Selasa, 09 Februari 2021

Bun, Begini Cara Mencegah dan Mengobati Cacingan pada Anak

Cacingan pada anak tentu menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi semua orangtua terutama seorang ibu. Darell, anakku satu-satunya pernah mengalami hal ini saat usianya balita. Benar-benar mengkhawatirkan dan membuat resah, karena dia kerap mengeluh gatal di area dubur juga tidak begitu nafsu makan. Rasanya menjadi kewajibanku sebagai seorang ibu untuk memberikan informasi tentang bagaimana mencegah dan mengobati cacingan pada anak. Maka, Bun, beginilah cara mencegah dan mengobati cacingan pada anak berdasarkan pengalaman pribadi. Shall we start now? 

Cara Cegah dan Obati Cacingan pada Anak

Mengenal Penyakit Cacingan pada Anak 

Berdasarkan informasi yang dilansir dari website Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, penyakit parasit seperti cacingan umumnya masih rentan menyerang anak-anak di negara berkembang, Indonesia salah satunya. 

Hal ini disebabkan kurangnya perhatian masyarakat terhadap kebersihan sistem sanitasi, terutama di kawasan yang pemukimannya padat penduduk. Kesadaran terhadap pentingnya hidup bersih di negara berkembang bisa dibilang termasuk rendah, sehingga memicu munculnya penyakit cacingan pada anak. Untuk itulah penting bagi semua masyarakat terutama para orangtua mengenal penyakit cacingan pada anak dan apa sebabnya. 

Ada beberapa jenis cacing yang menyebabkan cacingan pada anak, cacing yang masuk ke dalam tubuh dapat menyerap nutrisi dan berkembang biak dalam jumlah banyak. Itulah mengapa, pengidap cacingan akan mengalami kekurangan nutrisi dan ganggungan kesehatan lainnya. Yang mengerikannya, cacingan pada anak tidak hanya menyerang sistem pencernaan, tapi juga kerap menyerap organ lainnya seperti paru-paru, kulit, bahkan otot. 

Cara Cegah dan Obati Cacingan pada Anak

1. Cacing Kremi (Enterobius vermicularis)

Jenis cacing ini sangat mudah ditemukan di tanah, bahkan ketika anak-anak bermain, telur cacing kremi rentan menempel di kuku, sela-sela tangan, dan bagian tubuh lainnya. Jika anak tidak lekas cuci tangan setelah bermain di tanah ataupun sebelum makan, kemungkinan besar telur cacing tersebut akan tertelan bersama makanan yang ia makan. 

Cacing kremi yang baru menetas akan hidup menempel di  usus besar dan menyerap nutrisi tubuh. Selanjutnya, cacing kremi yang sudah dewasa akan menuju ke anus untuk menetaskan telur-telurnya. Itulah sebabnya, penyakit cacingan akibat jenis cacing ini sering membuat bagian sekitar anus anak terasa gatal. Kebayang dong gimana perasaan kita melihat anak kesayangan merasakan gatal luar biasa di bagian anus akibat cacing ini. 

2. Cacing Gelang (Ascariasis lumbricoides)

Umumnya, cacing gelas masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi telur cacing. Jenis cacing ini tidak menunjukkan gejala spesifik, biasa baru bisa diidentifikasi bila ada cacing yang keluar bersama feses anak.

3. Cacing Pita (Taenia sp.)

Cacing pita hidup dalam tubuh dengan cara menempel di dinding usus, sementara bagian ekornya terus bertumbuh dan memanjang hingga menghasilkan banyak telur. Infeksi yang disebabkan cacing pita ini mirip dengan kondisi cacingan akibat cacing gelang, yaitu tidak menunjukkan gejala spesifik.

4. Cacing Tambang (Necator americanus dan Acylostoma duodenale)

Cacingan yang disebabkan jenis cacing ini rentan membuat anak mengalami anemi dan penurunan kecerdasan. Sebab, darah dan kandungan nutrisi lainnya diserap oleh cacing yang terus-menerus tumbuh dan berkembang biak. 

Cara Mencegah dan Mengobati Cacingan pada Anak

Sebelum membahas tentang cara mencegah dan mengobati cacingan pada anak, terlebih dahulu aku akan informasikan gejala apa saja yang akan dialami anak jika mengalami penyakit cacingan. Oia, jika anak-anak menunjukkan gejala-gejala berikut, ada baiknya mulai waspada dan memberi obat cacingan atau membawanya ke dokter: 

  • penurunan berat badan secara drasti disertai perut membuncit
  • kehilangan nafsu makan
  • lemas dan sering mengantuk
  • demam
  • anemia dan kulit tampak pucat
  • mata sayu
  • penurunan kecerdasan
  • mual, muntah, dan nyeri perut
  • bagian sekitar anus terasa gatal
  • batuk terus menerus dalam waktu yang lama
  • fese mengandung darah dan cacing
Cara Cegah dan Obati Cacingan pada Anak

Sebenarnya agak horor sih kalo ngomongin masalah cacingan pada anak ini, karena bisa membuat kesehatan anak menurun drastis dan bahkan membuat anak menjadi seperti tidak semangat beraktivitas. 

Adapun beberapa penyebab anak mengalami cacingan yaitu:

  • Tidak cuci tangan sebelum makan
  • Jajan sembarangan
  • Bermain tanah dan tidak menggunakan alas kaki
  • Makanan makanan yang belum matang atau masih mentah, terutama daging 
  • Bermain di perairan yang kotor

Cara Mencegah dan Mengobati Cacingan pada Anak

Bun, pada dasarnya mencegah cacingan pada anak sebenarnya cukuplah mudah dan sederhana serta dilakukan secara disiplin terutama pada orangtua. Beberapa diantaranya yang bisa kamu lakukan yakni:

  • Cuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun. Jangan lupa bersihkan juga sela-sela kuku anak. Lakukan ini setiap hendak makan dan setelahnya. 
  • Biasakan untuk memakai alas kaki ketika anak bermaian di luar rumah. 
  • Rutin menggunting kuku, karena telur cacing biasanya bertengger di sela kuku anak yang panjang dan kotor.
  • Jangan biarkan anak mengisap jari dan menggigiti kuku
  • Konsumsi obat cacing secara teratur dan rutin setiap 6 bulan untuk mencegah cacingan.

Cara Cegah & Obati Cacingan pada Anak

Lalu, jika anak terlanjur mengalami penyakit cacingan, kamu bisa mengobatinya dengan beberapa bahan alami seperti tersebut berikut ini:

  • Makan atau gerus bawang putih sebagai salep, bawang putih mampu membunuh telur cacing dan mencegahnya melakukan reproduksi. Jika anak tidak nyaman untuk makan bawang putih secara langsung, gerus menjadi halus lalu tambahkan minyak esensial lalu oleskan di anus anak menggunakan kapas. 
  • Konsumsi wortel yang kayak akan serat untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus anak. Dengan begini cacing yang ada dalam tubuh anak akan terdorong keluar melalui eksresi ginjal dan membuangnya dalam bentuk urin.
  • Minyak kelapa, kandungan yang terdapat didalamnya mengandung anti bakteri dan anti virus, keuda senyawa yang mampu membasmi infeksi yang disebabkan oleh cacing kremi. Caranya, kamu cukup berikan satu sendok teh minyak kelapa murni setiap pagi pada anak dan oleskan sedikit minyak kelapa pada anus anak.
  • Labu, biji labu banyak manfaatnya karena memiliki senyawa cucurbitacin yang berguna sebagai anti parasit. Kamu bisa melumatkan biji labu dengan air yang mendidih, tunggu suhu air menuru lalu berikan air biji labu pada anak untuk diminum.
  • Mengolah biji pepaya dengan ditumbuk bisa menghasilkan bubuk yang berguna sebagai bahan penyembuhan alami. Biji pepaya memiliki zat caricin yang efektif untuk mengobati dan menghilangkan cacingan.
Cara Cegah dan Obati Cacingan pada Anak

Lebih dari itu, kamu bisa memberikan pemahaman pada anak akan pentingnya menjaga kebersihan dengan tidak bermain di luar tanpa menggunakan alas kaki atau tidak rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Lalu, bisa juga dengan mengenalkan bahaya cacing pada kesehatan anak dengan mengajaknya bermain. 

Mengenali Anak pada Bahaya Cacing dengan Cara Asyik Bermain Filter Instagram #AyoSalingJaga

Udah tau belum kalo sekarang ada filter instagram yang seru untuk mengenalkan anak pada cacing, filter ini bisa kamu download di akun instagram @panduanbunda. Aku udah download dan mencoba langsung bersama anakku, Darell, filter ini. Wah seru banget loh bun bisa ajakin anak bermain sekaligus mengenalkan bahaya cacing sejak dini. 

Menariknya, Panduan Bunda sedang mengadakan activity yang bertajuk "#AyoSalingJaga" dan bisa berkesempatan memenangkan hadiah voucher belanja masing-masing Rp 500.00 untuk 5 orang pemenang yang beruntung. Aku juga udah ikutan lho, lumayan banget bisa dapetin voucher belanja saat situasi seperti sekarang ini kan. Karena aku sayang sama kamu semua, aku mau ajakin buat ikutan Konvermex #AyoSalingJaga Filter Challenge nih bund. Caranya gampang banget: 

Panduan Bunda, Konvermex #AyoSalingJaga Instagram Filter Challenge
  1. Follow dan like semua media sosial Panduan Bunda
  2. Cek highlight "#AyoSalingJaga" yang ada di Instagram Story @panduanbunda
  3. Pastikan akun instagram tidak di-setting private
  4. Jika sudah mengikutinya, tulis "done" pada kolom komentar postingan tentang challenge ini, ya. 
  5. Filter challenge berlangsung dari tanggal 18 Januari - 18 Februari 2021 dan 5 dengan score tertinggi memiliki kesempatan menang yang lebih besar. 
Gimana? Ikutan juga yuk, kali aja kamu menjadi salah satu yang beruntung! 

Cara Cegah & Obati Cacingan pada Anak

Cara Cegah dan Obati Cacingan pada Anak

Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa cek langsung di:
Instagram @panduanbunda
Twitter @panduanbunda
Facebook "Panduan Bunda"
Website https://www.panduanbunda.com

Referensl:

  1. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3199312/penyebab-cacingan-yang-tak-disadari-pada-anak
  2. https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/berita-kesehatan/yuk-kenalan-lebih-dekat-dengan-penyakit-cacingan-pada-anak.html
  3. https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/ainun/cara-pengobatan-alami-atasi-cacingan-pada-anak



71 komentar:

  1. huah, soal cacingan...masih parno wkwkw. Soalnya masih kecil, pernah cacingan dan liat sndiri cacing tersebut. Makanya malas ngomongin cacingan wkwkw trauma bo'

    BalasHapus
  2. Aku nih langganan cacingan pas si kecil. Sekarang udah aku antisipasi juga biar si kecil ga kaya aku

    BalasHapus
  3. dulu lagi anak2 masih kecil 6 bulan sekali aku aksih obat cacing, aman deh dari cacingan

    BalasHapus
  4. Aku rajin nih Aie minum obat cacing, anak anak aku juga tak minumin obat cacing

    Trauma dulu waktu SMP pernah cacingan cobaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. cacingan emang bikin anak anak jadi kurus dan ga nafsu makan loh, jadi setiap 6 bulan minum aja obat pembasmi cacing biar daya tahan anak tambah

      Hapus
  5. Saya suka gambar-gambar illustrasinya, keren. Itu dibuat pake apa mbak?

    BalasHapus
  6. Bener banget, namanya anak kalau main tanah dll kadang g cuci tangan bikin cacing masuk tanpa disadari ya. Ahh untung ada komvermex yang bisa jadi andalan mencegah cacing masuk. Wehhh lagi ada challenge ya..seruuu

    BalasHapus
  7. Aku pernah dulu waktu kecil terserang cacing kremi. Kalo dari segi fisik, akunya baik-baik aja. Tapi itu lo, jadi suka gatel-gatel di bagian dubur..pas diperiksa sama mamaku eh taunya ada cacing kremi. Gatelnya ampun dan bikin perih... Sejak itu mama pun kasih aku obat cacing dan juga nyuruh aku jaga kebersihan.

    BalasHapus
  8. Punya anak kecil harus rajin potongin kukunya juga berarti yaa kak, takutnya lagi main pasir eh ada telur cacing nyangkut disitu

    BalasHapus
  9. Wah ngeri nih ternyata cacingan, mesti diwaspadai dan dicegah pastinya. Dan maian filter instagram panduanbunda bisa jadi keseruan sama si kecil sekalian mengenalkan perihal cacingan. Cus ke sana aja siapa tau aku beruntung

    BalasHapus
  10. Waaa saya dulu waktu kecil pernah cacingan :( emang gateeel banget sampe panas di area 'itu'. Alhamdulillah setelah dioles pake obat sembuh. Emang pada saat itu saya lagi suka-sukanya tuh main tanah. Dan sebagai anak kecil, ga aware banget sama kebersihan :(

    Itulah makanya tugas orangtua untuk mendidik anak tentang kebersihan. Ga cuma untuk enak dipandang atau berbau harum, tapi juga mencegah penyakit seperti cacingan ini.

    Sisi positifnya pandemi sekarang, diharapkan semua orang terbiasa dengan adat cuci tangan pakai sabun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya senasib dengan saya nih sewaktu kecil dulu. Akhirnya, gara-gara cacing kremi bikin aku harus mengonsumsi obat cacing dan jelas harus menjaga kebersihan.

      Hapus
  11. Waahh manfaat banget. Aku baru tau minyak kelapa atau bawang putih efektif, tinggal oles di anus.

    BalasHapus
  12. Ini yang paling dikhawatirkan terutama klo punya anak cowo usia SD. Duh klo pas sekolah tuh pasti mainnya kotor2an kann. Nanti pulang-pulang, seragam sama sepatu udah dekil sama tanah. Trus kuku klo panjang dikit pasti item

    BalasHapus
  13. Tulisan ini gemas sekali karena ada infografik/key visual-nya! Menariikk! Thank you udah sharing, Mbak :D

    BalasHapus
  14. Makanya aku paling bawel soal kebersihan seperti cuci tangan habis main dan sebelum/sesudah makan sama anak-anak. Jangan sampai mereka kena cacingan deh.

    BalasHapus
  15. biji labu, biji pepaya, minyak kelapa, sampai wortel ternyata bermanfaat untuk mengobati cacingan. Duluuu aku pernah cacingan deh waktu masih kecil. Emang enggak enak banget, gatal mau garuk melulu. Ini pentingnya cuci tangan setelah bermain.

    BalasHapus
  16. Ya ampuun jadi inget aku pas masih kecil pernah cacingan donk, haha asli gak nyaman banget super gatel 😂. Anak-anaku sih Alhamdulillah belum pernah yaa.. tapi emang harus tau juga penyebab dan cara mencegahnya yaa biar gak sampai kena. Thanks for sharing mbak Aie..

    BalasHapus
  17. Aduh, aku jadi keingetan sama anak-anak yang udah lama gak dikasih obat cacing. Walopun selama pandemi udah gak pernah main sembarangan, risiko cacingan masih tetap tinggi ya. Btw, aku belom tahu nih soal Panduan Bunda. Cus ke tekape aaah...

    BalasHapus
  18. Frankly aku belum mengecek anak - anakku nih mba.. semoga mereka sehat - sehat selalu dan terhindar dari cacingan ini. Thanks for the tips

    BalasHapus
  19. Sebagai mantan anak-anak, saya pernah tahu sendiri perwujudan cacingnya (ngeriiii, sampai sekarang masih ingat). Katanya, kalau masih anak-anak harus rutin dikasih obat cacing minimal 6 bulan sekali ya Mbak. Oia, jadi ingat ada teman yg BBnya rendah, dia cerita minum obat cacing kayak minum obat cacing yg dilakukan anaknya, utk antisipasi siapa tahu BBnya yg rendah itu disebabkan karena cacingan. (pdhl badannya yg ceking kayaknya ya krn genetik )

    BalasHapus
  20. KUrang bersihnya sanitasi menjadi salah satu penyebab penyakit cacingan muncul ya. Apalagi kalau di tempat umum ya sanitasinay masih banyak yang gak terjaga. Yuk kita jaga & cegah cacingan pada anak suapay tetap terjaga kesehatannya

    BalasHapus
  21. Selama pandemi ini aku malah belum ngasih anak-anak obat cacing. Lupa huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aku juga nih, jarang main di luar juga. Tapi kayanya penting juga ngasih obat cacing ya

      Hapus
  22. Ini sangat berguna banget dan aku juga udah ikutan cobain filter dari konvermex ini sangat membantu sih

    BalasHapus
  23. Aduuh...geli liat cacing-cacing itu yaa..apalagi membayangkan ada dan hidup di dalam tubuh manusia.
    Hiiks~
    Cara mengobatinya kudu dilakukan niih...agar perut dan pencernaan sehat, jauh dari parasit yang satu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak pandemi, edukasi mengenai cuci tangan semakin baik yaa..
      Ternyata manfaatnya juga banyal selain mencegah kuman juga memutus daur hidup si cacing.

      Hapus
  24. Gelii yaa mba kalau bahas Cacingan.. dulu waktu kecil aku langganan banget nih.. krn sering main ke sawah pulangnya ga langsung bersih2.. Baca ini jadi worry, aku jarang pula kasih anakku obat cacing.. kudu distok deh ini.. efeknya ga main2 soalnya..

    BalasHapus
  25. Anak-anak rentan banget nih terkena cacingan, karna kalau ga dipantau pastinya suka sekali main yang kotor-kotor. Memang perlu banget nih minum obat cacing.

    BalasHapus
  26. mbma Ai, aku mau coba juga ah filter instagramnya nih untuk mengenalkan bahaya cacingan sama anakku, jadi dia lebih aware untuk menjaga kesehatan dan kebersihan dirinya

    BalasHapus
  27. waah jadi inget anak2 udah dikasih obat cacing blom ya untuk 6 bulan terakhir.biasanya rutin sig 6 bulan sekali, kayaknya agak skip deh nih harusnya bulan lalu, cuss deh beli obat cacing buat krucils

    BalasHapus
  28. Nah, para Bunda kudu memantau anak2 lagi niih
    Jangan sampai kena cacingan
    Mungkin tampak sepele; padahaallll bahaya atuh yak

    BalasHapus
  29. Informatif sekali mbak, kebetulan anak saya usia 3 tahun dan lagi aktif2nya bermain tapi alhamdulillahnya dia sudah sadar pentingnya cuci tanga. Tapi tetep sih sebagai orangtua saya mesti waspada :)

    BalasHapus
  30. Kadang beli obat cacing itu khawatir kalau ternyata ada dan kebuang lewat feses tuh masih berbentuk... Tapi kalau sekarang mungkin udah lebih nyaman ya, udah nggak terlalu kelihatan berbentuk lagi, jadi pas bersihin juga nggak ngeri-ngeri amat.

    BalasHapus
  31. penting untuk mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan dan personal hygiene ya mba Ai biar ga kena cacingan, plus preventif juga dengan minum obat cacing secara rutin

    BalasHapus
  32. seru juga ya mengenalkan tentang cacingan lewat media sosial..anak-anak jadi lebih mudah paham...Semoga anak-anak di Indonesia bebas dari cacingan

    BalasHapus
  33. Bahan alami untuk mengobati cacingan itu ternyata ada banyak dan bahannya mudah didapatkan ya. jadi pingin tahu nih, bahan bahan tersebut diolah menjadi apa saja ya

    BalasHapus
  34. Kirain cacingan itu cuma bikin masalah di pencernaan aja, ternyata bisa juga menyerang paru-paru, kulit, bahkan otot. Bahaya dong ya, apalagi rata-rata anak kecil yang kena

    BalasHapus
  35. wah acara yg menarik dan bermafaat ya ini mbak
    agar anak makin sadar bahaya cacingan
    semoga semua anak Indonesia bisa bebas dari cacingan

    BalasHapus
  36. banyak cara untuk menjaga anak kita dari cacingan ya mba.. dan penting untuk lakukannya sedini mungkin

    BalasHapus
  37. Bahas soal cacing memang mengerikan. Apalagi anak kecil yang kadang susah diatur. Tapi sebagai orang tua harus terus mengedukasi anak.

    BalasHapus
  38. Cacingan masih ada ya Mak sampai sekarang kirain zaman SD maknya aja dulu hihi tapi memang kudu waspada karena efeknya ternyata berpengaruh pada perkembangan anak ya..juga produktivitas anak terganggu..

    BalasHapus
  39. Aku baru tahu kak, ada bahan-bahan alami juga buat mengatasi cacingan, ilmu baru nih buat aku. Btw, baca ini aku jadi ingat belum ngasih obat cacing buat anak-anak tahun ini..

    BalasHapus
  40. wah cacingan ini memang gak bisa disepelekan ya. Beruntungnya sekarang udh maju jamannya jadi mudah mendapat informasi dan ketersediaan obat cacing jg sudah mudah didapatkan.

    BalasHapus
  41. Saya langsung fokus ke gejala anak yang kena cacingan, Mba. Soalnya anak saya ini agak susah makan. Alhamdulillah dari semua gejalanya ga ada satupun yang dimiliki anak saya. Tapi tetap ya, Mba pencegahan itu perlu banget biar ga terlambat di kemudian hari.

    BalasHapus
  42. Cacingan pada anak itu emang harus segera diatasi karena memang tidak bisa disepelekan gitu namanya juga cacingan

    BalasHapus
  43. Makanya penting banget untuk rutin memberikan obat cacing untuk anak anak ya mak aie.. biar anak-anak bisa terbebas dari permasalahan cacingan ini yaaaa..

    BalasHapus
  44. Jadi inget dah lama ga ngasih obat cacing huhuhu
    Beli ah biar anak2 sehat sambil ikutan challenge hhehehe

    BalasHapus
  45. Cacingan ini agak sulit terdeteksi ya mba... sehingga fokus di pencegahan.... apalagi parasit cacing dapat bertahan lama di dalam tubuh...

    BalasHapus
  46. Anakku tu gk bisa gemuk, tapi tumbuhnya ke atas, kdng khawatir cacingan heuheu. Tp makannya normal sih sejauh ini, segala dimakan. Kpn2 kalau cek ke dokter kutanyain deh.
    Mainan filternya lucu yaa.
    Iya wajib banget ya jaga anak2 dr cacingan kduu dijaga kebersihannya khususnya tangan mereka TFS

    BalasHapus
  47. Jadi baca dengan teliti kalau kalau terjadi sama anak sulung
    Alhamdulillah ciri cirinya ga ada semua
    Sehat sehat...

    BalasHapus
  48. Bahaya sekali kalau abak kena cacingan, efeknya yang paling terlihat adalah bb tubuh anak menurun. Baru tahu kalo biji pepaya juga kaya akan manfaat

    BalasHapus
  49. Baru tahu kalo biji pepaya dan biji labu ternyata bisa ngobatin cacingan.

    Memang tangan nih, media paling mudah bikin cacingan anak.
    Pengen main konvermex juga supaya anak-anak pada rajin dan mau dipotongin kukunya dan cuci tangan

    BalasHapus
  50. Menarik ya panduan bunda ini, apalagi bisa didownload. Penting banget buat kita kenalkan ke anak2 soal cacingan biar mereka paham.

    BalasHapus
  51. Cacingan ini jadi penyakit yang seriys juga ya untuk anak-anak. Maka penting banget untuk memberikan obat cacing secara rutin.

    BalasHapus
  52. Hm, iya sih .. cacingan perlu diperhatikan karena ternyata bisa berakibat serius juga ya.

    BalasHapus
  53. Ternyata ada banyak banget ya cara untuk mengobati cacingan dengan cara alami? Aku baru tahu lo. Tapi daripada mengobati memang lebih baik sih mencegah ya. Karena pasti gak nyaman banget kalau anak-anak mengalami cacingan.

    BalasHapus
  54. Infonya bermanfaat banget. Makanya penting bgd ni buat ga lupa minum obat cacing 6 bulan sekali biar terhindar cacingan dan selalu bersih

    BalasHapus
  55. Banyak penyebab cacingan, makanya harus diwaspadai. Apalagi jika si anak doyan makan banget tapi badannya gitu-gitu aja.
    Tapi memang mending rutin diberi obat cacing, sebagai pencegahan

    BalasHapus
  56. cacingan ini antara ada dan tiada karena ngga tampak tapi ibu kudu waspada karena berbahaya. kudu rutin makan obat cacing setiap 6 bulan sekali supaya bebas cacingan

    BalasHapus
  57. Ya Allah jauhkanlah kami dari segala penyakit cacing. Cari di internet bentuk2 cacing bikin hiiih :(

    BalasHapus
  58. Yach baca ini pas periode challenge nya sudah habis. Padahal tertarik untuk ikutan challenge, apakah ada info diperpanjang?

    BalasHapus
  59. Wah aku jadi diingatkan nih tahun ini belum ngasih anak-anak obat cacing. Harus diperhatikan nih jadwal kayak gini

    BalasHapus
  60. Yang pepaya itu emang bagus banget yaaa. Ngga hanya untuk cacingan tapi juga pencernaan. Sayang bangett anakku gasuka pepaya. Harus dilatih nih

    BalasHapus
  61. Anakku pernah dikasih obat cacing dari sekolahnya. Tapi sayangnya ga diminum, karena ga bisa nelan. Kalau Konvermex itu bentuknya apa ya mbak?

    BalasHapus
  62. Duh penyakit yg aku hindari bgt, krn aku geli bgt ama cacing deh. Amit2 haha

    BalasHapus
  63. Iyaa saya juga cerewet banget kalau anak ke luar rumah harus pakai sendal. Boleh main tanah atau pasir asalkan sesudahnya cuci tangan dan kaki pakai sabun. Plus kasih obat cacing juga stiap 6 bulan. Semoga anak kita selalu sehat ya mbak ^^

    BalasHapus
  64. Selain minum obat cacing, anak-anak juga saya berikan biji labu mbak dan ampuh untuk mengurangi pertumbuhan cacing. Kasian juga anak-anak kalau sudah 'cacingan' mereka mudah lemas.

    BalasHapus
  65. Cacingan tuh serem juga ya. Memang kita harus minum obat cacing tiap 6 bulan ya. Tapi suka lupa huhu

    BalasHapus
  66. Ada obat cacing sirup gak ya? Selama ini taunya hanya yang berbentuk tablet. Anakku susah jika bentuk tablet.

    BalasHapus
  67. Belum pernah nanganin anak yg cacingan, tapi cacingan emang gak enak banget, gak nyaman.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)