7 Skill yang Harus Dimiliki Fresh Graduate Agar Dilirik HRD

Jumat, 27 Mei 2022

Calling all applicants! Memang zaman sekarang semua serba canggih karena itu tantangan pun akan semakin banyak. Salah satunya dalam mencari pekerjaan, karena seiring berkembangnya zaman, teknologi juga ikut berkembang. Selain teknologi, manusia juga perlu mengikuti perkembangan yang ada agar tidak tertinggal. Untuk itu, yuk cari tahu 7 skill harus dimiliki fresh graduate agar dilirik oleh HRD. So, shall we start now?

MyEduSolve

Pekerjaan saat ini memang banyak dimudahkan dengan teknologi yang kini kian canggih. Namun, satu hal yang tidak bisa digantikan dengan mesin dan teknologi, yaitu kemampuan individu untuk berhubungan dengan orang lain, memahami, membangun, dan membina hubungan. 


7 Skill yang Harus Dimiliki Fresh Graduate Agar Dilirik HRD

Tak dipungkiri, gelar sarjana saja tidak cukup untuk membuat seseorang memiliki karir yang cemerlang. Bagi para fresh graduate, diperlukan keahlian lain untuk tidak dapat memikat hati calon perusahaan yang didambakan. Hal ini dikarenakan, mungkin para fresh graduate belum banyak memiliki pengalaman bekerja dan, jika mereka memiliki skill tertentu, tentunya akan mudah untuk menarik perhatian perusahaan. Oleh karena itu para fresh graduate wajib memiliki 7 skill berikut ini agar setidaknya CV kamu dilirik oleh HRD. 


1. Networking 

Memiliki networking nyatanya sangat berpengaruh dalam membangun karir. Semakin luas networking yang dibangun akan semakin besar datangnya peluang dan kesempatan. Gabung di komunitas atau organisasi dan terlibat aktif di dalamnya untuk memperluas networking. 


2. Kemampuan Berkomunikasi dengan Baik

Ini adalah salah satu skill yang wajib dan terpenting dimiliki fresh graduate untuk menarik perhatian perusahaan. Pasalnya, keterampilan berkomunikasi yang baik bisa membantu para fresh graduate untuk bersosialisasi dengan baik sehingga bisa membantu pekerjaannya nanti. 


3. Bekerja dalam Tim ataupun Mandiri 

Di dunia pekerjaan, sangatlah mungkin kamu untuk ditempatkan dalam sebuah tim atau bekerja sendiri dengan minim supervisi. Oleh karena itu, diperlukan fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi dengan baik bagi fresh graduate. 


Lagipula saat ini bukan lagi era kompetisi tetapi kolaborasi. Untuk menciptakan kolaborasi yang baik, kamu harus memiliki kemampuan bekerja sama dengan tim.


4. Manajemen Waktu 

Skill manajemen waktu ini penting bagi siapapun tak terkecuali fresh graduate, karena perusahaan akan melihat dan menilai apakah kamu termasuk orang yang disiplin cermat mengatur prioritas, serta kecepatan dalam menyelesaikan pekerjaan. Mulailah dengan membuat timeline atau jadwal untuk kegiatan sehari-hari sehingga bisa seimbang antara bekerja, belajar, bermain dan sosial media bisa seimbang.


MyEduSolve


5. Public Speaking

Keterampilan berbicara di depan umum juga gak kalah penting untuk dikuasai oleh fresh graduate karena ketika memasuki dunia kerja nanti, pasti akan ada masa dimana kamu harus berbicara atau mempresentasikan sesuatu  di hadapan banyak orang.


6. Problem Solving

Sudah hal yang umum saat bekerja pasti ada masalah yang datang silih berganti, contohnya yang kerap terjadi yaitu masalah komunikasi dengan antar karyawan yang berujung kesalahpahaman. Untuk itu, kamu harus memiliki skill dalam mencari solusi atas permasalahan tersebut.


7. Kreatif dan Menguasai Teknologi Digital

Ide dan kreativitas adalah sesuatu yang mahal. Dan biasanya nih, setiap perusahaan selalu menginginkan calon karyawan yang kreatif, inovatif dan berpikiran kritis. Jadi, sebaiknya saat interview tunjukkan bahwa kamu seseorang yang kreatif dan menguasai beberapa skill teknologi digital. 


Memahami pentingnya untuk menguasai beberapa skill yang sifatnya teknis sebagai bekal untuk melamar pekerjaan dan bisa dilirik oleh perusahaan maka kamu perlu mengikuti workshop, bootcamp ataupun webinar yang dapat meningkatkan kemampuanmu tadi. Nah, salah satu website yang bisa membantu meningkatkan skill teknis kamu yaitu MyEduSolve.


MyEduSolve

Apa Itu MyEduSolve?

MyEduSolve adalah perusahaan edutech yang fokus dengan meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia melalui literasi digital. Sebagai upaya dari pelaksanaan visi tersebut, MyEduSolve berupaya membangun ekosistem solusi pendidikan yang memberdayakan siswa, pendidik, dan profesional.


MyEduSolve didirikan di tahun 2019 sebagai respons dari suatu tantangan yang ada dimana ingin menyediakan sebuah platform bagi para pencari kerja yang bisa belajar, tumbuh, dan mewujudkan impiannya. Melalui literasi digital, kamu semua bisa mempelajari keterampilan dasar yang dibutuhkan agar siap kerja dan meraih impian di masa depan.


MyEduSolve


Banyak workshop, webinar, dan bootcamp yang bisa kamu pilih sesuai dengan apa yang kamu butuhkan seperti Microsoft Office Specialist, Adobe Certified Professional, Project Management Institute, Microsoft Certified Fundamental, Information Technology Specialist, Microsoft Certified Educator atau Pengajar Microsoft Tersertifikasi.


Dengan bekal informasi 7 skill yang harus dimiliki fresh graduate agar dilirik HRD semoga bisa membantu adik-adik (ceilah berasa uzur banget deh akutuh) dalam mempercantik CV dengan melengkapi skill yang bisa didapatkan dari MyEduSolve.

26 komentar

  1. pinter, ih. memang tujuh hal di atas bakal jadi nilai plus banget bagi fresh graduate karena enggak semua orang memilikinya, lo.

    BalasHapus
  2. Sekarang ini semua serba digital ya, mau gak mau harus belajar dan menguasai beberapa skill teknologi digital yang diperlukan di dunia kerja.

    BalasHapus
  3. setujuu sama semua point-pointnya. Kalau bisa dari zaman kuliah kudu diasah kemampuan public speakingnya, kemampuan soft skill juga. Karena memang nantinya akan dibutuhkan ketika memasuki dunia kerja
    aku dulu waktu kuliah, ketika semester akhir untuk mengisi kekosongan waktu kuliah ikut les desain adobe photoshop, entah kenapa saat itu aku mikirnya "kudu bisa", entah nantinya dipakai atau tidak ilmunya.
    ehh pas masuk dunia kerja, malah ke bidang promosi dan ilmu mendesain cukup membantu juga, paling nggak udah tau dasarnya

    BalasHapus
  4. banyak ketrampilan digital hrs dimiliki yang baru lulus ya

    BalasHapus
  5. Ini pas banget ya, di sana skill seputar digital dituntut dimiliki oleh fresh graduate MyEduSolve hadir dengan penawaran terbaik, menjadi perusahaan edutech yang fokus dengan meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia melalui literasi digital. Pilihan tepat buat nambah skill ini!

    BalasHapus
  6. Betul banget, teknologi tak akan pernah bisa menggantikan total peran manusia, Jadi 7 ketrampilan itu emang penting banget dimiliki, terutama oleh para freshgraduate supaya bisa menang dalam persaingan di dunia kerja

    BalasHapus
  7. Super duper setuju buangeettt, memang yg namanya skill itu bener2 bisa nambah value seseorang ya

    apalagi fresh graduate, wajib bgt siikk utk menguasai skills ini

    BalasHapus
  8. Setuju deh kalo 7 hal di atas penting banget dimiliki para fresh graduate. Apalagi saat ini persaingan dunia kerja ketat banget. Jadi harus punya skill tambahan juga. Untung ada MyEduSolve meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia melalui literasi digital.

    BalasHapus
  9. ga cuma fresh graduate, deh. Yang udah kerja pun kudu upgrade skill seperti di atas. btw, untuk MyEduSolve apa bakal dapat sertifikat untuk jadi nilai tambah saat apply kerja?

    BalasHapus
  10. Tepat banget apa yang disampaikan Mba. Karena skill tersebut dibutuhkan banget di lingkungan kerja. Jadi, HRD tentunya akan melirik calon karyawan yang memenuhi kriteria itu.

    BalasHapus
  11. Noted, ini yang aku diskusikan dengan anak sulungku yang tahun ini masuk semester tiga bahkan ada banyak skill yang harus dikuasai agar setelah lulus nanti bisa bersaing di pasar tenaga kerja, dan sekarang saatnya mengasah skill tersebut tidak hanya hard skill tapi juga soft skill.

    BalasHapus
  12. Nah penting nih untuk para fresh graduate ya, jadi sebelum mereka melamar pekerjaan dan meminta gaji yang fantastis apakah mereka sudah mampu dan memiliki skill-skill dasarnya?

    BalasHapus
  13. Jadi inget kata-kata Ibu yang bilang "Gak ada salahnya serba bisa.."
    Ternyata aplikasinya bisa dilakukan saat memasuki dunia kerja yaa.. Di saat ini, banyak skills yang harus dikuasai agar bisa diterima di dunia kerja terutama jika saingannya berat. Salah satunya yang harus ditekankan adalah cara berkomunikasi dan kemampuan problem solving.

    BalasHapus
  14. Jadi inget kata-kata Ibu yang bilang "Gak ada salahnya serba bisa.."
    Ternyata aplikasinya bisa dilakukan saat memasuki dunia kerja yaa.. Di saat ini, banyak skills yang harus dikuasai agar bisa diterima di dunia kerja terutama jika saingannya berat. Salah satunya yang harus ditekankan adalah cara berkomunikasi dan kemampuan problem solving.

    BalasHapus
  15. Setuju dengan 7 skill yang mesti dimiliki fresh graduate, terutama public speaking dan menguasai teknologi digital. Wah MyEduSolve ini salah satu lembaga kursus untuk nambah skill ya? Si sulung lagi nyari lembaga kurus seperti ini, yang ada bootcamp, seminar-seminar gitu. Aku kasih ke dia deh biar dicari infonya. Makasih ya Aie, semoga anakku bisa memanfaatkan informasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah enak ya sekarang ads MyEduSolve . Jadi bisa nambah skiils nih buat para fresh graduate

      Hapus
  16. Jadi ingat sewaktu masih fresh graduate dulu. Ihiiii, boro-boro ngerti public speaking, di kantor di suruh presentasi haha. Good idea nih MyEduSolve, bisa dimanfaatkan untuk fresh graduate untuk mengasah skill dan mempercantik CV-nya.

    BalasHapus
  17. Ah iya, fresh graduate harus punya banyak skill ya mbak.
    Karena ini jadi pendukung saat masuk ke dunia kerja
    Biar ada nilai plus meski belum punya pengalaman kerja sebab baru aja lulus kuliah

    BalasHapus
  18. Ide dan kreativitas emang mahal banget makanya kalau ikutan lomba diperlukan yang ide segar dan beda dari yang lain ya. Skill ini perlu diasah terus.

    BalasHapus
  19. Baru tau tentang MyEduSolve, Mak. Bisa menjadi referensi buat adik aku yang bntar lagi lulus kuliah, nih. Informatif.

    BalasHapus
  20. Wah wah, makin banyak aja ya tempat yang bisa dimanfaatkan untuk bisa asah dan update skill. Kudu tahu nih para fresh graduate dan yang lain yang ingin terasah kemampuannya sebelum bekerja. Bisa milih MyEduSolve ya.

    BalasHapus
  21. Sekarang mengasah skill bisa lewat online ya,sangat membantu sekali. Terrutama utuk fresh graduate atau untuk jiwa jiwa yang haus akan hal baru

    BalasHapus
  22. Ini skill yang wajib dikuasai kalo mau kerja dipihak swasta yah. kalo mau jadi PNS, yang dinilai adalah asil nilai tesnya, hehehe. makanya maaf banyak juga yang ternyata di sisi ini malah skillnya kurang.

    BalasHapus
  23. Ih kerenn ya. Sayang pas zaman aku dulu belum ada ya.. tapi poin poin ini amat berguna buat anak anak kita

    BalasHapus
  24. Sepertinya bukan hanya fresh graduate saja yang butuh MyEduSolve, yang sudah bekerja pun bisa gabung juga di sini ya untuk meningkatkan skill.

    BalasHapus
  25. setuju mba skill itu semua penting saat memasuki dunia kerja, jujurly pny rekan kerja yg ga kreatif, ga bisa public speaking bahkan manajemen waktu kacau bikin kesel sepanjang hari wkwkwk..senangnya ada platform edusolve ini smg bisa bantu buat tignkatin skill sblmkerja

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)