7 Ide Seru Berkonten Ria Bersama IndiHome untuk Introvert

Kamis, 11 Mei 2023

Para introvert mana suaranya, sini yuk merapat! Artikel kali ini akan membahas ide konten seru untuk kaum introvert supaya tetap bisa menghasilkan cuan. Without any further a do, shall we start 7 Ide Seru Berkonten Ria Bersama IndiHome untuk Introvert, now. 

IndiHome

Ya, aku adalah seorang introvert (sebenarnya) yang lebih menyukai waktu sendiri, sedikit berinteraksi, dan keluar rumah kalo ada perlunya aja. Meski pekerjaanku memang diwajibkan untuk selalu bersosialisasi membuatku seringkali kehabisan energi dan memerlukan waktu yang lama untuk 'back on track'. But, it's okay lah! Namanya juga pekerjaan ya. 

Memang introvert itu apa sih? Jadi ya beb, introvert adalah tipe kepribadian yang lebih fokus pada pikiran atau perasaan, dan lebih menyukai suasana yang tenang. Gak heran sih, seorang introvert akan merasa tidak nyaman ketika harus seharian bersosialisasi di lingkungan yang 'loud'. 

Sayangnya nih, orang introvert sering kali dianggap sebagai antisosial, pemalu, bahkan seseorang yang muak dengan hubungan sosial. Mungkin ya, sejak kecil kita terbiasa mendengar menjadi seseorang yang supel, berinteraksi, bergaul-you name it merupakan hal yang sangat baik. Sementara itu, pemalu dan pendiam itu jelek. Sedih gak sih labelling seperti ini?

Padahal ya, orang introvert juga memiliki kesamaan dengan ekstrovert kok. Mereka juga memiliki ambisi, hasrat, semangat, pandangan, dan pendapat mengenai hal-hal di lingkungannya. Hanya saja, mereka tak ingin membaginya dengan orang lain. Alasannya sih simpel, karena kami introvert!

IndiHome

Kebetulan nih, aku pernah mengikuti tes kepribadian MBTI dan hasilnya adalah aku seorang INFJ - Introversion, Intuition, Feeling, dan Judging. Dalam arti lain, INFJ ini mengarah ke karakter seseorang yang lebih suka menutup diri, mengutamakan perasaan untuk menilai orang yang baru dikenalnya dan juga dikenal sebagai sosok yang perfeksionis serta sensitif. 

Intinya mah karakter kepribadian INFJ adalah sosok yang idealis, cenderung tidak menampakkan emosinya di hadapan orang lain, misterius & sulit, disiplin dan terorganisir. Sosok INFJ memiliki imajinasi yang kreatif, berwawasan luas, suka membantu orang lain, sensitif terhadap kritik, sulit terbuka, dan selalu ingin sempurna. 

Eh kenapa jadi bahas karakter kepribadian introvert dan INFJ ya? Ya sedikit sharing aja gapapa dong ya. Well, kita lanjut aja yuk, berikut adalah 7 ide seru berkonten ria bersama IndiHome untuk kaum introvert: 

1. A Day In My Life

Sudah terbukti lah ya, jenis konten 'A Day In My Life' sangat diminati oleh netizen +62 karena mereka cenderung tertarik dengan konten yang memperlihatkan kehidupan sehari-hari. Apalagi kalo kamu bisa mengangkat konten tersebut dari sudut pandang seorang introvert dengan kegiatan yang kamu jalani. Misalnya nih, A Day In My Life as Public Relation versi Kaum Introvert. 

2. Review Produk

Masyarakat +62 memang rada kepo ya, terutama terhadap produk dan jasa tertentu, mereka ingin mengetahui rasa, bentuk, cara penggunaan, pengalaman selama menggunakan dari sesuatu melalui seseorang. Namun, untuk membedakan konten review produkmu dengan content creator yang lain mungkin kamu bisa melakukan review sambil bercerita atau membuat konsep yang unik.

IndiHome

3. Video Tutorial

Menonton konten video tutorial memang menyenangkan ya, bisa tutorial make up, tutorial membuat syal, hingga tutorial untuk memperbaiki suatu barang. Nah, kamu bisa nih membuat konten tutorial namun dengan memfokuskan niche.

4. Life Hack

Pernah gak sih kamu terkagum-kagum dengan konten video yang menemukan solusi dari permasalahan hidup sehari-hari? Nah, kalo kamu punya banyak life hack bisa lho dibuat menjadi konten dan dibagikan ke orang banyak. Sudah pasti akan sangat bermanfaat dan viewers-nya banyak. 

5. Cooking Session 

Konten ini juga menarik untuk dibagikan, namun dibuat lebih fokus dan spesifik seperti masak murah dibawah 20ribu, masak praktis versi anak kost, maupun masak besar. Kamu hanya perlu merekam bahan-bahan masakan, serta bagaimana tanganmu memproses semuanya menjadi sebuah hidangan. Trus, sekaligus nih kamu bisa selipkan tips dan trik tertentu ataupun alternatif bahan, supaya audiens lebih tertarik.

6. The Hidden Gems

Kamu juga bisa nih membuat konten menemukan spot wisata, cafe, maupun restoran yang unik dan menarik buat dibagikan pada audiens. Apalagi nih kalo kamu membuat konten seperti ini di wilayah tertentu, misal, Hidden Gems Cibubur dan lain sebagainya. Wah pasti bakalan seru sih, fix!

IndiHome

7. Tips & Trick

Tipe konten tips & trick juga menarik diangkat menjadi konten, lho, terlebih jika tips & trick yang dibagikan lebih spesifik seperti, Tips & Trick Membuat CV yang Dilirik HRD, Tips & Trick Apply BUMN, Tips & Trick Merawat Rambut Keriting, dan banyak lagi. 

Seru banget kan! Ternyata bagi introvert pun banyak lho jenis konten yang bisa kamu angkat dan bagikan ke netizen +62. Hanya nih, suka bete gak sih kalo ide konten berlimpah ruah tapi ketika proses editing dan posting terhambat dengan akses internet yang lamban? Bisa bisa malah jadi males bikin konten, trus ide hanya sekadar ide yang gak bisa dibagikan ke orang banyak. Kan, sayang ya! 

Beda ceritanya kalo kamu pasang WiFi dengan koneksi internet yang memadai dan cukup lancar, seperti aku yang pasang internet provider IndiHome dari Telkom Indonesia di rumah. Ya! internet provider IndiHome dari Telkom Indonesia memberikan fitur layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu dan keluarga di rumah. 

37 komentar

  1. Baca artikel ini aku jadi mengingat-ingat kapan terakhir kali cek MBTI, apakah masih I atau berubah jadi E? heheee, tapi ngerasanya sih tetap I wkwkwk
    anyway, emang sih beberapa jenis konten di atas aku sendiri cukup berminat untuk menontonnya. seperti a day in my life, review produk, video tutorial juga. Kayak nambah wawasan gitu loh. Apalagi yang kontennya belum pernah ditonton sebelumnya

    BalasHapus
  2. Iya mbak, IndiHome juga sangat membantu aku dalam membuat berbagai konten
    Dan asiknya emang IndiHome ini punya banyak paket langganan yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ya

    BalasHapus
  3. Introvet memang unik tapi dibalik itu juga pengen terkenal karyanya.ide ini bisa jadi pilihan buat kaum inteovert

    BalasHapus
  4. Aku, mari catet ide-idenya. Siapa tahu nanti cocok buat dieksekusi. Yang penting sih internetnya lancar jaya biar upload kontennya juga gak pakai drama

    BalasHapus
  5. Aku, mari catet ide-idenya. Siapa tahu nanti cocok buat dieksekusi. Yang penting sih internetnya lancar jaya biar upload kontennya juga gak pakai drama

    BalasHapus
  6. IndiHome memberikan kesempatan untuk bisa berkonten ria ya mbak
    Termasuk bagi para introvert
    Internetnya cepat dan stabil

    BalasHapus
  7. Life hack itu seru lo sebenarnya. Dan membantu juga untuk orang lain
    Aku sering ngikutin life hack emak-emak bule yang ngajari anaknya di rumah

    BalasHapus
  8. Banyak trick yg bisa dilakukan walaupun dirumah aja ya mba aie...palingan aku juga klo lagi rajin masak suka upload, lagi booming tuh beberes rumah pun bisa jadi konten dg bantuan Indihome ngonten pun lancar

    BalasHapus
  9. Betul, Mbak orang introvert juga memiliki ambisi, hasrat, semangat, pandangan, dan pendapat mengenai banyak hal. Hanya saja, mereka tak ingin membaginya dengan orang lain.

    BalasHapus
  10. Saya udah niat bikin konten video masak atau kuliner. Semog bisa, ya. Meskipun kalau masak bisanya seminggu sekali. 🤣🤣

    Tapi, apapun itu kalau dijalankan pasti bisa ya.

    BalasHapus
  11. Enggak rada lagi, aih. Tapi emang banyak yang suka kepo si warga +62. Hahha.

    Si Introvert semangat berkaryanya lebih tinggi biasanya.

    BalasHapus
  12. Akutu ternyata kalo di tes MBTI termasuk ekstrovert. Tapi sangat nyaman dengan ketenangan. Jadi ragu sama hasil tes MBTI ini, hihihi..karena menurut penelitia juga gak mutlak di 1 zona aja.
    Cuuss, berkonten dengan bahagia dari mana aja bersama IndiHome.

    BalasHapus
  13. Masya Allah, aku baru tau kalo kak Aie nih seorang yang introvert. Soalnya kelihatannya ceria banget dan kayak rame gitu orangnya. Hehe. Ternyata kok mirip sama aku, enggak suka di keramaian gitu2 deh. Ide-ide kontennya jadi pas deh buat aku.. dan aku juga pake IndiHome lo.. :)

    BalasHapus
  14. Adanya sosmed bisa mewadahi kreatifitas teman Intovert berkarya dan siapa aja asalkan menarik pasti banyak yang suka.
    Mba Aie ini kelihatan ceria sering ngumpul sama temen, ternyata introvert 😁
    Kalau saya lebih ke ambivert, tapi kalau di lingkungan baru cenderung introvert.

    BalasHapus
  15. aku juga introver dan masih terus belajar bikin konten yang menarik. Terima kasih ya ide2nya

    BalasHapus
  16. Saya paling suka ide buat konten tentang hidden gems tuh, Mba. Sesuatu yang bagus tapi orang belum ada yang tau. Atau sesuatu yang viral. Seru aja kayaknya kasih info ke orang-orang kalau kita tau lebih dulu... hahaha.. norak ya.

    BalasHapus
  17. Banyak sekali ternyata ya kak cara yang bisa ditempuh dan semuanya positif. Aku juga introvert masuknya

    BalasHapus
  18. Dulu aku orang introvert juga. Ga suka foto2 malah hahaha. Sejak ngeblog aja eh kok seru juga fotoan dan makin mempermudah nulis. Di rumah aku juga pakai IndiHome yang selalu mendukung berbagai aktivitas onlineku.

    BalasHapus
  19. Walau introvert, tapi tetap bisa berbagi konten bermanfaat buat masyarakat ya.
    Emang sih, dengan koneksi internet dari Indihome, banyak banget hal yang bisa dilakukan

    BalasHapus
  20. Ahaha... mantap banget nih ide-ide ngontennya, banyak juga ya yang bisa dikulik buat konten, apalagi dengan internet cepat indihome yang pastinya selalu bisa diandalkan untuk konten kreator..

    BalasHapus
  21. Dan kesemuanya ini sangat memungkinkan dibuat tanpa memunculkan wajah yaa, ahaha. Anw, life hack sama tips & trick tuh suka agak sama gak sih? aku suka bingung ini termasuk life hack atau tips & trick yaa. Atau life hack bagian dari tips & trick? (yaampun, dipikirin banget ya ini ya, ahaha)

    BalasHapus
  22. meskipun introvert tapi ttp ya bisa ktif di medsos dan berbagi dengan cara-cara kayak td. kadang2 si introvert udah membatasi dulu, aku gak bs krn aku buka type spt itu. eits pdahal bs banget ya

    BalasHapus
  23. sepanjang pake internet cepat indihome kita bisa makin Kreatif membuat konten bermanfaat. bahkan dari konten video durasi 1 menit

    BalasHapus
  24. Makasih ide untuk membuat kontennya mba. Ingin juga buat konten a day in my life tapi sampai sekarang belum terwujud. Kuatir aja apa orang bosan dengan kegiatanku ya. Hehhehe

    BalasHapus
  25. Aku ada kenal beberapa orang intovert ini tapi mereka bisa bikin konten bagus malah idenya kadang out the box, apalagi kini, koneksi inet makin mudah, makin mendukung mereka untuk bekerja kreatif

    BalasHapus
  26. aku senang lihat konten masak, walau enggak jago masak, happy aja lihat masakan orang hehe... alias ngiler makannya, buatnya etah kapan deh

    BalasHapus
  27. looks like we get so many things to do with our creativity. Enjoy the great connection and let the creativity soar

    BalasHapus
  28. bikin konten video ini kadang memang harus jeli ya melihat selera pasar dan juga kreatif dalam bikin videonya. dan kalau soal introvert kayaknya malah kebanyakan konten kreator itu orang introvert karena mereka kerjanya nggak ketemu orang makanya bisa nyaman. hihi

    BalasHapus
  29. Dulu kupikir aku ekstrovert, tapi kok aku jg nyaman dg kesendirian yaa.. belakangan baru tau istilah ambivert. Keknya ini lebih cocok sih menggambarkan diriku yg rasanya ga dominan banget ekstronya. Eh aku malah blm pernah tes MBTI. Btw...makasih tipsnya ya Aie..aku nih masih suka bingung mau pilih nichenya apa.

    BalasHapus
  30. Wahh ternyata banyak juga ya ide konten yang bisa dilakukan meskipun hanya di rumah. Karena biasanya konten kebanyakan ya cerita atau pengalaman outdoor. Eh tapi di tiktok pun sekarang banyak konten A Day in My Life gitu juga sih. Dan banyak yang suka. Yang penting pokoknya jaringan internet lancar ya

    BalasHapus
  31. banyaak idenya! aku nih yg dari dulu mau buat a day in my life ya ampuuunn, jatohnya jadi a month in my life versi 15 seconds! asli susah bgt waktunya, hahaha

    BalasHapus
  32. Noted nih idenya. Kehadiran IndiHome ini memang memudahkan banget untuk membuat konten. Aku seringnya bikin konten mereview.

    BalasHapus
  33. Day my life merupakan salah satu konten yang bikin kita bedah nonton dari awal hingga akhir. Apalagi kalau dagang jadi tahu kegiatan kita.

    BalasHapus
  34. Aku tim yang sebenarnya nggak terlalu percaya diri memperlihatkan wajah di konten kontenku, termasuk introvert juga ya? Ide kontennya ternyata banyak sekali ya mba, aduh aku jadi banyak inspirasi setelah baca postingan ini. Abis ini langsung eksekusi ide idenya ah

    BalasHapus
  35. Introvert bisa banget jadi konten kreator yang kontennya sangat menarik untuk diikuti karena kini ada jaringan internet cepat , semua bisa menjadi berkonten dengan bahagia.

    BalasHapus
  36. Introvert pun bukan alasan untuk tidak berkarya bukan?
    Makanya saya senang ada IndiHome jadinya bisa terus mengasah kemampuan diri meski dari rumah

    BalasHapus
  37. Introvert juga bisa berkarya ya Mba. Bukan berarti menutup diri lalu tidak mengasah kemampuan. A day in my life sepertinya simple tapi bisa dijadikan jadikan konten. Oke juga nih idenya bahas hidden germ.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)