Senin, 15 Februari 2021

5 Tips Memilih Properti Terbaik untuk Investasi Masa Depan

Properti menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan investasi jangka panjang, apakah kamu salah satunya? Nah, agar tidak salah memilih properti yang benar untuk investai berikut adalah 5 Tips Memilih Properti Terbaik untuk Investasi Masa Depan. Shall we start now...

Properti untuk Investasi
Aku jadi teringat awal mula kenal dengan pak suamik kebanyakan jalan bareng mengunjungi seminar properti yang ada di Jakarta. Tujuannya, selain sekalian pacaran (lah emang pacaran mbaknya? hehehe) tapi juga melirik-lirik properti masa depan. Bisa untuk kami tempati nanti atau mungkin bisa dijadikan investasi yang menjanjikan di masa depan.

Makanya gak heran, banyak teman-teman yang usianya terbilang masih muda berlomba-lomba melakukan investasi untuk harti tua nanti. Salah satu investasi yang cukup jadi favorit anak millenial yaitu investasi properti. 

Alasan investasi lebih digemari yaitu dalam bentuk perumahan karena dianggap lebih menguntungkan dalam jangka panjang. Lagipula bisa memiliki properti pertama adalah hal yang membanggakan (meski nyicil ya? hehehe, sama beb aku pun).

Tips Memilih Properti untuk Investasi

Namun, untuk melakukan investasi properti ada beberapa pertimbangan dan strategi yang diperlukan. Iya, harus ada perencanaan yang jelas dan tentu saja memilih lokasi yang strategis. Karena itu, yuk simak 5 tips memilih properti terbaik untuk investasi masa depan berikut ini.

1. Pilih Lokasi Terbaik

Lokasi tepat akan membuat properti yang kamu beli memiliki nilai jual yang baik di masa yang akan datang. Harus diperhatikan juga bagaimana potensi perkembangan lokasi tersebut di masa depan. Beberapa lokasi mungkin akan terlihat sepi saat ini, namun bukan tidak mungkin lokasi tersebut akan mengalami perkembangan yang pesat di masa depan, dimana hal tersebut akan menjadi penyebab naiknya harga properti tersebut.

2. Perhatikan Akses Menuju Lokasi

Poin dua ini gak kalah penting dengan poin pertama, dimana akses menuju lokasi properti tentu harus yang strategis, mudah dijangkat dari beberapa titik kedatangan sekaligus, dan terletak di area yang memang memiliki potensi perkembangan yang baik.

Kawasan perkotaan atau bahkan jalan-jalan besar akan menjadi salah satu di antaranya, sehingga sangat layak untuk dijadikan pilihan. Namun sebagaimana potensinya, properti di lokasi seperti ini juga akan dihargai cukup mahal, jika dibandingkan dengan lokasi lainnya yang lebih sepi. Karena itu sangat disarankan untuk memilih lokasi yang cukup strategis di awal investasi yang kamu lakukan. 

Tips Memilih Properti untuk Investasi

3. Pertimbangkan Fasilitas yang Tersedia

Hal lain yang jadi pertimbangan tentu fasilitas yang tersedia, terutama untuk berinvestasi dalam bentuk apartemen. Bukan hanya fasilitas listrik dan air saja, namun berbagai fasilitas umum juga patut dijadikan pertimbangan yang sangat penting dalam membeli properti, seperti: jalan raya, akses kendaraan umum, fasilitas shuttle bus, fasilitas kesehatan, pasar, minimarket, sekolah, dan yang lainnya. 

4. Temukan Developer yang Terpercaya

Awal memilih properti, developer menjadi salah satu alasan yang aku pilih terutama developer dengan reputasi yang baik dan sudah terpercaya bahkan dikenal baik selama beberapa tahun lamanya. Hal ini tentunya menjadi sangat penting karena developer yang terpercaya dan telah memiliki pengalaman bisnis yang baik di bidang properti tentu akan menjadi properti investasi yang kamu pilih dan minim kerugian di masa yang akan datang. 

5. Harga dan Fasilitas Pembayaran yang Tepat

Berhubung aku masih dalam ekonomi menengah ngehe, duh maap ya, maksudnya serba pas-pasan gitu, jadi harga juga masuk dalam list tips memilih properti terbaik untuk investasi masa depan. Terutama nih ya, kalo memang pembelian tidak bisa dilakukan secara tunai alias kredit. 

Tanyakan secara detil seluruh informasi yang terkai pembayaran ini, termasuk cara pembayaran yang bisa dilakukan. Hal ini penting, untuk mencegah berbagai masalah dan hal-hal yang merepotkan di kemudian hari. 

Tips Memilih Properti untuk Investasi

Nah itulah 5 Tips Memilih Properti Terbaik untuk Masa Depan yang mungkin bisa bermanfaat bagi teman-teman. Oia, untuk di masa pandemi sekarang mungkin belum bisa melihat fisik properti untuk investasi. Karena itu kamu bisa cek segala bentuk properti yang diinginkan di web properti sebelum memutuskan untuk membelinya. 






41 komentar:

  1. kalau ada dana lebih memang sebaiknya investasi ya kak, apalagi kalau investasi properti karena katanya sih itu yang paling menguntungkan, emas hitam hahhaaa

    BalasHapus
  2. waaa terima kasih tips tipsnya bermanfaat banget niih, sekarang milih properti emang kudu banget lebih diperhatikan lagi yaaa, ada temenku yg beberapa tahun lalu salah pilih deleloper dan molor nya lama banget

    BalasHapus
  3. Fasilitas dan cicilan itu penting banget dipertimbangkan plus harus bebas banjir agar nilai investasi kita melejit terus

    BalasHapus
  4. Aku masih newbie kak, baru lulus dan first jobber, lagi tahap menabung, bismilah target tabungan stabil terus lanjut target investasi, mulai lirik2 enaknya invest apaan, pengennya properti kayak gini ternyata emang lokasi kudu banget dipertimbangkan yaa

    BalasHapus
  5. Berinvestasi di properti memang bagus ya, mbak. Ternyata harus lebih berhati² sebelum membeli ya, mbak.

    Sering bgt dengar developer yang ga bertanggung jawab, jadi harus hati2 dlm memilih developer dan lokasi ya, mbak.

    Terima kasih tipsnya ya mbak 😊

    BalasHapus
  6. Yihaa dapet panduan ciamik dari mba Andi.
    Berguna banget ini untuk pemula dan untuk mikirin properti di masa depan.

    BalasHapus
  7. Jujur pengen juga investasi properti kayak gini. Tapi aku mau punya rumah sendiri dulu. Semoga nanti ada rejekinya. Aamiin.

    BalasHapus
  8. Developer harus terpercaya ya bener banget tuh mbak. Jangan sampe kita beli properti yang bermasalah atau banyak kendalanya krn itu investasi besar wkwkwk

    BalasHapus
  9. Lokasi sama akses sih yang penting mbak. Ga banjir jugaa hehehe. SOalnya kalau banjir, PR banget huhuhu.

    BalasHapus
  10. 1,2,3, dan 5 udah ada semua di rumahku yg sekarang, sayang developernya ya gtu deh. Kualitas bangunan jd kurang ok dan abis bangun ditinggal gtu aja huhu
    Semoga ada kesempatan punya properti berikutnya yg beli dr developer yg lbh terkenal dan bagus, tp harga terjangkau (tetep) hehe

    BalasHapus
  11. Nah, tipsnya bener semua nih. Apalagi soal lokasi. Jangan pelosok banget ya, bisa jauh ke mana-mana.

    BalasHapus
  12. Faktor2 di atas emang penting banget ya kak sebelum memutuskan membeli suatu properti 👍

    BalasHapus
  13. Menabung yang terbaik dan investasi jangka panjang.
    Dengan memilih properti yang tepat, maka bisa menjadi pemasukan setiap bulan juga.

    BalasHapus
  14. Akses menuju lokasi, ini bener banget. Apalagi kalau diikuti fasilitas yang memadai

    BalasHapus
  15. Pengalaman pribadi membeli (eh menyicil) rumah, susah menemukan yang ideal 100 persen. Bagus di developer dan kualitas bangunan, eh minus di lokasi. Pas di lokasi, kualitas, dan developer, eh mehong bingit hihihi (maklum menengah ngehe juga).
    Akhirnya ya, tetap tentukan pilihan dan berdamai dengan kekurangannya :)

    BalasHapus
  16. Noted sih kak kalau mau berinvestasi properti itu selain developer yg terpercaya, lokasi sangat dipertimbangkan. Aku bercita-cita sih buat bisa investasi properti hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku berangan-angan suatu saat nanti bisa berinvestasi properti ini kak Aie dan noted untuk catatan pentingnya nih kak

      Hapus
  17. Jadi inget nasihat pak Ciputra, mbaaa
    kalo mau cari properti, selalu perhatikan lokasi, lokasi dan lokasi.
    Ya termasuk akses ke sana, plus infrastruktur-nya

    Makasiii saran dan tips-nya ya Mba Aie.

    BalasHapus
  18. Iyes bener nih tipsnya, kalo ada dana lebih baik investasi properti. Nilainya naik, tapi juga harus nyari developer yang bisa dipercaya

    BalasHapus
  19. Iya lokasi kudu strategis,,, kalo dapet lokasi ga oke setidaknya aksesnya lancar dan memadai,,, semoga tahun ini rejeki lancar jadi bisa inves ke properti secara pandemi berdampak besar sih,, orang jadi wait and see ga berani beli properti yang butuh komitmen tinggi

    BalasHapus
  20. properti memang manjadi pilihan investasi terbaik ya mbak
    dan benar sekali jika harus hati hati pilih properti
    penting bgt mencari developer yg terpercaya
    aku pernah ditipu developer mbak, uang muka puluhan juta melayang, huhuhu

    BalasHapus
  21. Bisnis investasi memang menjanjikan ya!
    Apalagi kalau 5 tips di atas semua dimiliki.
    Tinggal panen cuan deh!

    Seperti di daerah aku, Balikpapan,
    Ada grup properti yang laris manis kayak kacang goreng, karena memiliki 5 tips di atas.

    BalasHapus
  22. hehehe... bisa punya rumah sendiri, walau nyicil pun rasanya membanggakan kok mbak.
    Cari developer yang terpercaya ini penting banget. Jadi ingat cerita 2 teman, udah bayar Dp di 2 lokasi, tapi keduanya sama-sama mangkrak nggak jelas gitu pembangunannya

    BalasHapus
  23. Nah iya, setuju Mbak, memilih properti itu harus dipertimbangkan baik-baik. Lokasinya harus strategis, akses ke lokasi mudah dan juga mesti diperhatikan fasilitas yang ada di sana.

    BalasHapus
  24. Pas banget tuh prioritasnya, yang nomer 1 dan 2 emang jadi pertimbangan utama. Kalau pilih yang dekat, bisa cek budget terjangkau atau tidak. Sedangkan kalau agak jauh, akses menuju ke hunian lancar atau tidak, agar tetap efisien selama beraktivitas di keseharian.

    BalasHapus
  25. Memilih properti memnag mesti hati-hati ya, Mbak Aie
    Setuju jika lokasi jadi salah satu pertimbangannya. Sekitar 15 tahun lalu, aku pilih rumahku yang sekarang juga mikir gitu. Dulu masih sepiii...Tapi mikirnya karena deket sini akan ada tol JORR plus pintu tolnya, pasti akan berkembang. Beneran sekarang dah rameee dan berlipat nilainya

    BalasHapus
  26. Menemukan developer terpercaya ini juga harus hati-hati banget ya Mba Andi
    aku juga pengen bisa punya properti untuk masa depan. Semoga ada aja reejekinya kita smeua aamiin

    BalasHapus
  27. Untuk bisnis atau pun untuk hunia, memilih properti dengan teliti itu adalah sebuah keharusan. Supaya kalo ditemapti bisa nyaman dan aman. dan menguntungkan untuk bisnis.

    BalasHapus
  28. Investasi tuh emang penting banget ya mak aie.. Aku juga pengen invest properti.. Baca tipsnya dulu deh disini sebelum ada rejeki buat invest properti beneran.. hihi. Maaci tipsnya mak Aie..

    BalasHapus
  29. Pengen banget deh bisa punya apartemen sendiri hehe yang letaknya di pusat kota untuk investasi.. Alhamdulillah, rumahnya sebentar lagi lunas semoga lancar dan sehat aamiin..

    BalasHapus
  30. Aku paling setuju nih untuk memiliki investasi itu lebih baik investasi dibidang properti ya kak, apalagi kalau bisa dibuat semacam B & B gitu. Ini tuh impian aku banget deh punya B&B.

    BalasHapus
  31. Cucok banget nih ...penting memperhatikan berbagai hal untuk investasi properti. apalagi properti tu memang salah satu investasi yang cukup menguntungkan ya..

    BalasHapus
  32. Kestrategisan properti biasanya sebanding sama harga ya klo untuk investasi (rumah kedua) lokasi pinggiran kota bisa jd pilihan krn murah dan lama2 akan ramai, akses jalan seiring waktu akan memgikuti

    BalasHapus
  33. Memilih dan memutuskan memiliki sebuah properti ini penting banget melihat banyak pertimbangan. Karena gak ingin doonk...memiliki properti yang malah bikin gak nyaman pikiran.

    BalasHapus
  34. Setuju banget nih. Sebelum pilih properti, harus mempettimbangkan hal-hal tersebut di atas. Soalnya harga properti kan mahal ya. Jangan sampai salah pilih.

    BalasHapus
  35. Iya penting lokasi buat pertimbangan apakah ke depan akan banyak diminati orang. Karena lokasi jauh juga beban ga banyak diminati orang.

    BalasHapus
  36. kurang lebih sama, mba. Akses ke lokasi menjadi hal penting apalagi kalau mudah dijangkau transportasi umum karena aku kemana-mana seringnya pakai transportasi umum. Trus kalau bisa ya punya tetangga yang enak buat ngobrol, hehe

    BalasHapus
  37. investasi yang terbaik saat ini memang adalah investasi properti dan kita juga harus memilih milih dan pintar-pintar memilih properti

    BalasHapus
  38. memilih developer memang sangat penting kalau kita mau bangun property ya mbak. sering banget nih developernya ngulah kalau salah2 pilih

    BalasHapus
  39. ini masukan banget mbak, makasih ya udah berbagi info gimana caranya milih invest yang tepat dengan properti. tfs ya mbakku~

    BalasHapus
  40. Milenial nih penting banget buat nyari properti dimasa muda. Kebetulan lagi googling eh ketemu tulisan ini. Thanks!

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)