Bunda, Ayo Tunjuk Tangan dan Terus Berkolaborasi Dukung Kemajuan Anak Indonesia!

Minggu, 12 Desember 2021

Bun, tau gak sih adanya gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan yang diinisiasi oleh SGM Eksplor telah berhasil menyalurkan dukungan akses edukasi dan nutrisi berupa 75.000 dukungan produk susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun, dukungan gawai, dan beasiswa pendidikan online bagi 1.500 siswa sekolah dasar serta rehabilitasi 10 sekolah di 41 kota dan 15 provinsi di Indonesia, lho. Keren banget kan! Untuk itu aku ingin mengajak semua  Bunda, #AyoTunjukTangan dan Terus Berkolaborasi Dukung Kemajuan Anak Indonesia! Shall we start the review now …

#AyoTunjukTangan SGM Eksplor
Semua anak berhak untuk maju, berhak mendapatkan pendidikan yang layak dan nutrisi yang terbaik untuk tumbuh kembangnya. Setuju Bun?

Kehadiran anak tentunya dinantikan oleh setiap pasangan sebagai penerus keluarga juga penerus generasi setiap bangsa. Termasuk di Indonesia Bun, anak-anak merupakan harapan masa depan bangsa yang harus dipersiapkan sejak dini. Terutama untuk nutrisi tumbuh kembang anak juga pendidikannya kelak.

Salah satu kunci agar anak Indonesia dapat tumbuh menjadi generasi maju adalah dengan memastikan akses edukasi dan nutrisi terpenuhi dengan baik. Namun hingga saat ini, masih banyak anak Indonesia yang menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan yang optimal. 

Pandemi Covid-19 di Indonesia Menyebabkan Anak-Anak Sulit Mendapatkan Akses Nutrisi dan Pendidikan

Hadirnya pandemi diperkirakan semakin mempersulit akses nutrisi dan pendidikan, yang penting bagi kemajuan masa depan anak Indonesia. Akses yang terbatas terhadap kuota internet dan perangkat digital yang memadai juga menghambat siswa untuk belajar daring. Hanya kurang dari 15% siswa pedesaan yang memiliki komputer untuk belajar. Sementara, untuk pelajar yang tinggal di perkotaan, hanya ada 25% yang mempunyai komputer untuk belajar dari rumah. Bahkan, banyak siswa yang berbagi ponsel pintar dengan saudara atau orang tua. Mereka juga bergantung pada temannya untuk mengerjakan tugas sekolah. Dari sisi akses nutrisi, dampak pandemi telah mengakibatkan adanya peningkatan kurangnya akses nutrisi untuk anak, sehingga mereka berisiko lebih tinggi untuk mengalami kekurangan gizi yang dapat menghambat kemampuannya untuk tumbuh secara optimal.

#AyoTunjukTangan SGM Eksplor

Apalagi di awal masa pandemi, terasa sekali bagaimana semakin sulitnya anak-anak Indonesia dalam mendapatkan akses pendidikan dan terpenuhinya nutrisi dengan baik. Akses yang terbatas terhadap kuota internet dan perangkat digital yang kurang memadai juga menghambat para siswa untuk belajar secara daring. Bun, sebagai seorang ibu aku pun merasa sangat sedih dan miris mengetahui fakta ini.

Oleh karena itu, di tahun 2021 ini, sebagai upaya untuk mendukung akses kemajuan anak Indonesia, SGM Eksplor melakukan rangkaian inisiatif kolaboratif melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan. Gerakan sosial ini telah berhasil menyalurkan dukungan akses pendidikan dan nutrisi anak yaitu berupa dukungan gawai dan beasiswa pendidikan online bagi 1.500 siswa Sekolah Dasar, rehabilitasi 10 sekolah dan 75.000 dukungan produk susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun yang tersebar di 41 kota dan 15 provinsi di Indonesia.


Webinar “Kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan, Maksimalkan Akses Nutrisi dan Pendidikan Generasi Maju”

Kamis (09/12/2021) aku mengikuti webinar yang diadakan oleh SGM Eksplor Bersama blogger juga wartawan. Dalam acara webinar ini menghadirkan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek), Jumeri, S.TP., M. Si., yang mengatakan, “Kemajuan SDM Indonesia untuk mencapai visi Generasi Emas Indonesia 2045 merupakan salah satu prioritas penting pemerintah, agar dapat mewujudkan generasi masa depan yang berkualitas unggul, maju, mandiri, cerdas, dan sehat.”

#AyoTunjukTangan SGM Eksplor

Beliau pun merasa optimis anak-anak Indonesi dapat mencapainya. “Kami meyakini bahwa anak-anak Indonesia saat ini dapat menjadi mesin pembangunan yang luar biasa saat mereka mencapai usia produktif dan akan dapat meraup manfaat maksimal dari bonus demografi untuk mendukung kemajuan masa depan bangsa. Namun, untuk dapat mencapai hal tersebut, Indonesia harus berinvestasi sekarang juga untuk generasi muda, termasuk di bidang pendidikan dan kesehatan yang menjadi fondasi untuk dapat mendukung pengembangan potensi mereka secara maksimal. Oleh karena itu, kami menyambut baik dan mengapresiasi setiap inisiatif dan praktik baik dari pihak swasta yang ingin ikut berkontribusi bersama dengan pemerintah untuk mendukung pendidikan anak-anak Indonesia guna mewujudkan Merdeka Belajar demi kemajuan generasi mendatang,” ucap beliau.

Melalui Kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan, SGM Eksplor Maksimalkan Akses Nutrisi dan Pendidikan Generasi Maju di 41 Kabupaten/Kota di Indonesia

Keterbatasan akses terhadap kuota internet dan perangkat digital yang kurang memadai juga menghambat banyak siswa untuk belajar secara daring. Malah ya Bun, di sekolah anakku aja, ada lho siswa yang berbagi ponsel pintar dengan saudaranya atau menunggu orangtuanya untuk bisa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru setiap harinya.

#AyoTunjukTangan SGM Eksplor

Tak hanya siswa, guru-guru mengalami hal yang serupa, terutama dalam pemenuhan kuota internet guna memberikan tugas, memantau anak-anak belajar secara daring, hingga merangkum semua tugas anak-anak untuk nantinya diberikan nilai.

Fakta yang agak miris sih sebenarnya, sekitar kurang dari 15% siswa pedesaan yang memiliki komputer untuk belajar, sedangkan siswa yang tinggal di perkotaan hanya ada 25% yang punya komputer di rumah.

Pun dari sisi nutrisi, pandemi juga mengakibatkan berkurangnya akses nutrisi anak sehingga sangat berisiko mengalami gizi buruk. Melihat kondisi tersebut, kolaborasi dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk ikut peduli dan ambil bagian dalam mengentaskan masalah nutrisi dan pendidikan yang dihadapi anak-anak Indonesia.

Pengamat sosial anak dan Sosiolog dari Universitas Indonesia, Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci. mengatakan, “Dalam upaya untuk menciptakan generasi maju harus dimulai dari pengembangan kualitas hidup seorang anak sejak dini dan didukung oleh lingkungan sosial sekitar secara kolektif dan masif.”

#AyoTunjukTangan SGM Eksplor

Yes Bun, memang dibutuhkan kesadaran masyarakat akan pemenuhan nutrisi dan pendidikan adalah hal yang penting sebagai langkah awal untuk mengembangkan potensi anak. Selain itu, kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta juga akan membentuk support system yang positif, dimana sektor swasta dapat memainkan peran pentingnya sesuai dengan kapasitas dan keahlian yang dimiliki guna mendukung kemajuan anak-anak Indonesia.

Pastinya menjadi harapan banyak pihak, semoga kedepannya keterlibatan pihak swasta dan publik untuk mendukung kemajuan anak Indonesia dapat terus meningkat.

Pencapaian Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan SGM Eksplor di Tahun 2021

Pada tahun 2021 ini, melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan, SGM Eksplor tidak hanya berkolaborasi dengan masyarakat, melainkan juga berkolaborasi dengan pemerintah melalui Kemendikbudristek dan pelaku industri lainnya yang memiliki komitmen sama untuk mewujudkan kemajuan anak Indonesia, diantaranya dengan Telkomsel dan CAKAP.

General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel, Andry P Santoso mengatakan, “Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Telkomsel berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan SDM dan komunitas digital talent masa depan Indonesia yang berkualitas unggul. Untuk itu, kami sangat senang dapat ikut terlibat dan berkontribusi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan guna mendukung akses pendidikan bagi anak Indonesia dengan menjalankan peran kami sebagai connectivity enabler melalui penyediaan akses konektivitas yang sangat krusial untuk memastikan terselenggaranya pembelajaran daring dengan baik.”

#AyoTunjukTangan SGM Eksplor

#AyoTunjukTangan SGM Eksplor

Senada dengan Telkomsel, platform pembelajaran online CAKAP mendukung kolaborasi bersama SGM Eksplor dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan. “Dengan visi meningkatkan kehidupan dan daya saing sumber daya manusia di Indonesia, CAKAP sebagai pelopor platform pembelajaran online di Indonesia, bangga dapat terlibat berkontribusi dalam inisiatif gerakan sosial #AyoTunjukTangan. CAKAP telah memberi program belajar Bahasa Inggris gratis selama 1 tahun kepada ribuan siswa-siswi di Indonesia. Pengetahuan Bahasa Inggris sendiri menjadi salah satu pembelajaran penting bagi masyarakat sejak usia dini. Untuk itu, melalui inisiatif ini kami berharap lebih banyak anak Indonesia bisa belajar Bahasa Inggris secara mudah hingga memiliki potensi menjadi SDM yang dapat bersaing secara global ke depannya” jelas Senior Business Development Manager CAKAP, Siti Messyana Putri.

Webinar ini turut hadir Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo, yang mengatakan bahwa selama lebih dari 65 tahun SGM Eksplor percaya bahwa semua anak berhak untuk maju dan menjadi Anak Indonesia Maju. Ia juga mengatakan jika tak seharusnya tidak boleh anak yang tertinggal terutama dalam memperoleh akses nutrisi dan Pendidikan.

Tapi pada kenyataannya 9 dari 10 anak Indonesia masih mengalami kekurangan dalam tercukupinya akses edukasi dan nutrisi yang memadai. “Sejalan dengan visi misi pemerintah dalam mempersiapkan dan membangun SDM unggul, SGM Eksplor terus berupaya untuk menghadirkan berbagai inisiatif dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung intervensi yang tepat dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia,” ucap Astrid.

#AyoTunjukTangan SGM Eksplor

Gerakan sosial #AyoTunjukTangan merupakan salah satu komitment kuat dan upaya SGM Eksplor berkolaborasi dengan banyak partner yang memiliki tujuan sama untuk mendukung kemajuan anak Indonesia.

Gerakan #AyoTunjukTangan nyatanya memberikan manfaat bagi seluruh anak Indonesia dari segi nutrisi dan pendidikan yang sudah diberikan di beberapa sekolah di Indonesia. Mulai dari renovasi sekolah, pemberian akses internet gratis, hingga apresiasi pada semua guru selama masa pandemi ini.

Bahkan, Gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan inisiasi #SGMEksplor telah berhasil menyalurkan dukungan akses edukasi dan nutrisi berupa 75.000 dukungan produk susu pertumbuhan untuk anak di atas usia 1 tahun, dukungan gawai, dan beasiswa pendidikan online bagi 1.500 siswa sekolah dasar serta rehabilitasi 10 sekolah di 41 kota dan 15 provinsi di Indonesia, lho. Keren banget kan tuh!

#AyoTunjukTangan SGM Eksplor

#AyoTunjukTangan SGM Eksplor

Maka dari itu, yuk Bun ikut terlibat dan berkolaborasi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan untuk dukung Anak Indonesia jadi #GenerasiMaju.

24 komentar

  1. Alhamdulillah.. saya sudah jadi bagian dari gerakan Ayo Tunjuk Tangan bareng SGM. Semoga banyak anak Indonesia yang mendapatkan akses pendidikan dan Nutrisi yang. Terbaik. Bangga sama SGM

    BalasHapus
  2. Masya Allah. Hebat SGM dengan gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan nya telah berhasil menyalurkan dukungan akses edukasi dan nutrisi yang jumlahnya sudah sangat banyak. Semoga dengan keberhasilan itu, makin banyak anak-anak Indonesia tumbuh dengan sehat, dan bisa bersekolah dengan baik. Deretan keberhasilannya keren banget mbak. Dua jempol buat SGM.

    BalasHapus
  3. Keren banget nih,gerakan #AyoTunjukTangan memberikan manfaat bagi seluruh anak Indonesia dari segi nutrisi dan pendidikan yang sudah diberikan di beberapa sekolah di Indonesia. Mulai dari renovasi sekolah, pemberian akses internet gratis, hingga apresiasi pada semua guru selama masa pandemi ini. aku mau ikut dukung juga

    BalasHapus
  4. Program baru lagi dari SGM ya mba? Idenya selalu ada aja ya, keren dan inovatif. Semangat untuk generasi maju!

    BalasHapus
  5. Aku udah ikutan program/kampanye ayo tunjuk tangan nih. Senang banget bisa jadi bagian memajukan pendidikan dan nutrisi anak Indonesia

    BalasHapus
  6. Cakep banget gerakan #AyoTunjukTangan dari SGM ini. Nutrisi dan pendidikan di Indonesia memang masih banyak banget PRnya. Tetapi, kalau kita semua mau berperan, insyaAllah pelan-pelan akan terurai masalahnya.

    BalasHapus
  7. Waah serunya, SGM susu brand lama yang terus berinovasi supaya anak indonesia tumbuh sehat

    BalasHapus
  8. akses gawai jadi tantangan besar ya belajar selama pandemi. Benar lho gak semuanya punya laptop/PC. Adanya HP tapi udah bapuk jadi kalau zoom atau gmeet ya kadang nge-lag.

    BalasHapus
  9. Keren nih SGM karena turut mendukung pemenuhan nutrisi bagi anak-anak Indonesia. Di satu sisi kita semua juaga harus berusaha ya, agar anak-anak kita mampu mendapatkan nutrisi juga pendidikan yang adalah hak bagi anak kita. Aamiin semoga kita berhasil.

    BalasHapus
  10. Selalu bagus deh programnya SGM ini mba. Apalagi memberikan perhatian lebih untuk menambah asupan nutrisi kepada anak anak. ondisi pandemi seperti ini, dukungan yang tentunya amat sangat dibutuhkan

    BalasHapus
  11. agar anak anak Indonesia bisa tumbuh menjadi generasi yang unggul, pastinya harus dipenuhi kenutuhan nutrisi dan pendidikannya ya mbak

    BalasHapus
  12. Salut dengan programnya memang sudah saatnya berkolaborasi untuk dukungan edukasi dan nutrisi anak-anak Indonesia ya

    BalasHapus
  13. Setuju banget dengan apa yang disampaikan Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo, bahwa anak-anak itu berhak banget untuk hidup makin maju. Juga berhak mendapatkan nutrisi dan pendidikan.

    Tapi sayang, memang benar 9 dari 10 anak di Indonesia, akses nutrisi dan pendidikannya belum terpenuhi semua. Semoga gerakan #AyoTunjukTangan bersama SGM makin memberikan jalan agar makin banyak anak yang mendapatkan pendidikan dg layak.

    BalasHapus
  14. Iyaya, bagi yang akses internetnya bagus, pendidikan terasa mudah dan tak terhalang meski pandemi.
    Bagi yang kesulitan dengan akses internet, tentu menjadi tantangan tersendiri.

    Bersama Kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan, semoga Generasi Emas Indonesia bisa terwujud dengan pendidikan dan nutrisi yang baik dan merata untuk anak Indonesia.

    BalasHapus
  15. Anak anak aktif dan confident memmang diawali nutrisi baik, gerakan tujuk tangan ini sangat mengedukasi kita semua terutama anak anak di seluruh Indonesia

    BalasHapus
  16. suka banget deh dengan gerakan #AyoTunjukTangan ini bermanfaat banget ya mba. Suka sama idenya SGM nih

    BalasHapus
  17. Mantap gebrakan yang dilakukan oleh SGM ini yah, smeoga mendapatkn banyak dukungan dari para ayah dan bunda sehingga program ini bisa terlaksana dengan baik

    BalasHapus
  18. keren ya program SGM ini, semoga dengan adanya program ini, semakin banyak anak anak Indonesia mendapatkan akses pendidikan denga nmudah

    BalasHapus
  19. Nutrisi anak Indonesia khususnya di daerah terpencil memang masih probem ya. Pdhl Indonesia kaya, sad. Apalagi di amsa pandemi gini makin problematik jg. Makanya butuh banyak pihak utk membantu supaya masalah gizi anak ini terpecahkan yaa.Bagus banget kempen ayo tunjuk satu tangan ini mbak.

    BalasHapus
  20. Saya belum jadi bagian dari gerakan tunjuk tangan nih, jd tertarik banget. Salut dengan program peduli SGM, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah ya mbak, saya sangat mendukung gerakan tunjuk tangan dari SGM ini mbak, karena banyak anak Indonesia yang akhirnya terbantu mendapatkan nutrisi yang baik

    BalasHapus
  22. Program-program dari SGM itu selalu bagus, keren, dan inovatif. Salah satunya ya Gerakan Ayo Tunjuk Tangan ini.

    BalasHapus
  23. Selalu seneng dan nungguin banget result dari berbagai program yang diselenggarain sama SGM. Inisiatifnya kadang terlihat sederhana tapi bermakna banget setelah dieksekusi. Semoga program gerakan tunjuk tangan ini juga bisa sukses seperti program-program yang sudah diselenggarakan sebelumnya :D

    BalasHapus
  24. Saya termasuk yang mendukung aksi SGM ini dengan berusaha memberi nutrisi dan pendidikan untuk anak. Memang masih ke diri sendiri sih ya, tapi dengan beli susu SGM dan KBS juga artinya kita sudah ikut gabung ke sini.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)