Kamis, 31 Januari 2019

Kisah Aku dan Kamu di Sejiwa Coffee


Monmaap nih sebelumnya, aku pake judul yang 4l4y beut XD


Sebenernya nih ya, aku mampir ke Sejiwa Coffee itu pas libur lebaran tahun kemarin. Wow... udah lama pisan ya! Harap maklum ya beb, kalo udah di post di IG mini reviewnya, aku sering malas buat tulis di blog. Duh, penyakit nih! Jangan ditiru ya 😊 

Okay kita mulai aja...

Kalo kamu sering lihat postingan insta story, IG feeds atau mungkin pernah baca di blog, aku tuh dulu memang pernah kerja part-time as barista di salah satu coffee shop dengan logo duyung hijau itu lho. Gegara 2 tahun ngebabu *dibaca kerja jadi barista*, aku tuh jadi kesukaan gitu sama kopi. Sukses lah beb aku diracunin.

Alhasil, di setiap kesempatan aku pasti cari tempat ngopi kekinian yang buat diicip, or at least aku bisa ‘pamer’ gitu di insta story. MasyaAllah, ini pamernya positif ya beb, maksudnya biar berbagi racun tempat ngopi endeus kekinian gitu.


Setelah nanya sana-sini, akhirnya pilihanku jatuh pada Sejiwa Coffee yang sesungguhnya aku baru tau setelah (lagi-lagi) Teh Ayu Aryuli infoin ke aku via DM Instagram. Sudahlah aku dan suami pake Google Maps nyari dimana itu Sejiwa Coffee.

Aku malah baru tau setelah berkunjung ke Sejiwa Coffee kalo cafe tersebut pernah dikunjungi oleh Bapak Presiden Indonesia, lho. Kemane aje neng! Gak update ya aku mah hahahaha. Jadi ceritanya itu tanggal 4 Desember 2017 Pak Jokowi beserta beberapa menteri dan rombongannya pernah mampir ke Sejiwa Coffee tepat setelah meresmikan Tol Soroja.

Oke kita balik lagi ke Sejiwa Coffee, cafe ini berlokasi di:
Jl. Progo No. 15, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung
Jam operasional: 07.00 AM – 11.00 PM kecuali hari Jumat & Sabtu sampai pukul 12.00 AM




Kalo diliat dari review yang ada di Zomato dan PergiKuliner.com hasilnya cukup menarik, 4.4/5 dan 3.9/5.  Okay, berbekal banyak informasi akhirnya aku masuk ke dalam cafe yang cukup transparan, didominasi dengan kaca-kaca yang cukup tinggi dan terdiri dari 2 lantai. Warna catnya pun didominasi juga dengan warna putih, terkesan homey dan cozy.

Pada saat masuk ke dalam, aku disambut oleh oleh salah satu staf yang menanyakan apakah keberatan kalo waiting list, dan sambil nunggu staf tersebut memberikan menu dan mengantarkan aku ke barisan (yang cukup panjang) di kasir. Iya beb, pas aku ke sana tuh emang lagi penuh banget. Banyak yang singgah buat menikmati kopi, pastry, cake sambil ngobrol baik sekeluarga ataupun bersama teman-temannya.

Beberapa sudut di Sejiwa Coffee terlihat gambar pop-art yang cukup menarik perhatian, bahkan di dekat tangga menuju ke lantai dua terdapat motor Vespa dan mural dengan kata-kata puitis dari pujangga Sapardi Djoko Damono.



Ruangan yang disediakan di Sejiwa Coffee terdiri dari non-smoking area yang bertempat di lantai 1 dan smoking area di lantai 2. Aku gak sempet ke lantai 2 nya beb, karena papih gak ngerokok juga sih. Tapi yang bikin aku merasa sangat hidup di lantai 1 yaitu suasana yang cukup ramai karena semua transaksi, coffee bar, pembuatan kopi, minuman lainnya dan makanan, keluar masuk pengunjung, terjadi di lantai 1 ini.

Selagi aku ngantri di kasir, tiba-tiba staf yang menyambut aku di pintu masuk menawarkan tempat duduk yang kebetulan tersedia nih buat kami bertiga. Dengan semangat gegap gempita, Darell dan Papih pun menuju ke tempat duduk tersebut yang dekat dengan pintu masuk.






Banyak pilihan makanan dan minuman yang bisa kamu  nikmati di Sejiwa Coffee, mulai dari kopi, fresh juice, cokelat, minuman ringan, coconut water, dan mineral water dengan range harga dari IDR 18k hingga IDR 69k.

Kalo aku pasti yang diicip itu menu minuman kopinya dululah, aku tanya ke kasirnya, signature coffee mereka apa. Ternyata Es Kopi Jiwa, blend dari kopi Flores dan Bali adalah signature coffee dari Sejiwa Coffee. Rasa kopinya yang cukup strong tapi gak strong banget dan tetep ringan terasa, ditambah campuran gula yang tak terlalu manis, karena masih terasa pahit dari kopinya serta sedikit ada rasa cokelat, cukup membuat sore hariku sempurna dan nyaman.

Sedangkan buat Darell dan Papih yang gak ngopi, mereka nyobain iced chocolate dan fresh juice. Nice lah menurutku. Oia, karena aku penasaran sama menu kopi yang lain, akhirnya aku order buat takeway itu Iced Vanilla Coffee.










Hal lain dari Sejiwa Coffee yang cukup bikin kepala ini nengok ampe patah kali tuh leher yaitu Barista-Barista memakai seragam yang menurutku lebih mirip ke seragam lab gitu lho. Eh iya gak sih?

Aku juga nyobain beberapa pastry, seperti chocolate danish, cinnamon roll dan donat juga. Ini mah kedoyanannya Darell. Kalo aku boleh saranin, mending kamu ke sana pagian atau mungkin agak sedikit sore supaya gak terlalu rame. Karena emang Sejiwa Coffee ini rame terus beb, apalagi sejak dikunjungi rombongan Pak Jokowi. Beuh, makin banyak yang penasaran pengen icip kopi di Sejiwa Coffee.

Jadi kapan kamu ke Sejiwa Coffee beb?

43 komentar:

  1. Menurut saya memang betul,,,baristanya seperti ilmuwan yang sedang bekerja di lab. Wwkwk

    BalasHapus
  2. tempatnya nyaman ya, jd betah ngopi di sana

    BalasHapus
  3. Owh mantan barista toh, mbak Aie? Pasti yang dibikinin kopi waktu itu senang bamget soalnya baristanya cantik, hehe...

    BalasHapus
  4. Baru tau Ai dulunay pernah jadi barista, pantesan jadi maniak kopi ya. Aku pilih2 sih jenis kopinya kalau yg pait gak suka. Boleh lah kapan-kapan kalau ke Bandung mampir ke Sejiwa Coffee

    BalasHapus
  5. Wuih mantan barista, keren... Suami saya nih sering ke sini sama temen2nya... Saya belum pernah diajak hihi...

    BalasHapus
  6. Hahaha iya juga ya, itu baristanya pake baju lab. Baru nyadar.. Tempatnya asik. Banget untuk nobgki nobgki cantik.

    BalasHapus
  7. aku tertarik sama makanannya malah.. kayaknya enak semua ya kak?
    kalo minum kopi aku langsung sakit perut, ga kuat hahaha

    BalasHapus
  8. Wah..asik banget ya.. bisa ke cafe yang keren begitu..bisa foto2 kece ala selebgram ya kak...mau banget deh rasanya cobain kesana

    BalasHapus
  9. Pastrynyaaaa aduuuh bikin pengen. Enak ya nongkrong di situ mbak, tempatnya terang dan kerasa longgar, anakku pasti juga suka hehe.

    BalasHapus
  10. Bagus bangettt tempatnya! Vibenya cozy deh, nanti kalo aku main ke Bandung fix banget bakal main ke sini! Thank you for sharing mbak!

    BalasHapus
  11. Wahh kalau pulang harus kesana nih.. sayapun suka kopi mba.. walau suami enga 😅

    BalasHapus
  12. Wah mba Aie barista yah jadi kepengen dibuatin kopi ala mba *eh hahaha suka tempatnya bisa buat feed ig yes mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. suami sih yang doyang banget kopi sampe suka pesen macam-macam kopi dari berbagai kota mba ntar suruh kesini deh :)

      Hapus
  13. Kok dulu bisa jd barista gimana ceritanya? Lain kali cerita yaaa. Akhirnya sekarang suka nongki2 dan cari kopi yg yummy. Hihi

    BalasHapus
  14. Sambil nongkrong sama temen asik nih di Sejiwa COffee yah. Mupeng sama pastry dan kopi jadinya.

    BalasHapus
  15. Beluumm...
    Belum pernah.

    Aku jarang nongki di cafe siik..
    Kalau nunggu anak-anak sekolah, daripada pulang (karena rumah jauh), aku nongkinya di perpus.
    Paling banter yaa...ke kantin perpus.

    Hhahaha...
    Jadi minum kopi di Sejiwa Coffee recomended yaa...bawa anak sekalipun.
    Yes...yes...

    BalasHapus
  16. tempatnya enak banget ya buat nongkrong, keren lagi Pak Presiden pernah ngopi disana juga :D saya jarang ngopi jadi baru tau tempat seperti ini hihihi

    BalasHapus
  17. Duhhh aku jadi mupeeeng ngopi sambil ngemil donat, pasangan yang pas ya dek. Tempat nya asik juga buat nongkrong bareng teman buat nggosip

    BalasHapus
  18. Klo tempat ngopinya sampe WL gitu pasti ini juara urusan rasa dan tempatnya pun pewe.

    Kukira ini Sejiwa ada di Jaksel. Ternyata Bandung. Noted ahhh

    BalasHapus
  19. Keren banget si mba mantan barista!
    Aku padamu, mba...

    Aku juga paling suka sama tempat yang punya signature serta punya ruangan smoking dan non smoking.

    Iya... biar tempat kece kalau pulang dari sana jilbab dan sekujur tubuh jadi bau asap, duuh... wassalam deh!

    BalasHapus
  20. Wah pastrynya bikin mupeng. Leliatan gigitable semua. Aku suka mampir kalo ada kafe banyak varian pastrynya. Soalnya suka pastry.

    BalasHapus
  21. kalo ke bandung pasti aku samperin deh ;). sejak berehnti merokok,aku tuh udh susah lepas dr kopi. walo skr dibatasin banget, jgn lbh dr 1 gelas stiap hr. makanya kalo ada cafe kopi baru, biasanya lgs tertarik mau nyobain :D

    BalasHapus
  22. Saya kudet, nih. Baru tau kalau pernah jadi barista hehehe. Btaw, di jalan Progo banyak tempat kulineran yang instagramable dan asik, ya. Saya tuh pengen banget staycation di sekitaran sana. Jadi gak ribet kalau mau kulineran

    BalasHapus
  23. Kopi andalan sejiwa kopi ini sepertinya es kopi susu ya mbak. Nah itu juga favorit aku kalau hangout di coffe shop. Selain tentu saja pastry pastry mereka yang enak. Sayang ya di Bandung jauh dari Serpong :)

    BalasHapus
  24. kalo mba andiyani yg mantan barista udah rekomen, yakin banget kopinya pasti enak :)
    tempatnya keliatan enakeun ya. sayang jauh di Bandung

    BalasHapus
  25. Kelihatannya seru ya mbak tempatnya. Aku kebetulan gak ngopi juga, jadi jarang ke coffe shop kayak gini. Tapi kalau ada temen yang ngajak ya hayuk aja, paling belinya cokelat sama makan kue aja :D

    BalasHapus
  26. Iya ya, itu Baristanya kaya pakai jas lab. Aku jarang ngopi sih, tapi suka dengan suasana kafe kopi. Ada aja yang beda. Aku nonton drama, baristanya malah pakai kemeja berdasi

    BalasHapus
  27. Aduh jadi pengen hang out ke cafe nih. Apalagi pas lihat tampilan minuman dan display makanannya... Saya baru setahun ini mulai hobby coba-cobain rasa kopi dari pelosok Indonesia. Sedap euy ..

    BalasHapus
  28. Bahaya nih kalau kesini trus ketemu sam Mantan, kan gak sejiwa lagi 😁 btw tempatnya keren banget cocok jadi tempat tongkrongan asyik

    BalasHapus
  29. Wow cuco banget pernah jadi barista. Kok aku malah pengen banget yah teh sekarang. Tapi sebagai penikmat kopi, kok aku ngerasa sejiwa ga masuk list repeat order aku nih teh rasanya kurang enak hehe. Tapi ya balik lg ke selera toh. Kalo untuk tempat sih oke wehehe

    BalasHapus
  30. Wah ternyata dirimu pernah jadi barista ya, asik kali bisa meracik sendiri. Aku jadi tertarik mampir ke sana, semoga bisa main ke Bandung..aamiin.

    BalasHapus
  31. Asiik bisa mampir ke sini kalau ke Bandung. Itu adek jg udh mulai jadi coffee lover kah? ^_^

    BalasHapus
  32. aku ga ngopi, palingan kalau ngopi ya nemenin suami. Iced Chocolate recommended ya? Aih ... jadi kangen Bandung.

    BalasHapus
  33. Wah mau coba akh kalau mudik k Bandung kebetulan jalan progo ga jauh dr dago. Instagramable juga ya tempatnya

    BalasHapus
  34. Cobain piccolo nya enak bgt
    Weekend selalu penuh nih di sejiwa
    Ruangan atas ga cocok buat kluargaaa

    BalasHapus
  35. Laaa? Mba Aie mantan barista ikan duyung ijo toh. Pasti gape banget racik kopi ya. :D
    Btw, ini cafe-nya sampe pernah didatengin rombongan RI 1 lho, jadi mungkin jaminan mutu ya perihal rasanya Mba

    BalasHapus
  36. Jadi penasaran banget dengan cita rasa kopinya, tapi saya lebih suka lantai dua, ngopi kalau tidak merokok rasanya kurang sempurna.

    BalasHapus
  37. sejiwa kopi lagi rame sekali nihhh

    BalasHapus
  38. iya, termasuk aku niih jadi penasaran kepengen juga ke kafe ini.

    BalasHapus
  39. ajak ajak dong mbak, kalau ngafe ke sana lagi, hehehe

    BalasHapus
  40. ada cheese cake di etalasenya.. kue kesukaan aku.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)