Selasa, 30 Juli 2019

Impian Menjadi Beautypreneur Hits Bisa Terwujud Bersama Viralisse


Banyaknya beauty blogger dan vlogger yang me-review produk skincare serta makeup di era teknologi digital ini memungkinkan siapapun untuk membuat produknya sendiri. Atau malah, kamu ya, beb.

Yes, industri kecantikan dalam negeri berkembang cukup pesat. Tiap tahun semakin banyak produk kosmetik dan skincare local yang dijual pasaran. 



Bahkan menurut riset dari salah satu perusahaan kosmetik, tahun 2016 saja industri kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia bernilai 33 triliun rupiah dengan rata-rata pertumbuhan 12% per tahun. Kebayang kan berapa ‘kue’ yang bisa kamu dapetin kalo jadi Beautypreneur beb.

Btw, sebelum aku membahas lebih lanjut mengenai perkembangan industri kecantikan di Indonesia. Kalian sendiri udah familiar belum dengan istilah beautypreneur?

Apa Itu Beautypreneur?

Beautypreneur berasal dari kata beauty dan entrepreneur yaitu seseorang yang memproduksi barang atau servis di bidang kecantikan. Nah, bentuk usaha beautypreneur yang diminati makeup, skincare, makeup artist, & nail art. Hanya ‘kue’ yang cukup besar dan potensial buat dikembangkan yaitu usaha beautypreneur makeup dan skincare.



Pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia saja naik mencapai 20% selama 10 tahun terakhir dan terdapat 30 brand lipstick buatan dalam negeri yang dijual di pasaran selama tahun 2017. Bahkan, menurut liputan6.com industri kecantikan di Indonesia diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang paling pesat pada tahun 2020 dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara. 

Hanya, untuk memulai bisnis kecantikan atau menjadi beautypreneur banyak yang ragu buat memulainya. Seperti bingung bagaimana untuk memulainya, khawatir butuh modal usaha yang besar, hingga merasa beautypreneur bukan pekerjaan utama yang menjanjikan.

Beautypreneur Gathering dengan Viralisse; Digital Era of Skincare Business

Nah, hari Sabtu, 27 Juli 2019 kemarin aku berkesempatan buat menghadiri Beautypreneur Gathering yang bertajuk, “Digital Era of Skincare Business” oleh PT Viralisse Adi Citra. Bersama beberapa beauty enthusiast yang hadir di acara ini, perkenalan resmi Viralisse sebagai beautypreneur partner yaitu mitra bisnis one stop service pertama di Indonesia bagi para beautypreneur.

 

“Dukungan yang Viralisse tawarkan kepada beautypreneur bersifat menyeluruh, mulai dari pengembangan brand dan konsep produk, formulasi produk, hingga tersedianya finished goods yang telah melewati quality control, serta telah memenuhi syarat legalitas yakni pendaftaran merek di Direktorat Kekayaan Intelektual (HKI), dan pastinya pendaftaran di BPOM untuk mendapatkan ijin edar” kata Frank Iskandar selaku Founder Viralisse. “Viralisse pun terfokus kepada beautypreneur dengan skala kecil hingga menengah, sehingga memudahkan mereka untuk segera memulai bisnisnya tanpa harus menunggu punya modal besar” tambah Frank.

Tentang Viralisse

Tak kenal maka tak sayang, karena itu sekalian nih aku mau jelasin apa sih Viralisse?

Viralisse adalah sebuah perusahaan pelopor one stop service bagi para beautypreneur di dunia bisnis skin care contract manufacturing. Memiliki dan menjaga values agar bisa terjalin hubungan yang berkesinambungan dengan para pelanggannya yaitu beautypreneurs dengan prinsip growing together adalah komitmen Viralisse.

Ada tiga values utama yang dipegang Viralisse yaitu :

Integrity

Memegang teguh kesepakatan dengan beautypreneur yang tertuang dalam perjanjian tertulis, diantaranya dengan menjaga kerahasian formulasi produk dan tidak menjual formula yang sama persis kepada pelangggan lain. 

Mematuhi semua ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah terkait dengan industri kecantikan, terutama memastikan semua produk yang diproduksi telah memiliki ijin edar dari BPOM.


Quality

Fokus pada kualitas produk kecantikan yang alami, aman dan berkhasiat serta kualitas layanan business support yang disiapkan untuk mendukung para beautypreneurs.

Flexibility

Kelonggaran bagi beautypreneur yang berniat untuk merintis usahanya di bidang kecantikan dalam bentuk kemudahan akses ke team supporting, dan minimum pemesanan produk yang masih relatif terjangkau bagi beautypreneur pemula sekalipun.

Untuk memberikan solusi atas kebutuhan beautypreneur akan berbagai jenis produk kecantikan, Viralisse menawarkan beberapa kategori produk berikut:

1. Face Care Face mist, facial wash, milk cleanser, micellar water, toner, day cream, night cream, peeling gel, facial scrub, lotion essence, serum, BB cream, dan sebagainya.
2. Body Care Hand and body lotion, body scrub, body butter, sabun cair, dan sebagainya.
3. Hair care Shampoo, conditioner, hair tonic, masker rambut, serum rambut, dan sebagainya.








Wah cukup menarik kan? Mengingat pesatnya pertumbuhan bisnis skin care di era digital ini, tentunya juga tidak lepas dari peran media sosial, dimana para product reviewer dan endorser gencar merekomendasikan produk-produk perawatan kecantikan tersebut. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang telah memiliki rangkaian produk perawatan kecantikan dengan brand sendiri, seperti lini produk skincare dengan brand KylieSkin by Kylie Jenner.

Sebagai mitra kerja para beautypreneur, Viralisse memiliki tujuan jangka panjang yaitu mendorong masyarakat khususnya wanita Indonesia yang memiliki passion di bidang kecantikan, agar mau memulai usahanya dengan menggunakan brand sendiri yang terdaftar HKI dan telah dinotifikasi BPOM, sehingga beautypreneur boleh berbangga dengan produk yang dipasarkannya.

Apabila sebelumnya banyak calon beautypreneur yang berpikir bahwa untuk memiliki produk kecantikan dengan brand sendiri dibutuhkan keahlian khusus dan modal yang besar, kini dengan hadirnya Viralisse pemikiran itu boleh dikesampingkan. Hanya dengan modal ide dan uang tidak lebih dari 25 juta rupiah, para beautypreneur sudah bisa memiliki produk kecantikan dengan brand sendiri, yang legal dan berkualitas.




Apa Saja yang Ditawarkan Viralisse?

Viralisse menawarkan dukungan terintegrasi dari hulu sampai ke hilir bagi para beautypreneur. Jadi cukup dengan gagasan awal mengenai produk yang diinginkan, lalu Viralisse akan melakukan co-creation bersama para beautypreneur untuk mewujudkan produk tersebut hingga siap dipasarkan.

One Stop Solution yang ditawarkan Viralisse meliputi:

1. Product Concept

Team business development akan memberikan sharing knowledge terkait data bahan aktif populer dan inovatif serta review market survey, agar beautypreneur mendapatkan product insight dan market insight.

2. Brand Concept

Team brand and communication Viralisse akan membantu beautypreneur untuk membuat konsep merk bahkan membantu pembuatan desain logonya.
Brand Registration

3. Team legal akan membantu pendaftaran merk produk milik beautypreneur  ke Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (HKI) Kementerian Hukum dan HAM RI. 

4. Product Formulation

Team R&D akan merancang formula agar komposisi bahan akif yang terkandung dalam produk memberikan khasiat dan keamanan yang optimal.

5. Packaging & Design

Team Creative, Purchasing dan Regulatory akan membantu beautypreneur untuk memilih kemasan, dan mendesain serta membuat keterangan pada label kemasan yang sesuai dengan ketentuan BPOM.

6. Stability test

Team R&D akan melakukan test untuk memastikan produk stabil (warna, aroma, kekentalan, dll) dalam periode tertentu.



7. BPOM Notification

Team Regulatory akan melakukan notifikasi produk ke BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

8. Production

Team Production akan memastikan produk diproduksi dengan standar mutu ketat dan dengan jadwal yang tepat.

9. Quality control

Team QC akan memastikan hasil produksi massal telah memenuhi standar kualitas yang sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.

10. Marketing Support 

Team Marketing Communication siap membantu apabila beautypreneur punya kebutuhan untuk pembuatan website, foto produk, video product review, pengelolaan sosmed, listing di marketplace, atau kebutuhan digital marketing lainnya.

Selain khasiat yang teruji dari sebuah produk kecantikan, tentunya faktor keamanan pun menjadi hal yang wajib untuk dijaga. Oleh sebab itu Viralisse bersama dengan strategic partner-nya berkomitmen untuk mendaftarkan semua produk kecantikan yang diproduksi ke BPOM untuk mendapatkan ijin edar. 

Fasilitas produksi pun telah memiliki sertifikasi ISO 9001:2015, CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari BPOM, serta Sistem Jaminan Halal LPPOM MUI.




Tenang beb, paketannya gak terlalu mahal kok, mulai dari 6,5juta hingg 12 juta rupiah kamu sudah bisa memiliki brand skincare milik sendiri dan siap menjadi beautypreneur hits jaman now.

Tertarik menjadi mitra partner Viralisse? Langsung saja datang ke kantor mereka di:

PT. Viralisse Adi Citra Lippo St.Moritz #09-01
Jl. Puri Indah Raya Blok U1, Jakarta Barat, 11610, Indonesia
(021) 30497711 087878 999 579

Atau, cek website: www.viralisse.com& dapatkan informasi lengkap terkait bentuk kerjasama dan rangkaian produk yang ditawarkan di akun instagram @viralisse


46 komentar:

  1. Beautyprenuer akhir-akhir memang banyak diminati, apalagi bagi milenials yah Mak. Viralisse kasih gebrakan menarik nih, apalagi buat yang mendalami kegiatan beautyprenuer hehehee.
    Makasih sharingnya yahh Mak ^_^

    BalasHapus
  2. Ulalaaa, ini sih paket komplit nan paripurna bangeeett!
    Para beauty enthusiast bisa banget menelurkan merek lini kosmetik mereka sendiri ya Mak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Wah punya brand kosmetik/skinker sendiri sekarang bukan halu lagi yak... gak harus punya pabriknya...

    BalasHapus
  4. ini lengkap ya kak paketnya, apalagi pekerjaan sebagai Beautyprenuer sangat menjanjikan belakangan ini, sampai2 banyak anak kecil pengen jadi youtuber dan bikin tutorial wkwkk

    BalasHapus
  5. Biaya jd mitra ternyat ngak mahal juga kok, sesuai lah deh hasilnya nanti hehehhe.

    BalasHapus
  6. Skrg produk semakin banyak ya pilihan nya. Salah satu nya produk viralisse ini.. kepo sih pen nyobain langsung

    BalasHapus
  7. loh..kamu dapat sebanyaaakkk ituh prodak, beib? Masyaaaa Allaaaah.... kalo dah kebanyakan lempar lempar sini yaaa

    Viralisse nih jadi bikin impian beautypreneur terwujud ya, aku juga pengen bikin brand sendiri deh

    BalasHapus
  8. Ulala, ini sih keren banget. Memiliki brand kosmetik sendiri. Bagi yang sangat menyukai dunia kecantikan, ini kayaknya harus banget sih dicoba. Bisnis itu asli super seru. Apalagi yang sesuai passion.

    BalasHapus
  9. Owalaah jadi mereka kayak pabrik pengembangnya gitu ya mba kalau kita mau buat produk-produk sendiri :) menarik banget nih!

    BalasHapus
  10. Dari dulu ingin banget bisa jadi beautypreneur untungnya sekarang ada Virallise yaa yang bisa bekerja sama
    Keren banget deh!

    BalasHapus
  11. Serius nih, harga paket segitu, trus mereka yang ngurus segala macam mulai dari formula sampai desain kemasan? Lumayan murah dong ya. Bakal tambah rame nih dunia per makeup an dan skincare

    BalasHapus
  12. Baru tau tentang viralisse ini , pngn jg nih pny produk skincare sndrin haha, bisnis nya lmyn

    BalasHapus
  13. Ini kaya Maklon gitu ya mba? Interesting ya. Apalagi modal nya tdk terlalu besar itu. Sudah sama HAKI dan BPOM ya mba 12jtan itu?

    BalasHapus
  14. wuah ini mungkin yah yang membuat para artis rame-rame jadi beautypreneur, aq baru tahu mbak kalau ternyata untuk membuat sebuah skincare atau make up dengan merk sendiri pun nggak sesulit yang dibayangkan. apalagi dengan adanya viralisse yang menawarkan kerja sama yang memudahkan juga, tinggal siapin modalnya aja sih yah dari kita yang lainnya kita bisa dibantu untuk mengembangkan bisnis dengan virallisse

    BalasHapus
  15. Harganya terjangkau sekali jika ingin buat produk kosmetik sendiri. Makasih infonya mba Aie. Usaha yang ingin aku miliki :)

    BalasHapus
  16. Ini nih yang saya baru tahu. Kita ternyata bisa ya bikin brand kosmetik sendiri. Aku kira, kayak artis-artis itu pada bikin brand sendiri dengan punya pabriknya sendiri. Ternyata bisa ya dengan bermitra sama pihak seperti Viralisse ini

    BalasHapus
  17. waaaah keren banget yaaa aku juga suatu saat pengen banget punya usaha di bidang yang emang aku suka heheheh

    BalasHapus
  18. wow, pantes aja ya makin banyak skin care buatan dalam negeri ternyata pangsa pasar di Indonesia legit!
    semoga nih skin care Indonesia bisa se-hits skin care Korea.

    BalasHapus
  19. Baru tau nih, soal Viralisse. Keren nih, bantuin sebagai konsultan sampe produksinya juga, ya ternyata.

    BalasHapus
  20. Ini kyknya artis2 juga manfatin apa ya jasa semacam yang dilakukan Viralesse ini, Eh tapi kalau formula tetep ya mbak dari kitanya sendiri, biar gak sama dengan kosmetik/ skincare yang lain? Bagus nih. Penasaran start modalnya berapa kalau mulai bisnis ini hehe

    BalasHapus
  21. Masya allah, akan banyak lahir para preneur khusunya beautypreneur klo udah ada yg memfasilitasi begini. Mantaapp deh, semangat para beauties :)

    BalasHapus
  22. aku pun juga kepengen mbak suatu hari bisa bikin brand skincare sendiri gitu, apalagi paketannya lengkap begini buat skincarenya huhu pengeen

    BalasHapus
  23. Dari segi harganya juga lumayan ya mba, apalagi prosesnya juga terbilang cepat...haduhhh kapan ya bisa memulai untuk punya brand sendiri juga :)

    BalasHapus
  24. Produknya komplit banget ya Kak.
    Seru acaranya viralisse pengen ikutan andai deket ehehehe

    BalasHapus
  25. Wah keren nih kalo punya brand skincare sendiri kayak para artis yaa. Cuma marketingnya itu yang sulit. Kudu benar-benar dikenal sebagai beauty influencer.

    BalasHapus
  26. MasyaAllah Tabarakallah, pastinya seru banget ya bisa memiliki brand kosmetik sendiri ya

    BalasHapus
  27. Bisa ternyata ya kita juga ngeluarin brand kosmetik sendiri. Tinggal bermitra dengan Viralisse ya. Jadi mupeng :D

    BalasHapus
  28. Menarik ini mb, bisa menjadi solusi bagi yang ingin terjun di bisnis produk kecantikan tapi terbatas dana dan keahlian. Terima kasih infonya, bermanfaat...

    BalasHapus
  29. Apa kita join bikin usaha skincare ya kak Aie? Nampak oke ini karena pasti perempuan butuh perawatankan? Gimana ideku?

    BalasHapus
  30. Keren banget yaa...bisa punya brand skincare sendiri.
    Tapi strategi marketingnya niih...mesti kuat dulu.

    BalasHapus
  31. Wah para beauty blogger dan vlogger sudah bisa jadi beautypreneur dengan bantuan viralisse. Selain mereview bisa sekalian menjual. Lebih menguntungkan kedua belah pihak.

    BalasHapus
  32. Takpikir modalnya bisa nyampek ratusan juta buat bikin brand kosmetim sendiri hehe, ternyata malah dimulai dari 6 jutaan ya mbak. Duh kok jd pengen ya punya brand sendiri, eh tapi aku gak ahli dalam hal formulasinya hehe

    BalasHapus
  33. yajin deh , nanti bakal balik modal yah, apalagi para beauty dicari2in alias banyak jobnya yah, kan Mba . Belum lagi tawaran endorse juga bejibun

    BalasHapus
  34. Nah bener, harusnya semua beauty enthusiast itu pada bikin brand sendiri ya. Gak perlu bikin perusahaan sendiri.

    BalasHapus
  35. Kayaknya aie klo punya usaha kosmetik cucok ya karena hobby dan sedikit banyak paham. Usaha sesuai passion lebih mudah, ketimbang pengen ikutan aja

    BalasHapus
  36. Keren mbak, ternyata bisa ya kita punya brand kosmetik sendiri. Ini bisnis yang menjanjikan nih di masa sekarang

    BalasHapus
  37. Berarti 6juta itu jadi modal barang ya mak buat jualan produk2 beauty di sini? Lumayan ya udah disediakan soale

    BalasHapus
  38. Bisnis kecantikan memang sedang banyak diminati ya...
    Apalagi ini dengan paket gak terlalu mahal, mulai dari 6,5juta hingga 12 juta rupiah kita sudah bisa memiliki brand skincare milik sendiri

    BalasHapus
  39. Beauty preuneur ini bisnis yang kagak pernah ada matinye. Rwmaja pun sekarang banyak yang mulai demen belanja skincare.

    BalasHapus
  40. Lho lo ini ada produk baru yang aku baru dengar nama brand-nya
    Apalagi kalau bisa menjalankan bisnisnya, pastinya bisa semakin sukses dari rumah

    BalasHapus
  41. Oh ini maksudnya kita jualin lagi produknya tapi boleh pake brand sendiri ya. Asik dong klo gitu. Tinggal mikirin strateginya aja. Ngga ribet riset bikin produk sendiri.

    BalasHapus
  42. What's up to all, for the reason that I am truly keen of reading this web site's post to be updated on a regular basis.
    It carries good data.

    BalasHapus
  43. Nggak sampai 10 juta udah bisa punya brand sendiri? Wah peluang bisnis yang bagus nih, apalagi kalau sudah punya jaringan perkawanan bagus di dunia maya, bisa jadi sasaran promosi

    BalasHapus
  44. Jadi ini semacam penerbit gitu ya mak kalau di dunia penulis? Maklum saya gak pede jadi beautypreneur. Jd gak terlalu intens baca info beauty. Tapi postingan ini membuatku dapet pengetahuan baru.thx
    --bundadzakiyyah(dot)com--

    BalasHapus
  45. Hai Sis Andiyani,

    Terima kasih yang sudah visit dan memeriahkan event kami ya.Semoga acaranya dapat bermanfaat untuk teman-teman Beauty Bloggers semua.

    Jika ada hal yang ingin ditanyakan perihal viralisse, jangan ragu untuk menghubungi kami ya di kontak dibawah ini.

    Terima kasih ya Sis,dan semoga kita dapat bertemu lagi di lain kesempatan.


    Salam hangat,

    Felix Iskandar

    Viralisse
    Phone/WA : 087787012361
    Email : felix@viralisse.com

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)