Segudang Manfaat Kafein Bagi Tubuh (Jika Dikonsumsi dengan Tepat), Tak Hanya Tahan Kantuk

Rabu, 04 Agustus 2021

Pecinta kopi seperti aku ini, rasanya gak cukup minum kopi satu gelas dalam sehari sampai-sampai suamik sering melarang karena khawatir efek negatif dari terlalu sering mengonsumsi kopi. Namun, nyatanya, jika dikonsumsi dengan tepat kita bisa merasakan segudang manfaat kafein bagi tubuh yang tak hanya sekedar untuk tahan rasa kantuk saja. So beb, let's start the review now ...

Kratingdaeng Red Bull
Ketika mendengar kata kafein, pasti yang terlintas di pikiran adalah kopi. Namun, kafein sebenarnya tidak hanya terdapat pada kopi saja, lho. Selain kopi, kafein juga terdapat pada teh, coklat, bahkan minuman berenergi yang kadang dikonsumsi suamiku saat dibutuhkan. FYI, kopi sendiri memiliki kadar kafein yang tinggi dari yang lainnya yaitu sekitar 1-1,5 persen.

Segudang Manfaat Kafein Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi dengan Tepat

Sebagai penikmat kopi yang gak ada bosennya buat seruput kopi setiap hari, ya aku merasa candu dalam mengonsumsi kopi. Keinginan untuk terus minum kopi tuh rasanya sulit untuk ditolak, apalagi kalo lagi banyak deadline pekerjaan. Kopi adalah solusi aku untuk tetap fokus dan bisa konsentrasi penuh agar semua pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik. 

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi bisa membuat tubuh jadi lebih berenergi dan bersemangat, lho. Meski memang terdengar kafein bisa memberi dampak buruk, tapi kenyataannya kafein juga ada manfaatnya lho buat tubuh, asal dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Lagipula ya beb, sudah banyak penelitian yang mengamati berbagai manfaat mengonsumsi kafein bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu mampu melindungi tubuh dari berbagai kondisi, termasuk penyakit jantung dan Alzheimer.

Lantas apa aja sih manfaat kafein bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secukupnya atau dengan porsi yang tepat? Yuk disimak segudang manfaat kafein bagi tubuh (jika dikonsumsi dengan tepat), tak hanya tahan kantuk berikut ini: 
  1. Membantu Meningkatkan Energi
  2. Meningkatkan Fungsi Otak dan Daya Ingat
  3. Membantu Menurunkan Berat Badan
  4. Meningkatkan Performa Saat Berolahraga
  5. Mengatasi Sakit Kepala
  6. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer
  7. Memperbaiki Suasana Hati dan Mencegah Depresi
  8. Menurunkan Risiko Kanker
  9. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes Tipe 2
  10. Melindungi Organ Hati 

Kratingdaeng Red Bull

Selain itu, ada beberapa manfaat dari kafein yang sebenarnya cukup menarik untuk diketahui lho beb, seperti:
  • Kafein membantumu berpikir lebih cepat
  • Kafein dapat mencegah gigi berlubang
  • Kafein mampu meringankan sakit kepala
  • Kafein mampu melegakan nafas penderita asma
  • Kafein membuat badan tidak cepat lelah
  • Kafein bisa menimbulkan perasaan gembira
  • Kafein membantu menjaga mental tetap stabil
  • Kafein dapat menangkal radikal bebas
  • Kafein juga dapat mencegah penyakit kanker
Gimana beb? Cukup menarik kan bagaimana kafein memberikan begitu banyak manfaat pada kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat, ya. 

Suplemen Kesehatan dalam Bentuk Minuman Berenergi

Kafein memang identik dengan kopi. Namun, senyawa tersebut sejatinya tak hanya dapat ditemukan pada minuman tersebut. Seperti yang sudah aku sampaikan di atas, kamu juga bisa mendapatkan kafein dari minuman berenergi.

Merujuk dari caffeineinformer, minuman berenergi umumnya mengandung kafein sebanyak 80 miligram per 250 mililiter. Sedangkan batasan mengonsumsi kafein setiap harinya, yaitu tidak lebih dari 400 miligram. Menarinya lagi nih, bagi ibu hamil American Pregnancy Association menyarankan agar Anda tidak mengonsumsi kafein lebih dari 200 miligram per hari. Well, waktu aku hamil Darell juga minum kopi beb meski gak terlalu sering. 

Minuman berenergi termasuk ke dalam minuman suplemen yang didefinisikan sebagai minuman yang mengandung vitamin, mineral serta stimulan seperti kafein, guarana, taurin, variasi bentuk ginseng, maltodexin, carnitine, creatine, dan ginkgo biloba (Wikipedia, 2006).  Minuman energi adalah jenis minuman untuk menambah energi seseorang yang meminumnya. Bagi sejumlah kalangan, minuman energi diminum untuk mencegah kantuk. Termasuk suamiku nih, kalo lagi cukup lelah beraktifitas maka dia minum minuman berenergi untuk membuatnya tetap bersemangat.
 

Kratingdaeng Red Bull


Jika di luar negeri seperti Amerika Serikat, minuman berenergi digolongkan sebagai minuman ringan, maka di Indonesia, minuman berenergi digolongkan sebagai minuman kesehatan. Umumnya, minuman berenergi dipasarkan dalam botol kecil yang siap minum. Ada juga lho minuman berenergi yang dipasarkan dalam bentuk sachet dan harus dicampur dengan air mineral. 

Definisi minuman berenergi adalah minuman yang mengandung satu atau lebih bahan yang mudah dan cepat diserap oleh tubuh untuk menghasilkan energi dengan atau tanpa bahan tambahan makanan yang diijinkan, dengan persyaratan total energi minimal 100 Kkal/sajian. Sedangkan menurut BPOM definisi minuman berenergi adalah minuman yang jika diminum dalam jumlah yang wajar sesuai aturan minum perhari, dapat memberikan energi tidak kurang dari 300 Kkal (KepDirjen POM RI No 02240/B/SK/VII/911), pangan yang dapat memberikan energi minimal  300 Kkal per hari (dari BPOM RI No HK 00.05.52.4312). Banyak sekali minuman berenergi yang bisa dipilih, namun yang paling sering suamiku konsumsi yaitu Kratingdaeng Red Bull Gold dalam kemasan kaleng.

Kratingdaeng Red Bull, Minuman Berenergi Favorit Suamik

Kratingdaeng Red Bull, Suplemen Kesehatan dalam bentuk Minuman Energi sudah diakui di seluruh dunia oleh para atlet, profesional yang aktif, mahasiswa/i, dan wisatawan / traveller yang sedang dalam perjalanan panjang.  Minuman berenergi ini sering menjadi sponsor event maupun tim balap roda empat dan roda dua di berbagai ajang.

Kratingdaeng Red Bull


Suamiku sendiri sudah menjadi konsumen Kratingdaeng Red Bull sejak lama, bahkan sebelum aku menikah dengan dia kayaknya sih. Biasanya dia minum Kratingdaeng Red Bull untuk menjaganya tetap fokus dalam mengendarai mobil jarak jauh. Atau, ketika dia mengerjakan sesuatu dan perlu konsentrasi penuh. 

Lalu, kapan sih waktu yang tepat untuk mengonsumsi Kratingdaeng Red Bull? Kamu bisa mengonsumsinya sebelum memulai olahraga, ketika mau bekerja, saat mulai belajar/mengerjakan tugas, waktu main video games, dan selama perjalanan atau traveling.

Kratingdaeng Red Bull


Ada kejadian lucu saat aku diminta suamik buat beliin dia Kratingdaeng Red Bull trus kan aku beliin yang kemasan kaleng, eh dia suprise banget, dia bilang gini, "Lho, sekarang ada kemasan kalengnya juga ya?." Dengan adanya Kratingdaeng Red Bull kemasan kaleng jadi lebih seru dan praktis aja bisa dibawa kemana-mana terutama di mobil. 

Kratingdaeng Red Bull Gold kaleng 250ml adalah minuman energi terbaru persembahan Kratingdaeng yang hadir dalam rasa aneka buah menyegarkan. Kratingdaeng Gold membantu menjaga stamina sekaligus menghilangkan dahaga sehingga bisa dinikmati setiap saat. Baiknya sih diminum 1 jam sebelum beraktifitas dan dalam keadaan dingin.

Ini Dia Manfaat Kratingdaeng Red Bull Bagi Tubuh

Kandungan yang terdapat pada Kratingdaeng Red Bull nyatanya memiliki manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi secara tepat. Lagipula kandungan kafein yang terdapat pada Kratingdaeng Red Bull aman dan sesuai dengan ketentuan BPOM dimana 1 botol/kaleng Kratingdaeng Red Bull hanya mengandung 50 mg kafein. Sedangkan 1 cangkir kopi yang diminum setiap hari mengandung 80 - 135 mg kafein. Kratingdaeng Red Bull baik dikonsumsi 3x sehari. 

Yes beb, mengonsumsi Kratingdaeng Red Bull aman dan tidak ada efek samping karena bahan yang digunakan adalah bahan alami. Selain itu, Kratingdaeng Red Bull juga tidak membuat ketagihan karena tidak mengandung zat aditktif didalamnya. 

Berikut adalah manfaat mengonsumsi Kratingdaeng Red Bull bagi tubuh: 
  1. Membantu meningkatkan daya pikir
  2. Membantu meningkatkan daya fokus
  3. Membantu metabolisme protein dan jaringan otot
  4. Membantu meningkatkan sistem metabolisme
  5. Membantu mengubah glukosa menjadi energi
  6. Membantu meningkatkan konsentrasi dan memori
Kratingdaeng Red Bull

Pantas aja suamiku bisa fokus dan bersemangat setelah konsumsi Kratingdaeng Red Bull. Rasanya yang segar dan enak dikonsumsi dalam kondisi dingin ini, membuat siapapun yang mengonsumsinya bisa mendapatkan segala manfaat yang sudah disebutkan di atas. 

Oia, sedikit tips buat kamu yang mau coba Kratingdaeng Red Bull sebaiknya dikonsumsi 1 jam sebelum beraktifitas ya. Kratingdaeng Red Bull Gold terutama yang kemasan kaleng selain bisa kamu beli di mini market maupun supermarket juga bisa kamu beli di E-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store, ya. 

Kratingdaeng Red Bull


Btw, aku mau dengar buat kamu yang sudah pernah konsumsi atau mungkin baru mau coba Kratingdaeng Red Bull, tulis ya di kolom komentar :)

55 komentar

  1. Ga pernah coba sih minuman suplemen, jadi aku ga tau rasanya :D. Pada dasarnya aku memang menghindari minuman kaleng atau yg sejenisnya mba. Untuk asupan kafein, jujur aku masih lebih milih kopi . Itu kalo pikiran udah suntuk, minum kopi rasanya kayak mood membaik aja :D.

    Aku sih ga menentang minuman begini, rasanya kalo ini diminum sesuai batas, masih aman kan. Toh rata2 makanan dan minuman memang jangan dikonsumsi berlebihan apapun jenisnya :D.

    BalasHapus
  2. Eh.. asli loh, saya baru tau kalau kratindeng itu ada kandungan kafeinnya. Waah... mau ah dicoba. Saya pikir hanya ada di kopi saja.

    BalasHapus
  3. Aku dulu minum kratingdaeng pas lagi skripsi. Hahahaha. Berasa otaknya lebih moncer aja kalau minum kratingdaeng, mungkin karena efek kafeinnya juga ya. Tapi udah lama nggak minum lagi nih.

    BalasHapus
  4. makasih sharingnya, tapi kalau aku mah perutnya gak kuat sama kopi

    BalasHapus
  5. Aku baru mau coba nih Mba
    Pengin merasakan niqmat dan manfaat Kratingdaeng Red Bull
    Cuss ke Indomaret ahhh

    BalasHapus
  6. Aku pernah agak sering minum Kratingdaeng, tapi bukan Red Bull (dulu belum ada ya). Minumnya dulu, sekitar tahun 1998-1999 :D Karena dulu waktu tinggal di rumah kakekku yang di Ciputat, abangku punya teman manager di Kratingdaeng (lupa manager apa). Rumahnya dekat dengan rumah kakekku. Tiap main ke rumah pasti bawa minuman itu, dan kami sering minum bareng dia. Aku kalau ingat kratingdaeng, ingat si manager itu, cakep banget kayak oppa-oppa haha Tiap liat mukanya, rasanya kayak abis minum kratingdaeng, jadi melek dan semangat wkwk

    BalasHapus
  7. Wah aku baru tahu lho mba kalau kafein ternyata bisa juga ya buat penderita asma. Soalnya aku punya asma. Aku suka kopi tapi ga diminum setiap hari cuma kali kali aja minum kopi. Soalnya di rumah yang ada kopi suami aku. Suami aku sukanya kopi pahit. Sedangkan aku ga suka hihihi. Mba kratingdaeng ini aman ga buat ibu menyusui?

    BalasHapus
  8. Suamiku yang pernah konsumsi Kratingdaeng mba. Menambah semangat dan energinya mba

    BalasHapus
  9. Jadi inget waktu kerja dulu, Mak. Aku pernah maen dari Bandung sama temen-temen kantor ke Dufan. Pulang ke Bandung udah jam 2 pagi kalau ga salah. Besoknya tetep masuk kerja. Paginya sama temen-temen kantor yang ke maen ke Dufan pada beli minum Kratingdaeng ini. Bisa on gitu staminanya sampe sore. Bos di kantor sampe geleng-geleng. ya abis kalau bolos rame-rame dijamin kami kena SP lah hahaah soalnya acara jalan-jalan itu inisiatif kami aja, bukan agenda kantor

    BalasHapus
  10. Aku baru ngeh kalau kratingdaeng ada kafeinnya. Kalo kopi sih aku masih suka minum mba. Bisa juga nih dicoba minuman berenergi dg kandungan kafein ini

    BalasHapus
  11. Kratingdaeng Red Bull ini paling ingat ya di botol. Soalnya dulu suka nyimpenin botolnya entah buat main atau hal lain. Baru tahu juga sekarang ada kemasan kalengnya. Tetap ya minumnya jangan kebanyakan, secukupnya saja

    BalasHapus
  12. Aku belum pernah minum Kratingdaeng nih hihihi :) Baru tau kalau minuman ini ada kandungan kafeinnya. Jadi kepengen coba karena aku kadang suka ngopi sih. Kratingdaeng Red Bull itu yang terbaru ya. Buat mood booster cocok nih.

    BalasHapus
  13. Loh loh Kratingdeng itu ternyata mengandung kafein ya? Ku baru tahu banget haha. Belum pernah nyoba saya. Lebih enjoy memang menikmati kopinya langsung.

    BalasHapus
  14. Yang namanya berlebih, emang gak baik ya mba.
    Tapi kalau untuk Kratingdaeng, aku memang belum pernah cobain. Asal dikonsumsi sesuai aturan pakai aja ya mba, biar manfaat nya dapet.

    BalasHapus
  15. aku belum nyobain minuman ini mak, kalo ngopih iya sehari bisa dua kali kalo lagi pengen sih, peke susu, beeeah ditemani pisang goreng asik deh, kalo minuman ini praktis ya buat kalo bepergian

    BalasHapus
  16. minuman berenergi kalau dikemas dalam kaleng ataupun botol ini memudahkan sekali ya mbak, tinggal diminum aja. Aku pernah nyoba, tapi yang saset jadi diseduh dulu pake air

    BalasHapus
  17. Sebenarnya selama tidak berlebihan, kafein juga nggak masalah ya mbak
    memang segala seeuatunya harus sesuai dengan porsinya ya

    BalasHapus
  18. Wah, dulu aku suka banget minum teh sejak menikah udah jarang, soalnya dulu kebiasaan keluarga besar ngeteh pagi dan sore. Terus suami juga suka minum kopi. Nah semoga sekarang bisa sedikit mengurangi.

    BalasHapus
  19. Aku jadi inget zaman sekolah dulu.
    Mas-masku juga suka banget minum Kratingdaeng. Tapi mungkin variannya bukan Red Bull ini yaa..

    ...dan aku ikutan minum.
    Hehhee..lebih nikmat kalau minum rame-rame sambil ngobrolin hal-hal ga jelas.

    Jadi rindu masa-masa itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kafein bener membuat badan tidak cepat lelah.
      Aku berasa banget kalau abis minum kopi, rasanya selain happy juga gak mudah lelah.
      Suamiku kudu disaranin minum Kratingdaeng, agar lebih fit dalam menjalani aktivitas seharian.

      Hapus
  20. Aku pengkonsumsi kafein. Meskipun ngga setiap hari, tapi manfaat kafein mmg bisa dirasakan banget. Apalagi saat lelah banget atau saat stres

    BalasHapus
  21. Aku juga nyetok banyak di kkulkas kak buat stamina. Mengurus dia mertua yang udah nggak bisa apa-apa PR besar banget untuk tetap fit

    BalasHapus
  22. Dulu pas zaman kuliah aku sesekali minum kratingdeng ini. Buat melek pas lagi musim ujian.

    BalasHapus
  23. Tahu minuman ini tapi gak pernah beli. Iya ya biasanya kalau gak salah dalam bentuk botolan, ternyata sudah ada ya versi kalengannya.
    Ternyata rasanya mirip ras minuman buah dan ada sedikit kafeinnya ya. Jd penasaran rasanya hehe

    BalasHapus
  24. ohh kafein memnag sahabat kita sehari-hari..Cuma belum pernah sih kalo rutin minum Kratingdaeng.. Ternyata aman-aman aja ya kalau minum ini...

    BalasHapus
  25. Ini yang waktu saya lakukan pas jaman kuliah di jurusan teknik arsitektur lansekap. Karena begadang menyelesaikan tugas menggambar, saya minum Kratingdaeng ini dan langsung melek deh mata ini

    BalasHapus
  26. sejujurnya belum pernah minum redbull kak ai, tapi dari dulu sudah tahu minuman ini, memang sudah terkenal juga yah di dunia, ternyata kandungannya banyak manfaatnya untuk tubuh yah bila kita minum sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  27. Wah, banyak juga ya manfaat kafein ini. Aku sih minum kafein cuma kalo buat ngantuk aja. Btw, aku belom pernah nih minum Kratingdaeng ini. Nanti nyoba ah. Biar bisa dept banyak manfaatnya ya.

    BalasHapus
  28. Kafein bagi sebagian besar orang memang membantu untuk lebih fokus ya, makanya kadang ada orang-orang yang di pagi hari harus ngopi dulu baru bisa memulai hari. kalau aku sih belum pernah coba kratingdaeng, tapi kata orang-orang bikin stamina on banget apalagi jika harus menyetir jarak jauh.

    BalasHapus
  29. kafein punya banyak manfaat ya, saya suka kopi tapi gak pure yang hitam itu, suka yang udah dicampur aja ama mocachino dan sejenisnya hihih.
    belum pernah cobaa nih Kratingdaeng ehh ternyata adaa yang varian baru ya? coba nanti tak beri tahu Paksu.

    BalasHapus
  30. Jujur belom pernah aku minum kratingdeng red bull ini teh. Ternyata banyak sekali manfaatnya yang baru aku tau. Mungkin bisa dicoba nih sebelum memulai kerjaan, maklum anak ahensi banyak lembur akhir-akhir ini ngurusin KOL :))

    BalasHapus
  31. Wah sesekali kalau kita pun konsumsi kyknya gpp ya mbak? gk mesti buat cowok kan ya? Kali membantu meningkatkan energi pas lagi banyak DL dan terpaksa banget begadang gtu hehe

    BalasHapus
  32. Aku kalo ngantuk langsung minum ini mba, lha deadline bejibun nggak bisa santai. Akhirnya bpekerjaan lancar. Kafeinnya kali ya yang jadi bikin melek

    BalasHapus
  33. Kratingdaeng ini kan identik minuman laki-laki ya ka. Kalo perempuan mau minum boleh ga sih? Hahaha masa aku beranggapan perempuan ga cocok, wkwkwk.

    BalasHapus
  34. bener banget nih, ternyata kafein juga bermanfaat asal gak berlebihan juga ya

    BalasHapus
  35. Aku dooyan ngopi dan minum teh. Teh itu hampir setiap hari aku konsumsi, apalagi teh tubruk hehe. Sesekali minum kopi kalau lagi ngopi2 kongkow hihi. Untuk minuman kratingdaeng ini duluuuuu banget waktu masih kuliah pernah minum, pas tugas dan begadang terus karena tugas buanyak.

    BalasHapus
  36. Aku si pecandu kafein, ga bisa ga setuju wkwk. Kafein ini penting banget buat mulai hari, kalau ga kopi ya teh, gitu. Biar pas pagi mau kuliah itu jreng gitu kondisinya

    BalasHapus
  37. Pas baca judulnya. Pede banget gitu ya mau minum kopi tiap hari. Tapi pas dilanjutin... ASAL DIKONSUMSI DENGAN TEPAT ��

    Duh, gak jadi deh

    BalasHapus
  38. sekarang makin gampang caranya kalau lagi pengen konsumsi kafein ya, ternyata cukup dengan kratingdaeng aja
    apalagi biasanya nih temen temen aku yang biasa "kerja rodi", minum kratingdaeng sepertinya cukup mendongkrak lagi semangatnya

    BalasHapus
  39. Kalau bicara soal sumber kafein, aku sekarang sedang berusaha beralih dari kopi ke matcha, Mak. Walau kandungan kafeinnya mungkin nggak sekuat kopi, tapi rasanya udah cukup untuk bikin badan seger dan efek sampingnya lebih minim :D

    BalasHapus
  40. Baru tahu kalo di Kratingdaeng jg ad kandungan kafeinnya, Mbak Aie
    Kirain ada di Kopi gitu hehehe
    Btw aku belum pernah nyobain sihh, hehhehe

    BalasHapus
  41. Dulu aku sempat mengira kratingdaeg tu minuman beralkohol Kak, ternyata setelah caritau malah minuman kesehatan ya :") bikin ga ngantuk & seger

    BalasHapus
  42. Aku juga minum kafein tiap hari biar semangat, tapi dalam bentuk kopi. Bikin kecanduan jg sih untungnya ga memabukkan kayak alkohol hehehe.

    BalasHapus
  43. Bedanya kratingdaeng yang biasa dengan yang red bull ini apa ya Ka? Apakah menentukan dosis kafeinnya, seperti minum kopi: one shout atau double shout gitu.

    BalasHapus
  44. Ternyata kafein itu banyak abnget ya manfaatnya, bukan cuma untuk menahan ngantuk. aku kalau lagi dikejar deadline pasti selalu minum kopi nih dan efeknya badan jadi seger

    BalasHapus
  45. aku hamba caffeine mba, pagi harus ngopi, kala ga, otak kayak ga bekerja wkwkk, seharian bisa minum 3 gelas sendiri :)

    BalasHapus
  46. wah kafein juga manfaatnya banyak banget ya jadi gak worry lagi kalo misal ngopi hehe, tapi sejauh ini belum pernah konsumsi macam kratingdaeng kayak gini sih

    BalasHapus
  47. aku dan pak suami belum pernah nyobain minuman berenergi seperti ini kak Aie, tapi kalau aman sih rasanya bisa juga dicoba sesuai dengan kebutuhan saja ya.

    BalasHapus
  48. Waah aku baru tau loh manfaat lain dari kafein ini ternyata banyak juga yaa manfaatnya kalo kita mengkonsumsinya dengan tepat

    BalasHapus
  49. Minum caffein to aku br tau manfaat ya sebanyak itu. Wlopun di aku caffein ga begitu ngaruh buat nahan ngantuk

    BalasHapus
  50. ternyata banyak juga manfaat kafein yaa.. aku selama ini hanya mengkonsumsinya untuk kesenangan x)) tapi semenjak hamil ini aku off dulu nih dengan kopi, ga tau kenapa agak perih perutnya kalo abis minum kopi, hihi :D

    BalasHapus
  51. kratingdaeng red bull ini identik sama cowok ya.. padahal dilihat dari manfaatnya sih buat cewek juga oke yaa.. biasanya aku minum kopi aja buat asupan kafein sekali2 XD

    BalasHapus
  52. betuull memang banyak lho manfaat kafein. yang berbahaya tuh yaa sebetulnya gulanya hehehe kalau kafeinnya banyak manfaat, asal kita pas gak berhalangan aja minumnya dan gak berlebihan

    BalasHapus
  53. baru tahu segudang manfaat kafein ini, wah ternyata banyak ya, selama ini aku tahu kafein dikenal dengan dampak negatifnya, ternyata manfaatnya juga sangat banyak ya.

    BalasHapus
  54. Duluu pernah minum produk ini untuk menjaga stamina tubuh biar gak gampang lelah. kalau sekarang kandungan kafeinnya banyak manfaatnya ya, apa karena kurang kafein ya gigiku jadi mudah berlubang hehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)