Rabu, 03 Februari 2021

Paddle Pop Luncurkan Logo #CemilanBaikUntukmu Sebagai Standar Cemilan Sehat untuk Anak

I'm so happy saat mengetahui Paddle Pop meluncurkan logo #CemilanBaikUntukmu sebagai standar cemilan sehat untuk anak. Ini sangat memudahkan para orangtua, terutama ibu-ibu seperti aku ini, dalam memilih cemilan yang tepat untuk anak. Btw, beberapa hari yang lalu aku berkesempatan untuk mengikuti launching logo ini, lho, and here is the review, shall we start now mom?

Logo #CemilanBaikUntukmu

Siapa yang gak suka ngemil? Mulai orang tua, dewasa, anak-anak hingga balita doyan banget sama yang namanya ngemil. Hanya bagi orang tua dan dewasa sudah bisa memilih jenis cemilan yang baik untuk kesehatan mereka sebelum dikonsumsi. Baik dari segi kandungan gizi, vitamin, dan sebagainya. Berbeda dengan anak-anak dan balita, mereka cenderung menyukai cemilan yang manis dan berwarna. Karena itu, peran orang tua sangatlah penting dalam hal memilih jenis cemilan yang baik bagi anak-anak dan balita.

Pengalaman Memberikan Cemilan pada Anak 

Darell cenderung lebih suka cemilan yang manis dan rasa cokelat, ketertarikan dengan cemilan jenis ini sepertinya memang lumrah di usianya yang masih anak-anak. Memang cemilan merupakan elemen makanan yang tidak bisa dipisahkan dari asupan harian anak. 

Bahkan terdapat fakta yang menyebutkan bahwa 97% anak-anak cenderung suka ngemil dan minum minuman kemasan dibandingkan sayuran dan buah-buahan, bahkan mereka suka cemilan yang manis. Sebut saja kue cokelat, donut warna-warni, biskuit, permen, hingga es krim. Apalagi dengan banyaknya pilihan cemilan di pasaran, pastinya orangtua mengalami kesulitan mana cemilan yang baik ataut tidak, serta menyediakan alternatif cemilan yang lebih baik, tentu dengan rasa yang disukai anak-anak.

Paddle Pop #CemilanBaikUntukmu


Pengalamanku memberikan cemilan pada Darell sejak usia 1 tahun memang sangat menantang, karena ketertarikannya pada hal yang manis dan berwarna cokelat. Darell suka banget cokelat batangan, permen cokelat, dan es krim cokelat. Anything with chocolate works with him, somehow.

Karena itu aku suka kebingungan memilih cemilan yang Darell sukai tapi juga sehat, butuh berjam-jam bolak-balik supermarket atau minimarket hanya untuk memilih cemilan yang baik. Pernah nih, Darell kecolongan makan permen kayak gummy bear, eh gak lama dia malah batuk. Sedih banget kan kalo liat anak batuk karena salah makan cemilan. Tapi yang namanya anak-anak memang rada susah dikontrol keinginannya untuk ngemil. Maka itu, aku sebagai Bundanya memiliki perang yang sangat penting untuk memilih cemilan yang baik untuk Darell. 

Pasalnya pemberian cemilan bernutrisi seimbang secara tepat dan terjadwal bisa mendukung tumbuh kembang anak. Jika hal ini tidak dilakukan dengan baik maka anak-anak akan menunjukkan pola makan yang buruk hingga menyebabkan kekurangan atau kelebihan nutrisi, dan mungkin saja nafsu makan menurun apabila tidak ada aturan atau jadwal terkait pola ngemil anak. 

Pertimbangan dalam Memilih Cemilan Baik untuk Anak

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan aku sebagai Bundanya Darell ketika memilih cemilan yang baik, seperti kandungan karbohidrat, gula, garam, protein, dan vitamin. Informasi ini juga aku dapatkan saat mengikuti peluncuran logo #CemilanBaikUntukmu dari Paddle Pop beberapa hari yang lalu. 

Menyadari pentingnya cemilan sebagai bagian yang terpisahkan dari keseluruhan kombinasi makanan untuk mendukung asupan nutrisi seimbang anak, Paddle Pop, brand cemilan es krim anak dari Unilever Indonesia, memperkenalkan logo Cemilan Baik Untukmu. 

Ini merupakan wujud komitmen dalan menerapkan standar cemilan es krim yang lebih baik dan mengedepankan kandungan yang baik untuk anak, tentunya dengan rasa yang tetap enak dan disukai oleh anak. Melalui komitmen #CemilanBaikUntukmu, semua es krim Paddle Pop dibuat khusus sesuai standar nutrisi tinggi dengan kebaikan susu dan buah, serta membatasai tidak lebih dari 110 kkal, 12gram gula, dan 3gram lemak jenuh, untuk memenuhi asupan nutrisi sesuai kebutuhan anak. Standar ini telah mengikuti acuan dari World Health Organization (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI. Lebih dari itu, es krim Paddle Pop juga telah mendapatkan nomor ijin edar dari BPOM dan sudah halal sertifikat dari MUI. 

Paddle Pop #CemilanBaikUntukmu


Dalam peluncuran logo #CemilanBaikUntukmu hadir juga beberapa narasumber yang kompeten dibidangnya seperti Hernie Raharja selaku Foods & Refreshment Director Unilever Indonesia, Dra. Rita Endang., Apt. M.Jes., selaku Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, dokter spesialis anak dr Attila Dewanti Sp.A (K), dan Sophie Navita.

“Sebagai pionir cemilan es krim anak selama 28 tahun di Indonesia, di momen perayaan Hari Gizi Nasional 2021, kami memperkenalkan logo ‘Cemilan Baik Untukmu’ untuk memberikan jaminan kandungan es krim Paddle Pop yang baik untuk anak. Logo ini akan diaplikasikan secara berkala pada kemasan dan media komunikasi Paddle Pop. Ini menjadi bagian dari komitmen Unilever terkait Pangan Masa Depan yang bertujuan membantu masyarakat mengubah pola makan yang lebih sehat & ramah lingkungan. Kami secara konsisten melakukan inovasi dengan meluncurkan produk yang baik, termasuk es krim Paddle Pop yang dibuat secara bertanggungjawab untuk anak,” jelas Hernie Raharja, Foods & Refreshment Director Unilever Indonesia.

Paddle Pop #CemilanBaikUntukmu

Paddle Pop #CemilanBaikUntukmu

Paddle Pop #CemilanBaikUntukmu

Kapan Waktu Tepat Memberikan Cemilan pada Anak?

Cemilan adalah makanan yang dikonsumsi diantara jadwal makanan utama, yakni antara makan pagi dan makan siang atau makan siang dan makan malam. Namun yang membedakan cemilan dari makanan utaman adalah kelengkapan sumber zat gizi dan porsinya.

Pemberian cemilan yang sehat dan bergizi dapat membantu meningkatkan berat badan anak yang tidak bisa mengonsumsi makanan dalam porsi besar. Para pakar menganjurkan frekuensi cemilan sebanyak 2-3 kali sehari dengan waktu pemberian yang terjadwal. Ini dimaksudkan agar anak mampu mengatur rasa lapar dan kenyangnya. 

Tapi ya mom, yang namanya anak-anak biasanya cepat lapar, apalagi jika mereka termasuk yang aktif dan bergerak. Berhubung anak-anak cepat rewel saat lapar, maka jalan keluar terbaik yaitu memberikan mereka cemilan. Yah, gak usah anak-anak, orang dewasa aja kalo lapar udah pasti rewel alias cranky ye kan. Nah supaya anak-anak tetap bisa menikmati makanan utama, maka begini kiat memberikan cemilan yang tepat sesuai jadwal:

  1. Jangan berikan cemilan ketika sudah dekat waktu makan.
  2. Untuk batita, mereka memang  tidak bisa makan banyak sekaligus dan biasa lapar sebelum jam makan berikutnya, maka batita mungkin perlu makan lima sampai enam kali sehari, tiga kali makan besar dan dua tiga cemilan diantaranya.
  3. Jika batita sudah merasa lapar sebelum jam makan besar, berikanlah cemilan yang bergizi renda gula, misalnya sereal, potongan buah, cracker, potongan keju, yoghurt atau es krim Paddle Pop.
  4. Sedangkan balita juga masih perlu dikontrol soal cemilan, pada umur-umur ini, mereka biasanya suka sekali makan dan ngemil yang manis-manis. Baiknya hindari pemberian cemilan permen atau kue-kue.
  5. Pastikan anak-anak menikmati cemilan di meja makan, bukan di depan televisi sebab perhatian mereka akan terpecah sehingga gak sadar bahwa mereka sebenarnya sudah kenyang yang bisa berakibat obesitas jika tidak dikontrol.
  6. Untuk anak-anak yang sudah bersekolah, biasanya semakin aktif bergerak dan punya banyak tugas/PR maka beberapa masih perlu makan besar tiga kali sehari ditambah dua cemilan. 
Paddle Pop #CemilanBaikUntukmu

Paddle Pop #CemilanBaikUntukmu

“Ada banyak sekali jenis cemilan yang beredar di pasaran. Karena itu, sangat penting bagi semua orang tua untuk memeriksa kembali kemasan cemilan untuk anak. Kami telah memberikan izin logo Cemilan Baik Untuk yang diaplikasikan di kemasan produk Paddle Pop. Kami berharap, logo Cemilan Baik Untukmu ini bisa membantu orang tua menentukan pilihan cemilan tepat untuk anak. Untuk itu, kami selalu menghimbau kepada masyarakat untuk membaca label informasi pada kemasan,” ungkap Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes., selaku Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM.

“Kesadaran tentang pentingnya memilih cemilan yang baik sangat krusial, sebab jika salah pilih cemilan bisa memiliki berbagai akibat jangka panjang, seperti obesitas dan terganggunya daya tahan tubuh anak, terutama di masa pandemi sekarang ini. Diperkirakan juga bahwa 15-25% penyakit anak-anak disebabkan karena pola makan yang kurang tepat, termasuk cemilan. Selain itu, ketika anak-anak lebih banyak beraktivitas di rumah akibat pandemi, orang tua pun memiliki kesempatan emas untuk menumbuhkan kebiasaan baru, yakni memilih cemilan yang lebih baik,” jelas dokter spesialis anak, dr Attila Dewanti Sp.A(K).

Ada beberapa kriteria cemilan baik yang bisa diberikan kepada anak. Misalnya, pilihlah cemilan dengan kadar gula, kalori, dan lemak yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak. Cemilan yang memiliki kandungan susu ataupun buah sangat baik untuk anak. “Susu memiliki beragam manfaat bagi anak-anak, karena memiliki kandungan protein & kalsium yang menunjang pertumbuhan tulang anak secara optimal. Buah juga mengandung berbagai jenis vitamin yang dapat membantu tumbuh-kembang anak - dan sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI, balita & anak usia sekolah setidaknya mengkonsumsi cemilan 2-3 porsi setiap hari,” lanjut Attila.

Paddle Pop #CemilanBaikUntukmu

Paddle Pop #CemilanBaikUntukmu

Orang tua pun memiliki peran penting untuk memberikan contoh positif dalam memilih makanan & cemilan sehat pada anak. Seperti yang dilakukan Sophie Navita, presenter & ibu dari dua anak, ikut menyuarakan pentingnya menanamkan kebiasaan smart snacking kepada anak sejak dini. “Saya percaya bahwa tugas utama dari orang tua bukan hanya memberikan yang terbaik, namun bagaimana kita bisa mewariskan kebiasaan baik bagi anak. Saya berupaya memberikan alasan setiap kali melarang atau memperbolehkan anak dalam memilih cemilan, dengan harapan kebiasaan ini akan tertanam dalam diri mereka hingga dewasa, dan diwariskan juga ke anak-cucu generasi berikutnya,” ungkap Sophie.

Logo #CemilanBaikUntukmu Melengkapi Brand Purpose #PaddlePopMainYuk dalam Memberikan Standar Cemilan Sehat untuk Anak

Komitmen #CemilanBaikUntukmu ini melengkapi brand purpose #PaddlePopMainYuk yang telah diluncurkan pada bulan November 2020. Paddle Pop menyadari betul bahwa tumbuh kembang anak yang optimal tidak hanya didukung secara fisik, tetapi juga mental. Untuk itu, selain mengedukasi pentingnya pemilihan cemilan baik untuk tumbuh kembang anak lewat komitmen Cemilan Baik Untukmu, sebelumnya Paddle Pop telah aktif mengajak orang tua menginisiasi momen bermain bersama anak karena Paddle percaya ada banyak hal baik dimulai dari bermain.

Paddle Pop #CemilanBaikUntukmu

Paddle Pop #CemilanBaikUntukmu

“Paddle Pop berkomitmen menjadi mitra bagi orang tua dalam memberikan cemilan baik untuk anak. Tidak hanya menghadirkan produk yang berkualitas dan baik dikonsumsi masyarakat, kami juga turut mengedukasi & berkomunikasi langsung dengan orang tua, karena kami percaya merekalah pembuat keputusan utama dalam menentukan cemilan baik untuk anak.” tutup Hernie.

Jadi, dimudahkan banget kan kalo ada logo #CemilanBaikUntukmu memudahkan banyak orangtua terutama ibu-ibu untuk memilih cemilan yang enak dan sehat untuk anak-anak tersayang di rumah. Lebih dari itu, cemilan memang bagian penting dan tidak bisa dipisahkan dari keseluruhan kombinasi makanan untuk mendukung asupan gizi seimbang anak. Namun, ada banyak sekali jenis cemilan di pasaran yang memaksa orangtua untuk lebih cermat memilih cemilan yang baik, tidak hanya disukai anak tapi juga bermanfaat bagi kesehatan anak. Dengan alasan inilah, orangtua terutama para ibu harus memahami kriteria cemilan baik untuk anak dan membiasakan jadwal ngemil agar dapat menumbuhkan kebiasaan pola makan yang baik sejak dini sebagai transisi menuju pola makan yang lebih sehat.

Paddle Pop #CemilanBaikUntukmu

Paddle Pop #CemilanBaikUntukmu

Aku tuh ngerasain gimana Darell kayaknya sering merasa bosan dan cenderung mager melakukan sesuatu terlebih ketika selesai belajar online. Darell bilang gini, "Bun ngapain yuk, Darell bosen nih". 

Nah, biar anakku gak bosan selama berkegiatan di rumah, aku ajakin aja bermain dan melakukan kegiatan kreatif. Salah satunya dengan permainan yang aku dapatkan dari hampers Paddle Pop ini. Iya mom, dengan kegiatan #PaddlePopMainYuk anak-anak jadi lebih senang dan gak merasa bosan apalagi mager selama di rumah aja. Sambil main dan berkegiatan kreatif, paling enak ngemil cemilan sehat bergizi yaitu es krim Paddle Pop ini. Lebih dari itu, bonding dengan anak pun makin terikat kuat dan makin dekat deh dengan anak.

Paddle Pop #CemilanBaikUntukmu

Paddle Pop #CemilanBaikUntukmu

Seru banget kan, meski di rumah aja anak-anak tetap bisa bermain aktif dengan kreatif sambil menikmati cemilan yang baik untuk tumbuh kembangnya. Bersama #PaddlePopMainYuk orangtua gak bingung lagi memberikan ide kreatif bermain bersama anak sambil menikmati cemilan sehat dengan logo #CemilanBaikUntukmu.






38 komentar:

  1. wah, sekarang paddle pop ada logo baru ya? sebagai bukti kalo paddle pop itu benar2 camilan sehat ya mba, jadi ga perlu khawatir kalo mau kasihkan ke anak..

    BalasHapus
  2. Bener banget ya mba, kadang anak suka cemilan tanpa menilai kadar gula dan kandungan gizinya, kalau udah gitu emaknya emang harus pinter-pinter kasih masukan soal memilih jajanan ini

    BalasHapus
  3. tips memilih cemilan anak termasuk yang bergizi dan rendah gula, ya. Eh trus bener lho perlu atur jadwal ngemil supaya saat makan utama tetap mau menghabiskan makanannya.

    BalasHapus
  4. Nah iya, banyaknya aneka macam jajanan kadang bikin bingung juga milih yang kandungannya baik buat anak-anak. Kini nggak perlu bingung lagi ya, bisa dengan lihat kemasannya, lalu cari logo camilan baik untukmu

    BalasHapus
  5. Ahhh, senangnyaaa, karena WALL'S sangat concern dengan tips serta memberikan kriteria camilan baik buat anak yaa.... Ini beneran deh, makin memudahkan ortu untuk memilih cemilan yang baik buat anak.

    Makin hepiii karena didukung dengan logo baru "cemilan baik untukmu", mantab jiwaa! Terobosan dan inovasi yang keren banget! Apresiasi buat WALL'S!

    BalasHapus
  6. Darrel sama nih kayak Nai. Lebih suka camilan manis. Memang lumayan menantang juga. Mengatur supaya anak gak sampai berlebihan porsinya, termasuk konsumsi gulanya. Harus bener-bener memilih cemilan yang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi, kalau Paddle Pop kami sekeluarga juga suka, ding. Gak hanya anak-anaknya. Seneng banget ternyata termasuk cemilan baik

      Hapus
  7. Pertimbangan camilan untuk anak, seharusnya kita eh saya ... ngehnya sedini mungkin ya dengan memperhatikan kandungan karbohidrat, gula, garam, protein, dan vitamin. Nah, ini kadang saya lalai .... harus belajar dari Paddle Pop ...

    BalasHapus
  8. sulung dan bungsuku juga sama mba...manis2, rasa coklat, dan tentu saja es krim. alhamdulillahnya paddle pop memenuhi kriteria cemilan baik krn sesuai standar AKG WHO jadi aman deh

    BalasHapus
  9. Es krim, aku juga masih makan sesekali. Walau bisa dibilang amat jarang. kalau anak-anak, beuh... jangan ditanya. Walau udah pada abg, ketika ditanya jajan apa? Pati es krim di urutan teratas. Haha

    BalasHapus
  10. Anak-anak saya juga senang cemilan coklat yang manis. Kadang khawatir juga kalau kebanyakan, takut gak sehat. Eh tapi kalau cemilan paddle pop pastinya kita bisa lebih tenang ya, karena memenuhi kriteria cemilan yang baik.

    BalasHapus
  11. Aah senengnya Darrell dapat ice cream Paddle Pop sekotak!
    Favorit anak anak aku tuh yang apa Duo gitu, sama shaky shake, choco magma, rainbow (legend ini mah)
    Pernah juga aku pas pulang event mereka minta dibeliin fruity zap atau color popper karena nonton iklan!

    Tapi sebagai ibu yang baik budi dan sayang anak xixixixii ya tak beliin!

    BalasHapus
  12. Aku baruuu aja pulang dari Indomaret, mbaa
    Lagi lagi dan lagiii beli es krim enaakk, bergizi, dgn harga yg ramah dompet emak qiqiqiq

    BalasHapus
  13. Senangnya bisa makan es krim sepuasnya nih sekarang. Masalah kalau es krim nya tidak berlogo camilan baik ini nih ya... Soalnya di kampung yg banyak sampai ka es krim yg murha itu...

    BalasHapus
  14. Enak nih, Mba ada log cemilan baik untukmu, kita ga perlu sibuk merhatiin komposisi di kemasan es krimnya yaa

    BalasHapus
  15. Jadi pengen setelah pandemi lewat, kita ngemil ngemil cantik lagi ya. Hahhaha. Paddle Pop emang enak dan sehat sih ya

    BalasHapus
  16. wah keren, pas banget mba lagi nyari hadiah buat Ponaan.
    sering kalau dia berhasil ngerjain sesuatu, aku suka ngasih reward.
    bisa nih Paddle Pop jadi reward kali ini, secara dia kan suka banget ice cream.

    uwaa congrats atas peluncuran logo barunya, Paddle Pop! sukses selalu :)

    BalasHapus
  17. Wuih menggiurkan sekali kotak es krimnya, enak semua..ada bantal lucu dan mainan edukatif ya buat bocah..paddle pop enak dan sehat untuk jadi camilan anak apalagi harganya juga terjangkau selalu beli tiap main ke minimarket..

    BalasHapus
  18. Pesan yang jleb banget bagiku ini: sangat penting bagi semua orang tua untuk memeriksa kembali kemasan cemilan untuk anak.
    Karena masih sering asal milih cemilan bagi anak
    Dan hepi pasti karena ada logo Cemilan Baik Untukmu yang diaplikasikan di kemasan produk Paddle Pop....Kalau gitu ngemilnya Paddle Pop aja

    BalasHapus
  19. Toss sama Darrel yang suka sama cemilan coklaat, nanti ate bagi doonk choco magmanyaa.
    Emang yummy banget apalagi dicemil pas waktunyaa. Etapi bener juga tuh Aie, nyemil memang kudu ada waktunya biar anak pn bisa makan pokok dengan baik juga ya.

    BalasHapus
  20. Camilan gak bisa dipisahkan dari makanan utama ya keduanya saling mendukung untukmencukupi kebutuhan anak. Untungnya Paddle POp sekarang punya logo Camilan baik untukmu jadi memudahkan kita memilih camilan ya

    BalasHapus
  21. Haha tu yang jangan kasi cemilan ke anak sebelum bobo malam, bener banget, terutama coklat atau manis, mereka gak malah tidur malah jd superaktif heuheu.
    Anak2ku jg suka Paddle Pop mbak, soalnya variannya banyak jg.

    BalasHapus
  22. wah sedih banget ya mba kalau kayak kaka Darrel makan gummy bear sampe batuk makanya penting pilih cemilan sehat cem paddle pop ini legend yah es krim ini

    BalasHapus
  23. Darrel happy banget makan Paddle Pop sambil main bareng.
    Anak-anak kuncinya memang cuma satu yaa.."didengar" apa yang dibutuhkan.
    Menyiapkan cemilan sehat ini contohnya.

    BalasHapus
  24. duh nyemil sambil main bareng anak nih emang seru banget ya mak aie, anak anak happy ya makan cemilan baik seperti paddle pop dan bonding pun jadi lebih kuat lagi yaaa

    BalasHapus
  25. Asiiikkk jajan paddle pop gak perlu ragu lagi dengan kandungan nutrisinya ya... Dikonsumsi sehari 2 kali juga masih aman juga ya...

    BalasHapus
  26. Aku sering banget ngemil Paddlepop bareng anakku, hampir tiap weekend selalu beli. Paddlepop es krim lwgend, selain varian ya yang banyak, rasanya juga enak banget

    BalasHapus
  27. Skg paddle pop ada logo barunya, jadi buat emak2 kyak kita ga worry lagi ya mba ai, karena cemnilan es krimnya baik buat anak2

    BalasHapus
  28. Sekarang kalau mau beli cemilan untuk anak harus liat logo di kemasan dulu nih. Aman ga nih bagi anak

    BalasHapus
  29. akhirnya ibu tak perlu wasa was lagi, sudah ada cemilan enak yang terbukti sehat dan mengoptimalkan pertumbuhan

    BalasHapus
  30. wah anmanya es krim mah anak2 mah doyan banget ya

    BalasHapus
  31. Iya nih Paddle Pop cemilan baik untukku. Hehe.... Teringat waktu hamil anak pertama sekian belas tahun lalu. Sama DSOG dianjurkan mengonsumsi es krim yang kaya susu begini karena sampai 7 bulan aku masih muntah melulu. Minum susu pun sama sekali nggak bisa. Ternyata kalo susunya dalam bentuk es krim jadi bisa. Aman damai masuk ke perut :D Sekarang pun anak-anak suka banget sama es krim legend ini. :)

    BalasHapus
  32. Beneran jadi kesukaan anakku inii dan aku jg ngga khawatir anak batuk atau pilek. Alhamdulillah jadi tahu dan harus jawab apa ketika orang banyak yg ngomelin emaknya ini karena anaknya dijajanin es krim mulu haha

    BalasHapus
  33. Wah ternyata paddle pop ini sudah terjamin ya sebagai camilan sehat untuk anak, jadi gak khawatir lagi deh kalau mau kasih anak jajan es krim ini.

    BalasHapus
  34. Wah kalo cemilan sehatnya Paddle Pop sih anakku suka banget dan aku pastinya approved karena kandungan gizinya juga oke

    BalasHapus
  35. anak-anakku juga suka cemilan yang manis dan coklat, andalan kalau belanja ke supermarket mesti beli ek krim. btw permainan dari paddle pop-nya kelihatan seru itu mbak

    BalasHapus
  36. Jadi pengen makan es krim deh, kebetulan aku suka banget sm yang rasa coklat.

    BalasHapus
  37. Cemilan es krim mah sehat yah, duh jadi ingin nyemil paddle pop juga deh, cemilan sepanjang masa yang sehat nih

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)