7 Cara Pimpinan Menjadi Role Model yang Baik di Perusahaan

Senin, 18 April 2022

Pernah gak sih kamu resign dari perusahaan hanya karena memiliki pimpinan atau atasan yang kurang bisa menghargai bawahannya? Well aku pernah, alasannya sesederhana gak nyaman dengan cara kepemimpinan atasan yang rasanya toxic banget gitu. Bukannya menyatukan tim tapi membuat tim saling serang satu sama lain. Gak sehat kan?! Lantas, ada gak sih cara agar pimpinan bisa jadi role model yang baik bagi tim dan perusahaannya? Well beb, kali ini aku mau ngasih tips tentang "7 Cara Pimpinan Menjadi Role Model yang Baik di Perusahaan". Shall we start now?

JNE

Sebelum pembahasan inti, menurut kamu apakah leader sama artinya dengan bos? No it's two different meanings beb, karena biasanya seorang leader memiliki karakter pemimpin yang bisa dijadikan role model oleh bawahannya. Berikut adalah beberapa poin perbedaan leader dengan bos:

  • Leader mengajak bawahannya untuk sama-sama berkembang, sedangkan bos hanya bisa menyuruh bawahan saja.
  • Leader akan mencari solusi dari masalah yang timbul, sedangkan bos hanya mampu menyalahkan orang lain. 
  • Leader memberikan contoh rasa saling menghargai dan bertanggung jawab, sedangkan fokus dengan memberikan rasa takut. 
  • Leader merangkul dan mau langsung menunjukkan proses yang benar mulai dari hulu ke hilir, sedangkan bos hanya fokus dengan hasil akhir. 
  • Leader percaya bawah bawahannya bisa memberikan kinerja terbaik, sedangkan bos hanya mampu memberikan perintah, menyalahkan, dan mengungkit kesalahan. 

Jadilah Seorang Leader/Pimpinan Bukan Menjadi Bos untuk Bawahan

Menjadi pimpinan dalam suatu organisasi atau perusahaan merupakan tanggung jawab yang besar. Seorang pimpinan sudah seharusnya dapat menjadi leader serta menjadi panutan yang baik untuk karyawannya.

Jika seorang pimpinan atau leader dalam suatu perusahaan ingin mengubah perusahaannya menjadi ke arah yang lebih baik, perubahan tersebut harus dimulai dari dirinya sendiri. Bahkan perilaku seorang leader mau tidak mau akan dijadikan contoh panutan oleh karyawan dan timnya. 

JNE

Karena itu pimpinan juga berperan sebagai role model, kesuksesan tim bergantung dengan peran seorang pimpinan. Sebagai pemimpin, menjadi panutan bagi karyawan akan membantu tim juga organisasi atau perusahaan berkembang dengan lebih baik.

Lantas adakah cara seorang pimpinan menjadi role model yang baik di perusahaan? 

7 Cara Pimpinan Menjadi Role Model yang Baik di Perusahaan

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dipraktikan seorang pimpinan menjadi role model yang baik di perusahaan: 

  1. Pahami kondisi karyawan, berpikirlah bahwa tim dan karyawan adalah aset yang berharga dimana sebagai seorang pimpinan dan role model yang baik harus dapat mengenal dan memahami bagaimana kondisi karyawan seperti sering diajak ngobrol dan tunjukan respek kepada karyawan.
  2. Tawarkan dukungan dan dorongan, sebagai pimpinan juga role model yang baik, harus peka terhadap keadaan tim juga karyawan. Berikan dukungan juga dorongan terhadap apa yang mereka lakukan. Hal ini membantu menciptakan lingkungan kerja yang sehat.
  3. Ciptakan waktu untuk karyawan, tentu komunikasi yang efektif secara profesional bukannya mengajak bawahan untuk bergosip atau membicarakan staf/manajer lain akan membantu untuk menjadi role model yang baik. Maka binalah komunikasi yang baik dan efektif dengan tim.
  4. Bangun kepercayaan dengan karyawan, sebagai panutan dan pimpinan harus menunjukkan bahwa kamu bisa dipercaya. Mendapatkan kepercayaan dari karyawan bukan perkara yang mudah dilakukan, sehingga perlu dilakukan dengan baik.
  5. Bertingkah laku positif, melakukan tindakan dan berperilaku positif sebagai seorang pimpinan meski dalam kondisi bad day atau sedang ada masalah adalah hal yang penting. Tunjukkan pada karyawan hal-hal yang positif dan menginspirasi agar dapat dijadikan contoh oleh karyawan.
  6. Tunjukkan integritas sebagai pimpinan, leader dan role model yang baik akan membuat keputusan untuk kemajuan perusahaan secara keseluruhan bukan hanya untuk dirinya sendiri. 
  7. Self aware, untuk menjadi role model dan pimpinan, leader harus mau menerima ide-ide dari tim dan karyaawan serta berpikiran terbuka dan tetap memiliki kemampuan untuk belajar. 

Contoh Leader atau Pimpinan yang Baik Sekaligus Menjadi Role Model di Perusahaan

Salah satu leader atau pimpinan yang bisa dijadikan contoh sebagai role model yang baik di perusahaan yaitu M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE. Beliau berhasil mendapatkan penghargaan dari The Economics Research, sebagai 50 Indonesia Best CEO 2022 Awards "Employee's Choice" Courrier Category. 

JNE


Bukan tanpa alasan Bapak Feriadi menerima penghargaan ini, upaya serta kinerja maksimal seluruh aspek dalam perusahaan JNE terus dilakukan dengan selalu mengusung semangat "Connecting Happiness". Komitmen untuk selalu mengedepankan kualitas pelayanan kepada pelanggan dan kepedulian kepada masyarakat yang selalu disampaikan kepada seluruh karyawan. 

M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE mengucapkan rasa syukur atas penghargaan istimewa ini, "Mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, kami mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya atas penghargaan yang diberikan sebagai 50 Indonesia Best CEO Awards 2022 - Employee’s Choice. Penghargaan ini menjadi pemicu kinerja kami untuk terus melakukan inovasi, yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan terlebih dimasa pandemi saat ini.” 


Bapak Feriadi menambahkan, “Dalam menjalankan amanah kepemimpinan, ada prinsip yang terus dipegang teguh, yaitu berbagi, memberi dan menyantuni. Makna dari prinsip tersebut bukan hanya tentang harta, namun dapat memberikan manfaat bagi kehidupan banyak orang, karyawan mau pun masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan program yang diselenggarakan untuk masyarakat luas sebagai dukungan nyata di bidang social, olahraga, budaya, sampai dengan program acara edukatif untuk pemberdayaan komunitas mau pun UKM.”tutupnya. 

23 komentar

  1. Susah memang ya menjadi pemimpin yang baik. Namun, efeknya akan sangat bagus bagi semua pihak.

    BalasHapus
  2. Langkah-langkah diatas juga bisa diterapkan untuk diri sendiri nih Ka. At least kita bisa menjadi leader untuk diri kita dan keluarga kecil kita. Jangan bosan dengan proses. semangat

    BalasHapus
  3. Jadi bos itu memang gampang ya mbak, jadi leader yang sulit, harus pakai ilmu dan strategi supaya sukses memimpin anak buah. Juga sukses membawa perusahaan ke tujuan yang diharapkan.

    Selamat buat JNE memperoleh penghargaan sebagai: 50 Indonesia Best CEO Awards 2022 - Employee’s Choice.

    BalasHapus
  4. aku ingeeet bos zaman ngantor dulu, selalu nemu yg baik yg bisa bikin kita jadi berkembang.. Leader sejati
    Wah selamat untuk bapak presdir JNE, semoga semakin sukses memimpin karyawan2nya^^ sukses dan bertumbuh bersama

    BalasHapus
  5. Memang seharusnya seorang pimpinan itu bisa jadi role model buat bawahannya, dan tidak menganggap sebagai bawahan itu memang baik. Emm jadi tahu nih bedanya bos dan pimpinan baca artikel ini

    BalasHapus
  6. Saluuut banget dengan JNE. Dapat banyak sekali penghargaan. Memang ya, niat yang baik, komitmen yang dijaga, dan pelayanan yang sepenuh hati, pada akhirnya bisa membuahkan hasil yang manis. Dari penghargaan terhadap layanannya, komitmennya, hingga CEO-nya didapat JNE. Semoga bisa menginspirasi yang lain. Selamat JNE. Sebagai pelanggannya aku merasa bangga. :)

    BalasHapus
  7. Kalau pemimpin perusahaan berlaku sebagai leader dan bukannya bos, pasti anak buah juga akan merasa nyaman bekerja di bawah kepemimpinannya ya mbak.

    BalasHapus
  8. Betul sekali jangan mentang-mentang jadi atasan, lalu semena-mena terhadap bawahan. Bukannya hormat, yang ada bawahan malah tambah tidak betah. Kalau perusahaan hancur ntar rugi semua ya

    BalasHapus
  9. Menjadi pemimpin yang baik sangatlah susah. Harus benar-benar mampu menjaga diri dan mengayomi bawahannya. Selain itu, tanggungjawabnya begitu berat.

    BalasHapus
  10. keren jne pantes berkembangnya pesat, karena ceo aja memperhatikan lebih lebih karyawannya. selamat jne ceo anda berhak menjadi best ceo memang

    BalasHapus
  11. Beberapa kali ke acara JNE. Kalau lihat pak Feri memang aura leadernya terlihat, ya. Cara bicaranya juga adem. Pantas aja banyak karyawan yang suka bekerja di sana

    BalasHapus
  12. Wah iya, pimpinan emang harus jadi role mode bagi perusahaan ya mbak
    Biar karyawan juga bisa bekerja dengan baik

    BalasHapus
  13. Menurutku kunci perusahaan bisa maju biasanya ya karena memang pemimpinnya yang mampu untuk mengelola timnya menjadi lebih bersemangat dan memiliki etos kerja tinggi. Kalau JNE sih nggak heran ya, CEO nya pasti berkomitmen tinggi deh makannya perusahaan bisa terus berkembang

    BalasHapus
  14. mendapatkan sosok leader yang tepat itu memang nggak mudah
    apalagi untuk perusahaan sebesar JNE
    semoga makin maju JNE ya melayani masyarakat

    BalasHapus
  15. Kesuksesan itu gak lepas dari perbuatan dan apa yang sudah kita lakukan sehari-hari yaa.. Kalau positive vibes, maka hasilnya pun akan baik.
    Selamat dan sukses untuk Bapak Feriadi Soeprapto atas penghargaan 50 Indonesia Best CEO Awards 2022 - Employee’s Choice. Semoga semakin menginspirasi.

    BalasHapus
  16. Jadi leader yang baik tapi tetap disegani ya. Kadang ada yang bossy banget ini nih kadang nyebelin heheh. Padal atasan juga butuh bawahan untuk kerjasama ya.

    BalasHapus
  17. Jadi pemimpin ga beda jauh dg guru ya, perilakunya biasanya digugu dan ditiru. Pun pimpinan yg asyik & menyenangkan itu biasanya bikin betah karyawan bekerja

    BalasHapus
  18. Jadi bos itu gampang, terutama kalau tahta kepemimpinannya itu berdasarkan keturunan. Yang susah tuh jadi leader sejati kayak Bapak Feriadi ini. Saya pernah ketemu langsung dengan beliau di suatu acara JNE, tampak sekali kepribadian beliau yang mengayomi karyawan. Selamat nih untuk Pak Feri yang mendapatkan penghargaan Best CEO Awards 2022 Employee's Choice.

    BalasHapus
  19. Pemimpin yg sukses adalah pemimpin yg bisa mensejahterakan karyawannya, selamat yah ntuk direktur JNE atas penghargaan nya

    BalasHapus
  20. Bener kak Aie, pernah d posisi ngalamin leader yg bossy dan benar2 ngga nyaman dalam bekerja. Keren bgt untuk direktur JNE untuk penghargaan yg luar biasa ini

    BalasHapus
  21. Jadi bos ga menjamin jadi leader yang baik ya ternyata. Memang perlu pemimpin yang luar biasa yang bisa jadi leader, apalagi yang bisa membawa perusahaan ke ranah yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  22. Jelas sih Bapak M.Feriadi dijadikan role model pimpinan yang baik buat perusahaan. Buktinya JNE berkembang terus dan berpegang pada 3 prinsip yang sederhana, berbagi,memberi dan menyantuni.

    BalasHapus
  23. Selamat ya pak dan juga JNE. Semoga bisa menjadi bos yang didambakan karyawannya dan membawa perusahaan jadi lebih maju dan berkembang. Aaamin

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)