Bun, Ayo Wujudkan Generasi Emas 2045 Melalui Gerakan Sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'!

Kamis, 15 Desember 2022

Faktanya, lebih dari 200.000 anak di Indonesia telah mendapatkan dukungan akses nutrisi, kesehatan, dan pendidikan melalui gerakan 'Ayo Tunjuk Tangan dari SGM Eksplor. Dengan semangat yang sama, di tahun ini aku ingin mengajak semua Bunda untuk Ayo Wujudkan Generasi Emas 2045 Melalui Gerakan Sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'! Shall we start the review now?

SGM Eksplor  Gerakan Sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'!

Anak-anak Indonesia berhak mendapatkan nutrisi yang tepat, pendidikan dengan fasilitas yang layak dan kesehatan yang optimal untuk mendukung tumbuh kembangnya. Termasuk didalamnya memperoleh akses kemajuan. Namun, pandemi telah memberikan dampak terhadap akses pendidikan, gizi, kesehatan, dan ketahanan ekonomi bagi 80 juta anak Indonesia.

Tantangan Indonesia dalam Mempersiapkan SDM Unggul untuk Kemajuan Masa Depan Bangsa 

Yang lebih memprihatinkan lagi, pada tahun 2021 Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah penduduk kurang gizi tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Ya Allah, miris banget sih aku mengetahui fakta ini. Membayangkan bagaimana masa depan Indonesia jika generasi penerusnya tidak mendapatkan nutrisi yang tepat dan sesuai.

Selain itu, dari sisi pendidikan, kejadian putus sekolah masih mewarnai proses pendidikan di Indonesia. Dimana 1 dari 1.000 siswa putus sekolah terjadi di jenjang SD/Sederajat. Nangis banget sih mengetahui hal ini. Gak sedikit lho anak-anak di usia SD justru membantu orangtuanya mencari uang dan terpaksa putus sekolah. 

Data-data yang aku sebutkan di atas semakin memperkuat fakta sebelumnya yang menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak di Indonesia masih mengalami kekurangan akses edukasi dan nutrisi yang memadai untuk bisa mencapai kemajuan. Selama pandemi saja, banyak anak usia sekolah yang belum memiliki fasilitas pendukung belajar online seperti akses internet dan gadget. 

SGM Eksplor  Gerakan Sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'!

Tantangan seperti ini masih dihadapi Indonesia dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk kemajuan masa depan bangsa, diantaranya pemerataan akses pendidikan dan nutrisi tepat untuk tumbuh kembang anak di seluruh daerah, juga masih banyaknya masyarakat yang dalam kondisi kurang beruntung. 

SGM Eksplor Kembali Hadirkan Gerakan Sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'

Berangkat dari fenomena itu, tahun 2022 ini, SGM Eksplor kembali menghadikran gerakan sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia' guna mendukung anak-anak Indonesia agar tumbuh jadi Anak Generasi Maju demi kemajuan bangsa di masa mendatang. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah untuk mewujudkan 'Generasi Emas 2045' maka upaya kolaborasi bersama harus terus dilakukan dalam memberikan lebih banyak dukungan terhadap tantangan akses edukasi dan nutrisi yang masih dihadapi anak Indonesia. 

Melalui gerakan ini, SGM Eksplor bersama para mitra serta Bunda di Indonesia telah berhasil memberikan dukungan akses nutrisi, kesehatan, dan pendidikan kepada lebih dari 200.000 anak Indonesia yang tersebar di hampir seluruh provinsi di Indonesia melalui pembelian produk SGM Eksplor. Inisiatif ini merupakan upaya SGM Eksplor yang terus mendukung akses kemajuan anak Indonesia sebagai bagian dari mempersiapkan SDM unggul sejak dini, tentu untuk mewujudukan visi pemerintah yaitu Generasi Emas 2045.

SGM Eksplor Gerakan Sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'!

Untuk itu, secara berkelanjutan dari tahun ke tahun SGM Eksplor sebagai pelopor susu pertumbuhan bagi anak bangsa di Indonesia yang telah hadir sejak 1954, terus mendukung kemajuan dan tumbuh kembang maksimal anak Indonesia melalui penyediaan inovasi produk bernutrisi yang terjangkau dan berkualitas, serta melakukan berbagai inisiatif dan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Beruntungnya aku menjadi bagian dari para Bunda yang menyaksikan secara langsung Press Conference 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia' dimana berlangsung di Hotel Westin, Rabu, 14 Desember 2022 yang lalu. Dalam acara ini, hadir juga beberapa narasumber yang ahli di dibidangnya seperti Sapti Peni Wulandari, Pemerhati Ibu & Anak - Founder School of Life dan Ibu Profesional,  Greysia Polii, Peraih Medali Emas OlimpiadeMerry Riana, Pengusaha dan MotivatorShiera Maulidya, Senior Brand Manager SGM Eksplor, dan Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia.  Banyak sekali insight yang aku dapatkan setelah mengikuti acara ini, terutama dalam hal pola asuh anak, pemberian nutrisi anak yang tepat, dan bagaimana memberikan motivasi pada anak untuk mencapai mimpinya. 

Press Conference 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'

Diakui Bapak Arif Mujahidin, SGM susu generasi maju ini sejarahnya panjang bersama Indonesia, "Lama sekali yaitu setelah tahun 1965-1968 di Yogyakarta. Sebagai brand sahabat anak Indonesia, sejak lama, SGM melakukan sesuatu yang luarbiasa sebagai produk bernutrisi. Di luar menawarkan nutrisi yang baik, ada hal yang juga menunjukkan semangat brand yaitu gerakan sosial tunjuk tangan ini untuk mewujudkan Generasi Emas 2045 sesuai visi pemerintah."

SGM Eksplor Gerakan Sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'!

Selanjutnya Ibu Shiera percaya bahwa semua anak memiliki kesempatan dan potensi yang sama untuk mendapatkan akses nutrisi dan edukasi. "Kita suka lupa bahwa di luar sana masih banyak anak yang mendapatkan tantangan untuk akses nutrisi dan edukasi. Untuk itu, kita lakukan kolaborasi setiap tahun. Menggaet lebih banyak lagi inisiatif dan kolaborasi. Sehingga akses nutrisi dan edukasi bisa disalurkan lebih banyak lagi dengan cara memperbanyak mitra-mitra untuk menyalurkannya pada anak-anak yang membutuhkan di seluruh Indonesia. Di tahun ini, mulai Agustus sampai Oktober, seluruh Bunda di Indonesia juga ikut serta gerakan sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia' dalam setiap pembelian SGM Eksplor," ungkap Ibu Shiera. 

Memahami pentingnya pemerataan akses nutrisi dan pendidikan, Ibu Shiera kembali menyampaikan bagaimana antusiasnya anak-anak yang mendapatkan donasi dari program gerakan sosial, 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia' bahkan sebelum diminum susunya dan dipakai laptopnya. "Mereka sangat heboh karena begitu antusias mendapatkan susu dan laptop untuk belajar, jadi gak berebutan lagi. Tidak hanya anak-anak, orangtua dan juga para guru pendamping ikut semangat juga. Dampak dari gerakan sosial ini memang responsnya sangat positif. Oleh karena itu, kami pun berharap apa yang kita lakukan ini bisa sustainable (berkelanjutan) dan tidak putus sehingga bisa mencetak generasi emas 2045 seperti yang sudah dicanangkan Pemerintah. Kita optimis karena gerakan sosial ini tidak diikuti oleh kami saja, tapi juga para Bunda di seluruh Indonesia," ujar Ibu Shiera dengan semangat. 

SGM Eksplor Gerakan Sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'!

Dukungan juga datang dari Ibu Septi Peni, "Anak merupakan hal terpenting bagi orangtua sekaligus menjadi harapan masa depan bangas. Akses nutrisi dan pendidikan untuk anak merupakan langkah awal dalam mengembangkan potensi maksimal mereka. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan kolektif dari masyarakat dan berbagai pihak termasuk sektor swasta. Inisiatif yang telah dilakukan SGM Eksplor melalui gerakan sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia', sangat saya apreasiasi sebagai untuk mengajak semua pihak saling mendukung kemajuan anak Indonesia dan mewujudkan 'Generasi Emas 2045'." 

Komitmen dan Bukti SGM Eksplor Dukung Prestasi Anak Indonesia

Dari generasi ke generasi, SGM Eksplor selama lebih dari 65 tahun terbukti telah mendukung anak-anak Indonesia untuk meraih kemajuan dengan beragam prestasi di bidangnya masing-masing. Seperti yang telah dibuktikan oleh Greysia Polii dan Merry Riana. Untuk itu, sebagai keberlanjutan dari inisiatif yang telah berjalan sejak tahun 2019, SGM Eksplor terus konsisten menjalankan komitmennya berkolaborasi dengan berbagai pihak mendukung lebih banyak kemajuan anak Indonesia dan bersama para Bunda melalui gerakan sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia' yang telah berhasil memberikan dukungan akses nutriis, kesehatan, dan pendidikan kepada lebih dari 200.000 anak Indonesia yang tersebar di hampir seluruh provinsi di Indonesia untuk mendukung kemajuan bangsa.

SGM Eksplor Gerakan Sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'!

Sebagai salah satu Anak SGM yang telah tumbuh menjadi generasi maju, Peraih Medali Emas Olimpiade, Greysia Polii dengan menyambut positif adanya gerakan sosial dari SGM Eksplor yang mendukung akses nutrisi dan pendidikan bagi anak-anak di Indonesia agar bisa menjadikan mereka generasi maju berprestasi seperti prestasi yang telah diraihnya dengan dukungan Bunda dan nutrisi tepat, "Sejak kecil dengan segala rintangan yang harus saya lewati, tidak membuat saya pantang menyerah, keberhasilan saya saat ini tidak lepas dari dukungan optimal dari Bunda. Salah satunya dengan memastikan saya mendapatkan nutrisi yang terbaik dan akses pendidikan yang optimal sehingga saya memiliki kesempatan untuk mewujudkan mimpi menjadi atlet bulutangkis namun tetap tida menomor duakan pendidikan formal dimana saya juga bisa menyelesaikan pendidikan hingga kuliah. Dari hasil perjuangan dan dukungan tersebut, akhirnya saya berhasil meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, ini membuktikan peran saya sebaga Anak Generasi Maju yang bisa memajukan bangsa," ujar Greysia Polii dengan penuh semangat.

Selanjutnya, Merry Riana juga menyampaikan bahwa berbagai pihak harus dapat terus mendukung kemajuan anak-anak Indonesia agar bisa memperjuangkan mimpi-mimpi mereka. "Untuk meraih kesuksesan, memang banyak tantangan yang harus dihadapi. Seperti dalam perjalanan hidup saya yang tidak selalu mulus dan tidak semua memiliki latar belakang ekonomi yang memadai. Namun, di setiap kesulitan yang dialami, kita harus terus percaya diri dan berusaha dengan maksimal dalam menciptakan kesempatan untuk terus maju. Perjuangan tersebut bisa menjadi inspirasi dan memotivasi banyak orang, khususnya bagi para orangtua agar senantiasa bisa terus mendukung anak-anak meraka menggapai mimpi-mimpinya. Inilah upaya saya memajukan bangsa, memotivasi sebanyak mungkin orang, termasuk para orangtua agar tersu semangat memberikan dukungan optimal bagi anak agar bisa jadi generasi maju," ungkap Merry Riana.

SGM Eksplor Gerakan Sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'!

Dukungan SGM Eksplor melalui gerakan sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia' disalurkan dalam bentuk menyediakan paket donasi nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun, donasi paket beasiswa pendidikan, renovasi atau rehabilitasi infrastruktur sarana pendidikan, dan fasilitas pendukung yang memadai untuk mendukung jarak jauh (online). SGM Eksplor juga menggandeng organisasi sosial yakni SOS Children's Villages untuk mendukung penyaluran bantuan donasi agar bisa menjangkau anak-anak Indonesia yang membutuhkan di seluruh wilayah Indonesia. 

Sebagai penutup, Ibu Shiera menambahkan, "SGM Ekspor percaya bahwa dengan kolaborasi bersama, kita dapat mewujudkan generasi maju Indonesia. Sebab, cita-cita menuju Indonesia maju bisa tercapai dengan dukungan dan upaya kerja keras dari seluruh masyarakat, terutama melakukan dukungan terhadap nutrisi dan pendidikan untuk anak Indonesia. Melalui rangkaian inisiatif yang dilakukan melalui gerakan sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia' diharapkan dapat ikut mendorong terciptanya generasi maju yang berkualitas dan berprestasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan."

Tumbuh Kembang Darell Optimal Berkat SGM Eksplor

Sedikit cerita, Darell mengonsumsi susu SGM Eksplor sejak usia 1 hingga 5 tahun dimana membantu perkembangan kognitif anak selain stimulasi dari pola asuh yang aku terapkan. Alhamdulillah, selama mengonsumsi susu pertumbuhan SGM Eksplor tumbuh kembang anak menjadi optimal bahkan membuatnya menjadi generasi maju yang nantinya membanggakan bangsa Indonesia. 

Meski tumbuh sebagai anak yang introvert, namun Darell tetap bisa mengikuti pelajaran dengan baik di sekolah bahkan ketika masa pandemi dimana sekolah dilakukan secara online. Sempat merasa khawatir ketika Darell terlalu nyaman belajar online dan kembali melakukan aktivitas belajar di sekolah karena selama pandemi jarang sekali bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman sebaya. 

SGM Eksplor Gerakan Sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'!

Namun, kekhawatiranku itu hanya menjadi kekhawatiran seorang ibu saja. Darell menunjukkan bisa kembali belajar di sekolah dan bersosialisasi dengan baik bersama teman-temannya. Bahkan, nilai akademis Darell pun tetap bisa stabil. Gurunya pun bercerita saat ambil hasil penilaian kemarin kalau Darell mulai berani tunjuk tangan bertanya dan memberikan pendapatnya dalam setiap kesempatan yang ada. 

Pilihanku aku tepat sebagai Bundanya Darell dengan memberikan #SGMEksplor di masa tumbuh kembangnya sehingga menjadikannya #AnakGenerasiMaju. Juga di setiap kesempatan Darell selalu mengungkapkan "#AkuAnakSGM ya Bun!". SGM Eksplor berperan sekali dalam pemenuhan nutrisi yang berimbang untuk tumbuh kembang Darell.

Tak heran, selama lebih dari 68 tahun hadir dan menyediakan nutrisi masyarakat Indonesia, SGM Eksplor berkomitmen untuk melakukan berbagai inovasi produk untuk menjawab kebutuhan nutrisi anak-anak Indonesia. Salah satunya adalah permasalahan anemia atau kekurangan zat besi yang masih dialami sekitar 1 dari 3 anak berusia di bawah 5 tahun di Indonesia. Padahal zat besi merupakan salah satu nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan anak maksimal fisik dan perkembangan fungsi kognitif anak. 

SGM Eksplor Gerakan Sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'!

Oleh karena itu, dalam upaya pemenuhan akses nutrisi bagi anak Indonesia, SGM Eksplor Progress-Max juga telah menghadirkan inovasi satu-satunya susu pertumbuhan yang mengandung Iron-C - kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C, yang berguna untuk mendukung penyerapan nutrisi penting dengan maksimal, serta mengandung nutrisi yang tak kalah penting lainnya seperti DHA, Minyak Ikan Tuna, Omeg 3&6, Serat Pangan, dan Zinc. 

Sebagai produk susu pertumbuhan nomor 1 yang ikut memajukan 75 juta anak Indonesia sejak tahun 1954, SGM Eksplor terus berkomitmen dengan menghadirkan dan mengembangkan produk bernutrisi yang terjangkau dan berkualitas bagi anak-anak Indonesia. SGM Eksplor Progress-Max diformulasikan untuk dukung anak Indonesia tumbuh maksimal di 4 aspek yaitu daya pikir, pencernaan, daya tahan tubuh, dan pertumbuhan maksimal agar menjadi Generasi Maju.

Peran Bunda juga tak kalah penting dalam memastikan tumbuh kembang anak optimal dengan pemenuhan nutrisi dan edukasi yang memadai seperti memberikan mereka susu pertumbuhan SGM Eksplor serta fasilitas pendidikan untuk mendukung pendidikan mereka guna meraih cita-cita di masa depan. 

SGM Eksplor Gerakan Sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'!

Di kesempatan ini aku juga mengajak semua bunda: Bun, ayo wujudkan generasi emas 2045 melalui gerakan sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia' dengan membeli produk SGM Eksplor maka bunda sudah memberikan dukungan akses nutrisi, kesehatan, dan pendidikan kepada seluruh anak Indonesia yang membutuhkan. 

25 komentar

  1. Sedih ya mba, data menunjukkan banyak anak-anak yang putus sekolah serta kekurangan gizi. memang terasa sekali saat pandemi lalu dimana belajar harus online masih ada anak2 yang tidak mampu karena harus pake gadget. Senangnya ada Dukungan SGM Eksplor melalui gerakan sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia' disalurkan dalam bentuk menyediakan paket donasi nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun, donasi paket beasiswa pendidikan, renovasi atau rehabilitasi infrastruktur sarana pendidikan, dan fasilitas pendukung yang memadai untuk mendukung jarak jauh (online). semoga bisa wujudkan generasi emas

    BalasHapus
  2. Miris banget ya, jumlah penduduk kekurangan gizi di Indonesia adalah terbesar seasia tenggara. Gimana 2045 bisa jadi generasi emas kalau sekarang kekurangan gizi.

    Salu sama SGM dengan gerakan tunjuk tangan, semoga diikuti oleh pengusaha lain sebagai upaya memperbaiki gizi anak-anak Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan bermaksud memaklumi, tapi dengan jumlah penduduk terbesar di asteng plus geografis kepulauan, tantangan indonesia mmg besar. Semoga Indonesia mampu menaklukan tantangan tsb demi terwujudnya generasi emas yaaa... Ketika bisa mencapai taraf yg sama dengan tantangan yg lebih berat, pasti lebih WOW dong..dan pastinya butuh kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti dg pihak swasta spt SGM ini. Semoga makin banyak anak2 yg bisa terfasilitasi oleh gerakan SGM.

      Hapus
  3. Senang sekali tahu ada SGM yang peduli dengan anak-anak Indonesia lain yang tidak memiliki akses baik untuk tumbuh kembangnya. Sukses selalu SGM.

    BalasHapus
  4. Acara yang bagus dan ngasih banyak insight ya, Mbak. Anak tuh memang harus terpenuhi nutrisinya. Aku pun akan dukung gerakan sosial 'Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia'

    BalasHapus
  5. Semoga aja SDM Indonesia nantinya adalah generasi yang punya kecerdasan intelegensia dan kecerdasa emosional serta kecerdasan finansial yang bagus. Biar makin maju dan sehat di semua bidang

    BalasHapus
  6. Miris ya, kalau ada fakta bahwa masih ada anak yang kurang gizi di zaman sekarang. Padahal Indonesia digadang2 akan mendapatkan bonus demografi di tahun 2045-2050 nanti, harus benar2 disiapkan ya anak2 kita untuk masa depan mereka nanti

    BalasHapus
  7. aah, programnya okee yaa. semoga nutrisi dan edukasi bisa disalurkan secara merata sehingga anak-anak di Indonesia bisa mendapatkan hak belajarnya secara penuh dan bisa menjadi generasi emas :D

    BalasHapus
  8. Miris banget mba aieee, ternyata masih banyak anak2 Indonesia yg kurang gizi. Iya di sekitar rumah jg masih ada anak kecil yg jam sekolah dia bekerja bantu ibunya dorong gerobak. Pendidikan untuk anak2 penting, wah SGM keren niiih membantu. Ada mba poliii yaa, auranyaaa luar biasaa ^^

    BalasHapus
  9. SGM Eksplor selalu total jendral memberikan yg terbaik utk anak Indonesia.

    Kerem bangettt dan mantab SGM 😍

    BalasHapus
  10. SGM ini pilihan yg sesuai kantong lho menurut saya, udah gitu terjaga nutrisinya. Banyak anak terbantu kesehatan dan tumbuh kembangnya berkat sgm

    BalasHapus
  11. SGM sudah ada sejak aku kecil. Aku pakai sgm, anakku juga . Sudah lama dan sudah jaminan mutu

    BalasHapus
  12. Generasi emas harus didukung sejak kini ya mbak
    Selain memberikan stimulasi yang tepat, juga perlu asupan nutrisi terbaik seperti ini ya

    BalasHapus
  13. Membangun generasi selanjutnya memang butuh bantuan banyak pihak ya Mak. Kerasa banget kalau beban tidak dipikul bersama maka tantangan untuk ke depan pasti semakin berat. Untungnya SGM menangkap isu ini untuk bisa bersama membenahi dan saling gotongroyong menyiapkan bekal terbaik untuk calon pemimpin bangsa di masa depan. Salut.

    BalasHapus
  14. Pemerintah dengan dukungan perusahaan swasta yang peduli dengan anak-anak kekurangan gizi, bisa mengurangi jumlahnya, Semoga dukungan SGM Eksplor melalui gerakan sosial Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju bisa membantu mengurangi masalah anak putus sekolah, pemenuhan gizi juga ya

    BalasHapus
  15. Dengan adanya susu SGM ini banyak sekali ibu-ibu yang terbantukan untuk menambah atau melengkapi nutrisi anaknya dan tentunya pertumbuhan anak juga semakin sehat

    BalasHapus
  16. Anak SGM semoga kreatif dan cerdas. SGM ini susu pertumbuhan,yang bisa diambil.kapan daya.

    BalasHapus
  17. Whaaa ada Bu Septi. Beliau guruku, Mbak Aie.
    Urusan akses pendidikan dan nutrisi anak Indonesia memang perlu kerja sama banyak pihak. Dengan program SGM seperti ini makin memudahkan mewujudkan generasi emas 2045

    BalasHapus
  18. SGM susu buat pertumbuhan anak anak sejak duluu sudah adaa banyak disukai. Harganya juga sesuai kantong.

    Sedih yaa negara kita makmur tp banyak yg masib kekurangan gizi (gusti yeni)

    BalasHapus
  19. Mbak, di daerahku banyak hlo Mbak, Anak-anak kurang gizi ataupun stunting. Dan ketika orang tuanya dikasih arahan malah enggak terima. Anak SD putus sekolah? Ada. Lulus SD, enggak sekolah? Banyak. Dan jujur loh, aku sedih bgt ngelihat kondisi kayak gini. Padahal sekolah tuh penting bgt buat masa depan.

    BalasHapus
  20. Wah, sudah 65 tahun ya, SGM Eksplor mendukung anak-anak Indonesia meraih kemajuan dan prestasi.

    Salut!

    Aku ingat, mamakku juga pernah deh menggunakan susu ini untuk adik-adikku.
    Menurutku ini termasuk susu legendaris ya.
    Meski demikian, SGM tetap terus melakukan terobosan inovasi.

    YES!
    Ayo kita wujudkan Generasi Emas 2045!

    BalasHapus
  21. Semoga dengan gerakan sosial tunjuk tangan bersama SGM Explore ini bisa memperbaiki nutrisi yang didapatkan oleh anak-anak Indonesia. Generasi muda harapan bangsa loh, harus dalam kondisi terbaiknya untuk menyongsong masa depan.

    BalasHapus
  22. banyak banget manfaat yang bisa didapat dari progam ini ya mba.. dan semoga generasi muda kita makin semangat dan berkembang

    BalasHapus
  23. SGM konsisten nih mengadakan gerakan sosial tunjuk tangan ini. Demi generasi emas ya, kita semua harus ikut peduli.

    BalasHapus
  24. Huaa jadi negara dengan gizi buruk padahal banyak orang kaya, karena kesenjangannya nyata ya Mbak. Berharap banget berkurang anak yang putus sekolah dan kurang nutrisi

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)