunga deposito sebenarnya sudah diatur sesuai kebijakan LPS. Maka dari itu sebagai nasabah yang cerdas tetaplah waspada jika ada bank yang mengiming-imingi bunga deposito lebih besar dari ketentuan LPS, ya.

OK Bank

Setelah mengetahui manfaat deposito jangka panjang untuk masa depan, kira-kira tertarik gak nih untuk membukanya?

24 komentar

  1. deposito itu jamian keamanannya baik makanya kita bisa tenang

    BalasHapus
  2. Ini yang banyak belum diketahui, deposito berjangka adalah produk kena pajak.
    Jadi jika ada bank yang mengiming-imingi bunga deposito lebih besar dari ketentuan LPS mesti waspada...Wah ,menarik ini info depositonya

    BalasHapus
  3. Tadinya semua orang termasuk aku mengira deposito ibarat menabung emas!

    Ternyataaaa deposito berjangka merupakan produk kena pajak. berkisar hingga 20% dan dipotong saat melakukan penarikan dana!

    iming-iming bunga deposito terlihat lebih menggiurkan padahal menjebak

    BalasHapus
  4. Wah aku juga baru tahu kalau deposito berjangka dikenai pajak. Tapi kalau pajaknya 20% kok yo lumayan juga ya

    BalasHapus
  5. Jadi makin paham serba serbi deposito berjangka nih mba
    soalnya, kita kudu bisa invest secara bijak ya
    demi masa depan yg lebih baik.

    BalasHapus
  6. Untuk kepentingan investasi, deposito menarik ya .. saya ingin tahu apakah ada deposito syariahnya?

    BalasHapus
  7. Dennise Sihombing27 Mei 2022 15.00

    Investasi dengan deposito memang menguntungkan. Selama ini aku deposito di bank pemerintah ya bunganya kecil ya, dibarwah 3 %. Btw mom di OK Bank bunganya dapat berapa ya yang 3 bulan?

    BalasHapus
  8. Saya baru tahu tentang OK Bank ini yang melayani deposito berjangka. Emang apa-apa sekarang kena pajak ya mbak, dan pajak bunga deposito ini sekarang besar banget, sampai 20%

    BalasHapus
  9. Saya kalau berinvestasi carinya yang risiko rendah aja. Masih takut-takut kalau risikonya tinggi. Meskipun katanya keuntungannya juga bisa lebih tinggi. Deposito berjangka ini menarik juga, ya. Tetapi, persentase pajaknya lumayan gede

    BalasHapus
  10. Meskipun suku bunganya lebih tinggi dari tabungan biasa, tapi harus mengikuti kebijakan yang ditetapkan oleh LPS untuk bunga depositonya, ya. Jadi kalau ada penawaran suku bunga yang lebih tinggi lagi, kita harus ngecek-ngecek dulu. Jangan-jangan itu hanya iming-iming belaka. Well noted, Kak. Terima kasih sharingnya.

    BalasHapus
  11. Sejak belum Matak berbagai metode investasi, deposito itu sudah diperkenalkan pihak perbankan ya. Karena itu sudah banyak dipercaya dan terasa banyak manfaatnya. Apalagi sekarang banyak deposito yang dipermudah dan keunggulannya lebih nyata dan keinginan

    BalasHapus
  12. Pandemi mengajarkan kita banyak hal ya terutama tentang pentingnya perencanaan keuangan. Deposito dari jaman dulu salah satu investasi yang popular bener banget karena bisa dapat keuntungan juga ya dibanding menabung secara konvensional

    BalasHapus
  13. jadi deposito itu gak harus jangka panjang ya..diatas 1 tahun ternyata bisa bulanan juga, bermanfaat untuk tujuan jangka pendek..

    BalasHapus
  14. Nyimpen di tabungan konvensional emang risikonya gatel pengen ngedebit ya, Mak. Apalagi kalau pas ada promo flash sale dan kawan-kawan. Godaan iman banget, ya. Menarik nih fitur deposito itu, tapi soal pajak 20% itu mestinya ada regulasi khsusnya kan, ya? Jadi pengen cari tau

    BalasHapus
  15. Barusan kita dihebohkan dg investasi bodong, tabungan yg diselewengkan.
    Semua itu di bedakannketika jalan bareng.,

    So kalau pendapat saya pribadi masih sukaa menyimpan uca9an mertuadalam.bentuk.depiatifi

    BalasHapus
  16. Aku kalau ada uang lebih dan nganggur, mau juga bikin deposito berjangka. Lumayan dan aman pula. Tetanggaku ada yang sudah buktiin ini

    BalasHapus
  17. Deposito memang investasi yang keuntungannya jauh lebih besar dari tabungan konvensional ya mbak. Tapi memang harus dipastikan keamanan investornya

    BalasHapus
  18. Ortuku sempat ikut deposito tapi setelah penarikan dana nggak mau lanjut lagi ya karena itu tadi pajaknya terlalu besar

    BalasHapus
  19. Waaah ada pilihan lagi nih untuk berinvestasi deposito, baru ngeh ada OK bank dengan kebijakan yang ditetapkan LPS dan keunggulannya makin meramaikan nih. Makasih sharingnyaa..

    BalasHapus
  20. Aku pernah ikut deposito.
    Dan memang rasanya seperti dipaksa menabung dengan jangka waktu. Ini sangat bermanfaat sekali ketika timingnya pas saat waktunya mencairkan dana deposito.

    BalasHapus
  21. Pilihan jangka waktunya sangat fleksibel sehingga dapat menyesuaikan dengan perencanaan masing2 nasabah. Oh ya, suku bunga memang sudah ada ketentuannya ya. Jadi musti hati2 nih, kalau ada yg nawarin suku bungga terlalu tinggi.

    BalasHapus
  22. Aku baru tahu lho pajak deposito gede apakah aturannya baru-baru saja ya soalnya seingatku dulu ngga ada aturan seperti itu.. deposito menguntungkan daripada tabungan soalnya nggak bisa bebas ditarik ya

    BalasHapus
  23. Dari dulu pengen nyobain deposito. Tapi belum keturutan. Semoga tahun ini bisa nabung lewat deposito. Manfaatnya keren ya ternyata

    BalasHapus
  24. Ternyata OK Bank juga punya layanan deposito berjangka ya kak. Banyak keuntungannya juga apalagi suku bunga yang kompetitif. Wowww.... ini sih bisa jadi bahan pertimbangan juga untuk pilih OK Bank.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)