Begini Cara Merebus Daging Agar Cepat Empuk dan Hemat Gas Cuma Pakai Panci

Jumat, 15 Juli 2022

Semenjak mendengar kabar harga BBM dan Gas naik tuh rasanya sedih, apalagi menjelang Idul Adha kemarin. Duh, gimana ya masak daging yang gak menghabiskan gas di rumah? Well beb, don't you worry! Di tulisan kali ini aku akan share tentang cara merebus daging agar cepat empuk dan hemat gas hanya menggunakan panci biasa saja. So, shall we start now?    

Hari Raya Idul Adha adalah momen yang ditunggu umat Islam setelah Hari Raya Idul Fitri. Karena di hari itu, umat Islam melaksanakan ibadah shalat Ied dan juga ibadah kurban dimana ibadah ini merupakan salah satu ibadah wajib bagi setiap umat muslim yang mampu melaksanakannya. 

JNE

Begini Cara Merebus Daging Agar Cepat Empuk dan Hemas Gas Cuma Pakai Panci

Dengan melaksanakan ibadah kurban adalah cara umat Islam dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT dan juga sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah-Nya. Nah, ibadah kurban ini pasti seluruh umat Islam akan mendapatkan daging sebagai bentuk rasa syukur atas segala karunia Allah SWT. Hanya, setiap dapat daging sapi atau kambing suka bingung nih mau diolah menjadi masakan apa. Mana sekarang harga BBM dan Gas naik lagi, otomatis buibu harus putar otak memasak daging yang tetap empuk tapi hemat gas dan cuma pakai panci. 

Sebenarnya ada teknik mudah yang bisa dicoba dalam merebus daging biar cepat empuk. Dengan cara merebus menggunakan aturan 5-30-7 daging bisa cepat empuk dan hemat gas hanya menggunakan panci biasa. Penasaran kan gimana caranya?  

JNE

1. Rebus selama 5 menit

Cuci daging terlebih dahulu, lalu direbus dengan didihkan air di panci. Rebus hingga daging berubah warna lalu tiriskan daging dan buang air rebusan pertama. Selanjutnya, didihkan air yang baru, masukkan daging dan tutup panci lalu rebus selama lima menit. Matikan api. 

2. Diamkan 30 menit

Setelah api kompor dimatikan daging yang sudah direbus biarkan tetap di panci selama keadaan masih tertutup rapat. Lalu, diamkan selama 30 menit. Jangan buka tutup panci selama 30 menit, ya. Semakin rapat tutup panci maka semakin cepat empuk dagingnya. 

3. Rebus kembali selama 7 menit

Setelah 30 menit, nyalakan kembali api kompor. Rebus kembali daging selama 7 menit. Lalu matikan api dan tunggu beberapa saat sebelum tutup panci dibuka. Daging yang sudah empuk bisa langsung diolah atau dibumbui sesuai selera.

Perayaan Idul Adha 2022

Tidak hanya masyarakat yang memanfaatkan perayaan Idul Adha sebagai bentuk rasa syukur dan momen untuk berbagi pada sesama. JNE pun memanfaatkan momen Idul Adha sebagai momen mempererat tali silaturahim dan semangat berbagi para karyawan dan masyarakat. 

Bahkan di tahun 2022, JNE bersama TIKI membagikan sebanyak 4.000 daging hewan kurban yang sebagian diantaranya dikurbankan dalam acara #TIKIJNEIdulAdhaBareng pada hari Minggu 10 Juli di Yayasan Taman Yatim Piatu dan Tuna Netra (Yatuna) Suprapto Suparno Jl. Pusdiklat Depnaker, Kec. Makassar, Jakarta Timur yang didirikan oleh pendiri JNE Alm. H. Soeprapto Soeparno.

Seluruh daging kurban ini dibagikan kepada ribuan kaum dhuafa dan yatim piatu, antara lain masyarakat di sekitar kantor pusat maupun cabang JNE di 62 kota. Begitu juga dengan masyarakat di sekitar tempat pemotongan hewan kurban JNE di Jakarta, seperti di Balai Kota DKI Jakarta, kantor Walikota Jakarta Barat, Yayasan Taman Yatim Piatu & Tuna Netra (Yatuna) Suprapto Suparno, Masjid Jami Soeprapto Soeparno, Masjid Al Makmur Cikini, Dadap, Masjid Slipi, Jalan M1 Bandara Soetta dan di 22 lokasi lainnya yang bekerjasama dengan pihak berbagai pihak.

JNE

JNE menjelang usianya yang ke-32 tahun pada November 2022 yang akan datang, selain turut membantu masyarakat untuk tetap berkecukupan pangan dengan membagikan daging kurban, juga membagikan hadiah 32 kambing dalam menyemarakan peringatan Idul Adha 1443 H kali, dengan membuat program kuis giveaway #GameSiJoni melalui akun official resmi JNE di Instagram yaitu @jne_id. Periode kuis pun sudah dimulai sejak 6-10 Juli 2022. Setiap pemenang akan mendapatkan hadiah masing-masing 1 ekor kambing kurban, dan mereka pun dapat berbagi kebahagiaan kepada lingkungan sekitar.

Selain aktivitas giveaway di social media, JNE memberikan Diskon 20% dalam rangka Promo Idul Adha untuk tujuan kiriman ke Negara Timur Tengah (Arab Saudi, Turki, Qatar, Mesir, Uni Emirat Arab, Yaman, Yordania, Kuwait, Bahrain, Oman) tanpa minimal berat, promo diskon dan tersebut berlangsung pada tanggal 7-17 Juli 2022. Serta Khusus untuk member JNE  Loyalty Card (JLC) ada program menarik  berupa Double Point untuk Service International pengiriman ke Negara Timur Tengah. Lumayan kan?! Makanya yuk, manfaatkan promo ini sebaik-baiknya.

33 komentar

  1. Karena baru lewat Idul Adha pasti masih banyak daging di kulkas nih.. informasi ini penting buat para moms.. tapi tahun ini aq ga punya daging hahaha

    BalasHapus
  2. Wah aku penasaran dengan metode rebus seperti ini, belum pernah nyoba nih.... Nyoba ah.

    BalasHapus
  3. Tipsnya bagus banget nih, bisa hemat gas ya. Jadi nggak perlu ngerebus lama. Kalau aku sih biasanya menyiasati biar nggak ngabisin gas, dagingnya kumasukin slowcooker atau magic com pasang mode warm.

    BalasHapus
  4. Seneng ya lihat anak yatim dan kaum dhuafa dapat daging kurban. Di kompleksku tahun ini cuma sedikit yang berkurban. Entah karena sudah kurban di tempat lain, isu PMK, atau belum pulih dari babak belur ekonomi akibat pandemi.

    BalasHapus
  5. mumpung daging kurban masih banyak, bisa langsung dipraktekin dirumah nih, daging jadi empuk dan siap diolah kembali jadi aneka menu sedap. duhhhh jadi ngiler ngebayanginnya

    BalasHapus
  6. Iya nih. Rebus daging tuh lama banget mana aku orangnya suka ngirit. Tapi begitu masakan udah matang dan anak2 makan lahap jadi lupa gas. Haha

    BalasHapus
  7. nah ini caranya ngerebus daging biar cepet empuk yang diajarkan mamaku juga. Kalau mau rebus kacang ijo juga gini ternyata lebih cepat ya & gak perlu presto lagi

    BalasHapus
  8. Wah ternyata sesimpel itu bikin daging empuk ya mbak? Wajib dicoba nih.. Btw keren banget JNE, selain ada banyak promo ternyata saat idul adha kemarin juga ikut andil yaa

    BalasHapus
  9. Supaya hemat bahan bakar gas juga ya kak merebus daging dengan cepat. Terus hemat waktu juga. Supaya keluarga cepat-cepat bisa menyantap makanan kita yekan...

    BalasHapus
  10. Selamat hari raya Id ul Adha ya mbak Aie..Aku sll lupa utk cobain metode 5-30-7 ini karena : punya panci presto hehehe. Jd bikin bubur kc ijo pun pake presto. Kayaknya harus nulis kombinasi angka 5-30-7 di kertas trus tempelin di dapur biar inget kalau pas mau bebikin yg butuh rebus lama hehehe

    BalasHapus
  11. untuuung aja kemaren aku sempat baca tentang postingan 5-30-7 ini

    jadi pada saat masak daging (habis itu disemur atau rendang) rebus - tutup - diamkan - rebus lagi - pas dimasak dengan bumbu empuuk banget!

    BalasHapus
  12. Waaah baru tahu maak tipsnya bermanfaat sekali. Selama ini biar daging empuk aku masukin ke panci presto itupun harus lamaa kalau ga lama sama aja kurang empuk ambyar

    BalasHapus
  13. Wah, bakalan cobain tipsnya lumayan banget bisa hemat dan irit gas yang harganya semakin melambung hehe.

    Keren banget sama komitmen JNE yang selalu menyebarkan kebahagiaan yaaah

    BalasHapus
  14. Mama molly suka nih merebus daging kayak begini. Katanya lebih hemat gas. Sama kayak masak ketupat.

    BalasHapus
  15. Hanya 12 menit merebusnya ya mbak. Yang lama mendiamkannya dalam panci selama 30 menit itu. Boleh juga dicoba tipsnya nih. Aku biasanya ngandelin panci presto dari dulu. Merebus cepat dan auto empuk hemat gas 😂

    BalasHapus
  16. Aku juga pake rumus 5-30-7 buat rebus daging, alhamdulillah aman banget. Cepet empuk. Btw keren nih JNE x TIKI, JNE selalu berinovasi untuk connecting happiness yah.

    BalasHapus
  17. memang harus tepat ya agar teksturnya tak berubah

    BalasHapus
  18. Aku pun pake teknik ini 5 30 7 daging qurban di panci serbaguna langsung empyuuk. Bisa irit gas dan waktu memasaknya nih.
    Ah, nengok daging di kulkas masih ada donk..

    BalasHapus
  19. Iya nih gas naik lagi..mesti dicoba tipsnya biar enggak pakai lama ngrebus dagingnya. Biasa habisin gas aja kalau rebus daging pakai metode biasa
    Btw, JNE keren banget program Iduladha-nya. Bravo!

    BalasHapus
  20. Aku gak tahu siapa yang pertama kali menemukan teknologi masak cara 5-30-7 menit ini. Beneran aku juga udah nyobain dan empuk banget, nggak perlu presto lagi.
    JNE selalu berbagi ya, kali ini dengan membagikan daging kurban. Bahkan promo pengiriman juga nih, asik tuh yang punya rencana ngirim ke timur tengah bisa loh dapatin promo diskonnya

    BalasHapus
  21. Wah idem aku kemarin juga memakai cara itu, mirip sama merebus kacang ijo supaya cepat empuk.
    Wah keren JNE ma Tiki kolabs buat kurban dan membagikan daging kurban ke banyak tempat yaa. InsyaAllah berkah yaa.

    BalasHapus
  22. Mba Aie makasiiii tipsnya
    Aku tu sering coba life hack daging yg ada di IG tapi ya masih gagal.
    Mau ku coba tips ini ahh

    BalasHapus
  23. Ini aku juga pernah deh diajarin metode merebus daging seperti ini, tapi belum ku praktekan sih kak. Selama ini masih pakai jurus jitu dari mamahku.

    BalasHapus
  24. Pas nih. Masih ada sisa daging Du freezer. Aku belum pernah pakai metode 5-30-7. Ntar deh dicoba insyaa Allah.

    Masyaa Allah JNE selalu berbagi untuk sesam. Daging kurban yang dibagi tahun ini banyak banget. Semoga berkah selalu JNE.

    BalasHapus
  25. Wah iya, aku juga pakai metode 5-30-7, Mak... Hemat gas jadinya.. Tapi kalau pas di rumah bapak, karena punya pohon pepaya, aku bungkus dagingnya pakai daun pepaya, Mak. Insya Allah cepet empuk juga pas dimasak. :)

    Omong-omong, salut dengan JNE yang konsisten berbagi kebahagiaan. Semoga JNE semakin sukses, aamiiin...

    BalasHapus
  26. Pas banget tipsnya, kebetulan daging kurban masih ada. Tipsnya bisa dipakai, daging tetap empuk tanpa alat presto.

    BalasHapus
  27. Iya, merebus daging dengan metode 5 30 7 memang lebih cepat untuk bikin daging menjadi empuk
    Praktis dan hemat gas

    BalasHapus
  28. Wah ini tips yang banyak dicari para emak ya b Aie. Apalagi kalau dapat daging qurban yang sudah dipisahkan jadi enak tinggal rebus dan diolah ajaja

    BalasHapus
  29. Wah, iya nih..dipraktekkin cara memasak daging agar empuk tanpa perlu panci presto.
    Mantap, menggunakan teknik 5-30-7 menit dalam memasak di dalam panci.

    BalasHapus
  30. Nah ini aku pernah dpt info begini jg. Katanya bisa empuk tp hemat gas. Selama ini aku pake presto sih dan ya nyala mulu ga mati2 si kompor. Mayan jg.

    Tips ini bisa nih dipake kapan2 😄

    BalasHapus
  31. Tips yang berguna banget nih..apalagi habis idul adah masih punya stok daging.. Pengen coba ah..karena selama ini seringnya pake presto

    BalasHapus
  32. Iya, lumayan ya metode ini bisa menghemat gas dan daging cepat empuknya karena terendam air panas. Salut untuk JNE yang peduli pada masyarakat sekitarnya

    BalasHapus
  33. Teknik 5/30/7 ini beberapa kali saya pakai tapi durasinya tidak saklek. Sering lupa dan malas googling untuk tahu angka pastinya. Yang jelas memang sangat membantu dalam menghemat gas.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)