Rabu, 07 Oktober 2020

Selebrasi 25 Tahun Wardah Beauty: Impactful & Engaging Content from The Creators

So exciting mengikuti virtual event selebrasi 25 Tahun Wardah Beauty selama dua hari, mulai dari 3 sampai 4 Oktober 2020. Banyak rangkaian acara seru dan menyenangkan buat diikuti mulai dari talkshow bersama Brand Ambassador dan nara sumber yang kompeten dibidangnya masing-masing, performance dari penyanyi terbaik Indonesia, hingga bazaar online  yang promonya luarbiasa.

#cantikmusiaphadapidunia

Di hari pertama, tepat jam 4 sore aku mengikuti sesi talkshow dengan pembicara Zaskia Sungkar (Brand Ambassador Wardah, Youtuber), Suhay Salim (Beauty Enthusiast & Content Creator), & Azzura Pongai selaku Country Strategic Partnership Manager of Youtube, akan membahas  tentang "Impactful & Engaging Content from The Content Creators". Penasaran bagaimana keseruan talkshow ini? Let’s start now ...

#cantikmusiaphadapidunia

Seperti yang diketahui bersama, Indonesia menduduki peringkat atas active user dalam online platform. Berbagai konten menarik bermunculan dan membuka peluang baru bagi masyarakat. Bagaimana cara memulai dan mendapatkan manfaat dari konten yang kita bagikan di platform digital? Zaskia Sungkar memberikan tips dan pengalamannya saat memulai membuat konten di Youtube.

Awal mula Zaskia Sungkar memulai Youtube karena adanya ‘ajakan’ dari Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, meski rasanya diawal gak terbayang membawa kamera setiap hari kemana-mana, namun akhirnya dibuatlah Youtube bersama Irwansya, Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu. Mereka sepakat kalo konten di Youtube mereka gak hanya yang entertain aja tapi juga ada konten dakwahnya. Memang sih viewers gak sebanyak konten lainnya, namun tetap dibuat secara rutin agar sisi dakwahnya gak dihilangkan supaya bisa bermanfaat buat yang lain.

#cantikmusiaphadapidunia

#cantikmusiaphadapidunia

Konten-konten yang diberikan oleh Zaskia memang dibuat ‘real’ menjadi diri sendiri, karena hal inilah ia menjalankannya dengan sangat santai dan ngalir banget. Begitupun Shireen, Irwansyah dan Wisnu. Hal lain yang bikin Zaskia happy menggunakan platform Youtube sebagai wadah menuangkan kreatifitas adalah bisa jadi diri sendiri dan bisa memberikan informasi yang real dan seadanya mereka.

Memang ada yang content creator yang hanya mengejar viewers dan viral, namun Shireen beserta keluarganya tetap pada prinsip mereka dan menyelipkan ‘value dakwah’ dalam setiap pembuatan konten Youtube. Nah, tantangan pasti ada ya menjadi content creator di Youtube, Zaskia, Shireen, Wisnu dan Irwan meeeting dengan team creative lainnya untuk menjaga mood dalam membuat konten secara orisinil. Yang terpenting membuat konten dalam Youtube yang kita sukai dan disukai oleh subscribers. Wow, sekarang aja Youtube The Sungkars Family sudah 3,3 juta subscribers lho! Maasyaallah banget kan.

#cantikmusiaphadapidunia

Selanjutnya, siapa yang tak kenal dengan Suhay Salim, Beauty Enthusiast dan Content Creator di Youtube dengan 1,4 juta subscribers lho. Di masa pandemi ini Suhay merasakan mulai menurun nih mood dan struggle buat bikin konten Youtube.

Hal yang biasa Suhay lakukan untuk mendongkrak mood dan rasa malas membuat konten Youtube hal yang pernah dilakukan yaitu stop sejenak kumpulin mood, lalu lempar ke subscribers mereka mau dibikinin konten apa atau brand mengeluarkan produk terbaru dari sana akan ada ide yang mengalir. Dan karena Suhay tak hanya membahas makeup, ada juga review skincare menjadikannya bisa memiliki ide buat membuat konten dan lebih variatif.

Dengan bertanya dan mengikuti kemauan subcribers biasanya juga bisa mendapatkan ide, dan basically Suhay juga sangat suka make up dan review produk-produk skincare jadi menjalani proses pembuatan konten di Youtube dengan rasa senang.

#cantikmusiaphadapidunia

Fun fact Suhay tuh dari kecil itu sangat tomboy lho, gak suka dandan dll, bahkan dia bilang kalo tentang makeup ini semacam karma. Jadi, proses awalnya Suhay menyukai makeup karena dia suka banget fotografi dan warna-warna dari situlah dia enjoy melakukan membuat konten di Youtube. Intinya fokus, enjoy it, be passionate, dan istiqamah buat menjalani pembuatan konten di Youtube.

“Semua tergantung diri sendiri sebagai content creator di Youtube, kalo lagi gak mood dan malas ya itu akun Youtube gak kemana-mana, kalo rajin akun Youtube lo jadi naik performance-nya.”

Yang bikin memotivasi Suhay yaitu adanya komentar dari subscriber, gak semua pecinta makeup harus dress up, dan gak semua pecinta makeup harus setiap hari menor kan. Sesederhana memberikan konten makeup simple dan daily membuat Suhay jadi dekat dengan subscribers-nya.

#cantikmusiaphadapidunia

Dalam talkshow ini, hadir juga perwakilan dari Youtube di Indonesia yaitu Zaaura Pongai yang berbagi tentang bagaimana perkembangan Content Creator Youtube selama masa pandemi ini. Menurut Zaaura Pongai perkembangan content creator di Indonesia ada lima trend di masa pandemi ini yaitu resolusi non contact, room is the new office, navigasi polatilitas keuangan, komunitas virtual, dan stay at home entertainment. Dengan 5 hal ini, membuat demand terhadap digital cukup tinggi, bahkan setiap sebulan aja lebih dari 1 juta orang yang aktif menonton Youtube setiap hari. Wow!! Termasuk aku tuh hehehhe

Bahkan dalam 7 bulan aja ada 200 lebih akun subscribers yang bisa achieve 1 juta viewers. Dari sini bisa dilihat bahwa content creator di seluruh Indonesia memang terkena dampak yang luarbiasa, membuat mereka harus bisa lebih kreatif dalam membuat konten yang disukai oleh netizen. Dan tahun ini sangat luarbiasa, perkembangannya maha dashyat lah, dari yan biasa nonton di TV move ke nonton via digital.

Yang bikin penasaran, apa sih tugas Zaaura di Youtube dengan title yang dimiliki, fun fact di Indonesia tim Youtube sangat ‘slim’. Tugas Zaaura mendampingi para content creators dengan guiding through content creator dengan mengembangkan konten mereka di Youtube.

#cantikmusiaphadapidunia

Tips dari Zaaura agar content creators bisa memberikan konten yang berfaedah yaitu dengan memberikan konten yang berkualitas dari sana monetized nya bisa berjalan.

  • Check community guideline Youtube setiap saat
  • Sebelum posting, tanya pada diri sendiri apakah konten yang akan ditayang aman dan berdampak apa?
  • Belajar dari creator-creator lainnya baik di Indonesia dan secara global, yang tidak mementingkan adsense dan menyesuaikan dengan passion.
  • Monetasi Youtube tidak melulu dari adsense

Lalu, masuk dalam sesi Q & A, ada Putri Eka yang bertanya, gimana sih cara kita menanggapi subscribers yang negatif?

Zaaura pun menjawab, “Balik ke tujuan awal, kenapa kamu ada di Youtube, tutup mata, kuping, dan jangan sampai negatif dari mereka mempengaruhi kreatifitas kita sebagai content creators. Tetap berkarya, and shut them up with your creativity.”

Lantas, apa sih dampak dari konten viral?

  • Untuk content creators, positifnya adalah being famous, biasanya hal ini gak akan lama, konten yang viral tidak sesuai dengan community guideline Youtube bisa di take down dan mendapatkan negatif image dari para brand/client. Anggaplah Youtube kamu itu sebagai portfolio yang baik untuk dilihat oleh client/brand.
  • Untuk viewers harus lebih bijak memilih konten yang ditonton jangan sampai ditelan mentah-mentah, pilih secara bijak konten yang dinikmati.

Jadi intinya, sebagai content creator kita harus punya personal branding yang mau ditunjukkan pada viewers ataupun followers. Lalu, hadirkan konten yang gak hanya sekedar viral aja tapi juga ada manfaatnya buat orang banyak. Monetasi akan mengikuti seiring konsistensi dan fokus kita dalam memberikan konten terbaik pada audiens.

#cantikmusiaphadapidunia

#cantikmusiaphadapidunia

Jika kamu suka makeup dan skincare, kamu bisa mulai membuat review, testimoni, tutorial ataupun tips dari produk Wardah Beauty yang sudah dikenal selama 25 tahun memberikan inovasi terbaik bagi perempuan Indonesia. Apa sih produk Wardah yang paling kamu sukai? Boleh ya berbagai di kolom komentar 😊

65 komentar:

  1. Kayaknya saya nyasar deh, ya nyasar ke dunia perempuan. Tapi gk papa lah, referensi juga buat istri nanti, mudah-mudahan aja segera dipertemukan dengan jodohnya, Aamiin. :)

    BalasHapus
  2. Wardah itu emang gak ada matinya yah,selalu berinovasi dan tahu banget sama kebuyuhan wanita,keren banget ini.

    BalasHapus
  3. Suhay Salim kece amat sik yaa subs sampe jutaan gitu. Eh ternyata yang udah tenar pun mengalami mood swings membuat konten, ya. Akupun awal pandemi jarang banget nulis. Makin ke sini makin semangat nih supaya lebih produktif dari rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar ya kalau kita juga kadang mood swing. Tapi seharusnya sih memang lebih getol lagi.

      Hapus
    2. iya mbak, kalau mood swing gini butuh refresh sejenak trus ingat strong why kenapa mau ngeblog supaya semangat kembali.

      Hapus
  4. Aku suka banget sama Suhay Salim, dia kali ngejelazin detail bgt dan apa adanya. Jd there is no different between endorse or not :) memang sehsrusnya begitu ya seorang reviewer. Jd gak hanya bagus2in sepihak aja ya.

    Bagus bgt ya acara wardah kemarin. Semoga ada acara Wardah lainnya yang serupa seperti ini ya. So insightfull bangeet ini acaranya :)

    BalasHapus
  5. Produk wardah bagus bagus ya mba. Aku pun punya lumayan banyak produknya. Dan wardah selalu berinovasi ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun juga menggunakan beberapa produk Wardah, mulai dari kosmetik dan skincare juga loh.

      Hapus
  6. BEnar banget ini ... hadirkan konten yang gak hanya sekedar viral aja tapi juga ada manfaatnya buat orang banyak. Bagusnya kalau para YouTubers, yang sudah lumayan eksis bisa mendapatkan pelatihan sehubungan dengan hal ini supaya gak kejadian seperti prank=prank gak berguna itu.

    BalasHapus
  7. Ternyata Wardah sudah 25 tahun berkarya mempercantik wajah wajah perempuan Indonesia ya.

    Hmm iya sih, subscriber negatif itu sebaiknya nggak terlalu dipikirin sampai content creator nggak kreatif lagi. Namanya juga hidup, pasti selalu punya dua sisi ya.

    BalasHapus
  8. Aku jupa punya banyak produk wardah dari cream nya lipstik lip balm.

    BalasHapus
  9. Selebrasi wanita-wanita cantik nih. Wardah kosmetik memang bagus aku juga pakai produk ini

    BalasHapus
  10. Awal-awal suka makeup dulu produk pertama yang aku punya ya produk wardah. Mulai dari foundationnya sama lipcreamnya suka banget.

    BalasHapus
  11. Aku setuju dengan konten Youtube yang harus ada sisi manfaatnya. Selucu-lucunya, seseru-serunya, penonton harus dapat sesuatu dari konten yang kita tayangkan. Itu sebabnya aku lebih memilih konten perkembangan tumbuh kembangnya anak-anak. Kayaknya masih sepi peminat sih, tapi nggak papa. Ngeri juga kalau nanti ditanya sama Allah.

    Hmmm, ngereview Wardah velvet kesayanganku pede nggak, ya? Belum pernaaah, hahahaha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka sama channel YT yang ada manfatnya gak cuma mamerin seuatu supaya jd viral. Alhamdulillah yg aku subs juga channelnya ok2 dan bermanfaat buatku :D

      Hapus
  12. Sepakat banget sih, konten bukan sekadar viral tapi (lebih baik) jika bermanfaat bagi banyak orang.

    BalasHapus
  13. Kmrn sempat ikutin acara wardah ini, bintang tamu jg byk yg aku favoritekan salah satu Tasya Farasya

    BalasHapus
  14. Aku suka lipcream wardah yang warna merah cetar bin gonjreng.. muka jadi lebih cerah keliatannya berkat lip cream itu.. kalo lagi merasa bad mood atau muka agak kucel aku pake lipcrean cetar gonjreng itu deh hahaha

    BalasHapus
  15. Kak Aie, aku tahu event inu. Narasumber nya kece kece. Sayangnya kalo weekend aku jarang bisa online hehe. Thanks for sharing, jari tau walau ngga bisa hadir.

    BalasHapus
  16. Wardah itu gak cuma fokus sama perawatan dan kosmetik perempuan tapi wardah juga mendukung pengembangan kapasitas perempuan. Di beberapa acara seminar saya lihat Wardah jadi sponsor. Sekarang malah ilmu mengenai content creator dibagi juga ke kita... Makin seneng saya sama produk Wardah nih

    BalasHapus
  17. Tokoh-tokoh yang melakukan selebrasi punya keunikan masing-masing, ya. SAya jadi belajar beberapa hal tentang cara membuat konten dari sini. Saya tak tahu kapan menyusul teman-teman ke arah sana. Kalau dipikir, saya bahkan pengen cuti aja dari hingar bingar blog dan medsos lain

    BalasHapus
  18. aku lagi suka dengan produknya wardah UV shield Aqua Fres Essence karna produknya mendukung banget buat aku yang pekerjaannya banyak dilakukan dirumah dan depan layar

    BalasHapus
  19. Oh ini acara yang sama beauty influencer itu ya, Mbak?
    Aku kelewat ga ikutan, bisa untuk umum kah?
    Soalnya aku pun cocok nih pakai Wardah.

    Mengenai content creator, setuju sih aku kalo content yang berfaedah adalah koentji. Jadi ngga asal click bait biar viral ya, Mbak...

    BalasHapus
  20. Daku pengguna kosmetik wardah nih. Cuma sunscreen nya nih belum ganti, baru yang facial wash nya haha

    BalasHapus
  21. Tidak nyangka yah, wardah sudah 25 tahun. Istri juga selama ini pakai produk Wardah.

    BalasHapus
  22. Seru banget ya acaranya, sayang aku ga bisa ikutan. Brand kosmetik wardah sudah aku gunakan dah lama, memang cocok banget buatku dan halal. Pengen sesekali review produknya deh.

    BalasHapus
  23. Wardah brand kesukaan sy ni
    Skincare dan kosmetik rata2 pake wardah
    Jd terinspirasi nih tuk nyoba bikin video youtube morning dan night routine ala saya saat gunakan produk wardah

    BalasHapus
  24. Kalau konten di youtube yang berhubungan dengan make up aku paling senang lihat kanalnya Suhay dan Tasya Farasya. Ini tuh ya produk Wardah cocok loh di aku, kebetulan emang lagi mencoba rangkaian white secret.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ngga nyangka Ka Cici juga nonton youtube beauty hehehe. Tapi aku juga cocok sama wardah tapi g pernah pakai paket lengkap.

      Hapus
  25. Wiiii, seruuu banget ya mba, acara virtualnyaaa
    content creator paporit aku ngumpul semua di mari, euy
    ada SUhay Salim yg keceee edgy bin witty banget :D

    BalasHapus
  26. Mantap dan sukses selalu untuk wardah sudah 25 tahun berkarya. Pasti banyak banget kontennya yang bermanfaat ya kak.

    BalasHapus
  27. Yaah syg banget ketinggalan acara yang menarik ini. Ngomongin soal youtube, memang beda banget yg sekarang dibanding waktu saya SMA dulu. Waktu itu youtube banyak dikuasai content creator dari luar negri, sekarang banyak banget content creator dari Indonesia yang ga cuma viral tapi kontennya bagus. Saya juga sudah bikin beberapa video sih di youtube tp mandek. Semoga bisa aktif lagi dalam waktu dekat.

    BalasHapus
  28. Aduh itu wardah tuh favorit aku lipcreamnya, sama aku juga suka sama series yang instaperfectnya mba Aie

    BalasHapus
  29. Tutorial make up gitu aku harus belajar sama ai nih, gak pede euy kalao kosmetik :-D
    Eh ini udah 25 tahun anja ya Wardah umurnya

    BalasHapus
  30. Wah udah 25 tahun aja usia Wardah.
    Wardah ini salah satu kosmetik awal2 yang aku pakai saat kenal make up hehe.
    Wah liat materinya aku jd kepengen deh menghidupkan kembali channel YT-ku yang jarang diupdate :D

    BalasHapus
  31. Wah aku ketinggalan ni acaranya untung disini ringkasannya jelas banget, makasi ya mbaa :)

    BalasHapus
  32. Kalau ngomongin Wardah sih udah kesayangan banget. Saksi sejarah belajar dandanku. Hahaha. Beruntung kemarin bisa ikutan juga selebrasi virtualnya. Seruu.. ada idolaku kak Suhay :D

    BalasHapus
  33. Content sebagai value dakwah, noted banget ini kak Aie. Btw Selebrasi Wardah emang keren banget ya. AKu lihat di youtube juga. Aku pakai beberapa produknya wardah sejak masih awal-awal kerja duluuu sampai sekarang sudah emak2 pun masih hehe

    BalasHapus
  34. Dari dulu sampai sekarang, Wardah tetap jadi favoritkuuuu.. Selain harganya terjangkau, nyari nya pun mudah :)

    BalasHapus
  35. Duh kalo diminta pilih produk wardah yang aku suka ya bingung juga. Rata-rata suka sih apalagi wardah selalu ada inovasinya. Aku pakai mulai dari skincare maupun makeup ka.

    BalasHapus
  36. Aku belum niat ke YouTube karena agak malas mikir konten. Konten harus benar-benar bermanfaat, bukan cuma viral. Senangnya bisa ikut acara virtual kaya gini

    BalasHapus
  37. shade lipcream wardahnya aku punya komplit juga kak, suka banget sama sema warnanya bisa untuk berbagai macam acara ya.

    BalasHapus
  38. Wahh wardah sudah lama ya ikut menjaga kecantikan wanita indonesia..
    Aku pun pengguna setia wardah

    BalasHapus
  39. Ternyata Wardah udah 25 tahun, lebih tua daripada saya hehehe. Wardah ini produk pertama yang saya tahu, muslimah-friendly. Dan semakin kesini, produknya tuh makin berkembang dan inovatif banget. Gak cuma kosmetik tapi juga skin care, trus ngikuti tren juga. Hebat sih!

    BalasHapus
  40. MasyaAllah, ternyata wardah sudah 25 tahun ya. Suka sama produknya dan alhamdulillah cocok di pakai.

    BalasHapus
  41. Wah Wardah udah 25 tahun, nggak kerasa ya. Saya pakai Wardah untuk BB cream, lipstik matte, eyeshadow juga. So far cocok dengan produk Wardah ini.

    BalasHapus
  42. Konten yang gak sekadar viral, tapi dapat memberikan manfaat bagi banyak orang. Noted, mbak. Menulislah buat pembaca gitu yaa, bikin nyaman pembaca, dan sajikan informasi yang mereka butuhkan.

    BalasHapus
  43. Aku termasuk yang 1 juta aktif nonton YouTube nih, hampir tiap hari mantengin video di sana, hahahaa
    Aku suka juga nonton channel nya Shiren, kalo lagi ngambek sama Wisnu lucu tuh. Seneng ya bisa gabung dalam selebrasi Wardah, dapat insight keren pasti dari Suhay, dan narsum lainnya

    BalasHapus
  44. Keren sekali ya wardah ini, selain produknya bagus, dia juga selalu mengedukasi, memberikan manfaat, dan terus berinovasi...Gak salah kalau banyak yang milih Wardah

    BalasHapus
  45. Selamat yaa buat Wardah yang ternyata udah 'dewasa' juga...25 tahun...Virtual selebrasinya keren banget euy..

    BalasHapus
  46. Seneng banget ya bisa ikut acara kayak gini, bisa dapat banyak tambahan ilmu.
    Intinya konsisten dan fokus ya mbak, dan buat saya 2 hal ini rasanya beraaaat

    BalasHapus
  47. Suhay Salim idolakuuuu. Nggak selalu nonton Youtubenya Suhay sih tapi suka baca review-review skincare dan kosmetik dari IGnya. Kenal Wardah juga dari dia. Ternyata udah 25 tahun ya Wardah ini.

    BalasHapus
  48. Aku lumayan ngikutin Zaskia dan Shireen, yutubnya juga. Nggak nyangka Wardah udah 25 tahun, sukses selalu buat Wardah

    BalasHapus
  49. Seru banget ya acara wardah, saya sudah daftar tapi gak jadi ikutan karena ternyata ada acara lain. Tapi alhamdulillah seneng banget bisa membaca ulasannya di sini, ternyata itu ya tipsnya dari mbak Suhay. pantesan aja beliau banyak banget pengikutnya di yutube

    BalasHapus
  50. Produk Wardah yang saya sukai, mulai dari pelembab, sunscreen, bedak, eyeshadow sampai lipstiknya juga, Mbak. Ternyata Wardah itu udah 25 tahun ya..

    BalasHapus
  51. Wah ada Suhay Salim, salah satu kreator yang bikin aku suka ngereview skincare juga. Aku kalau nonton youtube pilih2 sih, soalnya nggak semua yg trending itu berbobot. Kadang ada yg isinya bergunjing doang tp viewnya banyak. Males deh

    BalasHapus
  52. Tipsnya mantaap..
    Para mastah youtube creator ini memang keren kalau bikin konten, terutama dengan tema beauty, pastinya.
    Brand ambassadornya Wardah keren-keren yaa...

    BalasHapus
  53. waaah seru banget yaaa ternyata, udh di alarm pengen nonton jg eh ketinggalan karena ada ini itu huhuuu.. wardah emang the best! :)

    BalasHapus
  54. waaah seru banget yaaa, sayang aku ketinggalan huhuu.. wardah emang the best deh :)

    BalasHapus
  55. wah seru banget ya ternyataaa , sayang aku kelewatan huhuu.. wardah emang the best :)

    BalasHapus
  56. wardah udah 25 tahun? super kereeeennnn.. wardah emang kece kece banget juga sih ya produknyaaa, apalagi label halalnya bikin kita semua makin cinta sama wardah yaaaa

    BalasHapus
  57. seru banget nih acaranya, ada suhay salim juga. seneng lihat dia ngisi acara, pasti seru..

    BalasHapus
  58. Aku lagi drop banget nih semangat ngeyoutube. Mestinya ikutan lihat acara ini ya biar terpantik semangat untuk bikin konten lagi yang bisa dibagikan.

    BalasHapus
  59. saya juga suka banget dengan produk Wardah Kak, facial foam, lipgloss, sunblock, sekarang lagi suka lip crayon itu :D
    tapi sayangnya gak pede kalau buat video2 review gitu, hihihh

    BalasHapus
  60. Keren ini koleksi lipstiknya banyak aku baru 3 yang lipstik Wardah semoga semakin sering ada acara seperti ini ya

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)