Berbagi Cerita Kebersamaan Tentang Kita

Kamis, 29 Desember 2022

"Setiap kebersamaan pasti akan berakhir, tapi kebahagiaannya akan tetap abadi dalam kenangan indah kita." Quote ini sepertinya sangat cocok untuk disampaikan pada teman, sahabat, dan keluarga yang sudah begitu dekat berbagi cerita kebersamaan tentang kita terutama selama momen pandemi beberapa tahun ke belakang. Ternyata, masih banyak orang baik di sekitar kita, ya! So, shall we start the story now?

Humanesia Dompet Dhuafa

Sebenarnya banyak cerita mengharukan tentang kebaikan selama masa pandemi kemarin yang membuat diri ini merasa bersyukur dan menyadari ternyata masih banyak orang baik di sekitarku. Meski cobaan dan ujian selama pandemi tahun 2020 cukup membuat kesehatan mental drop dibatas bawah kehidupan, tetap masih banyak hal yang patut disyukuri. Iya, masih banyak orang baik lho di sekitar aku, kamu, dan kita.

Seperti halnya Humanesia yang pertama kali diperkenalkan oleh Dompet Dhuafa di tahun 2020 dengan mengusung tema #BersamaUntukSesama yang memiliki semangat membantu melalui nilai-nilai kebaikan secara bersama-sama tanpa melihat batasan. Bahkan diawal perkenalannya, Humanesia telah memiliki tiga program yang tujuannya untuk membantu UMKM agar tetap bisa kuat di masa pandemi. Ya, Humanesia hadir sebagai gerakan dengan berbagai rangkaian kegiatan dan program yang mengajak kepedulian seluruh masyarakat untuk terlibat dalam aksi kali ini.

Maka, menutup tahun 2022 melalui Humanesia, Dompet Dhuafa percaya, banyak kisah di sekitar kita. Ada bahagia, tawa, juga bangga. Bahkan lelah, masalah, dan rasa bersalah yang mungkin saja sedang kita alami bersama. Atau, kita sedang tidak melihat yang seharusnya terlihat. 

Humanesia Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa juga yakin, semakin kita membantu orang lain, semakin juga kita menyadari, betapa kita sedang membantu diri kita sendiri. Mungkin, sesuatu yang kita cari dalam perjalanan hidup ini, ada dekat dengan kita. Bukan tentang seberapa jauh pencapaian itu. Malah buat aku pribadi, dengan menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari tahun lalu saja sudah bentuk pencapaian yang luarbiasa bagi diri ini. Sudah bisa bertahan melalui banyak hal pahit, tekanan, dan kekecewaan selama setahun ini adalah bentuk pencapaian luarbiasa untuk beberapa orang, lho. 

Betapa indahnya dunia ini, jika manusia hidup dalam kebersamaan. Namun, muncul pertanyaan, seberapa dekat kita saling membersamai? Kita bisa melakukan sesuatu yang baik, mencoba untuk menolong orang lain, dan berkorban untuk orang lain. Bumi bukan untuk kita sendiri.

Ini tentang berbagi kebersamaan dalam kebaikan dan saling bahu membahu membantu sesama. Ya, #IniTentangKita, dengan ragam perbedaan dalam satu persamaan dengan upaya dan percaya, bahwa dukungan kemanusiaan kita turut menguatkan satu sama lain. Nah, dedikasi kepedulian tersebut Dompet Dhuafa rangkum dalam momen campaign Humanesia yang bertujuan agar semakin optimis membuka tahun 2023 yang beberapa hari lagi akan kita tuju bersama.

Humanesia Dompet Dhuafa

Program Humanesia digulirkan dalam semangat untuk terus merangkul asa semua manusia, menyatu dalam ikatan batin yang sama, dalam menciptakan energi kebaikan sehingga masyarakat marjinal akan menerima manfaat secara merata. Ya, semua dapat ikut terlibat mewujudkan asa mereka, dimanapun berasal, dan berapapun konstribusi terbaik yang diberikan.

Dedikasi program "Indonesia Siap Siaga" teruntuk saudara kita yang terdampak bencana. Berbagi makna semangat kepada para "Perempuan Tangguh", berbagi "Kado Akhir Tahun" untuk adik-adik yatim, dari kita si kakak asuh, juga "Wakaf untuk Bunda" menjadi dedikasi doa abadi bagi orang tua kita.    

HUmanesia Dompet Dhuafa

Melalui Humanesia kali ini, Dompet Dhuafa akan fokus pada Awareness (kesadaran) masyarakat terhadap kemanusiaan, sehingga menumbuhkan program-program berkesinambungan perjuangan dedikasi yang ada. Sejatinya membantu orang lain sama dengan membantu diri sendiri. Sebagai penutup tahun 2022 ini, yuk terus nyalakan semangat berbagi cerita kebersamaan tentang kita dalam bentuk sedekah pada sesama yang membutuhkan di: https://donasi.dompetdhuafa.org/initentangkita/

14 komentar

  1. Asslkm A'ie, Apa kabar?Jangkauan Humanesia pastilah jauh lbh besar dari usaha kami melalui wilayah RW setempat. In shaa Allah utk mengadakan kolaboradi lebih baik.

    BalasHapus
  2. Setuju, sejatinya membantu orang lain sama dengan membantu diri sendiri. Salut untuk Dompet Dhuafa yang terus menginisiasi semua untuk berbagi pada sesama

    BalasHapus
  3. Dompet Dhuafa selalu punya program-program yang bermanfaat untuk masyarakat.. waktu saya dateng ke Zakat Expo minggu lalu, Dompet Dhuafa sharing pencapaiannya tahun ini.. luar biasa salut

    BalasHapus
  4. Saya baru tahu program Humanesia dari dompet dhuafa ini mbak. Sepakat bumi ini bukan milik kita sendiri, jadi bisa membuat orang tersenyum karena bantuan kita itu rasanya adalah sebuah kebahagiaan tersendiri

    BalasHapus
  5. Masya Allah... Saling bantu dan dukung dengan berbagi. Perihal berbagi aku jadikan resolusi baru di tahun 2023. Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin...

    BalasHapus
  6. Sukses terus buat dompet dhuafa dengan program humanesianya, semoga kesadaran untuk berbagi untuk seksama makin besar untuk kita semua.

    BalasHapus
  7. ... dan aku juga termasuk yang percaya bahwa sedekah bukan hanya tentang materi saja.

    Ilmu yang bermanfaat pun termasuk didalamnya!

    BalasHapus
  8. Semoga semakin banyak program Dompet Dhuafa yang selalu menginspirasi seperti saat ini dan berbagi untuk sesama. Hingga kita bisa berbagi cerita cerita penuh kebahagiaan

    BalasHapus
  9. Inspiratif sekali program Dompet Dhuafa
    Membantu sesama adalah perbuatan baik yang tak akan rugi jika dilakukan ya mbak
    Membantu sesama sama dengan membantu diri sendiri

    BalasHapus
  10. Setuju banget nih dengan adanya Program Humanesia. Kita jadi saling bahu membahu untuk mewujudkan asa mereka.

    BalasHapus
  11. Dompet Dhuafa gak pernah absen kyknya yaa bikin program2 yang memudahkan masyarakat utk ikutan berkontribusi mengangkat kesulitan org lain, salah satunya Humanesia ini. Tahun ini temanya juga keren sekali ya, jd kalau nolong org ya artinya kita nolong diri kita sendiri yaa.

    BalasHapus
  12. Bagus sekali programnya Humanesia dari Dompet Dhuafa ini, lebih mengedepankan awareness atau kepedulian terhadap kemanusiaan.

    BalasHapus
  13. Suka sekali dengan konsistensi Dompet Dhuafa dan program Humanesianya ini. Tiap taun beda tema ya tapi intinya mengajak kita untuk merawat kebaikan.

    BalasHapus
  14. Bismillah,
    Semoga akhir tahun ini Indonesia dan kita semua gak merasakan lagi beratnya bencana alam. Semoga sehat semua dan dalam lindungan Allah subhanahu wa ta'ala.

    Senang sekali dengan program Humanesia Dompet Dhuafa.
    Semoga sedikit uluran tangan kita bisa membantu sesama.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)