Kamis, 11 Juli 2019

Jangan Boros! Ini 5 Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak


“Beb, kalau punya kartu kredit jangan bayar minimum payment-nya aja, ya!” Inget banget deh, salah satu teman aku yang lumayan berpengalaman dalam dunia per-kartu kredit-an suka wanti-wanti aku supaya jangan bayar minimum payment-nya aja. Saat tagihan diterima, langsung bayar full. Perkara mau dipakai lagi nanti urusan belakangan. Intinya jangan sampai menunda pembayaran ataupun bayar minimum payment-nya aja.

Kartu Kredit

Memang, kartu kredit menawarkan segala kemudahan untuk berutang dan mencicil barang. Iya kan beb? Selain itu, banyak sekali fasilitas yang bisa didapat dari kartu kredit, misalnya promo, diskon potongan harga, dan fasilitas cicilan yang ringan. Belum lagi cashback yang saat ini lagi jadi trending topic ya beb. Beli apapun ada cashback-nya, wanita mana yang gak tergoda coba?

Tapi, meski fasilitas yang ditawarkan kartu kredit berlimpah dan menggiurkan, jangan sampai boros ya beb. Penggunaan kartu kredit harus dilakukan dengan bijak. Gak mau dong terlilit hutang bunga riba kartu kredit yang bisa bikin stres itu? Karena itu, di artikel ini aku akan berikan 5 tips menggunakan kartu kredit dengan bijak versi Andiyani Achmad. Are you ready beb? Baiklah kita mulai aja ya.

Gunakan Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Yang namanya manusia kan tempatnya salah dan sumbernya khilaf ya beb, seringkali menganggap kartu kredit sebagai uang tunai atau alat pembayaran yang gak punya kewajiban buat dilunasi. Karena hal inilah, penting nih buat kamu menggunakan kartu kredit sesuai kebutuhan aja, jangan membeli barang karena kepincut diskon beb padahal barang tersebut gak terlalu dibutuhkan. A BIG NO NO!

Kartu Kredit
Photo Source: Google


Usahakan untuk Bayar Penuh dan Jangan Sampai Melewatkan Pembayaran Kartu Kredit

Ini lho yang diwanti-wanti sama temanku, hindari membayar kartu kredit dengan pembayaran minimalnya aja atau minimum payment. Lalu, jangan sampai melewatkan pembayaran kartu kredit, kalo perlu bikin reminder di smartphone kamu kapan tenggat waktu pembayaran kartu kredit harus dilakukan.

FYI, pembayaran minimum bisa menyebabkan datangnya tagihan yang lebih besar pada bulan berikutnya. Jadi double beb bunga ribanya, duh suka sedih deh kalo ngebahas bunga riba yang tak bertepi ini beb. Lagian kalo kamu ‘ngeh’ ya, ada lho bunga riba yang kalo dihitung-hitung lumayan besar juga. Ya khan? *ala-ala Syahrini*

Kartu Kredit
Photo Source: Google

Karena itu, bayarlah tagihan kartu kredit secara penuh setiap bulannya. Agar menghindari ketidaksanggupan bayar, sebaiknya gunakan kartu kredit untuk belanja sebesar apapun yang mampu kamu bayarkan setiap bulannya.

Sebisa Mungkin, Hindari Menarik Uang Menggunakan Kartu Kredit

Inget beb, kartu kredit merupakan alat yang memudahkan kamu untuk berbelanja, bukan fasilitas untuk menarik uang. Familiar gak sama istilah ‘gestun’ atau ‘gesek tunai’, nah kegiatan gestun ini cukup umum dilakukan oleh para karyawan ketika mendadak membutuhkan dana tunai. Mikirnya sih daripada minjem sama orang atau bank, mending tarik tunai dengan cara gestun ini.

Hal ini sebisa mungkin dihindari ya beb, kecuali kalo kamu adalah seseorang yang cukup konsisten dalam hal pembayaran kartu kredit. Misal narik uang tunai sejuta, ketika tagihan kartu kredit datang, kamu mampu untuk membayarnya sesuai tagihan. Kalo aku sih, sebisa mungkin dihindari deh beb. Bukan apa-apa, bunga riba kartu kredit itu jahatnya sama kayak omongan netijen yang maha benar ituh. Bisa berbekas nanti luka batinku ya khan.

Kartu Kredit
Photo Source: Google


Jangan Berlebihan Memiliki Kartu Kredit

Semakin banyak kartu kredit yang kamu miliki makan akan semakin besar juga kamu mempunyai pengeluaran yang tidak terkontrol. Baiknya sih ya, mending punya maksimal dua kartu kredit yang bermanfaat untuk memudahkan kamu berbelanja. Kalo aku pribadi sih hanya punya satu kartu kredit yang limitnya cukup ketika ada keperluan dan kebutuhan yang sifatnya darurat.

Pahami dengan Baik Persyaratan Kartu Kredit yang Dimiliki

Saat mengajukan pembuatan kartu kredit, kamu harus paham benar persyaratannya ya beb. Jangan karena ada iming-iming cashback sejuta atau bisa bawa pulang koper cantik trus kamu lupa buat ngecek persyaratan Pengajuan Kartu Kredit.

Dengan memahami betul persyaratan yang ada, bisa membantu kamu untuk terhindar dari utang kartu kredit yang berlebihan beb. Lalu, hal lain yang gak kalah penting buat diperhatikan yaitu tentang bagaimana  bunga diterapkan dalam kartu kredit, kapan kamu dikenakan biaya tambahan, dan kapan suku bunga bisa meningkat.

Kartu Kredit
Photo Source: Google
Nah, untuk mendapatkan informasi seputar pengajuan kartu kredit yang tepat  dan sesuai kamu bisa cek aja di https://www.cekaja.com/kartu-kredit/. Semua informasi tentang kartu kredit yang ada di Indonesia bisa kamu temukan. Mulai dari bunga per bulan, biaya tahunan, fasilitas yang diberikan, promo diskon dan rewards perjalanan pun tersedia lengkap.

Gimana? Setelah mengetahui 5 Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak yang aku paparkan di atas, gak ada alasan lagi dong buat boros. Malah ya, kamu bisa menggunakan fasilitas kartu kredit dengan tepat dan bisa lebih hemat lagi, lho.

Punya tips lainnya? Kuy bagiin di kolom komentar yuk!

30 komentar:

  1. Dulu misua yg punya beberapa kartu kredit, skrg cuma punya 1, dan itu pun dipakai kalau benar2 mendesak, bukan apa2 sih.. takut kebablasan sangking gampang pakenya hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem mba, sekarang kami berdua cuman punya 1 CC itupun aku yang pegang buat keperluan mendesak banget.

      Hapus
  2. Suami punya satu kartu kredit dipakai buat keperluan yang urgent aja. Ngak masalah kalau pakai cc asal tahu penggunaannya dan cepet dilunasi aja kl sudah pakai.

    BalasHapus
  3. aku blom punya kartu kredit sih. lebih seneng bayar tunai aja. lebih pasti dan aman yg jelas.. ^^

    BalasHapus
  4. Wah, ini nih tips yang kudu aku praktekin. Huhu, suka gak sadar deh kalo pake CC. Apalagi saat online shopping. Diskon dan promo bikin gelap mata.

    BalasHapus
  5. Kartu kredit itu sebenernya nolong ya kak, kalau bisa menggunakan dengan bijak, apalagi promo2 yang khusus untuk pengguna kartu kredit, asal bisa menahan diri pasti ga akan kebobolan

    BalasHapus
  6. Aku dulu pas kerja dibank punya CC.. Skrng gak kerja ga punya CC jadi gimana mau boros.... Kerjaan aja skrng freelance... Eaaa curhat... Wkwkwk

    BalasHapus
  7. Aku sudah 7 tahun ngga pakai Kartu Kredit mba. Kapok aku punya pengalaman yang ngga enak demgan Kartu Kredit ehehe..

    BalasHapus
  8. Aku juga pakai banyak kartu kredit dengan syarat disiplin.. jangan telat bayar dan seperlunya dipakai

    BalasHapus
  9. Aku masih bertahan untuk nggak bikin kartu kredit sampai saat ini. Aku tau banget kalo aku boros teh, makanya kalo ada perlu paling nebeng cc temen 😁

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah, aku gak pernah narik uang tunai dengan kartu kredit. Walopun penggunaan untuk belanja masih susah dikendalikan. :D

    BalasHapus
  11. Aku pribadi ngga pake kartu kredit sih mbak, calonku juga enggak.
    Hmmm, kalaupun punya memang sebaiknya dipake pas bener-bener lagi ada keperluan mendesak aja ya berarti, mbak.
    Oke deh, noted. Buat bekal hidup berumah tangga ke depan. Hihihiii...

    BalasHapus
  12. waaaah terima kasih tipsnyaa, tapi nggak tau kenapa dari dulu aku tipe orang yang ga berani pake kartu kredit, agak serem takut kebablasan soalnya hehehehe

    BalasHapus
  13. Iya Mbk cocok dengan tipsnya. Ngeri kalau sudah tergoda buat belanja dengan kartu kredit. Bisa membengkak nanti tagihannya ya.

    BalasHapus
  14. aku dari dulu pakai kartu kredit kak, saya termasuk yangmerasakan manfaatnya, puji Tuhan ga pernah terbelit karena tahu diri saat menggunakannya

    BalasHapus
  15. Benar sekali jangan membayar kartu kredit dengan minimum payment ujung-ujungnya hutangnya malah nggak habis-habis

    BalasHapus
  16. Aku masih belum berani nih mbak buat punya kartu kredit tapi jadi pingin buat deh secara baru tahu ada fasilitas macam-macam

    BalasHapus
  17. bener, jangan sampai ambil uang tunai pake kartu kredit karena bunga sama adminnya gede banget. kalo ambil uang tuani pake debit aja wkw

    BalasHapus
  18. Itulah sebabnya aku sampai sekarang nggak berani ambil tawaran CC meski godaannya menggiurkan, haha. Takut belanjanya kebablasan trus bayarnya nggak kuat, hiks. Memang harus bener-bener bijak deh

    BalasHapus
  19. Kartu kredit nya punya suami, semenjak nikah nih jd ga pernah d pake. Ak ga proper aja gitu kak Aie pake cc

    BalasHapus
  20. Pokoke, kalo yg judule kredit2 gini kita memang kudu WISE banget mba.
    Kredit dlm format apapun yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah kartu kredit udah ditutup, tinggal satu kartu kredit yang masih tersisa karena butuh pembayaran langganan aplikasi di hape

    BalasHapus
  22. Agar tepat sasaran ..sebenarnya kartu kredit harus digunakan untuk yg benar2 perlu..bukan sifatnya konsumtif..., Harus ada manajemen keuangan kalo nggak ujung2 ya cuma Mbah utang..

    BalasHapus
  23. Saya pernah punya 2 CC. Sekarang, 1 aja cukup, deh. Itupun belum tentu setiap bulan dipakai. Buat jaga-jaga aja kalau ada sesuatu yang mendesak

    BalasHapus
  24. Sejak jadi IRT, CC udah ngga pernah kepake. Cukup suami aja lah, dan saya juga sering ingetin buat pakai CC sewajarnya saja.

    BalasHapus
  25. **manggut-manggut...
    Aku tapi paling parah dalam hal keuangan.
    Jadi gak pernah punya CC...kalau butuh, bisa minta tolong mas.
    Hehhe...

    BalasHapus
  26. Kalau tau triknya malah menguntungkan pakai kartu kredit ya asal disiplin dan bis abayar penuh bukan asal menggunakannya. Usahakan ada dananya baru pakai kartu kredit. Aku juga cuma punya satu aja kok

    BalasHapus
  27. Bener kalau CC memang jangan dibayar minimumpayment nya aja, asa gak lunas - lunas tar nya hehe. Jadi sebaiknya CC memang buat keadaan urgent banget sih

    BalasHapus
  28. Kata teman saya, kalau bijak dalam menggunakan, sebenarnya punya kartu kredit itu bisa banyak manfaatnya kok.
    Kalau saya sendiri, sampai sekarang belum tertarik untuk memiliki kartu kredit

    BalasHapus
  29. so far belum pakai CC. tapi dari kapan hari suami sdh bilang "yuk bikin CC buat jaga2" karena kami mmg ga pernah simpan tunai banyak. jd maksudnya kalau ada perlu mendadak (tiket pesawat misalnya), bisa pakai CC. to smp skrg belun jd juga bikin cc hehehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)