Kembangkan Aset untuk Masa Depan Lewat Investasi Reksadana Campuran

Selasa, 13 Februari 2024

Reksadana merupakan salah satu jenis instrumen investasi yang banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat saat ini. Instrumen ini diketahui memiliki banyak kelebihan.  Contoh kelebihan dari Reksadana adalah bisa dimulai dengan modal ringan dan bebas dari pajak.

makmur.id

Selain itu, instrumen ini juga cocok bagi pemula karena dana dikelola manajer investasi terpercaya. Lebih dari itu, ada beberapa jenis Reksadana yang bisa jadi pilihan sesuai profil risiko. Salah satunya yaitu reksadana campuran Makmur.id yang memiliki banyak keunggulan. 

Apa Itu Reksadana Campuran?

Mari berkenalan dulu dengan Reksadana Campuran. Ini merupakan bentuk instrumen investasi Reksadana yang mengalokasikan dana investor ke beberapa instrumen sekaligus. Jenis instrumen yang digunakan sangat beragam mulai dari pasar uang, obligasi, juga saham. 

Sama seperti bentuk Reksadana yang lain, di sini modal dari investor akan dikelola oleh manajer investasi. Jadi investor hanya perlu menyetorkan dana dan selanjutnya manajer investasi yang akan mengelola dana tersebut. Alokasi dana ke berbagai instrumen tadi akan diatur oleh manajer investasi sehingga bisa menghasilkan nilai profit yang paling optimal. 

Reksadana Campuran diketahui memiliki risiko yang relatif lebih besar jika dibandingkan Reksadana Pasar Uang dan Reksadana Pendapatan Tetap. Namun jika dibandingkan dengan Reksadana Saham, instrumen ini masih memiliki risiko yang lebih rendah.

makmur.id

Kelebihan Reksadana Campuran

Sebelum memilih instrumen investasi, tentu penting sekali untuk memahami apa saja kelebihan yang ditawarkan. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Reksadana Campuran dan mungkin bisa jadi bahan pertimbangan:

1. Memiliki Diversifikasi yang Baik

Jenis instrumen investasi yang satu ini memiliki diversifikasi yang sangat baik. Manajer investasi nantinya akan mengalokasikan dana ke beberapa jenis aset yang berbeda. Ada yang dialokasikan ke saham, obligasi, dan pasar uang. Jadi kamu memiliki diversifikasi yang bagus untuk menghindari risiko kerugian besar. 

2. Tingkat Keuntungannya Kompetitif

Telah disebutkan sebelumnya bahwa instrumen ini punya diversifikasi yang baik sehingga potensi risikonya bisa diminimalkan. Selain itu, instrumen ini juga memiliki tingkat potensi keuntungan atau return yang kompetitif. Ada beberapa jenis aset yang bisa diandalkan dan semuanya memiliki potensi profit yang menjanjikan. 

makmur.id

Selama memilih manajer investasi yang tepat maka profit besar dari instrumen Reksadana Campuran ini tidak akan mengecewakan. Bahkan disebutkan bahwa investor yang menggunakan Reksadana Campuran bisa menerima keuntungan hingga 20% lebih besar. Namun perlu diingat bahwa nilai ini sangat bergantung pada penempatan dana investasinya.

3. Butuh Modal yang Tidak Besar

Kelebihan lain dari instrumen investasi ini adalah tidak butuh modal yang besar untuk memulai. Anda bisa memulai investasi dengan modal yang kecil jadi tidak perlu menunda terlalu lama. Nantinya kamu juga bisa mengatur nominal pembelian aset secara konsisten sesuai dengan dana yang tersedia. 

4. Jangka Waktunya Fleksibel

Jenis investasi ini juga memiliki jangka waktu yang cukup fleksibel. Dimana kamu bisa menggunakannya untuk investasi jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang. Ada kemudahan untuk memilih jangka waktu investasi mulai dari satu tahun hingga lima tahun atau lebih. 

5. Bisa Dicairkan dengan Cepat

Dana investasi dari instrumen ini juga bisa dicairkan dengan cepat. Namun perlu diketahui bahwa lama waktu pencairan dana sangat dipengaruhi oleh jenis aset yang diinvestasikan. Pasar uang merupakan jenis aset yang waktu pencairannya paling cepat sementara obligasi butuh waktu yang lebih lama, begitu juga dengan saham. 

makmur.id

6. Bebas dari Pajak

Telah disinggung sebelumnya bahwa Reksadana adalah bentuk instrumen investasi yang bebas dari beban pajak. Hal ini juga berlaku untuk Reksadana Campuran yang nilai profitnya bisa kamu nikmati secara optimal. Tidak ada beban pajak yang harus ditanggung dan ini pasti akan terasa sangat menguntungkan bagi kamu sebagai investor. 

Mulai Investasi Reksadana Campuran bersama Makmur

Tertarik untuk memulai investasi dalam bentuk instrumen Reksadana Campuran? Kamu bisa memulainya sekarang juga bersama Makmur. Makmur menawarkan kemudahan investasi dalam bentuk Reksadana dengan banyak pilihan produk termasuk salah satunya Reksadana Campuran. 

Melalui Makmur, kamu bisa mulai berinvestasi dengan modal ringan bahkan dari Rp10 ribu saja. Selain itu proses registrasi atau pembukaan rekeningnya juga mudah, bisa dilakukan secara online dan tidak butuh biaya. Jadi Anda bisa memulai investasi sekarang juga tanpa perlu menunda lebih lama karena ada beragam kemudahan yang ditawarkan. 

makmur.id

Proses pencairan dana di Makmur juga sangat fleksibel dan aplikasinya sudah dilengkapi teknologi investasi terbaru. Fitur-fitur yang tersedia di dalamnya bisa membantu untuk mengoptimalkan profit investasi. 

Kamu bisa segera memulai perjalanan investasi Reksadana bersama Makmur.id sekarang juga. Ada banyak kemudahan dan keuntungan yang akan dinikmati. Mulailah secepatnya agar kamu bisa mencapai tujuan finansial lebih cepat sesuai harapan dan rencana di masa depan. 

10 komentar

  1. Ternyata investasi dalam bentuk instrumen Reksadana Campuran banyak juga kelebihannya ya... tidak butuh modal yang besar, mudah dicairkan dan bebas pajak pula.
    Bisa jadi pilihan bagi yang ingin berinvestasi

    BalasHapus
  2. Berinvestasi dalam bentuk reksadana bisa menjadi pilihan bagi mereka yang membutuhkannya. Tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Di Makmur, pencairan dana mudah sekali ya dan investasinya pun bebas dari pajak, keuntungan yang kompetitif dan sebagainya seperti diuraikan di atas. TFS mak.

    BalasHapus
  3. Aku baru tau nih seputar reksadana campuran mak. Makasih ya sharingnya sekarang jd lebih paham deh kalo ternyata reksadana campuran banyak kelebihannya. Bisa dipertimbangkan buat pilihan investasi baru

    BalasHapus
  4. Kudu pinter2 nyisihin uang dan berinvestasi ya salah satunya dengan reksadana campuran. Relatif aman ya dan gak fluktuatif?

    BalasHapus
  5. Ceban dari pada jajan bakso yang hanya bikin kenyang sesaat mendingan jajan investasi danareksa campuran. Masa depan terjamin.

    BalasHapus
  6. Hmm menarik ini
    Aku juga lagi pengen coba investasi reksadana
    Kayaknya cukup menjanjikan nih
    Mau belajar dulu ah

    BalasHapus
  7. Berinvestasi dengan Reksadana ini memang lebih terjangkau ya buat investor pemula, modalnya tidak besar, mudah dipahami dan imbal hasilnya juga lumayan

    BalasHapus
  8. Lumayan banget nih untuk berinvestasi apa lagi cukup terjangkau ya mbak. Aku masih harus banyak belajar tentang investasi kaya gini nih

    BalasHapus
  9. Wah mulai sepuluh ribu bisa investasi reksadana campuran luar biasa, padahal 10rb zaman now rasanya udah nggak ada arti lg

    BalasHapus
  10. Makasih mbak infonya.. Kadang buat pemula yang takut investasi, bisa banget ya pakai reksadana. Apalagi ini modalnya juga nggak terlalu besar ya, bisa dicoba

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)