Senin, 08 Februari 2021

Tantangan dalam Mendampingi Anak Melakukan Pembelajaran Jarak Jauh di Rumah

Tak terasa waktu berjalan begitu cepat, proses belajar mengajar yang dilakukan selama pandemi yang sudah berjalan setahun ini dilakukan dari rumah. Sepertinya bohong jika aku tidak merasakan tantangan dalam mendampingi anak melakukan pembelajaran jarak jauh di rumah. Tentunya banyak tantangan yang aku hadapi dengan segala hal yang terjadi dan menimpa keluarga kami. Namun tantangan itu bisa aku lalui karena adanya kerjasama yang baik dengan anakku, Darell. Yes, we are solid team as always! So here is a story of me and my son facing all the obstacle through doing school remotely from home. Shall we start now...


Kelas Pintar

Pengalaman Mendampingi Anak Belajar dari Rumah

Rasanya campur aduk bisa bertahan selama setahun dengan keadaan pandemi yang membuat siapapun mungkin merasa tidak nyaman, bingung, panik, dan khawatir. Karena ini bukan hal yang biasa terjadi dalam hidup, dimana kita semua dipaksa untuk bertahan di rumah, meminimalisir aktivitas di luar rumah dan melakukan segalanya di rumah aja. 

Masih teringat momen dimana pemerintah mengumumkan untuk PSBB dan melarang adanya kegiatan yang menyangkut orang banyak, termasuk diantaranya aktivitas sekolah. Ya, anak-anak diharuskan belajar dari rumah menggunakan segala teknologi yang ada di rumah. Alhamdulillah kami memiliki gadget yang memadai untuk membantu Darell belajar dari rumah. Dan, bersyukur sekali karena memang aku dan suami sudah menyiapkan laptop dan handphone lengkap dengan nomornya untuk membantu Darell belajar dan komunikasi. Jadi saat diharuskan melakukan pembelajaran jarak jauh, sedikitnya secara teknis kami siap. Secara mental? Butuh proses tentunya. Karena di saat yang bersamaan aku pun juga harus dirumahkan karena kondisi. 

Kelas Pintar


Awal dari pembelajaran jarak jauh ini memang harus disiapkan sistem yang jelas, terutama sistem komunikasi antara murid, guru, dan orangtua atau wali murid. Seperti jam berapa harus kirim foto absen ke wali kelas, bagaimana pemberian materi, platform apa yang akan digunakan untuk pengumpulan tugas dan ujian, hingga bagaimana membiasakan anak tetap fokus belajar meski dari rumah. Wah ini prosesnya panjang mom, terlebih membiasakan anakku untuk mandiri belajar bertanggungjawab atas semua tugas yang diberikan oleh guru juga membuatnya aktif bertanya dengan guru sendiri tanpa perantara aku sebagai orangtuanya.

Tantangan yang Dihadapi Selama Mendampingi Anak Melakukan Pembelajaran Jarak Jauh dari Rumah

Proses menemukan sistem belajar mengajar secara jarak jauh ini tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Di mana anak-anak mungkin akan merasa kaget, atau justru santai karena merasa belajar di rumah yang euforianya berbeda. Sementara tantangan yang aku rasakan selama mendampingi Darell belajar dari rumah yaitu:

  1. Menemukan pola belajar yang tepat dengan pembiasaan yang dibentuk agar Darell tetap merasa semangat belajar meski dari rumah.
  2. Membuat aturan yang jelas perihal proses belajar anak dari rumah, seperti kapan jam istirahat, kapan harus fokus, dan lain sebagainya.
  3. Membiasakan aku dan anak untuk sama-sama mengerti materi yang diberikan dan bisa mengajarkan tugas latihan yang diberikan oleh guru. 
  4. Memberikan timeline pengerjaan PR yang diberikan (ini umumnya cukup banyak, mulai dari menulis di buku atau membuat video dan foto yang harus diserahkan dengan jangka waktu tertentu).
  5. Kuota penggunaan internet meledak di awal proses belajar mengajar dari rumah. 
  6. Menjadi jembatan komunikasi antara anak dengan gurunya untuk hal-hal dari materi yang mungkin anak tidak mengerti.
  7. Membuat anak mengerti dan memahami bahwa meski di rumah bukan berarti 'liburan', mereka tetap harus belajar namun dengan cara yang sedikit berbeda.
Kelas Pintar


Dari ke tujuh tantangan yang aku temui selama mendampingi pembelajaran jarak jauh di rumah yaitu membuat anakku semangat dan bertanggungjawab belajar dari rumah rumah. Juga, supaya kuota gak meledak nih hehehe harap maklum ya berhubung kehilangan pekerjaan tetap jadi harus pintar-pintar menemukan solusi belajar online.

Menemukan Solusi Belajar Online dengan Kelas Pintar 

Alhamdulillah, karena aku sering banget baca tulisan review di blog teman-teman sesama blogger ternyata banyak yang review tentang Kelas PIntar yang menjadi solusi belajar online. Jadi apa sih "Kelas Pintar" itu?  

Kelas Pintar adalah sebuah solusi belajar online dengan metode pintar, personal, dan terintegrasi yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran guna mendapatkan nilai akademis yang lebih baik. 


Adapun metode yang diberikan Kelas Pintar yaitu metode pintar dan personal karena Kelas Pintar percaya bahwa setiap siswa memiliki preferensi dan cara belajar yang berbeda-beda. Untuk itu, Kelas Pintar menggunakan pendekatan PERSONAL melalui metode penyampaian materi yang disesuaikan dengan beragam karakter siswa, baik itu melalui Visual, Audio, maupun Kinestetik (V.A.K). Dan untuk memastikan kurikulum pendidikan di Indonesia bisa diserap oleh siswa, Kelas Pintar menggunakan metode pembelajaran PINTAR yang menggunakan pendekatan Learn, Practice, dan Test. 

Kelas Pintar Solusi Belajar Online

Kelas Pintar memberikan integrasi murid, guru, dan orang tua dengan fokus utama untuk menguatkan dan mensinergikan peran guru, sekolah, dan orang tua dalam proses pembelajaran siswa melalui platform ini. Iya, platform Kelas Pintar yang memiliki kemampuan merekam proses belajar siswa untuk digunakan sebagai bahan analisa bagi guru, orang tua dan sekolah dalam memahami karakter, potensi, dan kesulitan dalam belajar.

Fasilitas yang Ada di Kelas Pintar 

1. Solusi untuk Murid

Bimbel online terbaik, belajar asik dengan Kelas Pintar dengan metode Pintar, Personal, dan Terintegrasi dimana murid bisa mengakses berbagai variasi materi pelajaran, latihan soal dan tes di Kelas Pintar, serta membuat Grup Belajar dan mengerjakan Tugas dari guru. 

2. Solusi untuk Guru

Guru/Mentor dapat melakukan aktivitas belajar mengajar secara online, berinteraksi secara virtual, memberikan Tugas, PR, dan Project serta melakukan Ujian secara online yang dilengkapi fitur Monitoring. 

Kelas Pintar Solusi Belajar Online

Kelas Pintar Solusi Belajar Online

3 Metode Pembelajaran yang Aktif dihadirkan oleh Kelas Pintar untuk Guru

  1. Penjelasan materi menyeluruh dalam bentuk audio-visual, video animasi, dan buku pelajaran elektronik (e-book)
  2. Penguatan konsep melalui soal latihan yang bervariasi seperti HOTS (Higher Order Thinking Skills), Tanya Jawab serta VBQ (Value Based Question)
  3. Evaluasi proses pembelajaran melalui soal Tes yang bervariasi seperti Tes Adaptif, Soal Pilihan Ganda (MCQ), dan Soal Uraian (Essay)

Memberikan Kenyamanan dalam Proses Belajar - Mengajar yang Semakin Optimal

  1. Pemahaman yang mudah dengan personalisasi metode belajar sesuai kebutuhan siswa serta beragam modul pilihan.
  2. Akses UNLIMITED ke puluhan ribu materi pelajaran dan soal latihan mulai dari jenjang SD hingga SMA.
  3. Grup diskusi antara murid dan guru dalam satu aplikasi.
  4. Peran aktif guru dan orang tua dalam memantau perkembangan belajar siswa secara "real time".
Kelas Pintar Solusi Belajar Online

3. Solusi untuk Orang Tua

Membantu orang tua dalam memantau perkembangan belajar anak, mulai dari jadwal belajar, penyelesaian tugas sampai ke performa nilai rata-rata anak untuk setiap mata pelajaran. 

Orang tua dapat memantau perkembangan belajar anak seperti:

        Melihat rapor anak kapanpun dan di manapun

        Melihat dan membuat jadwal belajar anak melalui sistem yang terintegrasi

Wah menarik banget kan? Dengan adanya Kelas Pintar sebagai solusi belajar online anak, memudahkan orang tua, guru dan anak dalam menjalani proses pembelajaran jarak jauh dengan optimal.

Paket Berlangganan Online di Kelas Pintar

Oia, terdapat 4 pilihan paket berlangganan kelas dan kurikulum di Kelas Pintar yaitu:

        Kelas 1-3 SD

        Kelas 4-6 SD

        SMP

        SMA

Orang tua bebas memilih paket berlangganan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing anak, tujuannya agar bisa lebih optimal dalam melakukan pembelajaran jarak jauh dan memampukan anak  untuk mengerti dan memahami setiap mata pelajaran yang didapatkan dari sekolah. Bonusnya, anak-anak bisa meraih nilai yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orang tua.

Kelas Pintar Solusi Belajar Online

Yes I know mom, tahun kedua pandemi ini mungkin akan terasa lebih berat dan melelahkan, but hey, kita semua bisa melewatinya dengan sehat, bahagia, dan waras tahun kemarin kan? Artinya, kita tetap mampu melewati tahun ini lebih baik lagi. Dan anak-anak tetap bisa nyaman menjalani pembelajaran jarak jauh bersama Kelas Pintar tentunya. 


52 komentar:

  1. Anakku masih usia 2 tahun mbak, awalnya aku nggak kepikiran tentang pendidikan online di masa mendatang buat dia. Tapi setelah baca prediksi corona baru mulai hilang di indonesia 10 tahun kedepan itu bikin aku was-was banget dan akhirnya mulai cari banyak referensi tentang belajar daring. Sekarang adapet alternatif tambahan lagi nih dari mbak aie. Mantapp, makasih ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah serius baru bisa normal sekitar sepuluh tahun lagi? Duh... PSBB selama itu terbayang gimana ya...

      Hapus
  2. Bulan Desember tahun lalu saya juga menggunakan Kelaspintar ini persiapan anak menghadapi UAS. Alhamdulillah, hasilnya tidak mengecewakan. Padahal saya ambil yang paling murah untuk satu mata pelajaran...

    BalasHapus
  3. Kelas pintar ini bisa jadi solusi banget ya buat murid dan guru saat masa pandemi ini. Soalnya harus pinter-pinter emang nemuin metode yang nyaman sekaligus menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang untuk orangtua yang juga bekerja, walau tetap bekerja di rumah dengan adanya kelas pintar ini sangat membantu sekali ya.

      Hapus
  4. Kelas Pintar ini emang recommended banget. Komplit... Harganya juga sebanding dengan fasilitas yang diberikan ya mbak.

    BalasHapus
  5. Solusi banget ni ya mba aie. Karena masik akan panjang ni perjalanan kita mendampingi anak belajar daring. Dan ini paket berlangganannya bisa diaesuaikan dengan kemampuan ya.

    BalasHapus
  6. Sejak ada PJJ, mau ngga mau ortu harus terlibat di dalamnya. Karena ngga mungkin anak belajar sendirian. Ya minimal ada yang ingetin buat selesaiin tugas. Etapi, kalau ditemani sama aplikasi belajar kaya Kelas Pintar ini, mamak bisa agak menghela napas sebentar yaa. Memudahkan anak belajar juga

    BalasHapus
  7. Aku dah mengalami kejenuhan dan kadang aku cuekin aja itu PR2 wkwkwk
    Pas suasana hati dah membaik baru aku lanjutin ngajak anak ngerjain PR. Balada kalau kelas kecil kudu selalu ditemenin sih wkwkwk
    Mungkin nanti kalau kelas besar aku jg akan kasi tambahan les2 ke anak,bisa jg melalui bimbel2 online gtu ya mbak

    BalasHapus
  8. wah makasih rekomendasinya mbak, emang kalo aku belum bisa mendampingi full selama kelas online ini karena juga ngajar juga, semoga rekomendasi mbak ini bisa ngenbantu buat emak emak yang lagi galau selama pembelajaran virtual ini

    BalasHapus
  9. terima kasih kak buat rekomendasinya, jujur walau nggak mendampingi terus2an aku bosan dan jenuh juga, kadang sampe stress sendiri :(

    BalasHapus
  10. Belum berkeluarga tapi ngerti kalau menemani anak belajar online bikin geregetan, tetanggaku misalnya, bisa nih rekomendasikan kelas pintar ke tetanggaku!

    BalasHapus
  11. platformnya menarik yaa untuk anak-anak belajar, jadi teks semuanya, ada ilustrasi yang bikin anak tetap fokus dan gak bosen jadinya

    BalasHapus
  12. Yang paling terasa memang kuota internet membengkak yah, selain ada positifnya jadi bisa tahu pola belajar yg efektif dan kedekatan sama anak ketika belajar

    BalasHapus
  13. kebetulan adekku lagi belajar dirumah, perlu juga ada tambahan kelas begini biar gak cuman belajar daring biasa, coba nanti aku rekomendasiin ke ibu tentang kelas pintar ini, mumpung ada untuk SMA juga

    BalasHapus
  14. Ya ampun.. benar-benar tantangan emang mbak. Aku pusing kalau udah belajar online, antara kerjaan dapur dan menemani anak belajar online. Aku sampai pasang WiFi juga di rumah.

    BalasHapus
  15. Anak pertmaku kalau sekolah online kejar-kejaran dulu mbak. Ampun banget. Tapi pas ku trial pakai Kelas Pintar, anteng ngerjain soal dan mendengarkan materinya. Ternyata memang solusi juga nih ya.

    BalasHapus
  16. Tantangan pembelajaran jarak jauh sebenarnya kalau buatku adalah melatih kesabaran dan bersahabatnya koneksi. Tapi so far anakku aman-aman aja sih selama pembelajaran jarak jauh, mungkin karena baru kelas 1 juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga merasa masih aman buat Naeema, mungkin juga karena kurikullumnya base on talent mapping yah. Yang bingung itu ngasih kegiatan yang ga bikin bosen dan mengurangi screen time.

      Hapus
  17. Aku awalnya juga khawatir sih soal PJJ ini apalagi anakku masih PG. Untungnya doi kooperatif dan antusias kalo disuruh mengerjakan tugas. Cuma ya namanya bocah ya ada aja moody-nya suka berhenti di tengah jalan padahal belum selesai 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren mels anakmu, anakku biar udah gede masih harus di awasin soalnya hahaa kalau nggak bisa nggak ngumpulin tugas

      Hapus
    2. Aku berharap ketika dia naik ke jenjang berikutnya juga akan selalu mudah disuruh belajar. Baik online maupun offline. Amin hehehe

      Hapus
  18. Huhu, banyak ya tantangan belajar di rumah itu. Dan iya nih, terutama buat bujangku, butuh banget deh ekstrakelas. Dan Kelas Pintar bisa jadi pilihan biar belajar Dan mendalami materi pelajaran jadi optimal.

    BalasHapus
  19. wah ini pasti bermanfaat banget ya buat momi-momi di rumah, aku perhatikan saudara aku yang guru juga sangat berjuang banget dampingin anak-anaknya ngajar

    BalasHapus
  20. Harganya sangat terjangkau yaa, kak Aie.
    Cocok untuk membantu anak-anak dalam memahami konsep dari sebuah materi pelajaran di sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelas Pintar menjadi solusi untuk semua masalah pembelajaran online yaa..
      Alhamdulillah, no ribet and no drama-drama club lagi.

      Hapus
  21. belajar jarak jauh itu emang banyak banget tantanganya yaaa, temenku yang punya anak SD juga ngerasa kewalahan banget semenjak belajar jarak jauh huhuhu, semoga kondisi ini bisa segera berlalu yaaa

    BalasHapus
  22. Wah kelas pintar ini benar2 bikin pintar ya. Bukan anak2 aja sbg murid yg pintar, guru dan ortunya juga jadi pintar karena harus mendampingi dengan cara yg benar.

    BalasHapus
  23. Positifnya selama mendampingi anak belajar di rumah ini emg ortu jd lebih berperan aktif terhadap perkembangan belajar anak ya, walaupun tantangannya pasti jg lebih besar.

    BalasHapus
  24. Wah dengan kelas pintar hub. Antara orang tua, guru & murid lebih terintegrasi & memudahkan untuk menganalisis potensi dari murid ya

    BalasHapus
  25. Ada plus dan minusnya soal pembelajaran di rumah ini. Tapi memang lebih baik menurutku juga anak-anak lebih baik belajar di rumah terlebih dulu. Toh sekarang jaman lebih maju dengan perkembangan teknologi yang kian maju ya. Kelas pintar hadir untuk memenuhi solusi belajar online

    BalasHapus
  26. Kelas pintar ini bisa menjadi solusi belajar dari rumah ya. Membantu anak-anak supaya dapat belajar dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener ya, bimbel online itu membantu memudahkan anak-anak, orang tua untuk menyelesaikan materi yang awalnya belum dipahami

      Kelas pintar aku sudah mencoba dan memang bener deh, penjelasannya oke banget ya, Kak

      Hapus
  27. Memang perubahan besar ya di masa pandemi ini. Suami aku guru jdi kebetulan melihat gmn susahnya jg guru ngajar dan membuat muridnya paham lwt daring. Nanti aku referensiin kelas pintar ini uk dia

    BalasHapus
  28. walaupun anak ku blm sekolah wajib, tapi anaku udh minta belajar onlen yg seminggu 3 x, wkwk.. lumayan y bu, musti bagi waktu saat anak sekolah, gimna yg tiap hari yh

    BalasHapus
  29. Sebagai guru TK, memang sulit rasanya belajar online. Aku video call masing2 anak, namanya anak TK yang belum bisa fokus, di rumah malah makin banyak alasan dan banyak faktor yang ngedistract dia hahahahhah

    BalasHapus
  30. Kelas pintar asik banget ya, tidak hanya soal-soal latihan saja yang diberikan tapi juga solusi murid dan guru juga. Sangat membantu sekali menurut saya apalagi pembelajaran daring seperti ini

    BalasHapus
  31. Selamat ini tahunya bimbel online gitu buat anak doang ternyata ini sistemnya dua arah, buat guru juga supaya lebih mudah menyanmenyam materi.

    Semangat Moms mendampingi anak belajar d rumah aku tahu ngga mudah tapi biidzinilah bisaaa.

    BalasHapus
  32. Sekarang semua serba online ya. Semangat buat para mom yang musti membagi waktu mendampingi anak sekolah online.

    BalasHapus
  33. Ponakan daku juga pernah begitu harusnya waktu belajar dia menganggapnya masih libur, jadilah kakak daku cari akal kasih pemahaman bahwa sedang sekolah 😅

    BalasHapus
  34. Kelas pintar ya? wah alternatif baru lagi buat materi belajar dirumah nih. Pengen coba deh, Naeema udah perlu tambahan kayanya.

    BalasHapus
  35. Karena aku tidak mengerti cara kerja Kelas Pintar ini, jadi aku mencoba mencet link yang Mbak Andiyani cantumkan di atas.

    Aku tercengang menyadari bahwa ini mungkin semacam les tambahan, supaya anak lebih paham isi pelajaran sekolah.

    Aku juga baru sadar bahwa mata pelajarannya bukan dipecah menjadi Matematika, PMP, Bahasa, dan sejenisnya, tapi dibagi menjadi tema-tema yang mungkin dirancang membahas semua mata pelajaran secara integral.

    Website macam begini pasti perlu user interface yang nyaman buat anak, supaya anak tetap betah, mengingat orangtuanya sudah berinvestasi minimal Rp 600k per bulan kalau mau menguasai semua tema.

    Pemahamanku bener nggak nih?

    BalasHapus
  36. Mamak2 kudu setrong ya lg pandemi begini. Jadi ortu plus guru di rumah. Pastinya butuh adaptasi. Untungnya ada kelas pintar yg menolong bgt saat PJJ ini.

    BalasHapus
  37. anakku kelas 1 seringnya merasa bosan dapat materi dari gurunya, mungkin bisa diselingi dengan ikutan program belajar online di Kelas Pintar ini ya biar punya pengalaman lain belajar secara online.

    BalasHapus
  38. iya nih sulit memberi pemahaman anak walaupun di rumah juga tetep sekolah jadi kadang anak males malesan gitu ngerjain tugasnya

    BalasHapus
  39. kalau ada penawaran untuk mendukung sistem pembelajaran anak secara daring, tentu saja jadi angin segar buat semua orang tua ya kak. Soalnya apapun effort kita dari tahun ke tahun sejak pandemi, itu sungguh luar biasa!

    BalasHapus
  40. solusi nih buat pjj yaa mba, jadi anak pun lebih mudah memahami pelajaran juga walopun di rumah belajarnya

    BalasHapus
  41. Mantab mbak, Kelas Pintar ini sangat support untuk memberi pemahaman kepada anak-anak yang belajar di rumah ya. Btw, membaca cerita mbak, jadi inget drama emak2 yang nge-gass pada anaknya karena kesulitan menirukan "Pancasila" Hahaha

    BalasHapus
  42. Wlopun anak aku msh 2 tahun dan bayi jujur strees dluan liat orng orng skolah online. Takut ga faham penjelasan gurunya dll, Tp kelas pintar ini cukup lengkap yaa bs ngebantu anak anak buat belajar. Thankyou referensinya nti aku ksh tau jg ke tmn tmn aku yg anaknya udh mulai pd sekolah

    BalasHapus
  43. Belum pernah denger nih. Tapi kayaknya sangat berguna buat mama seperti aku yg kerja dan gak sempet nemenin anak skolah online. Apalagi ada metode scra kinestetiknya, thanks infonya kak

    BalasHapus
  44. Allhamdulilah jadi tertolong ya anak-anak yang harus belajar di rumah. orangtua juga lega anak-anak bisa belajar dengan kelas pintar ini

    BalasHapus
  45. Bisa saya rekomendasikan ke saudara yang punya anak kecil SD buy mba Si, bagus pasti bantu dia banget

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)