5 Ide Menu Sahur Sehat, Enak & Praktis untuk Keluarga

Kamis, 23 Maret 2023

Sudah mendekati bulan Ramadan, dimana umat muslim akan melaksanakan puasa selama 30 hari lamanya. Nah, buat ibu-ibu biasanya suka bingung menyiapkan menu sahur. Mungkin di minggu pertama masih semangat ya, pas masuk minggu kedua mulai bingung dan bosan mau masak menu sahur apalagi ya. Well, aku mau kasih 5 ide resep menu sahur praktis & sehat pilihan, hasil nyontek di media sosial. Lumayan lah ya, mumpung WiFi di rumah kencang dan stabil koneksinya. So, let's start now.

5 Ide Menu Sahur Sehat, Enak & Praktis untuk Keluarga


1. Capcay

Menu wajib yang berisi ragam sayuran dan mengandung gizi cocok untuk disajikan sebagai menu sahur keluarga di rumah. Selain bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah didapatkan, cara membuatnya juga praktis.


2. Sup Bakso

Kebayang sih segarnya ketika saat sahur mengonsumsi Sup Bakso, wah nikmat banget tuh ya. Resep Sup Bakso ini bisa kamu buat dengan bahan sederhana yang bisa dibeli di pasar, tukang sayur atau supermarket. Selain itu, bumbunya juga cukup mudah seperti bawang putih, merica, irisan daun bawang, dan kaldu instan sesuai selera (kalo aku sih biasanya pakai kaldu jamur dan kaldu ceker ayam yang direbus).


3. Ayam Goreng Kecap

Sesuai dengan namanya, menu ayam kecap memakai bahan kecap sebagai bumbunya. Rasa khas manis dalam ayam dengan bumbu kecap yang meresap sempurna bisa bikin keluarga lahap saat bersantap sahur. Menu ini juga aman buat anak-anak yang baru mulai berpuasa lho. Kebayang sih lezatnya ketika menyajikannya saat sahur nanti. 


4. Telur Dadar Gulung Ala Korea

Telur dadar gulung ala Korea atau gyeran-mari adalah telur kocok dicampur dengan wortel, daun bawang, dan bawang bombay. Menu simple ini proses membuatnya dari persiapan sampai siap saji sekitar 10-20 menit. Biasanya kalo menu berbahan telur gak akan pernah gagal bikin keluarga makin lahap makan. 


5. Oseng Tahu Tempe

Tahu dan tempe adalah makanan ekonomis kaya nutrisi yang tinggi protein dan vitamin B. Bahan makanan ekonomis ini makin nikmat saat diolah bersama menjadi oseng tahu tempe. Wah ini mah kesukaan Darell banget!


5 Ide Menu Sahur Sehat, Enak & Praktis untuk Keluarga

Biasanya nih, kalo pas lagi mentok mau masak apa yang buat menu sahur selama Ramadan, aku browsing dengan memanfaatkan WiFi rumah. Kebetulan di rumah telah terpasang modem IndiHome dari Telkom Indonesia. Dengan jaringannya yang cukup stabil, kami sekeluarga melakukan browsing ide terkait menu sahur. Aku pribadi, selain mencari ide takjil yang kurasa disukai keluarga juga mencari-cari browsing terkait ide hampers Ramadan. Ya kan, selama Ramadan sudah pasti banyak melakukan akses internet untuk kebutuhan atau pekerjaan. WiFi rumah juga digunakan untuk bokap mengajar mahasiswanya secara online.  


Keluarga kami sudah berlangganan produk internet rumahan semenjak tahun 2018. Selain koneksinya yang cukup stabil, jangkauan layanan IndiHome juga cukup luas. Apalagi waktu pandemi, saat semua aktivitas dilakukan serba online. WiFi rumah menjadi penyelamat untuk belajar dan bekerja secara online. Seringnya juga membuat konten memasak untuk di upload di media sosial. Jaringan Internet cepat dengan WiFi rumah harus dimanfaatkan, gak cuma main media sosial aja tapi juga jadi content creator. 


Nah, itu dia 5 ide menu sahur sehat, enak, dan praktis yang cocok disajikan untuk keluarga saat bulan Ramadan nanti. Kamu punya ide menu sahur favorit keluarga yang praktis? Boleh dong share juga. Lumayan kan buat nambah-nambahin list resep menu sahur keluarga. 


Selamat menjalani ibadah puasa ya!

41 komentar

  1. Telur dadar paling simple sat set buat menu sahur keluarga. Makasih resepnya ya Mbak Aie

    BalasHapus
  2. Nyummieeee semua menunya, sehat pula apalagi karena bikin sendiri dan disajikan penuh cinta ya. Bismillah lancar-lancar Ibadah Puasanya.

    BalasHapus
  3. Wah wsh waaah, jd kemecer nih yg lv puasa. Ops! Pasti yg dicoba duluan capcay tuh. biarpun sahurnya sendirian tp kan bisa disisihin tarok di freezer. Mksh, Aie resepnya, jd bunda gak perlu googling.

    BalasHapus
  4. setuju mba Aie, telur tuh anti gagal ya semua suka. Anak2 aku kalau pas masak yg dia nggak suka hehe, aku suka maksa coba dulu, nah ada telur2nya kan. Mereka pada tertarik coba :)) tricky banget, makasih ya ide menu sahurnyaa lezaaat2

    BalasHapus
  5. sop bakso ini juga andalan saya mbak, masaknya cepet dan nggak ribet. Potong-potong dan cemplang cemplung aja. Anak-anak pun suka.

    BalasHapus
  6. 5 ide menunya memang jadi andalan banget, Mbak. Saya di rumah juga sukanya bikin yang simpel dan praktis. Kebetulan semua juga suka dengan capcay, sop baso, ayam kecap, oseng tahu tempe dan telor dadar.

    BalasHapus
  7. Kalau sahur aku lebih ke yang sayur-sayur rebusan, jadi dipastikan sahurku pasti sayur berkuah dan gak berani goreng-goreng deh.

    BalasHapus
  8. Nomor 1, 3, dan 5 itu andalanku, hehehe. Soalnya gampang, anak-anak suka, masaknya juga bisa mepet2 makan. Pokok dalam sebulan 3 menu itu selalu ada hampir 2 x dalam seminggu.

    BalasHapus
  9. Bikin telor sama menu oseng2 emang yang paling praktis sih. Kemarin aku juga bikin capjay, tadi ayam teriyaki. Modal wifi kenceng bisa googling ide menu sahur.

    BalasHapus
  10. Sahur makin semangat nih kalau menu nya seenak ini yaaa. saya lebih suka sayur berkuah kalau sahur, biar cepet makannya hehe.

    BalasHapus
  11. Beneran deh 5 menu itu mudah buatnya. Paling suka tentu saja ayam goreng kecap. Gurih, manis, dan aroma nya itu lho.. menggirukan banget.

    BalasHapus
  12. Semua enak mbak kalau puasaan yaaa. Suka sama menu sahur yang praktis2 gini jadi masaknya lebih santai.
    Idem aku pun buat menu sahur maupun buka puasa juga suka browsing ide menu biar gak bosen :D

    BalasHapus
  13. Mbaa, jujur kadang binggung loh mau maska menu apa selama ramadhan ini. Kayaknya udah coba semuanya. Hehehe. Tapi sehari hari pun kadang aku ga tahu masak apa. Baca ini jadi nambah inspirasi

    BalasHapus
  14. Ramadan atau bukan, orang rumah masak menu normal sih. Mungkin karena gak ada anak kecil. Jadi santai dan gak mau ribet. Paling soal minumnya aja yang beda. Cari yang segar

    BalasHapus
  15. Ramadan atau bukan, orang rumah masak menu normal sih. Mungkin karena gak ada anak kecil. Jadi santai dan gak mau ribet. Paling soal minumnya aja yang beda. Cari yang segar

    BalasHapus
  16. Persediaan tahu, tempe, telur dan ayam tuh udah paling cucok lah untuk bikin menu sahur yang sehat. Aku juga seringnya bikin yang kayak menu2 di atas. Sat set, cepet dan sehat yaa..

    BalasHapus
  17. Capjay ini andalanku banget mbak
    Masaknya gampang, anak anak juga suka
    Emang paling pas sahur dengan capjay ini

    BalasHapus
  18. Wah cocok banget apalagi aku belum menemukan ide untuk sahur nanti baca ini jadi terinspirasi mau juga nyobain menu-menu yang direkomendasikan

    BalasHapus
  19. Sup bakso, capcay jadi andalan aku banget apalagi menu makanan berkuah disukai di rumah Cari resep gampang ya kalai ada koneksi internet, aku.juga dirumah pakai IndiHome

    BalasHapus
  20. Aku seringnya telur dadar ma capcay, masak cepat dan pasti bergizi, kalau bingung mo masak apalagi tinggal Googling kan ada Indihome

    BalasHapus
  21. Dengan akses internet cepat dan stabil, membuat menu untuk sahur dan berbuka menjadi lebih inovatif dan gak monoton, sehingga anak-anak dan pasangan bisa lebih bersemangat dalam menjalani shaum Ramadan.

    BalasHapus
  22. Hampir samaa menu2 praktisnya, kalau anak2 bosen terpraktis ceplok telur jadi telur selalu tersedia

    BalasHapus
  23. Iya ini menu praktis yang sering aku buat juga di rumah nih, buatnya cepet satbset dan disukai anak anak

    BalasHapus
  24. Telur dadar terbaiklah hahaha paling praktis, tambah irisan sayuran sat set deh .

    BalasHapus
  25. Ih sop sama capcay tuh kaya masakan kebangsaan di rumah aku maaaak. ahahahahahaaa. Emang gampang enak cocok pula buat asupan sayur sekeluarga. hihi

    BalasHapus
  26. pas banget ini udah mulai bingung mau buka puasa dan sahur apa, kadang udah kehabisan ide kalau udah malam ke 20 gini, dan ujungnya emang masak yang simpel2 aja deh

    BalasHapus
  27. Ide menu sahurnya enak-enak banget kak Aie, alhamdulillah kelima ini sudah ku buat di rumah untuk menu berbuka dan sahur.

    BalasHapus
  28. Masakan yang ditumis atau oseng2 memang jadi andalan banget ya mbak. Karena praktis, cepat, dan sehat juga 😊

    BalasHapus
  29. Kalau di rumahku tuh, sup bakso sih Kak yang paling jadi favorit buat jadi menu sahur karena bsa lekas menggugah selera pas baru bangun dini hari, apalagi kan kuah gurihnya bisa bikin ngantuk pergi.

    BalasHapus
  30. Kesukaan anak semua nih. Praktis juga memasak dan menyajikannya. Puasa itu emang susah susah gampang ya cari menu buat keluarga. Paling susah dan rewel selera anak biasanya. Kalau yg dewasa masih bisa dikomunikasikan

    BalasHapus
  31. Sup bakso enak tuh buat sahur yah, praktis dan pasti disukai anak - anak

    BalasHapus
  32. Oseng tahu tempe andalanku buat sahur pengen makan yang lekoh berbumbu tapi praktis. Tambah telur ceplok sama tumis kangkung, aduh nikmat banget. Ntar sahur masak itu lagi ah.

    BalasHapus
  33. Selain praktis, rasanya juga gak berat di mulut. Saya menghindari menu santan untuk sahur. Enakan yang kayak gini menunya

    BalasHapus
  34. Telur dadar nih favorit, semua orang di rumah suka telur bikinnya praktis

    BalasHapus
  35. menyiapkan menu sahur ini memang agak tricky ya, mbak soalnya banyak yang nggak nafsu makan di subuh hari. ada juga yang sahurnya cuma bisa buah aja karena makan nasi terlalu berat katanya

    BalasHapus
  36. Ide makanan yang bikin bahagia sih ini, jadinya tuh pas sahur bisa semangat ya menyantapnya

    BalasHapus
  37. Kebantu banget mencari ide makanan yang mudah namun tetap memenuhi gizi keluarga dengan memanfaatkan wifi rumah yang lancar. Alhamdulillah banget, kak Aie udah kasih beberapa menu pilihan di list artikel ini. Bisa dicobain satu per-satu..

    BalasHapus
  38. mirip-mirip nih Mbak ide menu sahur kita, pokoknya mah kalau saya tuh menu sahur itu harus yang praktis tapi tetap penuh nutrisi dong. Secara biasanya kalau sahur itu kadang mager buat bangun masak, apalagi kalau tidurnya agak malaman, hihihh.

    BalasHapus
  39. Keluargaku pas sahur lebih seneng makan sayur2 kuah kaya capcay atau sop bakso dan ini menu wajib saat sahur makanya agak mirip nih menunya mba aie..thanks ide menu sahurnyaa 🤩

    BalasHapus
  40. Semua menu itu anakku suka banget, bikinnya juga praktis ya dan nutrisinya bagus.Paling sering aku bikin ayam kecap, oseng tahu tempe

    BalasHapus
  41. sup bakso dan oseng2 tumisan gitu memang jadi inspirasi menu sahur yg praktis dan juga sehat

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)