Cara Tepat Memilih Probiotik untuk Anak

Senin, 30 Januari 2023

Faktanya, 80% sistem imun tubuh berasal dari pencernaan. Untuk itu penting bagi orangtua menjaga pencernaan anak dengan memberikannya makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi juga dilengkapi dengan memberikan suplemen yang dapat menjaga kesehatan pencernaannya, termasuk probiotik. Nah, di tulisan kali ini aku akan ulas tuntas tentang Cara Tepat Memilih Probiotik untuk Anak. Shall we start now? 

Interlac Drops


Kesehatan pencernaan anak sangatlah penting karena mempengaruhi tumbuh kembangnya. Itulah mengapa banyak orangtua memberikan makanan yang dapat menjaga kesehatan pencernaannya, termasuk memberikan probiotik. Lalu, apa itu Probiotik?

Apa Itu Probiotik?


Probiotik adalah bakteri yang baik bagi tubuh, terutama untuk saluran pencernaan. Beberapa contoh bakteri baik yang ada dalam probiotik yaitu lactobacillus, Bifidobacterium, saccharomyces boulardii, streptococcus, dan masih banyak lagi. 


Ya, probiotik merupakan mikroorganisme yang berada di dalam pencernaan manusia untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan seperti lambung dan usus anak dari berbagai penyakit, termasuk diare. Cara kerja probiotik adalah dengan mengganti bakteri ‘baik’ yang hilang di dalam tubuh dan menyeimbangkannya agar pencernaan berfungsi dengan baik. Peran lain probiotik juga untuk meneruskan makanan atau minuman yang telah ditelan sehingga dapat dicerna dengan baik. 


Tahukah kamu kalau probiotik bermanfaat di 1000 Hari Pertama Kehidupan atau HPK anak dimana mempunyai dampak yang luar biasa untuk kesehatan masa depan anak dan pertumbuhan  anak secara fisik maupun kognitif. Bahkan ada fakta yang menyebutkan bahwa 70% dari kesehatan masa depan anak ditentukan di 1000 hari pertama dan 80% dari pertumbuhan otak anak juga terjadi di 1000 hari pertama kehidupannya. 


Interlac Drops


Adapun faktor penting di 1000 Hari Pertama yaitu Nutrisi, Genetik, dan Mikrobiota Usus yang saling berkaitan. Mengingat pentingnya 1000 HPK maka perlu untuk dimulai sejak dari kandungan. Dan mikrobiota sehat pada ibu hamil adalah hadiah perlindungan terbaik untuk 1000 hari pertama anak. Namun, tidak semua ibu hamil memiliki kandungan bakteri usus yang baik. Maka, perlu bagi anak mendapatkan probiotik melalui nutrisi pada makanan dan juga suplemen. Lantas apa bedanya dengan prebiotik?

Beda Probiotik dan Prebiotik

Meski penyebutannya hampir serupa, probiotik dan prebiotik adalah dua hal yang berbeda. Perbedaan probiotik dan prebiotik dapat terlihat dari bentuk, peran, dan manfaatnya. Probiotik merupakan bakteri baik yang membawa manfaat bagi kesehatan, khususnya kesehatan saluran cerna. Sementara prebiotik adalah jenis makanannya bakteri baik, biasanya makanan tinggi serat yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga. 


Keberadaan prebiotik memungkinkan bakteri di dalam usus menghasilkan nutrisi untuk usus besar sehingga kesehatan sistem pencernaan senantiasa optimal. Singkatnya, probiotik adalah bakteri baik, sedangkan prebiotik merupakan asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik tersebut. Dari sini sudah cukup dapat dipahami ya perbedaan probiotik dan prebiotik.

 


Interlac Drops

Kapan Sebaiknya Anak Konsumsi Probiotik?

Sebelum mengetahui kapan waktu terbaik memberikan anak probiotik, ada baiknya mengetahui apa saja manfaat probiotik untuk anak berikut ini: 


Manfaat probiotik untuk anak:

  • Melancarkan saluran cerna

  • Membantu mencegah dan mengobati diare

  • Meningkatkan imunitas

  • Mengatasi kolik


Untuk itu, sebaiknya memberikan probiotik pada anak mulai dari bayi baru lahir karena memahami peran probiotik dalam mendukung pemeliharaan kesehatan anak. Ada berbagai cara untuk memperoleh kebaikan probiotik yang bisa orangtua berikan pada anak. Seperti salah satunya mengkonsumsi suplemen yang dapat memenuhi kebutuhan probiotik anak dan probiotik untuk bayi seperti Interlac Drops.


Interlac Drops, Suplemen Probiotik untuk Anak

Ya, Interlac Drops merupakan suplemen yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri DSM 17938 bermanfaat untuk menjaga fungsi pencernaan pada neonatus, bayi prematur, anak & dewasa, membantu mengurangi & mencegah diare, kolik, konstipasi, dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. 


Para orangtua pasti memahami bagaimana pentingnya menjaga saluran pencernaan pada anak karena dari sinilah tolak ukur tumbuh kembang anak bisa tercapai. Gangguan pencernaan pada anak usia di bawah 2 tahun umumnya ditandai dengan beberapa gejala seperti rewel, perut kembung, mual, muntah, kolik, gumoh, diare, bahkan dehidrasi. 


Interlac Drops


Beberapa gangguan pencernaan yang disebutkan di atas diakibatkan oleh kebiasaan makan yang buruk dimana bisa dicegah dan diatasi dengan menjaga kebiasaan hidup baik dan konsumsi suplemen probiotik seperti Interlac Drops.

 


Interlac Drops adalah probiotik pertama dengan sediaan oral drops di Indonesia yang cocok terutama untuk bayi baru lahir hingga usia 2 tahun. Beda dengan banyak probiotik lainnya, formulasi Interlac Drops sama sekali tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa.


Aturan pakai 5 tetes per hari atau sesuai anjuran dokter dan dapat diberikan bersama atau tanpa makanan. Sebelum digunakan sebaiknya kocok botol terlebih dahulu lalu tuangkan dengan botol dimiringkan 45 derajat sampai menetes. Tuang 5 tetes Interlac Drops ke sendok lalu berikan pada anak. Setelah itu, tutup kembali yang rapat dan simpan kembali di kulkas bawah. Interlac Drops manfaatnya optimal hingga 3 bulan setelah dibuka.


Untuk pembelian Interlac Drops asli bukan produk palsu bisa kamu dapatkan di Interbat Official Store dan e-commerce yang sudah pasti aman, teruji klinis dan terdaftar di BPOM. Hati-hati dengan Interlac Drops palsu yang saat ini sedang ramai isunya. Interlac Drop Palsu kemasannya sangat mirip dengan Interlac Drop yang asli, maka pastikan untuk membeli Interlac Drops di Interbat Official Store di e-commerce kesayangan atau secara offline di baby shop, Viva Health, Watsons, Guardian dan Apotik terpercaya yang ada di seluruh Indonesia. Kalo aku biasanya sih beli di: https://linktr.ee/interlacprobiotics dijamin aman. 


Tenang buibu, Interlac Drops aman, teruji klinis dan sudah bersertifikasi BPOM dan mengandung bakteri baik Lactobacillus reuteri DSM 17938, bukan tergolong dalam sediaan sirup dan tidak mengandung bahan pelarut seperti produk sirup pada umumnya yang berpotensi mengandung cemaran EG dan DEG. Interlac Drop juga sudah diperkuat dengan Surat Keterangan BPOM yang menyatakan Interlac bebas dari EG dan DEG serta cemaran berbahaya lainnya. 


Interlac Drops


Lebih dari itu, supaya kamu bisa membedakan mana produk Interlac Drop yang asli dan yang palsu, berikut kuberikan tips cara membedakannya: 

  • Dari segi kemasan Interlac Drops berwarna kuning cerah

  • Interlac Drops asli tidak meleber saat diteteskan

  •  Terdapat warna putih berupa Probiotik dalam cairan Interlac Drops asli

  • Ukuran botol Interlac Drops asli lebih tinggi 

  • Ujung botol Interlac Drops asli lebih menonjol keluar

  • Tutup botol bagian dalam Interlac Drops asli melebar


Untuk lebih jelasnya buibu bisa lihat langsung di akun instagram @interlacprobiotics.

60 komentar

  1. Penting banget ini buat anak ya.. Secara sekarang ada aja penyakit yang mengintai anak.. Jadi wajib sedia nih di rumah biar makin tenang sebagai ibu..

    BalasHapus
  2. Produk ini termasuk salah satu best buy-ku di tahun 2022, bener-bener worth it meski harganya agak bikin sesak dompet, hehehe.

    BalasHapus
  3. Catet ya Interlac Drops ini. Soalnya aku emang baru tahu dan dulu gak nemu yang buat batita. Kalau bayi udah mulai makan, pencernaannya kan kudu dijaga juga

    BalasHapus
  4. Catet ya Interlac Drops ini. Soalnya aku emang baru tahu dan dulu gak nemu yang buat batita. Kalau bayi udah mulai makan, pencernaannya kan kudu dijaga juga

    BalasHapus
  5. Pencernaan anak memang penting banget untuk tumbuh kembangnya. Anak bayi hingga usia 2 tahun biasanya memang lebih rentang mengalami masalah pencernaan. Tetapi, selama konsumsi Interlac setiap masalah pencernaan dapat teratasi, ya.

    BalasHapus
  6. kesehatan pencernaan anak penting untuk diperhatikan. kalau pencernaan sehat, makanan terserap sempurna, tumbuh kembangnya tidak akan mengalami kendala

    BalasHapus
  7. Wah kirain prebiotik sama probiotik tuh hal yg sama, cuma orang2 kadang suka ketukar penulisan nya gitu. Ternyata emang 2 kata yg berbeda dan berbeda maknanya yaaa

    BalasHapus
  8. aiih kereeeen banget nih ilustrasinya!
    suka deh kalau artikel ditunjang sama ilustrasi yang oke banget

    BalasHapus
  9. Aku kadang masih suka salah sebut Probiotik dan Prebiotik 🤣😁
    Diingatkan lagi ama tulisan ini, moga udah ga salah sebut lagi.

    Alhamdulillah Interlac Drops aman ya mbak, udah teruji klinis dan sudah bersertifikasi BPOM. Cara sehat yang aman

    BalasHapus
  10. Eh ada interlac drops yg palsu ya? Baru tau. Aku dulu kasih interlac drops buat anakku pas masih kecil. Kalau sekarang konsumsi intelac kunyah itu

    BalasHapus
  11. Ternyata berbeda antara Probiotik dan prebiotik.
    Karena selama ini kalau di iklan yang didengar adalah prebiotik. Dengan adanya interlac drop, maka masalah anak diare, rewel, perut kembung, mual, muntah, kolik, gumoh, bahkan dehidrasi bisa teratasi dengan baik.

    BalasHapus
  12. Interlac bagus buat anak-anak untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit, apalagi aktifitas disekolah banyak.

    BalasHapus
  13. Nah, aku termasuk tuh tim yang salah kaprah.
    Aku kira probiotik dan prebiotik itu, sama.
    Ternyata mereka sepupu ya.
    Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaa nih mbak, aku pikir probiotik dan prebiotik itu sama lhoo, ternyataa beda 1 huruf aja mereka udah beda yaa, gak mau disama-samain, ahaha

      Hapus
  14. Sangat penting ya memberikan probiotik untuk anak, apalagi manfaatnya bisa melancarkan saluran cerna. Wah mantap

    BalasHapus
  15. Pas banget ka Ai.. anakku lagi bermasalah dengan percernaannya.. mau coba interlac ini deh.. semoga cocok

    BalasHapus
  16. Hai Aie aku baru tahu loh Probiotik dan Prebiotik itu beda loh. Aku pikir hanya penulisannya saja. Btw pemberian probiotik ini harus dengan resep dokterkah?

    BalasHapus
  17. Ya ampun, aku baru ngeh lho bedanya probiotik dan prebiotik. Kupikir, keduanya istilah yang sama, ternyata beda toh... Dulu anakku mengalami masalah pencernaan. Seandainya waktu itu udah tahu Interlac drop ini ya, bisa deh kukasih. Kalau utk umur sekarang sih cocoknya interlac tablet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jahat banget ya oknum/sindikat yang memalsukan interlac dan obat2an lainnya. Semoga konsumen bisa membedakan produk asli palsu. Terus semua pihak terkait bisa membongkar sindikat jahat itu.

      Hapus
  18. penting nih catatan tentang 1000 HPK yang menentukan tumbuh kembang si Kecil dan masa depannya, apalagi bagian pencernaan adalah hal penting yang butuh concern juga. Siap sedia Interlac Drops ini untuk bisa ada asupan Probiotik ya kak, dan jujur aku baru ngeh deh kalau probiotik dan prebiotik itu berbeda hihi, thanks edukasinya kaa

    BalasHapus
  19. Dengan banyaknya informasi yang beredar seputar farmasi, kita jadi makin peduli untuk memberikan suplemen yang terbaik untuk anak kita. Tapi kalo udah ada jaminan BPOM mestinya Ama ya Interlac drop ini

    BalasHapus
  20. Ooo ini interlac yang drop ya, Mba. Anak saya konsumsinya yang tablet kunyah. Anak saya suka itu. Saya kan coba juga ya. Rasanya memang enak, rasa jeruk gitu.

    BalasHapus
  21. Ooo ini interlac yang drop ya, Mba. Anak saya konsumsinya yang tablet kunyah. Anak saya suka itu. Saya kan coba juga ya. Rasanya memang enak, rasa jeruk gitu.

    BalasHapus
  22. Ponakan aku.juha kOnsumsi Interlac ini mba.
    Beneran ciamik bgt.
    Daya tahan tubuh makin membaik

    BalasHapus
  23. Mbak Aie ... baca infografis pre vs probiotik jadi mudah memahami perbedaannya. Keduanya dibutuhkan manusia sejak bayi yah. anakku waktu bayi pun minum interlac drop soalnya gampang gitu tinggal tetes.

    BalasHapus
  24. Beda satu huruf aja sudah jauh berbeda maknanya ya antara probiotik dan prebiotik ini.
    Interlac drops cukup 5 tetes per hari saja, sudah bisa membantu memenuhi kebutuhan probiotik anak ya. Noted!

    BalasHapus
  25. Kesehatan saluran cerna anak sangat penting ya trnyata karena berpengaruh pada tumbuh kembang anak untuk menjaganya dibutuhkan probiotik tapi jangan sembarangan pilih suplemen probiotik harus memenuhi stndar who kaya interlac

    BalasHapus
  26. Sukaa infografis Prebiotik vs Probiotiknyaa. Soalnya emang kedua itu dikira hal yang sama, beda pelafalan aja, ternyata ya emang 2 hal yang berbeda.

    Probiotik dan prebiotik ini memang diperlukan sih yaa untuk tubuh. Terutama probiotik. Untungnya udah ada probiotik yang aman untuk bayi sekarang, seneng ya ibu2 jadi bisa melindungi anaknya bahkan dari sebelum dia lahir 😃

    BalasHapus
  27. Pertama kali dulu aku kebingungan karena Aqsa nggak BAB sampai beberapa hari, Interlac adalah koentji. Waktu itu masih jarang ada di apotek. Tapi alhamdulillah sekarang dah ada buanyak melimpah di apotek. Yang pasti, selalu pastikan itu yang asli yaa.

    BalasHapus
  28. makasihh ya mbak infonyaa, karena banyak banget produk probiotik di pasaran yang belum diakui WHO

    BalasHapus
  29. Bener mba aku baru tahu ternyata 80 % sistem imun iti berasal dari salurna ya. Dari siti kita jadi belajar bahwa betapa pentingnya kita menjaga saluran cerna anak kita. Contohnya dengan probiotik dari interlac ya

    BalasHapus
  30. dulu aku kira probiotik dan prebiotik itu kata yang berlawanan ternyata beda jauh artinya,hihihi.. skrg sudah tahu manfaat probiotik untuk anak agar tumbangnya lebih optimal

    BalasHapus
  31. Ini penting nih buat siap sedia di rumah. Apalagi sekarang lagi musim diare.

    BalasHapus
  32. Aku masih sering tertukar memahami beda prebiotik dan probiotik. Skrg jadi lebih paham dan tau pentingnya utk kesehatan bayi

    BalasHapus
  33. aku baru tahu sih tentang pentingnya probiotic ini, dan senangnya kalau sudah produk yang terjamin keamanannya untuk si kecil ya :)

    BalasHapus
  34. mirip banget ya, Interlac asli vs Interlac palsu ini. Kalau tidak jeli sekali sangat terkecoh.

    BalasHapus
  35. Kesehatan pencernaan anak memang sangat penting diperhatikan ya, Mak. Karena akan berpengaruh pada kesehatan seluruh tubuhnya.
    Makasih pengetahuannya tentang cara memilih probiotik yang baik, dan tentang Interlac drops, Mak :)

    BalasHapus
  36. Wah, catet info ini siapa tahu nanti buat cucu

    BalasHapus
  37. harus cermat ya mbaa Ai karena ada yg palsunya jg. Iyaaa saluran pencernaan penting beneeer deh, terasa kalau anak kurang lancar, imun tubuhnya jg turun. Alhasil bisa sakit..
    Interlac perlu dicoba untuk anak ke-3 aku nih yg agak2 kurang lancar, makasih ya infonya mbaa

    BalasHapus
  38. Perubahan kondisi kesehatan pencernaan memang berpengaruh banget ke kesehatan tubuh ya, sepertinya probiotik ini penting & perlu masuk ke tambahan suplemen buat anak-anak. Kalau buat dewasa ada juga gak ya?

    BalasHapus
  39. Musim hujan nih anak suka diare akibat cuaca dan jajan .interlac perlu ada id rumah biar cepat di atasi diare . Kasian badan jadi lemas

    BalasHapus
  40. Ibu yang memiliki batita wajib banget nih punya Interlac di rumah ya kak, apalagi ini penting sekali untuk pencernaan anaknya.

    BalasHapus
  41. Ternyata probiotik juga penting untuk anak2. Gak cuma orang dewasa Aja. Beruntung sekarang udah ada interlac probiotik untuk anak

    BalasHapus
  42. penting banget ya ternyata probiotik ini buat pencernaan kita. kayaknya perlu sedia di rumah ya mbak terutama kalau anaknya ada masalah dengan pencernaan

    BalasHapus
  43. Interlac.terwajib ini mahhh
    Buibu kudu nyetoook d rumah
    Makasiii infonya mba

    BalasHapus
  44. Saya terkadang masih suka ketuker-tuker antara prebiotik dan probiotik. Tetapi, setuju banget kalau probiotik memang bagus untuk pencernaan. Bahkan dokter anak saya sudah mengingatkan hal ini sejak anak-anak saya masih kecil

    BalasHapus
  45. Ortu kudu paham niiih
    Karena tumbuh kembang anak penting bgt.
    Interlac kudu ada stok d rumah

    BalasHapus
  46. Kesehatan saluran pencernaan itu penting banget, karena berhubungan dengan tumbuh kembang anak ya. Dan aku sekarang ini seneng dengan adanya suplemen yang mendukung kesehatan pencernaan seperti probiotik. Jaman anakku tumbuh, info seperti ini dan suplemennya belum ada deh

    BalasHapus
  47. Akhirnya tercerahkan. Probiotik dan Prebiotik itu beda tapi sangat erat hubungannya. Dulu saya mengira sama, probiotik dan prebiotik.

    BalasHapus
  48. Wah tutt beda ya prebiotik n probiotik. Baru ngeh pas baca ini. Kudu banget jg nih sbg ibu2 nyetok interlac di rumah

    BalasHapus
  49. Probiotik emang sangat dibutuhkan untuk kesehatan pencernaan anak2 ya mbak. Kalau probiotik alaminya kurang boleh dibantu juga dengan suplemen seperti Interlac Drop gini, khususnya buat bayi2 jd mudah konsumsinya. Yang penting juga sudah dipastikan aman ya, kudu jeli belinya jgn sampai beli produk palsu.

    BalasHapus
  50. Wah ini kayaknya cocok untuk anak-anak yang mengalami masalah pencernaan ya. Anak sulung kami neh sering bermasalah ngan pencernaannya.

    BalasHapus
  51. Kebutuhan probiotik ini memang penting ya mbak buat tumbuh kembang anak, apalagi berkaitan dengan pencernaan. di rumah anak-anak juga minum produk Interlac sesuai umur mereka

    BalasHapus
  52. Manfaatnya banyak sekali dengan konsumsi interlac drops untuk bayi. Selain aman dan terbukti kandungan bakteri baiknya mampu membantu bayi untuk tetap sehat.

    BalasHapus
  53. Jadi makin paham perbedaan probiotik dan prebiotik deh. Memang penting ya menjaga kesehatan pencernaan anak supaya tumbangnya gak terganggu.

    BalasHapus
  54. Wajib nih menyediakan Interlac Drops untuk kita yang memiliki anak kecil. Apalagi seperti sekarang masa pancaroba, terkadang panas-hujan. Anak-anak penting banget imun tubuhnya sehat ya

    BalasHapus
  55. Benar-benar, ya, 1000 Hari Pertama Kehidupan teramat berarti bagi anak, sampai ke saluran pencernaannya. Dulu nggak terlalu ngerti manfaat probiotik, sampai baca-baca edukasi dari teman-teman yang sudah pakai Interlac untuk anaknya, ternyata sepenting itu ya probiotik bagi anak.

    BalasHapus
  56. alhamdulillah, kita sama mbak, aku pun memberikan anakku probiotik agar pencernaannya sehat. edukasi semacam ini penting terus menerus dilakukan ya mbak agar para ibu paham, betapa pentingnya probiotik di masa pertumbuhan anak

    BalasHapus
  57. well noted mba.. sepertinya ini wajib untuk dimiliki kita di rumah ya, apalai jika masih memiliki toddlers. Soalnya gangguan pencernaan bisa terjadi kapan saja

    BalasHapus
  58. Kesehatan pencernaan emang penting banget sih Mak. Sumber berbagai penyakit lain juga biasanya dari pencernaan sebagai akar permasalahannya. Jadi dengan adanya produk dari Interlac ini diharapkan bisa mengurangi potensi gangguan tersebut ya Mak :))

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)