Minggu, 28 Juli 2019

Prive Uri-cran Solusi Pertama untuk Cegah & Atasi Anyang-Anyangan

Pernah gak kamu bolak-balik ke kamar mandi atau toilet buat pipis yang disertai dengan rasa nyeri di sekitar vagina? Bisa jadi itu merupakan tanda-tanda kamu terkena anyang-anyangan, beb.

Ya, anyang-anyangan adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap menyerang manusia, terutama wanita. Pastinya aktivitas akan lebih terganggu, gimana enggak, abis pipis, gak lama pipis lagi. Udah gitu air urine yang keluar sedikit pulak. Mana ngeluarinnya sakit, nyeri gitu kan, ya.




Pemicu Anyang-anyangan



  • Anyang-anyangan terjadi dipicu oleh beberapa faktor seperti:
  • Kurangnya asupan air putih
  • Kurang memperhatikan kebersihan area vagina
  • Konsumsi alkohol dan minuman berkafein



Lalu, adapun ciri-ciri anyang-anyangan yang terlihat dan terasa yaitu: ⠀
  • Ingin buang air kecil terus menerus ⠀
  • Terasa sakit/nyeri saat buang air kecil⠀
  • Lalu, buang air kecil gak lancar⠀


Berawal dari anyang-anyangan inilah timbul infeksi saluran kemih, beb. Selain anyang-anyangan, berikut adalah gejala infeksi saluran kemih:
  • Kemaluan terasa terbakar ketika buang air kecil.
  • Sering ingin buang air kecil, meskipun urine yang keluar sedikit.
  • Nyeri atau tekanan di punggung atau perut bagian bawah.
  • Kencing berdarah atau berwarna lebih gelap.
  • Merasa lelah atau gemetar.
  • Demam atau kedinginan (tanda infeksi mungkin telah mencapai ginjal)

Faktanya, 5 dari 10 wanita pernah mengalami Infeksi Saluran Kemih atau ISK, trus 2 diantaranya mengalami ISK berulang. Salah satunya aku keknyah nih beb. Duh, beneran gak enak deh kalo udah kena ISK. Aktifitas sehari-sehari auto terganggu.




Malah, jika kamu kamu sedang hamil dan dinyatakan oleh dokter terkena infeksi saluran kemih dampaknya bisa terjadi:
  • Kelahiran prematur
  • Bayi dengan berat badan rendah (BBLR)
  • Preeklampsia
  • Hipertensi
  • Gagal ginjal
  • Kematian janin. 

Serem kan beb, karena itu jangan anggap remeh anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih, ya. Makanya, kamu juga perlu tau apa aja sebab infeksi dari saluran kemih.


Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Apabila wanita tidak menyeka area kemaluan setelah buang air kecil dari arah depan ke belakang, maka ia beresiko untuk terserang penyakit ini. Sebab area uretra, yaitu organ yang berbentuk selang yang mengangkut urine dari kandung kemih ke luar tubuh, terletak dekat dengan anus.


Jika wanita tidak membersihkan area tersebut dengan benar maka bakteri dari usus besar, seperti E. coli yang berada dalam posisi sempurna untuk dapat berpindah dari anus menuju uretra. Dari sana, bakteri dapat melakukan perjalanan sampai ke kandung kemih, dan jika infeksi tidak diobati, hal ini akan menyebabkan kondisi yang lebih parah seperti infeksi ginjal.

Selain dari kebiasaan yang kurang bersih setelah buang air kecil, berhubungan intim juga dapat menyebabkan bakteri masuk ke dalam saluran kemih. Oleh karena itu sangat penting untuk mencuci area kemaluan setelah berhubungan intim.


Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Untuk mengobati kondisi ini maka Antibiotik dapat digunakan untuk membunuh bakteri sehingga menuntaskan infeksi yang terjadi. Selain itu, pastikan untuk menghabiskan antibiotik yang diresepkan dokter dengan benar, bahkan setelah kondisi mulai membaik.

Yang terpenting dalam menangani penyakit ini adalah dengan menghilangkan bakteri di area berkemih. Karena jika tidak dilakukan secara tuntas, bakteri akan rentan menginfeksi lagi dan menguatkan serangan bakteri sehingga terjadilah suatu resistensi antibiotik. Biasakan juga untuk mendapatkan antibiotik sesuai dengan resep dokter.



Usahakan juga untuk minum banyak air untuk membantu menghilangkan bakteri dari sistem saluran kemih. Dokter juga dapat meresepkan obat untuk meredakan rasa sakit, serta penurun demam jika memang ada keluhan nyeri dan demam. Jika kondisi ini terjadi sebanyak 3 kali dalam setahun atau lebih, periksakan diri ke dokter untuk merekomendasikan rencana perawatan khusus. Beberapa pilihan pengobatan yang dapat dijalankan antara lain:

  • Mengonsumsi dosis rendah antibiotik dalam periode yang lebih lama untuk membantu mencegah infeksi berulang.
  • Mengonsumsi dosis tunggal antibiotik setelah berhubungan intim, yang merupakan pemicu infeksi umum.
  • Mengonsumsi antibiotik selama 1 atau 2 hari setiap gejala kali muncul.



Pencegahan Infeksi Saluran Kemih

Tapi kalo masih bisa mencegah akan jauh lebih baik daripada mengobati, beb. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih seperti berikut ini:

1. Tidak menahan kencing.
2. Selalu membersihkan area kemaluan dari depan ke belakang setelah berkemih.
3. Minum banyak air.
4. Jauhi semprotan kebersihan area wanita, pewangi area kewanitaan, dan produk-produk lain untuk area kewanitaan karena hanya akan mengiritasi mukosa.
5. Bersihkan area genital sebelum melakukan hubungan intim.
6. Buang air kecil setelah berhubungan intim untuk menyingkirkan bakteri yang mungkin telah memasuki uretra.
7. Jangan menggunakan celana dalam selama berhari-hari.
8. Jangan menggunakan pakaian bawahan yang ketat karena akan meningkatkan kelembaban.





Salah satu bentuk usaha untuk mencegah timbulnya anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih yaitu dengan  membuat minuman alami jus cranberry. Iya, selain menyegarkan, jus cranberry juga dapat digunakan sebagai obat yang ampuh untuk meredakan gejala anyang-anyangan.

Di dalam cranberry terdapat senyawa tannin yang berfungsi memperlambat perkembangan bakteri E.coli di sekitar vagina dan saluran kemih. Di buah mungil berwarna merah ini juga terdapat kandungan D-mannose, yaitu sejenis gula alami yang berfungsi meredakan infeksi saluran kemih.




Segudang Manfaat Cranberry untuk Kesehatan Saluran Kemih

Cranberry mengandung 80% air dan 10% karbohidrat, memiliki kandungan anti-adhesi sehingga dapat mencegah bakteri menempel pada dinding saluran kemih. Cara kerjanya yaitu, Cranberry akan berikatan dengan fimbriae bakteri (rambut bakteri) sehingga bakteri tidak dapat menempel dengan sel dinding saluran kemih.

Cranberry sebagai pilihan alternatif non antibiotik profilaksis, yang dapat mengurangi angka kejadian infeksi bakteri E-Coli pada saluran kemih sebesar 36%, serta menurunkan 58% angka kejadian infeksi saluran kemih berulang.


Baru aja merasa tenang ternyata ada cara alami buat mencegah dan mengurangi anyang-anyangan & infeksi saluran kemih tapi sayangnya Cranberry tidak mudah untuk didapatkan di Indonesia. Kalaupun, misalnya kamu nemu di swalayan pasti harganya mahal dan gak praktis juga karena kamu harus olah buah Cranberry terlebih dahulu menjadi jus.




Prive Uri-Cran Solusi Pertama untuk Cegah dan Kurangi Anyang-Anyangan Serta Infeksi Saluran Kemih



Memahami masalah anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih yang kerap terjadi pada wanita Indonesia, maka Combiphar membuat solusi lebih praktis dan pastinya disukai. Prive Uri-Cran yang mengandung ekstrak Cranberry dapat mencegah anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih berulang.

Dengan mengonsumsi Prive Uri-cran kamu gak perlu mengonsumsi antibiotik lagi beb. Mengingat cara kerjanya antibiotik dengan mematikan seluruh bakteri yang ada di dalam tubuh kita. Padahal kita  masih butuh bakteri baik yang ada di dalam tubuh kan, ya. Lalu, jika antibiotik tidak diminum dengan teratur, nantinya akan menjadi sebab timbulnya resistensi pada tubuh (kebal). Lebih dari itu, ibu hamil yang mengalami anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih tidak dianjurkan buat konsumsi  antibiotik.

Prive Uri-cran dengan ekstrak cranberry serta kandungan 36 mg PAC (Proanthocyanidin) dapat dijadikan pilihan terbaik untuk mencegah dan mengurangi anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih berulang sehingga dapat mengurangi kejadian resistensi antibiotika.


Selain itu, bagi kamu yang mungkin belum pernah mengalami kondisi tidak nyaman ketika buang air kecil, dan sebelum harus “terjebak” untuk mengatasi anyang-anyangan yang bisa kamu derita. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan guna mencegahnya. 

Kandungan lain yang terdapat pada Prive Uri-Cran; Lactobacillus achidophillus dan Bifidobacterium bifidum yang merupakan bakteri baik untuk membantu mengobati gangguan kesehatan baik  pada saluran pencernaan maupun saluran kemih. Lalu, ada juga kandungan Vitamin dapat membuat urine menjadi asam, sehingga mengurangi bakteri yang ada pada pada saluran kemih.


Hi Para Wanita, Jagalah Kesehatan Organ Intim

Sebagai wanita, kamu diharuskan untuk lebih rajin dan telaten dalam menjaga area organ intim. Entah itu dengan selalu buang air kecil sebelum dan sesudah bangun tidur; setelah melakukan hubungan seksual; membasuh saluran kencing dari arah depan ke belakang; memastikan area organ intim selalu dalam keadaan kering dan tidak lembab; mengganti pembalut secara teratur; hingga memakai celana dalam dengan bahan dasar katun dan tidak ketat.
Tidak ada salahnya juga untuk menghindari penggunaan sabun atau pembersih khusus kewanitaan guna mencegah anyang-anyangan pada wanita. Jika ingin lebih spesifik mencegah disuria atau nyeri saat berkemih yang dipicu oleh infeksi kandung kemih dan infeksi ginjal, kamu diharuskan minum banyak air putih agar membantu membersihkan saluran kemih. Dan, sedia Prive Uri-cran di rumah ataupun bawa selalu di dalam tas untuk tindakan pencegahan lainnya.



Fyi, terdapat 2 jenis Prive Uri-cran; tablet dan bubuk yang sudah bisa kamu dapatkan berbagai apotik atau toko obat yang ada di mall-mall seperti Century, Guardian, Watson, dll. Untuk hasil maksimal, sebaiknya Prive Uri-Cran Plus ini dikonsumsi 2 gelas per hari selama kurang lebih 10 hari. Cara bikinnya mudah. Cukup  campurkan 1 sachet Prive Uri-Cran Plus dengan segelas air 100-150 ml, aduk hingga rata, dan minum deh. Kaya minum jus Cranberry gitu deh beb. Rasanya segar dan enak. 

Mulai hari ini jangan malas membersihkan organ intim kewanitaan ya, terus juga perhatikan cara membersihkannya, perbanyak minum air putih, dan rutin konsumsi Prive Uri-Cran Plus buat mencegah dan mengurangi terjadinya anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih.
Info lebih lanjut seputar Prive Uri-Cran bisa kamu dapatkan di:

Kamu punya pengalaman dalam mengatasi anyang-anyangan? Bagi yuk ceritanya di  kolom komentar beb. :)



54 komentar:

  1. Aku sueneengg banget ada produk Prive UriCran ini mbaaa
    Karena anyang2anku jadi berkurang banget
    dan sekarang enak deh, mendingan bgt gitu kalo mau ngetrip.
    Ga kuatir anyang2an
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Aku udah cobain donk ini... rasanya seger bangett dan yang penting gejala anyang2an langsung hilang

    BalasHapus
  3. Duh, enggak mau lagi aku anyang-anyangan, tersiksaaa beneran! Hiks. Aku ga akan lagi malas membersihkan orga kewanitaan, cara membersihkannya juga mesti benar, perbanyak minum air putih, dan rutin konsumsi Prive Uri-Cran Plus buat mencegah dan mengurangi terjadinya anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih...Baiklah..siap kalau begitu:)

    BalasHapus
  4. Aku emang mencari Prive Uri-cran, karena sering sayang-sayangan, eh anyang-anyangan, tapi waktu itu aku tanya ke Apotik K-24 Jakarta, kok gak ada ...aku kan cediiihhh.... :((

    BalasHapus
  5. Ngeri juga ya ternyata konsekuensinya jika ISK sampai diderita oleh ibu hamil duduuuhhh... Emang sih perempuan itu kalau mau pipis agak ribet ya, kalau toiletnya kotor pun juga rawan. Tapi kalau enggak dikeluarkan urinenya juga ternyata beresiko.
    Untung udah ada Uricran yang bantu kita menghalau gejala anyang-anyangan.

    BalasHapus
  6. Terakhir ngerasain anyang2an itu beberapa bulan lalu. Gara2nya keseringan nahan pipis pas nunggu di sekolahan! 😂😂

    Untung ada stok uricran di rumah. Jd bahagiaa karena jd cepet sembuh

    BalasHapus
  7. Eh baru tahu kalau ternyata banyak perempuan yang sering kena anyang-anyangen. Kukira aku ajaaaa... Harus stik dirumah nih si uricran ini 😄

    BalasHapus
  8. Duh saya ketampol ini, barusan aja bikin secangkir kopi, terus pas di tulisan salah satu pemicu anyang-anyangan adalam minuman berkafein.

    Tapi gpp ya, ntar malam minum uri cran

    BalasHapus
  9. Aku tuh sering berasa pengen buang air kecil. Kuatir juga kalau jadi salah satu gejala anyang-anyangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mbak aku juga, harus diperiksa ya sebelum nanti jadi penyakit. Konsumsi Uri Cran juga kali ya kita

      Hapus
  10. Perempuan palling rentan kena anyang-anyangan ya. Paling repot memang kalo pipis di tempat umum yang toiletnya kotor jadi aja nahan pipis trus padahla gak bagus ya.

    BalasHapus
  11. Cakep banget sih kak Aie pakai merah gini, jadi inget kata Kasino "yang baju merah jangan sampai lolos" hahahahaa... Tapi emang bener sih kalau anyang-anyangan tuh gak enak banget loh, karena dulu aku pernah ngalamin. Sekarang enak ya sudah ada Prive Uricran.

    BalasHapus
  12. Aku pake mba semenjak hamil gara2 kena iskdulu itu. Jadi sekarang kalau tiba2 perih ga enak mulai anyang-anyangan pas pipis, aku pakai ini uricran buat jaga-jaga

    BalasHapus
  13. Aku juga awalnya gak tau kalau anyang-anyangan itu bisa juga jadi ISK dan berbahaya lho. Seneng banget kemarin bisa ikutan eventnya jadi tau banyak soal IsK

    BalasHapus
  14. Penting ya kita mencegah anyang-anyangan ini dengan prive uricran, agar terhindar dari infeksi bakteri penyebab ISK. Mksh sharingnya mb...

    BalasHapus
  15. Wanita rawan sekali dengan ISK ya mba, seneng ada uricran yang bikin tenang karena tidak khawatir anyang-anyangen.

    BalasHapus
  16. Anyang anyang nih paling gak enak banget deh. Anakku yang smp tuh suka anyang anyangan, cocok kukasih uricran yang kapsul

    BalasHapus
  17. Pernah anyang2 waktu remaja...inget banget diobatinya suruh pipis d atas genting yg udah dibakar biar uap panasnya kena vagina, klo bayangin sekarang horor. Untung sekarang ada solusi praktis dan terjamin dengan uri cran

    BalasHapus
  18. Uricran kalo diseduh air dingin enak banget seger. Anak2ku aja pas nyicip suka 😁😁

    BalasHapus
  19. Aku sempet mba aie anyang2an Dan tersiksa bngt smpi 2 hr 2 mlm karena nahan pipis,, untungnya skrang Ada prive uricran jd solusi cepatny

    BalasHapus
  20. Aku nih salah satu perempuan yang ngerasain manfaat Prive Uricran. Dulu kalo kena anyang-anyangan palingan cuma minum air putih dan nunggu sembuh sendiri, jadi enggak. Solusi minum Prive Uricran bikin cepet sembuh.

    BalasHapus
  21. Aku sejak kenal Uricran, selalu minum tiap hari. Takut euy kena anyang-anyangan karena suka pakai toilet umum. Nggak mungkin juga nahan pipis sampai rumah dulu, bisa bocor, hahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Polemik juga ya mba masalah penggunaan toilet umum. Mau nahan pipis takut ngompol, tapi mau dikeluarkan pipisnya koq toiletnya gimanaaa gituuhh

      Hapus
  22. aku suka dengan rasanya uri-cran plus yang rada asam tapi segar apalagi kalau pakai air dingin mbak

    BalasHapus
  23. Ya Allah...
    Gak nyangka kalau penyakit ISK bisa berlanjut ke penyakit lain yang lebih berbahaya.
    Aku pikir, obatnya hanya gak nahan pipis.
    Tapi iya banget, kak...pipis sedikit-sedikit itu sakitnya mashaAllah~

    Alhamdulillah ada Prive Uri Cran.
    Buat stok minuman di rumah kalau mulai kerasa gak enak.

    BalasHapus
  24. kalo lagi ga ISK tapi gejala-gejala aja dikit udah boleh minum ini kan ya beb?. Btw abis hubungan intim mah emang harus dicuci dong biar higienis wkwkwkw.

    BalasHapus
  25. Ih, beneran, anyang2an tuh gak enak banget. Rasanya pengen pipis melulu. Mau ngapa2in jadi gak leluasa. Dulu waktu aku pernah anyang2an, belum ada uricrane. Sekarang udah enak ada obatnya

    BalasHapus
  26. Anyang2an memang bikin nggak nyaman ya, harus bolak balik ke kamar kecil. Untung sekarang sdh ada obatnya

    BalasHapus
  27. Ngeri juga ya akibat anyang-anyangan uuntuk bumil. Note:banyak air putih dan jangan ditahan pipisnya

    BalasHapus
  28. Terkena anyang-anyangan itu sangat gak nyaman. Mebgkonsumsi cranberry juga ribet karena harus dijus. Gak enak kalau dimakan begitu aja. Mana nyarinya juga susah. Memang paling tepat pakai Prive Uri-cran. Gak susah cari produknya. Udha gitu, rasanya juga enak

    BalasHapus
  29. Teman baikku ada yang suka ayang-ayangan di saat yang tidak tepat. Dapat informasi ini akan sangat berguna, apalagi yang ulas adalah blogger. Makasih infonya, kak aie

    BalasHapus
  30. oh ternyata ISK itu banyak macamnya ya Aie.

    Cystitis - uretritis - pyelonephritis dan yang banyak diderita biasanya cystitis ya, gejala anyang anyangan

    BalasHapus
  31. Aiii lengkap banget sharingnya soal ISK, aku jadi banyak dapat informasi nih, dan jadi lebih aware juga. Dan jadi kenal sama Prive Uricran deh, kalau anyang-anyangan langsung deh minum Prive Uricran yaaa

    Thanks for sharing yaaa

    BalasHapus
  32. Ayang ayangen emang enggak banget, apalagi pas ngantuk2nya, bawaannya ke belakang mulu.
    Uri cran bida jd solusi ya kak

    BalasHapus
  33. Waktu masih gadis deh aku sering banget ngalamin anyang anyangan.. dan itu ngga enak banget, bikin aktifitas terganggu banget, beneran harus dicegah sih menurutnya, sebagai wanita memang penting banget menjaga organ intim ya..

    BalasHapus
  34. Ternyata produk-produk pembersih kewanitaan itu malah baiknya dihindari ya, Kak? Waah.
    Aku kadang suka ngerasa anyang-anyangan juga, gangu banget apalagi kalo lagi sibuk-sibuknya. Kayaknya mesti coba konsumsi Prive Uri-cran juga nih buat pencegahan.

    BalasHapus
  35. Saya gak pernah ngerasain anyeng-anyeng tapi kayaknya menggangu dan sakit juga yah, ini produk uricran boleh juga nih saya rekomendasiin ke teman-teman perempuan saya.

    BalasHapus
  36. Buah cranberry ini pas dijadikan ke uricrann jadi lebih mudah untuk dikonsumsi

    BalasHapus
  37. Duh gak enak kalau anyang-anyangan deh. Wanita mesti banget tahu soal pentingnya menjaga kebersihan area genitalnya biar gak terjadi infeksi e.colli atau anyang-anyangan seperti ini

    BalasHapus
  38. Cakep amat ini bajunya kak Aie, coba bisikin dulu itu apa bajunya? Btw ngomongin anyang-anyangan itu emang gak enak banget. Sekarang enak banget ya udah ada Uricran.

    BalasHapus
  39. Lengkap banget sharingnya mak. Suka banget. Btw, mencegah jauh lebih baik dr mengobati.Yuk upayakan pencegahan sebelum terjadi.

    BalasHapus
  40. Sempat juga sih ngalamin yang begini, tapi masih gejala karena yah itu, suka kurang minum air putih dan nahan pipis, rasanya ngak enak banget dan tersiksa, untung belum parah kata dokter. Nah...saran dokterku dulu persis sama, sekarang yang paling penting aku jaga nih kesehatan organ intim, soalnya pernah ngerasain ngak enak banget.

    BalasHapus
  41. Aku pernah mbak, rasanya menggangu banget deh
    Tapi begitu ada dan tahu Prive Uri Cran bisa mengatasi anyang2an, aku konsumsi prive uri cran mbak hehehe,
    TFS ya mbak

    BalasHapus
  42. kayaknya saat ini obat anyang2an cuama Uricran aja ya
    Soalnya aku dulu juga pernah anyang2an, trus yg kuingat cuma Uricran :))
    Dan ya skrg untuk menghindari anyang2an, aku gak pernah mau lagi untuk nahan2 ke kamar mandi untuk pipis...

    BalasHapus
  43. Pernah mengalami anyang-anyang ini, duh asli nggak enak banget. Sejak saat itu kapok! Jadi lebih rutin minum banyak air yang utama bagi saya. Sekarang, sudah ada Prive Uri-cran ya, jadi nggak khawatir lagi kalau kena anyang-anyang.

    BalasHapus
  44. Aku pernah beberapa kali ngerasain anyang-anyanga karena sering banget nahan buang air kecil dan itu buat gak nyaman banget.. Kayanya aku harus sedia produk Uricran buat Jaga-jaga ketika anyang-anyangan datang kembali

    BalasHapus
  45. Jangan sepelekan nahan pipis ya mba bisa jadi penyakit ternyata.. alhamdulillah aku jarang banget nahan pipis kecuali di perjalanan..

    BalasHapus
  46. aku juga udah merasakan dahsyatnya prive mb Aie alhamdulilah hempas sudah anyang-anyangan dan ISK dariku :)

    BalasHapus
  47. Kebiasaan aku tuh tahan pipis dan teryata ini beresiko juga ya. Aku mau nyoba rutin juga ah konsumsi Prive Uri-Can biar nggak kena anyang-anyangan :)

    BalasHapus
  48. Aku juga pernah ngalamin anyang2 mba,, tersiksa bnget smp 2 Hari gara2 nshan pipis,,, alhamdulillah sekarang udah Ada pencegahannya y prive uricran

    BalasHapus
  49. Aku mengkonsumsi Prive Uri-Cran yang sachet. Sebagai pencegahan biar nggak anyang-anyangan. Rasanya enak. Apalagi kalau dilarutkan air dingin :)

    BalasHapus
  50. Wah semoga penyakit yang tidak menyenangkan ini tidak pernah singgah dalam hidup...

    BalasHapus
  51. Pernah ngalamin anyang2an waktu masih gadis. Ga enak banget, diobati pake obat tradisional daun sirih ga sembuh2 krn infeksi udah aga lama akhirnya ke dokter. Jaman now ada solusi praktis ya. Rasa uricran juga enak kayak sirup

    BalasHapus
  52. Aku tadi pijet akhire mba. Soale turun bero sampe anyang2an gitu. Ngga tahu sih kalo ada uricran ini
    :(

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)