Gen Z dengan Segala Karakteristik & Komitmennya Berinvestasi dalam Hidup

Sabtu, 02 Juli 2022

Katanya Gen Z terlalu outspoken, gampang speak up, kritis, dan sangat familiar dengan kecanggihan teknologi. Well, di tulisan kali ini aku akan mengupas tuntas tentang Gen Z dengan segala karakteristik dan komitmennya berinvestasi dalam hidup. So, shall we start now?

FWD Insurance


Gen Z yang lahir pada rentang tahun 1995 hingga 2012 ini memang sudah sangat familiar dan terbiasa dengan hadirnya teknologi dimana peralihan dari generasi millennial dengan teknologi-teknologi yang berkembang.

Umumnya Gen Z disebut juga sebagai iGeneration atau generasi internet atau generasi net. Mereka selalu terhubung dengan dunia maya dan dapat melakukan segala sesuatunya dengan menggunakan kecanggihan teknologi yang ada.  

Karakteristik yang dimiliki Gen Z berbeda dengan generasi lainnya seperti menggemari teknologi, fleksibel, lebih cerdas, dan toleran pada perbedaan budaya. Generasi ini juga terhubung secara global dan berjaring di dunia virtual. 

FWD Insurance

Meskipun terkenal open minded, namun generasi ini juga diketahui memiliki karakter yang menyukai budaya instan dan kuraang peka terhadap esensi privat atau hal yang pribadi. Bahkan gadget sudah menjadi pegangannya dari sejak kecil. Maka secara otomatis pengenalan teknologi dan dunia maya ini begitu berpengaruh pada perkembangan kehidupan dan kepribadian mereka terutama untuk Gen Z yang di tahun 2022 ini berusia dewasa. Lalu sebenarnya apa saja karakteristik yang dapat kita kenali dari Gen Z ini? Berikut karakteristik Gen Z: 

  • Mahir teknologi dan suka berkomunikasi 
  • Gemar mengumbar privasi dan lebih mandiri
  • Lebih toleran dan penuh ambisi 

Meninggalkan usia 18 merupakan momen yang spesial dan menebarkan bagi para Gen Z. Tak hanya bersiap untu memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi, yaitu universitas, tetapi juga terjun ke dalam dunia baru, yaitu masa dewasa. Bahkan tak sedikit Gen Z yang berusia dewasa sudah mulai terjun berinvestasi. Bagus sih ya sebenarnya, namun sayangnya persiapan menuju dewasa ini tidak ada manual guide-nya dan tidak juga diajarkan secara formal di bangku sekolah. Karena itu, cukup bijak rasanya untuk para Gen Z yang berusia dewasa ini memulai dengan komitmen investasi.

FWD Insurance

Ya, memulai komitmen investasi adalah langkah awal yang bisa disiapkan dengan melakukan perencanaan keuangan yang optimal sehingga Gen Z dapat merencanakan masa depan dan mewujudkan kesejahteraan finansial di masa muda. Salah satunya Gen Z bisa memulai dengan 3 komitmen investasi berikut ini: 

1. Komitmen investasi pada hubungan sosial

Well, investasi tidak melulu berhubungan dengan uang atau saham. Memiliki hubungan yang positif dan membangun dengan lingkungan sosial juga faktor penting dalam proses adulting atau menjadi dewasa.

Dimulai dengan mengumpulkan teman-teman yang membawa dan memberikan pengaruh positif. Lalu dilanjutkan dengan proses investasinya yaitu dengan menjaga hubungan baik seperti mengikuti gathering, acara kumpul bersama, liburan bareng, saling peduli. Ingat, apa yang kamu tanam itu yang kamu tuai. 

FWD Insurance


2. Komitmen investasi pada aset

Di era kecanggihan teknologi seperti sekarang, banyak sekali pilihan investasi yang mudah diakses dari genggaman melalui smartphone. Karena itu harus 'smart' dan bijak dalam menggunakan teknologi khususnya dalam memilih dan menentukan investasi di masa depan.

Pilihan investasi untuk Gen Z beragam mulai dari menanam saham di reksadana atau obligasi negara ORI, membeli properti seperti rumah atau apartemen, atau mungkin mata uang kripto. 

FWD Insurance

3. Komitmen investasi kesehatan

Nah komitmen yang terakhir ini hukumnya wajib dan sangat penting karena jika sakit bagaimana bisa melakukan komitmen hubungan sosial dan komitmen aset. Bersama orang yang tepat tentu lebih nyaman untuk saling dukung. Selain keluarga di rumah, sebaiknya ada satu atau dua sahabat yang dekat yang bisa dijadikan kontak darurat di handpone yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu kita mengalami hal yang tidak diharapkan atau berbahaya. 

Tapi, selain memiliki kontak darurat yang bisa dihubungi jika ada kondisi darurat kamu juga bisa mengandalkan asuransi penyakit kritis yaitu FWD Critical First Protection dari FWD Insurance. Dengan biaya premi yang dimulai dari Rp 300 ribuan, nasabah yang terproteksi berpotensi mendapatkan pertanggungan senilai lebihd ari Rp. 500.000.000 yang bisa digunakan untuk biaya perawatan rumah sakit baik itu disebabkan oleh kondisi kritis termasuk penyakit kritis yang sering terjadi, penyakit langka, hingga penyakit langka. 

FWD Insurance

Nah, udah tau belum kalo FWD Insurance akan merayakan ulang tahun yang ke-30 di pertengahan tahun ini. Untuk merayakannya, FWD Insurance menghadirkan #FWDUnstoppable30 Lucky Draw yang dapat diikuti oleh nasabah baru dan existing. Tentu ada banyak penawaran spesial seperti 56 hadiah istimewa termasuk All New Honda HR-V, Vespa LX, iPhone 13, serta hadiah menarik lainnya yang bernilai jutaan rupiah. 

Cara untuk berkesempatan mendapatkan hadiah-hadiah yang fantastis dari #FWDUnstoppable30 yaitu setiap pembelian salah satu atau lebih dari 12 produk asuransi pilihan dari FWD Insurance mulai tanggal 10 Juni - 31 Desember 2022 maka nasabah berhak atas nomor undian yang akan diundi nanti. Karena itu, yuk instal aplikasi FWD MAX melalui App Store dan Google Store untuk mendapatkan nomor undian #GWDUnstopabble 20 Lucky Draw lebih banyak lagi!

42 komentar

  1. Sebagai ortu dari Gen Z aku ngangguk-ngangguk baca ini hihihi
    Btw, ini hadiahnya enggak kaleng-kaleng All New Honda HRV, jadi pengin mendapatkan hadiah fantastis dari #FWDUnstoppable30 nih, apalagi caranya mudah setiap pembelian salah satu atau lebih dari 12 produk asuransi pilihan dari FWD Insurance bisa berkesempatan menang undian ya

    BalasHapus
  2. Anak-anak saya masuk Gen Z, nih. Memang mereka lebih melek investasi, sih. Dibandingkan saya ketika seusia mereka. Tapi, tetap saya lakukan diskusi secara rutin. Karena jangan sampai jadi terlalu berani juga sehingga kelewat batas

    BalasHapus
  3. Investasi Kesehatan memang sangat diperlukan
    Saat ini sedang belajar untuk melakukannya
    Sebab kalau bukan sekarang, kapan lagi?

    BalasHapus
  4. arena gen Z adalah generasi internet emang perlu banget investasi networking ya. Tapi tetep harus investasi kesehatan, karena kita kan ngga tahu kondisi kesehatan di masa depan nanti.

    BalasHapus
  5. Baca tulisan ini aku serasa disadarkan kalau lingkaran sosial termasuk investasi. Memang kembali ke masing2, mau dipikir sbg invest material atau immaterial. Tapi sepengalaman pindah-pindah kota, ternyata yg bisa bikin aku betah di suatu tempat adl lingkaran sosial di tempat tsb. Tengkiu mb Aie... Btw, itu hadiah ultah FWD asik amat dah. Beli produknya, dapat manfaatnya, bisa juga dapat hadiahnya..Waaaw..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh ya..anakku yg sulung masuk gen z nih, penting banget ngajarin berbagai macam investasi ini padanya .

      Hapus
  6. Selama ini penekanannya kudu investasi materi kyk uang, reksadana, emas, saham, dll tapi baca postingan ini jadi diingatkan lagi bahwa selain itu banyak hal lain yang sebaiknya juga diinvestasikan ya mbak.
    Salah satunya investasi kesehatan, kudu ubah gaya hidup, dan bekali diri dengan asuransi kesehatan jg TFS

    BalasHapus
  7. bentuk investasi zaman dulu yaa properti, LM. Yang invest di saham masih jarang. Kalau sekarang udah kudu melek urusan kripto supaya bisa ikuti kebutuhan info Gen Z

    BalasHapus
  8. investasi zaman sekarang banyak yah, harus pinter - pinter milih nya jangan sampai kejeblos investasi yang gak jelas.

    BalasHapus
  9. Investasi kesehatan termasuk penting, selain sebagai proteksi, juga untuk melindungi keuangan agar terhindar dari kebangkrutan ketika terjadi gangguan kesehatan.

    Hadiah-hadiah dari #FWDUnstoppable30 bener-bener fantastis ya, sampe ada mobil HRV segala. Mantul bener!

    BalasHapus
  10. Melakukan investasi adalah kebiasaan yang baik untuk dimulai sejak dini ya mbak
    Makanya gen z wajib juga melakukan investasi, termasuk investasi kesehatan

    BalasHapus
  11. Ahaaaa can relate!

    Karena banyak sodara aku yg masuk kategori Gen Z. So udah pasti mereka butuh edukasi keuangan semacam ini mbaaa

    BalasHapus
  12. Gen Z lebih mudah mendapatkan informasi dari dunia maya makanya bisa lebih cepat juga tau investasi ya, termasuk investasi diri lewat asuransi kesehatan.

    BalasHapus
  13. 3 komitmen investasi kayanya bukan buat Gen Z aja, tapi gen lain juga. Ya soalnya aku sendiri masih belajar soal investasi ini. Soal kesehatan ya wajib banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, Jiah.
      Memang mindset ini perlu banget ditanamkan bahwa investasi dan komitmen ini perlu untuk masa depan.

      Hapus
  14. Waaaww mupeng dengan hadiahnyaa...
    Investasi kesehatan bagi saya sangat penting mengingat biaya sekali berobat mahal nian.
    Semoga gen Z tidak menghabiskan uang demi konten nongkrong2 tdk menghasilkan. Tapi berfikir kreatif untuk menghasilkan cuan

    BalasHapus
  15. Sempat aku sarankan anak bungsuku investasi reksadana, karena meski masih mahasiswa tuh dia juga nyambi kerja di sebuah perusahaan atas inisiatif owner. Jadi udah punya duit sendiri berupa gaji bulanan selain dari orderan job freelance selama ini. Ternyata ada juga yang lebih penting yaitu investasi kesehatan. Aku suruh dia install aplikasinya deh, Aie, selain untuk memiliki jaring pengaman, juga untuk investasi ya

    BalasHapus
  16. kesehatan itu investasi lo sebenarnya. Apalagi bagi setiap muslim pengen kan ya tetap bisa beribadah dengan khusyuk sekarang sampai nanti menua.

    BalasHapus
  17. Hebatnya anak-anak gen z ini ya..
    Ya pintar cari uang, pintar menggali ide dan pintar mencari tahu mengenai investasi. Dan ini bermanfaat sekali untuk kesehatan finansial di masa mendatang.

    BalasHapus
  18. Waaah hadiah nya banyak bangeet Mbak Aie. Harus beli salah satu produk dari FWD insurance ya kalau mau ikutan dapat hadiahnya

    BalasHapus
  19. Komitmen dalan investasi kesehatan penting banget apalagi Gen Z ini biasanya banyak yang masih nge kos jauh dari ortu dan keluarga ya jadi harus ada asuransi kesehatan buat jaga-jaga

    BalasHapus
  20. Ngomongin kesehatan memang penting nih. Jadi kudu disiapkan segala sesuatunya. Btw, makasih sharingnya, Mbak. Bisa jadi tambahan referensi terkait bidang investasi

    BalasHapus
  21. investasi kesehatan penting banget buat siapa saja. termasuk gen z yang sejatinya adalah anak2 saya sendiri :D bener banget nih karakteristik gen z persis... cepat bosan namun kreatif dan berani berbicara.

    BalasHapus
  22. Anak2 generasi Z zaman now lebih canggih urusan teknologinya :) Selain itu mereka juga ingin mencapai kesuksesan dengan capaian pendidikan setinggi2nya. Ga lupa juga kesehatan wajib diperhatikan terutama masa pandemi ini. Untuk investasi pasti diperhatikan juga agar punya masa depan cerah sekali.

    BalasHapus
  23. Ada aplikasinya ya...menyesuaikan dengan karakter Gen Z ya kak yang sangat melek teknologi dan maunya yang gak ribet...

    BalasHapus
  24. Kalau sejak usia 18 tahun mindset mereka sudah terbentuk untuk melakukan investasi, bayangkanlah kehidupan mereka saat berusia 50 tahun. Aku rasa banyak dari genset yang sekarang ini akan kaya raya. Karena waktu investasi mereka panjang dan anak muda biasanya berani mengambil resiko.

    BalasHapus
  25. Karakter Gen Z memang unik.

    Produk finacial yg cocok buat mereka kudu bs mengerti karakter bgt yak

    BalasHapus
  26. Iya anak-anak sekarang lebih melek teknologi, lebih mudah menerima perbedaan ya, mesti diarahkan ke arah positif untuk investasi tak hanya harta tapi juga bergaul dan peduli kesehatan dirinya...

    BalasHapus
  27. Wah FWD seru nih FWD bikin undian yang gak hanya berlaku buat nasabah baru tapi nasabah lama juga ya.
    Emang yang namanya investasi gak hanya berupa materi ya mbak, tapi kesehatan dan membangun networking juga sangat penting.

    BalasHapus
  28. Generasi Z juga harus melek investasi ya mbak
    Banyak juga instrumen investasi yang bisa dipilih oleh gen Z ini
    Investasi kesehatan salah satunya

    BalasHapus
  29. Gen Z lebih cepat tau informasi karena sudah terlalu melek teknologi dan bersifat instan maunya serba cepat. Tapi mereka pun harus mulai punya komitmen untuk investasi ya demi masa depan juga

    BalasHapus
  30. Generasi Z wajib banget melek finansial dan ivestasi ya. Boleh suka jajan atau nongkrong tapi sebisa mungkin sisihkan uang jajan untuk investasi masa depan

    BalasHapus
  31. Investasi jaman sekarang penting apalagi investasi kesehatan dimana tarif berobat mahal sekali.
    Gen Z mnrt saya generasi yg boros gampang terpengaruh krn sosmed yg menghadirkan hedonisme.
    Sampai2 ada yg menjual.diri demi bisa beli Hp semoga tidak terjadi dg keturunan kita ya mak

    BalasHapus
  32. Para Gen Z ini memang unik ya. Mereka mampu melihat investasi bukan hanya dari segi aset, juga dari hubungan sosial dan kesehatan juga.
    Dan ini bagus, karena hubungan sosial dan kesehatan merupakan hal terpenting juga dalam hidup. Apalagi soal kesehatan makin ke sini kalau sakit biayanya makin wow banget.

    BalasHapus
  33. Dennise Sihombing16 Juli 2022 20.01

    Hai mom, anak gadisku masuk Gen Z nih. Sudah kerja termasuk anak yang modis dan senang belanja. Untunglah masalah kesehatan dia aware dan mengikuti asuransi

    BalasHapus
  34. anak-anak zaman sekarang lebih banyak pilihan untuk urusan investasi karena informasi juga mudah ditemukan. dan anak-anak gen z juga lebih open minded sih ya mbak

    BalasHapus
  35. Yes, sejak muda sebaiknya mempersiapkan diri dengan komitmen pada investasi yang disebutkan di atas. Mumpung belum punya banyak tanggungan, saatnya menguatkan diri dengan proteksi yang oke.

    BalasHapus
  36. Gen Z memang unik. Sebagai generasi yang dimanjakan dengan teknologi mereka punya banyak keunggulan termasuk masalah investasi dan asuransi.

    BalasHapus
  37. memang makin cepat atau muda kita mulai dengan investasi, makin baik ya mba.. banyak yang bisa mendapat manfaat extra darinya

    BalasHapus
  38. Anak sekarang era gen Z ini memang beneran keren deh, aku lihat temen-temen anakku meski usia 16 tahun tuh kreavitas dan ide-idenya bagus banget. Mereka pantes deh melek investasi

    BalasHapus
  39. Sejak pandemi aku jadi banyak tahu tentang investasi dan juga asuransi yang bermanfaat untuk bekal di hari tua nanti apalagi kalau generasi Z yang sejak sekarang sudah mulai berinvestasi agar ketika usia lanjut tidak kebingungan lagi untuk dana kesehatan

    BalasHapus
  40. Setuju banget kalau investasi itu tidak harus tentang uang. Mencari teman yang biaa memberikan dampak positif pun termasuk investasi juga. Terlebih lingkungan sosial tidak selalu baik. Pasti ada juga yang membawa pengaruh buruk. Gen Z yang sudah melek teknologi harus lebih bijak dalam berinvestasi memilih teman maupun investasi uang.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)